You are on page 1of 26

BAB IV

SYARAT DAN STANDAR STADION
SEPAK BOLA

4.1 Syarat-syarat Stadion Sepak Bola
Menurut buku Technical recommendations and requirements, ada beberapa syarat
yang harus dimiliki oleh stadion sepak bola, yaitu :

4.1.1 Persyaratan Lokasi
4.1.1.1 Lokasi
Stadion haruslah berada pada lokasi yang sangat mudah dalam aksesnya. Selain itu
juga stadion harus memiliki lahan yang luas dan juga aman untuk semua baik itu pemain
ataupun penontonya yang datang menggunakan berbagai kendaraan, termasuk bagi para
supporter yang datang dengan berjalan kaki. Menurut standar untuk pintu atau gate
kedatangan supporter ke stadion haruslah berada tersebar dan juga memiliki banyak pilihan.
Selain itu perlu adanya area kosong yang menjadi persyaratan utama dalam membangun
stadion yang bertujuan untuk pengembangan satadion kedepannya, misalnya untuk
perluasan tempat parkir maupun jalan . Stadion terkenal di dunia dikembangkan di lokasi
dengan jangkauan jalan, bangunan, dan jalur pejalan kaki yang tersebar luas di sekitar
stadion. .
(R.Delmont, C.R. Botta, R.Reddy, 2011:33)

(Gambar lokasi stadion diambil dari Technical recommendations and requirement
- Hal 33)

4.1.1.2 Lahan

Dalam standar FIFA, lahan yang lebih besar akan memaksimalkan potensi stadion,
bisa dari jalur akses maupun ketersediaan tempat parkir. Sedangkan stadion yang terletak di
kawasan sepi seperti pedesaan dan jauh dari kota besar serta transportasi publik, disyaratkan
untuk memiliki lahan yang luas dan jalan yang memadai. Terutama jalan, akses yang banyak
atau tidak hanya satu pilihan akan menjadi faktor utama yang mempengaruhi aliran penonton
yang datang dan pergi, yang juga akan langsung berdampak pada kemacetan lalu lintas di
sekitar stadion. (R.Delmont, C.R. Botta, R.Reddy, 2011)

4.1.1.3 Transportasi
Pertandingan di stadion akan membuat sibuk bagi sistem transportasi, pemerintah
lokal, polisi, dan juga warga sekitar. Elemen infrastruktur yang penting dalam hal ini adalah
ketersediaan dan perkembangan sistem transportasi umum yang mudah diakses dan juga
efektif.Selain jalan, halte bus dan stasiun kereta juga menjadi pertimbangan lainnya. Perlu
diingat juga mayoritas penonton datang menggunakan kendaraan bermotor seperti sepeda
motor maupun mobil. Parkir bagi kendaraan besar seperti bus juga harus tersedia dan terletak
tidak terlalu jauh dari pintu utama stadion, apalagi untuk bus kesebelasan.

(Gambar lokasi stadion diambil dari Technical recommendations and requirement
- Hal 34)

1.2. (Gambar jarak ideal diambil dari Stadia A Design and Development Guide Hal-45) Sementara itu. 2011:34) 4. Sherard dan Vickery. angkutan umum.1 Jarak Pandang Jarak pandang pada stadion didefenisikan berdasarkan kamampuan pandangan dari penonton pada baris terjauh terhadap suatu benda di lapangan. dan 190 meter adalah jarak terjauh untuk melihat ke sudut terjauh lapangan.Reddy. Idealnya. kereta api.1.2 Geometri Lapangan .2007:45) 4. pusat komersial terdekat.2 Persyaratan Bangunan Stadion 4. terdapat jalan besar (jalan dengan 3-4 jalur). R. dll). (R. sudut pandang yang paling optimal yaitu 150 meter dari titik sudut lapangan terjauh. stadion yang baik adalah stadion yang terletak di tengah kota dengan akses transportasi umum yang beragam (bus. Jarak pandang penonton optimal/paling nyaman adalah berjarak 90 meter dari pusat lapangan. Untuk stadion dengan ambisi menjadi stadion internasional (menyelenggarakan Piala Dunia atau Olimpiade) harus memiliki lokasi yang terjangkau dari hotel terdekat. tapi juga bisa disewakan untuk acara lain. jalur sepeda. Botta.R. Hal ini menjadi penting karena stadion tidak hanya digunakan untuk acara olahraga saja.1.Delmont. (John. C. dan juga airport. dan juga parkir yang luas.2.

Botta. Lebar zona bebas di keempat sisi ditentukan minimal 2. Di setiap corner lapangan terdapat seperempat lingkaran dengan radius 1 meter.5 meter kearah lapangan pertandingan. (Gambar geometri lapangan diambil dari Technical recommendations and requirement -Hal 65) Gawang memiliki jarak antara tiang 7.24 meter dari tanah.Delmont. Kedua garis tersebut dihubungkan dengan menarik garis yang sejajar dengan goal line. Titik tengah lapangan ditandai dengan titik dengan lingkaran dengan radius 9. Penalty area dibuat dengan cara menarik garis tegak lurus 16.00 meter.5 meter dari goal post dan 16.Reddy. Tiang gawang dan crossbars harus di cat putih. (R. Pertandingan sepak bola dapat dilakukan di lapangan rumput maupun rumput sintetis. Selain itu tiang gawang harus tertanam atau permanen.5 meter dan berujung tumpul.R. R. Lebar maksimal 75 meter dan panjang maksimal 110 meter. C. Untuk area corner.15 meter. panjang minimum 100 meter. Titik penalty berada tepat di tengah-tengah goal post 11 meter dari goal line. Dimensi lapangan sepak bola. 2011:65) .32 meter dan tinggi 2. Bendera corner memiliki dimensi tidak lebih dari 1. namun di sisi belakang gawang minimal 3.50m. lebar minimum 64 meter.

b.50 cm dan maksimal 5 cm.03 m. yang terletak 30 cm dari sisi dalam kurb di dalam lintasan lari.  Panjang lintasan harus diukur dari garis imajiner.50 m.  Kemiringan lintasan pada arah memanjang (arah berlari) ditentukan 0-0.50 m dengan panjang minimal 11.  Lebar Kurb maksimal 5 cm dan tidak mempunyai sudut yang tajam.  Lebar zona bebas di ke empat sisi.  Lebar batas lintasan minimal 2. (Gambar Lintasan Atletik diambil dari dari Stadia A Design and Development Guide Hal-96) Pada Gambar diatas menjelaskan skema kombinasi peletakan lapangan atletik dengan didalamnya terdapat lapangan sepakbola yang dapat difungsikan sekaligus untuk area . Ketentuan ukuran Lintasan Atletik.  Panjang bagian lurus dari lintasan lari minimal 70 m.50% dan maksimal 1% ke empat arah. Ketentuan ukuran Lapangan Sepak Bola. dan maksimal 400.  Lebar setiap lintasan ditentukan 122 cm.  Lengkung lintasan harus merupakan busur setengah lingkaran. a.  Dengan ukuran standar panjang 100-110 meter (115 yard) x lebar 65-70 meter (74 yard). di sisi belakang gawang minimal 3.60 dan maksimal 0. maksimal 80 m.  Perbandingan antara lebar dan panjang lapangan sepakbola ditentukan minimal 0. ditentukan minimal 2.00 m.70.1% dan pada arah melintang 0-1%.  Panjang lintasan harus minimal 400 m.  Kemiringan permukaan lapangan ditentukan minimal 0.

2.Reddy.2007:96) 4.3 Orientasi Lapangan Lapangan pertandingan harus berorientasi Utara-Selatan yang disesuaikan dengan letak geografis dari lokasi bangunan stadion yang akan dibangun. Untuk mengantisipasi genangan air di lapangan pada saat hujan. Sherard dan Vickery.1. Selain itu ada jenis rumput yang biasa di gunakan untuk lapangan olahraga yaitu.R.2. Botta. ( Neufert. (R.4 Rumput Lapangan Permukaan rumput harus benar-benar rata dan terukur. 2011:71) (Gambar diambil dari Technical recommendations and requirementHal 71) .Delmont. C. tolak peluru dan lempar cakram. kelebihan rumput sintetis yaitu bebas pemeliharaan (tidak perlu disiram) namun harganya mahal sehingga memerlukan modal yang besar di awal. lapangan harus dipasangkan pipa drainase dibawah permukaan lapangan. Rumput sintetis (atificial grass) sangat cocok digunakan untuk macam-macam jenis olahraga. Lintasan lari dapat digunakan untuk trek lari 100 meter hingga maraton. dan rumput sintetis cocok digunakan di segala iklim. Dengan pilihan lintasan loncat galah dan lompat jauh diletakkan di luar lintasan lari 400 meter. dengan 150mm di bawah campuran pasir berpori atau campuran tanah. R.pengukuran lepar lembing. 1994 : 149) 4.1. lontar martil. untuk rumput alami harus memiliki sistem pengairan yang baik pada iklim kering pada iklim dingin lapangan pertandingan harus dilengkapi sistem pemanasan bawah tanah untuk mencegah lapangan yang membeku saat musim salju. (John. Permukaan rumput sintetis hanya mampu bertahan 6 sampai 8 tahun. Ernst.

2. 2011:71) (Gambar drainase diambil dari Technical recommendations and requirement Hal 71) 4. C. maka sumber daya alternative sendiri dapat menggantikannya tanpa terputus terlebih dahulu. Untuk menjamin hal itu maka stadion diharuskan memiliki dua sumber alternative daya yang tidak terikat satu sama lain.Delmont. untuk pertandingan dibutuhkan minimal 300 lux. (R. sebagai standard yang menjamin kejelasan penglihatan penonton. Botta. R.1. Power supply tersebut harus tersedia seandainya terjadi kegagalan dalam supply daya utama.8 mm/m2 dalam waktu 90 menit atau perkolasi 120 ltr/detik/ha dalam waktu 15 menit. Maka. pemain dan peserta lainnya dan tentunya memungkinkan pertandingan disiarkan di televisi. Apabila dilakukan pengambilan audio dan video dokumentasi dibutuhkan minimal 1000 lux. Ukuran atau dimensi drainase harus didasarkan pada ketentuan.Reddy.1.2.R. sehingga diperlukan lubang drainase dengan diameter 1 inc setiap 25m2 permukaan lapangan.1. bahwa lapangan harus dapat menyerap dan mengeringkan air hujan dengan curah 10.seluruh area permukaan lapangan harus mendapat penerangan. 4. .6 Lampu Stadion Perencanaan tata cahaya didasarkan atas tingkat pencahayaan di stadion.5 Drainase Lapangan pertandingan harus dilengkapi dengan sistem drainase untuk mengantisipasi kemungkinan terhenti/batalnya pertandingan akibat genangan air. 4.2. untuk latihan dibutuhkan minimal 100 lux.6 Power Supply Untuk pertandingan top level biasanya permainan dimainkan di sore hari.

R. Dari titik tengah sisi penjaga gawang minimal membentuk sudut 10 dan maksimal 25º.8 Service Track Service Track ini disediakan untuk memfasilitasi pergerakan di dalam area permainan.Reddy. 2011:175) 4. C.2. ambulans.Bila posisi cahaya diletakkan di dalam stadion.1. Botta.R.Delmont. (R. Generator set harus dapat bekerja maksimal 10 detik pada saat aliran PLN padam. (Gambar instalasi lampu stadion diambil dari Technical recommendations and requirement -Hal 175) Apabila penempatan sumber cahaya di atap stadion. Selain itu adanya ruang lebih di sisi lapangan akan memberikan ruang gerak lebih banyak pada pemain saat melakukan tendangan corner.2. dan Dari tiap Garis Gawang = 7.7 Tata Suara Tata kebisingan maksimal yang diproduksi oleh kegiatan stadion yang diizinkan ditentukan sebesar 75 desibel. maka penempatan sumber cahaya harus menempatkan sumber cahaya di keempat sudut lapangan. seperti sarana pengangkutan (tandu). Rekomendasi Jarak Minimum antara Lapangan ke Dinding Penopang dan Parit Dari Touch Line = 6 meter. peralatan keamanan.1. 4. maka penempatan sumber cahaya harus memenuhi ketentuan jarak antara 2 tiang lampu yang berada di tengah sisimemanjang minimal 55 cm dan maksimal 60 cm. Apabila menggunakan tata cahaya buatan harus disediakan generator set yang mempunyai kapasitas daya minimal 60% daya terpasang. .5 meter.

tujuannya adalah melindungi peserta pertandingan dari gangguan penonton. Konsep pengamanan apapun yang diterapkan. FIFA dan beberapa konfederasi sepakbola lainnya memutuskan final kompetisi hanya akan dimainkan di stadion yang bebas pagar atau layar.10 Pagar Pengaman dan Parit Benteng Sebenarnya antara lapangan dan tribun penonton tidak harus dikelilingi oleh pagar atau pengaman. Technical area itu harus dibatasi dengan garis yang jelas dan ditandai dengan jelas pula. 2011:85) (Gambar technical area diambil dari Technical recommendations and requirement -Hal 85) 4.1. Botta.Reddy. 4. Technical Area berlaku bagi tim tamu dan tuan rumah.Delmont. Jarak kedua technical area harus sama dan diukur dari garis tengah. C.2. Ada banyak cara atau kombinasi pengamanan yang dilakukan seperti : . (R. Alasan hal ini dilakukan dikarenakan beberapa hal yang menyangkut faktor kemanan dan ketertiban pertandingan.R.2. Meskipun begitu.1. Technical area harus memiliki atap yang memadai guna melindungi pemain dan tim official. R.9 Technical Area Technical Area harus memiliki bench/kursi panjang yang dapat mengakomodasi minimal 11 orang.

d. Penjagaan polisi atau petugas keamanan di sekitar area lapangan pertandingan b.80 m.Perbedaan tinggi antara akhir koridor dengan lantai atau jalan maksimal 1. pelatih dan pengelola harus mempunyai jalur sirkulasi terpisah. Untuk dua kursi roda berpapasan. lebar minimal 1. bila anak tangga diambil lebih besar dari 16. Sirkulasi utama pengunjung yang utama. Permukaan lantai selasar tidak boleh licin. Jumlah anak tangga minimal 3 buah. Parit dengan kedalaman dan ketebalan yang cukup untuk melindungi lapangan permainan.2. (Gambar pagar pengaman diambil dari Technical recommendations and requirement -Hal 85) 4. Pagar transparan yang dapat dipasang dan dilepas.50 m.11 Sirkulasi Pengunjung Penonton.00 m. Pemasangan layar atau pagar transparan ini dapat dilakukan hanya pada pertandingan tertentu saja. harus terbuat dari bahan yang keras dan tidak boleh ada genangan air. atlit.  Tangga Tangga harus memenuhi ketentuan sebagai berikut: a. . a. Lebar koridor harus diambil minimal 1. Koridor harus cukup lebar untuk kursi roda melakukan putaran 180.10 m dan untuk koridor utama minimal 3. Untuk koridor khusus penyandang difable. Konfigurasi/penempatan tempat duduk yang memposisikan barisan depan penonton pada tempat yang lebih tinggi di arena yang akan mencegah kemungkinan gangguan penonton ke dalam lapangan permainan.1. yaitu koridor atau selasar. maksimal 6 buah. c. harus diberi bordes dan anak tangga berikutnya harus berbelok terhadap anak tangga dibawahnya.

Bukaan pintu khusus untuk penyandang difable harus memenuhi ketentuan sebagai berikut: . c. Pegangan tangga harus oval atau bulat dengan jarak 4cm dari pegangan tangga sampai dinding. f. d.80 m. c.1 m. Lebar pintu total harus mampu menampung luapan arus pengunjung dalam waktu maksimal 5 menit. tanjakkan harus dibagi dalam beberapa bagian dan antara dua bagian ramp harus disediakan bagian yang datar. Jarak antara pintu dengan setiap tempat duduk maksimal 20 m.  Ramp Kemiringan ramp harus diambil maksimal 8% dan khusus untuk penyandang difable Panjang ramp maksimal 10 m. Selain itu pada ujung tanjakkan harus disediakan bagian datar minimal 180 cm. Ukuran tangga maksimal 15 cm dan lebarnya minimal 28 cm. Setiap maksimal 6 anak tangga harus disediakan bagian datar yang diperlebar minimal 2 x bagian injakkan anak tangga.  Pintu Pintu stadion harus memenuhi ketentuan sebagai berikut : a. Tinggi tanjakkan tangga minimal diambil 15 cm. Jarak satu pintu dengan pintu lainnya maksimal 25 m. Pintu harus terbuka keluar. Sedangkan tangga khusus untuk penyandang difable yang menggunakan tongkat harus memenuhiketentuan sebagai berikut: a. b. Pintu dorong tidak boleh digunakan.80 m. Untuk menunggu antrian sebelum dan sesudah tangga harus diberi ruang khusus dengan panjang minimal 3 m. Warna bidang tegak anak tangga harus dibedakan dengan warna bidang datar (injakkan). b.00 m. maksimal 1. e. c. maksimal 17 cm dengan lebar injakkan minimal diambil 28 cm dan maksimal 30 cm. dengan perhitungan setiap lebar 55 cm bukaan untuk 40 orang/menit. e.10 m. harus diberi pagar pemisah pada tengah bentang. d. Lebar tangga minimal 1. disediakan dua pegangan tangga yang mempunyai ketinggian 80cm untuk orang dewasa dan 45 cm untuk anak-anak. Lebar bukaan pintu minimal 1. bila lebar tangga diambil lebih besar dari 1. d. Jalan yang dilalui tidak boleh mempunyai ruang dibawah tangga yang terbuka dengan tinggi minimal 2. bila lebih dari 10 m. b.

dijelaskan bahwa rekomendasi yang dikeluarkan FIFA yaitu 1 space parkir untuk 6 penonton  Parkir penonton disabilitas Jumlah parkir yang direkomendasikan adalah 6% dari jumlah kapasitas parkir stadion. (John. Space parkir untuk media minimal dapat menampung 10 bus dan 20 mobil media. dijelaskan bahwa minimum untuk parkir mobil.2007:96)  Parkir Penonton Dalam buku Stadia. pool atau pemberangkatan bus menuju pintu masuk stadion adalah 1500 m. Sherard dan Vickery. Zona parkir harus di bedakan. 1 space parkir untuk 10 sampai 15 orang penonton. media. Lebar bukaan pintu minimal 90cm. b. tinggi pegangan pintu 90cm. Jarak maksimal dari tempat parkir. dan juga parkir VIP. Selain itu parkir team harus terpisah dari parkir penonton dan parkir media  Parkir media Parkir media harus terpisah dari area parkir supporter. space untuk parkir team yaitu 2 sampai 6 bus. Namun untuk parkir team yang di rekomendasikan FIFA adalah 2 bus + 10 mobil.000 mobil. dan memiliki akses yang mudah di routes pedestriannya. tempat parkir yang harus disediakan mencukupi untuk 10.1. 4. Parkir harus sedekat mungkin dengan wilayah kerja media. antara parkir penonton.12 Parkir Untuk sebuah stadion dengan kapasitas 60.2. Pada pintu biasa. Akses parkir untuk disabilitas harus dekat dengan gate entrance masuk stadion .  Parkir team dan official Stadion harus memiliki tempat parkir untuk team dan official masing-masing team. .  Parkir supporter tamu Setidaknya lima persen dari kapasitas total parkir stadion harus tersedia untuk supporter tamu. parkir bus harus terpisah dengan tempat parkir mobil.000 penonton. a. Sedangkan Menurut rekomendasi FIFA dalam buku stadia.

ruang penjual makanan dan minuman.1 Kebutuhan Ruang di Stadion Sepakbola Didalam stadion terdapat fasilitas ruang yang dibutuhkan selain dari ketersediaan Lapangan Sepakbola. KEGIATAN. ruang ganti atlet.2. ruang administrasi tiket.1. ruang loker atlet. lobby. Pelaku kegiatan yang berlangsung didalam stadion dapat dikelompokan sebagai berikut :  Penonton . dan trek olahraga lainnya yaitu seperti: Lahan Parkir. gallery atau dapat berupa museum olahraga. Zona penonton dan atlit. Zona Media massa. di butuhkan besaran ruang yang telah memiliki ketentuan baku/standar. juga ruang gerak manusia yang beraktifitas di ruang tersebut. ruang informasi. shower dan wc.(Gambar akses parkir diambil dari Technical recommendations and requirement -Hal 57) 4. lintasan lari. Di dalam menentukan kebutuhan luasan ruang yang direncanakan dan mampu menyesuaikan dengan peralatan dan perabotan yang di gunakan. antara lain . DAN KEBUTUHAN RUANG 1. 4.2.1 PELAKU. Fasilitas tersebut dapat dibagi menjadi 3 zona yaitu: Zona Lapangan.

5 x 15 255 Penonton 4 Tribun Biasa 39.8 160 6 Private Box 28 4.700 2 1.5 x 8 240 10 Toilet Wanita (Lantai 2) 4 3.5 210 13 Toilet Pria (Lantai 1) 4 8 x 22. penonton cacat (kursi 4 0.184.5 x 0.7 x 9 1.5 x 4 56 11 Toilet Wanita (Lantai 3) 4 4.  Atlet / pemain  Pelatih  Official  Panitia pertandingan (coordinator pertandingan.5 110 .4 x 0.22 x Lintasan Atletik 8 3. wasit.5 x 4. juri)  Pers  Pengelola 4.8 12.5 81 12 Toilet Pria (VIP) 4 5 x 10.904 400 3 Lobby 2 8.600 0. STD LUAS 1 Pertandingan Umum Olahraga 1 Lapangan Sepakbola 1 70 x 110 7.9 x 1.4 90.2 PROGRAM RUANG NO Fasilitas Nama Ruang JML Uk.1.5 720 14 Toilet Pria (Lantai 2) 4 5 x 14 280 15 Toilet Pria (Lantai 3) 4 5 x 5.4 7 R.2.72 roda) 8 Toilet Wanita (VIP) 4 5x6 120 9 Toilet Wanita (Lantai 1) 4 7.672 5 Tribun VIP 400 0.

2 22 R. briefing / strategi 2 4x6 48 26 R.5 144.5 31.25 31. Ganti Wasit 1 6x9 54 Pemain 23 R.25 x 6 51 32 R. rapat tim 2 4x7 56 34 R masseur 2 4 x 8. asisten Pelatih 2 3.5 29 R.16 Toilet penyandang cacat 2 4.5 88 19 R.8 x 5 19 21 Appeals Room 1 3. ganti pemain 2 7x9 126 24 R .5 x 4. manajer tim 2 5x5 50 30 R.5 68 35 R. pertandingan 1 3.8 x 4 15. dokter tim 2 8. pemanasan 2 14 x 18 504 27 Toilet pemain 2 5 x 16 160 Manajer klub 28 R.5 31 R. pijat 2 3x4 24 25 R . 25 37 Laundry 1 3x3 9 .5 x 6 54 (wanita) 17 Toilet penyandang cacat 2 6 x 10 120 (pria) 18 Tiket box 4 4 x 5. sekertaris tim 2 5. tamu VIP 4 8 x 12. pelatih 2 4.5 x 8.5 400 Panitia / official 20 R.5 x 7 77 33 R. asisten manajer 2 3.5 x 4.5 31.5 Pengelola 36 Gudang Peralatan 1 5x 6.

5 x 16 200 4 Gudang alat 1 10 x 15 150 5 Gudang kebersihan 1 5 x 8.5 x 10 85 dan Pelatihan 2 Perpustakaan 1 13. panel kecil 4 4x6 96 5 R.5 x 11 93. Administrasi 1 14. cabang Olahrag 24 50 1.5 3 r. Genset 1 7x8 56 4 R. teknisi 1 5x8 40 7 R.25 pengelola dan 2 R. Pompa 1 4x6 24 3 R. operasi 1 5x7 35 .5 42.5 x 10 85 11 R.5 12 R.5 27.pemadam kebakaran 1 5. KONI 1 8.5 76 9 R.5 21. fitness 1 12.5 x 15 202.75 7 Locker 1 5 x 5. polisi 1 4x6 24 8 R.5 x 8. sekertariat 1 11 x 15 165 staff 3 R.200 13 Mushola 1 5x6 30 4 Sarana Utilitas 1 Ground Water Tank 1 8 x 10 80 Bangunan (GWT) 2 R. resepsionis 1 2.5 6 Lounge 1 8. 38 R sepatu / boot 1 2x3 6 2 Pendidikan 1 R.5 x 13. Keamanan 1 8 x 9.5 4 R.5 8 Toilet 2 5x8 80 3 Fasilitas 1 R.5 x 6 33 10 R. kelas 1 8.25 14.PSSI 1 8.5 92 6 R. kepala 1 5 x 10 50 5 R.5 114.5 x 210. rapat 1 8 x 11.

5 300 7 Parkir media 10 12.5 425 pertandingan 4.5 1750 5 Parkir bis pemain 4 60 240 6 Parkir mobil pengelola 24 12.5 x 5x5 19.5 x 9 117 3 R.5 x 5.75 6 Fasilitas media 1 r.5 x 8. peliputan / Reportasi 3 5x7 105 4 Kabin TV 4 2x3 24 7 Fasilitas umum 1 Hall / Lobby Utama 2 9 x 20 360 dan komersial 2 R.5 16 240 5 Dek fans Club 2 13 x 25 660 8 Parkir 1 Parkir Mobil pengunjung 1800 12.2. tes dopping 1 3.5 29. fans Club 2 7. wawancara 2 6.5 125 8 Parkir official/ panitia 34 12. dan setiap tempat .medis 1 3.1.3 Tempat Duduk Tribun Setiap penonton harus memiliki tempat duduk masing masing. media / pers 1 9x9 81 massa 2 R .5 22500 (biasa) 2 Parkir mobil pengunjung 48 125 600 (VIP) 3 Parkir bis pengunjung 8 60 360 4 Parkir motor pengunjung 700 2.25 Perawatan 2 R.5 46. 6 Penampungan sampah 1 7x8 56 sementara 5 Fasilitas 1 R.25 Medis 3 R fisioterapi 1 5. pameran / Tourism 2 11 x 20 440 3 Gift Shop 2 14 x 16 448 4 Restaurant 2 14 x 16 448 5 R.

pudar dan nomor tempat duduk yang kecil. Hal tersebut juga untuk menghindari penonton yang harus membungkuk dan mencari nomor yang kabur.duduk harus diberi nomor yang jelas.R.Delmont. tahan terhadap pengaruk iklim (pembusukan) dan pemudaran warna. Hal tersebut harus diantisipasi karena tidak semua penonton memiliki pandangan yang baik. dan frustsi. sementara yang lain menunggu di belakang tidak sabar. .Reddy. Botta. agar mudah dimengerti penonton. (R. tahan api. Keseluruhan proses tersebut dapat menimbulkan stress dan lambatnya sirkulasi. . 2011:110) (Gambar tempat duduk tribun stadion diambil dari Technical recommendations and requirement-Hal 110) Jenis tempat duduk yang dipasang seharusnya terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah. R. Hal tersebut merupakn hal kecil yang dapat menjadi masalah besar. rusak. C.

2007) (Gambar garis pandang tribun stadion diambil dari Technical recommendations and requirement-Hal 111) Tempat duduk penonton di tribun harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:  Daerah penonton harus dibagi dalam beberapa bagian tribun yang masing-masing menampung penonton minimal 2000 orang dan maksimal 3000 orang. bentuk ini pertama kali dibangun pertama kali oleh Hadden (AS). dengan bentuk lengkung parabolik dengan kenaikan awal = 380 dan kenaikan terakhir = 480. (John. (Gambar Bangku Tribun diambil dari dari Stadia A Design and Development Guide Hal-138) Garis Pandang Pengaturan bangku-bangku tersebut dibuat menaik berselang-seling dan penonton di bagian belakang dapat melihat ke depan langsung dari bagian atas bagian kepala penonton di bagian depan. Pandangan terbaik adalah dari sisi memanjang per bagian stadion. . yang meyakinkan dan memberikan dorongan baru dan perencanaan stadion. Sherard dan Vickery.

Sedangkan tribun khusus penyandang difable harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:  Diletakkan di bagian depan atau paling belakang dari tribun penonton  Lebar tribun untuk kursi roda minimal 1.1 Team Area 4.4m ditambah selasar dengan lebar minimal 0.  Untuk meningkatkan garis pandangan.1. (Gambar tribun stadion untuk difable diambil dari Technical recommendations and requirement-Hal 123) 4.9m.3.  Perlu dihindari terbentuknya perempatan.  Tidak boleh ada kolong di bawah tempat duduk.0m.1 Ruang Ganti Pemain .  Antar dua kompartemen yang bersebelahan harus dipisahkan dengan pagar permanen transparan setinggi 1.  Garis pandangan agar seorang penonton tidak terhalang pandangan oleh penonton di depannya ditentukan sebesar 12cm.2m dan maksimal 2.  Tribun dapat dibuat bertingkat bila jarak pandang melebihi batas optimal.3. sudut dasar tribun dapat dibuat dalam 2 atau lebih dengan sudut yang lebih besar didasarkan pada perhitungan injakan dengan tanjakkan yang digunakan.

(R.  Harus memiliki AC dan dingin diseluruh ruangan. Ruang Ganti Pemain harus disediakan utk 2 tim yg akan bertanding dalam ukuran. dan kenyamanan yang “sama” dan memiliki beberapa peralatan seperti :  Minimal 3 Kamar Mandi (shower) dan 3 Toilet.Reddy. Lokasi ruang ganti harus dapat langsung menuju lapangan melalui koridor yang berada di bawah tempat duduk penonton. 2011:98) (Gambar ruang ganti pemain diambil dari Technical recommendations and requirement-Hal 98) . Botta.  Ruang ganti pakaian dilengkapi tempat simpan benda-benda dan pakaian atlit (locker) minimal 20 box dan dilengkapi dengan bangku panjang minimal 20 tempat duduk.  3 Meja Massage.  1 Papan putih beserta pen besar dan penghapus.  1 Kulkas. R.R. corak.Delmont. C.

Reddy. Pintu-pintu dan koridor yang mengarah ke ruangan ini harus cukup lebar untuk memungkinkan akses untuk tandu dan kursi roda. R. Kelengkapan minimal 2 tempat tidur untuk pemeriksaan. Botta. (R.. toilet. Ruangan harus memiliki dinding atau partisi yang dapat dibagi menjadi dua jika diperlukan. 1 desk. ruang control. (R.4 Ruang Dopping Control Setiap stadion harus memiliki ruang doping control.R.Reddy.R.2 Ruang Pijat Ruang Pijat direncanakan untuk stadion tipe A dan B minimal 12 m2 dan untuk stadion tipe C diperbolehkan tanpa ruang pijat. Luasan ruang pijat 40m2.1. yang didalam nya terdapat ruang tunggu.3.3.1. Botta. C. di sampingitu. 5 kursi dan whiteboard. C.3. toilet& sink. ruang . 2011:102) (Gambar ruang medis pemain. posisi ruang doping harus dekat dengan ruangganti pemain. Luasan ruang pelatih 30m2 4.1.3.1.dengan akses yang mudah ke luar pintu masuk langsung ke kendaraan darurat. R. 4 locker. ruang perlu dilengkapi dengan alat monitor jantung dan pacu jantung eksternal. dan toilet. diambil dari FIFA Football Stadium Technical recommendations and requirement -Hal 102) 4.2 Ruang Pelatih Ruang pelatih harus memiliki 1 shower. 2 meja pemeriksaan.Delmont. 2011) 4.Delmont.3 Player Medical Room Posisi ruang medis harus dekat dengan kamar ganti tim dan lapangan. 1 buah wastafel tangan dan 1 buah toilet.4. dan locker room. Kelengkapan ruang pijat minimal memiliki 3 buah tempat tidur.

ruang contol harus memiliki 1 meja. yang penempatannya dipisahkan.3. Botta. telepon.1. Indoor area : Area pemanasan indoor letaknya harus dekat dengan ruang ganti. C. Fasilitas yang dibutuhkan minimal dilengkapi dengan: . dan 1shower. washtafel. selain itu material lantai dan dinding harus mudah dibersihkan. (R. B dan C dengan perbandingan penonton wanita dan pria adalah 1:4. toilet harus dekat dengan ruang control ruang control mampu mengakomodasi 2 orang. dengan ukuran minimum 100m2.1washtfel.Reddy. 4 kursi.1.  Toilet Untuk memudahkan akses.  Ruang tunggu Ruang tunggu harus memiliki minimal 8 bangku.R.5 Toilet penonton Toilet penonton direncanakan untuk stadion tipe A. toilet sudah termasuk 1 toilet. R.3. dilengkapi AC (Gambar ruang dopping control diambil dari Technical recommendations and requirement-Hal 104) 4. dan locker untuk menyimpan botol sample.doping harus memiliki ventilasi atau AC.5 Warming Up Area Outdoor area : Area pemanasan outdoor harus memiliki permukaan rumput (dapat juga menggunakan rumput sintetis).Delmont. 2011) 4.

5 Kantor .  Permukaan lantai selasar tidak boleh licin.80 meter.(Gambar ruang medis pemain diambil dari Technical recommendations and requirement-Hal 102)  Jumlah toilet duduk dan urinoir untuk pria dibutuhkan 1 buah toilet untuk 200 penonton pria. dan panjangnya maksimal 8meter.  Tanjakkan harus mempunyai kemiringan 8%.  Selasar harus cukup lebar untuk kursi roda melakukan putaran 180. Selain itu perlu adanya toilet untuk difable.3.  Pada ujung tanjakkan harus disediakan bagian datar minimal 1.  Jumlah bak cuci tangan yang dilengkapi cermin. dibutuhkan minimal 1 buah untuk 200 penonton pria dan 1 buah untuk 100 penonton wanita (Gambar Toilet disabilitas diambil dari Stadia A Design and Development Guide -Hal 183) Toilet penyandang difable harus memiliki :  Toilet harus dilengkapi dengan pegangan untuk melakukan perpindahan dari kursi roda ke closet duduk yang diletakkan di depan dan di samping closet duduk setinggi 80cm.1. harus terbuat dari bahan yang keras dan tidak boleh ada genangan air. 4. dan untuk penonton wanita 1 buah toilet duduk untuk 100 penonton wanita.

zona campuran dan ruang konferensi pers. petugas kebakaran dan polisi yang masing masing membutuhkan luas minimal 15m2.1.Ruang Direktur (20m2) .Ruang Secretariat (12m2/perorang) .Ruang Event Organizer (12m2/perorang) Namun dalam stadion kecil. C. (R.7 Tribun Media Tribun media harus berada dalam posisi sentral dalam tribun utama.Ruang Marketing (12m2/perorang) . Tipe A dan B harus dilengkapi ruang untuk petugas keamanan .1. Selain itu harus ada listrk. sambungan telepon dan sambungan data di masing masing mejanya.Menurut buku Stadia. kantor terdiri dari beberapa ruang yaitu : .3. Sedangkan untuk tipeC diperbolehkan tanpa ruang tersebut.Reddy. bahwa dalam stadion besar.R.Ruang Staff (12m2/perorang) . Dalam ruangan khusus media perlu adanya kursi dan meja yang cukup besar untuk menyimpan komputer/lapton. ruang-ruang tersebut disesuaikan kembali.Ruang Public relations(12m2/perorang) .3. Tribun media harus memiliki akses yang mudah ke dan dari daerah lain seperti media center. 4. R. maksimal 15 orang sedangkan tipe C minimal 5 orang dengan luas yang dibutuhkan minimal 5m2 untuk setiap orangnya.6 Kantor Pengelola Kantor pengelola untuk stadion tipe A dan B harus dapat menampung minimal 10 orang. tribun media harus terletak di bagian tengah tribun dan tidak terhalang oleh pandangan pada seluruh area lapangan. 2011) (Gambar lokasi tribun media diambil dari Technical recommendations and requirement-Hal 149) . Botta. Kantor harus di disain dengan pencahayaan dan ventilasi (AC) sesuai standar kantor.Delmont. 4.

1. Untuk stadion tipe A dibutuhkan 120m2 untuk gudang alat olahraga dan 20 m2 untuk gudang alat kebersihan. Ruang press conference digunaakan pada saat pertandingan telah berlangsung. Sedangkan untuk Tipe C dibutuhkan 20m2 untuk gudang alat olahraga dan 9m2 untuk gudang alat kebersihan. 4. . ruang press conference harus dilengkapi dengan sound system. 4. pencahayaan yang baik. dan juga AC.3.8 Ruang Press Conference Ruang press conference minimal memiliki luasan 200m2 dan terdapat 100 kursi untuk media.9 Gudang Gudang untuk menyimpan alat kebersihan dan alat olahraga dengan luas yang disesuaikan dengan alat kebersihan atau alat olahraga yang digunakan. Tipe B dibutuhkan 50m2 untuk gudang alat olahraga dan 20m2 untuk gudang alatke bersihan.3.1.