You are on page 1of 4

Autoclave

Fungsi : Untuk mensterilkan alat dan bahan.

Pengertian :

Autoclave adalah alat pemanas tertutup yang digunakan untuk mensterilisasi suatu benda
menggunakan uap bersuhu dan bertekanan tinggi (1210C, 15 lbs) selama kurang lebih 15 menit.
Penurunan tekanan pada autoclave tidak dimaksudkan untuk membunuh mikroorganisme,
melainkan meningkatkan suhu dalam autoclave. Suhu yang tinggi inilah yang akan membunuh
microorganisme. Autoclave terutama ditujukan untuk membunuh endospora, yaitu sel resisten
yang diproduksi oleh bakteri, sel ini tahan terhadap pemanasan, kekeringan, dan antibiotik. Pada
spesies yang sama, endospora dapat bertahan pada kondisi lingkungan yang dapat membunuh sel
vegetatif bakteri tersebut. Endospora dapat dibunuh pada suhu 100 °C, yang merupakan titik
didih air pada tekanan atmosfer normal. Pada suhu 121 °C, endospora dapat dibunuh dalam
waktu 4-5 menit, dimana sel vegetatif bakteri dapat dibunuh hanya dalam waktu 6-30 detik pada
suhu 65 °C.Perhitungan waktu sterilisasi autoclave dimulai ketika suhu di dalam autoclave
mencapai 121 °C. Jika objek yang disterilisasi cukup tebal atau banyak, transfer panas pada
bagian dalam autoclave akan melambat, sehingga terjadi perpanjangan waktu pemanasan total
untuk memastikan bahwa semua objek bersuhu 121 °C untuk waktu 10-15 menit. Perpanjangan
waktu juga dibutuhkan ketika cairan dalam volume besar akan diautoclave karena volume yang
besar membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai suhu sterilisasi. Performa autoclave
diuji dengan indicator biologi, contohnya Bacillus stearothermophilus.

Kelebihan :

Waktu yang diperlukan untuk proses sterilisasi lebih cepat. Dapat membunuh jasad renik atau
mikroorganisme terutama karena panas basah dapat menyebabkan denaturasi protein, termasuk
enzim- enzim didalam sel dari mikroorganisme.

Kekurangan :

Terdapatnya tetesan uap air yang mengenai alat dan bahan yang disterilisasi. • Pada saat
memakai autuclave, autoclave tidak dapat dtinggalkan untuk mengerjakan hal lain.

Karena tombol ini berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan mesin autoclave. maka keberadaan tombol ini sangat berandil besar. Tombol pengatur waktu (timer) Autoclave tertentu dilengkapi dengan timer yang berfungsi untuk mengatur waktu lama atau sebentarnya proses sterilisasi. Pengukur tekanan berfungsi untuk mengetahui besar tekanan uap yang ada dalam autoclave saat proses sterilisasi tengah berlangsung. Katup uap Meskipun termasuk bagian kecil dari keseluruhan bagian autoclave. air yang ada pada pada autoclave di buang atau di kosongkan. 5.Cara perawatan : Setelah menggunakan autoclave. 2. Simpan dan letakkan autoclave ditempat yang bersih dan kering. Anda dapat melihat pada bagian ini. 4. Katup pengamanan Katup pengaman berfungsi sebagai penahan atau pengunci penutup autoclave. namun katup uap merupakan salah satu komponen yang penting dan berfungsi sebagai tempat keluarnya uap air. Kemudian dilap menggunakan kain. 3. . Autoclavesederhana tersebut tidak dilengkapi dengan timer. Pengukur tekanan Jika ingin mengetahui nilai tekanan uap yang berada dalam autoclave. Berbeda dengan autoclavesederhana yang masih menggunakan bantuan pemanasan air dengan kompor bukan listrik. sesuai dengan kebutuhan/penggunaan yang dibutuhkan. Komponen autoclave : 1. Tombol on/off Jika Anda menggunakan autoclave yang menggunakan sumber energi listrik.

Termometer Biasanya. Anda akan menemukan almunium container yang berfungsi untuk meletakan berbagai bahan atau alat yang hendak Anda sterilisasikan. autoclave juga memiliki komponen lain seperti pompa vacum yang berfungsi untuk menghisap udara atau uap campuran dari ruang sterilisasi (chamber) autoclave. 9.6. Sedangkan pada autoclave yang menggunakan energi panas dari kompor atau pemanas konvensional lainnya.100 Power Source : 220V – 50/60Hz Power Consumption : 4000 W Prinsip Kerja : . Spesifikasi : Nama Alat : Autoclave Merk : E. Anda akan menemukan angsa yang berfungsi sebagai batas penambahan air. PT. Control : Digital . 7. Lempeng sumber panas Lempeng sumber panas adalah komponen yang akan membantu perubahan energi listrik menjadi energi kalor.Scientific (Ersa Nugraha Bandung) Capasity : 50 Liter Temp. Termometer merupakan komponen yang berfungsi untuk mengetahui dan mengamati suhu yang dibutuhkan. Apakah sudah sesuai dengan suhu yang Anda butuhkan atau belum. pada proses sterilisasi membutuhkan suhu yang berbeda bergantung pada bahan atau alat yang Anda sterilkan. Skrup pengamanan Skrup pengaman sangat dibutuhkan untuk menjaga besaran dan tekanan uap yang ada dalam autoclave. Angsa Pada autoclave yang menggunakan energi listrik. Pastikan skrup pengaman ini terpasang dengan baik dan rapat. range Up to 135 oC Temp. 8. Lempeng sumber panas atau heater ini terbuat dari kumparan/lilitan kawat tembaga yang jika dialiri arus listrik akan menghasilkan energi panas.PID. Selain keterangan komponen di atas.

Yaitu mempunyai tekanan 2 atm/ 15 psi (pounds per square inci) dan suhu 121°C selama 15 menit untuk bahan dan 20 menit untuk alat. diatur timerdengan waktu minimal 15 menit pada suhu 121oC. Tunggu sampai air mendidih sehingga uapnya memenuhi kompartemen autoclave dan terdesak keluar dari klep pengaman. Gunakan air hasil destilasi. Tutup autoclave dengan rapat lalu kencangkan baut pengaman agar tidak ada uap yang keluar dari bibir autoclave. Jika air kurang dari batas yang ditentukan.Autoklaf merupakan alat sterilisasi dengan menggunakan Uap Panas Bertekanan. Masukkan peralatan dan bahan. 4. Cara kerja : 1. Kemudian klep-klep pengaman dibuka dan keluarkan isi autoclave dengan hati-hati. Nyalakan autoclave. Sebelum melakukan sterilisasi cek dahulu banyaknya air dalam autoclave. 6. 5. Klep pengaman jangan dikencangkan terlebih dahulu. maka dapat ditambah air sampai batas tersebut. 3. untuk menghindari terbentuknya kerak dan karat. Jika mensterilisasi botol bertutup ulir. . maka tunggu tekanan dalam kompartemen turun hingga sama dengan tekanan udara di lingkungan (jarum pada preisure gauge menunjuk ke angka nol). Kemudian klep pengaman ditutup (dikencangkan) dan tunggu sampai selesai. Penghitungan waktu 15’ dimulai sejak tekanan mencapai 2 atm. 2. maka tutup harus dikendorkan. Jika alarm tanda selesai berbunyi.