You are on page 1of 16

DETASEMEN KESEHATAN WILAYAH 02.04.

02
RUMAH SAKIT TK. IV Dr. BRATANATA
Jln. Raden Mattaher No. 33 Telp. 0741 23164 Jambi
e-mail : rs_dr_bratanata@yahoo.co.id

PROGRAM PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN
RUMAH SAKIT TK.IV Dr. BRATANATA JAMBI
TAHUN 2014

1. PENDAHULUAN

Pelayanan yang berkualitas merupakan cerminan dari sebuah proses yang
berkesinambungan dengan berorientasi pada hasil yang memuaskan. Dalam
perkembangan masyarakat yang semakin kritis, mutu pelayanan rumah sakit tidak hanya
disorot dari aspek klinis medisnya saja namun juga dari aspek keselamatan pasien dan
aspek pemberian pelayanannya , karena muara dari pelayanan rumah sakit adalah
pelayanan jasa.
Peningkatan mutu adalah program yang disusun secara objektif dan sistematik
untuk memantau dan menilai mutu serta kewajaran asuhan terhadap pasien,
menggunakan peluang untuk meningkatkan asuhan pasien dan memecahkan masalah-
masalah yang terungkap (Jacobalis S, 1989).

2. LATAR BELAKANG

Rumah Sakit adalah suatu institusi pelayanan kesehatan yang kompleks, padat
pakar dan padat modal. Kompleksitas ini muncul karena pelayanan di rumah sakit
menyangkut berbagai fungsi pelayanan, pendidikan dan penelitian, serta mencakup
berbagai tingkatan maupun jenis disiplin. Agar rumah sakit harus memiliki sumber daya
manusia yang profesional baik di bidang teknis medis maupun administrasi kesehatan.
Untuk menjaga dan meningkatkan mutu, rumah sakit harus mempunyai suatu ukuran yang
menjamin peningkatan mutu dan keselamatan pasien di semua tingkatan.

Pengukuran mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit sudah diawali dengan
penilaian akreditasi rumah sakit yang mengukur dan memecahkan masalah pada tingkat
input dan proses. Pada kegiatan ini rumah sakit harus melakukan berbagai standar dan
1

keselamatan pasien dan memeberikan kepuasan kepada pasien.prosedur yang telah ditetapkan. Rumah sakit dipicu untuk dapat menilai diri (self assesment) dan memberikan pelayanan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. b. 3. yaitu instrumen mutu pelayanan rumah sakit yang menilai dan memecahkan masalah pada hasil (output). Pemantauan Indikator Klinik N KEGIATAN POKOK RINCIAN KEGIATAN O 1 Asesmen Area Klinik Mencatat kelengkapan pengisisn pengkajian 24 jam 2. Tanpa mengukur hasil kinerja rumah sakit tidak dapat dikertahui apakah input dan proses yang baik telah menghasilkan output yang baik pula. Tujuan Khusus: 1) Memastikan bahwa pelayanan diberikan sesuai dengan standar pelayanan medis dan keperawatan 2) Menjamin pemberian pelayanan sesuai dengan standar pelayanan medik. Pelayanan Radiologi dan Mencatat waktu tunggu hasil pelayanan 2 . TUJUAN a. Sebagai kelanjutan untuk mengukur hasil kerjanya perlu ada alat ukur yang lain. 3) Mengupayakan peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien melalui peningkatan kemampuan pemberian pelayanan kesehatan. Tujuan Umum : Mendorong pelaksanaan kegiatan pelayanan kepada pasien yang memenuhi standar pelayanan. KEGIATAN POKOK DAN RINCIAN KEGIATAN Kegiatan Tim Peningkatan Mutu Rumah Sakit Dr. Pelayanan Laboratorium Mencatat waktu tunggu pelayanan laboratorium klinik 3. keselamatan pasien dan dilaksanakan secara terpadu sesuai dengan kebutuhan pasien. Indikator rumah sakit disusun bertujuan mengukur kinerja rumah sakit serta nyata sesuai standar yang ditetapkan. Bratanata melalui indikator mutu pelayanan rumah sakit 4. 4) Tersusunnya sistem monitoring pelayanan Rumah Sakit Dr. Bratanata dilakukan melalui: A.

Ketersedian isi. Indikator Mutu Menejerial N KEGIATAN POKOK RINCIAN KEGIATAN O 1 Pengadaan rutin peralatan Mencatat kekosongan stok obat esensial kesehatan dan obat penting untuk memenuhi kebutuhan 2. Pelaporan aktifitas yang Mencatat ketepatatan waktu pengiriman diwajibkan oleh peraturan laporan bulanan ke Kemenkes perundang-undangan 3. Prosedur Bedah Mencatat persentase tindakan Sectio Casearea yang dilakukan pada grimigravid pada usia kehamilan 37-42 minggu bayi posisi normal tunggal hidup 5. Menejemen Rsiko Mencatat insiden tertusuk jarum 4. Harapan dan kepuasan pasien Membuat angket dan menyebarkan dan keluarga kepada paien dan keluarga tentang 3 . Riset Klinis Mencatat evaluasi kelengkapan Informed Concent yang dilaksanakan setiap penelitian klinis B. Kesalahan Medikasi dan Mencatat Kesalahan penulisan labeling Kejadian Nyaris Cedera obat oleh farmasi 7. Pencegahan dan Angka kejadian Dekubitus Pengendalian Infeksi Surveilans dan pelaporan 11. Menejemen penggunaan Mencatat pemanfaatan alat MRI dalam Sumber Daya yang ada di proses penegakkan diagnosa pasien Rumah Sakit 5. Diagnostik thorax foto pasien rawat jalan 4. Penggunaan Antibiotik dan Penulisan resep obat sesuai denga Obat lainya formularium oleh dokter 6. Pengguanaan Anestesi dan Mencatat pengkajian Pre Anestesi Sedasi dilaksanakan untuk pasien pra operasi elektif dengan anestesi umum 8 Penggunaan Darah dan Mencatat monitoring tidak terpakainya Produk dara darah yang sudah diorder 9. penggunaan Mencatat Kelengkapan pengisian Rekam Rekam Medis pasien Medik 24 jam setelah selasai layanan rawat inap 10.

Mengurangi resiko bahaya Mencatat insiden pasien jatuh selama akibat pasien jatuh perawatan rawat inap di rumah sakit 5. Meningkatkan komunikasi Mencatat kepatuhan penerapan efektif komunikasi dengan menggunakan metode READ BACK pada saat pelaporan pasien dan penerimaan pasien secara verbal melalui telepon 3. Sasaran Keselamatan Pasien N KEGIATAN POKOK RINCIAN KEGIATAN O 1 Identifikasi pasein dengan Mencatat Persentase pasien rawat inap benar yang baru yang memakai gelang identifikasi sesuai standar 2. CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN 4 . Harapan dan kepuasan Staf Membuat dan menyebarkan angket kepada pegawai tentang kepuasan pegawai bekerja di Rumah Sakit 7. Meningkatkan keamanan obat. keluarga dan Staf C. benar prosedur. Pencegahan dan Mencatat kepatuhan mencuci tangan pengendalian dari kejadian yang dapat menimbulkan masalah kesehatan pasien. kepuasan pelanggan salama mendapatkan perawatan di Rumah Sakit 6.Mencatat kepatuhan pemberian label obat obat dengan kewaspadaan high alert oleh farmasi tinggi 4. dan prosedur SITE MARKING sebelum benar pasien tindakan operasi 5. Memastikan benar lokasi Mencatat kepatuhan pelaksanaan operasi. Mengurangi resiko infeksi Mencatat blangko survey kepatuahn terkait dengan pelayanan melakukan Hand Hygiene kesehatan 6. Demografi pasien dan Mencatat dan membuat laporan identifikasi Diagnosa Klinis pasien potensial wabah berdasarkan tempat tinggal 8 Menejemen Keuangan Mencatat Cash Rasio 9.

Mencatat waktu tunggu Jumlah kumulatif waktu tunggu hasil pelayanan laboratorium klinik pelayanan laboratorium patologi klinik untuk seluruh pasien yang diperiksakan laboratorium Darah (menit) : Jumlah seluruh pasien yang diperiksakan laboratorium Darah (orang) = Rata-rata menit/orang Pengumpulan data dilakukan dengan total sampling. yaitu dengan melihat / observasi seluruh pemeriksaan darah lengkap dan kimia klinik ntuk pasien rawat jalan dan IGD 3. Pemantauan Indikator Klinik N KEGIATAN CARA MELAKSNAKAN KEGIATAN O 1 Mencatat kelengkapan Jumlah rekam medik yang lengkap diisi pengisisn pengkajian 24 jam oleh staf medis dan keperawatan dalam 24 jam dalam 1 bulan (orang) : Jumlah pasien yang dinyatakan telah selesai pelayanan rawat inap pada periode yang sama x 100% = ___% Pengumpulan data dilakukan dengan purposive sampling (besar sampel 400 / bulan). yaitu dengan melihat adanya ketidaklengkapan pengisian asesmen awal pasien baru pada setiap rekam medik yang digunakan sebagai sampel.A. yaitu dengan melihat / observasi seluruh pemeriksaan rontgen Thorax foto untuk pasien rawat jalan dan IGD 5 . 2. Mencatat waktu tunggu hasil Jumlah pasien rawat jalan yang dikerjakan pelayanan thorax foto pasien thorax foto dengan waktu ≤120 menit rawat jalan (orang) Jumlah seluruh pasien rawat jalan yang dilakukan thorax foto setiap bulan (orang) x 100 % = ____% Pengumpulan data dilakukan dengan total sampling.

yaitu dengan melihat adanya ketidakkejelasan aturan pakai. Data diukur dengan melihat data dokumentasi rekam medis. Mencatat persentase tindakan Jumlah tindakan Sectio Caesarea (SC) Sectio Casearea yang yang dilakukan pada primigravida usia dilakukan pada grimigravid kehamilan 37-42 minggu dengan bayi pada usia kehamilan 37-42 posisi normal tunggal hidup dalam satu minggu bayi posisi normal bulan (tindakan) : Jumlah seluruh tunggal hidup primigravida usia kehamilan 37-42 minggu dengan bayi posisi normal tunggal hidup dalam bulan yang sama (orang) x 100% Pengumpulan data dilakukan dengan total sampling. bentuk sediaan. 7. yaitu dengan melihat rekam medis seluruh pasien yang dilakukan Sectio Caesarea (SC).4. Penulisan resep obat sesuai Jumlah item obat yang sesuai daftar denga formularium oleh dokter formularium yang diorder dalam KIO setiap pasien dalam 1 bulan (buah) : Jumlah seluruh item obat yang diorder dalam KIO setiap pasien pada periode yang sama x 100% = ___% Samplingnya Seluruh item obat yang diorder dalam KIO setiap pasien 6. 5. dosis dan paraf dokter pada setiap resep yang digunakan sebagai sampel. Mencatat pengkajian Pre Jumlah pengkajian pre-anasthesi Anestesi dilaksanakan untuk dilaksanakan untuk pasien pra-operasi pasien pra operasi elektif elektif dengan anesthesi umum dalam satu 6 . Mencatat Kesalahan penulisan Jumlah Kesalahan Penulisan Resep labeling obat oleh farmasi (Prescription Errors) dalam satu bulan (item) : Jumlah seluruh Prescription order dalam bulan yang sama (item) x 100% Pengumpulan data dilakukan dengan purposive sampling (besar sampel 200/ bulan).

Mencatat Angka kejadian Jumlah pasien dekubitus dengan Dekubitus katagori/grade II atau lebih tinggi yang berusia ≥18 tahun dalam jangka waktu tertentu (orang) : Jumlah seluruh pasien baru yang berusia ≥18 tahun dalam periode yang sama x 100% =.. data didapatkan dengan sumber sekunder rekam medis untuk format pengkajian pra anesthesia.. yaitu dengan mencatat seluruh ketidaklengkapan rekam medis untuk pasien pulang rawat inap dalam satu bulan 10. dengan mengidentifikasi seluruh kegiatan operasi yang dilaksanakan.... yaitu dengan mencatat seluruh darah yang diorder 9.% Kegiatan pengumpulan data dilaksanakan dengan Quick Survey dengan 7 ...... dengan anestesi umum bulan (orang) : Jumlah seluruh pasien pra- operasi elektif dengan anesthesi umum dalam bulan yang sama (orang) x 100% = .. Mencatat Kelengkapan Jumlah rekam medik yang tidak lengkap pengisian Rekam Medik 24 diisi oleh staf medis dalam 24 jam untuk jam setelah selasai layanan pasien pulang rawat inap dalam satu bulan rawat inap (orang) : Jumlah pasien yang dinyatakan telah selesai pelayanan rawat inap dalam bulan yang sama (orang) x 100% = ___% Pengumpulan data dilakukan dengan total sampling.. 8 Mencatat monitoring tidak Jumlah darah yang tidak dipakai setelah terpakainya darah yang sudah diorder dalam satu bulan (kantong) : diorder Jumlah seluruh darah yang diorder dalam bulan yang sama (hitung per-kantong) x 100% Pengumpulan data dilakukan dengan total sampling..% Pengumpulan data dilakukan dengan total sampling.

dilakukan oleh staf Instalasi Farmasi apabila ada obat esensial yang stoknya kosong dalam satu bulan. Mencatat evaluasi Jumlah penelitian klinis yang memiliki kelengkapan Informed informasi persetujuan pasien lengkap Concent yang dilaksanakan dalam satu bulan (proposal) : Jumlah setiap penelitian klinis seluruh penelitian klinis dalam bulan yang sama (proposal) x 100% = ___% Pengumpulan data dilakukan dengan total. Pencatatan dilaksanakan setiap bulan. B. 2. yaitu dengan mencatat laporan yang dikirim setiap bulan ke Kementerian Kesehatan RI. menggunakan purposive sampling (dengan proporsi populasi) pada periode survey sesuai dengan kriteria inklusi 11. Mencatat pemanfaatan alat Jumlah pemeriksaan MRI kepala yang MRI dalam proses dicatat sesuai dengan indikasi dan urgensi 8 . Bratanata Jambi. yaitu dengan mencatat laporan insiden tertusuk jarum yang terjadi setiap bulan. Mencatat ketepatatan waktu Jumlah Laporan terkirim pada tgl 15 (pcs) pengiriman laporan bulanan ke : Jumlah Laporan yang harus terkirim pada Kemenkes tgl 15 (pcs) x 100% = ___% Pengumpulan data dilakukan dengan total sampling. yaitu dengan melihat/observasi seluruh stok obat esensial yang kosong.IV Dr. Mencatat insiden tertusuk Pengumpulan data dilakukan dengan total jarum sampling. Indikator Mutu Menejerial N KEGIATAN CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN O 1 Mencatat kekosongan stok Pengumpulan data dilakukan dengan total obat esensial sampling. 4. yaitu dengan melihat seluruh proposal penelitian klinis yang akan dilaksanakan di Rumah Sakit Tk. 3.

Membuat dan menyebarkan Jumlah pegawai yang menyatakan puas angket kepada pegawai terhadap elemen – elemen tingkat tentang kepuasan pegawai kepuasan pegawai yang ditetapkan rumah bekerja di Rumah Sakit sakit (indeks kepuasan ≥ 80%) dalam 1 tahun (orang) : Jumlah seluruh pegawai yang disurvey dalam periode yang sama (orang) x 100% = ___% Sampling Pegawai lama yang masih aktif dan yang telah bekerja diatas 1 tahun 7. Sasaran Keselamatan Pasien N KEGIATAN CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN O 1 Mencatat Persentase pasien Jumlah pasien rawat inap baru yang rawat inap yang baru yang memakai gelang identitas sesuai standar memakai gelang identifikasi (orang) : Jumlah pasien rawat inap baru 9 . 8 Mencatat Cash Rasio Kas + Bank + Surat Berharga Jangka Pendek / Current Liabilities x 100% Tujuannya untuk Mengetahui tingkat likuiditas rumah sakit 9. Asal Kesatuan dan Agama. Mencatat dan membuat data demografi yang dimaksud adalah laporan identifikasi pasien membuat 10 penyakit terbesar / terbanyak potensial wabah berdasarkan dari pasien yang dirawat di Rumah Sakit tempat tinggal Tk. Bratanata Jambi berdasarkan data demografi yang meliputi Umur. Pendidikan. Membuat angket dan Jumlah pasien yang menyatakan puas menyebarkan kepada paien terhadap pelayanan rumah sakit (indeks dan keluarga tentang kepuasan ≥ 3) dalam satu bulan (orang) : kepuasan pelanggan salama Jumlah seluruh pasien yang disurvey mendapatkan perawatan di dalam bulan yang sama (orang) x 100% = Rumah Sakit ___% 6. penegakkan diagnosa pasien pasien (kali) : Jumlah seluruh pemeriksaan MRI Kepala (kali) x 100% = ___% 5.IV Dr. Jenis Kelamin. Pekerjaan. Mencatat kepatuhan mencuci tangan C.

yaitu dengan supervisi Instalasi Farmasi setiap menerima order Obat High Alert yang dilaksanakan setiap hari. Mencatat kepatuhan Jumlah pasien operasi yang dinyatakan pelaksanaan prosedur SITE ada SITE MARKING lengkap : Jumlah MARKING sebelum tindakan seluruh tindakan operasi dalam satu bulan operasi (hitung per-jumlah tindakan) x 100% = ___ % Pengumpulan data dilakukan dengan total sampling. yaitu dengan melihat dokumentasi seluruh check list keselamatan pasien operasi dalam satu bulan 5. Mencatat kepatuhan Jumlah obat yang diberi label high alert pemberian label obat high alert sesuai standar oleh farmasi dalam 1 bulan oleh farmasi (pcs) : Jumlah seluruh obat high alert yang dipantau dalam 1 bulan (pcs) x 100 = ___ % Pengumpulan data dilakukan dengan total sampling. sesuai standar (orang) x 100% = ___% 2. 4. Mencatat blangko survey Jumlah kumulatif kegiatan lima momen kepatuhan melakukan Hand petugas yang diawali dengan melakukan Hygiene kebersihan tangan metode enam langkah yang tepat dan benar dalam suatu periode survey (momen) : Jumlah komulatif seluruh kegiatan lima momen petugas yang seharusnya diawali dengan melakukan kebersihan tangan metode enam langkah 10 . Mencatat kepatuhan Jumlah instruksi verbal yang dilakukan penerapan komunikasi dengan prinsip READ BACK dengan tepat dan menggunakan metode READ benar dalam 1 bulan (kali) : Jumlah BACK pada saat pelaporan seluruh instruksi verbal yang pasien dan penerimaan pasien terdokumentasi dalam 1 bulan (kali) x secara verbal melalui telepon 100% = ___% 3.

yang tepat dan benar dalam periode survey yang sama (momen) x 100% =___ % Hanya bisa surveilans (observasi langsung) dengan purposive sampling ketika ada kegiatan yang seharusnya dilakukan kebersihan tangan dengan metode enam langkah dan lima momen. SASARAN KEGIATAN Sasaran program peningkatan mutu dan keselamatan pasien yang akan dicapai adalah sebagai berikut: A. 6. Mutu Menejerial 11 . Pemantauan Indikator Klinik 1) Tercapainya ≥80% kelengkapan pengkajian awal keperawatan dalam 24 jam 2) Tercapainya 100% waktu tunggu pelayanan Laboratorium 3) Tercapainya 100% waktu tunggu hasil Thorax foto Rontgen 4) Tercapainya ≤10% tindakan SC dengan grimigrafid Normal 5) Tercapainya ≥ 80% penulisan resep obat formularium 6) Tercapainya 0% kesalahan penulisan labeling obat oleh farmasi 7) Tercapainya 100% pre-anasthesi dilaksanakan untuk pasien pra-operasi elektif dengan anesthesi umum 8) Tercapainya ≤10% monitoring produk darah yang sudah di order 9) Tercapainya ≤5% kelengkapan pengisian rekam medik 24 jam setelah selesai pelayanan 10)Tercapainya ≤2. Mencatat insiden pasien jatuh Jumlah pasien jatuh selama satu bulan selama perawatan rawat inap (orang) : Jumlah hari pasien dirawat di rumah sakit menurut bangsal perawatan dalam bulan yang sama (hari) x 100%=___% Dicari dengan total sampling setiap ada insiden pasien jatuh dengan dokumentasi pelaporan IKP-RS yang dapat dicatat berdasarkan format pelaporan yang ditetapkan rumah sakit 6.7% angka kejadian Dekubitus 11) Tercapainya ≥80% kelengkapan informed concent setelah mendapatkan informasi yang jelas B.

. Pelayanan Radiologi dan Setiap Hari Setiap 1 Bulan Diagnostik 4. Penggunaan Antibiotik dan Setiap Hari Setiap 1 Bulan Obat lainya 6... Karyawan Rumah Sakit 4... Tercapainya 0% kekosongan stok obat esensial Tercapainya 100% ketepatan waktu pengiriman laporan bulanan ke Kemenkes Tercapainya 0% insiden tertusuk jarum Tercapainya 100% pemanfaatan alat MRI sesuai diagnosa Tercapainya ≥90% kepuasan pelanggan Tercapainya ≥80% kepuasan pegawai Tercapainya 0% Trend 10 besar diagnose dan data demografi yang bersangkutan Tercapainya ≤35% Cash Rasio Terjadinya... C. Keselamatan Pasien Tercapainya 100% mengidentifikasi pasien sesuai standar Tercapainya 100% komunikasi menggunakan Read Back secara verbal melalui telepon Tercapainya 100% pemberian label High Alert Tercapainya 100% pelaksanaan Site Marking sebelum tindakan operasi Tercapainya ≥80% kepatuhan pelaksanaan Hand Hygiene Tercapainya 0% kejadian pasien jatuh D.......... Pasien Rawat Jalan 3. Pemantauan Indikator Klinik N JADWAL KEGIATAN KEGIATAN POKOK PENCATATAN PELAPORAN O 1 Asesmen Area Klinik Setiap Hari Setiap 1 Bulan 2..... JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN A. Sasaran 1... Pelayanan Laboratorium Setiap Hari Setiap 1 Bulan 3. Prosedur Bedah Setiap Hari Setiap 1 Bulan 5. Tiap Unit Pelayanan Pasien 5. Pasien Rawat Inap 2...... Kesalahan Medikasi dan Setiap Hari Setiap 1 Bulan 12 ... Tata Usaha 7..

Pencegahan dan Setiap hari bila ada Setiap 1 Bulan Pengendalian Infeksi pasien baru dgn Surveilans dan pelaporan resiko Dekubitus 11. Kejadian Nyaris Cedera 7. Harapan dan kepuasan Staf Setiap 1 Bulan Setiap 1 Tahun 7. Ketersedian isi. Pelaporan aktifitas yang Setiap 1 Bulan Setiap 1 Bulan diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan 3. Indikator Mutu Menejerial N JADWAL KEGIATAN KEGIATAN POKOK PENCATATAN PELAPORAN O 1 Pengadaan rutin peralatan Setiap 1 Bulan Setiap 1 Bulan kesehatan dan obat penting untuk memenuhi kebutuhan 2. Pencegahan dan pengendalian dari kejadian yang dapat menimbulkan masalah kesehatan pasien. Demografi pasien dan Setiap 1 Bulan Setiap 3 Bulan Diagnosa Klinis 8 Menejemen Keuangan Setipa 3 Bulan Setiap 3 Bulan 9. penggunaan Setiap Hari Setiap 1 Bulan Rekam Medis pasien 10. Pengguanaan Anestesi dan Setiap Hari Setiap 1 Bulan Sedasi 8 Penggunaan Darah dan Setiap Hari Setiap 1 Bulan Produk darah 9. Menejemen Resiko Setiap ada insiden Setiap 1 Bulan tertusuk jarum 4. Menejemen penggunaan Setiap Hari Setiap 1 Bulan Sumber Daya yang ada di Rumah Sakit 5. keluarga dan Staf C. Sasaran Keselamatan Pasien N KEGIATAN POKOK JADWAL KEGIATAN 13 . Harapan dan kepuasan pasien Setiap 1 Bulan Setiap 3 Bulan dan keluarga 6. Riset Klinis Setiap Hari Setiap 1 Bulan B.

benar prosedur. Mengurangi resiko infeksi Setiap Hari Setiap 1 Bulan terkait dengan pelayanan kesehatan 6. PENCATATAN. Memastikan benar lokasi Setiap Tindakan Setiap 1 Bulan operasi. Meningkatkan keamanan setiap menerima Setiap1 Bulan obat-obat dengan order Obat High kewaspadaan tinggi Alert yang dilaksanakan setiap hari 4. O PENCATATAN PELAPORAN 1 Identifikasi pasein dengan Setiap Hari Setiap 1 Bulan benar 2. PELAPORAN DAN EVALUASI KEGIATAN 14 . EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN 9. dan operasi selama 1 benar pasien Bulan yang Menggunakan Site Marking 5. Meningkatkan komunikasi Setiap Komunikasi Setiap 1 Bulan efektif Verbal melalui telepone salama 1 Bulan 3. Mengurangi resiko bahaya Setiap ada pasien Setiap 3 Bulan akibat pasien jatuh jatuh 8.

IV Dr. dapat dipakai sebagai pedoman kerja dalam meningkatkan mutu pelayanan. Bratanata Jambi. E. Dalam pelaksanaannya agar data tercatat dengan baik maka setiap ruang disediakan formulir. Apotik. 4) Hasil rekapitulasi kemudian dilaporkan kepada Tim Peningkatan Mutu RS. antara lain : Jenis Formulir Kegunaan Pelaksana Lembar Pengumpulan Dokumen data Ruang rawat inap Data indikator klinik Formulir Formulir sensus harian Laboratorium. 6) Agar data pada laporan tersebut dapat lebih mudah dibaca serta dapat melihat kecenderungannya dari tingkat mutu yang diukur. maka dibuat dalam bentuk tabel dan grafik. PELAPORAN DAN EVALUASI Pelaporan dan Evaluasi indikator Klinis dan keselamatan pasien adalah untuk menilai indicator klinis dan keselamatan pasein sehingga mutu pleyanan dapat meningkat. 3) Data dikumpulkan dan direkapitulasi oleh Tim Indikator Klinis. 15 .D. 5) Tim Peningkatan Mutu RS membuat analisa memberikan rekomendasi- rekomendasi. PENUTUP Demikian telah disusun program kerja peningkatan mutu dan keselamatan pasien Rumah Sakit Tk. Selanjutnya melaporkan hasil rekapitulasi tersebut berikut analisanya kepada Kepala Rumah Sakit Tk. RM 1) Petugas pencatat adalah penanggung jawab pada unit pelayanan yang sudah ditunjuk 2) Pada akhir bulan penanggung jawab pada unit rawat inap & kebidanan menyerahkan hasil Formulir Sensus Harian kepada Kepala Bagian Unit yang kemudian diteruskan ke Tim Indikator Klinis.IV Dr. Diharapkan dengan program kerja ini. Bratanata Jambi. Kamar operasi.

16 .