You are on page 1of 5

Perusahaan memiliki 4 hal yang mendasari fungsi-fungsi

operasional yaitu :

1. Fungsi operasional Sumber Daya Manusia (SDM)

Fungsi ini bertanggung jawab dalam merekrut dan menempatkan
karyawan. Ada beberapa tahapan penting dalam bagian
personalia, diantaranya :
a. Merumuskan perencanaan di bidang SDM
b. Melakukan rekruitment
c. Penyeleksian tenaga kerja
d. Orientasi terhadap tenaga kerja
e. Melakukan pelatihan dan pengembangan
f. Penilaian prestasi
g. Promosi, pemutasian, demosi, PHK dan pensiunan tenaga kerja
h. Pemberian kompensasi

2. Fungsi operasional produksi

Fungsi ini bertanggung jawab apabila tidak adanya konsumen
yang mau membeli produk yang ditawarkan.
Ada 6 kegiatan penting yang harus dilakukan oleh bagian
produksi, yaitu :
a. Tahapan dalam pemilihan lokasi kegiatan produksi
Antara lain berdasarkan pertimbangan biaya, ketersediaan
yang berkaitan dengan bahan baku, jarak pasar, persediaan
sumber energi, dan transportasi yang mendukung.
b. Tahapan merumuskan perencanaan operasional
Tahap ini harus efektif, oleh karena itu ada 2 usaha agar
perencanaan produksi sukses, yaitu :merumuskan perencanaan di
bidang produksi dan perumusan tata ruang.
c. Merumuskan design organisasi di bidang produksi
Bagian ini terdapat spesialisasi kerja sehingga setiap
karyawan memiliki tanggung jawab masing – masing.

e. Peningkatan efisiensi di bidang produksi Peningkatan efisiensi dapat dipengaruhi oleh : proses perbuahan barang yang diproduksi. f. Konsep produksi Dimana konsumen menyukai dan mau membeli produk yang murah dan bermutu dimana pun Ia berada dan kapanpun Ia mau dan butuh maka produk itu harus ada. diantaranya merumuskan perencanaan produk. Fungsi operasional marketing (pemasaran) Marketing adalah sistem keseluruhan dari kegiatan perusahaan / usaha. Kegiatan pengendalian di bidang produksi Hakikat dari pengendalian ini adalah untuk menghindari penyimpangan. Perlunya perawatan peralatan di bidang produksi Hakikat dari perawatan peralatan tidak lain adalah untuk menghindari kerusakan peralatan produksi. Agar proses pemasaran sukses. d. kualitas SDM dan kualitas bahan baku.Konsep Penjualan . Pengendalian ini dapat terhadap bahan baku dan kualitas produksi. 3. c. ada lima konsep yang mendasari. mempromosikan dan mendistribusikan produk untuk memuaskan dan memenuhi keinginan konsumen. yaitu : a. b. Konsep produk Konsumen akan menyukai dan mau membeli produk yang berkualitas dan inovatif. menentukan harga.

Fungsi operasional keuangan Ada 2 pekerjaan penting di dalam bagian keuangan. Empat fungsi operasional diatas saling berhubungan dan memiliki arti penting yang saling membutukan. yaitu : a. Konsumen tidak dirugikan c. Bagaimana menggunakan uang dengan efektif Ada dua sumber keuangan yaitu sumber internal dan eksternal a. yaitu : a. Sumber eksternal – Utang – Menerbitkan surat utang dan menjualnya. Sumber internal – Modal sendiri – Laba yang didapat – Penjualan asset – Menjual saham b. fungsi marketing dan fungsi keuangan. Hal ini terjadi dikarenakan fungsi SDM merupakan . Konsep Pemasaran Bahwa konsumen akan mau membeli apabila dapat memuaskan kebutuhan konsumen secara efektif dan lebih baik dibandingkan dengan pesaing. e. Konsumen akan mau melakukan pembelian apabila konsumen selalu diingatkan dengan cara melakukan promosi produk pada konsumen. Bagaimana harus mendapatkan dana dengan cara yang efisien b. d. seperti obligasi. Pemenuhan kebutuhan dan memberikan kepuasan konsumen b. Konsep pemasaran sosial kemasyarakatan Kunci pencapaian tujuan pemasaran ada 3. Fungsi SDM merupakan pendukung bagi fungsi produksi. Menguntungkan masyarakat di seputar perusahaan 4.

Keuangan bisa menghasilkan sebuah laporan tentang keadaan perusahaan dan kondisi perusahaan jika didukung oleh fungsi lain dari perusahaan itu. Fungsi produksi ini sebagai tombak perusahaan untuk menjual sebuah produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Fungsi keuangan berhubungan dengan semua fungsi di perusahaan. Fungsi operasional marketing sebagai pendistribusi barang yang dihasilkan perusahaan merupakan hal yang penting juga untuk sebuah perusahaan. . Sebuah perusahaan jika tidak mempunyai fungsi keuangan maka tidak dapat diketahui sampai sejauh mana kualitas perusahaan tersebut dan bagaimana keadaan perusahaan tersebut.Untuk hubungan fungsi marketing dan produksi mempunyai hubungan langsung. Fungsi produksi didukung oleh operasional keuangan sebagai penyedia dana produksi dan penghitung biaya yang dihasilkan oleh perusahaan. Sedangkan fungsi SDM sebagai pemasok SDM bagi fungsi produksi dan fungsi marketing untuk memasarkan produk perusahaan. Fungsi operasional produksi bertanggungjawab kepada konsumen. Fungsi marketing berhubungan fungsi SDM hampir sama dengan fungsi lain perusahaan yang saling berhubungan dengan SDM. Semua barang yang dihasilkan oleh perusahaan bermuara di fungsi marketing.penyedia tenaga kerja bagi perusahaan untuk melanjutkan operasionalnya. Sedangkan fungsi keuangan dalam hubungannya dengan fungsi marketing sebagai control kegiatan bagi perusahaan dan fungsi marketing perusahaan. Fungsi marketing tidak akan berjalan jika tidak ada hasil barang yang dihasilkan oleh fungsi produksi.