You are on page 1of 19

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL

)
DI PT POS INDONESIA

Di Susun Oleh :

Nama : Nurjana
NISN : 0009183923
Kelas : XI AP 1
Program Keahlian : Administrasi Perkantoran

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
NEGERI 1 KAYUAGUNG
T.P 2016/2017

Afif Wahyu Pratama Midiansyah NIPPOS: 985393555 NIPPOS: 983404914 .HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI PT POS INDONESIA Laporan ini Disampaikan untuk Memenuhi Persyaratan Penyelesaian Praktek Kerja Industri SMK Negeri 1 kayuagung Tahun pelajaran 2016-2017 Di Susun Oleh : Nama : Nurjana NISN : 0009183923 Kelas : XI (Sebelas) Program Keahlian : Administrasi Perkantoran Disahkan dan disetujui oleh: Pemimpin PT Pos Indonesia Pembimbing M.

Pd.Abdul Gofar. Kepala Sekolah..Pd. SMK Negeri 1 Kayuagung H.S.M.I NIP 196110231984031001 .

… Maret 2017 Nurjana . Dari tanggal 05 Januari 2017 – 10 april 2017. oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada : 1 Bapak Abdul Gofar. karena dengan rahmat dan karunianya saya dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang telah dilaksanakan di PT POS INDONESIA. Afif Wahyu Pratama. Kami menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. 4 Ibu Tetty Laksanawati selaku Ketua Jurusan AP(Administrasi Perkantoran) SMK N 1 Kayuagung 5 Bapak Aditya Indra Prawira selaku Guru Pembimbing Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) SMK N 1 Kayuagung 6 Kedua orang tua tercinta yang selalu memberikan motivasi selama Praktek kerja Lapangan (PKL) Dan teman-teman yang sudah memberikan masukan dan saran. S.Pd selaku kepala SMK N 1 KAYUAGUNG 2 Bapak M. semoga laporan ini bermanfaat. Kayuagung. KATA PENGANTAR Puji syukur saya ucapkan kepada ALLAH SWT. Sehubungan dengan terlaksananya Prakerin ini saya berterima kasih atas bantuan dan dorongan dari semuanya. Oleh karena itu Kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun bagi pembaca dan masyarakat umum. selaku pemimpin PT POS INDONESIA 3 Bapak Midiansyah instruktur PT POS INDONESIA. Kegiatan Prakerin dimaksudkan sebagai salah satu bekal dalam memasuki jenjang dunia usaha atau dunia industri dan siap bekerja.

4. Struktur PT POS INDONESIA 2.2.1.2.1.2.3.4. Tujuan Praktek kerja Lapangan (PKL) 1.2. DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL HALAMAN PENGESAHAN KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB l PENDAHULUAN 1.Tujuan 3. Visi dan Misi PT POS INDONESIA BAB lll PEMBAHASAN 3.1 Sejarah Dan Profil Singkat PT POS INDONESIA 2.2.1.1.2. Tempat dan Waktu BAB ll TINJAUAN UMUM TENTANG INSTANSI/PERUSAHAAN 2.3.1.2.Pengertian Pengiriman Paket/Surat Keluar 3. Saran LAMPIRAN Daftar Gambar .1. Struktur Organisasi 2. Latar Belakang PT POS INDONESIA 2.1.Prosedur 3. Kesimpulan 4.Proses/Hasil Kerja BAB lV PENUTUP 4.2. Awal Berdirinya PT POS INDONESIA 2. Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan (PKL) 1. Tujuan Pembuatan Laporan Praktek Kerja Lapangan 1.

kreatif. terampil. bertanggung jawab.2 Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Membangunan Siswa Siswi yang berkualitas. dengan waktu praktek 05 Januari sampai 10 april 2017. agar dapat menghasilkan lulusan yang terampil dan dapat melaksanakan tugas dalam bidangnya terutama teknologi industri. . jujur dan teknologi yang diperoleh disekolah menengah kejuruan (SMK) Program SMK N 1 KAYUAGUNG jurusan Administrasi Perkantoran (AP) bertujuan menghasilkan tenaga kerja yang terampil di era industri. kedisiplinan. 1. dan inovatif. Untuk itu perlu diadakannya penerapan ilmu pendidikan dan dunia industri melalui program Prakerin.3.4. mandiri. 1. Tempat dan Waktu Tempat Prakerin peserta di PT Pos Indonesia. 1. 2 Memberikan informasi tentang ilmu pengetahuan dan teknologi dari Dunia Usaha / Dunia Industri (DU/DI) ke sekolah.1 Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan (PKL) Praktek Kerja Lapangan adalah salah satu kegiatan yang dapat menambah ilmu pengetahuan. Jurnal Kegiatan BAB I PENDAHULUAN 1.Tujuan Pembuatan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Adapun tujuan pembuatan laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini adalah : 1 Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan atau pengalaman dalam bentuk tulisan.

Peraturan Pemerintah tersebut berisi tentang pengalihan bentuk awal Pos Indonesia yang berupa perusahaan umum (perum) menjadi sebuah perusahaan (persero).Jawa dan luar P. Perhubungan pos pada waktu itu dilakukan terbatas diantara kota-kota tertentu di P. Pada waktu itu suratpos ditempatkan pada Stadsherbrg (Gedung Penginapan Kota) dan belum dilakukan pengantaran suratpos.C (Verenigde Oost Indische Compagnie).1.000 Agen Pos yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pos Indonesia. BAB II TINJAUAN UMUM TENTANG INSTANSI/PERUSAHAAN 1 Sejarah Dan Profil Singkat PT Pos indonesia 2. saham Pos Indonesia sepenuhnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Saat ini.000 kantor pos dan 28.O. Bentuk usaha Pos Indonesia ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1995. tetapi juga jasa keuangan. bentuk badan usaha Pos Indonesia merupakan perseroan terbatas dan sering disebut dengan PT.1. Berdiri pada tahun 1746. . Saat ini Pos Indonesia tidak hanya melayani jasa pos dan kurir. Awal Berdirinya PT Pos Indonesia Perposan "Modem" di Indonesia sejak 1602 di jaman V. Latar Belakang PT Pos Indonesia Pos Indonesia merupakan sebuah badan usaha milik negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang layanan pos. yang didukung oleh titik jaringan sebanyak ± 4.2.sehingga tiap orang dapat memeriksa apakah ada surat pos baginya. 2.1.Jawa dengan menggunakan alat angkut kereta kuda dan kapal layar pacalang.

Visi Dan Misi PT Pos Indonesia VISI PT POS INDONESIA senantiasa berupaya untuk menjadi penyedia sarana komunikasi kelas dunia yang peduli terhadap lingkungan yang dikelola oleh SDM yang profesional sehingga mampu memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat serta tumbuh dan berkembang sesuai konsep bisnis yang sehat. . AFIF WAHYU PRATAMA NIPPOS.2.1.9834049 14 PENGANTAR 1 PENGANTAR 2 Hengki Agus salim 2.2.2.2 Struktur Organisasi 2. Struktur PT Pos Indonesia PIMPINAN M.985393555 LOKET 1 LOKET 2 MIDIANSYAH Haleony pertiwi NIPPOS.

. masyarakat. 2.PT Pos Indonesia penyedia sarana komunikasi yang andal dan terpercaya bagi masyarakat dan pemerintah yang berguna untuk menunjang pembangunan Nasional serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara. pemegang saham.MISI 1. dan mitra kerja. PT Pos Indonesia mengembangkan usaha bertumpu pada peningkatan mutu pelayanan melalui penarapan IPTEK tepat guna untuk mencapai kepuasan pelanggan serta memberi nilai tambah yang optimal untuk karyawan.

Akhir-akhir ini.2 Fungsi Paket keluar 1) Mengontrol dan mengawasi paket data yang mengalir di jaringan firewall harus dapat mengatur memfilter dan mengontrol lalu lintas data yang di izin untuk mengakses jaringan privat yang dilindungi oleh firewall. BAB III PEMBAHASAN 3. 3. Beberapa kriteria yang dilakukan oleh firewall apakah memperbolehkan paket data lewat atau tidak antara lain :  Alamat IP dari komputer sumber  Port TPC/UDP Sumber dari sumber  Alamat IP dari kantor tujuan  Port TPC/UPC tujuan data pada komputer tujuan  Informasi dari header yang di simpan dalam paket data . selain tentunya firewall dan router. jenis protokol aplikasi yang mencurigakan. Packet filtering umumnya digunakan untuk memblokir lalu lintas yang mencurigakan yang datang dari alamat IP yang mencurigakan. dan kriteria lainnya. fitur packet filtering telah dimasukkan ke dalam banyak sistem operasi (IPTables dalam GNU/Linux. dan IP Filter dalam Windows) sebagai sebuah fitur standar. nomor barcode TCP/UDP yang mencurigakan.1 Pengertian Paket Keluar Paket keluar (bahasa Inggris: Packet filtering) adalah mekanisme yang dapat memblokir paket-paket data jaringan yang dilakukan berdasarkan peraturan yang telah ditentukan sebelumnya. Packet filtering adalah salah satu jenis teknologi keamanan yang digunakan untuk mengatur paket-paket apa saja yang diizinkan masuk ke dalam sistem atau jaringan dan paket-paket apa saja yang diblokir.

kemampuan ini menuntut firewall untuk mampu mendeteksi protokol aplikasi tertentu yang spesifikasi. ikuti seperti gambar dibawah ini. Setelah Login Klik Menu Start > All Program > Administrasi Layanan > Klik Buka Backsheet. 2) Aplikasi proxy Firewall mampu memeriksa lebih dari sekedar header dari paket data. ini didapatkan setelah mendaftar Agenpos Kurir/MLO 3. .3.1 Cara Melakukan paket keluar Langkah Cara Transaksi Aplikasi MLO Agenpos : 1.3 Prosedur-Prosedur Menjalankan paket keluar 3. 3) .co.posindonesia. Akses Alamat Web https://agenpos. Login Dengan User yang telah diberikan oleh kantorpos.id (ingat harus memakai huruf "s" di https nya) 2. Ini Memungkinkan membantu sebagai pendeteksian dini akan penjebolan jaringan 3.Mencatat setiap transaksi kejadian yang terjadi di firewall.

Setelah Backsheet Terbuka.Proses Buka Backsheet Proses Buka Backsheet 4. . dengan mengakses menu Start > All Program > Kiriman Pos > Loket Kiriman Ritel . seperti gambar berikut. ditandai dengan Pesan Ready seperti gambar diatas. berikutnya adalah masuk ke modul entri transaksi agenpos kurir atau MLO.

maka akan muncul form bantuan kodepos.  Selanjutnya kursor akan pindah ke input kodepos. 0|Serbaguna untuk resi yang selama ini dipakai oleh agenpos atau resi menggunakan printer inkjet atau laser. Kemudian setelah menu loket kiriman ritel di Klik akan muncul form entri kiriman pos.  Kursor pertama kali akan berada pada id pelanggan. jika belum mengetahui kodepos bisa menekan tombol F1. masukan nama kota. Jenis kertas resi bisa dipilih. kecamatan atau kelurahan yang dicari. pastikan kodepos tujuan tidak salah. tekan tombol enter . masukan nomor barcode (biasanya diberikan oleh Kantorpos kepada agen yang sudah terdaftar sebagai agen Mail dan Logistic)  Jika input resi benar maka akan muncul no resi bewarna biru di bagian sedikit ke kanan. 5. Untuk lebih detail bisa dilihat pada gambar berikut : .

 Selanjutnya isi nama dan alamat pengirim. lanjutkan dengan mengisi Nama dan Alamat tujuan. Setelah dipilih kodepos selanjutnya :  Masukan berat aktual (berat sesuai timbangan dalam skala gram) lalu Tekan enter  Isikan nilai barang sesuai nilai kiriman dan tekan enter.  Jika Iya.  Klik salah satu layanan yang sesuai dengan keinginan pelanggan dan bea Kirim akan muncul. pastikan juga menyertakan nomor HP. Pada tahap ini silahkan lakukan konfirmasi kepada pelanggan apakah kirimannya mau diproses atau tidak.  Setelah semua selesai lalu akhiri dengan tombol Proses. 6. Berikut gambar lengkapnya : . sertakan juga nomor HP. kemudian akan muncul jenis layanan yang tersedia. Jika jaringan lancar dan tidak ada masalah maka resi akan tercetak.

untuk selanjutnya dimulai transaksi baru. 8. Jika dibutuhkan seluruh daftar kiriman surat dan paket yang telah dikirim dapat dicetak.Proses Input Transaksi 7. Jika Resi sudah tercetak maka selesai sudah 1 (satu) siklus transaksi. Caranya :  Akses Menu all program > administrasi transaksi> Klik cetak backsheet ipos  Tunggu beberapa saat kemudian akan muncul no backsheet dan klik tampilkan kemudian klik cetak . yaitu dengan cara cetak backsheet.

untuk itu silahkan ikuti link : Cara Membuat/Membuka Rekap dan Menutup Rekap Harian Pada Aplikasi Agenpos Kurir atau MLO Berbasis Web 2. 9. Jika terjadi permasalahan resi tidak tercetak sedangkan data sudah masuk ke Backsheet dan untuk mengulang cetakan tidak bisa. Jika tidak ada lagi transaksi pada hari tersebut maka bisa dilakukan tutupan backsheet. maka solusinya ikuti link berikut : Cara Membatalkan Transaksi Agenpos Kurir atau MLO Berbasis Web . Seperti gambar berikut. kemudian klik tombol tutup dan akhiri dengan Klik Tombol Yes. yaitu dengan cara :  Akses Menu All Program > Administrasi Layanan > Tutup Backsheet . Sebelum memulai transaksi harian Kepala Agen harus membuat/membuka rekap dan menutup rekap harian. Catatan : 1.

kejujuran. para peserta PKL dapat merasakan bagaimana praktek langsung di lingkungan dunia kerja yang langsung dibimbing dengan pihak industri. dan manfaatnya bagi diri saya sendiri. Dengan adanya PKL (PRAKTEK KERJA LAPANGAN) Dari pengalaman Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan di PT POS INDONESIA selama 3 bulan dapat diambil kesimpulan : a. Praktek lebih mudah jika dibandingkan dengan teori d. cukup banyak mendapat ilmudan pengalaman dalam dunia usaha maupun dunia Industri DU/DI c. 4.N 1 KAYUAGUNG 3 Menjalin hubungan kerja sama yang baik antara atasan dan bawahan serta karyawan lainnya 4 Disiplin kerja. harus sesuai dengan jurusan sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan lebih bannyak.jaga etika. kesopanan. 2 guru pembimbing/Guru-guru lainnya diharapkan selalu memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa-siswi prakerin SMK. dan tanggung jawab harus diperhatikan oleh setiap siswa prakrin Demikian kami ucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu dan membimbing dalam pelaksanaan Prakerin. BAB IV PENUTUP 4. Setelah melaksanakan PKL saya simpulkan bahwa antara teori yang dapat dari sekolah dengan praktek kerja di dunia usaha memiliki banyak perbedaan.2 Saran Dalam pelaksanaan PKL ini saya mengambil pengalaman. bias lebih mengenal dunia usaha dan dunia industri b. Adapun saran-saran yang dapat kamisampaikan sebagai berikut : 1 saat mau melaksanakan PKL. hendaknya mempertimbangkan tempat yang diambil. . Kamiberharap semoga laporan ini berguna bagi kita semuanya dan juga yang membacanya.1 Kesimpulan Pembelajaran di dunia kerja adalah suatu strategi yang memberi peluang peserta mengalami proses belajar melalui bekerja langsung pada pekerjaan. Dengan adanya PKL.

LAMPIRAN Hasil Gambar .

Jurnal kegiatan N HARI/TGL URAIAN PEKERJAAN O 1 Senin Administrasi meterai 6000 sebanyak 500 buah 09 jan 2017 2 Selasa Administrasi cap stempel/ melegalisir 10 jan 2017 3 Rabu Menenpel barcode pada surat keluar 11 jan 2017 4 Kamis Memanifest paket yang akan dikirim/ paket keluar 12 jan 2017 5 Jumat Memanifest paket yang akan dikirim/ paket keluar 13 jan 2017 6 Sabtu Menyusun surat/ paket keluar 17 jan 2017 .