You are on page 1of 7

BAB IV

STUDI KASUS

Seperti yang telah dipaparkan pada bab sebelumnya, bahwa pemanfaatan
penggunaan stimulasi vibroseismic guna meningkatkan perolehan minyak telah di
aplikasikan di beberapa lapangan minyak, kebanyakan di rusia dan di cina. baik
vibroseismic dengan sumber gelombang frekuensi tinggi maupun rendah. Hasil
dari penerapan stimulasi vibroseismic juga beragam di beberapa kasus di lapangan
ada lapangan yang mengalami peningkatan laju produksi yang signifikan setelah
di terapkan metode ini, ada pula lapangan yang tidak merespon stimulasi
vibroseismic yang diterapkan.
Studi kasus yang akan penulis angkat pada komprehensif ini adalah
penerapan metode stimulasi vibrasi yang ada dalam paper milik Xiao Guo yang
berjudul "High Frequency vibration Recovery Enhancement Technology in the
Heavy Oil Fields of China dan milik T. Zhu yang berjudul"Downhole Harmonic
Vibration Oil Displacement System dimana di dalam kedua paper tersebut
terdapat kajian yang lengkap dibanding paper-paper yang membahas mengenai
metode ini. Studi kasus disusun berdasarkan paper yang memiliki data paling
banyak mengenai lapangan yang diterapkan metode stimulasi vibrasi baik
karakteristik resevoar, karakteristik fluida, data produksi sebelum dan sesudah
penerapan metode. Hal ini dilakukan dikarenakan masih sedikitnya lliteratur dan
studi kasus yang dilakukan dengan mengunakan metode ini Lapangan minyak
yang dipaparkan dalam bab ini yaitu adalah lapangan m

disusun g membahas mengenai metode in Studi kasus berdasarkan paper
yang memiliki data paling banyak mengenai lapangan yang diterapkan metode
stimulasi vibrasi baik karakteristik resevoar, karakteristik fluida, data produksi
sebelum dan sesudah penerapan metode. Hal ini dilakukan dikarenakan masih

4. Dalam bab ini akan diberikan data-data lapangan yang menunjukan peningkatan laju produks setelah dilakukan metode stimulasi vibrasi. Sejarah Penerapan Metode stimulasi vibrasi Di Cina .1.sedikitnya lliteratur dan studi kasus yang dilakukan dengan mengunakan metode ini. Sebagai akibatnya hal ini mengacu pada penurunan harga permeabilitas sekitar lubang bor dan mempengaruhi produksi minyak pada sumur. Namun. chemical flooding dan thin oil blending efektif pada jenis minyak yang memiliki viskositas rendah dan meningkatkan perolehan minyaknya. Tertiary recovery dengan memanfaatkan energi thermal atau panas seperti steam flooding. terdapat pula 2 contoh lapangan yang dilakukan pilot project dari metode stimulasi vibrasi. kebanyakan terdapat di lapangan minyak Liaohe. air formasi akan membentuk scale dan invasi padatan dan cairan dari luar selama operasi produksi. in-situ combustion. Aplikasi Teknologi Stimulasi Vibrasi Dalam Peningkatan Perolehan Minyak Pada Lapangan Minyak Di Cina Minat perusahaan minyak di Cina terhadap pengurasan minyak tahap lanjut dengan metode stimulasi vibrasi meningkat akhir-akhir ini dikarenakan jumlah lapangan minyak di cina yang mengandung minyak berat sangat banyak dan melimpah di Cina. dalam proses jangka panjangnya dalam reservoar minyak berat. 4. Masalah utama dari produksi minyak berat yaitu adalah viskositasnya yang tinggi. Lapangan minyak yang dipaparkan dalam bab ini yaitu adalah lapangan minyak di Cina yang telah lama memanfaatkan aplikasi dari metode stimulasi vibrasi.1. kerusakan formasi akan terjadi dikarenakan pengendapan paraffin di sekitar lubang bor. Karamay. Shen dan Dagang Pengembangan dari teknologi untuk memproduksi minyak dari minyak berat dan pasir tar yang terdeposit dengan menggunakan energi panas telah lama digunakan dalam industri perminyakan di Cina.1. Selain data- data lapangan yang telah diterapkan. sehingga penerapan metode stimulasi vibrasi diharapkan menjadi metode yang lebih ramah lingkungan dibandingkan jenis tertiary recovery sebelumnya.cyclie steam stimulation.

1. Xianghong Yan dan zhang Yaping tclah mempelajari pengunaan metode ini dikombinasikan dengan penggunaan surfaktan untuk mengubah harga viskositas dari minyak berat pada lapangan minyak Gudao. Iluabei. Al.Beberapa eksperimen dari teknologi stimulasi vibrasi dengan memanfaatkan gelombang ultrasonik dalam produksi minyak di cina telah ada sejak tahun 1980. penerapannya dalam pilot project baru dilakukan beberapa tahun terakhir. Beberapa eksperimen dari teknologi stimulasi vibrasi dengan meman gelombang ultrasonik dalam produksi minyak di cina telah ada sejak tahun 1980 Namun. Telah menginvestigasi gelombang ultrasonik yang mempengaruhi permeabilitas batuan pada media poros. Saat stimulasi vibrasi ultrasonik berhenti. meningkatkan . of China telah melakukan banyak eksperimen d arah Penerapan Metode Stimulasi vibrasi Di Cina 4. hasilnya menunjukan bahwa kerusakan formasi yang disebabkan oleh fluida pemboran dapat di perbaiki sekitar 61-88% dari harga awalnya dengan menggunakan gelombang ultrasonik. Hasilnya menunjukan bahwa tak hanya proses ultrasonik yang meningkatkan permeabilitas batuan. Pada awalnya. Xiaowei Wu et. Kemudian. Hasilnya menunjukan bahwa gelombang ultrasonik dapat menurunkan sccara efektif viskositas dari minyak berat. Memperbaiki kerusakan formasi dari 12 sumur dengan menggunakan metode ini dari tahun 1997 sampai 1998. Yongchao Yang et. penerapannya dalam pitot pruject baru dilakukan beberapa tahun terakhir. Pada Ini t. Petroleum University of China telah melakukan banyak cksperimen di laboratorium dan penelitian dalam mekanisme gelombang ultrasonik dalam media orous yang mempengaruh produksi minyak. Namun. namun juga efek kelanjutan yang dipicu gelombang ini. efek selanjutnya akan terbctuk. Yumen. Chengdu Transducing Research Institute of the Chinese Academy of science telah berhasil menemukan sampel dari generator gelombang ultrasonik yang telah digunakan dibebcrapa lapangan seperti lapangan yak Daging. Liaohe dan min Changuing Renyuan Sun et al. Al telah melakukan penelitian mengenai mekanisme ini. shengli.1. Zhongyuan.

Jidong. Shengli. Metode dipilih bergantung pada kekuatan dari gelombang yang diperlukan dan frekuensi yang di inginkan. Bagian terpenting adalah perlengkapan generator sonik. Telah melakukan pekerjaan pengontrolan para dan pencegahn scale. Pada penelitiannya dilakukan ploting antara viskosits dan temperatur secara skematis dan ditemukan bahwa viskosita dari crude oil menurun sekitar 25-30% di bawah pengaruh vibrasi ultrasonik. teknologi ini telah digunakan pada lebih dari 300 sumur pada lapangan minyak Daging.aliran fluida yang berpengaruh dalam tranportasi pergerakan minyak berat. Dagang. Model dari eksperimen digambarkan secara skematis pada gambar 4. 4. Eksperimen Pengaruh stimulasi vibrasi Beberapa eksperimen telah dijalankan untuk menginvestigasi kemungkinan dari pengguna tcknologi pegurasan minyak tahap lanjut dengan menggunakan vibrasi frekuensi tinggi dalam rcservoar minyak berat untuk meningkatkan perolehan minyaknya.1 Diagram Alir Dari Proses Instalasi Eksperimen(Guo. Dalam beberapa tahun terakhir. Bentuk dari . Bin Lu dan Zhang Jiangguo et al. Jiangsu. 2005) sebagai tambahannya eksperimen tambahan dan putaran viscometer sangat memcpengaruhi eksperimen. Terdapat cara untuk memebentuk banyak energi ultrasonik. Zhongyuan dan perusahaan minyak xinxing Petroleum Corporation. 4.1 hydrophone osetiloaa tea and aata analysis system recycle water eyele water Gambar 4. bei. Daya yang digunakan pada generator sonik disediakan dari pompa air dan tckanan yang bekerja ditunjukan dalam pressure gauge. Eksperimen Pengaruh stimulasi vibrasi dan perusahaan minyak Xin Petroleum Corporation.2.2. Ilingga saat ini teknologi tersebut telah digunakan di lapangan minyak di timur Cina seperti lapangan min Dading. Dalam beberapa tahun terakhir. xutao Huang mengerjakan penclitian mengenai pengaruh vibrasi ultrasonik terhadap viskositas crude oil pada lapangan Renqiu. teknologi ini telah digunakan pada lebih dari 300 sumur pada lapangan minyak Daqing.1.1. Liaohe. Xiao. Mereka menemukan alat kontrol parafin dengan gelombang ultrasonik yang digunakan untuk meningkatkan produksi minyak.

Xiao.s) 6600 4020 1800 1400 1100 720 600 470 4200 2550 2000 1500 1200 750 520 550 Hasil pengukuran di atas . 2004) Crude oil dan air formasi sebenarnya dari lapangan Liaohe digunakan dalam studi ini. Sebagai persiapan dari studi ini.1 Variasi Harga viskositas Crude oil Dengan Temperatur(Guo. lower connection upper connection vibrating spring Convergent jet nozzle Gambar 4. generator dengan sumber sonik tenaga hydro-power telah lama digunakan dalam berbagai eksperimen. Xiao.struktur sederhana ini memiliki biaya yang murah dan pengoperasian yang mudah.1. Tabel IV. 4.1.1 Prosedur dan Pralatan Eksperimen Generator sonik terdiri dari koneksi bagian atas dan bawah.1. 4. strategi yang digunakan dan diterapkan pada prosedur eksperimen yang pada dasarnya mirip dan dapat dengan mudah dijabarkan sebagai: 1) Mengukur variasi viskositas crude oil dengan temperatur tanpa dipengaruhi vibrasi 2) Mengukur perubahan viskositas dari crude oil dibawah pengaruh vibrasi ultrasonik pada temperatur 35 C 3) Mengukur perubahan viskositas dari crude oil dibawah pengaruh vibrasi ultrasonik pada temperatur 43 C Mengukur perubahan viskosit ultrasonik pada temperatur 48 C. Menggetarkan rangkaian dan terhubung dengan noozleiet(gambar 4.2.2 Struktur Generator Sonik(Guo. hasil pengukuran ditunjukan pada Tabel 4.2). fluida di bawah permukaan di tembakan dari noozle pada keccpatan yang cukup tinggi di bawah differensial tekanan. 2004) 30 40 45 55 70 viscosity 10000 7000(mPa.2 Hasil Eksperimen dan Pembahasan Dengan maksud untuk membuat perbedaan dibawah temperatur yang berbeda. tes 1 dilakukan dibawah pengaruh vibrasi dengan frekuensi yang sama tes dengan selanjutnya. memberikan dorongan bertubi pada rangkaian dan membentuk vibrasi mekanik yang menghasilkan gelombang akustik.2. 4 eksperimen tambahan sebelumnya dilakukan untuk investigasi apakah stimulasi vibrasi dapat meningkatkan pengurasan minyak berat secara efisien.

tabel diatas menunjukan bahwa viskositas dari crude oil ang telah diberi vibrasi akan meningkat kembali setelah melewati waktu recoverynya. saat vibrasi ultrasonik berhenti prosesnya. saat vibrasi ultrasonik berhenti prosesnya.menunjukan bahwa vikositas akan menurun seiring dengan peningkatan temperatura saat temperatur mencapai 60 c.tabel diatas menunjukan bahwa viskositas dari crude oil ang telah diberi vibrasi akan meningkat kembali setelah melewati waktu recoverynya.s) Tabel. alasannya adalah karena vibrasi ultrasonik dapat merubah struktur molekul minyak berat. dengan meningkatnya waktu vibrasi ultrasonik yang di crude oil akan menyerap banyak energi dan viskositas crude oil akan menurun dengan cepat. Namun. semua eksperimen mengunakan frekuensi gelombang yang sama. pada tes 3 dan tes 4.s) Tabel. viskositas dari crude oil kurang terpegaruh oleh perubahan temperatur dan permukaan dari crude oil membentuk gelembung dan diperkuat dibawah pengaruh energi sonik. struktur molekul . temperatur yang digunakan berturut-turut adalah 43 o C dan 48' C. energi gelombang ultrasonik diserap oleh minyak berat yang sesuai dengan porsi frekuensinya. Namun. Pada tes 2. penurunan viskositas berbanding lurus dengan peningkatan temperatur. alasannya adalah karena vibrasi ultrasonik dapat merubah struktur molekul minyak berat. Tes 2. temperatur yang digunakan dalam eksperimen adalah 35 o C dan vibrasi memakan waktu 15 menit. tes 3 dan tes 4 telah dilakukan secara berurutan untuk menginvestigasi bagaimana waktu dari vibrasi gelombang ultrasonik mempengaruhi viskositas dari crude oil dan bagaimana viskositas dari crude oil yang sudah diberikan stimulasi vibrasi berubah seiring dengan berjalannya waktu. durasi dari vibrasi yang dilakukan pada saat eksperimen ini tidak 270 300 330 Viscosity 2100 2500 2500 2530 2600 2600 2600 2600 2600(mPa. dan secara berturut-turut vibrasi dilakukan pada 270 300 330 Viscosity 2100 2500 2500 2530 2600 2600 2600 2600 2600(mPa. struktur molekul minyak berat akan berangsur kembali seperti semula. namun.

namun. Yumen. Liaohc dan Changging yang memiliki kontribusi besar pada produksi minyak di Cina.1. penurunan viskositas berbanding lurus dengan peningkatan temperatur. Shengli.minyak berat akan berangsur kembali seperti semula. Downhole Harmonic Vibration oil displacement System(DHvoS) yang dapat menghasilkan amplitudo rangsangan yang besar terhadap fluida hidrokarbon dikembangkan oleh peneliti dari CNPC(China National Petroleum Company). Huabei. durasi dari vibrasi yang dilakukan pada saat eksperimen ini tidak sebanding dengan reduksi viskositas crude oil setelah dilakukan vibrasi gelombang uitsonik hinga periodo yang ditentukan. Huabei. Shengli dan Zhongyuan . Chengdu Transducing Research Institute of the Chinese Academy of Science telah berhasil membuat sampel pertama dari generator gelombang ulrasonik yang digunakan secara efektif di banyak lapangan minyak di Cina. energi gelombang ultrasonik diserap oleh minyak berat yang sesuai dengan porsi frekuensinya. Zhongyuan. seperti lapangan Daqing. dengan meningkatnya waktu vibrasi ultrasonik yang di crude oil akan menyerap banyak energi dan viskositas crude oil akan menurun dengan cepat. Peralatan Pemicu vibrasi Vang Digunakan pada Lapangan Minyak Di pada tahun 1992.3. 4. Sistem ini telah di implementasikan pada lapangan-lapangan milik CNPC seperti di Liaohe. kehilangan panas dapat sedikit menyebabkan peningkatan temperatur dikarenakan gelas eksperimen yang digunakan merupak medium yang tidak menghantarkan panas.