You are on page 1of 19

ANALISIS PENGARUH PASAR RAKYAT TANI TERHADAP

PENINGKATAN KESEJATERAAN KELUARGA

(Studi kasus pada Pasar Rakyat Tani Kemiling Bandar Lampung)

A. Penegasan Judul
Sebelum sampai pada pokok pembahasan dari judul skripsi ini, maka perlu

adanya uraian terhadap penegasan arti dan makna dari beberapa istilah yang

terkait dengan tujuan skripsi ini. Dengan penegasan tersebut diharapkan dapat

menghindari kesalah pahaman dikalangan pembaca, disamping itu langkah ini

merupkan proses penekanan terhadap pokok permasalahan yang akan

dibahas. Adapun judul skripsi ini adalah Analisis Pengaruh Keberadaan Pasar

Rakyat Tani Terhadap Peningkatan Kesejateraan Keluarga (Studi kasus pada

Pasar Rakyat Tani Kemiling Bandar Lampung).
1. Analisis
Analisis adalah pengiuraian suatu pokok atas berbagai bagiannya

dan penelaah atas bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk

memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keselurahan1 .
2. Pengaruh
Pengaruh adalah daya yang ada dari sesuatu (orang atau benda)

yang ikut membentuk kepercayaan, watak, atau perbuatan seseorang2.

3. Pasar Rakyat Tani

1 Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar
Bahasa Indonesia, Edisi Ke Empat, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2011, hlm.
1444

2 Basrah Saidani Dan Samsul Arifin, Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan
Terhadap Kepuasan Konsumen, Jurnal Riset Manajemen Sain Indonesia Vol. 3, No. 1,
2013

Pasar Rakyat Tani yang berada di Kelurahan Sumberejo Sejahtera. maka yang dimaksud dengan judul skripsi ini adalah penulis ingin mengetahui keberaadaan pasar Rakyat Tani Kemiling Bandar Lampung di lihat dari upaya meningkatkan kesejateraan keluarga para pedagang di Pasar Rakyat Tani. Bandar Lampung. 2011. hlm. Pasar ini beroperasi setiap hari Kamis dan Minggu3. keselamatan dan ketentraman. Alasan Objektif 3http://duajurai. 124 5 Ibid 413 . Gramedia Pustaka Utama. 5.co/2016/08/14/buka-tiap-kamis-dan-minggu-pasar-rakyat-tani-bandar- lampung-tak-hanya-jual-hasil-pertanian/ 4 Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. PT. Kecamatan Kemiling. Keluarga Keluarga dalam sejumlah kamus Bahasa Indonesia dan atau kamus Melayu diartikan dengan sanak saudara. 4. Berdasarkan beberapa pengertian di atas. Jakarta. Kesejateraan Kesejateraan yakni hal atau keadaan sejahtera. keamanan. kaum kerabat dan kaum saudara mara5. Alasan Memilih Judul 1. B. makmur. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ke Empat. damai dan lainya4. Isitlah umum dari kesejateraan yakni menunjukkan kondisi dimana masyarakatnya dalam keadaan baik.

Latar Belakang Masalah Ekonomi pasar adalah suatu sistem ekonomi yang dikontrol. hal ini krena peneliti ingin mengetahui peran dan kontribusi Pasar Rakyat Tani terhadap kesejahtraan keluarga khususnya di Kecamatan Kemiling. Jika suatu komunitas manusia tidak pernah melakukan perdagangan eksternal sama sekali. diatur dan diarahkan oleh pasar itu sendiri. Bagi penulis penting nya meneliti/menulis masalah yang akan diteliti terkait dengan judul skripsi. Penelitian ini merupakan wujud partisipasi dan kepedulian terhadap Pasar Rakyat Tani Kemiling agar dapat diperkenalkan dan dipromosikan secara luas tentang keadaan kesejateraan keluarga para pedagang dan usaha yang di jalani para pedagang di Pasar Rakyat Tani. permasalahan dalam skripsi ini sangat memungkinkan diadakan nya penelitian mengingat literature dan bahan data informasi yang diperlukan sangat menunjang 2. Peraturan dalam produksi dan distribusibarang dipercayakan kepada mekanisme mengatur diri sendiri (self relugating mechanism). maka tidak perlumunculnya pasar. Alasan Subjektif Penulis bertempat tinggal di dekat lokasi penelitian yaitu di kelurahan Sumbejo Sejahtra Kecamatan Kemiling. C. termasuk jasa. Selain itu dari aspek yang penulis bahas. . dengan harga tertentu yang berdasarkan harga tadi akan memenuhi permintaan. Sistem ekonomi ini menganggap pasar sebagai tempat penyediaan barang. Perdagangan muncul dari usaha untuk mencari barang di luar batas wilayah.

bagi masyarakat pasar bukan hanya tempat bertemunya antara penjual dan pembeli tetapi juga sebagai wadah untuk berinteraksi social. Alih Bahasa: Benyamin Molan. (Jakarta: Pradnya Pramita. 2.Pasar merupakan kumpulan seluruh pembeli dan potensial atas tawaran pasar tertentu. Edisi Kesebelas Jilid 1. 2005). Kitab Undang-Undang Hukum Perusahaan. Hlm.7 Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli ditandai dengan adanya transaksi atau tawar menawar antara si penjual dan pembeli secara langsung8. Masyarakat miskin yang bergantung kehidupannya pada pasar tradisional tidak sedikit. Yogyakarta: 2010). pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Pengaruh Pasar Modern Trehadap Pedagang Pasar Tradisional. Hlm. 157. 2000). Menjadi pedagang di pasar tradisional merupakan alternatif pekerjaan di tengah banyaknya pengangguran di Indonesia. Pasar selama ini sudah menyatu dan memiliki tempat paling penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. (Jakarta: PT. 284 7 Philip Kotler. Pasar tradisional biasanya terhubung dengan toko-toko kecil di dusun dusun sebagai tempat kulakan. 8 Nahdliyulizza. . sedangkan sebagai pusat kebudayaan merupakan sarana tempat terjadinya interaksi antara warga masyarakat sebagai tempat pembauran dan pusat informasi6. Hlm. Pasar tradisional merupakan sektor perekonomian yang sangat penting bagi mayoritas penduduk di Indonesia. Intan Sejati Klaten. Pasar tradisional di pedesaan juga terhubung dengan pasar tradisional diperkotaan yang biasa menjadi sentral kulakan bagi pedagang pasar-pasar 6 Christine S. Manajemen Pemasaran.(Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.T Kansil. Sebagai pusat kegiatan ekonomi.

Selain itu Kesejahteraan sosial dapat didefinisikan sebagai kegiatan kegiatan yang terorganisasi bagi peningkatan kesejahteraan sosial melalui menolong orang untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dalam beberapa bidang seperti kehidupan keluarga dan anak. memperjualbelikan barang yang tidak diproduksi sendiri. yang memungkinkan bagi setiap warga Negara untuk mengadakan usaha pemenuhan kebutuhan-kebutuhan jasmani. Kesejahteraan sosial ialah suatu tata kehidupan dan penghidupan sosial. untuk memperoleh suatu keuntungan.pedagang pasar tradisional adalah para pedagang yang ada disekitar pasar. keluarga serta masyarakat dengan menjunjung tinggi hak-hak asasi serta kewajiban manusia sesuaidengan Pancasila9. Pasar tradisional juga mampu meningkatkan kesejahteraan sosial bagi para pelakunya. dan hubungan-hubungan sosial lainnya. Pasar tradisional merupakan penggerak ekonomi masyarakat. rohani dan sosial yang sebaik-baiknya bagi diri. pedesaan di sekitarnya. Pedagang dapat diartikan sebagai orang yang melakukan perdagangan. kesusilaan dan ketentraman lahir batin. kesehatan. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2009 . Faktor inilah yang menjadi kunci sekaligus indikator apakah sebuah usaha perdagangan dapat dikatakan me 9 Pemerintah dan DPR RI. penyesuaian sosial. Dalam dunia perdagangan. material maupun spiritual yang diliputi oleh rasa keselamatan. faktor kunci yang sangat menentukan dalam mendukung aktifitas usaha adalah penjualan.

Surat An-Nisa (4) Ayat 29 :                           29. 1983). segala jual beli. (Jakarta : Pustaka Panjimas. import dan eksport. 36. hlm. janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil. dan janganlah kamu membunuh dirimu. hampir bisa dipastikan tanpa adanya penjualan atau pemasaran dari produk yang dihasilkan. Hai orang-orang yang beriman. . upah mengupah. dan semua yang menimbulkan peredaran harta benda termasuklah itu dalam bidang niaga10. 3. yang kadang-kadang disebut pula dagang atau perdagangan amat luas maksudnya. Cet. Imam Syafi’i berpendapat bahwa jual beli tidak sah menurut syari’at melainkan jika ada disertai dengan kata-kata yang menandakan persetujuan. Bersandar pada ayat ini. Bahkan apabila dikaitkan dengan proses produksi dalam suatu perusahaan. yang dimaksud dengan kata perniagaan yang berasal dari kata niaga. Dalam ayat tersebut diatas. perusahaan tersebut akan mengalami kerugian. sedangkan menurut Imam Malik. sewa menyewa. Abu Hanifah. Tafsir Al-Azhar Juz V. kecuali dengan jalan perniagaan yang Berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. ngalami kemajuan atau sebaliknya. Sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.dan Imam Ahmad cukup dengan dilakukannya serah terima barang yang 10 Hamka. mengalami kemunduran.

Ridha itu adalah suatu tindakan tersembunyi yang tidak dapat dilihat. 12 Syekh. Sedangkan Imam Syafi’i dan Imam Hanafi mensyaratkan akad itu sebagai bukti keridhaanya. sebab itu wajiblah menggantungkannya dengan satu syarat yang dapat menunjukkan ridha itu ialah dengan akad12. dkk.yang dihitung jual beli itu adalah adanya ridha hati. 361-362. Tafsir Al-Ahkam. (Jakarta : Kencana. maka itu sudah cukup dan memadai. hlm.Salim Bahreisy. H. Satu golongan berkata. tapi tidak harus dengan ucapan. hlm. . Menurut Undang-undang No 11 Tahun 2009. 259. rohaniah dan social yang sebaik-baiknya bagi diri. Cet. Menurut Syaukani. kesusilaan dan ketentraman lahir dan batin. keluarga serta masyarakat dengan menjunjung tinggi hak-hak asasi serta kewajiban manusia sesuai dengan Pancasila. 1. yang memungkinkan bagi setiap warga Negara untuk mengadakan usaha pemenuhan kebutuhan-kebutuhan jasmaniah. sempurnanya berlaku berkeridhaan pada kedua belah pihak adalah sesudah mereka berpisah setelah dilakukan akad. 11 H. Kesejahteraan sosial adalah suatu tata kehidupan dan penghidupan sosial material maupun spiritual yang diliputi oleh rsa keselamatan. Abdul Halim Hasan Binjai. bersangkutan karena perbuatan yang demikian itu sudah dapat menunjukkan atau menandakan persetujuan dan suka sama suka11. dengan senang. bahkan jika perbuatan dan gerak-gerik sudah menunjukkan yang demikian. Ulama berbeda pendapat mengenai sampai dimana batas “berkeridhaan” itu. 1990). BinaIlmu.2006). (Surabaya : PT. Terjemah Singkat Tafsir Ibnu Katsier.

kesusilaan dan ketemtraman lahir batin. serta masyarakat dengan menjunjung tinggi hak-hak asasi serta kewajiban manusia sesuai dengan Pancasila Dalam memahami realitas tingkat kesejahtraan. Kondisi kelembagaan yang membentuk jaringan kerja produksi dan pemasaran pada skala lokal. yang memungkin bagi etiap warga Negara untuk mengadakan uaha pemenuhan kebutuhan kebutuhan jasmaniah. lingkungan dan insfratuktur) yang mempengaruhi perkembangan struktur produksi. dan 4. Kesejateraan Sosial adalah kondisi terpenuhinya material. dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri. Struktur kegiatan ekonomi sektoral yang menjadi dasar kegiatan produksi rumah tangga atau masyarakat. 2. sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya13. Sosial ekonomi rumah tangga atau masyarakat. Kesejahtraan sosial ialah suatu tata kehidupan dan penghidupan sosial materiil maupun spiritual yang diliputi olah rasa keselamatan. rohaniah dan sosial yang sebaik baik nya bagi diri. 3. spiritual. pada dasar nya terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadi nya kesenjangan tingkat kesejahtraan antara lain : 1. Potensi regional (sumberdaya alam. regional dan global Keluarga adalah kumpulan dua orang atau lebih yang hidup bersama dengan keterkaitan aturan dan emosianal serta individu yang berhubungan dengan pribadi dalam mempunyai peran masing-masing yang merupakan 13 Undang-Undang Repubik Indonesia No. 6 Tahun 1974 tentang ketentuan ketentuan pokok kesejahtraan sosial pasal 2 ayat 1 .

Pendidikan Kesejateraan Keluarga. sifat. Kuswardinah mengatakan. !998). seta menjadi tauladan bagi anak- anakmya. hidup bersih serta teratur. Keluarga sejahtera adalah keluarga yang dibentuk berdasarkan atas perkawinan sah. dan kesehatan anak sejak dalam kandungan hingga dewasa. mulai dari sikap perilaku orang tua sejak anak masih dalam kandungan. sosial dan agama dalam keluarga. 2 16 Asih Kuswardinah. 1995). 2.36 15 BKKBN. 134 . Kesehatan jasmaniah harus diperhatikan. hlm. Freidman. 2007). Peranan pribadi dalam keluarga didasari oleh harapan dan pola perilaku dari keluarga. mengajarkan pendidikan moral. hlm. Kesehatan rahonaih harus diperhatikan. selaras dan seimbang antar anggota keluarga dengan masyarakat dan lingkungan15. hlm. Ilmu Kesejateraan Keluarga. kegiatan yang berhubungan dengan pribadi dalam posisi dan situasi tertentu. Peranan keluarga menggambarkan seprangkat perilaku antar pribadi. bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. (Jakarta: Universitas Negri Semarang Press. mulai dari kesehatan suami. bahwa untuk menciptakan suatu keluarga yang baik perlu didukung hal sebagai berikut16: 1. mampu memenuhi kebutuhan hidup spiritual dan material yang layak. bagian dalam keluarga14. (Jakarta: EGC. gizi keluarga. Keperawatan Keluarga Teori dan Praktek. 14 M. (Jakarta : BKKBN. memiliki hubungan yang serasi. istri.

Pasar Rakyat Tani yang berada di Kelurahan Sumberejo Sejahtera. kue. yaitu adanya keseimbangan antara penghasilan dan pengeluaran. Para pedagang tidak hanya menjual hasil pertanian saja tetapi ada aneka kerajinan. Ekonomi keluarga yang dapat menunjang kehidupan rumah tangga. Saat ini pasar Rakyat Tani Kemiling memiliki 56 kios dan 108 lapak yang dibagi per blok. Pasar memiliki peran yang cukup signifikan untuk menggerakkan roda perekonomian17. Pasar adalah sebuah mekanisme yang dapat mempertemukan pihak penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi atas barang dan jasa. 2007). Syarat utama terbentuknya pasar adalah adanya pertemuan antara penjual dan pembeli. di askes 28 April 2017 pukul 15. baik dalam satu tempat ataupun dalam tempat yang berbeda. menentukan skala prioritas dan menambah pendapatan keluarga . Bandar Lampung. Terakhir pembeli bisa menemukan ikan basah dan daging di blok C18. 18http://duajurai. 3. Pasar ini tidak beroperasi setiap hari hanya dua kali dalam seminggu. sampai hasil perikanan.co/2016/08/14/buka-tiap-kamis-dan-minggu-pasar-rakyat-tani-bandar lampung-tak hanya-jual-hasil-pertanian/. Semuanya telah terisi penuh. hlm.18 WIB. Blok A terdiri dari sayur-mayur dan buah-buahan. blok B merupakan kumpulan pedagang sembako dan ayam potong. 17 Ikhwan Abidin Basri. Blok dibagi tiga jenis dagangan. serta proses penentuan harga. Kecamatan Kemiling. Menguak Pemikiran Ekonomi Ulama Klasik (Jakarta: Aqwam. baju. . 132. yaitu Kamis dan Minggu.

para pedagang kebanyakan memiliki mata pencaharian lain selain berdagang di pasar Rakyat Tani Kemiling seperti bertani. ibu Susilawati dan bapak Joko pada tanggal 10 Desember 2014: 13. buruh bangunan. Menurut beberapa pedagang di pasar Rakyat Tani Ibu Tari (35). Pasar Rakyat Tani yang hanya beroprasi dua hari dalam sepekan membuat para pedagang tidak hanya menggantungkan kebutuhan hidupnya dengan hanya berjualan di pasar Rakyat Tani.47 WIB. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang tersebut. Hal yang sama di ungkapkan oleh beberapa pedagang lain seperti bapak Mulyono dan bapak Salim19. Bagaimana pengaruh Pasar Rakyat Tani terhadap kesejahteraan keluarga ? 19 Wawancara dengan ibu Tari. Oleh karena itu. maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: 1. berdagang di tempat lain dan masih banyak lagi. Ibu Susilawati (41) dan Bapak Joko (49) mengungkapkan hasil pendapatan berdagang di Pasar Rakyat Tani tidak mencukupi untuk menutupi kebutuhan sehari-hari keluarga mereka. Berdasarkan uraian di atas penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul : “ANALISIS PENGARUH KEBERADAAN PASAR RAKYAT TANI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi kasus pada Pasar Rakyat Tani Kemiling Bandar Lampung) D. beberapa pedagang merasakan manfaat dengn adanya keberadaan Pasar Rakyat Tani. .

Seberapa besar Pasar Rakyat Tani mempegaruhi tingkat kesejateraan keluarga ? E.Alpabeta. hlm. 2 . atau sumber pertama dan bukan dari sumber kedua. 2012). Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). 20 Sugiyono. Penelitian kualitatif hedaklah berusaha untuk melacak data yang diperoleh dari sumber utama. Metode Penelitian Bisnis. Tujuan Penelitian Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : a. (Bandung: CV. 2. Peneliti akan berusaha untuk mendapatkan data secara langsung dari sumber asli (fisrt hand). Untuk mengetahui pengaruh keberadaan pasar rakyat tani terhadap kesejahteraan keluarga. b. Untuk menganalisis sejauh mana peran pasar rakyat tani terhadap kesejahteraan keluarga. 1. Metedologi Penelitian Untuk menerapkan suatu teori terhadap suatu permasalahan memerlukan metode khusus yang dianggap relevan dan membantu memecahkan permasalahan. Jenis Penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu20. yaitu jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Prosedur penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang dapat diamati. tentunya sejauh yang dia mampu lakukan. F. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1.

tenaga. topik penelitian dan lain-lain21. 2008. metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif Dan R&D.hlm. Jakarta: PT. hlm. Sumber data primer yang akan penulis gunakan adalah data yang diperoleh dengan cara wawancara langsung dengan para pedagang di pasar tradisional dan pengelola pasar. koran. Bandung: Alfabeta. Populasi dan Sampel a. buku. 225. Metodologi Pennelitian Ekonomi Islam. dll23. b. Raja Grafindo Persada. Dalam penelitian ini yang akan mejadidaa sekunder adalah dokumen-dokummmen resmi. baik berupa manusia dngan wawancara.12. dan hasil-hasil penelitian. 22 Muhammad. dengan mempertimbangkan waktu. biaya. Data Primer Sumber data primer adalah data yang diperoleh peneliti dari sumber asli. abdi. Data Sekunder Data sekunder adalah sumber data yang dapat memberikan informasi atau data tambahan yang dapat memperkuat data pokok. 3. 2. Dalam hal ini maka proses pengumpulan datanya perlu memperhatikan siapa sumber utama yang akan dijadikan objek22. 2012. metodologi penelitian sosial ekonomi teori dan aplikasi. Populasi Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik 21 Usman Rianse. 103 23 Sugiono. atau benda seperti majalah. 2008. buku-buku. . hlm.. Sumber Data a. Bandung: Alfabeta.

Teknik Pengumpulan Data Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang akan peneliti gunakan adalah dengan cara: a. (Bandung: CV.. Tujuannya untuk mengamati lokasi penelitian secara 24Sugiyono. Sampel Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki populasi tersebut. 203 .115 25 Ibid. kesimpulannya. hlm. hlm. 26 Sampel dari penelitian ini yaitu Pedagang di Pasar Rakyat Tani yang diambil secara acak dengan menyebar kuisioner kepada para pedagang di Pasar Rakyat Tani. 2012). 51 27 Ibid. Metode Penelitian Bisnis. h. a.24 Dalam peneletian ini populasi yang dimaksud adalah jumlah pedagang dipasar Rakyat Tani yaitu berjumlah 106 pedagang. Dalam hal ini jenis observasi yang peneliti gunakan adalah jenis observasi dengan non partisipan. (Jakarta : Ghalia Indonesia. 4. 2002).Alpabeta. Metode Penelitian. Dimana peneliti tidak terlibat langsung sebagai peserta dan bukan bagian dari kelompok yang ditelitinya. berikut lingkungan fisiknya dan atau pengamatan langsung suatu kegiatan yang sedang berjalan27. Observasi Yaitu dengan pengamatan secara langsung para pembuat keputusan. h..25 Metode penarikan sampel dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling (penarikan sampel acak sederhana) yaitu pengambilan sampel dari populasi secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi dan setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. 116 26 Nazir.

c. kategori dan satuan uraian dasar sehingga dapat menemukan tema dan dapat dirumuskan hipotesis kerja seperti yang disarankan oleh data29. Jadi dengan demikian penulis hanya mengadakan penelitian dengan mengamati dan mencatat hal-hal yang diperlukan. metode dokumentasi ini merupakan suatu cara untuk memperoleh data-data yang diperlukan. 2012). Sumber yang akan dijadikan alasan metode ini adalah catatan atau transkip dokumen terkait kesejahteraan keluarga pedagang.160 29 Lexi J Meleong. Pengantar Metodelogi Penelitian. .28 Jadi. Wawancara / Interview Metode pengumpulan data dengan cara melakukan tanya jawab secara lisan kepada pihak yang akan diteliti. langsung terhadap kesejahteraan keluarga pedagang di pasar Rakyat Tani Kemiling Bandar Lampung. catatan-catatan. Dokumentasi Metode dokumentasi adalah cara mencari data atau informasi dari buku-buku. (Jakarta: Mitra Wacana Media. Metode analisis data meliputi analisis data meliputi analisis kualitatif dimana digunakan untuk menilai objek peneitian berdasarkan 28 Soewadji Jusuf. legger. h. Bandung: Remaja Resda Karya. b. Metode Analisis Data Analisis data adalah proses pengorganisasian dan mengurutkan data kedalam pola. transkip. agenda dan lain sebagainya. 5. hlm 103. metodologi penelitian kualitatif. yaitu pedagang pasar tradisional di pasar Rakyat Tani Kemiling Bandar Lampung.2003.

sifat tertentu dimana dalam penilaian sifat dinyatakan tidak dalam angka- angka dan digunakan untuk menjelaskan analisis data yang diolah. OUTLNE HALAMAN JUDUL HALAMAN PERSETUJUAN HALAMAN PENGESAHAN ABSTRAK KATA PENGANTAR DAFTAR ISI DAFTAR TABEL DAFTAR GAMBAR .

Kesejahtraan Keluarga 1. Pengertian Kesejahtraan Keluarga 2. Konsep Kesejateraan 1. Kesejahtraan Dalam Eonomi Islam D. Strategi Peningkatan Kesejahtraan C. Struktur Organisasi Pasar Rakyat Tani B. ANALISIS DATA A.BAB I PENDAHULUAN A. Pasar Rakyat Tani Terhadap Kesejahteraan Keluarga Pedagang . Penegasan Judul B. Definisi Kesejateraan 2. Rumusan Masalah E. Gambaran Umum Pasar Rakyat Tni 1. Alasan Memilih Judul C. Struktur Dan Bentuk Pasar 2. Visi dan Misi Pasar Rakyat Tani 3. Pengertian Pasar Tradisional B. Pengaruh Keberadaan Pasar Rakyat Tani Terhadap Kesejahteraan Keluarga Pedagang BAB IV. Indikator Kesejahtraan 4. Tujuan Pedagang Pasar Tradisional 2. Latar Belakang Masalah D. Konsep Pasar Tradisional 1. Pasar Tradisional 1. Pengertian Kesejateraan 3. Metode Penelitian BAB II LANDASAN TEORI A. Sasaran Dan Produktivitas Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional Besaran Pendapatan dan Kegunaan Pendapatan BAB III GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN A. Tujuan dan Manfaat Penelitian F. Sejarah Berdirinya Pasar Rakyat Tani 2.

B. 1. Jurnal Riset Manajemen Sain Indonesia Vol. No. Saran-Saran DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN DAFTAR PUSTAKA Asih Kuswardinah. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Kesimpulan B. 3. 2013 . Analisis Pengaruh Keberadaan Pasar Rakyat Tani Terhadap Kesejateraan Keluarga BAB V PENUTUP A. 2007. Ilmu Kesejateraan Keluarga. Jakarta: Universitas Negri Semarang Press Basrah Saidani Dan Samsul Arifin.

2011. Jakarta : Ghalia Indonesia Philip Kotler. Jakarta: Pradnya Pramita Sugyono. Keperawatan Keluarga Teori dan Praktek. 2002. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif Dan R&D. Metode Penelitian Bisnis. 1990. Freidman.Salim Bahreisy. Menguak Pemikiran Ekonomi Ulama Klasik.T Kansil. Pengantar Metodelogi Penelitian. Alih Bahasa: Benyamin Molan. Soewadji. Christine. Yogyakarta Nazir. Bandung: CV. 2005. 2002. Pengaruh Pasar Modern Trehadap Pedagang Pasar Tradisional. 2007. 2012. Alfabeta -----------. Jakarta: PT. 1998. Surabaya : PT. Jakarta: Mitra Wacana Media Lexi J Meleong. Jakarta: EGC Nahdliyulizza. 2000. Kitab Undang-Undang Hukum Perusahaan. Metode Penelitian. Alpabeta . 2010. Edisi Kesebelas Jilid 1. Bina Ilmu Ikhwan Abidin Basri. Tafsir Al-Azhar Juz V. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Bandung. Cet. Bandung: Remaja Rosdakarya M. Intan Sejati Klaten S. CV. Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta : BKKBN Hamka. Jakarta: Aqwam Jusuf. dkk. Manajemen Pemasaran. Pendidikan Kesejateraan Keluarga. Terjemah Singkat Tafsir Ibnu Katsier. 1995. 1983. Jakarta : Pustaka Panjimas H. 3. 2012.BKKBN.