You are on page 1of 23

Skip to content

 Home

 About

Shiteiru !!!
something special

Tutorial Corel Draw : Mengenal Menu dan
Toolbox dalam CorelDraw X5
Posted on August 13, 2012 by salak15 Standard

Rate This

Untuk Belajar Corel Draw bagi pemula kadang terpintas sebuah pertanyaan seputar menu-
menu yang terdapat dalam corel draw,,mmm apa yah gunaya yang itu ??shape tool,bezier
tool,dan tool yang itu loh ??? Oleh karena itu saya membuat postingan ini

yaitu Mengenal Menu dan Toolbox dalam CorelDraw X5,karena untuk menjalankan
software pengolah gambar vektor ini kita harus tau apa sajah fungsi setiap tools yang ada di
dalam CorelDraw.Setelah kita berkenalan dengan semua tools itu kita dapat melakukan
eksperimen di dalam CorelDraw.wah udah kaya profesor pake eksperimen segala

wkwkwk.

Apa anda lihat logo di samping ini ?? ini dia logo yang saya dapatkan di mbah google ,cukup
unik untuk logo yang satu ini.Dan kita bisa membuat logo ini dengan mudah di
CorelDraw ,silahkan di read more

Setelah kita berbincang – bincang sedikit tentang CorelDraw *cendolnya dong

gan ..loh ??? #sekedar selingan !!! Sekarang mari kita kupas pake pisau bagaimana
CorelDraw itu sebenarnya .

 Bukalah CorelDraw yang anda miliki ,kebetulan saya punyanya CorelDraw X5 jadi
kurang lebih sama ajah si cuma beda – beda dikit sama versi sebelumnya
hehehe ,jadi silahkan di buka dan perhatikan gambar di bawah ini !!!

yuuk mari kita bahas satu persatu dari setiap program yang ada di dalam CorelDraw

ini !!!!?

 Menu Bar

Menu Bar adalah barisan menu yang terdiri dari File, Edit, Layout, Type, Element, Utilities,
View, Window dan Help. Semua perintah-perintah terdapat pada menu – menu tersebut.Sama
halnya kalo kita buat tulisan di microsoft word itu semua adalah perintah-perintah yang dapat
kita gunakan buat merintah si corel biar patuh sama kita loh jiahaha .Kalau di

Photoshop cara mengexport gambar ke dalam PNG,JPG,GIF,dsb hanya dengan save as dan
cara menginsert gambar dengan open beda hal nya dengan corel ada caranya untuk
menginsert gambar kedalan corel draw dan mengexport gambar ke
dalam PNG,JPG,GIF,dsb caranya sebagai berikut :

-Menginsert gambar ke dalam corel draw file>import>cari gambar>klik import setelah itu kelik di bagian Printable area maka *ting ada deh tuh gambarnya gan (udah kaya jin ajh pake ting) -mengexport gambar dari CorelDraw File>export>export *pada bagian save as type anda berhak memilih ingin di save dalam bentuk GIF.PNG.dsb suka terseraha maunya deh terus klik export .JPEG.

pilih format yang mau di exportnya lalu klik Export .

okey ??? Sekarang kita lanjut program selanjutnya …. menyimpan.sok atuh di coba – coba dan dipelajari lebih lanjut untuk menu bar ini.. mencetak dan sebagainya.bisa yah ?? di coba ajah deh gan hehe.salah dikit pake Ctrl+Z ajah gampang kan ??? . Disini juga anda bisa mengatur besar resolusinya dengan cara mengatur berapa persen yang anda mau misal 100% .print.open file..dan masi banyak lagi kalo saya post kan bisa – bisa tangan saya keriting juga ni gan oleh karena itu silahkan berekperimen sendiri dan mencoba semua yang ada di Menu bar ini *JANGAN TAKUT MENCOBA KALAU INGIN BISA ..Jadi tinggal klik ajah maka perintah akan langsung dijalankan oleh CorelDraw.contoh lain dalam menu effects anda bisa membuat gambarnya tambil berbeda silahkan ajah di coba satu – satu contoh nya : pertama kklik dulu gambarnya lalu effects>transform>invert nah masi banyak lagi bentuk yang terdapat pada menu effects ini jadi silahkan anda coba sendiri untuk yang lainnya yah -Masi banyak lagi rahasia yang tedapat pada semua menunya seperti menu Help yang gunanya untuk membantu kita jika kita dalam bertanya seputar corel draw ..  Standard Tool Bar Pada Standard tool bar terdapat icon – icon seperti save....dsb yang gunanya untuk membuat file baru.semakin banyak mencoba semakin handal nantinya anda menggunakan corel draw ini jangan takut salah karena dari kegagalan maupun kesalahan anda akan belajar . membuka file.

Untuk menampilkan dan menghidden Horizontal Ruler & Vertical Ruler yaitu dengan cara View>Rulers sampai tanda centang itu hilang maka terhidden dan untuk mengembalikannya sama yaitu View>Rulers sampai tanda centangnya ada lagi . Misalnya tool Box sedang aktif pada Zoom Tool. karena terdapat mistar horizontal dan vertical dengan satuan ukuran yang dapat kita ubah sewaktu- waktu.*udah kaya jin ilang muncul gitu  Printable Area . demikian juga dengan tooltool yang lain.Bisa juga dengan cara memperbesar dan memperkecil menggunakan Scroll mouse  Property Bar Property Bar merupakan baris perintah yang unik.  Horizontal Ruler & Vertical Ruler berfungsi untuk membantu kita dalam membuat desain dengan ukuran yang tepat. Disini kita akan dapat lebih cepat dalam mengakses perintah-perintah yang berhubungan dengan tool yang sedang aktif. maka akan memunculkan property dari Zoom tool.atau lebih .. karena tampilannya akan selalu berubah dan perintah-perintah yang ada didalamnya akan menyesuaikan dengan icon yang sedang aktif pada tool Box.

outline. Kita dapat mengakses tool-tool warna melalui on-screen color palette.Caranya mudah dilihat yuuuukkkk !!!! -menggunakan Fountain Fill a)buat dulu bentuk gambarnya misalnya dengan bentuk bulat dengan menggunakan Ellips Tool . Namun langkah yang tercepat untuk mengakses warna adalah melalui On-screen color palette yan gtesedia di sebelah kanan corel draw itu.Area dimana tempat kerja kita berlangsung.Membuat sebuah gambar atau mengutak atik gambar dan lainnya . kertas dan lain.lain. maupun Color Roll-up untuk memilih warna isi.lalu klik tuh gambar .anda juga bisa membuat di luar area tetapi pada saat ingin di export atau di cetak mesti ada di dalam area tersebut *hukumnya WAJIB yah woyy awasss kalo enggak !!!!  Color Palette Warna merupakan unsur penting dalam sebuah desain grafis. Color dialog box. Corel Draw memberikan berbagai kemudahan untuk mengakses dan memilih berbagai model warna. Oh ia ada cara lain untuk meberi warna loh yaitu dengan Fountain Fill yaitu mewarnai isi dari objek tersebut dan jika kalian mau garis dari bentuk gambar kalian berwarna maka kita akan gunakan outline yaitu mewarnai garis bentuknya.

dan to disana anda bebas mau ngutak ngatik warna nya apa dan bentuk typenya seperti apa di coba ajah yah lalu tinggal klik ok .from.coba perhatikan bagian Type.b) klik F11 jika keluar gambar seperti ini klik okey ajah tapi ika tidak akan langsung masuk ke Fountain Fill Tampilan Fountain Fill.

contoh kita ubah menjadi warna biru dengan cara klik gambar lalu klik kanan pada Color Palete .-menggunakan outline Coba anda perhatikan gambar di atas warna garis lingkaran itu hitam kan ???nah fungsi outline disini merubah warna hitam itu menjadi warna lain .

Tool Box menyimpan berbagai perintah perintah untuk membuat obyek dasar. koordinat posisi mouse berada dan juga informasi tentang warna pada obyek yang sedang diaktifkan.  Horizontal Scrool Bar penggulung halaman secara horisontal. memberikan efek-efek interaktif dan . Anda dapat menggeser horizontal scrool bar untuk melihat bagian kanan atau bagian kiri laembar kerja yang belum terlihat. Fungsi -fungsi yang terdapat pada Toolbox  Tool Box Tool Box merupakan sarana utama pada Corel Draw. Anda dapat menggeser scrool bar ke atas dan kebawah untuk memperluas lembar kerja atau untuk melihat bagian tertentu dari gambar yang belum terlihat. editing obyek.berubah kan jadi warna biru ??  Vertical Scrool Bar Penggulung halaman secara vertical. baik warna fill maupun outline.  Status Bar Memberikan informasi tentang operasi yang sedang dilakukan.

 Roughen Brush Tool = mengubah bagian outline pada garis vektor dari sebuah gambar.Pada bagian ini juga cukup panjang penjelasannya dan sangat penting sekali untuk mengoprasikan corel draw jadi diharap di perhatikan baik – baik dan jika nanti kurang dimengerti bisa langsung ditanyakan dan jika bisa ingsyaallah saya jawab yukkk mari kita bahas satu persatu .pada bagian ini juga banya tool lain seperti :  Knif tool =untuk memotong gambar  Eraser tool = untuk menghapus bagian gambar  Firtual Segment Delete = memotong bagian gambar yang berpotongan dengan gambar lain.  Pan Tool (H) = memindahkan tampilan gambar pada layar. untuk menampilkannya sama seperti di atas yaitu klik agak lama crop tool nya nanti akan keluar sendiri ke sebelah kanan d) Zoom tool = memperbesar gambar  Zoom Tool (Z) = memperbesar atau memperkecil tampilan gambar.wah ribet juga yah a) Pick tool = move picture atau memindahkan gambar(menggerakan gambar) mau ke kanan kek mau ke kiri kek mana ajah boleh wkwkw dan bisa juga untuk mengubah ukuran gambar b) Shape tool =merubah bentuk gambar ..pada bagian ini juga memiliki tool selain shape tool yang memiliki fungsi hampir sama tetapi biasa saya mengunakan shape tool untuk mengubah bentuk yang sudah jadi misalnya mau agak di mencongin gitu .pada bagian ini banyak tool untuk membuat garis menjadi sebuah bentuk yang anda ingin kan.lain-lain.Nah silahkan coba – coba ajh sendiri yah c) Crop tool=memotong dan mengambil bagian gambar yang terseleksi dari gambar bitmap.  Free Transform Tool (E) = untuk memutar gambar dengan bebas.Biasa saya pake Berzier ..Beberapa tools yang lain yaitu :  Smudge Brush Tool = membuat efek distorsi pada obyek garis.cara untuk melihat selain shape tool yaitu dengan tekan/klik shape tool agak lama nanti keluar sendiri ke kana selain shape toolnya. e)Freehand tool = menggambar kurva dan segmen garis lurus. dan membuang bagian gambar yang tidak terseleksi.

tool lebih bagus dan lebih mudah dalam penggunaanya *menurut saya si karna saya lebih familyar menggunakan Berzier tool.  Berzier tool = sebuah garis juga yang lurus atau menggambar kurva satu segmen pada satu waktu .Dalam penggunaan berzier maupun freehand dan yang sejenisnya anda mesti perhatikan bentuk yang anda buat.bingung juga mau jelasin kaya gimana tapi intinya kaya gitu deh hehehe .jika bolong akan mengakibatkan tidak bisa menaruh warna pada bentuk itu dan jika tidak ada yang bolong makan anda dapat memberi warna untuk bagian dalamnya .lekukan atau bentuk lain dengan menggunakan to curve.lihat contoh di atas !!!apa sudah paham maksud saya ?? maaf jika berbelit – belit .coba perhatikan gambar di bawah ini ! Setelah anda sudah selesai membuat suatu bentuk anda perbesar dan pastikan tidak ada yang bolong . Selain itu anda juga bisa membuat sebuah lekukan.perhatikan gambar di bawh ini ! .

serta menambahkan efek kaligrafi dengan menggunakan freehand stroke  Pen Tool = menggambar kurva dalam segmen.klik kanan to curve (terserah mau di tarik kemana ajah)  2-Point Line Tool = menggambar garis lurus dengan cara menariknya dari titik awal ke titik akhir  Artistic Media Tool (I) = menambahkan brush. menyemprot.buat dulu bentuk nya dengan asal ajah garis – garis lalu anda klik bentuk/gambar itu setelah itu klik shape tool selanjutnya klik pada bagian garis yang hendak di jadikan melengkung . dan garis lurus dalam satu tindakan berkesinambungan  3-Point Curve = menggambar kurva dengan menariknya dari titik awal ke titik akhir kemudian menuju posisi titik pusat f) smart fill tool = membuat obyek dari dua gambar yang tupang tindih dan menerapkan obyek tersebut  Smart Drawing (Shift+S) = mengkonversi freehand stroke dengan membentuk dasar-dasar atau kurva yang diperhalus . dan setiap segmen preview gambar  B-Spline Tool = menggambar garis lengkung dengan menetapkan titik kontrol yang membentuk kurva  Polyline Tool = menggambar kurva yang terhubung.

Untuk yang satu ini saya belom pernah coba jadi sorry silahkan anda coba sendiri yah. silinder. Yaitu dengan menariknya dari titik awal ke titik akhir kemudian menuju posisi titik pusat h) Ellipse tool (F7) = membuat bentuk bulatl atau elipse dengan cara menariknya dalam halaman gambar  3-Point Ellips = menggambar objek berbentuk lingkaran dan elips dengan dasar 3 titik. hati dan sebagainya  Arrow Shapes Tool = membuat gambar objek berbentuk anak panah dengan berbagai arah  Flowchart Shapes Tool = untuk menggambar simbol flowchart  Banner Shapes = untuk membuat gambar objek berbentuk pita dan ledakan  Callout Shapes = membuat gambar objek berbentuk gelembung atau label yang biasanya dibuat untuk keterangan sesuatu k) Text tool (F8) = untuk membuat atau mengedit tulisan .tapi akan saya kasi tau fungsi yang lainnya .nanti tinggal atur di Property bar untuk jenis huruf.warna. l) Table tool = udah jelas banget buat bikin table ini mah atuh gan (untuk pengaturannya di daerah property bar) m) Parallel dimension tool = untuk menggambar garis miring dimensi.g) Rectangle tool (F6) = membuat bentuk persegi atau persegi panjang dengan cara menariknya dalam halaman gambar  3-Point Rectangle = menggambar kotak dan persegi panjang dengan dasar 3 titik.dll.besar tulisan. Yaitu dengan menariknya dari titik awal ke titik akhir kemudian menuju posisi titik pusat i) Polygon tool (Y) = membuat bentuk polygon dengan cara menariknya dalam halaman gambar  Star Tool = menggambar objek berbentuk bintang  Complex Star Tool = menggambar bintang yang memiliki sisi berpotongan  Graph Paper Tool(D) = untuk menggambar grid  Spiral Tool (A) = untuk menggambar spiral simetris dan logaritmik j)Basic Shapes tool= untuk menggambar objek berbentuk lingkaran.

 Horizontal or Vertical Dimension Tool = membuat gambar horizontal atau vertical dimensi  Angular Dimension Tool = untuk menggambar garis dimensi sudut  Segment Dimension Tool = untuk menampilkan jarak antara node terakhir pada segmen tunggal atau beberapa  3-Point Callout = untuk menggambar callout dengan dua segmen garis terdepan n) Straight-Line connector tool =untuk menggambar garis lurus untuk menghubungkan dua buah objek  Right-Angle Connector Tool = untuk membuat gambar sudut kanan untuk menghubungkan dua buah objek  Right-Angle Round Connector Tool = untuk menggambar sudut siku-siku dengan sudut ronded untuk menghubungkan dua buah objek  Edit Anchor = untuk memodifikasi titik garis konektor dalam gambar.perhatikan gambar !  Drop Shadow = membuat obyek dengan efek bayangan.perhatikan gambar di bawah.caranya klik drop shadow>klik bagian tengah bentuk>lalu geser ke arah belakang  Envelope tool = membuat obyek dengan mengikuti pola yang diinginkan  Extrude tool = untuk menerapkan efek 3D untuk objek dalam menciptakan ilusi kedalaman.Disini terdapat :  Countour tool = menerapkan serangkaian bentuk konsentris yang menyebar ke dalam atau keluar obyek  Distort tool = transportasi objek dengan menerapkan push dan pull.jadi untuk penggunaan tools ini bisa di pelajari secara langsung pada postingan Membuat tulisan 3D dengan Corel Draw :) .ini adalah contoh hasil karya saya untuk Membuat tulisan 3D dengan Corel Draw dalam pembuatannya menggunakan Extrude tool dan dapat kita beri warna dengan cara pilih extrusion color di bagian atas kanan corel draw lalu pilih color shanding dan atur warna sesuka anda. o) Blend tool = membuat penggandaan obyek hingga mendekati bentuk obyek terakhir. zipper atau efek twister.

 Transparency tool = membuat obyek dengan fill bentuk transparan terhadap obyek yang ada di belakangnya.perhatikan gambar ! p) Color eyedroper tool = dipergunakan untuk menunjukan sampel warna dan menerapkannya pada objek .

ukuran.Untuk bagian ini juga sudah saya jelaskan pada Color Paletetetapi itu hanya secara singkatnya karena di sini juga kita dapat memberi warna selain warna dasar misalnya warna bertekstur atau warna – warna lain yang telah tersedia pada CorelDraw itu sendiri  Uniform Fill (Shift+F11) = untuk memilih warna isi yang solid untuk suatu benda dengan menggunakan color palettes. color harmonies. atau color blends  Fountain Fill (F11) = untuk mengisi objek dengan sebuah gradien warna atau bayangan  Pattern Fill = untuk menerapkan pola preset pattern fill ke objek atau membuat pola kustom pattern fill  Texture Fill = untuk menerapkan preset texture Fill pada objek untuk menciptakan ilusi dari berbagai tekstur. color viewers. warna. awan dan batu  PostScript Fill = untuk menerapkan tekstur yang cukup rumit untuk obyek  No Fill = untuk menghapus fill pada objek  Color = untuk mengatur pilihan warna pada sebuah objek Nah saya akan beri contoh menggunakan warna pada fill tool ini silahkan lihat gambar !!! .untuk sederhananya bisa dilihat pada bagian Color Palete  No Outline = untuk menghapus outline dari objek yang dipilih  Hairline Outline = untuk membuat outline tipis pada sebuah objek  Color = untuk menetapkan pilihan warna secara detail untuk sebuah gambar yang dipilih r) Fill tool = mengatur warna fill dan suatu obyek.  Attribute Eyedropper Tool = untuk menyalin objek atribut seperti isi. serta menerapkannya ke objek lain q) outline tool (F12) = Untuk penggunaan outline sudah saya jelaskan pada bagian color palete .selain itu di sini juga terdpat :  Outline pen =digunakan untuk merubah bentuk Outline. dan efek. ketebalan outline dari suatu obyek .ini gunanya untuk pengaturan pada Outline pen  Outline Colors (Shift+F12) = untuk memilih warna outline dengan menggunakan color viewer dan color palettes. outline. seperti air.perhatihan gambar di bawah.

. titik tengah.Mess fill = agan langsung liat sajah pada postingan Membuat kartu nama dengan corel draw X5 nomor 5 nya .saya akan mencontohkan menggunakan pattern fill pada sebuah objek klik gambar/bentuk yang hendak kita beri warna(gambar yang kiri itu sebelum gambar yang kanan sudah jadi)>Klik fill tool>pilih pattern fill>pada bagian full color klik panah kecil kebawah yang nantinya di situ banyak warna-warna unik lalu klik warna yang anda suka>setelah itu klik Ok s)Interactive fill tool (G)= untuk membuat fill secara dinamis dengan menggunakan penanda di halaman gambar dan property bar untuk mengubah sudut.interactive fill ..ini picture nya gan .siapa tau bisa membantu .sedikit gambar saya perlihatkan deh gan biar agan ga nangis hehe . berfungsi untuk mengisi sebuah objek dengan cara pencampuran beberapa warna atau bayangan diatur grid mesh.ini warna-warna yang tersedia pada fill tool . untuk penggunaan 2 tools ini dapat anda pelajari pada postingan saya Membuat kartu nama dengan corel draw X5 pada nomer 4 dan 5 saya rasa itu cukup jelas silahkan saja di baca pada postingan itu . dan warna  Mesh Fill (M).

coba perhatikan dibawah ini ! 1.simplify.  Cara penggunaan Weld.Intersect.front minus back.back minus front.back minus front.Trim.Intersect.Buat gambar persegi dan lingkaran lalu satukan setelah itu belok semuanya (Ctrl+A) setelah itu pada bagian property bar akan muncul Weld.Trim.front minus back.Creat boundary Secara singkatnya jika kalian ingin mengetahui fungsi kemasing-masing ini sangat mudah caranya akan saya beri tau dan kalian bisa coba sendiri untuk mengexplor semuanya .Creat boundary nah klik lah Weld perhatikan dibawah ini ! .simplify.

Intersect.sebenarnya masi sangat banyak sekali yang terdapat di dalam corel draw ini yang mungkin belum saya ketahui oleh karena itu silahkan bereksperimen sendiri jangan .front minus back.simplify.dan ini hasilnya : Nah untuk bagian Trim.Creat boundary caranya sama yaitu buat bentuk nya dulu lalu blok dan klik di bagian property barnya sedikit tambahan : mengenal menu intersection atau intersect Okey deh cukup sekian saya tuliskan tentang Mengenal Menu dan Toolbox dalam CorelDraw X5 ini .back minus front.

Dan jika tidak memiliki blog tidak usah kuatir anda bisa menuliskan nama lengkap beserta sekolah atau pekerjaanya akan saya cantummkan.JANGAN LUPA MAMPIR KE GALLERY COREL DRAW dan saya menerima hasil corel draw kalian yang ingin di post kan di blog ini silahkan sajah baca ketentuan di GALLERY COREL DRAW itu . Pesan dari Admin : woyyy yang udah baca ini postingan mesti mampir ke GALLERY COREL DRAW dan setelah berhasil membuat corel draw jangan lupa share di GALLERY COREL DRAW yah .Sorry gan ane udah kecapen ngetik gan jika ada salah -salah huruf maklum yah soalnya bikinnya juga ampe larut malem di sambung habis saur .*kesannya maksa gitu yah hehehe NB : yang hobi maen corelDRAW silahkan berkunjung ke Gallery Corel Draw ..saya harap ini bisa berguna bagi para pemula di corel draw mohon maaf jika ada yang salah dan sulit anda pahami saya juga manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa #ceileeehh .pernah takut salah dan salalulah ingin mencoba menciptakan hal baru.. Related Fungsi Menu Pada Corel Draw X3 CorelDRAW Fakta ilmiah kenapa 1 malam Lailatul Qodar lebih mulia dari 1000 bulan Bookmark the permalink. #Jika ada yang tidak mengerti seputar corelDRAW bisa di tanyakan meski saya masi newbie tetapi jika saya bisa membalas akan saya balas dan saya jawab ingsyaallah budayakan komennya yah dan Terima kasih atas kunjungannya _rofishiteiru.wordpress..saya cukupkan dan silahakn coba – coba untuk mencoba semua tool box yang ada .dan saya sangat mengharapkan bagi agan-agan senior bisa meramaikan Gallery Corel Draw ini dengan menyumbangkan karyanya dan ikuti ketentuan yang ada karna karya nya akan saya beri link ke blog masing-masing beserta nama pembuat karyanya .oleh karena itu Terima kasih atas keikut sertaanya .com_ Share this:  Email     Loading.. .

Post navigation CorelDRAW Fungsi Menu Pada Corel Draw X3 Leave a Reply Connect  Facebook  Twitter Recent Posts  Ketentuan Essay Beasiswa Data Print 2013  Daftar Peneriman Beasiswa Data Print 2013 Periode 1  (Klik) Pendaftaran Beasiswa Data Print 2013  Beasiswa Data Print 2013  BEBERAPA TEKNIK GITAR Archives  August 2013  September 2012  August 2012 Categories  Uncategorized .

com .935 other followers Build a website with WordPress.com Create a free website or blog at WordPress.com. The Fanwood Light Theme. Join 3.Meta  Register  Log in  Entries RSS  Comments RSS  WordPress. Follow Follow “Shiteiru !!!” Get every new post delivered to your Inbox.