You are on page 1of 9

“ W-MILKSHAKE “

Disusun oleh :

Nama : William Nathanael

NIM : 15.D1.0

Kelas :

FAKULTAS EKONOMI dan BISNIS

UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA

SEMARANG

2017

d) W-Milkshake Vanila Bagi yang suka rasa manis layaknya ice cream vanilla. 28. dan sirop berperasa yang dicampur hingga berbusa. Nama perusahaan : W-Milkshake Alamat : Jl. kita hadirkan minuman yang tidak hanya enak tapi juga menyehatkan. maka tercetuslah ide saya untuk membuat usaha di dalam bidang minuman ringan berupa Milkshake. kami mencoba menambahkan pelengkap susu sebagai sensasi selain aroma kopi mocca itu sendiri yang menggiurkan. W-Milkshake merupakan minuman dingin dari campuran susu. Semarang No. . Selain dicampur dengan blender. Pembuatan minuman Milkshake merupakan minuman masa kini dimana saya mencoba membuat minuman yang segar. b) W-Milkshake Chocomix Kopi yang dicampur dengan manisnya coklat leleh yang diramu menjadi satu yang diberi tambahan susu yang sehat menghasilkan minuman c) W-Milkshake Moccataste Minuman kopi ini bercita rasa mocca yang telah dikenal sebagai varian kopi yang banyak digemari oleh masyarakat ini karna low cafein dan rasa yang tidak terlalu kuat seperti kopi tubruk. susu bisa dibuat dengan memakai gelas pencampur yang ditutup. Karangrejo No. Adapun rasa yang akan ditawarkan antara lain : a) W-Milkshake Cappucino Perpaduan lezatnya kopi cappucino dengan kesegaran yang menyehatkan akan menambah cita rasa kopi. Usaha ini saya beri nama “W-Milkshake”. Sasaran pembeli saya adalah mahasiswa/i dan juga untuk masyrakat umum. Telepon : 0822-4563-4561 A. terlebih jika disajikan dalam keadaan dingin dengan suhu udara yang terik . es krim. Latar Belakang Dengan adanya mata kuliah Kewirausahaan yang juga menjadi kurikulum pada perkuliahan saya di Universitas Soegijapranata ini dan juga untuk memenuhi tugas dari mata kuliah tersebut.

lebih dari kebutuhan harian terhadap zat ini. Pengeksploitasian Peluang Peluang yang ada dalam bisnis W-Milshake ini adalah : a. selain itu manfaat yang terkandung dalam hazelnut sangat baik bagi kesehatan. W-Milshake mengandung susu dimana terdapat kalsium dan protein dengan tingkat tinggi. Gambar 1. b. Cuaca di Indonesia. dengan hadirnya susu di dalamnya akan mengurangi atau meminimalisir lemak yang ada pada susu. e) W-Milkshake Hazelnut Kacang hazelnut yang dikenal rendah lemak dipadu dengan susu menciptakan sensasi gurih di mulut. W-Milshake memberikan manfaat terbaik dari susu. W-Milkshake Capuccino B. Di dalam susu terkandung vitamin B2 dan vitamin A. selain protein juga terdapat macam-macam asam amino yang penting untuk pertumbuhan tubuh. dimana negara ini beriklim tropis membuat masyarakat Indonesia selalu menyukai minuman dingin. kita bisa mendapatkan banyak manfaat seperti : . Sehingga dengan mengkonsumsinya. W-Milkshake Chochomix Gambar 2.

sehingga saya masih memiliki peluang usaha.Promosi hanya dari mulut ke mulut. 2.Di daerah sekitar masih sedikit yang memiliki usaha serupa. Faktor Kelemahan (Weakness) . Jika tidak bisa mendapatkan manfaat kopi karena tidak menyukainya. susu dapat menggantikannya. Harga bahan yang semakin mahal. sehat dan nikmat.Lokasi yang sangat strategis (letak Indomaret di dekat kampus Unika Soegijapranata dan di dekat perumahaan warga).Pemasaran untuk saat ini belum terlalu meluas dan masih dalam lingkup kecil. .Harga terjangkau sesuai dengan target pasar saya yaitu kalangan pelajar juga masyarakat pada umumnya dari semua kalangan. . Perubahan selera masyarakat yang membuat saya harus selalu memunculkan inovasi baru dalam pembuatan minuman Milkshake. . Faktor Kekuatan (Strength) . Pesaing berskala besar. . Memperbaiki tekanan darah . . . W-Milkshake sebagai pengganti kopi. . . setelah penat seharian beraktivitas. Segelas W-Milshake akan membantu mengendurkan otot yang tegang dan menenangkan saraf Analisis SWOT 1. Menjaga kesehatan gigi dan tulang . Faktor Peluang (Oppurtunity) . Menambah energi .Bahan baku mudah didapat. 3. .Biaya produksi yang cukup murah. Menjaga berat badan c. Ancaman (Treath) . 4. Minum susu di akhir hari adalah salah satu cara yang baik.Menyediakan produk berupa minuman ringan sebagai minuman yang higienis.

Peningkatan produktifitas tenaga kerja STRATEGI ORGANISASI DAN SDM a. Penarikan tenagakerja c. pengembangan wilayah distribusi pemasaran ke sekolah-sekolah dan kampus-kampus Strategi Pengembangan Usaha Strategi Pemasaran a. Pembelian mesin yang lebihbagus c. Pengembangan wilayah distribusi pemasaran ke sekolah dan kampus kampus STRATEGI PRODUKSI a. Kegiatan Promosi Pembuatan iklan melalui brosur untuk dibagikan kepada masyarakat. membuat id instagram dan line. Pengembangan Wilayah Pemasaran Rencana kami akan menambah 3 gerai sekaligus yang lokasinya antara lain 1) Di depan kampus Unika Soegijapranata 2) Pemukiman padat penduduk seperti daerah Telogorejo 3) Tempat hiburan atau rekreasi keluarga seperti Wonderia. Pengembangan Produk Melalui menambah varian rasa dari bahan dasar yaitu kopi b. Mengikuti bazar di sekolah dan universitas c. maka diperlukan beberapa strategi. Pemasaran lewat jejaring sosial. Penambahan kedai b. Penambahan investasi modal untuk pengembangan usaha b. Perubahan struktur manajemen dan organisasi b. Pelatihan tenaga kerja yang sudah ada STRATEGI KEUANGAN a. Untuk mengatasi kelemahan di atas. yaitu sebagai berikut : Strategi Pemasaran a. c. b. memberikan diskon khusus dan voucher setiap pembelian di atas 5 cup milkshake. Pengendalian sistem keuangan Hitungan Estimasi Harga Penjualan per hari = 50 gelas .

- Komisi Karyawan : = Rp 25. 50.000. 2.- Rp. 70.- ____________ (-) Laba Kotor 1 hari = Rp.( harga paling standart ) Harga 1 rasa 40 x Rp.050.000. 2. 2. = Rp. 82.000.750.- _________ (+) Total Biaya Rp.000.000.Dengan asumsi per gelas W-Milkshake dijual Rp.000. = Rp. 27.- ____________ (+) Total = Rp.000.- Harga 2 rasa 10 x Rp. Biaya capucino.000.- Biaya susu Rp. 350. 500. 5. = Rp.- Hitungan Estimasi Bisnis per-hari : Penjualan 1 hari = Rp....- Biaya label Rp. 500. 900..- Harga 2 Rasa ( special ) = 10 x Rp. 700.- Biaya air dan es Batu per-gelas Rp.- Biaya Produksi 1 hari = Rp.- Hitungan Biaya Produksi per-hari : 50 gelas Harga 1 Rasa = 40 x Rp.000.- . 200. 5.000.700.x 50 Gelas ____________ (-) Rp. 300. 105.000.- Rp.000. 500. 2. coklat Rp.000. = Rp.- Harga Biaya Produksi ( per gelas ) : Biaya gelas dan sedotan Rp. 109.109. 5.050.- Biaya tambahan 2 rasa Rp... 250.

W-Milkshake menggunakan bahan utama susu sebagai cita rasa khas minuman. W-Milkshake Vanila dan W-Milkshake Hazelnut D. Menggunakan bahan alami tanpa pemanis buatan Dengan kualitas bahan yang 100% alami tanpa bahan perasa yang membahayakan serta ditambah campuran buah sehingga rasa lebih terasa alaminya. Packing minuman bisa menjadi pelindung minuman dari sengatan matahari. Susu diambil dari hewani dimana dalam hal ini . remaja. W-Milkshake Moccataste. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau masyarakat. semakin terbuka kesempatan untuk memilih produk yang sesuai d. W- Milshake menggunakan kemasan plastik yang tebal. Dan pada setiap kemasannya terdapat logo dan merk produksi yang jelas. Packing minuman yang lebih menarik karna disertai merek produksi. Pada prinsipnya. Value to Offer Keunggulan yang ditawarkan pada usaha minuma W-Milkshake ini adalah : a. 1. semakin banyak penjual yang menawarkan produk yang serupa. dengan berbagai rasa. 70.. kuat dan tidak mengandung bahan plastik berbahaya.- C.750. e. Harga yang ditawarkan oleh W-Milkshake sangat kompetitif dan siap bersaing dengan produk minuman yang sebelumnya telah ada di pasaran sehingga pas untuk semua kalangan dari anak sekolah.x 25 hari : Rp. mahasiswa. Varian rasa yang lebih attractive dan bervariasi. Pemanfaatan Sumber Daya (Alam dan Manusia) Dalam hal sumber daya alam. Selain itu minuman yang dapat menyehatkan tubuh yang merupakan kekuatan yang kami miliki dan kembangkan agar tidak mengecewakan konsumen. dan orang tua.Laba bersih 1 bulan = Rp. W-Milkshake Chocomix.000. ditambah adanya butiran-butiran seperti coklat serta es yang membuat lebih segar. Varian menu tersebut antara lain : W-Milkshake Cappucino. b.000. serta kode P-IRT.

W-Milkshake memanfaatkan sumber daya manusia dengan merekrut beberapa karyawan. Cita rasa W-Milkshake ini sangat mengutamakan cita rasa yang bervarian serta lebih alami dan inovasi yang modern sehingga menarik konsumen yang membutuhkanminuman segar yang menyehatkan tubuh. yaitu : Tingkat Pendidikan Jumlah SMP 1 orang SMA 1 orang Spesifikasi Pekerjaan Staf 1 : . kopi dll. remaja. Dalam usaha ini.Melayani konsumen . Segmentasi Phasar W-Milkshake yang beraneka rasa. Sehingga W-Milkshake yang beraneka rasa ini sangat aman untuk di konsumsi.Mencatat pengeluaran dan pemasukan harian Staf 2 : . dimulai dari kalangananak-anak. c.Menyiapkan kebutuhan harian dan berbelanja bahan-bahan membuat milkshake E. Target Pasar W-Milkshake ditargetkan untuk semua kalangan. baik anak-anak maupun orang dewasa. Positioning .Menyiapkan peralatan dan perlengkapan membuat milkshake . dewasa dan kalangan orang tua.Membuat minuman milkshake . Pasar Sasaran a. misalkan air. memanfaatkan sumber daya hewan serta beberapa bahan mengambil dari sumber daya alam. merupakan minuman yang dapat dikonsumsioleh semua kalangan umur. b.

dan harga lebih terjangkau dibanding yang lain.Keunggulan dari produk W-Milkshake mempunyai berbagai macam pilihan rasa yang unik. .