You are on page 1of 5

“Penjelasan dan Terjemahan Lagu Janger”

Jangi janger
Sengsengin sengseng janger (2x)
Serere nyoman ngeyorin
(Rupa Nyoman sungguh menawan)
Kelap – kelap ngalap bunga
(Elok – elok saat memetik bunga )
Langsing lanjar pamulune nyandat gading
(tinggi langsing kulitnya menguning seperti bunga sandat)
Jalan jani mejangeran
(ayo kita sama – sama menari)
Sariang ngentu rota roti
Arasijang krangi janger (4x)

Lagu janger di nyanyikan buat bersantai (-santai)
Agar segar jiwa raga yang telah lunglai
Mari kita menari janger agar lupa segala duka
Mari kita menyanyi janger agar hilang segala lara

Dulu memahat buat menghias pura (-puri)
Dulu menari dengan sepenuh hati
Sekarang memahat untuk pelancong mancanegari
Sekarang menari turut cita turis luar negeri

Tari Legong jaman masyhurnya di saba (-kedaton)
Di persingkat demi selera penonton
Wingit barong dan tari keris
Sering sekedar tontonan turis

hanya penyeimbang irama Tapi intinya lagu Janger itu mengisahkan seorang gadis Yang terlihat rupawan dan bling – bling saat sedang memetik bunga Tubuhnya langsing semampai dengan kulit yang bersih berwarna gading Bak bunga sandat gading .Kekhusukan upacara melins Sering terganggu jepret lampu blitz Onde – onde dari Cisalak. konde sasakan mode sekarang Art shop megah berleret memagar sawah ( cak he he ) Cottage mewah berjajar di pantai indah Karya – cipta nan elok – indah di tantang alam modernisasi Permai alam mulai punah karena gersang rasa mandiri Boleh saja bersikap selalu ramah (-tamah) Bukanlah berarti bangsa kita murah Kalau kawan tak berhati – hati bisa punah budaya asli Kalau punah budaya asli harga diri tak ada lagi (harga diri tak ada lagi maka tak dapat berbangga hati) Sebenarnya itu hanya rhyme saja Sebagian tidak ada artinya. berkonde Jawa rambut disasak Ondenya masakan Semarang.

“Penjelasan dan Terjemahan Lagu Gundul Pacul” Gundul artinya kepala Di lagu ini maksudnya seorang pemimpin pacul Artinya sebuah sarana untuk mengolah tanah agar menghasilkan makanan Di lagu ini maksudnya orang yang berkuasa / mengendalikan sarana alat >> Gundul pacul berarti seorang pemimpin yang berkuasa *Gemblelengan dan gelelengan artinya sombong atau tinggi hati *Nyunggi artinya mengangkat sesuatu di atas kepala *Wakul artinya bakul tempat nasi >> nyunggi wakul artinya membawa bakul nasi di atas kepala Jadi yang di maksud adalah menjunjung amanah kesejahteraan rakyat *ngglimpang artinya terguling atau jatuh *segane dadi sakratan / latar artinya nasinya berantakan di tanah Kalau di artikan secara lengkap sebagai berikut : Gundul gundul pacul cul Gelelengan Pemimpin/penguasa yang sombong Nyunggi –nyunggi wakul kul Gembelengan Mengemban amanah rakyat dengan sikap tinggi hati Wakul ngglimpang segane dadi sakratan Akhirnya amanah jatuh dan kesejahteraan rakyat menjadi terlantar .

kemuliaan seseorang. 1. Banyak pemimpin yang lupa bahwa dirinya sesungguhnya mengemban amanah rakyat.Gundul : adalah kepala plontos tanpa rambut. Gembelengan : gembelengan artinya besar kepala. Rambut adalah mahkota lambang keindahan kepala. Hidung digunakan untuk mencium wewangian kebaikan 4. maka lepaslah kehormatannya. Siapa yang lebih tinggi kedudukannya. Tetapi dia malah : 1. Sedangkan pacul : adalah cangkul yaitu alat petani yang terbuat dari lempeng besi segi empat. Telinga digunakan untuk mendengar nasehat 3. Gundul pacul artinya : bahwa seorang pemimpin sesungguhnya bukan orang yang diberi mahkota tetapi dia adalah pembawa pacul untuk mencangkul. Akibatnya : wakul ngglimpang segane dadi sak . Pacul : adalah lambang kawula rendah yang kebanyakan adalah petani. dan mulutnya. Orang Jawa mengatakan pacul adalah papat kang ucul (empat yang lepas). Kepala adalah lambang kehormatan. hidung. telinga. Menggunakan kedudukannya untuk berbangga-bangga di antara manusia 3. Kedudukannya di bawah bakul rakyat. Jika empat hal itu lepas. gembelengan Nyunggi wakul artinya : Membawa bakul (tempat nasi) di kepalanya Banyak pemimpin yang lupa bahwa dia mengemban amanah penting membawa bakul di kepalanya. Artinya bahwa : kemuliaan seseorang akan sangat tergantung empat hal : bagaimana menggunakan mata. sumberdaya. Dia menganggap kekuasaan itu karena kepandaiannya Nyunggi wakul. Mulut digunakan untuk berkata-kata yang adil. pajak adalah isinya. sombong dan bermain-main dalam menggunakan kehormatannya. pembawa bakul atau pemilik bakul ? Tentu saja pemilik bakul. Wakul : adalah symbol kesejahteraan rakyat Kekayaan Negara. Menggunakan kekuasaannya sebagai kemuliaan dirinya 2. Maka gundul artinya kehormatan yang tanpa mahkota. Pembawa bakul hanyalah pembantu si pemiliknya. Artinya bahwa kepala yang dia anggap kehormatannya berada di bawah bakul milik rakyat. mengupayakan kesejahteraan bagi rakyatnya. Dan banyak pemimpin yang masih gembelengan (melenggak lenggokan kepala dengan sombong dan bermain-main). Mata digunakan untuk melihat kesulitan rakyat 2.

.Latar bakul terguling dan nasinya tumpah kemana-mana. maka sumber daya akan tumpah ke mana-mana. Jika pemimpin gembelengan. Maka gagal lah tugasnya mengemban amanah rakyat. Kesenjangan ada dimana-mana. Dia tak terdistribusi dengan baik. Nasi yang tumpah di tanah tak akan bisa dimakan lagi karena kotor.