You are on page 1of 6

SATUAN ACARA PENYULUHAN

Pokok bahasan : Persiapan persalinan

Waktu : 15 Menit

Tempat : rumah klien

Penyuluh : Eka Nurhayati

A. Tujuan

1. Tujuan umum

Setelah diberikan penyuluhan diharapkan ibu mengerti dan memahami

tentang persiapan persalinan

2. Tujuan khusus

a. Setelah diberikan penyuluhan ini diharapkan ibu mengerti tentang

pengertian persiapan persalinan

b. Ibu dapat memahami tentang persiapan persalinan

c. Ibu memahami komponen persalinan

B. Pokok bahasan

1. Pengertian persiapan persalinan

2. Tujuan dari persiapan persalinan

3. Komponen penting dalam persiapan persalinan

tanya jawab E. Kegiatan Penyuluhan Kegiatan No Tahap Waktu Media Metode Penyuluh Klien 1 Pendahuluan 2 menit  Memberi salam  Ibu menjawab salam Lisan Cemarah  Menjelaskan tujuan Ibu memperhatikan dan penyuluhan memperhatikan serta mengerti maksud dan tujuan penyuluh  Menjelaskan materi yang Pasien mendengar dan akan disampaikan memperhatikan tentang materi yang akan dipaparkan 2 Penyajian 10 menit  Menjelaskan pengertian Memperhatikan danLisan Ceramah tentang persiapan mendengarkan persalinan  Menjelaskan tujuan dari Memperhatikan dan . Materi Terlampir D. Metode Ceramah. Media Leaflet F. C.

 Menyimpulkan hasil Memperhatikan penyuluhan  Mengucapkan salam  Menjawab salam penutup G. Evaluasi 1. Bentuk : lisan 3. persiapan persalinan mendengarkan  Menjelaskan komponen Memperhatikan dan penting dalam persiapan mendengarkan apa yang persalinan diutarakan oleh penyuluh 3 Penutup 3 menit  Memberi kesempatan Ibu mengajukanLisan Ceramah pada ibu untuk bertanya pertanyaan apabila ada yang belum jelas  Memberi penjelasan Memperhatikan tentang pertanyaan ibu  Memberi pertanyaan Menjawab pertanyaan sebagai bahan evaluasi sesuai materi yang diutarakan  Mengklarifikasi jawaban Memperhatikan dari ibu. Prosedur : Post test 2. Butir : soal .

Referensi Pusdiknakes. a. Asuhan antenatal. Jakarta. 6 komponen penting dalam persiapan persalinan H. Lampiran Materi Persiapan Persalinan . 2003. Pengertian persiapan persiapan persalinan b. Tujuan persiapan persalinan c.

1. anggota keluarga atas anjuran bidan. 3. Pengertian Persiapan persalinan Adalah suatu rencana tindakan yang dibuat oleh ibu. Rencana ini tidak harus dalam bentuk tertulis. Membuat rencana persalinan 1) Tempat persalinan 2) Memilih tenaga kesehatan 3) Bagamana menghubungi tenaga kesehatan tersebut 4) Siapa yang akan menemani pada saat persalinan 5) Berapa banyak biaya yang dibutuhkan dan babgaimana cara mengumpulkan biaya tersebut 6) Siapa yang akan menjaga keluarganya jika suami tidak ada b. 6 Komponen Penting dalam Persiapan Persalinan Ada 6 komponen penting dalam persiapan persalinan a. Rencana ini lebih dari sekedar diskusi untuk memastikan apakah ibu dapat memahami apa yang ibu butuhkan saat akan mendekati persalinan. kekacauan yang tidak diinginkan dan mengantisipasi sekiranya terjadi komplikasi. Membuat rencana untuk mengambil keputusan jika terjadi kegawat daruratan . Tujuan persiapan persalinan Untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dipersiapkan ibu sehingga tidak terjadi kebingungan. 2.

fasilitas kesehatan. e. Rencana ini perlu di persiapkan lebih dini dalam ehamilan. Banyak sekali kasus ibu tidak mendapatkan asuhan karena mereka tidak mempunyai dana yang diperlukan. rumah sakit) 2) Bagaimana cara menjangkau tingkat asuhan yang lebih lanjut jika terjadi kegawat daruratan. 3) Ke fasilitas kesehatan yang ibu tersebut harus dirujuk 4) Bagaimana cara mendapatkan dana jika terjadi kegawat daruratan 5) Bagaimana mencari donor darah yang potensi d. Mempersiapkan peralatan yang diperlukan untuk persalinan . dan harus terdiri dari elemen-elemen di bawah ini : 1) Dimana ibu akan bersalin (desa. Membuat rencana/pola menabung Keluarga seharusnya dianjurkan sejumlah uang sehingga dana akan tersedia untuk asuhan kehamilan dan jika terjadi kegawatdaruratan. 1) Siapa pembuat keputusan utama dalam keluarga 2) Siapa yang akan membuat keputusan jika pembuat keputusan utama tidak ada saat terjadi kegawat daruratan c. Mempersiapkan system transportasi jika terjadi kegawatdaruratan Setiap keluarga seharusnya mempunyai suatu rencana transportasi untuk ibu jika mengalami komplikasi dan perlu segera dirujuk ketingkat asuhan lebih tinggi.