You are on page 1of 8

ANALISIS STANDAR ISI KELAS XII

PENGEMBANGAN KURIKULUM BIOLOGI SMA

Nama : Arei Laxmie N.W
NIM : 140341605233
Kelas/Off : A/A
Tempat, Tanggal Penulisan : Malang, 1 April 2017

I. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Dimensi Sikap:
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap: beriman dan bertakwa kepada
Tuhan YME, berkarakter, jujur, dan peduli, bertanggung jawab, pembelajar sejati
sepanjang hayat, dan sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak
di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan internasional.
Dimensi Pengetahuan:
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berkenaan dengan: ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora. Mampu mengaitkan pengetahuan di atas
dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam
sekitar, bangsa, negara, serta kawasan regional dan internasional.
Dimensi Keterampilan:
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak: kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, dan komunikatif melalui pendekatan ilmiah sebagai pengembangan
dari yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri

prinsip pewarisan sifat 1.2. Analisis Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sumber Alokasi Kegiatan Lab/ Non Media Waktu KI KD Indikator Materi Penilaian Lab Pembelajara n KI 1: Spiritual . II.5. . Menganut perilaku syukur terhadap nikmat Tuhan dalam diri makhluk hidup terkait dengan pewarisan sifat 1.1.5. 1. Mengakui .5. - Menghayati dan kekompleksan ciptaan observasi mengamalkan Tuhan dalam diri sikap ajaran agama makhluk hidup terkait yang dianutnya. Lembar . Meyakini kesempurnaan hukum Tuhan terkait pewarisan sifat pada makhluk hidup .3.

Menunjukkan . diskusi tentang peduli (gotong prinsip pewarisan royong.2. jawab saat bekerja sikap disiplin.1. Lembar . dalam responsif. dan mengumpulkan proaktif sebagai tugas berupa laporan bagian dari terkait prinsip solusi atas pewarisan sifat berbagai 2.13. Menunjukkan sama. toleran. dalam kelompok tanggung jawab. .1.KI 2: Sosial . kerja sifat 2. Menunjukkan peduli permasalahan dengan kelompok dalam saat praktikum berinteraksi mengenai secara efektif persilangan hukum dengan Mendel lingkungan dan alam serta . perilaku disiplin damai). santun.12. - Menunjukkan perilaku tanggung observasi perilaku jujur. II.13.

Misalnya.5 Menerapkan 3. 3.menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia KI 3: 3. dan menghasilkan gamet B genetik putih humaniora dan b. induk Bb (F1) media kancing merah dan budaya. pembentukan gamet. Menganalisis hukum Non Lab Lembar Buku .5.Lembar Media procedural pasangan gen-gen yang pewarisan sifat . gen dari alelnya. pengetahuan.5. teknologi. berdasarkan hukum berdasarkan diwariskan kepada persilangan berwarna menganalisis Mendel persilangan keterunannya monohibrid merah dan pengetahuan monohibrid (C3) Konseptual: menggunakan putih faktual. terjadi pemisahan bebas genetik 3.Lembar Media 2x45 Pengetahuan prinsip pewarisan pewarisan sifat Makhluk hidup memiliki . Menerapkan prinsip Lab .Melakukan observasi Kancing menit Memahami. (C3) menggunakan kuning. Menerapkan prinsip Faktual: Lab: .Melakukan observasi Kancing berdasarkan rasa dikandung oleh induk makhluk hidup percobaan sikap Genetik ingin tahuannya (parental) sehingga setiap berdasarkan persilangan berwarna tentang ilmu gamet memperoleh satu persilangan dihibrid monohibrid hijau.1.2. sifat makhluk hidup makhluk hidup materi genetik yang akan percobaan sikap Genetik menerapkan. media kancing konseptual.3.5. seni.

dengan Mendel tentang Prosedural: Mencari kajian Kerja Siswa Internet wawasan persilangan Peluang persilangan literatur terkait kemanusiaan. dan perhitungan peluang 1:2:1 sedangkan dihibrid makluk hidup peradaban dari persilangan 9:3:3:1 terkait penyebab makhluk hidup di Metakognitif: fenomena dan bidang pertanian dan Mengaplikasikan kejadian. monohibrid dan monohibrid pada Hukum mendel dan kebangsaan. dihibrid dengan makhluk hidup yaitu penerapannya pada kenegaraan. serta peternakan (C4) pengetahuan tentang menerapkanpen prinsip pewarisan sifat getahuan menurut hukum mendel procedural pada pada persilangan bidang kajian makhluk hidup yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah .

Lembar . Prosedural: . rumah mendel dalam mampu misalnya biji bundar perhitungan peluang menggunakan disebut sifat dominan. sedangkan ciri Presentasi dalam bentuk dipelajarinya di sifat dari tetua yang lain laporan yang laporan tentang sekolah secara tidak muncul. Sifat yang sudah dikerjakan penerapan hukum mandiri dan muncul pada F1. Menyajikan data Faktual: .5. persilangan dalam metoda sesuai Sedangkan.Lembar menalar. misalnya biji keriput disebut sifat resesif. dan dalam penerapan hukum ercis berbiji keriput kelas XI rumah observasi menyaji dalam perhitungan mendel dalam manis dengan ercis SMA keterampi . Non Lab . sifat yang bidang peternakan kaidah keilmuan tidak muncul.5 Menyajikan 4.1. Non Lab .KI 4: 4.Buku 1x 45 Presentasi Keterampilan hasil penerapan dalam bentuk Persilangan dibidang observasi pelajaran menit laporan yang Mengolah. hukum Mandel laporan tentang pertanian misalnya antara sikap biologi sudah dikerjakan . - dari yang muncul.5. hanya ciri sifat dari pengembangan dan peternakan salah satu tetuanya yang 4.2. Menyajikan data .Internet ranah konkret peluang dari perhitungan peluang berbiji bulat asam lan dan ranah persilangan persilangan Konseptual: abstrak terkait makhluk hidup di monohibrid dalam Pada seluruh tanaman dengan bidang pertanian bidang pertanian F1.

persilangan dengan dua sifat beda antara biji bundar kuning dengan keriput hijau. Metakognitif: Mengaplikasikan pengetahuan tentang prinsip pewarisan sifat menurut hukum mendel pada persilangan makhluk hidup dibidang pertanian dan peternakan . Pada F1 diperoleh biji bundar kuning.

KI. (2016) Korektor: . dan KD 8 Analisissumber media pembelajaranpembentukkompetensi 15 dasarsesuaidengan SKL. dan psikomotor sesuai dengan SKL.E. kognitif. dan KD 9 Analisiswaktuteoritikuntuksetiapkompetensidasarsesuai 10 denganPermen Dikbud Nomor 24 Tahun 2016 III. psikomotor terorganisasi dengan baik dan lengkap Jumlah Skor Maksimal 100 InstrumenpenilaiandikembangkanolehIndriwati. 15 asessetiappembentukkompetensidasarsesuaidengan SKL. IdentitasAnalisisStandar Isi 1 Judul 2 2 Namapenulis 1 3 Tempat dan waktupenulisan 2 II. KI dan KD serta tingkat kompetensi dan tingkat kelas 6 Analisis kegiatan lab/non lab. SistematikaAnalisis 10 Analisis kompetensi dasar minimal menjadi komponen 10 kompetensi aspek: kognitif. KRITERIA PENILAIAN ANALISIS STANDAR ISI MATAKULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM SMA SEMESTER GENAP 2016-2017 No Elemen Skor Penilaian Maks Kawan Dosen I. KI. dan KD 7 Analisisteknikasesmenkegiatan lab/non lab untukmeng. afektif. KI. dan peralatan/bahan minimal 15 sesuai dengan SKL. Isi Analisis Standar Isi 4 Analisis kompetensi dasar minimal menjadi indikator 15 kompetensi untuk aspek afektif. KI dan KD serta tingkat kompetensi dan tingkat kelas 5 Analisis lingkup pengetahuan minimal sesuai dengan 15 tuntutan SKL. S.