You are on page 1of 16

TUGAS PAPER SISTEM PAKAR

SISTEM PAKAR PENDETEKSI KERUSAKAN PADA SMARTPHONE
MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Pakar
Dosen Pengampu : Pratomo Setiaji, S.Kom., M.Kom

Disusun Oleh:
Nama : Joko Umbarno
NIM : 201453012
Kelas : C

PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2017

Program Studi : Sistem Informasi 1

1. Dengan bantuan sistem pakar seorang yang awam atau tidak ahli dalam suatu bidang tertentu akan dapat menjawab pertanyaan. menyelesaikan masalah dan menjadi sebuah media penunjang dalam mengambil keputusan yang biasanya dilakukan oleh seorang pakar. Sistem pakar merupakan salah satu cabang dari kecerdasan buatan yang didasarkan pada knowledge atau pengetahuan dasar sebagai inti sistem dalam menyelesaikan sebuah masalah yang ada. Seperti halnya kerusakan yang terjadi pada smartphone. bahkan sanggup menirukan proses biologis manusia dalam pengambilan keputusan yang disebut dengan kecerdasan buatan. Penggunaan smartphone yang terlalu sering menjadi salah satu faktor pemicu kerusakan yang ditimbulkan seperti terkena air. Smartphone sudah menjadi kebutuhan penting bagi manusia. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelusuran kedepan ( forward chaining). Forward Chaining. 2006). Smartphone. sehingga ditemukan masalah yang dicari. Tak dapat di pungkiri bahwa kini smartphone bukanlah barang mahal yang hanya dimiliki oleh orang-orang kalangan atas saja. sehingga pengguna tidak harus langsung membawa smartphonenya ke tempat reparasi handphone. dimana dimulai denga sebuah gejala kerusakan yang kemudian di telusuri dengan fakta-faktanya. Program Studi : Sistem Informasi 2 . Penggunaan smartphone juga merupakan salah satu alat canggih yang menunjang aktivitas manusia. Di dalam aplikasi ini memiliki kejelasan dan solusi terperinci. modifikasi. ICT. kesalahan perawatan dalam pemakaian sehari-hari. Untuk membantu para pengguna smartphone. sehingga dapat menjadi sebuah penunjang dalam mengambil keputusan. Aplikasi ini diharapkan berguna bagi para pengguna smartphone untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi. Kecenderungan pengoperasiannya lebih besar dibandingkan berinteraksi langsung dengan sesama manusia. SISTEM PAKAR PENDETEKSI KERUSAKAN PADA SMARTPHONE MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING Joko Umbarno (201453012) Abstrak Era Informasi dan Teknologi (ICT) saat ini mampu menggantikan peran maupun tugas rumit yang dilakukan manusia. terjatuh. Pendahuluan Sistem pakar merupakan program komputer yang mampu menyimpan pengetahuan dan kaidah dari domain pakar yang khusus. maka dirancang sebuah sistem pakar untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada smartphone berupa aplikasi. sehingga mampu memberikan kemudahan bagi pengguna dalam menyelesaikan masalah yang terjadi pada smartphone. Sistem pakar menirukan perilaku seorang pakar dalam menangani suatu persoalan (Juanda. namun telah menjadi barang yang cukup terjangkau bagi setiap kalangan masyarakat menengah maupun bawah. Sebagaimana sebuah barang maka smartphone juga tidak terlepas dari kerusakan dikarenakan pemakaian. Kata Kunci : Sistem Pakar. Alat bantu berupa sistem pakar reparasi smartphone diperlukan dalam memberikan deteksi kerusakan smartphone. Pemakaian smartphone yang terlalu sering dan tanpa perawatan yang baik menjadi salah satu faktor pemicu kerusakan yang di timbulkan pada sistem operasi.

Forward chaining merupakan grup dari multipel inferensi yang melakukan pencarian dari suatu masalah kepada solusinya.. Aplikasi diagnosis kerusakan pada smartphone ini diharapkan dapat membantu masyarakat agar dapat mengetahui prediksi kerusakan yang terjadi pada smartphone. 2. G = Hasil Diagnosa 3. 1991).F = Kondisi atau Gejala 2. “Dalam forward chaining. Jadi metode forward chaining dimulai dari informasi masukan (if) dahulu kemudian menuju konklusi (then). sehingga diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat memberikan solusi tanpa harus mengeluarkan biaya lebih untuk mereparasi kerusakan yang dapat di tangani sendiri. Forward chaining : Suatu rantai yang dicari atau dilewati / dilintasi dari suatu permasalahan untuk memperoleh solusi.. Tanpa membawanya langsung ke tempat reparasi telepon genggam saat itu juga..B. maka kaidah itu distimulasi” (Suparman. serta memberikan efisiensi waktu bagi masyarakat dalam mengetahui jenis kerusakan yang terjadi lebih cepat dibandingkan dengan mendatangi langsung ketempat reparasi telepon genggam. Forward chaining merupakan proses perunutan yang dimulai dengan menampilkan kumpulan data atau fakta yang meyakinkan menuju konklusi akhir. Penalaran dari fakta menuju konklusi yang terdapat dari fakta. Rule = Aturan Pengertian Chain (rantai) : perkalian inferensi yang menghubung-kan suatu permasalahan dengan solusinya. Program Studi : Sistem Informasi 2 . Forward Chaining Keterangan : 1. Metode Penelitian A. situasi yang dinyatakan dalam sebelah kiri atau kaidah IF. Bila fakta yang ada dalam pangkalan data itu sesuai dengan kaidah IF... Aplikasi ini juga memberikan solusi sederhana dalam menyelesaiakan permasalahan yang ada pada smartphone. Forward Chaining Forward Chaining adalah metode pelacakan yang diawali dengan informasi atau fakta dan proses mencocokan kaidah berlanjut hingga menemukan kesimpulan. Gambar di bawah ini merupaka bentuk Forward Chaining Gambar 2. kaidah interpreter mencocokan fakta atau statemen dalam pangkalan data.. A..

Untuk setiap kondisi sistem akan mencari rule pada knowledge base untuk rule tersebut yang cocok dengan kondisi pada bagian IF. 7. 6. Baik untuk pemantauan. maka sesi ini akan berakhir. Antecedent ke konsekuen. Setiap rule dapat merubah suatu kondisi baru dari konklusi dari bagian THEN. Sifat Forward Chaining : 1. 4. maka sistem akan kembali pada langkah ke-2 dan akan mencari rule pada knowledge base lagi. Penalaran data-driven. Terlihat dari hadir untuk masa depan. Memfasilitasi penjelasan. 5. 2. Bekerja dari yg konsekuen. monitoring. 8. Jika tidak ada kondisi baru lagi. Karakteristik Forward Chaining : 1. apalagi jarak yang harus ditempuh ke tempat servis mungkin saja sangat jauh. Perencanaan.1 Analisis Masalah Analisis masalah adalah penguraian dari suatu masalah yang utuh ke dalam bagian- bagian komponen dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan yang terjadi dan kebutuhan untuk perbaikan berikutnya. 5. Pendahulunya menentukan pencarian. Kondisi baru ini selanjutnya akan ditambahkan. dan kontrol 2. control. Program Studi : Sistem Informasi 3 . B. 4. Ada beberapa kondisi yang telah ditambahkan pada sistem akan diproses. Jika ada suatu kondisi. 3. perencanaan. 3. Kasus kerusakan hardware handphone merupakan kasus yang memerlukan bantuan seorang pakar dalam menyelesaikan masalah dengan mengandalkan pengetahuan yang dimilikinya (pengetahuan yang berasal dari pengalamannya dalam menyelesaikan masalah). IF smartphone mati AND Smartphone layar berwarna hitam AND Smartphone hidup hanya di lampu led berwarna merah AND Smartphone bisa kedetect oleh pc atau leptop AND THEN smartphone mengalami kerusakan di sistem operasi C. 3. Bekerja ke depan untuk mendapatkan solusi apa yang mengikuti fakta. Disajikan untuk masa depan. 4. 2. Data memandu.A. penalaran dari bawah ke atas. Bekerja maju untuk menemukan apa yang mengikuti solusi dari fakta. Sistem dipresentasikan dengan satu ata lebih dari kondisi. Memfasilitasi pencarian luasnya-pertama. Analisis Sistem 3. Sistem Kerja Menggunakan Metode Forward Chaining : 1. tetapi kendala yang sering dialami apabila mengandalkan jasa seorang pakar biaya yang harus dikeluarkan relatif tidak sedikit dan juga seorang pakar tidak akan selalu ditempat untuk melayani client nya setiap saat. bawah-atas. 3.fakta.

Gejala 3. Sinyal handphone penuh. 5. Muncul tulisan insert SIM di layar kerusakan handphone. Pada Tabel 3. gejala kerusakan dan solusi dari kerusakan hardware handphone yang paling sering terjadi. Solusi Ganti IC Power. 3. Sistem pakar ini mendeteksi kerusakan pada hardware handphone biasa atau smartphone dengan cara mencari fakta-fakta atas gejala-gejala yang dialami sebuah handphone yang kemudian akan didapatkan kesimpulan berupa kerusakan yang dialami beserta solusi yang harus dilakukan. 2. Gejala 2. perlu diketahui terlebih dahulu gejala-gejala kerusakan yang ditimbulkan yang menyebabkan kerusakan pada hardware handphone tersebut. Pada saat di hidupkan handphone layar / tulisannya akan terbalik dan bergaris-garis. Sistem pakar ini hanya membahas empat belas jenis kerusakan pada hardware handphone biasa ataupun smartphone yang lebih sering terjadi. tapi setelah 5-10 menit sinyal hilang. 3 Jenis Kerusakan Flexi Cable 1. Handphone mati total. Solusi Ganti IC PA. Gejala 3.2 Analisis Kerusakan dan gejala Sebelum mengetahui kerusakan yang dialami oleh sebuah handphone. kerusakan 3. 5. 6. kerusakan 4. Solusi Ganti flexibel. Handphone tidak bisa buka kamera. Handphone tidak ada suara (harus menggunakan headset baru terdengar ada suara). NO KETERANGAN 1 Jenis Kerusakan IC PA (Power Amplifier) 1. Handphone tidak bisa di cas / not charging.1 akan dijelaskan mengenai jenis kerusakan. Sinyal handphone tidak stabil. Sinyal handphone tiba-tiba hilang. Program Studi : Sistem Informasi 4 . 2 Jenis Kerusakan IC Power 1. 2. Sinyal handphone hilang timbul. Handphone boros baterai. Handphone gagal telepon. 4. Handphone mengalami contact service dan troubleshooting. Handphone mati total.

Cek komponen vibrator dan pastikan masih bekerja dengan baik (menggunakan multi tester analog). 5 Jenis Kerusakan Driver Lampu / LED 1. Jika semuanya ok maka komponen UI nya yang rusak.tetapi bila lampu yang Solusi dites hidup maka lampu tersebut putus jalur. 4. 3. 2. 1. karena bisa mengalami kerusakan. Muncul gambar pada layar handphone. ganti IC UI nya. 3. jika putus lakukan penjumperan. Cek user interface nya. Cek pada setting illumination. Cek PCB handphone dengan multi tester analog dengan nilai x1. Jika UI nya ok dan masih mengalami kerusakan kemungkinan besar CPU nya yang rusak. jika lampu yang dites mati maka gantilah LED. kerusakan 1. Jika rusak ganti user interface nya. Cek pad PCB handphone apakah kotor. LCD handphone blank. 1. lalu tiba-tiba hilang. Lampu LED handphone hanya sebagian yang kerusakan menyala pada saat handphone dalam kondisi hidup. Program Studi : Sistem Informasi 5 . Gejala 2. 2. Ada noda hitam pada sudut LCD handphone. 5. 6 Jenis Kerusakan Driver Vibrator Handphone tidak bergetar pada saat ada panggilan Gejala masuk. pastikan dalam keadaan off. jika kotor bersihkan dengan setup bolpoin. Lampu LED handphone tidak menyala pada saat handphone dalam kondisi hidup. Gejala 2. kerusakan 3. Solusi Ganti LCD. padahal pengaturannya sudah benar. lakukan penjumperan. LCD handphone bergaris. Cek jalur vibrator apakah mengalami putus Solusi jalur.

Gejala 2. Tidak ada sinyal karena data hilang. Handphone tidak ada sinyal. Jenis 10 IC CPU kerusakan 1. Gejala 2. Solusi Ganti IC CPU. kerusakan 4. Handphone mati total karena data hilang.. Sinyal handphone naik turun. microphone dan juga jalur dalam keadaan baik. 8 Jenis Kerusakan IC Audio 1. 9 Jenis Kerusakan IC Switch Antenna 1. Handphone tidak ada sinyal. Solusi Ganti IC Switch Antenna. 3. 4. Handphone mengalami contact service karena kerusakan IMEI tidak terbaca oleh perangkat handphone. kerusakan 3. 2. 3. Gejala 3. Handphone mengalami hang menu. Pada saat handphone di hidupkan maka sinyal akan muncul. Jenis 11 IC Bluetooth kerusakan Program Studi : Sistem Informasi 6 .2 IC RAM 1. Handphone mengalami blue screen. Speaker dan microphone handphone tidak berfungsi.2 Jenis Kerusakan 5. Handphone tidak ada sinyal. Ganti IC RAM. Sinyal handphone lemah. tetapi handphone akan mendadak mati sendiri. 2. Handphone akan restart sendiri. Handphone mengalami restart yang sangat lama. Solusi Ganti IC Audio. Handphone tiba-tiba mati sendiri. 4. 7 4. sedangkan kondisi loudspeaker.

jika belum baik maka panaskan IC CPU. Jenis 14 Kamera kerusakan Program Studi : Sistem Informasi 7 . 3. Bluetooth tidak bisa diaktifkan. Menu gallery handphone tidak bisa di buka. 2. jika putus maka lakukan teknik penjumperan. Bongkarlah handphone. Jenis 12 Touch Screen kerusakan 1. Bluetooth tidak bisa pairing dengan perangkat Gejala bluetooth lainnya. kerusakan 3. Solusi 3. jika belum berhasil juga maka ganti IC CPU. jika diaktifkan maka akan keluar tulisan "tidak aktif". 1. Pada saat ditekan tombol keypad tidak dapat kerusakan berfungsi semuanya. Cukup membuka casing handphone lalu bersihkan tombol keypad yang bermasalah dengan penghapus pensil. Tombol keypad hanya salah satu yang berfungsi. layar handphone terindikasi sudah Gejala tidak sensitif. Gejala 2. Jenis 13 Keypad kerusakan 1. Tombol keypad susah ditekan tetapi masih bisa berfungsi. Lakukan flash pada handphone dengan versi yang sama atau di upgrade / downgrade. lalu lihat apakah jalur keypad di PCB kotor. layar handphone sama sekali tidak berfungsi pada saat di sentuh. Solusi Ganti Layar Touch Screen. 2. jika kotor bersihkanlah menggunakan cairan IPA kemudian periksalah jalur antara satu dengan yang lainnya menggunakan AVO meter pada kalibrasi 1x. 1. Kerusakan 2. Solusi Ganti IC Bluetooth.

bersihkan dengan menggunakan cairan Solusi pembersih khusus. gunakan skema diagram. 1. Gambar dapat ditangkap kamera tetapi Gejala tampilan gambar pada layar handphone kerusakan kurang bagus atau buram. Cek komponen kamera bila rusak ganti dengan komponen yang baru. Berdasarkan tabel 3. 2. 4. Lakukan pengecekan dengan software terlebih dahulu dengan cara flashing ulang atau lakukan upgrade versi software. ganti dengan kamera baru. dan pada layar LCD tertulis "Peralatan Tidak Mendukung" 1. Analisis Tabel Kebutuhan Tabel keputusan digunakan sebagai acuan dalam membuat pohon keputusan dan kaidah yang digunakan. Handphone tidak bisa buka menu kamera.2 Tabel Keputusan Kode Kode Gejala Kerusakan K01 K02 K03 K04 K05 K06 K07 K08 K09 K10 K11 K12 K13 K14 G01 X X G02 X G03 X X X G04 X G05 X G06 X G07 X G08 X G09 X G10 X G11 X G12 X Program Studi : Sistem Informasi 8 . berarti kerusakan ada pada komponen kamera. 3. 2. Lakukan pengecekan pada jalur konektor. Bila jalur dalam kondisi baik dan tegangan kamera ada. 3. Kamera tidak dapat menangkap gambar atau blank. kemungkinan ada jalur yang putus.1 maka tabel keputusan pada sistem pakar untuk mendeteksi kerusakan pada hardware handphone dapat dilihat pada tabel 3. Tabel 3.2 dibawah. Cek jalur yang berhubungan dengan komponen kamera. 5.

G13 X G14 X G15 X G16 X G17 X G18 X G19 X G20 X G21 X G22 X G23 X G24 X G25 X G26 X G27 X G28 X G29 X G30 X G31 X G32 X G33 X G34 X G35 X G36 X G37 X G38 X G39 X G40 X G41 X G42 X G43 X G44 X Keterangan : G = Gejala. K = Kerusakan. Program Studi : Sistem Informasi 9 .

tapi K09 G09 Antenna setelah 5-10 menit sinyal hilang Handphone tidak bisa di cas / not K10 IC CPU G10 charging Pada saat di hidupkan handphone layar / K11 IC Bluetooth G11 tulisannya akan terbalik dan bergaris-garis K12 Touch Screen G12 Handphone tidak bisa buka kamera Handphone tidak ada suara (harus K13 Keypad G13 menggunakan headset baru terdengar ada suara) Program Studi : Sistem Informasi 10 . Tabel 3.3 Keterangan Tabel Keputusan Kode Jenis Kode Nama Gejala Kerusakan Kerusakan Gejala K01 IC PA G01 Handphone mati total K02 IC Power G02 Handphone boros baterai K03 Flexi Cable G03 Handphone tidak ada sinyal K04 Driver LCD G04 Sinyal handphone tidak stabil Driver K05 G05 Handphone gagal telepon Lampu / LED Driver K06 G06 Sinyal handphone tiba-tiba hilang Vibrator Handphone mengalami contact K07 IC RAM G07 service dan troubleshooting muncul tulisan Insert SIM di layar K08 IC Audio G08 handphone IC Switch Sinyal handphone penuh.

K14 Kamera G14 LCD handphone bergaris G15 LCD handphone blank Ada noda hitam pada sudut LCD G16 handphone Muncul gambar pada layar G17 handphone. G25 sedangkan kondisi loudspeaker. padahal pengaturannya sudah benar G21 Handphone mengalami hang menu Handphone mengalami restart G22 yang sangat lama G23 Tidak ada sinyal karena data hilang Handphone Mati total karena data G24 hilang Speaker dan microphone handphone tidak berfungsi. microphone dan juga jalur dalam keadaan baik Handphone mengalami contact G26 service karena IMEI tidak terbaca oleh perangkat handphone G27 Sinyal handphone lemah G28 Sinyal handphone naik turun G29 Sinyal handphone hilang timbul Program Studi : Sistem Informasi 11 . lalu tiba-tiba hilang Lampu LED handphone tidak G18 menyala pada saat handphone dalam kondisi hidup Lampu LED handphone hanya G19 sebagian yang menyala pada saat handphone dalam kondisi hidup Handphone tidak bergetar pada saat G20 ada panggilan masuk.

dan pada layar LCD G44 tertulis "Peralatan Tidak Mendukung" Program Studi : Sistem Informasi 12 . G36 jika diaktifkan maka akan keluar tulisan "tidak aktif" Layar handphone terindikasi sudah G37 tidak sensitif Layar handphone sama sekali tidak G38 berfungsi pada saat di sentuh tombol keypad susah ditekan tetapi G39 masih bisa berfungsi pada saat ditekan tombol keypad G40 tidak dapat berfungsi semuanya tombol keypad hanya salah satu G41 yang berfungsi kamera tidak dapat menangkap G42 gambar atau blank gambar dapat ditangkap kamera tetapi tampilan gambar pada layar G43 handphone kurang bagus atau buram Handphone tidak bisa buka menu kamera. Pada saat handphone di hidupkan maka sinyal akan muncul tapi G30 handphone akan mendadak mati sendiri G31 Handphone akan restart sendiri G32 Handphone tiba-tiba mati sendiri G33 Handphone mengalami blue screen Menu gallery handphone tidak bisa G34 dibuka Bluetooth tidak bisa pairing dengan G35 perangkat bluetooth lainnya Bluetooth tidak bisa diaktifkan.

Himpunan kaidah tersebut adalah sebagai berikut : Kaidah 1 (IC PA (Power Amplifier)) IF Handphone mati total AND Handphone boros baterai AND IF Sinyal handphone tiba-tiba hilang THEN IC PA (Power Amplifier) Kaidah 2 (IC Power) IF Handphone mati total AND Sinyal handphone penuh insert SIM dilayar handphone AND IF Handphone tidak bisa dicas THEN IC Power Kaidah 3 (Flexi Cable) IF Pada saat dihidupkan handphone layar bergaris-garis AND Handphone tidak bisa buka kamera AND IF Handphone tidak ada suara (harus menggunakan headset baru terdengar ada suara THEN Flexi Cable Kaidah 4 (Driver LCD) IF LCD handphone bergaris AND LCD handphone blank AND IF Ada noda hitam pada sudut LCD handphone AND IF Muncul gambar pada layar handphone.1 maka dapat dibuat himpunan kaidah produksi data cirri kerusakan – kerusakan pada smartphone dengan menggunakan IF THEN.3 Teknik Pengujian Data Berdasarkan analisis dari tabel keputusan dan pohon keputusan pada gambar 3. Dimana IF merupakan informasi masukan sedangkan THEN merupakan konklusi atau kesimpulan. lalu tiba-tiba hilang THEN Driver LCD Kaidah 5 (Driver Lampu LED) IF Lampu LED handphone tidak menyala pada saat handphone dalam kondisi hidup AND Lampu LED handphone hanya sebagian yang menyala pada saat handphone dalam kondisi hidup THEN Driver Lampu LED Kaidah 6 (Driver Vibrator) IF Handphone tidak bergetar pada saat ada panggilan masuk AND Handphone error pada saat melakukan panggilan THEN Driver Vibrator Kaidah 7 (IC RAM) IF Handphone mengalami hang menu AND Handphone mengalami restart yang sangat lama AND IF Tidak ada sinyal karena data hilang AND IF Handphone mati total karena data hilang THEN IC RAM Program Studi : Sistem Informasi 13 . 2.

Kaidah 8 (IC Audio) IF Speaker dan microphone handphone tidak berfungsi AND Handphone mengalami contact service karena IMEI tidak terbaca AND IF Handphone tidak ada sinyal THEN IC Audio Kaidah 9 (IC Switch Antenna) IF Handphone tidak ada sinyal AND Sinyal Handphone lemah AND IF Sinyal pada handphone muncul tetapi mati sendiri THEN IC Switch Antenna Kaidah 10 (IC CPU) IF Handphone tidak ada sinyal AND Handphone akan restart sendiri AND IF Handphone tiba-tiba mati sendiri AND IF Handphone mengalami blue screen THEN IC CPU Kaidah 11 (IC Bluetooth) IF Menu gallery handphone tidak bisa di buka AND Bluetooth tidak bisa membaca perangkat lain AND IF Bluetooth tidak bisa diaktikan. maka muncul tulisan “tidak aktif” THEN IC Bluetooth Kaidah 12 (Touch Screen) IF Layar handphone terindikasi sudah tidak sensitif AND Layar handphone sama sekali tidak berfungsi pada saat di sentuh THEN Touch Screen Kaidah 13 (Keypad) IF Tombol keypad susah ditekan tetapi masih berfungsi AND Pada saat ditekan tombol keypad tidak dapa berfungsi semuanya THEN Keypad Kaidah 14 (Kamera) IF Kamera tidak dapat menangkap gambar atau blank AND Gambar layar yang ditangkap di handphone kurang bagus dan buram AND IF Handphone tidak bisa membuka menu kamera dan pada layar LCD tertulis “Peralatan Tidak Mendukung” THEN IC Audio Program Studi : Sistem Informasi 14 .

[3]Juanda. 2006. (2009). Wangsa Jatra Lestari. 2005. Andy. Solo [4]Girrantsno. Andi Offset. Daftar Pustaka [1]Arhami. I. Sistem Pakar Metode Forward Chaining [onlie]. 2006. Konsep Dasar Sistem Pakar. Tersedoa: http: Sistem Pakar Metode Foward Chaining_Inra Ferdianto’s Weblog. Inc. Yogyakarta [2]Budd. 1994 [5] Ferdianto. & Riley. Torch Akibat Dan Solusinya. htm [25 Maret 2017] Program Studi : Sistem Informasi 15 . PT. Boston: PWS Publishing Company. Expert System Priciples and Programming. United States of Americ Springer-Verlag New York. CSS Mastery: Advanced Web Standards Solutions. Muhammad. 4.