You are on page 1of 6

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE

GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PRESTASI
BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KKPI KELAS XI
KP2 DI SMK N 1 KUBUTAMBAHAN
Oleh: Komang Sudana Yasa Pande (1515051068)

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan adalah bagian vital dalam kehidupan. Di era globaliasai,
pendidikan menjadi faktor yang sangat yang membuat orang-orang mampu
mencapai target-target tertentu yang diinginkan. Pendidikan menjadi acuan
utama untuk dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi lebih
baik. Sumber daya manusia yang berkualitas dijadikan tumpuan utama untuk
sebuah bangsa untuk bisa bersaing dengan Negara lain. Pendidikan di era ini
dipandang sebagai sesuatu yang sangat bermanfaat bukan hanya sekadar untuk
meningkatkan kualitas diri di mata masyarakat namun juga sebagai aset bangsa
yang amat berharga.
Pendidikan yang sukses adalah pendidikan yang dapat menghasilkan
output berupa manusia-manusia yang berkarakter dan penuh tanggung jawab.
Untuk mencapai tujuan tersebut banyak sekali komponen-komponen pendukung
yang menjadi factor penentu yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu
pendidikan.
Upaya peningkatan mutu pendidikan salah satunya dapat dilakukan
dengan perubahan kurikulum. Pemerintah senantiasa melakukan perubahan
kurikulum agar sejalan dengan perkembangan zaman khususnya di zaman
perkembangan teknologi informasi seperti sekarang ini. Salah satu upaya
pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan adalah dengan
menyempurnakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi
Kurikulum 2013.

Jadi pembelajaran kooperatif pada dasarnya mengedepankan sistem kerjasama antar anggota kelompok untuk menguasai materi tertentu yang diberikan. menurut Kauchak dan Eggen dalam (Sardjoko. Hal ini sesuai dengan peran guru sebagai pengelola proses pembelajaran dalam Hamzah (2007:19) yakni mampu merencanakan sistem pembelajaran. termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang (Artika:2013). Model . Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) merupakan mata pelajaran komputer yang disesuaikan dengan jurusan keperawatan yang ada di SMK N 1 Kubutambahan. Pemilihan metode pebelajaran yang sesuai dengan tujuan kurikulum dan potensi siswa merupakan kemampuan atau keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru (Sulasti:2013). Guru harus mampu melihat kondisi kelas dan memilih metode pembelajaran yang tepat untuk kelas tersebut. Penambahan kemampuan karena penggunaan Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) akan menggembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri. Mata pelajaran KKPI dirasa sangat perlu melihat perkembangan teknologi yang sangat pesat serta tuntutan kurikulum yang diberikan dari pemerintah. sehingga siswa dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi secar a tepat dan optimal. Pendapat tersebut didukung oleh Johnson & Johnson dalam (Sulasti:2013) yang menyatakan bahwa pembelajaran kooperatif dilaksanakan secara berkelompok supaya pelajar-pelajar dapat berkerjasama dalam kelompok untuk mempelajari isi materi pelajaran dengan berbagai kemahiran sosial. Pembelajaran kooperatif merupakan kumpulan strategi mengajar yang digunakan untuk membantu siswa satu dengan yang lain dalam suatu kelompok untuk mempelajari sesuatu. salah satunya adalah memilih dan menggunakan metode. 2011:20). Dalam hal ini guru harus dengan cermat dan tepat memilih dan menggunakan metode pembelajaran agar sesuai dengan kondisi kelas yang diajarnya karena pemilihan metode pembelajaran berpengaruh terhadap keberhasilan dan hasil belajar siswa itu sendiri.

Oleh karena itu pemilihan model pembelajaran Group Investigation (GI) sangat tepat diterapkan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran KKPI tersebut. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) adalah suatu metode yang dapat membuat siswa untuk berfikir kreatif dan bersama-sama saling bertukar pikiran untuk dapat memecahkan permasalahan yang diberikan. Pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI memberikan . Adapun ciri-ciri yang terlihat pada saat pembelajaran KKPI antara lain siswa jarang mengacungkan tangan dalam menanggapi pertanyaan dari guru. Aktifitas belajar siswa yang rendah disebabkan karena kurangnya minat siswa untuk belajar ilmu dasar komputer yang disajikan dalam mata pelajaran KKPI. mengeksplorasi berbagai perspektif mengenai masalah.pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk membimbing para siswa mengidentifikasi masala. belajar bersama dan secara bersamaan mengembangkan kompetensi sosial (Nurhidayat. Siswa yang aktif cenderung sedikit dan didominasi oleh siswa-siswa yang kurang aktif sehingga prestasi rata-rata siswa cenderung tidak sesuai yang diharapkan. selain itu siswa kurang aktif dalam pembelajaran bahkan terlihat tidak ada semangat dalam mengikuti pembelajaran seperti menganggap pembelajaran KKPI tidak terlalu dibutuhkan dalam jurusan keperawatan yang mereka pilih. 2011:5). Dalam proses belajar mengajar disekolah tentunya tidak terlepas dari permasalahan yang terjadi. Dengan demikian pemilihan metode pembelajaran sangat penting dilakukan oleh guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran KKPI di kelas XI KP2 SMK Negeri 1 Kubutambahan. Seperti halnya di kelas XI KP2 SMK Negeri 1 Kubutambahan dalam proses pembelajaran terdapat permasalahan-permasalahan yang terjadi seperti rendahnya minat belajar siswa khususnya pada pelajaran KKPI. Dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) siswa dapat lebih bersemangat untuk mengikuti pembelajaran karena dalam lingkup pengawasan masing-masing anggota kelompok.

dkk.peluang yang luas kepada siswa untuk beraktivitas dan mengembangkan pola pikirnya dalam pembelajaran dikelas (Sutrini. Sehingga semangat siswa dalam belajar dapat kembali sehingga dapat berbanding lurus dengan prestasi belajar siswa khsusnya dalam mata pelajaran KKPI. Rumusan Masalah Penelitian 1 Bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran KKPI siswa kelas XI KP2 SMK Negeri 1 Kubutambahan? 2 Bagaimana perancangan pembelajaran dengan menggunakan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran KKPI siswa kelas XI KP2 SMK Negeri 1 Kubutambahan? 3 Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran KKPI siswa kelas XI KP2 SMK Negeri 1 Kubutambahan? 4 Bagaimana hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran KKPI siswa kelas XI KP2 SMK Negeri 1 Kubutambahan? C. . Tujuan Penelitian Adapun tujuan dalam penelitian ini: 1 Tujuan Umum Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran KKPI. Hal ini akan membuat seluruh siswa dapat ikut berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. 2013). Siswa akan lebih dipacu untuk ikut menggali lebih dalam pengetahuan dalam materi yang diberikan oleh guru dalam lingkup kelompok. B.

Untuk mengetahui kendala-kendala dalam penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dalam pembelajaran KKPI di kelas XI KP2 SMK Negeri 1 Kubutambahan. Refrensi . Pembatasan Masalah Pada penelitian ini masalah dibatasi pada peningkatan prestasi siswa dalam pembelajaran KKPI pada model pembelajaran kooperatif tipe Group Infestigation (GI) pada siswa kelas XI KP2 semester 1 di SMK Negeri 1 Kubutambahan. b. E. 2 Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk a. dapat memperbaiki proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya mata pelajaran KKPI. 2 Secara Praktis a. Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran KKPI di kelas XI KP2 SMK Negeri 1 Kubutambahan. dan c. D. b. Manfaat Hasil Penelitian Adapun manfaat penelitian ini adalah: 1 Secara Teoritis Penelitian ini diharapkan dapat menyumbangkan informasi keilmuan dalam pembelajaran KKPI mengenai pengembangan metode-metode baru yang diaplikasikan pada proses pembelajaran dan juga sebagai bahan pihak lain meneliti lebih lanjut. Bagi guru mata pelajaran KKPI di Sekolah Mengenah Kejuruan. Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan semangat belajar pada mata pelajaran KKPI di kelas XI KP2 SMK Negeri 1 Kubutambahan.. Bagi siswa dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam berfikir kritis serta keterampilan belajar dan melatih kemampuan siswa untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain.

Made Gede Sunarya. "Pengaruh Penggunaan Modul Praktikum KKPI dengan Pendekatan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar. Talk. “Profesi Kependidikan . dan Reformasi Pendidikan Indonesia”. pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap aktivitas dan penguasaan konsep pada pokok bahasan archaebacteria dan eubacteria siswa kelas x sman 3 bantul. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Di Gugus 7 Tianyar. NURHIDAYAT-NIM. Vol. Sulasti. Made Artika Winati.Problema. Write).5 (2013). I. 2013." Mimbar Pgsd 1 (2013). T. Sutrini. I.Hamzah. Solusi. A. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Mapet. Ni Kt Suarni. And Ndara Tanggu Renda. "Pemberdayaan Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Biologi melalui Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dan TTW (Think. Lina. 1. Ni Ngh. Jakarta:Bumi Aksara Listiana. Diss. 10." Prosiding Seminar Biologi. N. No." Jurnal Jurusan Pendidikan PKn 1. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran PKn Di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sawan Tahun Ajaran 2012/2013. Gede Mahendra Darmawiguna. B Uno. 2011. A. Ni Wayan. 2007. and I." Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI)(Online) 2. .4 (2013).