You are on page 1of 12

KESEHATAN & KESELAMATAN KERJA

( BAHAN KIMIA ORGANIK BERBAHAYA )

KELOMPOK 6 :

LESTARI ( 16130994B )
ASTRID REVINA LEDE WARA ( 16131003B )

Fakultas Farmasi
Universitas Setia Budi Surakarta
2015

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas Berkat dan
RahmatNya kami dapat menyelesaikan makalah “Bahan Kimia Organik Berbahaya” dalam

2 Page Makalah ini disusun berupaya meningkatkan kemampuan dalam pemahaman mengenai penaganan dan penanggulangan bahan kimia organik.. Kami mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing mata kuliah K3 yang telah memberikan tugas dalam upaya meningkatkan kemampuan kami untuk memahami materi tersebut dan sebagai pembelajaran secara berkelompok. Dalam penyusunan makalah ini . Surakarta. kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan karena faktor batasan pengetahuan yang kami miliki. Materi dalam makalah ini bersumber dari informasi dunia maya (Internet) .18 Maret 2015 2 .memenuhi tugas mata kuliah Kesehatan dan Keselamatan Kerja. oleh sebab itu kritik dan saran sangat diperlukan untuk penyempurnaan makalah ini dan demi kualitas penyusunan makalah selanjutnya.

......4 1..................................................................11 3........................................................................................ ...........................................................................................................................................................5.................................................................................3....2 DAFTAR ISI ..........................5 1................................................................ Saran........................................................................ Ciri-ciri makanan yang mengandung formalin...............................................................................4 1............. Ciri-ciri makanan yang mengandung Boraks...............................................................................................................6................................................................... Penanganan dan Penanggulangan Bahan kimia organik Berbahaya......................................................................11 DAFTAR PUSTAKA..............8 2..6 2.........................2.....................................................2.............. Pengaruh Boraks Terhadap Kesehatan.................................................. Kesimpulan................ DAFTAR ISI 3 Page KATA PENGANTAR ............................................................6 2......................................................................................................4....3 BAB I PENDAHULUAN........................................................11 3..................................1...................................1.......................................... Pengaruh Formalin Terhadap Kesehatan........................................................................ Manfaat............................................. Latar Belakang....2..............3................................................... Tujuan......................... ..................7 2....9 2.........12 3 .......................9 2................................................................... Pengertian.................4 1............................ Faktor-Faktor yang mempengaruhi penggunaan Formalin dan Boraks................10 BAB III PENUTUP .......5 BAB II PEMBAHASAN.......................................1..........................6 2..............................7....................................... Rumusan Masalah................4.....................

Apabila masalah ini terus berlarut dan tidak segera diatasi akan berakibat di masa depan. Apalagi untuk anak yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Rumusan Masalah  Apakah yang dimaksud dengan bahan kimia organik serta formalin dan boraks?  Bagaimana ciri-ciri makanan yang mengandung formalin serta boraks?  Bagaimana penanganan dan penanggulangan dari bahan kimia organik berbahaya? 4 . Contoh konkretnya yaitu terjadinya obesitas. 1.1. kolesterol tinggi. Sehingga masyarakat lebih tertarik untuk membeli dan mengkonsumsinya. 4 Page BAB I PENDAHULUAN 1.Kejadian seperti ini merupakan salah satu masalah dan kerusakan bangsa yang harus diperbaiki. Latar Belakang Sekarang ini banyak bahan kimia dan berbagai campuran lain yang digunakan oleh manusia untuk membuat makanan. Dengan campuran bahan kimia makanan akan terlihat lebih menarik dan menghasilkan rasa yang lebih enak. Selain itu. Pada awalnya masyarakat belum menyadari akan bahaya yang ditimbulkan oleh bahan kimia tersebut. Akibat ulah manusia-manusia lain yang tidak berperikemanusiaan yang hanya mengejar keuntungan semata.2. Begitu banyak masyarakat yang tercemar oleh bahan pengawet boraks dan formalin yang sangat membahayakan ini. Dan sebagai generasi penerus sebaiknya kita mulai dari sekarang memberikan pengertian kepada masyarakat akan bahaya formalin dan boraks serta penanganan dan penanggulanggan bahan kimia tersebut. Penanganan tersebut harus ada kerjasama antara pihak pemerintah dan masyarakat. Kerugian yang ditimbulkan tidak hanya pada fisiknya tetapi juga pada psikisnya. akan tetapi jika bahan tersebut dikonsumsi terus-menerus akan mengakibatkan kerugian terhadap masyarakat itu sendiri. dan sebagainya. mulai menciptakan makanan yang tidak mengandung formalin dan boraks tetapi mempunyai bentuk yang menarik sehingga masyarakat mau mengkonsumsinya. tanpa memperhitungkan orang yang mengkonsumsinya. darah tinggi. Sedangkan dalam psikisnya menimbulkan keterlambatan pola pikir karena terlalu banyak bahan kimia yang dikonsumsi. Hal tersebut sangat memprihatinkan karena masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang bahaya makanan yang mengandung bahan kimia seperti formalin dan boraks.

 Dapat menambah wawasan dengan mengetahui dampak yang diakibatkan dari penggunaan boraks dan formalin pada produk pangan.4. Tujuan Diharapkan dengan makalah ini kami bisa memberikan pengetahuan kepada mahasiswa. 5 Page 1. masyarakat tentang bahaya bahan kimia organik berbahaya (formalin dan boraks) dari pengertian dan jenis-jenis pangan yang menjadi sasaran penggunaan boraks dan formalin serta penanganan dan penanggulanggan bahan kimia organik tersebut. Manfaat  Dapat mengetahui bahaya formalin dan boraks serta cara penanganan dan penanggulanggan dari bahan kimia organik berbahaya dalam kehidupan kita.  Dapat mengetahui cirri-ciri makanan dengan bahan baku boraks atau formalin sebagai pengawet sehingga dapat menghindarinya. 1. 5 .3.

kejang perut. 6 . hilang nafsu makan. mudah larut dalam air. mencret. lontong. ketupat. Formalin adalah bahan kimia yang berupa cairan dalam suhu ruang. maupun hasil perpaduan dari beberapa zat atau senyawa. otak dan testis.bau sangat menyengat. pengawet kayu. pengawet jaringan.1. serta sangat sedikit melalui keringat. Pengertian Bahan kimia organik merupakan zat atau senyawa yang berasal dari alam maupun hasil olah tangan manusia ( produksi ) yang komponen penyusunannya dapat berupa zat atau senyawa tunggal. kerusakan ginjal. Boraks merupakan srebuk kristal lunak yang mengandung unsur boron. Boraks tidak hanya diserap melalui pencernaan namun juga diserap melalui kulit. dan digunakan di industri tekstil dan kayu lapis. Boraks banyak digunakan dalam berbagai industri non pangan khususnya industri keras. Boraks yang terserap dalam tubuh dalam jumlah kecil akan dikeluarkan melalui air kemih dan tinja. tidak larut dalam alkohol. gelas. 5. bakso bahkan dalam pembuatan kecap. 6 Page BAB II PEMBAHASAN 2. PH: 9. Formalin digunakan sebagai desinfektan. Mengkonsumsi boraks dalam makanan tidak secara langsung berakibat buruk. namun sifatnya terakumulasi sedikit-sedikit dalam organ hati. Boraks yang dikonsumsi cukup tinggi dapat menyebabkan gejala pusing. tidak berbau. Boraks tidak hanya mengganggu enzim-enzim metabolisme tetapi juga mengganggu alat reproduksi pria. cairan pembalsem. Formalin tidak boleh digunakan sebagai bahan pengawet makanan karena jika digunakan pada pangan dan dikonsumsi oleh manusia bisa menyebabkan tenggorokan terasa panas dan menyebabkan kangker yang pada akhirnya akan mempengaruhi organ tubuh lainnya. Disamping itu boraks digunakan untuk industri makanan seperti dalam pembuatan mie basah. tidak berwarna. muntah. anti septik kayu. keramik dan pengontrol kecoa. sebagai pengawet biasa ditambahkan methanol hingga 15 persen. mudah larut dalam air dan alkohol. Di dalam formalin terkandung sekitar 37 persen formaldehid dalam air. berwarna putih.

5. Tidak dihinggap lalat. Awet. Ciri-ciri makanan yang mengandung formalin:  Tahu 1. 2. dan bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es (10 derajat celsius). 2. Awet pada suhu kamar sampai beberapa hari dan tidak mudah busuk.3. 5. Formalin dan boraks tidak boleh digunakan dalam makanan. 4. Tidak mudah hancur. Tidak mudah hancur dan awet sampai 3 hari pada suhu kamar dan bisa tahan 15 hari dalam kulkas . Teksturnya sangat kenyal. Jauhkan anak- anak dari makanan yang mengandung boraks dan formalin. Tidak berbau khas ikan. Bau sedikit menyengat 2. 7 . Aroma kedelai sudah tidak terasa lagi. Oleh karena ada baiknya kita hindari makanan yang mengandung formalin dan boraks. 4. dan tidak lengket. Bentuknya sangat bagus 2. Berwarna putih bersih..  Ikan 1. Ikan berwarna bersih cerah. Secara awam kita tidak tahu seberapa besar kadar konsentrat formalin dan boraks yang dianggap membahayakan. Tidak mudah busuk dalam beberapa hari. 5.  Ikan Asin 1. Tidak disukai lalat. setidaknya awet pada suhu kamar sampai 5 hari. Kenyal tapi tidak padat. 3.2. 4. 2. Teksturnya kencang. Sehingga Formalin dan boraks merupakan bahan tambahan yang sangat berbahaya 7 bagi manusia karena merupakan racun.  Ayam Potong 1. Bau agak menyengat. tidak mudah putus. Awet sampai dua hari dalam suhu kamar (25º Celsius). 4. Awet sampai lebih dari 1 bulan pada suhu kamar (25ºC). 3.  Mi basah 1. Teksturnya kental. Insangnya berwarna merah tua dan bukan merah segar.  Bakso 1. 2. Tidak terasa bau amis ikan. 3. 2. 3.Kenyal. 2. Warna putih bersih. Mi tampak mengkilat (seperti berminyak). Ciri-ciri makanan yang mengandung Boraks:  Mi Basah 1. Bila terkonsumsi dalam konsentrasi tinggi Page racunnya akan mempengaruhi kerja syaraf. 3.

mata berair. Lebih kenyal dibanding bakso tanpa boraks. muntah. nafas pendek. 8 3. diare. 2. Warna tidak kecoklatan seperti penggunaan daging. kerusakan hati. sakit kepala. sukar bernafas. kulit terbakar  Jika terkena mata Kemerahan.  Bakso 1. 2. koma dan kematian. pusing. Page 4.4. Terlihat butiran-butiran mmengkilat di bagian dalam. gangguan jantung. kanker paru-paru. kebutaan  Jika tertelan Mual. Tidak lengket. pandangan kabur. Tahan lama atau awet beberapa hari. Dan tidak mudah putus. 2. Bila dilempar kelantai akan memantul seperti bola bekel. 5.  Jika terkena kulit Kemerahan. Terlihatlebih mengkilat. Bila digigit akan kembali ke bentuk semula. 8 . 3.Pengaruh Formalin Terhadap Kesehatan :  Jika terhirup Rasa terbakar pada hidung dan tenggorokan . kerusakan mata.  Gula Merah 1. perut perih. kejang. Sangat keras dan susah dibelah. hilangnya pandangan. 2. Catatan: Bakso yang aman berwarna abu-abu segar merata disemua bagian baik di pinggir maupun di tengah. kulit membiru. gatal. gatal. kerusakan saraf. 4. tetapi cenderung keputihan. sakit kepala.

 Ekonomi keluarga yang tidak cukup membuat mereka menggunakan bahan kimia yang harganya lebih murah dibanding dengan bahan-bahan pembuatan makanan yang seharusnya.hal tersebut menguntungkan bagi penjual karena apabila makanan yang tidak dicampur dengan boraks akan cepat membusuk bahkan jika tidak laku mereka akan rugi.Faktor-Faktor yang mempengaruhi penggunaan Boraks:  Kurangnya pengetahuan tentang bahaya boraks. 9 .Pengaruh Boraks Terhadap Kesehatan :  Tanda dan gejala akut : Muntah.6.penggunaan boraks untuk mengawetkan makanan akan bertahan hingga berhari-hari bahkan sampai berbulan-bulan dan seterusnya. diare.banyak penjual yang tidak mengetahui dampak dari penggunaan boraks bahkan ada yang mengkonsumsinya sendiri untuk makanan sehari-hari. merah dilendir.  Untuk meraih keuntungan yang banyak. konvulsi dan depresi SSP (Susunan Syaraf Pusat)  Tanda dan gejala kronis – Nafsu makan menurun – Gangguan pencernaan – Gangguan SSP : bingung dan bodoh – Anemia. 2.  Tuntutan jaman yang harga bahan pangan yang harganya melambung tinggi sehingga para penjual menggunakan boraks.5. rambut rontok dan kanker. 9 Page 2.

Pastikan tida ada lagi sisa formalin di mata.2. tindakan awal yang harus dilakukan adalah menghindarkan penderita dari daerah paparan ketempat yang aman.7.9 % secara terus – menerus dan dibawa ke rumah sakit. Bila terkena mata maka bilas mata dengan air mengalir cukup banyak sambil mata dikedip –kedipkan.Penanganan dan Penanggulangan Bahan kimia organik Berbahaya 10 Penanganan: Bila terkena hirupan atau terkena kontak langsung formalin dan Page boraks. Bila tertelan segera minum susu atau norit. Penanggulangan: 1) Pandai memilih makanan 2) Gunakan alat pelindung 3) Cucilah kulit 4) Menggunakan larutan garam 5) Hubungi dokter segera 10 . Aliri mata dengan larutan garam dapur 0.

1Kesimpulan Berdasarkan hasil diskusi tentang bahan kimia organik berbahaya.2Saran  Masyarakat harus lebih teliti dalam memilih makanan yang mengandung bahan boraks maupun formalin. 3. DAFTAR PUSTAKA https://nanaw14. gangguan jantung bahkan kematian.  Kesadaran masyarakat untuk membantu dalam mencegah boraks dan formalin agar tidak digunakan dalam produk makanan.  Berikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai boraks dan formalin tentang bahaya-bahayanya apabila digunakan pada makanan dan tidak digunakan sesuai dengan fungsinya.com/2009/05/02/contoh-karya-ilmiah/ 11 . Jika dikonsumsi dalam tubuh akan mengakibatkan kerusakan saraf. maka dapat disimpulkan bahwa boraks dan formalin merupakan bahan kimia organik berbahaya bagi tubuh dan makanan yang sering mengandung boraks dan formalin adalah bakso dan tahu. BAB III 11 PENUTUP Page 3.wordpress.

org/2013/04/kimia-organik.co/18508/alergi-formaldehid-penyebab-gejala-dan-pengobatannya/ http://jurnalilmiahtp.blogspot.html http://www.ilmukimia.amazine.blogspot.html Page http://zieczhuo.com/artikel-3/kimia-berbahaya-di-sekitar/ 12 http://www.wordpress.https://pranaindonesia.com/2012/01/penanganan-formalin.com/2013/11/bahaya-boraks-bagi-kesehatan-manusia.html 12 .