You are on page 1of 8

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan Puji dan syukur dan atas berkat rahmat Ida Sang
Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Kuasa, Rencana Strategis UPT.
Puskesmas Abiansemal III tahun 2016–2021 telah selesai disusun.
Dokumen Rencana Strategis ini disusun sebagai acuan bagi
penyelenggaraan kegiatan Puskesmas dalam memberikan pelayanan kepada
masyarakat maupun dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan
masyarakat di wilayah kerjanya secara umum selama kurun waktu
perencanaan yaitu tahun 2016 – 2021 sesuai dengan tugas pokok dan
fungsinya masing – masing.
Akhirnya kami sampaikan terimakasih dan penghargaan kepada semua
pihak yang telah berpartisipasi dalam penyusunan dokumen ini . Kami
menyadari bahwa rencana strategis ini masih terdapat banyak kekurangan
dan kelemahan oleh sebab itu kami sangat mengharapkan masukan, saran
dan kritik sebagai upaya kita bersama untuk meningkatkan derajat
kesehatan masyarakat dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Sibangkaja, Januari 2016
Kepala UPT Puskesmas
Abiansemal III

dr. Made Ratnadewi
NIP. 19770316 200312 2

Upaya Kesehatan Masyarakat Pengembangan. kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar memperoleh derajat kesehatan yang optimal. serta merupakan kesepakatan global maupun nasional. Upaya ini memberikan daya ungkit paling besar terhadap keberhasilan pembangunan kesehatan melalui pendekatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). 013 BAB I PENDAHULUAN Puskesmas adalah unit pelayanan kesehatan yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja dan merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan pemerintah yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat. Dengan demikian Puskesmas berfungsi sebagai pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan. Upaya Kesehatan Ibu Anak dan Keluarga Berencana. Upaya kesehatan masyarakat esensial merupakan upaya kesehatan yang harus dilaksanakan oleh seluruh puskesmas di seluruh Indonesia. Upaya kesehatan yang diselenggarakan di Puskesmas terdiri dari Upaya Kesehatan Masyarakat Esensial. Sedangkan upaya kesehatan . Upaya Perbaikan Gizi. Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit serta Upaya Perawatan Kesehatan Masyarakat. Upaya Kesehatan Lingkungan. pusat pemberdayaan keluarga dan masyarakat serta pusat pelayanan kesehatan strata pertama. Yang termasuk dalam Upaya Kesehatan Masyarakat Esensial adalah Upaya Promosi Kesehatan. Puskesmas berperan menyelenggarakan upaya kesehatan untuk meningkatkan kesadaran. dan Upaya Kesehatan Perorangan.

lengkap dan akurat sehingga dapat mencapai target baik dalam kualitas maupun kuantitas program kegiatan serta memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat pada umumnya. Seluruh kegiatan tersebut merupakan satu kesatuan yang saling terkait dan berkesinambungan. Upaya Kesehatan Usia Lanjut. Upaya Kesehatan Olah Raga. . pemberdayaan masyarakat . Agar upaya kesehatan terselenggara secara optimal. Manajemen puskesmas adalah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara sistematis untuk menghasilkan luaran (output) puskesmas secara efektif dan efisien. sasaran dan kegiatan selama kurun waktu 5 tahun ke depan (2016 – 2021). Kegiatan manajemen puskesmas terdiri dari perencanaan. Dengan berpedoman pada renstra maka diharapkan semua kegiatan akan lebih terencana . Upaya Kesehatan Jiwa. Upaya Kesehatan Gigi dan Mulut. pengembangan adalah upaya kesehatan yang ditetapkan berdasarkan permasalahan kesehatan yang ditemukan di wilayah kerja puskesmas serta disesuaikan dengan kemampuan puskesmas. Upaya Kesehatan Indera Mata dan Pendengaran dan Upaya Kesehatan Tradisional Komplementer. pelaksanaan dan pengendalian serta pengawasan dan pertanggungjawaban. Penyusunan renstra ini mengacu pada Sistem Kesehatan Nasional. Upaya kesehatan pengembangan antara lain Upaya Kesehatan Sekolah. keterpaduan dan rujukan. maka UPT Puskesmas Abiansemal III menyusun Rencana Strategi ( Renstra ) sebagai kerangka acuan dan pedoman dalam melaksanakan kegiatan di puskesmas guna pencapaian program. Dalam rangka menyelenggarakan kegiatan puskesmas tersebut . Dalam menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat esensial dan upaya kesehatan masyarakat pengembangan harus menerapkan azas penyelenggaraan puskesmas secara terpadu yaitu azas pertanggungjawaban wilayah. maka puskesmas harus melaksanakan kegiatan manajemen dengan baik.

Adapun penetapan kegiatan dalam renstra didasarkan pada pemenuhan Standar Pelayanan Minimal ( SPM ) Bidang Kesehatan. Puskesmas Abiansemal III terletak di Desa Sibangkaja. Saat ini UPT. 3. Kecamatan Abiansemal. 2. Puskesmas Abiansemal III meliputi 3 Desa yaitu : 1. Dalam menjalankan aktivitasnya. Puskesmas Abiansemal III mempunyai 2 buah Puskesmas Pembantu (Pustu) yaitu Pustu Darmasaba dan Pustu Sibang Gede Bagi desa yang berjarak relatif jauh dari Pustu maupun Puskesmas. Dokter Gigi 3 Orang. GAMBARAN UMUM UPT Puskesmas Abiansemal III berdiri pada 15 Desember 1997 berada di Kecamatan Abiansemal. Wilayah kerja UPT.74 km². Rencana Strategis Dinas Kesehatan Provinsi Bali dan Rencana Strategis Dinas Kesehatan Kabupaten Badung. Puskesmas Abiansemal III ditopang oleh SDM sebagai berikut: Dokter Umum 4 Orang. Kabupaten Badung. A. UPT. S1 Keperawatan . Luas wilayah kerja Puskesmas Abiansemal III adalah 19. Desa Sibangkaja dengan 7 banjar. Adapun batas-batas wilayah sebagai berikut : Sebelah Utara : Desa Mambal Sebelah Barat : Desa Gerih Abiansemal dan Desa Lukluk Sebelah Selatan : Desa Peguyangan (Kotamadya Denpasar) Sebelah Timur : Desa Sedang UPT. Desa Darmasaba dengan 12 banjar. Rencana Strategis Kementerian Kesehatan. juga disediakan pelayanan dalam bentuk Puskesmas Keliling. Desa Sibanggede dengan 12 banjar.

Pelayanan Kesehatan Jiwa. Kesehatan Ibu dan Anak termasuk KB. serta Jaringan Pelayanan Puskesmas dan Jejaring Fasyankes untuk mendukung pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat. kecacatan dan kematian. Upaya Kesehatan Perorangan. dan Operator KBS 1 Orang. b) Penyelenggaraan UKP (Upaya Kesehatan Perorangan) tingkat pertama. Pelayanan Kesehatan Indera. Adapun fungsi puskesmas di wilayah kerja sebagaimana tertuang pada pasal 5 Permenkes RI nomor 75 Tahun 2014. meliputi : a) Penyelenggaraan UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat) tingkat pertama. Cleaning Service (CS) Non PNS 6 Orang. Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. Sarjana Kesehatan Masyarakat 2 Orang. Upaya Kesehatan Masyarakat Esensial tersebut sebagai berikut : Promosi Kesehatan dan Kesehatan Institusi. Pelayanan Kesehatan Olahraga. D3 Kebidanan 6 Orang. Upaya Kesehatan Masyarakat Esensial merupakan program yang ditetapkan berdasarkan kebutuhan serta mempunyai daya ungkit tinggi dalam mengatasi permasalahan kesehatan yang berkaitan dengan kesakitan. Pelayanan Kesehatan Usia Lanjut. dan Usaha Kesehatan Sekolah. Kefarmasian dan Laboratorium. SLTA 4 Orang. Pelayanan Gizi. . pada pasal 4 disebutkan bahwasannya puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat. Perawat Gigi 1 Orang. D3 Kesling 1 Orang. Menurut peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. SMF (Pengelola Obat) 1 Orang. Pelayanan Kesehatan Tradisional Komplementer. dan Pelayanan Perawatan Kesehatan Masyarakat. Pelayanan Kesehatan Kerja. D3 Keperawatan 6 Orang. D3 Kebidanan PTT 5 orang. Upaya Kesehatan Masyarakat Pengembangan meliputi Pelayanan Kesehatan Gigi Masyarakat. Petugas PPTI 1 Orang.2 Orang. Tenaga LKB 2 Orang. Kesehatan Lingkungan.

4. Tata Nilai . selanjutnya pasal 8 menyebutkan bahwa puskesmas juga dapat berfungsi sebagai wahana pendidikan tenaga kesehatan. Memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat 2. Meningkatkan kualitas SDM yang profesional dan berkomitmen tinggi 3. akuntabel. Dengan strategi yang dilakukan yaitu :  Pemberdayaan Masyarakat  Kerjasama Lintas Program dan Lintas Sektoral  Peningkatan Mutu Pelayanan c. Misi Organisasi Misi organisasi UPT Puskesmas Abiansemal III adalah sebagai berikut : 1. Motto Motto UPT Puskesmas Abiansemal III adalah : “Melayani dengan semangat SIBANG” d. a. Menggerakan masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat. Visi Organisasi Visi UPT Puskesmas Abiansemal III adalah “Menjadi Puskesmas dengan pelayanan prima untuk mendukung Abiansemal sehat. Meningkatkan pemanfaatan sarana dan prasarana secara maksimal 5. Meningkatkan tata kelola Puskesmas melalui perbaikan manajemen yang profesional. efektif dan efisien.Selain dua fungsi yang terdapat pada pasal 5. b.

Adanya tolok ukur sebagai bahan evaluasi kinerja tahunan program kegiatan UPT Puskesmas Abiansemal III . . misi.yang merupakan penjabaran dari SIBANG. sasaran dan kegiatan secara terpadu. Tujuan 1. Menjabarkan visi. 3. Sebagai kerangka acuan dalam melaksanakan operasionalisasi kegiatan Puskesmas guna pencapaian program. salam I : Inovatif B : Bersih A : Aman N : Nyaman G : Gelorakan semangat Pelayanan Prima B. Mewujudkan keterpaduan arah. Memberikan pedoman bagi penyusunan rencana kerja tahunan yang dituangkan dalam Perencanaan Tingkat Puskesmas ( PTP ). keselarasan program dan kegiatan sesuai dengan target dan sasaran yang ditetapkan. yaitu : S : Senyum. terarah dan terukur. 4. Menjabarkan gambaran umum dan upaya kesehatan UPT Puskesmas Abiansemal III dalam rangka mewujudkan visi dan misi Puskesmas. program kerja puskesmas ke dalam program kegiatan untuk periode waktu 2016 – 2021. 2. UPT Puskesmas Abiansemal III memiliki 6 tata nilai dasar dalam aspek pelayanan yang harus dipegang teguh oleh masing-masing pegawai. 2. strategi. MAKSUD DAN TUJUAN Maksud 1. sapa.

sasaran dan kegiatan. PROGRAM KERJA DAN KEGIATAN B. Memberikan pedoman atau kerangka acuan dalam penyusunan instrument pengendalian. PENCAPAIAN KINERJA UNTUK TIAP JENIS PELAYANAN DAN UPAYA PUSKESMAS B. ANALISIS KINERJA : MENGANALISIS FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT KINERJA BAB III RENCANA PENCAPAIAN KINERJA A. C. 3. pengawasan dan evaluasi program kegiatan guna pencapaian program. RENCANA ANGGARAN BAB IV PENUTUP LAMPIRAN RENSTRA . INDIKATOR DAN STANDAR KINERJA UNTUK TIAP JENIS PELAYANAN DAN UPAYA PUSKESMAS BAB II ANALISIS KINERJA A.