You are on page 1of 9

SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP

)

Topik : Senam Reumatik

Sub Pokok : Senam Reumatik Pada Lansia

Sasaran : Seluruh Lansia

Waktu :

Hari / tgl :

Pukul :

Tempat : Lapangan

Pemateri : Mahasiswa Keperawatan Keris Husada

B. Tujuan

I. Tujuan Umum

Setelah mengikuti penyuluhan diharapkan, peserta mampu memahami dan
mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

II. Tujuan Khusus
Setelah mengikuti penyuluhan diharapkan, peserta dapat :
a. Menyebutkan pengertian Senam reumatik
b. Meyebutkan tujuan senam reumatik
c. Meyebutkan cara-cara senam reumatik
d. Mampu medemostrasikan senam reumatik

A. Materi Terlampir
1. Pengertian senam reumatik
2. Manfaat dari senam reumatik
3. Cara-cara melakukan senam reumatik

B. Metode Penyuluhan
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Demostrasi

C. Media Dan Alat
a. Leafleat
b. Leafchart
c. Sound
D. Teknik evaluasi
a. Kehadiran Peserta
b. Antutiasme
c. Pemahaman Peserta

 Mengajukan cara senam reumatik pertanyaan sesuai  Mendesmostrasikan dengan materi yang senam reumatik disampaikan  Memberikian  Megikuti kesempatan kepada demonstrasi senam peserta untuk reumatik bertanya  Mejawab  Memberikan pertanyaan yang reinforcement positif diberikan pemateri kepada peserta yang mau bertanya  Memberikan pertanyaan kepada peserta tentang senam reumatik 3 5 menit Evaluasi  Memperhatikan penjelasan pemateri . Kelancaran kegiatan E. Strategi Pelaksanaan N Waktu Kegiatan Penyuluhan Kegiatan Peserta Media o 1 5 menit Pembukaan :  Membuka kegiatan dengan mengucapkan salam  Memperkenalkan  Menjawab salam  Mendengarkan diri  Memperhatikan  Mejelaska tujuan dari peyuluhan  Menyebutkan materi yang akan disampaikan  Meggali kemampuan peserta tentang senam reumatik 2 20 menit Pelaksanaan :  Menyimak  Menjelaskan penjelasan tentang pengertian senam senam reumatik reumatik  Memperhatikan  Mejelaskan tujuan demonstrasi senam senam reumatik reumatik  Mejelaskan cara. d.

 Mengevaluasi materi  Menjawab tentang senam pertanyaan dan reumatik yag telah memberikan disampaikan pertanyaan tentang  Menanyakan umpan senam reumatik balik  Medemostrasikan  Memberikan senam reumatik kesempatan kepada  Menjawab salam peserta untuk bertanya  Menyimpulkan materi yang telah disampaikan  Menutup acara dengan mengucapkan salam Materi Penyuluhan REUMATIK .

Mencegah adanya komplikasi e. Memperbaiki aktifitas gerak 3. Putar kepala ke kanan perlahan lahan hingga kembali ke posisi awal. Merelaksasikan otot d. Lakukan secara kontinu. Manfaat Senam Reumatik a. Mengurangi rasa nyeri c. Cara-Cara Senam Reumatik 6 prinsip dasar di dalam melakukan senam rematik : 1) Prinsip Pertama: Latihan Pernapasan Duduklah dengan nyaman dan tegakkan punggung Anda.1. Pemanasan ini dapat dilakukan dengan berjalan atau bersepeda santai. Memperlancar aliran darah b. Sendi Leher Tegakkan kepala Anda. 2) Prinsip Kedua: Pemanasan Sebelum berlatih. 2. . a. Lakukan secara berulang. Latihan ini sangat berguna untuk mengurangi rasa nyeri saat rematik datang. Anda dianjurkan untuk melakukan pemanasan selama 5-10 menit. atau dengan peregangan ringan. Senam reumatik adalah suatu gerakkan yang di lakukan secara teratur dan terogranisir bagi penderita reumatik untuk mengurangi rasa nyeri .1994). Pengertian Senam Reumatik Senam adalah gerakan serangkaian yang senada teratur dan terarah yang dilakukan secara terencana secara tersendiri atau kelompok. ( Santoso. minimal 4 set dengan istirahat antar set 1-2 menit. Lanjutkan dengan memutar kepala ke kiri secara perlahan-lahan hingga kembali ke posisi awal. 3) Prinsip Ketiga: Latihan Persendian Beberapa contoh latihan berikut sangat cocok untuk melatih beberapa titik persendian Anda. Tarik napas melalui hidung hingga tulang rusuk terasa terangkat dan hembuskan napas melalui mulut seperti meniup lilin (untuk mengeceknya: letakkan tangan Anda pada bagian dada).

Lakukan secara bergantian antara lengan kiri dan kanan. Senam Rematik atau Sakit Sendi (Pinggul) d. kemudian kembalikan pada posisi semula. Jauhkan kaki kanan Anda secara perlahan dari tubuh. Lakukan secara bergantian antara kaki kanan dan kiri. Senam Rematik atau Sakit Sendi (Bahu) c. Rasakan dada Anda tertarik ketika menarik siku kembali ke posisi awal. Lanjutkan dengan menggerakkan siku hingga kembali ke posisi awal. lalu kembalikkan ke posisi awal. hingga kedua siku saling menyentuh. Sendi Pinggul Berbaringlah dengan nyaman dengan posisi ujung tumit menempel.b. Angkat lengan kanan secara perlahan ke arah samping menjauhi tubuh Anda. Mulailah dengan posisi siku ditekuk ke arah samping dan posisi telapak tangan menyentuh bahu. Lakukan secara bergantian antara pergelangan kaki kanan dan kiri. Pergelangan Kaki Putar pergelangan kaki kanan searah jarum jam secara perlahan kemudian lakukan arah sebaliknya (berlawanan jarum jam). Gerakkan kedua siku Anda ke arah depan. Ulangi gerakan yang sama untuk lengan kiri Anda. . Sendi Bahu Berbaringlah dengan nyaman dengan posisi lengan rileks di samping tubuh Anda.

Senam Rematik atau Sakit Sendi (Ruas Jari). 1. Prinsip Keempat: Latihan Kekuatan Latihan ini bertujuan untuk melatih otot. Senam Rematik atau Sakit Sendi (Pergelangan Kaki) e. putar pergelangan tangan Anda searah jarum jam dan kemudian berlawanan dengan jarum jam. Seated cross legged press . dengan istirahat antar set selama 1-2 menit. Senam Rematik atau Sakit Sendi (Pergelangan Tangan) f. Dilakukan sebanyak 3–5 set. a. Pergelangan Tangan Tekuk jari–jari tangan Anda. Ruas Jari Sentuh tiap jari-jari tangan Anda dengan ibu jari. Ulangi hingga 5 kali.

Senam Rematik atau Sakit Sendi (Pelvic Tilt) c. Tekan kaki kanan ke kaki kiri. dan di saat bersamaan. Ulangi dengan posisi pergelangan kaki kiri di atas pergelangan kaki kanan. Senam Rematik atau Sakit Sendi (Seated Cross Legged Press) b. Silangkan pergelangan kaki kanan di atas pergelangan kaki kiri. lalu lepaskan. sambil mengambil napas dalam-dalam dan perlahan. Rubber band Taruh karet gelang di kelima jari tangan Anda. Angkat panggul dari lantai dengan punggung atas dan tengah serta tangan tetap menyentuh lantai. Perlahan lepaskan tekanan dari karet gelang tersebut dan kembali ke posisi awal. Duduklah pada kursi yang diganjal bantal. tekan kaki kiri maju melawan kaki kanan Anda. Rasakan adanya kontraksi pada pantat dan perut Anda. Rentangkan jari-jari Anda selebar yang Anda bisa. . Pelvic tilt Berbaringlah dengan lutut ditekuk dan telapak kaki menyentuh lantai. Tahan posisi ini beberapa detik. Tahan posisi ini selama 3-6 detik.

Senam Rematik atau Sakit Sendi (Kardio) 5) Prinsip Keenam: Peregangan Latihan ini dilakukan untuk meningkatkan fleksibilitas sendi dan otot. Anda dapat menggunakan iringan musik lembut untuk membangun suasana rileks. Senam Rematik atau Sakit Sendi (Pelvic Tilt) 4) Prinsip Kelima: Latihan Kardio Latihan ini dilakukan untuk kesehatan jantung dan meningkatkan stamina. . aerobik. berlari. dan bersepeda. Lakukan latihan selama 30-45 menit dengan pemanasan selama 5-10 menit. berenang. Untuk sesi ini. Latihan ini dapat berupa jalan cepat.