You are on page 1of 7

Pengantar Perkembangan Teknologi

Teknologi Material
Nanoteknologi
1. Tinjauan Umum Nanoteknologi
2. Rahasia Nanoteknologi
3. Revolusi Industri Di Bidang Nanoteknologi
Para pendekar iptek kembali meramalkan bahwa dalam periode yang sangat singkat dan
dengan hitungan beberapa tahun ke depan, diyakini akan terjadi revolusi industri kelima yang
berdampak luar biasa bagi kehidupan manusia saat ini, sebagaimana empat revolusi industri
yang terjadi dua abad silam. Kalangan ilmuan brilian itu seakan-akan ber-hujja bahwa
revolusi kelima segera tercetus dari rahim nanoteknologi. Walaupun perkembangan
nanoteknologi baru solid terbentuk dan dimulai pada awal milenium kedua. “Nanoteknologi
diyakini sebagai sebuah konsep teknologi dizaman modern ini yang akan melahirkan revolusi
industri baru di abad ke-21, oleh karena beberapa cabang ilmu terapan dan ilmu medis telah
mengadopsi nanoteknologi dan nanosains menjadi fondasi utamanya,” demikian yang
disampaikan oleh Nurul Taufiq Rochman Ketua Masyarakat Nanoteknologi Indonesia (MNI),
kepada Majallah Bisnis.
Nanosains adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari fenomena atau sifat-sifat suatu
objek atau material dalam skal nanometer. Mula-mula, tubuh kita berada di dunia berskala
meter (m). Kemudian, dimisalkan bagian tubuh manusia yang beskala 1 per 1000 atau
milimeter (mm) adalah tahi lalat. Selanjtnya, yang berskala 1 per 1000 dari itu atau
mikrometer dianalogikan seperti diameter rambut manusia, sel tubuh atau sel darah merah.
Perbandingan antara 1 meter dengan 1 nanometer adalah seperti halnya perbandingan
antara bola bumi dengan bola pingpong. “Dari kenyataan ini, dapat dikatakan bahwa,
manusia secara perlahan-lahan tengah mendapatkan teknologi yang sulit dibayangkan,”.
Sebagai contoh, perkembangan nanoteknologi dalam dunia komputer telah mengubah tidak
hanya ukuran komputer semakin ringkas atau mini, tetapi juga peningkatan kemampuan dan
kapasitas yang luar biasa, sehingga memungkinkan penyelesaian program-program raksasa
dalam waktu singkat.
Adapun nanoboja mampu menghasilkan baja yang berstruktur halur (mancapai beberapa
puluh nm) dan memiliki kekuatan dan umur 2 kali lipat dari baja yang tanpa melibatkan
nanoteknologi dalam pengolahannya. Teknologi nanobaja, sangat sederhana dan tidak
memerlukan peralatan tertentu untuk pembuatannya.

politikus maupun negarawan. Bioteknologi molekuler sebagai bagian dari biotekologi secara umum merupakan topik ilmiah penting dalam beberapa tahun belakangan ini yang telah merangsang banyak transformasi ilmu pengetahuan dibidang kimia. teknologi material yang kuat dan ringan. kegagalan dalam mengembangkan produk berbasis nanoteknologi pada lima tahun ke depan. Indonesia mempunyai komparatif berupa kekayaan sumber daya alam misalkan mineral pasir besi. di bidang anti korosi dan pembersih. Kendati demikian. Indonesia membutuhkan dana sedikitnya Rp 5 triliun dalam 10 tahun mendatang atau sekitar 2 triliun pertahun untuk memacu pengembangan riset nanoteknologi guna memperbaiki struktur daya saing produk manufaktur nasional di kancah global. berpotensi menyebabkan pasar domestik hanya menjadi pasar bagi produk nanoteknologi impor sehingga Indonesia diperkirakan kehilangan nilai tambah sekitar Rp 10 triliun per tahun. dibidang olah raga dan peralatannya. Ilmu ini mempunyai cakupan yang sangat luas . tidak jauh berbeda dengan negara-negara Asean lainnya. bisnismen. kuarsa. Bioteknologi Molekuler Ilmu bioteknologi molekuler merupakan salah satu bidang IPTEKS saat ini yang menjadi pusat perhatian para ilmuan. di bidang kesehatan dimana ditemukannya robot “Respirocyte” berbentuk cair seukuran dengan partikel air yang dapat terapung dalam darah sehingga dapat mengganti fungsi jantung dalam waktu tertentu. Jenis industri serat optik untuk industri informasi dan komunikasi. pengembangan nanoteknologi harus diarahkan untuk mengelolah dan memberikan nilai tambah secara signifikan bagi sumber daya alam Indonesia guna meningkatkan daya saing bangsa. pertanian. Nanoteknologi berdampak di bidang ilmu pengetahuan dan teknik rekayasa serta setiap sisi kehidupan manusia sebagaimana yang kita ketahui dalam dekade pertama abad ke-21 ini. Di Indonesia perkembangan nanoteknologi boleh dikatakan masih sangat prematur. di bidang science dan teknologi termasuk di bidang seni dan peralatannya dan lain-lain. emas yang dapat digunakan sebagai basis teknologi nanomaterial. industri ramah lingkungan. Banyak yang percaya nanoteknologi mampu menjadi solusi dari sekian banyak masalah dalam kehidupan manusia. kedokteran. Aplikasi praktis nanoteknologi terkini yang lainnya adalah menciptakan baju anti-noda Nanoteknologi sangat berkembang pesat. Oleh karena itu. diantaranya teknologi pembersih lingkungan. Berdasarkan perkiraan MNI. menyembuhkan sebagian besar penyakit medis pada manusia. tembaga. dll. terutama yang berkaitan dengan kebijakan pengembangannya. industriawan. Kondisi ini.

 Rekayasa Genetika Bidang ilmu rekayasa genetika adalah teknik untuk menghasilkan molekul DNA yang berisi gen baru atau kombinasi gen-gen baru yang diinginkan atau berupa perlakuan manipulasi organisme. pewarna manakan serta pembuatan tape adalah beberapa contoh pemanfaatan mikroorganisme yang sudah ada sejak lama. Sekarang kita dapat menukar gen dari satu organisme ke organisme lain. orang Samaria dan Babilonia sudah meminum bir. dan pembuatan beberapa makanan lain baik di Eropa maupun di Asia seperti keju. . Sejak tahun 6000 SM. sering disebut sebagai pengklonan gen. Pada awalnya banyak resistensi dengan riset ini oleh karena kemungkinan timbulnya resiko dari manfaat yang dapat ditimbulkannya. Orang Mesir telah membuat roti sejak tahun 4000 SM. sehingga pemahaman prinsip-prinsip dasarnya dan bagaimana hal ini dapat diterapkan sangat penting untuk diketahui. Dimulai dari ditemukannya mikroorganisme yang dapat dipakai untuk menghasilkan produk yang bermanfaat bagi manusia. seiring dengan semakin gencarnya pencarian manusia terhadap sesuatu yang baru. tempe. oleh karena penggunaan teknik yang lebih baik atau lebih aman dan adanya regulasi atau etika tentang penelitian ini. pembelahan gen atau rekombinasi DNA. manipulasi genetika. ini berarti bahwa saat itu telah ditemukan proses produksi minuman beralkohol dengan cara fermentasi. yoghurt. tempat gen tersusun.serta memungkinkan begitu banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan dan bahkan kemungkinan berpeluang berkembang pada bidang ilmu lain yang belum tercakup sekarang ini. Belakangan ini resitensi tersebut semakin berkurang sejalan dengan hasil penelitian yang sudah dirasakan manfaatnya bagi manusia.  Sejarah Perkembangan Bioteknologi Pekembangan bioteknologi diberbagai bidang saat ini sangat pesat. pertama kali dikemukakan oleh Antony Van Leewenhoek pada abad ke-17. Hal lain diketahui bahwa rekayasa genetika merupakan tahapan yang sangat penting dalam bidang bioteknologi. dan proses fermentasi tersebut baru dibuktikan oleh Louis Pasteus pada tahun 1857 dan 1876. menginduksi sel untuk membuat bahan-bahan yang sebelumnya belum pernah dibuat. kita dapat memanipulasi inti kehiduapan (DNA). Pengetahuan bahwa berbagai proses tersebut diakibatkan oleh peran organisme hidup. Teknik ini pertama kali dikenalkan pada pertengahan tahun puluhan. Organisme hasil rekayasa ini disebut sebagai GMO (Genetically Modified Organisme) atau LMO (Living Modified Organisme). Dengan teknik ini.

Penerapannya mengikuti empat tahap yaitu: 1. Walaupun domba Dolly sebagai simbol kesuksesan dibidang teknologi . tumbuhan termasuk manusia). Hibridisasi sudah lama dikembangkan pada berbagai bidang seperti pengembangbiakan mikroorganisme guna dipakai dalam berbagai proses bioteknologi. Kloning domba Dolly menjadi pembicaraan ramai karena kelahirannya tanpa melalui proses pembuahan. Mengumpulkan dan menganilisis produk asing tersebut. Menyisipkan gen ke dalam mikroba. Domba Dolly dikloning pada seekor domba jenis Finn Dorset yang diberi nama Dolly. selanjutnya dilakukan perbanyakan (replikasi) struktur sel DNA rekombinannya pada sel inang. tanaman. 4. 3. sel jasad renik. 2. yang dikloning dengan cara menggunakan sel telur yang intinya diganti dengan sel kelenjar susu ibunya. Dengan demikian kloning juga berarti cara penggandaan individu secara aseksual. Pengembangan metode ini memungkinkan adanya penyediaan bahan kimia karena ditemukannya bahan kimia baru yang sangat penting dimana bahan kimia tersebut secara alamiah hanya diproduksi dalam jumlah kecil dan butuh waktu lama. Menginduksi mikroba untuk mulai mensintesis produk asing. plasmid atau penggandaan sel/jaringan (hewan. Komponen penting dalam pengklonan gen adalah bahan atau material pendukung yang membawa gen masuk ke induk atau tuan rumah dan akan beranggung jawab atas replikasinya. Pengklonan gen yang banyak menarik perhatian adalah dalam bidang reproduksi binatang tingkat tinggi. rekombinasi bahan kimia tersebut memungkinkan diproduksi dalam waktu singkat dan jumlah yang banyak. artinya dengan metode ini. sehingga sifat gen awal dapat dipindahkan ke organisme lain dalam arti akan memberikan kemampuan yang baru pada organisme tersebut. adalah domba Dolly yang di kloning pada 5 Juli 1996 di Rolin Institut. Memperoleh gen yang dapat menyandi produk yang tebuat oleh sel mikroba. Arti kloning dalam biteknologi modern ialah penggandan fragmen DNA. Eidenberg Skotlandia oleh Ian Wilmut dan kawan-kawan.  DNA Rekombinasi dan Pengklonan Gen Rekombinan atau hibridisasi merupakan penyusunan ualng gen atau bagian dari dua atau lebih organisme dan menguhungkannya menjadi satu informasi genetik yang baru dalam organisme tunggal. Pengklonan gen (Gen Cloning). Prinsip dasar rekayasa genetika adalah penyisipan gen baru ke dalam organisme tertentu biasanya bakteri. merupakan tindakan isolasi dan pemurnian gen spesifik dari genom besar dan kompleks ke genom kecil dan sederhana atau ke genom lainnya.

maka . Dalam genetika kedokteran sinar radioaktif dipakai mengatur dan memperbaiki dampak kelemahan sistem sel dalam proses metabolisme dan sebagainya. maka dengan melalui beberapa tahapan proses pemeriksaan dapat ditolong melalui pembuahan diluar rahim yaitu dalam tabung. Bioteknologi Kedokteran Pemanfaatan sinar X. oleh karenanya dengan cara yang sama dapat dilakukan pada manusia tetap harus dipikirkan secara lebih mendalam dalam berbagai aspek. organ tubuh seperti paru-paru. Selain itu dapat pula dilakukan pengambilan informasi genetik yang ada pada manusia untuk membimbing terjadinya sintesis insulin untuk selanjutnya nanti akan dapat dikembang biakkan. hasil zigot tersebut ditanam kembali dalam rahim sang ibu. Sperma orang genius digunakan untuk membuahi wanita yang menghendaki hamil dengan alasan ingin memiliki anak yang genius. Sinar laser pada perkembangan terakhir digunakan dalam operasi bagian organ tubuh manusia. tulang. penderita gangguan otot jantung. Jika seseorang menderita penyakit ginjal. sehingga ibu mengandung dan melahirkan. Perkembangan lain adalah teknologi terapi penyakit dapat juga dilakukan melalui proses kloning gen. Sinar radioaktif digunakan untuk mensterilkan atau mensucihamakan alat-alat kedokteran. Apabila proses pembuahan telah terjadi dalam tabung. kelenjar pulau langerheans pada pangkreas. otot bisep. bagaimana hal itu dapat dipertanggung jawabkan secara etika. Pencangkokan alat-alat tubuh dalam keadaan biasa selalu ditolak karena alat orang tersebut merupakan benda lain bagi pasien akan tetapi melalui bioteknologi dengan perantaraan agen pencangkokan akan dapat dilaksanakan dengan baik. Apabila sel telur itu milik sendiri dan sperma adalah milik suaminya. Bank sperma beku dan bayitabung secara ilmiah banyak dilakukan di negara-negara maju penganut sistem kebebasan. Pada keluarga yang telah lama berkeluarga namun belum dikaruniai anak. kepala. a. Pencangkokan seperti ini biasa dilakukan untuk ginjal. sinar laser. sinar neutron dan sinar radio katif dalam bidang kedokteran sudah sangat pesat. dan sebagainya. kelenjar hati. jantung.reproduksi namun terdapat beberapa kekurangan. atau penderita penyakit rematik yang mengalami nyeri sepangjang waktu. lambung. Sinar X telah lama dikenal dalam bidang radiologi pada pengambilang foto toraks atau kerangka tulang manusia. kulit belakang. tapi apabila bukan. maka anak itu anak sendiri baik secara biologis maupun secara agama. dll.

terapi melalui setunas atau steem sel telah dapat memberikan harapan untuk sembuh yang tidak lain adalah teknologi kloning gen. misalnya hepatitis. tetapi cukup beberapa bulan saja setelah kalus dibentuk. kanker hati. yaitu penyakit keturunan yang mengakibatkan darah penderita sukar membeku. rekayasa genetik atau tubuh dipacu untuk mereproduksi obat-obatan sendiri menjadi pengganti sistem pengobatan lama. Oleh karena itu harus dicari jalan melalui bioteknologi pertanian anatar lain: 1. kultur jaringan dapat mengatasi kesulitan dalam memperoleh senyawa tersebut. tetapi saat ini sudah berbeda. Alfainterferon untuk pengobatan leukimia dan sebagainya. Jadi tidak perlu menunggu sampai tumbuhan itu dipanen. Produksi alkoloid untuk bahan obat-obatan. Tumbuhan obat-obatan itu misalnya penas gingseng yang menghasilkan alkaloid saponin dari gingseng sedangkan Cathratus sp. . Melalui rekayasa genetika para ahli berhasil menyembuhkan penyakit hemofili. dengan demikian tidak memerlukan lahan kebun yang luas. lepra yang konon sampai saat ini belum dapat diobati secara tuntas. Penggunaan hormon tumbuhan yang mengubah tumbuhan dari diploid menjadi poliploid sehingga dihasilkan produk tumbuhan yang sangat besar. tetapi dengan kultur jaringan senyawa tersebut diambil dari kalus hasil kultur jaringan. maka produksi pangan secara konvensional dirasa sudah tidak dapat mengejarnya. Melalui rekayasa genetika dapat diciptakan vaksir yang dapat menghasilkan zat immunoglobulin (zat kebal) terhadap berbagai jenis penyakit. protropin merupakan hormon pertumbuhan untuk anak-anak yang mengalami keterbelakangan pertumbuhan. mengahsilkan alkaloid vendolin dan taberanalin (anti tumor) dan sebagainya. termasuk penyakit AIDS yang saat ini sedang ditanggulangi. c. Dalam keadaan yang biasa senyawa itu diambil dari ekstrak tumbuhan obat tersebut. Kemudian berdasarkan ramalan beberapa ahli pada suatu saat nanti akan diciptakan vaksin untuk berbagai jenis penyakit. Bioteknologi Pertanian Terpenuhinya laju kebutuhan pangan penduduk dunia yang terus bertambah. b. Obat-obatan hasil bioteknologi antara lain: Humulin untuk diabetes. dibuatlah obat atau zat sintesis dengan metode mutakhir melalui nio molekuler. Seiring kemajuan perkembangan ilmu bioteknologi. Bioteknologi Farmasi Pada masa lalu pengobatan secara oral atau memberi asupan obat melalui jaringan tubuh tertentu berupa sari atau ekstrak.

2. Memproduksi obat dan vaksin serta hormon pertumbuhan ternak agar dihasilkan ternak yang sehat dan tahan teradap penyakit serta pertumbuhannya lebih cepat. misalnya pada kelapa sawit. dll. Untuk penelitian penyakit tumbuhan. Bioteknologi Peternakan Bioteknologi pada hewan ternak diperlukan dalam memenuhi kebuttuhan pangan dunia. Oleh karena itu para ahli peternakan juga memanfaatkan sistem bioteknologi pada bidang peternakan yaitu dengan cara: 1. . Melalui perkawinan silang dapat dihasilkan hewan dengan kualitas yang lebih baik.  Pro dan Kontra Bioteknologi Kloning Jika kloning gen dilakukan pada tumbuhan dapat memberikan keuntungan yang lebih banyak. 2. siklus pertumbuhan tanaman memerlukan waktu yang cukup lambat dalam keadaaan biasa secara alami namun dengan pemakaian sistem kultur jaringan maka siklus pertumbuhannya menjadi semakin cepat. d. Proses pembibitan tumbuhan dapat dilakukan melalui kultur jaringan yang jaug lebih cepat tiga puluh kali lipat jika dibandingkan dengan pembibitan biasa secara tradisional. Kultur jaringan. Melibatkan hewan unggul melalui pembibitan secara bioteknologi untuk dikawinkan dengan hewan lain sehingga pertumbuhan lebih baik dan perancangan komposisi ransum juga secara bioteknologi artinya mencari cara agar kualitas makanan lebih baik sehingga makanan tidak perlu banyak namun pertumbuhannya sangat cepat dan lebih unggul dalam segala hal. Beberapa ahli telah mendapatkan tumbuhan bebas virus. akan diperoleh tanaman baru dalam jumlah yang lebih besar dalam waktu yang singkat dan dengan sifat yang identik atau sama dengan induknya. namun cara ini tampaknya masih belum dapat mengejar kebutuhan manusia yang selalu meningkat. Dengan demikian akan dapat mengurangi kekurangan dan keterlambatan bibit selama masa tanam dan juga sekaligus meningkatkan kualitas hasil panen. bunngan anggrek. Dalam perbanyakn tumbuhan secara kloning seperti pada tanaman hias dan tumbuhan bernilai ekonomi tinggi dapat dilakukan secara besar-besaran menggunakan metode kultur jaringan. bunga mawar. kultur jaringan dapat mengusahakan keragaman bebas virus dari tumbuhan yang diserang.