You are on page 1of 19

PEMERINTAH KOTA SEMARANG

DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMK NEGERI 4 SEMARANG
Jalan Pandanaran II / 7 Telp.024-8311534 Fax 024-8454673 Semarang 50241
Web : www.smkn4smg.sch.id e-mail : puskom@smkn4smg.sch.id

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(R P P)

Satuan Pendidikan : SMK Negeri 4 Semarang
Paket Keahlian : Teknik Sepeda Motor
Kelas/Semester : XI/Gasal
Tahun Pelajaran: 2016/2017
Mata Pelajaran/Kompetensi : Menjelaskan dasar-dasar dan langkah-langkah
kerja sesuai SOP mengenai perawatan sistem
pelumasan
Topik Pembelajaran :
- Menjelaskan fungsi dan komponen sistem
pelumasan
- Menjelaskan cara kerja sistem pelumasan

Pertemuan :7
Waktu : 2 × 6 jam pelajaran (@ 45 menit)

A. Kompetensi Inti SMK kelas XI:
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Mengahayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, cinta damai) santun, responsif, proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban

Siswa dapat bekerjasama antara anggota kelompok dalam kegiatan diskusi 3. bekerja sama dan menghargai serta bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat. dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri. memberi saran dan kritik serta dapat: 1. toleran dan tanggung jawab dalam mengikuti langkah- langkah kerja memahami fungsi komponen-komponen sistem pelumasan dan cara kerjanya sesuai dengan SOP 3. percaya diri dan bekerja sama dalam menginterpretasikan fungsi sistem pelumasan dan komponen-komponen yang ada pada sistem pelumasan 2. Siswa bersikap menghargai sesama terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif menyampaikan pendapat dalam kegiatan diskusi 4. Kompetensi Dasar 1. kritis. Mengolah. jujur. bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung. Tujuan Pembelajaran Pembelajaran sistem pelumasan melalui kegiatan diskusi kelompok merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang bertujuan mendorong siswa untuk berperan aktif.Memahami cara kerja sistem pelumasan sepeda motor C. menalar. 4.Menunujukkan sikap disiplin. menjawab pertanyaan antar kelompok. B. Indikator Pencapaian Kompetensi 1.Mengidentifikasi komponen-komponen dan fungsi komponen sistem pelumasan sepeda motor 4.Menunjukkan sikap cermat. Siswa mampu menguasai wawasan tentang pembelajaran cara kerja sistem pelumasan melalui proses diskusi kelompok D. teliti. Siswa mampu menjelaskan pengetahuannya mengenai fungsi komponen-komponen sistem pelumasan sesuai petunjuk 6. Menjelaskan fungsi komponen-komponen sistem pelumasan dengan jelas minimal setengah dari jumlah seluruh komponen yang ada dengan menunjukkan komponennya secara langsung . Mengidentifikasi komponen-komponen sistem pelumasan minimal setengah dari jumlah seluruh komponen yang ada dengan menunjukkan komponennya secara langsung 2. terkait fenomena dan kejadian. kritis. serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. Siswa terlibat aktif dan kritis saat berdiskusi pada pembelajaran sistem pelumasan 2. Siswa mampu menyebutkan komponen-komponen sistem pelumasan dengan baik sesuai petunjuk 5.

3. serta memahami fungsi dan pengaplikasian sistem pelumasan sesuai SOP . G. siswa diajak memahami tentang materi sistem pelumasan dengan membaca buku pelajaran atau modul yang relevan 5. Materi Pembelajaran 1. Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa 30 menit ingin tahu dan berpikir kritis. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-1 Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu Pendahuluan 1. Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor untuk Kelas XI. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 20 menit yang ingin dicapai yaitu siswa dapat mengidentifikasi komponen-komponen dan fungsinya. 2013. Guru memberikan motivasi belajar 15 menit kepada siswa sebagai pengantar kegiatan pembelajaran 3. Pembelajaran koperatif (cooperative learning) menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem-based learning). Guru memberikan gambaran singkat 15 menit tentang materi sistem pelumasan dan pengaplikasiannya 4. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (terlampir) F. Tjatur. kemudian melakukan presensi siswa 2. Model dan Metode Pembelajaran Pendekatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik (scientific). Guru masuk kelas dan memberikan 10 menit salam. Memahami cara kerja sistem pelumasan dengan baik melalui kegiatan diskusi kelompok antar siswa sesuai dengan teori yang relevan E. Sukma.

Siswa bertanya kepada guru ketika menjumpai permasalahan dalam memahami komponen- komponen dan fungsi sistem pelumasan dengan bahasa yang santun MENALAR 20 menit 1. Siswa secara kritis menanggapi hasil diskusi antar kelompok dengan saling menghargai satu sama lainnya . Siswa berdiskusi secara kelompok dalam mengidentifikasi komponen-komponen & fungsi sistem pelumasan dengan saling toleran/ menghargai pendapat teman 2. Siswa bekerja sama dan kreatif dalam mengidentifikasi komponen-komponen & fungsi sistem pelumasan sepeda motor MENCOBA 45 menit 1. Siswa mencoba menjelaskan komponen-komponen & fungsi sistem pelumasan sepeda motor dengan bahasa yang santun MENGKOMUNIKASIKAN 20 menit 1.Kegiatan Inti MENGAMATI 30 menit 1. Siswa secara aktif mempresentasikan hasil diskusi tentang materi pembelajaran mengidentifikasi komponen-komponen dan fungsi sistem pelumasan sepeda motor dengan bahasa yang santun 2. Siswa mencoba menunjukkan komponen-komponen & fungsi sistem pelumasan sepeda motor dengan bahasa yang santun 2. Siswa mengamati dengan teliti komponen sistem pelumasan dengan melihat komponen nyata secara langsung pada sepeda motor dan atau buku pelajaran/modul yang relevan MENANYA 35 menit 1.

Penutup 1. Guru memberikan tanggapan kembali disertai pertanyaan mengenai materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik dari simpulan yang dipaparkan 3. Guru meninggalkan ruang kelas dan kemudian diikuti oleh siswa dengan tertib dan rapi Jumlah 270 menit . Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan 15 menit memberikan evaluasi terhadap proses pembelajaran serta memberikan pesan- pesan kepada siswa agar selalu giat belajar 4. Guru menyimpulkan kegiatan 15 menit pembelajaran mengenai komponen- komponen dan fungsi sistem pelumasan sepeda motor kepada siswa 2. Guru mengucapkan salam penutup dan siswa diminta untuk berdoa dengan tertib 5.

Guru masuk kelas dan memberikan 10 menit salam. Guru memberikan motivasi belajar 15 menit kepada siswa sebagai pengantar kegiatan pembelajaran 3. Guru memberikan gambaran singkat 15 menit tentang materi sistem pelumasan sepeda motor dan pengaplikasiannya 4.Pertemuan Ke-2 Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu Pendahuluan 1. kemudian melakukan presensi siswa 2. Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa 30 menit ingin tahu dan berpikir kritis. siswa diajak memahami tentang materi sistem pelumasan dengan membaca buku pelajaran atau modul yang relevan 5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 20 menit yang ingin dicapai yaitu siswa dapat memahami fungsi dan pengaplikasian sistem pelumasan sepeda motor sesuai SOP Kegiatan Inti MENGAMATI 30 menit 1. Siswa memahami fungsi pelumasan sepeda motor dengan melihat buku pelajaran/modul dengan teliti dan bertanggung jawab .

Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan evaluasi terhadap proses 15 menit pembelajaran serta memberikan pesan- pesan kepada siswa agar selalu giat belajar 4. Siswa secara aktif mempresentasikan tentang fungsi sistem pelumasan sepeda motor dengan bahasa yang santun Penutup 1. Guru memberikan tanggapan kembali disertai pertanyaan mengenai materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik dari simpulan yang dipaparkan 3. MENANYA 35 menit 1. Siswa bertanya kepada guru ketika menjumpai permasalahan dalam memahami fungsi sistem pelumasan pada sepeda motor dengan bahasa santun MENALAR 20 menit 1. Guru menyimpulkan kegiatan 15 menit pembelajaran mengenai memahami fungsi sistem pelumasan sepeda motor kepada siswa 2. Siswa berdiskusi dalam memahami fungsi sistem pelumasan sepeda motor dengan toleran dan saling menghargai pendapat teman 2. Guru meninggalkan ruang kelas dan kemudian diikuti oleh siswa dengan tertib dan rapi . Siswa bekerja sama dan secara kreatif memahami fungsi sistem pelumasan sepeda motor MENCOBA 45 menit 1. Siswa mencoba menjelaskan fungsi sistem pelumasan sepeda motor dengan bahasa yang santun MENGKOMUNIKASIKAN 20 menit 1. Guru mengucapkan salam penutup dan siswa diminta untuk berdoa dengan tertib 5.

Lembar penilaian I. Menjelaskan kembali Tes tulis Penyelesaian tugas individu tentang pengertian. Teknik Penilaian: pengamatan. tes tertulis 2. Alat/Media/Sumber Pembelajaran 1. Alat tulis 2. Terlibat aktif dalam Penilaian diri diskusi pembelajaran sistem (sikap dan perilaku) pelumasan sepeda motor b. Prosedur Penilaian: No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian 1. dan kelompok komponen & fungsi sistem Pemaparan materi saat diskusi pelumasan pada sepeda motor secara tepat dan sistematis . Jumlah 270 menit H. Penilaian Hasil Belajar 1. Pengetahuan a. Sikap Pengamatan langsung Selama pembelajaran dan saat a. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara aktf dan tanggung jawab c. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dalam menyampaikannya 2.

didalam komponen mesin banyak sekali persinggungan dua logam yang saling bergesekan oleh karena itu dibutuhkan pelumasan yang bagus untuk mendukung kinerjanya 2. Pengatur tekanan oli Ketika pompa oli digerakkan oleh mesin maka tekanan oli akan naik. mekanisme katup. jadi dapat disimpulkan bahwa fungsi saringan oli pada sistem pelumasan adalah untuk menyaring kotoran- kotoran yang terdapat di dalam oli. Fungsi dari sistem pelumasan adalah membentuk lapisan antara dua logam untuk mencegah kontak secara langsung antara dua permukaan logam sehingga bisa mengurang keausan dan panas yang berlebihan. Sistem pelumasan adalah sistem pendukung yang sangat penting bagi suatu mesin agar bisa bekerja optimal dan memiliki daya tahan yang bagus. dan lain sebagainya. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Tes tertulis 1. c. Jelaskan langkah-langkah pemeriksaan yang dilakukan pada sistem pelumasan sepeda motor? Kunci Jawaban: 1. b. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem pelumasan pada sepeda motor? 2. Jelaskan syarat-syarat pelumas pada sepeda motor? 5. mengeluarkan kotoran-kotoran dari bagian mesin. J. Pompa Oli/oil pump oli pump berfungsi untuk menghisap minyak pelumas dari bak oli dan menekan atau menyalurkan ke bagian-bagian mesin yang bergerak dengan tujuan agar bagian bagian tersebut dapat terlumasi dengan oli. pada kecepatan tinggi tekanan oli akan berlebihan dan hal ini dapat menyebabkan kebocoran pada seal- . sebagai seal antara piston dan lubang dinding silinder. sebelum oli itu melumasi bagian-bagian mesin seperti poros engkol. Jelaskan fungsi sistem pelumasan sepeda motor? 3. Filter Oli Filter oli dibutuhkan untuk menyaring kotoran kotoran tersebut. Komponen sistem pelumasan: a. Sebutkan dan jelaskan komponen sistem pelumasan sepeda motor? 4. mencegah karat pada bagian mesin 3. mendinginkan bagian mesin lain.

d. Pada oil nozzle terdapat check valve yang berfungsi untuk mencegah tekanan oli dalam sirkuit pelumasan turun terlalu rendah (1.4 kg/cm2). Komponen yang melakukan hal ini adalah relief valve. Dipstick oil berfungsi untuk mengukur ketinggian minyak pelumas dalam penampung oli. seal oli. 4. Langkah pemeriksaan : 1. Bersih dari zat-zat kimia yang dapat mengakibatkan korosi pada bagian-bagian mesin 3. Bersihkan bak penampung oli d. Tidak mengakibatkan keausan (yang disebabkan oleh pencemaran kimiawi sehingga menimbulkan korosi yang berakibat keausan 5. e. Menggunakan potongan plat ke celah antara bak oli dengan blok silinder b. Tidak banyak membebani mesin 5. Tahan terhadap panas 2. Periksa baut pembuangan oli . Syarat-syarat pelumas sepeda motor 1. Periksa kembali bak oli g. Pasang gasket dan beri sealent e. Bak Penampung Oli (Carter) Terletak pada bagian bawah mesin tepatnya yaitu menempel pada blok silinder bagian bawah. Nozzle oil Nosel oli (oil nozzle) berfungsi untuk mendinginkan bagian dalam piston. Licin 4. Buka bak penampung oli c. Langkah-langkah pemeriksaan sistem pelumasan: Pembongkaran pada sistem pelumasan dilakukan untuk tujuan mengetahui. Pasang baut bak oli dengn kunci momen 2 kg f. Cara melepas carter yaitu : a. menganalisa komponen pelumasan mesin. Untuk mencegah hal ini diperlukan semacam pengatur yang menjaga tekanan oli agar tetap konstan tanpa terpengaruh putaran mesin. memeriksa.

Tekanan ini menyebabkan katup pembebas terbuka. titik itu harus didekatkan dengan titik yang terdapat pada gir pompa oli. Diameter dalam pipa : 15 mm . Keterangan : . Panjang saringan oli : 110 mm . Pompa Oli Terletak pada bagian depan blok silinder A. Pemasangan cover pompa oli jangan sampai terbalik dibagian tekanan oli bagian rendah dan tinggi. Diameter lubang outlet : 10 mm . Periksa penyaring dari kondisi pipa oil strainer Keterangan : . Setelah itu pompa oli bias ditutup dengan covernya dan dibaut. pada dudukan untuk gir pompa oli ada titik. Celah kawat : 0. Oil Strainer Terletak pada bagian bawah bak penampung oli yang terhubung langsung dengan pompa oli dan berfungsi untuk menyaring kotoran sebelum minyak pelumas terhisap oleh pompa. 4. Memasang Pompa Oli Pemasangan pompa oli ini tidak asal menempel. Diameter luar pipa : 16. Langkah pemeriksaan Oil Strainer : a. Diameter lubang oli : 5 mm . B. Diameter Saringan oli : 90 mm .2. Diameter oil strainer : 110 mm 3. Katup pembebas dilengkapi pada saringan oli untuk menyalurkan minyak pelumas apabila ada penyumbatan pada elemen saringan. Bersihkan oil strainer dari kotoran yang menempel b. Saringan Oli (Oil Filter) Berfungsi sebagai penyaring kotoran yang ada pada minyak pelumas. Sebelum diperiksa maka komponen harus dibersihkan.0 kg/c di atas tekanan pada tengah filter.3 mm . Cara pemeriksaan kebebasan dudukan pompa dengan gir pompa yaitu dengan menggunakan batang perata dan feller gauge dimana celah tidak boleh dari spesifikasi. sehingga pompa tidak bekerja maksimal.5 mm . Memeriksa Komponen Pompa Oli Keausan yang dialami pompa minyak akan berakibat timbulnya kelonggaran pada bagian bagian tertentu. Bila terjadi pemampatan maka tekanan diluar saringan oli akan meningkat pada tekanan kurang lebih 1. memungkinkan oli mengalir ke bagian tiap mesin tanpa melalui elemen filter.

Biasanya disarankan menggunakan oli yang mempunyai SAE 10w-40. K. Dinding silinder dan Piston 4. Lembar Penilaian Pengetahuan PEDOMAN PENSKORAN 1. Dengan mengangkat dip stick keatas dan lihat apakah oli berada pada titik minimum atau maximum.5. 20w-50 dan 15w-30. Petunjuk penilaian soal tes terlulis N Butir Pertanyaan Bobot Kriteria Penskoran Nilai o soal akhir 0 5 10 15 20 25 30 1 Jelaskan yang dimaksud dengan 15 sistem pelumasan pada sepeda motor? 2 Jelaskan fungsi komponen sistem pelumasan pada 20 sepeda motor? 3 Sebutkan dan jelaskan komponen pada 20 sistem pelumasan sepeda motor? 4 Jelaskan syarat 15 pelumas pada sepeda . Semakin jauh huruf kedua dari A dan mendekati Z maka oli tersebut memiliki kualitas yang bagus. Pin piston 3. Crank journal dan Crank pin poros engkol 2. Komponen yang memerlukan pelumasan : 1. Bantalan poros camshaft dan mekanisme katup 6. Pengecekan Pada Oli Pengecekan oli yang ada pada carter yaitu dengan cara menggunakan dip stick. Bagian Mesin yang Memerlukan Pelumasan Bagian Mesin yang Memerlukan Pelumasan adalah bagian – bagian mesin yang memiliki konsentrasi kerja penuh dengan mekanisme gerakan antar logam. Dan juga perhatikan API Servicenya. jika berada pada titik minimum maka harus dilakukan pergantian oli. Untuk kendaraan disarankan menggunakan oli yang SAE nya sesuai dengan kondisi wilayahnya. untuk kendaraan jenis mesin besin maka harus menggunakan oli yang mempunyai API Service dengan huruf awal yaitu “S” dan untuk mesin diesel maka cari yang huruf awalnya “C”.

2 Bobot Indikator penilaian Skor Jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas dan tepat sesuai 20 kajian teori pada buku pembelajaran Skor Jika peserta didik mampu menjawab namun mendekati dengan 15 kajian teori pada buku pembelajaran Skor Jika peserta didik menjawab kurang sesuai dengan kajian teori pada 5 buku pembelajaran Skor 0 Jika peserta didik tidak menjawab satu pun pertanyaan yang diberikan Soal no. Rubrik penilaian soal Soal no. motor? 5 Jelaskan pemeriksaan 30 yang dilakukan pada sistem pelumasan sepeda motor Jumlah skor maksimum = 100 2.1 Bobot Indikator penilaian Skor Jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas dan tepat sesuai 15 kajian teori pada buku pembelajaran Skor Jika peserta didik mampu menjawab mendekati dengan kajian teori 10 pada buku pembelajaran Skor 5 Jika peserta didik menjawab kurang sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran Skor 0 Jika peserta didik tidak menjawab satu pun pertanyaan yang diberikan Soal no.3 Bobot Indikator penilaian Skor Jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas dan tepat sesuai 20 dengan kajian teori pada buku pembelajaran .

Skor Jika peserta didik mampu menjawab namun mendekati dengan 15 kajian teori pada buku pembelajaran Skor 5 Jika peserta didik menjawab kurang sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran Skor 0 Jika peserta didik tidak menjawab satupun pertanyaan yang diberikan Soal no.4 Bobot Indikator penilaian Skor Jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas dan tepat sesuai 15 kajian teori pada buku pembelajaran Skor Jika peserta didik mampu menjawab mendekati dengan kajian teori 10 pada buku pembelajaran Skor 5 Jika peserta didik menjawab kurang sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran Skor 0 Jika peserta didik tidak menjawab satu pun pertanyaan yang diberikan Soal no.5 Bobot Indikator penilaian Skor Jika peserta didik mampu menjawab dengan tepat dan jelas tepat 30 sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran Skor Jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas atau mendekati 25 kajian teori pada buku pembelajaran Skor Jika peserta didik menjawab namun kurang jelas atau tepat sesuai 15 dengan kajian teori pada buku pembelajaran Skor Jika peserta didik menjawab tidak sesuai dengan kajian teori pada 10 buku pembelajaran Skor 0 Jika peserta didik tidak menjawab satu pun pertanyaan yang diberikan .

3. Penentuan Nilai akhir Nilai = skor yang diperoleh x 100 skor maksimum L. 3. Kerja Menyampaik Toleransi Keaktif Bobot sama an pendapat an ide 1. 2. . Lembar Pengamatan Penilaian Sikap LEMBAR PENGAMATAN AKTIVITAS SISWA SAAT DISKUSI KELOMPOK N Nama Aspek pengamatan Jumlah Nilai Ket o siswa skor .

KKM : 70 Keterangan skor : Skor perolehan nilai = Jumlah skor x 100 Masing-masing kolom aspek pengamatan Skor maksimal diisi dengan kriteria nilai: Keterangan kriteria nilai: 4=Baik Sekali A= 90-100 (Baik Sekali) 3=Baik B=80-89 (Baik) 2=Cukup C=70-79 (Cukup) 1=Kurang D=<70 (Kurang) LEMBAR PENGAMATAN PRESENTASI N Nama Aspek penilaian Juml Nilai Ket o siswa ah skor Sistematika Wawasa Keberani Antusias Penampilan Penyampaian n an 1. 3. 2. KKM : 70 Skor perolehan nilai = Jumlah skor x 100 Keterangan skor : Skor maksimal Masing-masing kolom aspek pengamatan Keterangan kriteria nilai: diisi dengan kriteria nilai: A= 90-100 (Baik Sekali) 4=Baik Sekali B=80-89 (Baik) 3=Baik C=70-79 (Cukup) 2=Cukup D=<70 (Kurang) 1=Kurang .

Bertanya 2. Komunikasi 4. Kerja sama 6. LEMBAR PENILAIAN KARAKTER No Aspek perilaku Kategori Ket A B C D 1 Membiasakan berakhlak dan perilaku mulia 2 Membiasakan bertegur sapa dengan sesama 3 Mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab 4 Membiasakan hidup untuk membina hidup rukun antar sesama 5 Menghormati guru dan antar sesame siswa 6 Mematuhi peraturan dan tata tertib belajar 7 Membina kerukunan hidup antar sesama manusia 8 Membina kerja sama dalam kelompok Keterangan : A: Nampak B: Cukup Nampak C: Kurang Nampak D: Tidak Nampak LEMBAR PENILAIAN KETRAMPILAN SOSIAL No Aspek perilaku Kategori Ket A B C D 1. Menyampaikan ide/gagasan 3. dll. Keterangan : A: Nampak . Keaktifan 8. Dukungan kelompok 9. Mendengar 5. Mematuhi tata tertib 7.

80 SB : Sangat baik : 81 . Berikan tanda (√) pada kolom-kolom di bawah sesuai hasil pengamatan yang dilakukan: No Nama Siswa Sikap Aktif Bekerjasama Toleran KB B SB KB B SB KB B SB 1 2 3 4 5 Keterangan: KB : Kurang baik : 60 . Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap menghargai terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. Baik jika menunjukkan sudah ada. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok 2. Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif: 1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran 2. Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok: 1. 2. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap menghargai terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masih belum ajeg/konsisten. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten 3.90 . Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten. usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten 3. B: Cukup Nampak C: Kurang Nampak D: Tidak Nampak LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP Indikator sikap aktif dalam pembelajaran dasar-dasar perawatan sistem pelumasan sepeda motor: 1. Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten. 3. Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap mengahargai terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.70 B : Baik : 71 .

5. REKAPITULASI HASIL PENILAIAN No Nama Siswa Aspek-aspek yang dinilai Nilai akhir = Paraf Pengetahuan Sikap P+S Guru 2 1. 2. 3. Keterangan kriteria nilai: Jika nilai akhir = 90-100 ( A=Baik Sekali) Jika nilai akhir = 80-89 (B=Baik) Jika nilai akhir = 70-79 (C=Cukup) Jika nilai akhir = <70 (D=Kurang) . 4.