You are on page 1of 18

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Maniamolo

Kelas/semester : X/1

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Topik : Keteladanan tentang perilaku terbuka, menghargai
perbedaan, perdamaian.

Pertemuan :1

Waktu : 2x45 menit

A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.

4. 5. dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri. menanyakan. month.1. struktur teks. 3. Bentuk modal present yang digunakan dalam dialog merespon jati diri. names of day. and date.Menyusun teks lisan dan tulis sederhana. kinds of profession. Bentuk kata kerja digunakan dalam Simple Present dengan tepat dalam dialog merespon jati diri. Tujuan 1. dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri.1. 4. 4. dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi transaksional dengan guru dan teman. D. Ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk dalam dialog merespon jati diri. Mengolah. disiplin. percaya diri. sesuai dengan konteks penggunaannya. Ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menyapa seseoranng (greeting) dalam dialog merespon jati diri. menalar. . Siswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam dialog pemaparan jati diri (greeting). Kompetensi Dasar 1. dengan memperhatikan fungsi sosial. Menunjukkan perilaku jujur. B. Menganalisis fungsi sosial. 3. untuk memaparkan.1. Indikator 1. dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. dan merespon pemaparan jati diri.2. C. secara benar dan sesuai dengan konteks. 2. struktur teks. dan unsur kebahasaan. Berbagai kosa-kata tentang family tree. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. 2.

and date dalam dialog merespon pemaparan diri. 2. names of day. kinds of profession. Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “Good morning. Guru memberikan pertanyaan berupa materi . 4. guru dapat bertanya ke beberapa anak secara individual untuk memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru. 5. Teacher/ Sir/Mam”. Berbagai kosa-kata tentang kinds of profession. Guru mengisi agenda mengajar dan mengabsen siswa. Siswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan jati diri (introduction) 3. names of day. Siswa dapat menggunakan berbagai kosa-kata tentang family tree. Jika peserta didik belum merespon. Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Deskripsi Kegiatan Waktu Pendahuluan 1. Siswa dapat menggunakan bentuk modal present yang digunakan dalam merespon jati diri. family tree and saying age dalam dialog merespon pemaparan diri. Siswa dapat menggunakan bentuk Simple Present dengan tepat untuk merespon pemaparan jati diri. Guru dapat menggunakan kalimat “Good morning. saying age. 2. 6. month. date. E. F. 3. 2. students”. Ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk dalam dialog merespon jati diri. Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa 4 menit menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama dengan terlebih dahulu mengucapkan salam—Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 5. Jika memungkinkan. month. jangan dulu melanjutkan pelajaran. Model/Metode Pembelajaran Cognitive Code Learning (CCL) G. Materi 1. 4. 7.

Guru memberikan ice-breaking kepada siswa yang berkaitan dengan pelajaran yang akan disamapaikan hari ini. yang sudah disampaikan sebelumnya. Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran.  Tiap kelompok tersebut diminta untuk menyusun potongan-potongan tersebut menjadi percakapan yang utuh dan benar sesuai dengan rekaman yang diputar oleh guru.  Beberapa siswa—sebagai perwakilan— menjawab hasil kerjanya. guru memperhatikan dan mendorong siswa semua untuk terlibat dalam diskusi. 8.8 menit kata yang sudah dimiliki siswa. Kegiatan Inti 1. 3. Menalar  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri dari 3 orang. Menanya  Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan ungkapan dan juga kosa kata family tree yang sering digunakan dalam dialog merespon jati diri. Mengamati  Siswa melakukan pengamatan untuk melengkapi dialog jati diri berupa menjawab dialog pemaparan jati diri dengan memperhatikan isi teks.  Setiap kelompok menukarkan hasil diskusi kepada kelompok lainnya untuk menilai.  Guru menampilkan beberapa kata tentang family tree dan melengkapinya dengan kata.  Selama siswa bekerja di dalam kelompok. 2. 9. struktur teks. unsur kebahasaan.  Guru mengumpulkan hasil penilaian .  Tiap kelompok diberi lembar kerja berupa potongan kertas berisi percakapan tentang jati diri. maupun format penyampaian/penulisannya lalu mencocokkannya dengan gambar yang ada di Lembar Kerja Individu.  Guru mengumpulkan jawaban individu siswa dengan dibantu siswa. fungsi sosial.

kelompok. Siswa diberi tugas untuk membaca berbagai sumber. Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini. 2. mencatat. . 4. 3. mengerjakan latihan-latihan di sumber lain tentang unsur-unsur bahasa yang sudah diterangkan. Penutup 1. Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui 3 menit apakah siswa sudah memahami topik tentang ungkapan-ungkapan menyapa dalam dialog tentang jati diri. Jejaring/mengkomunikasikan  Siswa diminta untuk menuliskan permasalahan yang mereka hadapi dalam memaparkan jati diri dalam jurnal belajar yang mereka miliki.

Sumber Belajar: Listening Extra (Miles Craven: 2004) I. Instrumen Penilaian Hasil Belajar: Terlampir 1. Melengkapi.mp3 2. Penilaian Keterampilan : Penugasan Project J. Lembar Penilaian.Pd LINA RAHMAWATI . Lampiran 1 : Lembar Kerja 2. Laptop dan Infocus serta Slide dan rekaman berformat .H. Alat/Media dan Sumber Pembelajaran 1. Mencocokkan) 3. Mei 2015 Mengetahui. Penilaian : Tes Tulisan (Menyusun. Penialain Hasil Belajar 1. Lampiran 2 : Lembar Penilaian Metro. Penilaian Sikap : Berupa penilaian diri dalam minat belajar kelompok 2. M. Alat/Media Pembelajaran: Lembar Kerja. Kepala SMK Ma’arif NU 1 Metro Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris ARIANTO CHUSNAN.

guru membagi amplop untuk masing- masing kelompok. guru memberikan ice- LAMPIRAN breaking sebelum memulai pembelajaran seperti yang disusun di bawah ini: 1. Masing-masing kelompok diminta untuk menyusun potongan-potongan kertas yang ada di dalam amplop menjadi susunan lirik lagu yang benar berdasarkan rekaman. Kelompok pertama yang berhasil menyusun dengan benar diminta untuk menyanyikan lagu tersebut di depan kelas. Setelah lagu selesai dimainkan. 3. 4. students”. Setelah mendata kehadiran siswa. Guru berdiri lalu menyapa murid dengan mengucapkan salam—Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil terdiri dari 2-3 siswa. Guru lalu membuka kelas dan menyapa siswa dengan kalimat “Good morning. 2. RENCANA PEMBELAJARAN A. . Guru memberikan pertanyaan berupa materi yang sudah disampaikan sebelumnya. Lalu guru meminta ketua kelas untuk memimpin do’a sebelum memulai pelajaran. 5. Pendahuluan Guru memasuki kelas lalu menaruh perlengkapannya di atas meja guru yang ada di kelas. Guru memutar sebuah lagu dimana siswa diminta untuk menyimaknya dengan cermat.Setelah itu. guru memanggil nama siswa satu per satu untuk mengecek kehadiran.

Menanya Guru memberi kesempatan siswa untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan ungkapan dan juga kosa kata family tree yang sering digunakan dalam dialog merespon jati diri. terdapat beberapa kata yang berkaitan dengan pembahasan hari ini yakni pemaparan jati diri (kosakata tentang family tree dan saying age dalam sebuah percakapan). Beberapa siswa—sebagai perwakilan— diminta untuk menjawab dan mendiktekan hasil kerjanya. Inti 1. Mengamati Guru meminta siswa untuk melakukan pengamatan untuk untuk melengkapi dialog jati diri berupa menjawab dialog pemaparan jati diri dengan memperhatikan isi teks. maupun format penyampaian/penulisannya lalu mencocokkannya dengan gambar yang ada di Lembar Kerja 1 Individu. Guru kemudian menampilkan beberapa kata tentang family tree dan melengkapinya dengan kata-kata yang sudah dimiliki siswa. 2. 3. Guru menampilkan materi (berupa recording/rekaman dan bentuk task/latihannya). Siswa diminta untuk melengkapi dialog rumpang kemudian mencocokkan nama dan umur dengan gambar yang sesuai dan juga disertai keterangan siapa mereka(dalam family tree). Menalar Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri dari 3 orang yang tiap kelompoknya diberi lembar kerja berupa potongan kertas berisi percakapan tentang jati diri. guru kemudian menjelaskan bahwa di dalam lagu yang telah diputar. struktur teks. Hingga kemudian guru mengumpulkan jawaban individu siswa dengan dibantu siswa. Setelah melakukan ice-breaking. B. Guru memakai Gist and Detail Activity dengan terlebih . Tiap kelompok tersebut diminta untuk menyusun potongan-potongan tersebut menjadi percakapan yang utuh dan benar sesuai dengan rekaman yang diputar oleh guru dimana selama siswa bekerja di dalam kelompok. unsur kebahasaan. fungsi sosial. guru memperhatikan dan mendorong siswa semua untuk terlibat dalam diskusi.

C. dahulu guru meminta siswa untuk menyimak rekaman. Penutup Guru meminta siswa untuk menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dipelajari hari ini. 4. Sebelum menutup pelajaran. Di dalam Detail activity. Setelah selesai. Jejaring/mengkomunikasikan Guru meminta siswa untuk menuliskan permasalahan yang mereka hadapi dalam memaparkan jati diri dalam jurnal belajar yang mereka miliki. murid diminta untuk menyusun pernyataan-pernyataan sesuai dengan apa yang mereka dengar. Di dalam Gist activity. . siswa diminta untuk mencocokkan nama beserta umur ke gambar yangt sesuai disertai juga dengan siapa mereka (dalam family tree) di Lembar kerja 2 untuk kelompok. siswa diminta untuk melengkapi bagian yang kosong/berupa titik-titik di potongan kertas berisi naskah rekaman tersebut. Setiap kelompok kemudian menukarkan hasil diskusi kepada kelompok lainnya untuk menilai dan kemudian dikumpulkan kepada guru. Guru menutup pelajaran dengan membaca hamdalah dan salam lalu meninggalkan kelas. guru memberikan tugas individu kepada siswa.

What’s her name? .zip> dan <http://www. Girl : She looks healthy. Girl : Oh. She’s 11. What’s your mother’s name? James : Susan. James…photos! James : Yes. Girl : Ah. She’s 80. menggunakan lagu berjudul Your Mother yang dipopulerkan oleh Yusuf Islam. can I see? James : OK then. That’s my little sister Jane. Girl : Bill! That’s a nice name.net/family-vocabulary- 3243. Girl : And this is another sister…next to your mother? James : That’s right. Dan untuk bagian ice-breaking dari pembelajaran ini. Di bawah ini naskah rekaman dan lirik lagu yang digunakan: 1.rghost. They’re my family at New Year. And I have two sisters.html> serta <http://nonobahasainggris-smp. yes? James : Yes. Girl : Oh.blogspot. And is this your father next to her? James : Yes. How old are your parents? James : They’re the same age. Girl : And who is this next to Jane? James : Oh. His name’s Bill.belajaringgris.html>.com/2011/11/al-faqih- warsono-family-tree-pohon. Girl : I see…Susan. She’s rally old. yes. James? James : I’m 15. that’s me. James : I don’t think so. she’s pretty. Individu Girl : Hey. This is one of us all… My parents are in the middle… Girl : Oh.youtube. Naskah Rekaman a. This is you! Next to Jenny.com/watch?v=Ks0oxK0- BsU>. that’s my grandmother. They are both 43. She’s 16.ru/download/47847399/69d5aaaa952f636fba0113faba240c08 9912eac3/eng002. I think. Girl : So how old are you. This is Jenny…next to my dad. Sedangkan untuk bahan ajarnya diambil dari buku Listening Extra: A resource book of multi-level skills activities karangan Miles Craven (2004) yang audionya diunduh dari alamat <http://higgs. MATERI AJAR Proses pembelajaran ini diadaptasi dari Video Teaching Listening: Gist and Detail yang diunduh dari alamat <https://www.

I do.Yusuf Islam Who should I give my love Who next? Your mother to? Who next? Your mother My respect and my honor to And then your father Who should I pay good mind to? Cause who used to hold you After Allah and Rasulullah And clean you and clothe you Who used to feed you? Comes your mother And always be with you . she’s 14. She’s 19 now. Kelompok Raj : Hey look. I have some photos of my family here. But I call her grandma. James : Helen. 2. And there’s my sister Bina. And next to her is my little sister Varsha. Sally : So Tarak’s your big brother? Raj : Yes. Sally : Right. Do you want to see? James : Sure… b. Lirik Lagu Your Mother . Raj : Yes. Sally : That’s you on the left. And next to him is my mother. Sally! It’s a letter from my family. Sally : And who’s that next to her? Is that Amit? Raj : Yes. Raj : Yes. Girl : Well. Oh there’s a photo! Sally : Let’s see. you sure have a big family! Raj : Yes. Raj…great. Sally : And that’s your father next to him. His name’s Navin. Sally : Well. Last summer. He’s 26 and I’m 24. what a nice family! Now. Sally : How old are they? Raj : My dad is 56 and my mum is 53. Raj : Oh that’s my brother Tarak. And who is this on the end here? The last person on the right? I don’t know him. He’s 26. He’s…22. And guess what? Sally : What? Raj : They’re all coming to visit at Christmas. isn’t it? Raj : Yes. Where’s this…India? Raj : That’s right. For a month! Sally : That’s great. Nina. that’s Amit all right. Sally : Really? Oh…that’s great. sitting next to me. Sally : She’s lovely! How old is she? Raj : Umm…14…I think! Yes.

When you were sick My mother Stay up all night Holding you tight Who should I stay right close That’s right no other to? My mother Listen most to Never say no to Who should I take good care After Allah of? And Rasulullah Giving all my love Who should I think the most Comes your mother of? Who next? Your mother After Allah Who next? Your mother And Rasulullah And then your father Comes your mother Cause who used to hug you Who next? Your mother And buy you new clothes Who next? Your mother Comb your hair And then your father And blow your nose And when you’d cry My mother Who’d wiped your tears? Cause who used to hear you Knows your fears Before you could talk Who really cares? Who used to hold you? Before you fell who picked you up Say Alhamdulillah Clean your cut Thank you Allah No one but your mother Thank you Allah For my mother .

Personal Computer/Laptop dan sound speaker/pengeras suara untuk menampilkan materi serta memutar rekaman. terdapat beberapa instrumen pembelajaran yang diperlukan seperti: 1. MEDIA PEMBELAJARAN Pada pembelajaran ini. 2. Proses Pembelajaran Inti Selama proses pembelajaran. Ice-breaking Untuk kegiatan ice-breaking. . media yang dibutuhkkan adalah personal computer/Laptop dan sound speaker/pengeras suara untuk memutar lagu yang mana lirik lagunya digandakan dalam bentuk potongan-potongan dan dimasukkan ke dalam sebuah amplop berjumlah sesuai dengan kelompok kecil yang ada di kelas. media yang diperlukan adalah LCD Proyektor.

Don’t forget to answer the question of who they are. INTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR 1. Kelompok Arrange the dialog into correct order first then fill the blank on the dialog based on the recording. Lembar Kerja a. Don’t forget to match the name with the suitable pictures along with their age and to answer the question of who they are! .! b. Individu Complete the dialog first then match the name with the suitable pictures along with their age.

2. Penilaian Individu : (Jumlah Benar X 10) / 3 = 100 Kelompok : No Arrangement Fill Words Find Information Score Group (24) (55) (21) .

Saya memberikan kontribusi besar terhadap keberhasilan kelompok. Saya senang bekerja sendiri dalam menyelsesaikan masalah. 12. Saya merasa cukup memperoleh informasi dari guru saja untuk menyelesaikan masalah. Saya yakin kelompok saya berhasil tanpa kontribusi saya. 6. Saya mendengarkan informasi yang berkaitan dengan materi yang dipelajari. 9. 2. Saya membaca materi pelajaran sebelum pelaksanaan pembelajaran. Saya senang bekerja kelompok dalam menyelesaikan masalah. 11. Saya yakin kelompok saya berhasil. 10. Penilaian Diri Lembar Penilaian Diri Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kelas :X Materi Ajar : Ungkapan Jati Diri(Menulis Dialog) Nama Siswa : Berikan tanda ceklist (√)pada kolom pilihan. . 7. 3. Saya menanyakan kepada guru tentang materi pelajaran yang belum difahami 4. Saya berpartisipasi pada kegiatan kelompok. Saya merasa terganggu kalau bekerja kelompok.3. 8. No Pernyataan TP JR SR SL 1 2 3 4 . Saya mendengarkan sungguh-sungguh penjelasan guru pada saat mengajar. 5. 1.

14. Saya memperoleh manfaat dari kegiatan kelompok. 13. Saya memperoleh manfaat dari kegiatan kelompok. 15. Keterangan: TP: Tidak Pernah JR: Jarang SR: Sering SL: Selalu . Saya mengharapkan kerja kelompok pada berbagai kegiatan.

Kelompok pertama yang berhasil menyusun dengan benar diminta untuk menyanyikan lagu tersebut di depan kelas. Masing-masing kelompok diminta untuk menyusun potongan- potongan kertas yang ada di dalam amplop menjadi susunan lirik lagu yang benar berdasarkan rekaman. Hal ini berfungsi sebagai pemanasan Listening bagi siswa. Guru memutar sebuah lagu dimana siswa diminta untuk menyimaknya dengan cermat. guru membagi amplop untuk masing- masing kelompok. Setelah lagu selesai dimainkan. Sebelum memulai pembelajaran. Kemudian guru bersama-sama dengan murid mendeteksi kata-kata mana saja yang masuk ke dalam ungkapan merespon jati diri dan juga kosa kata tentang kinds of profession. Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil terdiri dari 2-3 siswa. guru memberikan ice-breaking dengan nama LT2S (Listen to the song) Gist. month. guru menggunakan LT2S (Listen to the song) Gist. family tree and saying age dalam lirik lagu tersebut. ICE-BREAKING Dalam pembelajaran ini. . Guru menyiapkan sebuah lagu dan liriknya yang digandakan dan dipotong-potong dalam bentuk bilahan-bilahan kecil lalu memasukannya ke dalam amplop. date. names of day.