You are on page 1of 17

Art Nuveau-Prancis

Art Nouveau lebih menitik beratkan pada konsep pemahaman kehidupan
modern dan metode produksi. Seniman diharuskan berkreasi mulai dari arsitektur
hingga furniture design, sehingga seni merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari.
Keindahan dan harmoni merupakan bagian dari kehidupan keseharian; seniman turut
serta membuat kehidupan manusia lebih indah.

Dinamis,mengalir, dengan garis lekukan yang sangat mencerminkan karakter
Art Nouveau.Karya Art Nouveau biasanya dicirikan dengan bentuk-bentuk plastis dan
organis, tapi tetap mengandalkan prinsip-prinsip geometris. Seperti kebanyakan
gaya pada umumnya, Art Nouveau memiliki bentuk yang harmonis. Ciri utamanya
adalah garis-garis mengalir. Pola itu berdasarkan bentuk tumbuhan dan pengaruh
lukisan Jepang. Art Nouveau Style merupakan gaya extravaganza dengan ornamen
yang terinspirasi dari alam seperti flora yang penuh dengan sulur-sulur, kelopak
bunga dan kecantikan wanita.

Art Nouveau sangat mempengaruhi perkembangan gaya De Stijl (Belanda;
1920an) dan Sekolah Bauhaus di Jerman (1920an-1930an).

Nama ‘Art Nouveau’ berasal dari nama sebuah toko di Paris, Maison de l’Art
Nouveau, yang dimiliki oleh Siegfried Bing, yang memamerkan benda-benda yang
memiliki ciri desain aliran art nouveau.

Karakter Art Nouveau

Dinamis,mengalir, dengan garis lekukan yang sangat mencerminkan karakter Art
Nouveau.Karya Art Nouveau biasanya dicirikan dengan bentuk-bentuk plastis dan
organis, tapi tetap mengandalkan prinsip-prinsip geometris. Seperti kebanyakan
gaya pada umumnya, Art Nouveau memiliki bentuk yang harmonis. Ciri utamanya
adalah garis-garis mengalir. Pola itu berdasarkan bentuk tumbuhan dan pengaruh
lukisan Jepang. Art Nouveau Style merupakan gaya extravaganza dengan ornamen
yang terinspirasi dari alam seperti flora yang penuh dengan sulur-sulur, kelopak
bunga dan kecantikan wanita.

Di Indonesia art nouveau dikenal juga sebagai aliran semarangan cirinya adalah
garis-garis menggelombang dengan bunga. Gaya ini juga terlihat pada sisa-sisa
bangunan kolonial di Indonesia.

Contoh Banguan Art Nuveau Sagrada Familia ("Expiatory Temple of the Holy Family" .

\ Tokoh –Tokoh Art Nuveau – Alfonse Mucha (1860-1939) – Charles Rennie Mackintosh (Inggris) – Henry Van De Velde (Ausria) – Antoni Gaudi (seorang Arsitek Spanyol_ Aubrey Beardsley – Felix Bracquemond (1833-1914. Swiss atau Perancis) – Aubrey Beardsley (1872-1898 ) – József Rippl-Rónai (1861-1927 ) – Valentin Serov (1865-1911) Antony Gaudi Contoh lain Mahakarya La pedrera Swakomund . Perancis) – Eugene Grasset (1845-1917.

sering panduan arsitektur mengabaikan mereka. kota hampir setiap besar Jerman masih memiliki Art Nouveau bangunan yang dapat Anda temukan di buku-buku tidak tetapi dengan berkeliaran di 1900 blok. Itu tergantung banyak sudut pandang. Arsitek Behrens terlihat misalnya sebagai milik dua gerakan. Berbagai gerakan Secession diciptakan di kota-kota utama kekaisaran Jerman pada akhir abad ke-19 Ini gerakan dan seniman di "seni terapan" relatif baik dipelajari sedangkan arsitektur Art Nouveau tidak seperti yang dikenal di Jerman saat ini. Meskipun kehancuran Perang Dunia II. Museum Künstlerkolonie . kekaisaran Jerman diperintah oleh Prusia. Bruxelles Jugend Stijl Jerman Batas antara Art Nouveau dan sekolah fonctionalism (Bauhaus) dari Gropius sangat bergerak. Kota Strasbourg karena itu dijelaskan dalam konteks Jerman. Literaly itu adalah gaya majalah yang disebut "Jugend" (yang berarti pemuda). perbatasannya termasuk Alsace dan Lorraine yang dianeksasi pada tahun 1870 dari Perancis dan sekarang kembali ke Prancis. dan itu dibagi dalam banyak "pangkat seorang duke besar" yang memiliki otonomi yang terbatas terhadap kekuasaan pusat dari Guillaume II. Pada tahun 1900. Jugend diciptakan pada tahun 1897 di München. Kata Jerman untuk "Art Nouveau" adalah Jugendstil.

Germany. Art Nouveau house at Ainmillerstraße 22. façade De stil. Belanda De Stijl atau dalam Bahasa Inggris The Style adalah gerakan seni di sekitar tahun 1920an. Konsep ini berkembang seiring terjadinya perang dunia pertama . Bavaria. Central Munich.

Gaya ini disebut sebagai neo-plastisisme. Ini yang menyebabkan Mondrian mengembangkan sendiri abstarksi dengan menghilangkan berbagai garis lengkung sehingga tersisa garis vertikal dan horisontal. Schröder House Villa Tugendhat . De Stijl adalah nama dari sebuah majalah seni di belanda. Pada awalnya Mondrian banyak dipengaruhi oleh kubisme-nya Picasso. De Stijl menggunakan bentuk- bentuk geometris dengan susunan konstruksi yang sangat teknis. 1994:20). Komunitas seni De Stijl kemudian berusaha memenuhi keinginan masyarakat dunia mengenai sistem keharmonisan baru di dalam seni. Tokoh utama pendirinya adalah Piet Mondrian. Dilihat dari bentuknya yang demikian de stijl dapat disebut sebagai bagian dari aliran atau gerakan seni eropa yang dinamakan konstruktivisme. Namun kubisme tidak mengembangkan abstraksi secara optimal sebagaimana yang diinginkan oleh Mondrian : “the expression of pure reality” (Fachereau.yang berlarut-larut. tidak ilustratif ataupun naratif. De stijl adalah aliran seni yg tidak representasional.

meskipun istilah ini sebenarnya sudah digunakan olehnya pada 1917 di Belanda dengan frasa Nieuwe Beelding. Hanya bentuk geometris dapat digunakan.P. Dalam majalahnya. Majalah de stijl. salah seorang seniman yang terkenal pada zaman ini kemudian mempublikasikan manifes seni mereka Neo-Plasticism pada tahun 1920. Piet Mondrian. biru. • Permukaan harus pesawat persegi panjang atau prisma. Schoenmaekers. • Tidak ada kurva. abu-abu dan putih. • Selain itu. J. ditambah hitam. tidak ada diagonal. merepresentasikan karya - karya dan dasar . Pelukis Theo van Doesburg kemudian mempublikasikan artikel De Stijl dari 1917 hingga 1928. tidak ada lingkaran. Tokoh dalam grakan de stijl-Inggris .dasar teoretis dari gerakan seni ini kepada pembaca - pembaca internasional. dalam artian yang sama bahwa seni telah menciptkan plastikisme Ciri-ciri aliran neo plasticism : • elemen komposisi utama menjadi garis lurus atau daerah persegi panjang. • Balance dicapai dengan hubungan antara motif geometris.J. berusaha untuk asymmetricality kuat. warna-warna berani harus seimbang garis langsung tebal. H. Oud dan Gerrit Rietveld. mengabaikan bentuk alami dan warna. • Pilih hanya warna primer (merah. dan arsitek J. menyebarkan teori-teori kelompok ini. kuning). dicetak sekitar tahun 1917 dan 1932.Aliran Neo Plasticism Konsep de Stijl banyak dipengaruhi filosofi matematikawan M. Piet Mondrian menulis "Visi plastik yang murni harus membuat satu buah komunitas baru. Perupa de Stijl antara lain pematung George Vantongerloo. • Tidak ada simetri: sebaliknya.

Gerakan ini berlangsung di Inggris dan Amerika yang didasari perlawanan akan revolusi industri. John Ruskin ini sendiri adalah seorang seniman eksentrik yang mempunyai pengaruh cukup besar pada seni era Victorian dan Edwardian. Karena para seniman beranggapan karya-karya yang dihasilkan oleh mesin hasilnya monoton dan karya tersebut seperti kehilangan jiwanya. yang dianggap sebab utama hilangnya keindahan individual. Penganutnya menolak estetika yang dihasilkan oleh produksi secara massal.  Piet Mondrian (1872 – 1944)  Theo van Doesburg (1883 – 1931)  Ilya Bolotowsky (1907 – 1981)  Marlow Moss (1890 – 1958)  Amédée Ozenfant (1886 – 1966)  Max Bill (1908 – 1994)  Jean Gorin (1899 – 1981)  Burgoyne Diller (1906 – 1965)  Georges Vantongerloo (1886 – 1965)  Gerrit Rietveld (1888 – 1964)  Bart van der Leck (1876 – 1958) Karya Seni De stijl Art and Craft Movement (Inggris) Art and Craft Movement atau dalam bahasa Indonesia disebut Gerakan Seni dan Kriya adalah suatu gerakan pada akhir masa revolusi industri yang mementingkan komitmen kerja dan keindahan. Beliau juga menulis sebuah buku . Gerakan Seni dan Kriya ini diinspirasikan oleh tulisan-tulisan tangan John Ruskin dan oleh para seniman yang membanggakan hasil kerja tangannya.

roccoco. yang dia sebut sebagai demokratisasi seni. Art and craft movement memberikan kesan kembali ke periode gothic. pikiran bebasnya tentang ekonomi social dan menolak kapitalisme menjadi tonggak Gandhi untuk memperjuangkan kemerdekaan India. art and craft movement terbagi atas dua aliran besar. Klasifikasi: Secara garis besar. pengrajin. Rasionaliasi desain oleh kalangan modernis-formalis 2. Muthesius. dan arsitek. Kata-kata Arts and Crafts sendiri digunakan atas usul T J Cobden-Sanderson. Salah satu ciri utamanya adalah karya seni dibuat secara individu oleh seniman dengan sentuhan artistik yang khas. Orang-orang eropa merasakan pentingnya penggunaan mesin. dan renaisans. yang disaat itu bangsa jerman dekat dengan penggunaan mesin. yang kemudian melahirkan Art Nouveau Contoh karya  Cover majalah studio 1888 – tidak dikenal  Cover majalah “Craftsman” – Gustav Sticley  Halaman buku “” – Aubrey Breadsley Building Style . Ruskin membentuk Art Workers’ Guild pada 1884 untuk meruntuhkan penghalang antara pelukis. Sebenarnya gerakan ini walau menolak pembuatan karya seni dengan mesin. bukanlah gerakan yang anti modernisme dan anti industrialisme. merasakan bahwa seni harus disebarluaskan. tapi hanya untuk pekerjaan yang berulang-ulang. Setiap karya digarap dengan serius dan teliti. yang merupakan kepala desain pemerintahan Jerman. yaitu: 1. Bersama William Morris. Dan karena pendapatnya ini terjadi konflik antara dia dan Henry Van de Velde yang merasakan produksi masal adalah ancaman untuk kreatifitas dan individualitas. Stilasi desain oleh kalangan stylish. yang nantinya menginspirasi Mahatma Gandhi untuk gerakannya.

in Ramsgate. by Frank Shayler. Pugin's house. "The Grange". Contoh seniman: – William Morris – Owen Jones – Gustav Sticley – Aubrey Breadsley – Arthur Mc.Uptown. Newtown. 1843. Venice. District. The Robert Owen Museum. Warren Arts andWilson CraftsBeach Tudor Home House in (The the Buena Park Historic VenicemBeach House). Murdo – Adolf Loos – Michael Tonet .

mobil. dan elemen kadang bahari. telepon. dan kebetulan adalah interior Moderne pertama diawetkan di museum. Produsen jam. Amerika melihat suatu hal yang baru dari Art Deco-yaitu. sebuah array dari desainer cepat ultra-modern dan efisien desain dari benda sehari-hari. radio. atau beiges. yang digagas oleh Hermann Muthesius (lihat misalnya Mossehaus). The Strand Palace Hotel foyer (1930). gerakan terhubung ke Werkbund Jerman. Akibatnya. Sebagai Depresi Besar tahun 1930-an berkembang. Gaya ini adalah yang pertama untuk memasukkan cahaya listrik ke dalam struktur arsitektur. dan banyak peralatan rumah tangga lainnya memeluk konsep. garis horizontal panjang. bentuk silinder dan windowing horizontal panjang juga dapat dipengaruhi oleh konstruktivisme. atau Art Moderne. Sejarah Bangunan merampingkan pertama berevolusi dari karya seniman New Objektivitas. Gaya arsitektur yang menekankan melengkung bentuk. adalah salah satu penggunaan pertama kaca arsitektur menyala secara internal. adalah jenis akhir dari arsitektur Art Deco dan desain yang muncul pada 1930-an. Karakteristik Karakteristik umum dari Streamline Moderne dan Art Moderne  orientasi horisontal ujung bulat. Dalam kelas ruang makan Normandie. konsep pertama kali disusun oleh desainer industri yang dilucuti desain Art Deco ornamen dalam mendukung konsep murni online aerodinamis gerak dan kecepatan dikembangkan dari pemikiran ilmiah. diawetkan dari pembongkaran oleh Victoria dan Albert Museum selama tahun 1969.  biasanya semen (halus plester finish) atap datar dengan mengatasi alur atau garis horisontal di dinding warna tenang: warna dasar yang biasanya nada bumi cahaya  .Art Moderne-Italia Streamline Moderne.  dan warna lis yang biasanya warna gelap (atau logam cerah) untuk kontras dari dasar cahaya Karya Seni . off-putih. merampingkan. dilengkapi 1933-1935. furniture.  sudut jendela dinding bata kaca jendela kapal jendela hardware Chrome Halus eksterior permukaan dinding. dan 38 kolom menyala dari dalam menyinari ruangan. dua belas pilar tinggi dari Lalique kaca.

Cleveland. Ohio Rico Contoh Bangunan .The Normandie Hotel. in San Juan. Puerto Greyhound bus terminal.

. yang menghasilkan manifesto pertama. Sebuah kultus usia mesin dan bahkan pemuliaan perang dan kekerasan di antara tema-tema yang Futuris (beberapa futuris terkemuka tewas setelah sukarela untuk berperang di Perang Dunia I).ciri 1. dan seniman (seperti Umberto Boccioni. Memanfaatkan prinsip aneka tampak atau ( multiple viewpoints ) 3. Karya seni menangkap unsur gerak dan kecepatan 2. urgensi dan lirik: itu adalah bagian dari Futurisme. dan gaya untuk mengekspresikan kecepatan dan kesamaan waktu. Bagaimana menangkap unsur gerak dan kecepatan dalam lukisan. garis-garis dinamis yang panjang. Fortunato Depero. gerakan menarik tidak hanya penyair. yang. Manifesto Futurisme pada tahun 1909. dan Enrico Prampolini) tetapi juga sejumlah arsitek. musisi. teknologi dan kehebatan eksistensi mesin – mesin. kecepatan menyarankan. San Francisco (1935). ditandai dengan chromaticism kuat. Keadaan objek yang bergerak digambarkan secara berlebihan 8. Menggunakan tipografi sebagai unsur ekspresi dalam desain 4. Ciri . meskipun bangunan kecil. Memperhatikan tentang kedinamisan . Memiliki tema dinamisme universal 7. Aliran ini mendukung perkembangan tipografi sebagai unsur ekspresi dalam desain ( artinya bahwa huruf digunakan sebagai lambang rupa untuk menyampaikan suatu makna ). . kedisiplinan. sebuah gerakan seni yang didirikan oleh penyair Filippo Tommaso Marinetti . gerak. Konsep ruang dan waktu melebur atau tidak ada 6. Bertolak pada sensasi optik. Hamilton. Kelompok terakhir termasuk arsitek Antonio Sant'Elia. Ontario Futurism-Italia Pengertian Futurisme merupakan aliran seni lukis yang mengimbangi segala sesuatu yang serba cepat dan dinamis. Giacomo Balla. 5. now the Maritime . menerjemahkan visi futuris ke dalam bentuk perkotaan. Sejarah Arsitektur futuris adalah bentuk awal abad ke-20 arsitektur lahir di Italia. nowMuseum the Maritime (1937)Museum in San (1937) in San Francisco's Aquatic Francisco's Park Aquatic Park Judge's tower inHamilton the Aquatic Hydro-Electric Park Historic System Building District.

13. 11. ketidaksabaran. as rebuilt Building the Aswan Dam in 1902 caused the loss of many Egyptian antiquities Bangunan The Partially Inundated Temples of Study for a Power Station.C. the Philae After 1902 1913. Lukisan adalah rumusan artistik yang harus merekam kompleksnya realitas. benda-benda yang terlihat dan terasa. 190 B. dan digambarkan dalam waktu yang sama 12. dan penyusunannya karyanya sebagai suatu kesatuan. The Low Aswan Dam. saling menembus. in San Umberto Boccioni. Karya Seni The Normandie Hotel. Memiliki ide-ide seperti ketertutupan. Pandangan karya yang mementingkan masa depan. c. Membentuk gambar sintesa yang menunjukan fase – fase yang berjajar 10. Puerto Rico 1912 (reworked 1913) Samothrace. Penyatuan karakter dari elemen-elemen yang berbeda-beda dalam sebuah acuan. 9. memperlihatkan bentuk-bentuk realitas yang berbeda. Materia. Antonio Sant’Elia . ekstrim dalam hubungan langsung dengan nilai-nilai futurisme 14.E. Karakteristiknya juga meliputi garis-garis yang tidak rata yang mengkomunikasikan energy dari gerakannya. 15. Nike (Winged Victory) of Juan. yang dekat dan yang jauh.

Dua benang yang berbeda muncul. seni konstruktivis telah berusaha untuk menerapkan visi cubist tiga dimensi untuk sepenuhnya abstrak non-tujuan 'konstruksi' dengan elemen kinetik. Tatlin's Tower. gerakan yang dihasilkan banyak proyek perintis dan bangunan selesai. Varvara Stepanova dan Vladimir Tatlin. 1919 Sejarah arsitektur konstruktivis muncul dari gerakan seni konstruktivis yang lebih luas. Meskipun itu dibagi menjadi beberapa faksi yang bersaing.Konstruktifisme-rusia Arsitektur konstruktivis adalah suatu bentuk arsitektur modern yang berkembang di Uni Soviet pada tahun 1920 dan awal 1930-an. sebelum jatuh dari nikmat sekitar tahun 1932. Dikombinasikan teknologi canggih dan teknik dengan tujuan sosial terus terang Komunis. yang pertama dikemas dalam Naum Gabo ini Realis manifesto Antoine Pevsner dan yang berkaitan dengan ruang dan irama. kelompok yang lebih berorientasi sosial yang ingin seni ini untuk diserap dalam produksi industri Perkembangan Arsitektralnya Proyek arsitektur konstruktivis pertama dan paling terkenal adalah usulan 1919 untuk kantor pusat Komintern di St Petersburg oleh Futurist Vladimir Tatlin. yang tumbuh dari Futurisme Rusia. Setelah Revolusi Rusia tahun 1917 ternyata perhatian terhadap tuntutan sosial baru dan tugas industri diperlukan dari rezim baru. Meskipun tetap tidak terbangun. kedua mewakili perjuangan dalam Komisariat untuk Pencerahan antara mereka yang berpendapat untuk seni murni dan Productivists seperti Alexander Rodchenko. Ia telah meninggalkan efek pada perkembangan selanjutnya dalam arsitektur ditandai. sering disebut Tatlin Menara. bahan-kaca dan baja-dan etos futuristik dan pandangan politik (pergerakan volume internal .

1933 . 1927 Political Convicts House in Saint Petersburg. pahatan. konstruksi relief yang tidak representational. kinetic dan lukisan.Poster Politik Red Wedge Red Wedge "Russische Ausstellung" karya El Lissitzky Bangunan "Ogonyok" Zuev Workers' Club. dimaksudkan untuk melambangkan revolusi dan dialektika) mengatur nada untuk proyek-proyek dari tahun 1920-an. Selama Perang Saudara Rusia kelompok UNOVIS berpusat pada Kasimir Malevich dan Lissitzky merancang berbagai proyek yang memaksa bersama 'non-tujuan' abstraksi dari Suprematisme dengan tujuan lebih utilitarian. Proyek konstruktivis awal lain yang terkenal adalah Lenin Tribune oleh El Lissitzky (1920). menciptakan konstruktivis yang ideal cities Ciri-ciri Gaya Seni / Gaya Desain Konstruktivisme adalah Gaya yang lebih mengarah ke optimistis. Aspek Konstruksi adalah proses dalam mengolah materi tersebut. 1927 Rusakov Workers' magazine designed by El Club in Moscow by Konstan Lissitzky tin Melnikov. sedangkan Aspek Faktura adalah pemilihan bahan / materi yang tepat dalam sebuah karya. Dalam karya seni konstruktivisme juga banyak dijumpai unsur-unsur bidang geometris Karya Seni Beat the Whites with the Beat the Whites with the 1929 . podium pembicara bergerak ini. Dalam gaya Desain Konstruktivisme terdapat 3 Aspek penting antara lain: Aspek Tektonik adalah seperti tujuan / maksud si pembuat karya / desainer dalam menggunakan bahan / materi.

(1890-1977)  Antonie Pevsner.(1886- 1962)  Liubov Popova .(1922-1994) .Van Nelle Factory in Rotterdam by Leendert van der Vlugt (and Mart Stam) 1927– Tokoh Kontuktivisme :  Vladimir Tatlin.(1885- 1953)  Naum Gabo.(1889- 1924)  Sergei Eisenstein- pembuat film (1898-1948)  John Ernest .