You are on page 1of 6

Pulau Kisar

Pulau Kisar adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Selat Wetar dan berbatasan
dengan negara Timor Leste. Pulau Kisar ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah
kabupaten Maluku Barat Daya, provinsi Maluku. Pulau ini berada di sebelah timur laut dari
pulau Timor Leste.
Pulau Kisar telah memiliki lapangan terbang dan landasan pacu yang bernama Bandara
John. J. Bakker yang rencananya akan diperpanjang dari 800 meter menjadi 1300 meter untuk
mendukung program Sail Banda untuk sementara lapangan terbang ini hanya bisa digunakan
oleh pesawat kecil jenis Cassa 212 dengan kapasitas maksimal 18 orang, rencananya lapangan
terbang akan diperpanjang agar bisa digunakan oleh pesawat Wings jenis ATR 82 dengan
kapasitas 40 tempat duduk.

Letak Geografis
Pulau kisar berada pada 8° 6′ 10″ Lintang Selatan dan 127° 8′ 36″ Bujur Timur. Luas
wilayah mencapai 8.500 Ha dengan jumlah penduduk ± 18.425 jiwa.

yaitu Bahasa Maher dan Bahasa Woirata. Kedua suku tersebut telah bersama-sama menghuni darata Pulau Kisar selama kurun waktu yang tidak diketahui (zaman pra sejarah) hingga kedatangan bangsa Eropa di Nusantara pada abad ke 16. Kendala Masalah transportasi merupakan salah satu kendala yang dihadapi daerah itu sehubungan dengan kondisi geografisnya yang banyak dipisahkan oleh laut. Suku “WOIRATA” sebutan orsinil identitas orang Oirata sekarang yaitu suku pribumi pulau Kisar yang pertama kali menghuni pulau ini.Sumber Daya Alam  Hasil Bumi ` Kisar memiliki penghasilan pertanian yang cukup tinggi baik kacang-kacangan. buah- buahan. setelah itu baru datang lagi suku pribumi lainnya yaitun MEHER. Bahasa dan Agama Bahasa yang dipakai masyarakat. Mayoritas penduduk Pulau Kisar beragama Kristen Protestan. maupun hasil tani lainnya. Jagung merupakan hasil terbesar utama di pulau kisar dan merupakan makanan pokok dari masyarakat di pulau kisar. Selain itu lemon kisar merupakan hasil tani yang sangat terkenal karena rasanya yang sangat manis dan dijadikan sebagai oleh-oleh (hadiah)bagi mereka yang berkunjung ke pulau Kisar. Pesona Alam Pulau Kisar .

PULAU ALOR Alor adalah sebuah pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Alor adalah satu dari 92 pulau terluar Indonesia karena berbatasan langsung dengan Timor Leste di sebelah selatan. serta Selat Pantar di barat (memisahkan dengan Pulau Pantar. dan titik tertingginya 1.Pulau Alor .119 km². Luas wilayahnya 2. Selat Ombai di selatan (memisahkan dengan Pulau Timor).839 m. Pulau ini dibatasi oleh Laut Flores dan Laut Banda di sebelah utara.

merupakan salah satu dari dua pulau utama di Kabupaten Alor. Octopus Garden 17. Indonesia.Lemma. The Refrigerator Objek Wisata Selain potensi wisata bahari. Moving Pictures 11.Mauta. Baruna’s Point 2. Anemone Country 15. Sharks Reeway 16. Kerusakan Habitat . Rocky Point 9. Night Snacks 7. Alor Expree / Alor Dreaming 8. Cave Point 4.Maneta. Provinsi Nusa Tenggara Timur.Kui. Letak dan Luas (1) Pulau Alor terletak pada posisi 08o 13’50” LU – 125o 07’55” BT dengan batas-batas : * Sebelah Utara : Laut Flores * Sebelah Timur : Maluku Tenggara Barat * Sebelah Barat : Selat Lomblen Kecamatan Lembata * Sebelah Selatan : Selat Ombay dan Timor Leste Sumber Daya Alam Pulau Alor selain memiliki keindahan Alam yang dapat dilihat secara langsung didaratan dan dipantai. Eagle Ray Point 12.Wersin dan Wuwuli.Belagar. Captain’s Choice 18. Meski memiliki aksebilitas amat terbatas. Barrel Sponge Wall 5. ibukota Kabupaten Alor. Tuna Channel 14. Three Coconuts 10.Kawel. Mola – mola Point 6. Alor juga menyimpan sejumlah objek wisata yang memiliki daya tarik secara kultural dan historis yang jarang dijamah dan dikunjungi baik oleh penduduk setempat maupun oleh wisatawan. Never – Never wall 3.bahasa sehari-hari yang digunakan adalah bahasa Indonesia. Di pulau ini terdapat Kota Kalabahi.Alor.Kabola.Deing. Beberapa titik selam yang memiliki keindahan alam Memiliki 18 titik selam yang disebut “Baruna’s Dive Sites at Alor” : 1. Kelong. juga memiliki keindahan Alam dibawah laut berupa ikan-ikan langka nan indah serta karang dan tumbuhan-tumbuhan laut yang begitu mempesona.Soboda. tapi bagi para pencinta petualangan alam justru menjadi tantangan dan keunikan.Setiap suku tersebut memiliki bahasa sendiri-sendiri. Rahim’s Point 13. Suku Bangsa Suku bangsa yang hidup di Alor antara lain :Abul.Kemang.Namun.

Akan tetapi kerusakan habitat ini tidak parah. Sedangkan kerusakan mangrove disebabkan oleh pembukaan tambak dan penggunaan mangrove oleh masyarakat setempat untuk dijadikan bahan-bahan bangunan dan bahan bakar. potassium. Pesona Alam Pulau Alor . Kerusakan habitat yang terjadi di Kabupaten Alor yaitu kerusakan terumbu karang dan mangrove. illegal fishing. dan bubu. jangkar. Kerusakan terumbu karang disebabkan oleh penggunaan bom ikan.

Tapi kendalanya yaitu sulitnya transportasi dan tidak adanya pemerataan pertumbuhan ekonomi sehingga menurut saya.Saran dan gagasan : Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan karena mempunyai banyak pulau.pemerintah harus ikut andil besar dalam pembangunan transportasi dan infrastruktur dan juga lebih memperhatikan pulau-pulau terkecil agar pemerataan pertumbuhan ekonomi penduduk bisa merata sehingga sesuai dengan sila pancasila yang kelima yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia .