You are on page 1of 11

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Berbagai studi komprehensif mengenai dampak korupsi terhadap ekonomi serta
variable-variabelnya telah banyak dilakukan hingga saat ini. Dari hasil studi tersebut jelas
terlihat berbagai dampak negative akibat korupsi. Korupsi memperlemah investasi dan
pertumbuhan ekonomi (Mauro : 1995). Selanjutnya dalam penelitian yang lebih
elaborative dilaporkan bahwa korupsi mengakibatkan penurunan tingkat produktivitas
yang dapat diukur melalui berbagai indicator fisik, seperti kualitas jalan raya (Tanzi dan
Davoodi : 1997).
Korupsi tidak hanya berdampak pada satu aspek kehidupan saja. Korupsi
menimbulkan efek domino yang meluas terhadap eksistensi bangsa dan negara.
Meluasnya praktik korupsi di suatu negara akan memperburuk kondisi ekonomi bangsa,
misalnya harga barang menjadi mahal dengan kualitas yang buruk, akses rakyat terhadap
pendidikan dan kesehatan menjadi sulit, keamanan suatu negara terancam, kerusakan
lingkungan hidup, dan citra pemerintahan yang buruk di mata internasional sehingga
menggoyahkan sendi-sendi kepercayaan pemilik modal asing, krisis ekonomi yang
berkepanjangan, dan negara pun menjadi semakin terperosok dalam kemiskinan.
Berdasarkan laporan Bank Dunia, Indonesia dikategprikan sebagai negara yang
utangnya parah, berpenghasilan rendah dan termasuk dalam kategori negara-negara
termiskin di dunia seperi Mali dan Ethiopia.
B. Rumusan Masalah
Berikut ini adalah beberapa rumusan masalah yang akan di ambil dalam
menyusun permasalahan untuk diketahui jawabannya, yaitu :
1. Bagaimana dampak ekonomi akibat korupsi?
2. Bagaimana dampak social dan kemiskinan masyarakat akibat korupsi?
3. Bagaimana dampak biokrasi pemerintah akibat korupsi?
C. Tujuan
Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah untuk mengetahui dampak ekonomi,
social dan kemiskinan masyarakat, serta dampak biokrasi pemerintah yang diakibatkan
oleh korupsi.

BAB II

PEMBAHASAN

1

Dampak Ekonomi Korupsi memiliki berbagai efek penghancuran yang hebat (an anermous destruction effects) terhadap berbagai sisi kehidupan bangsa dan negara. karena permasalahan kepercayaan dan kepastian hokum dalam melakukan investasi. dan dengan pengeluaran pemerintah untuk program social dan kesejahteraan (Mauro:1995). Korupsi juga mempersulit pembangunan ekonomi dengan membuat distorsi dan ketidakefisienan yang tinggi. dan resiko pembatalan perjanjian atau karena penyelidikan. Pada keadaan ini. khususnya dalam sisi ekonomi sebagai pendorong utama kesejahteraan masyarakat. yaitu ketika pemerintah mengeluarkan lebih banyak kebijakan namun disertai dengan maraknya praktek korupsi. ongkos manajemen dalam negosiasi dengan pejabat korup. Dalam sektor privat. yang kemudian bisa melonjakan utang negara. pertumbuhan ekonomi. Mauro menerangkan hubungan antara korupsi dan ekonomi. namun justru memberikan negative value added bagi perekonomian secara umum. selain masalah stabilitas. bukannya memberikan nilai positif misalnya perbaikan kondisi yang semakin tertata. korupsi meningkatkan ongkos niaga karena kerugian dari pembayaran ilegal.A. Menurutnya ekonomi memiliki kolerasi negative dengan tingkat investasi. Dari laporan yang diberika oleh PERC (Political and Econimic Risk Consultancy) pada akhirnya hal ini akan menyulitkan pertumbuhan investasi di Indonesia. Disisi lain meningkatnya korupsi berakibat pada meningkatnya biaya barang dan jasa. baik secara preventif. Hal ini merupakan bagian dari inti ekonomi makro. justru dialokasikan untuk biokrasiyang ujung-ujungnya terbuang masuk ke kantong pribadi pejabat. Penanaman modal yang dilakukan oleh pihak dalam negeri (PMDN) dan asing (PMA) yang semestinya bisa digunakan untuk pembangunan negara menjadi sulit sekali terlaksana. Hal ini jelas karena terjadinya tindak korupsi yang sampai tingkat mengkhawatirkan yang 2 . Misalnya. maupun kuratif. represif. inefisiensi terjadi. yaitu : 1. anggaran perusahaan yang sebaiknya diputar dalam perputaran ekonomi. Lesunya Pertumbuhan Ekonomi dan Investasi Korupsi bertanggungjawab terhadap lesunya pertumbuhan ekonomi dan investasi dalam negeri. Kenyataan bahwa korupsi memiliki hubungan langsung dengan hal ini mendorong pemerintah berupaya menanggulangi korupsi. Berbagai macam permasalahan ekonomi lain akan muncul secara alamiah apabila korupsi sudah merajalela dan berikut ini adalah hasil dari dampak ekonomi yang akan terjadi. khususnya investasi asing karena iklim yang ada tidak kondusif.

seperti tingginya angka PHK dan meningkatnya angka pengangguran. Program peningkatan produksi dengan berbagai upaya seperti pendirian pabrik-pabrik dan usaha produktif baru atau usaha untuk memperbesar kapasitas produksi untuk usaha yang sudah ada menjadi terkendalan dengan tidak adanya investasi. Hal ini terjadi seiring dengan terhambatnya sektor industri dan produksi untuk bisa berkembang lebih baik atau melakukan pengembangan aktivitas. Ironinya pemerintah dan departemen yang bersangkutan tidak merasa bersalah dengan kondisi yang ada. juga akan menyebabkan permasalahan yang lain. Paulo Mauro mengungkapkan dampak korupsi pada pertumbuhan investasi dan belanja pemerintah bahwa korupsi secara langsung dan tidak langsung adalah penghambat perumbuhan investasi (Mauro:1995). tabung gas yang meledak. Penurunan Produktivitas Dengan semakin lesunya pertumbuhan ekonomi dan investasi. manusiawi dan terjangkau. Rusaknya jalan-jalan. maka tidak dapat disanggah lagi bahwa prosuktivitas akan semakin menurun. Dalam studinya. secara langsung maupun tidak mengakibatkan ketidakpercayaan dan ketakutan pihak investor asing untuk menanamkan investasinya ke Indonesia. tidak layak dan tidak nyamannya angkutan umum. ambruknya 3 . beras murah yang tidak layak makan. Berbagai organisasi ekonomi dan pengusaha asing diseluruh dunia menyadari bahwa suburnya korupsi disuatu negara adalah ancaman serius bagi seluruh investasi yang ditanam. selalu berkelit bahwa mereka telah bekerja sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Penurunan produktifitas ini. 2. Kondisi negara yang korup akan membuat pengusaha multinasional meninggalkannya. karena investasi di negara yang korup akan merugikan dirinya karena memiliki “biaya siluman” yang tinggi. Selanjutnya ICC bersama dengan OECD (Organization for Economic Cooperatin and Development) mengawasi dan menyerahkan kasus-kasus korupsi yang terjadi untuk diadili di negara perusahaan tersebut berasal. 3. bahan bakar yang merusak kendaraan masyarakat. Ujung dari penuruna produktivitas ini adalah kemiskinan masyarakat. Hal ini mungkin juga tidak terjadi apabila tersedia sarana angkutan umum yang baik. Rendahnya Kualitas Barang dan Jasa Bagi Publik Ini adalah sepenggal kisah sedih yang dialami masyarakat kita yang tidak perlu terjadi apabila kualitas jalan raya baik sehingga tidak membahayakan pengendara yang melintasinya. Perlu disadari bahwa sebenarnya beberapa perusahaan multinasional sudah terikat pada kode etik internasional dari ICC (Internasional Chamber of Commerce) yang bersepakat untuk tidak melakukan prakti-praktik korupsi dalam bisnis internasional. tergulingnya kereta api. ambruknya jembatan.

Kondisi penurunan pendapatan dari sektor pajak diperparah dengan kenyataan bahwa banyak sekali pegawai dan pejabat pajak yang bermain untuk mendapatkan keuntungan pribadi dan memperkaya diri sendiri. Pada akhirnya korupsi berakibat menurunkan kualitas barang dan jasa bagi publik dengan cara mengurangi pemenuhan syarat-syarat keamanan bangunan. 4. Korupsi menimbulkan berbagai kekacauan di dalam sektor publik dengan mengalihkan investasi publik ke proyek-proyek lain yang mana sogokan dan upah tersedia lebih banyak. dan pembukaan kesempatan kerja yang pada akhirnya akan menyejahterakan masyarakat. Pajak Pertambahan Nilai (PPn). inilah letak ketidakadilan tersebut. Meningkatnya Hutang Negara Kondisi perekonomian dunia yang mengalami resesi dan hampir melanda semua negara termasuk Amerika Serikat dan negara-negara Eropa. Kita tidak bisa membayangkan apabila ketidakpercayaan masyarakat terhadap pajak ini berlangsung lama. Menurunnya Pendapatan Negara dari Sektor Pajak Sebagian besar negara di dunia ini mempunyai sistem pajak yang menjadi perangkat penting untuk membiayai pengeluaran pemerintahnya dalam menyediakan barang dan jasa publik. syarat-syarat kesehatan. lingkungan hidup. bangunan sekolah. Pajak sangat penting bagi kelangsungan pembangunan negara dan kesejahteraan masyarakat juga pada akhirnya. Pajak berfungsi sebagai stabilisasi harga sehingga dapat digunakan untuk mengendalikan inflasi. di sisi lain pajak juga mempunyai fungsi redistribusi pendapatan. atau untuk membangun infrastruktur penting. dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan/atau Bangunan (BPHTB). Di Indonesia. memaksa negara- negara tersebut untuk melakukan hutang untuk mendorong perekonomiannya yang sedang melambat karena resesi dan menutup biaya anggaran yang defisit. di mana pajak yang dipungut oleh negara selanjutnya akan digunakan untuk pembangunan. 5. Korupsi juga mengurangi kualitas pelayanan pemerintahan dan infrastruktur dan menambahkan tekanan-tekanan terhadap anggaran pemerintah. atau aturan-aturan lain. merupakan serangkaian kenyataan rendahnya kualitas barang dan jasa sebagai akibat korupsi. yang rugi juga masyarakat sendiri. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). syarat-syarat material dan produksi. sehingga BOLEH dikatakan bahwa pajak adalah sesuatu yang penting bagi negara. Pejabat birokrasi yang korup akan menambah kompleksitas proyek tersebut untuk menyembunyikan berbagai praktek korupsi yang terjadi. tentunya akan berakibat juga pada percepatan pembangunan. Bea Meterai (BM). dikenal beberapa jenis pajak seperti Pajak penghasilan (PPh). Bagaimana dengan hutang Indonesia? 4 .

1%. maka rasio utang Indonesia tercatat sebesar 26%.03 miliar (pinjaman luar negeri US$68. dampak langsung yang dirasakan oleh orang miskin yakni semakin mahalnya jasa berbagai pelayanan public. pinjaman luar negeri swasta telah meningkat 12.606 miliar pada 2009 ke posisi US$84.676.4 miliar. Berdasarkan jenis mata uang.3 miliar Euro.05 miliar. rendahnya kualitas pelayanan.716.207 pada kuartal I 2010. hutang adalah hal yang biasa.5 miliar Yen dan 5. data Bank Indonesia (BI) menunjukkan jumlah nilai utang pihak swasta naik pesat dari US$73. Dampak Sosial dan Kemiskinan Masyarakat Bagi masyarakat miskin korupsi mengakibatkan dampak yang luar biasa dan saling bertaut satu sama lain. dampak tidak langsung terhadap orang miskin yakni pengalihan 5 . Jika menggunakan PDB Indonesia yang sebesar Rp6. 1. Tahun 2010.679. asal digunakan untuk kegiatan yang produktif hutang dapat dikembalikan. Kedua. Sementara untuk utang swasta.50 miliar (Rp1. US$42.97 miliar) dan Surat Berharga Negara (SBN) sebesar US$132.6% atau naik dari US$75. Kementerian Keuangan RI.055 miliar (www.97 miliar.07 miliar atau setara dengan Rp. utang sebesar US$201. Dari total utang pada tiga bulan pertama tahun ini. Posisi utang pemerintah saat ini juga naik dari posisi per April 2011 yang sebesar US$197. dan pembatasan akses terhadap berbagai pelayanan vital seperti air. jumlahnya kembali naik hingga mencapai US$186.85 triliun). disebutkan bahwa total hutang pemerintah per 31 Mei 2011 mencapai US$201.66 triliun). 2. hal ini akan semakin memperburuk keadaan. Secara year on year (yoy) saja. Pada 2009.com /read/news/ 2011. Posisi utang pemerintah terus meningkat dari tahun ke tahun. Pertama. Dari data yang diambil dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Hutang.14 Juni 2011). Kita tidak bisa membayangkan ke depan apa yang terjadi apabila hutang negara yang kian membengkak ini digunakan untuk sesuatu yang sama sekali tidak produktif dan dikorupsi secara besar-besaran. Hutang tersebut terbagi atas dua sumber.422. jumlah utang yang dibukukan pemerintah sebesar US$169.56 trilliun.667 miliar dan pihak bank sebesar US$13. utang luar negeri swasta mayoritas disumbang oleh pihak non-bank sebesar US$71. yaitu pinjaman sebesar US$69. B. dan pendidikan.722 miliar pada kuartal I 2011 atau setara 15. Apabila hutang digunakan untuk menutup defisit yang terjadi.1 miliar tersebut terbagi atas Rp956 triliun. kesehatan.9 triliun. sebuah angka yang fantastis. Korupsi yang terjadi di Indonesia akan meningkatkan hutang luar negeri yang semakin besar.590.22 miliar (Rp1.metronews. Bila melihat kondisi secara umum.

93 juta orang pada Maret 2012 menjadi 18. 4. karena rentan sekali terhadap penyalahgunaan. Yang disalahgunakan adalah perangkat-perangkat publik atau pemerintahan dan yang diuntungkan adalah kepentingan-kepentingan yang bersifat pribadi. 2.05 juta orang (dari 11. melalui pembatasan pembangunan. susu dan sebagainya saat ini sangat tinggi. Hal ini secara langsung memiliki pengaruh kepada langgengnya kemiskinan. tidak diragukan lagi dapat menyuburkan berbagai jenis kejahatan dalam masyarakat.sumber daya milik publik untuk kepentingan pribadi dan kelompok. sementara di daerah perdesaan berkurang sekitar 0. Untuk mendapatkan bahan pokok ini rakyat miskin harus mengalokasikan sejumlah besar uang dari sedikit pendapatan yang dimilikinya.10 juta orang pada Maret 2012 menjadi 11.84 persen) dibandingkan dengan penduduk miskin pada Maret 2012 yang sebesar 31. yang seharusnya diperuntukan guna kemajuan sektor sosial dan orang miskin. sindikat kejahatan atau penjahat perseorangan dapat leluasa melanggar hukum.33 persen). Melalui praktik korupsi.97 juta orang pada Maret 2013). Beban yang ditanggung para pelaku ekonomi akibat korupsi disebut high cost economy. minyak.49 persen). Mahalnya Harga Jasa dan Pelayanan Publik Praktek korupsi yang terjadi menciptakan ekonomi biaya tinggi. 1. Kondisi ini mengakibatkan penderitaan khusunya bagi bayi dan anak-anak karena ketercukupan gizinya kurang.02 juta orang (12. 3. Harga bahan pokok seperti beras. penduduk miskin di daerah perkotaan berkurang sekitar 0.05 juta orang pada Maret 2013). gula. Meningkatnya Angka Kriminalitas Dampak korupsi. Terbatasnya akses bagi orang miskin Korupsi yang telah menggurita dan terjadi di setiap aspek kehidupan mengakibatkan high-cost economy. di mana semua harga-harga melambung tinggi dan semakin tidak terjangkau oleh rakyat miskin. menyusupi berbagai oraganisasi negara 6 . Dari istilah pertama di atas terlihat bahwa potensi korupsi akan sangat besar terjadi di negara-negara yang menerapkan kontrol pemerintah secara ketat dalam praktek perekonomian alias memiliki kekuatan monopoli yang besar. Kondisi ini mengakibatkan rakyat miskin semakin tidak bisa mendapatkan berbagai macam akses dalam kehidupannya. turun 1.02 juta orang (13.00 juta orang (0. Pengentasan Kemiskinan Berjalan Lambat Jumlah penduduk miskin (hidup di bawah garis kemiskinan) di Indonesia pada Maret 2013 mencapai 30.95 juta orang (dari 19. Selama periode Maret 2012-Maret 2013.

meskipun anggotanya tersebut jelas-jelas bersalah atau melakukan korupsi. angka kejahatan yang terjadi juga meningkat. Dampak Biokrasi Pemerintah 1. 7 . Hal ini sangat melukai nurani masyarakat. Sebaliknya. karena tidak yakin bantuan yang diberikan akan sampai kepada yang membutuhkan dengan optimal. 5. C. Rasionya. ketika korupsi meningkat.Orang semakin segan membantu sesamanya yang terkena musibah atau bencana. Semakin tinggi tingkat korupsi. terdapat pertalian erat antara korupsi dan kualitas serta kuantitas kejahatan. Solidaritas Sosial Semakin Langka dan Demoralisasi Korupsi yang begitu masif yang terjadi membuat masyarakat merasa tidak mempunyai pegangan yang jelas untuk menjalankan kehidupannya sehari-hari. padahal mereka adalah wakil rakyat yang seharusnya melindungi kepentingan rakyat. karena memang sudah tidak ada lagi kepercayaan kepada pemerintah. Kejujuran sudah tidak ditegakan lagi dan yang paradoksal adalah siapapun yang meneriakan kejujuran justru akan diberikan sanksi sosial dan politik oleh otoritas menteri. semakin besar pula kejahatan. Masyarakat semakin lama menjadi semakin individualis yang hanya mementingkan dirinya sendiri dan keluarganya saja. Kejujuran yang dihadapi dengan kekuasaan politik adalah sesuatu yang tidak mendidik dan justru bertentangan dengan etika dan moralitas. sehingga suatu kelompok politik rela melindungi anggotanya dengan segala cara. apparat penguasa bahkan oleh masyarakat sendiri. dan mencapai kehormatan. Kepastian masa depan yang tidak jelas serta himpitan hidup yang semakin kuat membuat sifat kebersamaan dan kegotong-royongan yang selama ini dilakukan hanya menjadi retorika saja. mengurangi korupsi dapat juga (secara tidak langsung) mengurangi kejahatan lain dalam masyarakat. maka kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum (law enforcement) juga meningkat. pada saat ini kekuatan politik sangat dominan. Melindungi seorang koruptor dengan kekuatan politik adalah salah satu indikasi besar runtuhnya etika sosial dan politik. Menurut Transparency International. Mengapa masyarakat melakukan hal ini dapat dimengerti. ketika korupsi berhasil dikurangi. Matinya Etika Sosial Politik Korupsi bukan suatu bentuk tindak pidana biasa karena ia merusak sendi-sendi kehidupan yang paling dasar yaitu etika sosial bahkan kemanusiaan. Ujungnya mereka yang terkena musibah akan semakin menderita. hukum bahkan antar masyarakat sendiri. Jadi bisa dikatakan. sistem.

Oleh sebab itu banyak upaya yang dilakukan oleh seseorang dalam memenangkan perkara dan masalahnya didepan hukum. Banyak pejabat negara. 2. dengan berbagai alasan seperti demi keamanan negara atau keselamatan petinggi negara. sehingga memunculkan anekdor di masyarakat bahwa hukum itu hanya adil bagi yang memiliki uang untuk menyuap. iming-iming. Gejala ini semakin lama semakin menguat. gratifikasi atau apapun untuk memberikan kemenangan. memberikan iming-iming. namun semua itu dikaburkan dengan politik yang sangat licik. wakil rakyat atau petinggi partai politik yang tertangkap karena korupsi namun tidak menunjukan perasaan bersalah. Ketika nilai- nilai kejujuran dan nurani dicampakkan. malu ataupun jera didepan umum. gratifikasi bahkan sampai kepada ancaman nyawa. dari upaya yang positif dengan mengumpulkan berbagai barang bukti dan saksi yang menguatkan sampai kepada hal- hal lain yang negative dan berlawanan dengan hukum. apparat hukumyang semestinya menyelesaikan masalah dengan fair dan tanpa adanya unsur pemihakan. maka tak pelak lahi kebangkrutan etika akan berimbas kepada seluruh sendi kehidupan masyarakat negara secara umum. seringkali harus mengalahkan integritasnya dengan menerima suap. masyarakat dengan jelas dapat menilai dari berbagai penberitaan media masa siapa yang bersalah siapa yang yang benar. seperti menyuap. Peraturan dan perundang- 8 . Di lain sisi dalam masyarakat muncul berbagai kemungkinanapabila dihadapkan pada suatu permasalahan. Secara alamiah seseorang selalu ingin dimenangkan dalam suatu perkara atau maslah atau diposisikan dalam keadaan benar. yang pada akhirnya akan memuaskan semua pihak. Tidak Efektifnya Peraturan dan Perundang-undangan Secara umum peraturan dan perundang-undangan berfungsi untuk mengatur sesuatu yang substansial dan merupakan instrument kebijakan (beleids instrument) yang berguna untuk memecahkan suatu masalah yang ada dimasyarakat. Dengan adanya peraturan dan perundang-undangan diharapkan berbagai permaslahanyang terjadi di masyarakat dapat dipecahkan dengan baik. Kondissi ini sudah semakin merata melanda apparat hukum yang ada di negara ini. Mereka bertindak seolah-olah selebritas dengan tetap melambaikan tangan atau tersenyum lebar seolah-olah tidak bersalah. Disisi sebaliknya. jelas dan berkeadilan. Hal ini terjadi karena anggapan bahwa mereka akan bebas dari tuduhan atau akan dengan mudah bebas dengan memberika upeti kepada penegak hukum yang mengadilinya. sedangkan bagi masyarakat miski keadilan hanyalah angan-angan saja.

Dalam konteks ini biokrasi memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pemerintah dalam menjalankan program dan kebijakannya untuk dirasakan publik. diikuti oleh Indonesia (8. dan Filipina adalah negara dengan performa biokrasi yang paling buruk di Asia. dan Filipina (8.53). Dalam pering PERC ini. Pada akhirnya suap adalah jalan yang ditempuh untuk itu. Pemerintah dalam konteks biokrasi diharapkan mempunyai organisasi biokrasi yang memiliki keunggulan teknis bentuk organisasi. Dalam standar angka 1 terbaik dan 10 terburuk. diikuti Hong Kong dengan (3. diikuti oleh Taiwan (6.37). india teratas dengan skor (9. Ada 10-12 prosedur yang harus dilewati dan ketidak jelasan waktu penyelesaian pengurusan menjadi sangat rentan terhadap tindakan korupsi. Banyak investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya ke Indonesia namun untuk medapatkan perizinan usaha dan investasi harus melalui biokrasi yang panjang dan berbelit. Korea Selatan (6. ketepatan. 9 .13). dan Cina (7. Indonesia menempati posisi nomor dua terburuk di Asia setela India. pengurangan fiksi dan baiaya material maupun personal dalam titik optimal. Biokrasi Tidak Efisien Survei terbaru yang dilakukan oleh PERC menunjukan bahwa tiga negara Indonesia.41). Sedangkan Singapura dan Hong Kong adalah yang yang paling efisien. 3 Juni 2010).93). Jepang (6.57). dan Thailand (5. Dalam kenyataan yang terjadi dalam biokrasi ini adalah ketidak efisienan.53). Singapura menduduki peringkat telah memiliki biokrasi yang paling efisien. Biokrasi seharusnya berorientasi kepada rakyat dengan mengutamakan kepentingan rakyat.97).59). Apabila biokrasi masih mengedepankan kepentingan sendiri atau kelompok maka tidak pernah ada jaminan bahwa bikrasi akan menjadi efisien. undangan yang berlaku menjadi mandul karena setiap perkara selalu diselesaikan dengan korupsi. PERC menilai buruknya kinerja biokrasi ditiga negara ini tidak hanya perlakuan terhadap warga negaranya sendiri tetapi juga asing. Kondisi ini sebenarnya sangat berlawanan dengan tujuan dan fungsi biokrasi diadakan yaitu untuk memberikan pelayanan kepada publik. Vietnam (8. Tidak efisiensinya biokrasi ini dianggap sebagai factor yang masuk menghalangi investasi asing masuk ke negara tersebut. kecepatan dan kejelasan. India.94) (Republika. Malaysia di tempat keenam dari bawah dengan skor (6. 3.60).13). dengan skor (2.

meningkatnya angka kriminalitas. penurunan produktivitas. dan citra pemerintah menjadi buruk di mata internasional karena kepercayaan pemilik modal asing menjadi goyah akibat dari krisis ekonomi yang berkepanjangan. akses rakyat terhadap pendidikan dan kesehatan menjadi sulit. B. rakyat Indonesia seharusnya dapat hidup lebih baik dan bahkan sangat mungkin untuk menjadi yang terbaik di dunia ini. Kesimpulan Korupsi sangat merugikan masyarakat di suatu negara karena korupsi dapat menghambat proses suatu pemerintahan untuk mengatasi berbagai macam hal seperti memperburuk kondisi ekonomi bangsa. Saran Dengan kekayaan yang sangat melimpah ini. Tidak ada orang yang kelaparan. BAB III PENUTUP A. keamanan suatu negara terancam. penuntasan kemiskinan berjalan lambat. Dampak di bidang ekonomi yaitu lesunya pertumbuhan ekonomi dan investasi. tidak ada orang yang menderita karena sakit dan tidak mampu untuk berobat. rendahnya kualitas barang dan jasa bagi public. kerusakan lingkungan hidup. serta biokrasi tidak efisien. dan meingkatnya hurang negara. Dampak di bidang biokrasi pemerintah yaitu matinya etika sosial politik. solidaritas sosial semakin langka dan demoralisasi. Dampak di bidang sosial dan kemiskinan masyarakat yaitu mahalnya harga jasa dan pelayana publik. tidak efektifnya peraturan dan perundang-undangan. terbatasnya akses bagi masyarakat miskin. menurunnya pendapatan negara dari sektor pajak. Sudah sewajarnya kalau penduduk Indonesia hidup sejahtera jika melihat kekayaan yang dimiliki tersebut. tidak ada lagi kebodohan karena setiap orang 1 0 .

tidak ada kemacetan yang parah karena kota tertata dengan baik. anak-anak tumbuh sehat karena ketercukupan gizi yang baik. tidak ada orang yang tinggal di kolong jembatan lagi karena semua orang mempunyai tempat tinggal layak. 1 1 .mampu bersekolah sampai tingkat yang paling tinggi.