You are on page 1of 13

SAP VITAMIN A

SATUAN ACARA PENYULUHAN
(SAP)

Pokok bahasan : Vitamin A
Sub Pokok Bahasan : Pentingnya vitamin A
Sasaran : Ibu yang mempunyai bayi dan balita
Waktu : 1 x 60 menit
Tempat : ……………………………………………

A. Tujuan Penyuluhan
1. Tujuan Umum
Setelah mengikuti penyuluhan, ibu-ibu dapat mengetahui tentang
pentingnya Vitamin A.
2. Tujuan Khusus
Setelah diberikan penyuluhan tentang vitamin A, para ibu diharapkan dapat :
- Mengetahui sumber vitamin A
- Mengetahui fungsi vitamin A
- Mengetahui apa akibat kekurangan vitamin A
- Mengetahui jadwal pemberian vitamin pada bayi dan balita

B. Materi (terlampir)
1. Sumber vitamin A
2. Fungsi vitamin A
3. Akibat kekurangan vitamin A
4. Jadwal pemberian vitamin pada bayi dan balita

C. Kegiatan Penyuluhan
Kegiatan
No Tahapan Waktu
Penyuluhan Peserta
1 Pembukaa - Memberikan salam Menangga 10
n - Perkenalkan diri pi menit
2 Pemberia - Memberikan Mendenga 30
n materi penyuluhan tentang rkan dan menit
vitamin A tahap demi menangga
tahap pi
- Memberi kesempatan
bertanya
- Menjawab pertanyaan

3 Evaluasi - Menggali pengetahuan Dapat 10
sasaran dengan memberi menit
memberi pertanyaan jawaban

4 Penutup - Memberi salam 10

1

Apa akibat kekurangan vitamin A? 4. Jakarta. Apa fungsi vitamin A dalam tubuh? 3. Apa saja sumber vitamin A? 2. Evaluasi 1. Tanya jawab c. Jakarta Diketahu Oleh Penyuluh 2 . Balai FKUI.Penutup menit D. Sumber Pustaka Pujiadi Solahin. 2002. . 2002. Ilmu Gizi Klinis pada Anak. Suparsiasi. Flip-chart F. EGC. Diskusi E. Metode a. Ceramah b. Alat/Media a. Kapan jadwal pemberian vitamin A pada bayi dan balita? G. Penilaian Status Gizi.

Untuk penglihatan Kebutuhan vitamin A untuk penglihatan dapat dirasakan bila kita dari cahaya terang diluar kemudian memasuki ruangan yang remang-remang gelapnya. Lemak hewan . Fungsi vitamin A dalam tubuh manusia a. Keju Bahan makanan yang mengandung banyak pro vitamin A diantaranya sayuran yang berupa daun seperti dalam kangkung. Begitu juga pada malam hari jika berpapasan dengan cahaya mobil yang memasang lampu yang menyilaukan. Perubahan sifat dan fungsi sel Vitamin A berguna untuk pembentukan sperma dan sel telur. mengurangi terhadap penyakit campak. ubi merah. anak-anak.Bahan makanan yang mengandung banyak vitamin A diantaranya Hati . wartel.……………)MATERI 1. Tanda pertama kekurangan vitamin A adalah rabun senja. d. pembuatan. dewasa dan masa tua.………. Mata membutuhkan waktu untuk dapat melihat.. minyak kelapa sawit. pepaya. pertumbuhan dan perkembangan janin. Pengertian Vitamin A Vitamin A merupakan zat gizi yang penting bagi manusia yang berguna bagi kesehatan mata ( agar dapat melihat dengan baik ) dan untuk kesehatan tubuh ( meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan penyakit ) Vitamin A hanya terdapat dalam jaringan hewani dan tidak terdapat pada tumbuhan. pembentukan organ tubuh. Fungsi kekebalan Vitamin A dapat mengurangi resiko terhadap penyakit infeksi pernapasan.) (……………………. (……………………. c. diare. masa bayi.……. dan lain-lain.menambah nafsu makan 3 . Suplemen vitamin A dapat memperbaiki penglihatan yang kurang bila itu disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Susu . Telur . Lain-lain : . 2. Pencegahan kanker dan penyakit jantung e.. b. Kecepatan mata beradaptasi setelah terkena cahaya terang berhubungan langsung dengan vitamin A.. Mentega .

Gangguan pertumbuhan Pertumbuhan gigi. Konsumsi kapsul vitamin A setiap 6 bulan sekali . 4 . . Jadwal Pemberian Vitamin A . pertumbuhan sel-sel. Perubahan pada kulit Kulit menjadi kering dan kasar.pembentukan sel darah melalui interaksi dengan zat besi 3. 4. Kapsul vitamin A berwarna biru diberikan pada bayi. Kapsul vitamin A berwarna merah diberikan pada balita . Perubahan pada mata Kelenjar air mata tidak dapat mengeluarkan air mata sehingga terjadi pengeringan pada selaput yang menutup kornea c.. Buta senja Yaitu ketidakmampuan menyesuaikan penglihatan dari cahaya terang ke cahaya samar-samar/senja b. Akibat kekurangan vitamin A Kekurangan vitamin A pada anak-anak balita a. Rambut menjadi kasar d. Vitamin A dosis tinggi pada bayi dan balita pada bulan Februari dan Agustus .

Penyebab pernikahan dini 5 . Menyebutkan pengertian pernikahan dini d. Usia reproduksi sehat 3. SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP) Pokok bahasan : Kesehatan Reproduksi Sub Pokok Bahasan : Pengetahuan tentang Kesehatan Reproduksi Sasaran : Remaja Putra/Putri Waktu : 1 x 30 menit Hari / tanggal : Jumat. Menyebutkan pengertian kespro b. Menyebutkan penyebab pernikahan dini e. Pengertian Kespro 2. Menyebutkan usia reproduksi sehat c. Tujuan Khusus Setelah mengikuti penyuluhan diharapkan sasaran mampu : a. Tujuan Umum Setelah mengikuti penyuluhan diharapkan sasaran dapat mengerti tentang reproduksi sehat 2. Pokok Bahasan 1. Tujuan 1. 21 Mei 2010 Tempat : Dirumah Ibu Rahima Rangkuti A. Menyebutkan dampak pernikahan dini B. Pengertian pernikahan dini 4.

Evaluasi Essay Test Mengajukan pertanyaan kepada sasaran 1. Alat/Media Flip-chart F. Tahapan-tahapan Kegiatan No Tahapan Waktu Penyuluhan Peserta 1 Pembukaa .Menjelaskan tahap penyuluhan demi tahap.Menanggapi 10 menit n . Metode a. dengan serius. Sebutkan dampak pernikahan dini! 6 . Sebutkan penyebab pernikahan dini! 5. D.Menjawab pertanyaan 3 Evaluasi .Memberi salam Menjawab salam 10 menit penutup. Dampak pernikahan dini C.Menyampaikan dan materi. 5.Dapat mengulang 10 menit pengetahuan sasaran kembali informasi dengan memberi yang telah pertanyaan didapat.Memberikan kesempatan bertanya 10 menit . . Sebutkan usia reproduksi sehat ! 3.Mengucapkan salam .Mendengarkan 30 menit materi .Menggali . Apakah pengertian pernikahan dini? 4. memperhatikan . Apakah pengertian kesehatan reproduksi? 2.Memperkenalkan diri . 2 Pemberian .Ceramah .Menggali pengetahuan (observasi) . Tanya jawab E. Ceramah b. 4 Penutup .

Untuk itu sudah menjadi kodrat manusia untuk hamil dan menghasilkan keturunan. b. 2. Umur 30-35 tahun ini dianggap sudah mulai berbahaya secara fisik dan sudah mulai menurun apalagi jumlah keturunan sebelumnya lebih dari 3 kali ibu hamil pada usia muda perkembangan fisiknya yang belum masih tidak dapat mencapai yang optimal sering didapati bahwa terkadang panggul ibu belum berbentuk sempurna sehingga menimbulkan kesulitan dalam proses persalinan karena adanya ketidak sesuaian antara kepala anak dan panggul ibu. 7 . untuk ibu maupun calon anak yang akan dilahirkan. 3. Pengertian pernikahan dini Pernikahan dini adalah pernikahan yang langsung pada usia kurang dari 20 tahun pernikahan sebaiknya dilakukan pada usia 20 tahun untuk wanita dan pria 25 tahun karena pada saat itu baik secara fisik maupun mental sudah siap menjalani bahtera rumah tangga. Umur 10-15 tahun dianggap seperti berbahaya untuk kehamilan sebab secara fisik. Kehamilan yang baik adalah kehamilan yang tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan jasmani yang tidak akan menimbulkan gangguan jasmani dan rohani. masih sangat muda dan belum kuat sekali. Umur 15-20 tahun masih sangat berbahaya meskipun lebih kurang resiko relatif lebih secara psikologi dianggap masih belum cukup matang dan dewasa untuk menghadapi kehamilan dan persalinan. Usia Reproduksi Sehat Salah satu faktor yang penting dalam kehamilan adalah umur ibu waktu hamil yang baik untuk keselamatan ibu dan janin adalah : a. Dari penelitian-penelitian yang ada menunjukkan bahwa resiko kehamilan baik ibu maupun bayi ternyata paling baik. c. KESEHATAN REPRODUKSI 1. d. Pengertian Reproduksi adalah suatu proses kehidupan manusia yang menghasilkan keturunan. ibu masih dalam tahap pertumbuhan organ-organ reproduksi. Umur 20-30 adalah kelompok umur paling baik untuk menghadapi secara fisik dan cukup juga dari segi mental wanita nasehat sudah cukup dewasa.

Meningkatkan resiko terkena kanker serviks Wanita yang menikah sebelum usia 20 tahun mempunyai resiko 2 kali lipat mendapat kanker dibandingkan wanita yang menikah pada umur lebih dari 20 tahun b. Meningkatkan resiko dalam kehamilan dan persalinan Ibu muda pada waktu hamil sering mengalami ketidak teraturan tekanan darah yang dapat berdampak pada keracunan kehamilan. Dampak pernikahan dini a.4. 8 .

Proses/Kegiatan Penyuluhan Kegiatan No Tahapan Waktu Penyuluhan Peserta 1 Pembukaa . Menyebutkan jenis-jenis penyakit menular seksual B. Menyebutkan pengertian penyakit menular seksual b. Defenisi 2. Pencegahan PMS 4. Jenis-jenis PMS C.Ceramah . Tujuan Penyuluhan 1.Menanggapi 10 menit n . Materi 1. Tujuan Khusus Setelah mengikuti ceramah diharapkan remaja dapat mengerti dan memahami tentang penyakit menular seksual a. 2 Pemberian .Mengucapkan salam . Menyebutkan cara pencegahn penyakit menular seksual d.Menggali pengetahuan (observasi) . Menyebutkan tanda-tanda penyakit menular seksual c.Memperkenalkan diri . Tujuan Umum Setelah mendapatkan penyuluhan diharapkan remaja dapat mengerti dan memahami tentang kesehatan reproduksi 2. SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP) Pokok bahasan : Kesehatan Reproduksi Sub Pokok Bahasan : Penyakit Menular Seksual Sasaran : Remaja Putra/Putri Waktu : 1 x 30 menit Tempat : Dirumah Bapak Marudut Sidabutar A. Tanda – tanda PMS 3.Mendengarkan 30 menit 9 .

Menggali . Sumber a. Sarwono. 1997 c. Bagaimana cara pencegahan penyakit menular seksual? d. Pengedalian Tanda Bahaya Kehamilan.Memberi salam Menjawab salam 10 menit penutup.Menjelaskan tahap penyuluhan demi tahap.Memberikan kesempatan bertanya 10 menit . Pembedayaan Wanita dalam Bidang Kesehatan. Diskusi E. Alat / Bahan a. Persalinan dan Nifas. dengan serius. . Depkes RI. Metode 1. Agust Burns.Menjawab pertanyaan 3 Evaluasi . Evaluasi a. Apa sajakah tanda – tanda penyakit menular seksual? c. Jakarta.Menyampaikan dan materi. Ilmu Kebidanan. Apa yang dimaksud dengan penyakit menular seksual? b.Dapat mengulang 10 menit pengetahuan sasaran kembali informasi dengan memberi yang telah pertanyaan didapat. Tanya jawab 3. materi . Prawirohardjo. Ceramah 2. 4 Penutup . memperhatikan . 2000 b. Yayasan Bina Pustaka. A. Apa sajakah jenis-jenis penyakit menular seksual? G. D. Flip Chart b. Buku Panduan F. Jakarta. Yayasan Esentia Media. Yogyakarta. 2001 10 .

Rasa sakit diperut bagian bawah c. Kanker serviks (mulut rahim) 2. Nyeri yang menetap di perut bagian bawah d. Tanda-Tanda PMS Adapun tanda-tanda PMS pada wanita : a. PMS dapat menyebabkan : a. Kematian karena infeksi berat (AIDS) c. benjolan di alat genital Tanda-tanda pada pria : 11 . Cairan yang tidak normal dari vagina b. Pengertian PMS adalah infeksi yang ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui hubungan seksual. Ulkus Ruam. Kemandulan baik bagi pria maupun wanita b. PENYAKIT MENULAR SEKSUAL (PMS) 1.

Jika terpaksa. Tanpa pengobatan dapat mengakibatkan cacat jantung. Beberapa minggu/beberapa bulan kemudian akan mengalami radang tenggorokan. Rasa panas / nyeri buang air kecil 3. Rasa panas atau nyeri bila buang air kecil 3. Ulcus kecil yang tidak sakit yang menyerupai jerawat. Syphilis Adalah suatu penyakit PMS yang berat yang mempunyai efek diseluruh tubuh dan bisa berlangsung sampai bertahun-tahun. Rasa panas / bengkak pada buah pelir b. Gonorhoe / Clamidia Keduanya merupakan penyakit serius yang dapat menyebabkan infeksi berat dan kemandulan pada pria dan wanita Tanda-tanda Gonorhoe dan Clamidia pada wanita : 1. kelumpuhan. Rasa nyeri diperut bagian bawah 5. timbul kelainan kulit Semua tanda akan hilang dengan sendirinya tetapi penyakit masih ada. Tidak melakukan hubungan seksual dengan pekerja seks komersial d. Cairan yang keluar dari penis 2. Cairan kuning atau hijau dari vagina atau anus 2. Ujung kepala penis merah meradang 3. aktivitas seksual dilakukan dengan menggunakan kondom yang dapat mengurangi resiko tertular PMS 4. penyebab adalah bakteri. Tidak berganti-ganti pasangan c. Rasa nyeri/berdarah sewaktu berhubungan seksual Tanda – tanda pada pria : 1. Tanda-tanda : 1. a. lecet. Pencegahan PMS a. Rasa panas dan nyeri saat buang air kecil b. penyakit jiwa dan kematian c. Jenis – Jenis PMS a. Demam 4. demam. Herpes Genetalia 12 . benjolan yang datar dan basah/ ulcus terbuka 2. Tidak melakukan seks diluar nikah b.

Gejala-gejala seseorang tertular AIDS terbagi ke dalam 2 jenis sebagai berikut : a. Rasa gatal. Yang terus menerus selama 1 bulan lebih. 13 . Tanda-tanda : 1. Coba hindari hubungan seksual sewaktu mengalami ulcus herpes 5. Penting : 1. Hati-hati jangan menyentuh mata sendiri/mata anak-anak 3. Melakukan aktivitas seksual melalui hubungan seksual umumnya dapat menyebabkan seseorang tertular virus ini. AIDS disebabkan oleh virus HIV (Human Immuno Deficiency). Campur air bersih dengan baking soda/tepung kanji sehingga berbentuk kanji kemudian diletakkan diatas ulcus. Duduk dan rendam pantat di air yang bersih 4. HIV / AIDS AIDS adalah sebuah singkatan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome artinya gejala menurunnya sistem kekebalan tubuh seseorang. Adalah jenis PMS yang disebabkan oleh virus yang dapat menyerang di alat genetalia. Buat kompres dengan cara merendam kain bersih yang dingin 3. Untuk tidak mengganggu atau membuat kelihatan sehat. Luka lecet kecil yang luka di kelamin membentuk ulcus terbuka dan sakit didalam genetalia Tidak ada obat yang menyembuhkan penyakit herpes. rasa panas di mulut genetalia atau paha 2. Cuci tangan dengan sabun dan air bersih setelah menyentuh ulcus 2. Melakukan aktivitas seksual seperti anak seks atau oral seks 2. Letakkan es diatas ulcus 2. Proses penularan AIDS melalui hubungan seksual dilakukan dengan cara sebagai berikut : 1. maka anda dapat melakukan hal ini : 1. Demam yang berkepanjangan selama 1 bulan atau lebih c. Menurunnya berat badan sekitar 10% dalam waktu singkat b.