You are on page 1of 12

PROPOSAL

PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)
DAN TUGAS AKHIR (TA)
PADA (tulis nama nama perusahaan/instansi)

Diajukan Oleh:

No. No. Mhs. Nama
1.
2.
3.
4.
5.

AKADEMI AKUNTANSI
YAYASAN KELUARGA PAHLAWAN NEGARA
YOGYAKARTA
2015

. Mhs...... Mengetahui.. M. 3.... No... Dosen Pembimbing DAFTAR ISI Halaman |2 . Drs. C.. 2015 Diajukan oleh: No.A. Nama Nomor Telepon 1.. PERSETUJUAN PROPOSAL PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) DAN TUGAS AKHIR (TA) PADA (tulis nama perusahaan/instansi) Yogyakarta. Sururi... .A... Ak. 2. 5. 4..B.

............. 4 4.............................................................................. Penutup......................... Halaman Daftar Isi................................. 8 11.. 5 5............... Tujuan Tugas Akhir (TA)...... 11 16............................... 7 8......... 12 17..................................... Kegiatan Praktik Kerja Lapangan dan Observasi Praktik Akuntansi Untuk Laporan Tugas Akhir. Penilaian Tugas Akhir (TA)............... 9 13............................. Penilaian Praktik Kerja Lapangan (PKL) ... 2 2.................................................................................. 10 14................. Halaman Persetujuan Proposal............ Susunan Penulisan Praktik Kerja Lapangan (PKL)... 13 *** Halaman |3 ................................................. Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan Tugas Akhir (TA) 9 12..... 11 15............... Waktu Pelaksanaan PKL dan TA.................... Tujuan Praktik Kerja Lapangan (PKL)............................................... Manfaat PKL dan TA Bagi Perusahaan/Institusi.......... 5 6........ 3 3..........................1.............................. 8 9......... Objek Penulisan Tugas Akhir............................... Ketentuan Etika............. Lampiran: foto kopi kartu mahasiswa....................... Latar Belakang.................................................... 7 7............. Susunan Penulisan Tugas Akhir (TA)..................................... 8 10....................

mahasiswa harus membuat laporan tertulis tentang Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang telah dilaksanakannya. 2-4. akuntansi aset tetap dan sebagainya yang menjadi minat kajian observasi mahasiswa. Balapan. Dua mata kuliah ini juga sekaligus digunakan sabagai salah satu persyaratan untuk bisa dinyatakan lulus dari program studi D-3 Akuntansi Akademi Akuntansi YKPN. dengan harapan lulusan AA YKPN akan memiliki keunggulan kompetensi dari sisi penguasaan praktik akuntansi. akuntansi penggajian. Yogyakarta. harus dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan PKL. Praktik Kerja Lapangan dan observasi kajian praktik akuntansi tertentu untuk penulisan laporan Tugas Akhir harus dilakukan paling tidak selama 400 jam atau 50 hari kerja dengan durasi waktu 8 jam per hari. adalah dua mata kuliah yang harus ditempuh secara bersamaan. berlokasi di Jalan Gagak Rimang No. akuntansi persediaan. Proses pendidikan akuntansi di AA YKPN dirancang dengan mengutamakan muatan praktik. Mata kuliah Praktik Kerja Lapangan (PKL) ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman praktik. Halaman |4 . AA YKPN menyelenggarakan pendidikan vokasi program D-3 Akuntansi. AA YKPN tetap memandang penting untuk membekali seluruh mahasiswanya dengan pendidikan praktik yang dilakukan secara langsung di dunia kerja atau di dunia industri. sedangkan mata kuliah Tugas Akhir (TA) ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman secara lebih mendalam dan komprehensif tentang praktik bidang akuntansi tertentu. yaitu pendidikan vokasi program D-3 Akuntansi.). misalnya akuntansi piutang. Mata kuliah PKL dan TA. Pada akhir pelaksanaan mata kuliah PKL dan TA.A. Meskipun proses pembelajaran di kampus AA YKPN sudah dirancang dengan mengutamakan muatan praktik. karena observasi praktik akuntansi tertentu yang menjadi minat kajian mahasiswa.LATAR BELAKANG Akademi Akuntansi YKPN (AA YKPN) didirikan pada tanggal 22 Maret 1970. baik praktik dalam bidang akuntansi secara langsung maupun dalam bidang yang relevan dengan bidang akuntansi. serta Tugas Akhir (TA) observasi praktik akuntansi tertentu yang telah dilakukannya. yaitu mata kuliah Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan mata kuliah Tugas Akhir (T. Pendidikan praktik langsung di dunia kerja atau dunia industri dikemas dalam dua mata kuliah. hal ini sejalan dengan program pendidikan yang diselenggarakan oleh AA YKPN.

4. Halaman |5 . yang mencakup: a. 4. Dokumen transaksi. 2.5. Memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk memahami realitas praktik akuntansi di dunia kerja. Ketepatan waktu penyajian informasi. Risiko informasi.3. Memberikan tambahan wawasan kepada mahasiswa tentang berbagai kemungkinan alternatif praktik akuntansi sesuai dengan situasi. Memberikan bekal kompetensi kepada mahasiswa untuk memahami dan mengidentifikasi kebutuhan perangkat pendukung praktik akuntansi yang sehat. Risiko kesalahan yang disengaja (fraud/kecurangan). baik kesalahan yang tidak disengaja (error) maupun kesalahan yang disengaja (fraud/kecurangan) 5. Memberikan bekal kompetensi kepada mahasiswa untuk memahami peran akuntansi dalam mencegah dan mendeteksi risiko kesalahan dalam proses bisnis. Memberikan pengalaman kerja bagi mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja. c. 3.4. termasuk proses akuntansi. Relevansi informasi. kondisi.2. seperti: a. 6. Memberikan bekal kompetensi kepada mahasiswa untuk memahami dan mengidentifikasi berbagai risiko dalam kegiatan operasional perusahaan. 3. serta kebutuhan informasi suatu organisasi. maupun b. b.1. c. Melatih keterampilan dalam bekerja sama.TUJUAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 1. Keakuratan informasi. TUJUAN TUGAS AKHIR 1. Melatih kedisiplinan dan kemampuan dalam bekerja. c.6. c. Kemudahan akses informasi. 5. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan teori/konsep yang diperoleh selama kuliah sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada di dunia kerja. Kejelasan informasi. yaitu risiko yang berhubungan dengan ketidakandalan informasi sebagi dasar untuk perencanaan dan pengambilan keputusan bisnis. Melatih kemampuan mahasiswa untuk melakukan observasi secara sistematis terhadap praktik akuntansi yang diterapkan pada suatu organisasi. Kelengkapan informasi. c. Melatih kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja 2. Risiko kesalahan yang tidak disengaja (error). yang bisa mencakup sejumlah problem informasi akuntansi sebagai berikut: c. Pemisahan fungsi transaksi atau fungsi kegiatan operasional organisasi. c. baik dokumen manual maupun elektronik.

d. laporan pertanggungjawaban. baik atas hasil observasi praktik akuntansi maupun atas berbagai pelaksanaan tugas bidang akuntansi yang telah dilaksanakannya. Prasyarat kompetensi SDM untuk mendukung efektifitas dan efisiensi kegiatan operasional serta kegiatan akuntansi organisasi. k. baik dokumen manual mupun dokumen berbasis komputer/sistem data base. g. Prosedur pembuatan rencana kerja atau rencana kegiatan. m. misalnya bidang peranggaran dan pelaporan pertanggungjawaban atau pelaporan kinerja. Cakupan kegiatan. termasuk prosedur kegiatan akuntansi. Prosedur pembuatan anggaran atas rencana kerja yang telah ditetapkan. Halaman |6 . d. Bentuk dan isi anggaran atas rencana kerja. g. Prosedur penyusunan laporan pertanggungjawaban atau laporan kinerja atas rencana kerja dan anggaran yang telah dilaksanakan. baik yang dibuat secara manual maupun yang merupakan output dari sistem data base. Disribusi anggaran. pengolahan data. c. Pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung efektifitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan. i. Bentuk dan isi laporan evaluasi kinerja pelaksanaan program kerja. seperti: a. dan penyajian informasi. Prosedur pelaksanaan kegiatan operasional atau kegiatan transaksi. Memberi bekal kompetensi kepada mahasiswa untuk membuat laporan tertulis secara sistematis dan jelas. Bentuk dan isi laporan pertanggungjawaban atau laporan kinerja. Dokumen akuntansi/pembukuan. h. e. Bentuk dan isi rencana kerja atau rencana kegiatan. Prosedur evaluasi kinerja pelaksanaan program kerja. Bagian-bagian yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan. f. e. 6. b. Memberikan bekal kompetensi kepada mahasiswa untuk memahami bidang-bidang kegiatan lain yang relevan dengan bidang akuntansi. Tujuan dan manfaat kegiatan pada divisi tertentu bagi organisasi. Dokumen laporan akuntansi. dan laporan evaluasi kinerja pelaksanaan program kerja. l. j. 7. c. Teknologi informasi untuk mendukung efisiensi pelaksanaan kegiatan operasional dan kegiatan akuntansi. f.

untuk meningkatkan kualitas lulusan Akademi Akuntansi YKPN. yang sebagian besar hanya dilakukan dalam bentuk simulasi. 8. Bekerja secara profesional. Meningkatkan peran serta (TULIS NAMA PERUSAHAAN) dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Tidak menolak apapun jenis tugas pekerjaan kantor yang diberikan oleh supervisor/pembimbing PKL dari perusahaan. khususnya dalam bidang akuntansi. Meningkatkan peran serta (TULIS NAMA PERUSAHAAN) dalam membantu dunia pendidikan. Selalu menjaga kebersihan dan kerapihan lingkungan kerja. Menghormati seluruh karyawan. Datang dan pulang sesuai dengan ketentuan yang berlaku di perusahaan/institusi tempat pelaksanaan PKL. 4. 3. khususnya para mahasiswa pelaksana PKL dan TA terhadap peran penting (TULIS NAMA PERUSAHAAN) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Memperluas pemahaman masyarakat. tidak sekedar memenuhi jadwal dan tugas pelaksanaan PKL. 9.MANFAAT PKL DAN TA BAGI PERUSAHAAN/INSTITUSI 1. KETENTUAN ETIKA Dalam melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan observasi praktik akuntansi untuk penulisan Laporan Tugas Akhir. tanpa memandang posisi dan jabatan. 11. 5. dalam mengajarkan secara riil berbagai keterampilan yang tidak memungkinkan untuk diajarkan di bangku kuliah. 2. 4. Sopan dan berhati-hati dalam bertutur kata. mahasiswa diwajibkan untuk memperhatikan dan melaksanakan aturan etika sebagai berikut: 1. Menggunakan parfum untuk menjaga kenyamanan lingkungan kerja. Pada hari pertama dan kedua mengenakan jaket almamater. 7. Halaman |7 . Meningkatkan kerjasama antara Akademi Akuntansi YKPN dengan (TULIS NAMA PERUSAHAAN) dalam upaya meningkatkan kualitas proses pendidikan dan pelatihan. 2. 6. khususnya Akademi Akuntansi YKPN. Berpakaian rapih dan sopan sebagaimana layaknya orang yang bekerja di kantor. 3. 10. Ringan tangan dalam membantu berbagai pekerjaan kantor. Menciptakan kondisi bahwa peserta PKL memiliki kepribadian dan karakter yang sesuai dengan tuntutan perusahaan/institusi.

Dalam melakukan Praktik Kerja Lapangan dan observasi praktik akuntansi tertentu. di bagian akuntansi atau di bagian lain yang berkaitan dengan bidang akuntansi. KEGIATAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN DAN OBSERVASI PRAKTIK AKUNTANSI UNTUK LAPORAN TUGAS AKHIR 1. dan kegiatan PKL secara lengkap. atau selama 50 hari kerja dengan jam kerja 8 jam per hari. awal bulan Agustus 2015. 6. 5. 2. dengan jam kerja menyesuaikan dengan ketentuan yang ada di (TULIS NAMA PERUSAHAAN). Praktik Kerja Lapangan dan observasi praktik akuntansi dilakukan selama 400 jam. termasuk tujuan dan manfaat dari setiap kegiatan PKL yang dilakukan. misalnya akuntansi piutang. Setiap hari mahasiswa harus membuat catatan kegiatan Praktik Kerja Lapangan yang terdiri dari: tanggal. Jika kehadiran peserta PKL kurang dari 90% dari target waktu/jam PKL.WAKTU PELAKSANAAN PKL DAN TA Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan observasi praktik akuntansi tertentu untuk penulisan laporan Tugas Akhir (TA) akan kami laksanakan antara pertengahan bulan Juni 2015 s. perusahaan manufaktur. mata kuliah PKL dinyatakan gugur. akuntansi persediaan. OBJEK PENULISAN TUGAS AKHIR Objek penulisan tugas akhir adalah praktik akuntansi tertentu dalam suatu perusahaan. baik perusahaan jasa. sepanjang jumlah 400 jam Praktik Kerja Lapangan dapat terpenuhi selama kurun waktu yang telah ditentukan. Mahasiswa dimungkinkan untuk melakukan Praktrik Kerja Lapangan dengan pola penjadwalan lain. perusahaan dagang. akuntansi aset tetap. jam pulang. atau bisa juga mencakup rangkaian aktivitas tentang perencanaan kegiatan. Mahasiswa tidak boleh melakukan kegiatan di luar ketentuan yang telah ditetapkan oleh staf pembimbing yang ditugaskan oleh perusahaan/instansi. Yang dimaksud dengan praktik akuntansi adalah praktik akuntansi secara luas. maupun lembaga pemerintah. selama 50 hari atau 400 jam. mahasiswa dibimbing dan disupervisi oleh staf yang ditugaskan oleh perusahaan/instansi. Halaman |8 . jam masuk. yang bisa mencakup segala aktivitas yang berhubungan dengan pertanggungjawaban keuangan perusahaan. 4.d. Catatan kegiatan PKL selanjutnya digunakan sebagai bahan penulisan Laporan Kegiatan PKL. 3.

PENILAIAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) Komponen Penilaian 1. LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) DAN TUGAS AKHIR (TA) Laporan Praktik Kerja Lapangan dan Tugas Akhir dibuat rangkap 3 (tiga). Praktik Kerja Lapangan dinyatakan gugur jika kehadiran mahasiswa di tempat praktik kurang dari 360 jam (90% dari jumlah jam PKL) Bobot Penilaian Penilai Komponen Penilaian Bobot Pembimbing PKL dari Penilaian dari perusahaan 80% perusahaan (dikonversi ke dalam nilai angka oleh dosen pembimbing) Dosen Pembimbing Laporan Praktik Kerja Lapangan 20% Halaman |9 . 2. tetapi diwajibkan untuk melaporankan prosedur akuntansi yang manjadi kajian utama observasi praktik akuntansi yang dilakukanya. 1 exemplar diserahkan ke dosen pembimbing/Akademi untuk penilaian akhir. dengan distribusi sebagai berikut: 1. 1 exemplar diserahkan ke perusahaan/instansi tempat pelaksanaan PKL dan observasi untuk penulisan laporan Tugas Akhir. dan evaluasi laporan kinerja kegiatan. pelaporan kinerja kegiatan. Nilai praktek yang diberikan oleh pembimbing di perusahaan. 1 exemplar untuk arsip mahasiswa. Mahasiswa tidak diwajibkan untuk melaporkan angka-angka keuangan dari kegiatan akuntansi. 2. Nilai laporan Praktik Kerja Lapangan yang diberikan oleh dosen pembimbing. 3.peranggaran kegiatan.

baik. 0 . sedang.79 A.64 B. Kesopanan dalam bertutur kata: sangat baik. sedang. sedang. Sedang = 70 4. baik.57 C 75 . Kemampuan dalam bekerja sama: sangat baik. Kurang = 60 Catatan: Untuk keperluan penilaian akhir. baik. kurang Konversi Penilaian Perusahaan 1.54 C- 70 . kurang 2. kurang 7. kurang 6. baik. baik. Kedisiplinan dalam pemenuhan jam kerja: sangat baik. kurang 4. baik. Kemampuan dalam berkomunikasi: sangat baik.44 D 61 .100 A 55 . 50 .Rincian Komponen Penilaian Dari Perusahaan 1. Baik = 80 3.74 B+ 45 . Kerapihan dalam berbusana: sangat baik. sedang.69 B 40 . sedang. Keterampilan dalam menjalankan tugas: sangat baik.39 E 58 . Konversi Nilai Angka ke Nilai Huruf Konversi nilai angka ke nilai huruf dilakukan oleh dosen pembimbing dengan pedoman konversi nilai sebagi berikut: Nilai Angka Nilai Huruf Nilai Angka Nilai Huruf 80 . dosen pembimbing akan menggunakan 80% dari nilai rata-rata penilaian perusahaan.60 C+ PENILAIAN TUGAS AKHIR (TA) H a l a m a n | 10 .49 D+ 65 . kurang 5. kurang 3. sedang. Sangat baik = 90 2. baik. sedang. Kreativitas dalam menjalankan tugas: sangat baik.

Halaman Judul 2. Halaman Judul 2.100 A 55 .39 E 58 .54 C- 70 .Penilaian Tugas Akhir terdiri dari tiga komponen. Bab III Penutup 8. Bab II: Laporan Praktik Kerja Lapangan 7. Halaman Pengesahan 3.79 A.74 B+ 45 .57 C 75 . Lampiran H a l a m a n | 11 . 50 . Bab III: Penutup 8.49 D+ 65 . Bab I: Tinjauan Umum Perusahaan 6. Bab II Topik Kajian Tugas Akhir 7. Daftar Isi 4. yaitu kemampuan dalam mengobservasi topik kajian. dan kemampuan dalam menyajikan tugas akhir. Lampiran SUSUNAN PENULISAN TUGAS AKHIR 1. kemampuan menulis.44 D 61 . Bab I Tinjauan Umum Perusahaan 6.60 C+ SUSUNAN LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 1. dengan bobot penilaian sebagai berikut: Penilai Komponen Penilaian Bobot Pembimbing Kemampuan mengobservasi 60% Praktek topik kajian Tugas Akhir Kemampuan menulis 20% Kemampuan dalam menyajikan 20% tugas akhir Konversi Nilai Nilai Angka Nilai Huruf Nilai Angka Nilai Huruf 80 . Halaman Pengesahan 3.64 B. Daftar isi 4. Kata Pengantar 5. Kata Pengantar 5.69 B 40 . 0 .

serta perhatian. bantuan. Proposal PKL dan TA ini kami ajukan secara kelompok untuk pertimbangan kepraktisan. dan bimbingan yang diberikan dalam pelaksanaan PKL dan TA yang akan kami laksanakan di (TULIS NAMA PERUSAHAAN).PENUTUP Kami mengucapkan terimakasih kepada manajemen (TULIS NAMA PERUSAHAAN) atas persetujuan terhadap proposal PKL dan TA yang kami ajukan. sesuai dengan kententuan pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan Tugas Akhir (TA) yang berlaku di Akademi Akuntansi YKPN. namun demikian dalam pelaksanaan PKL dan TA kami akan melaksanakan secara individual. ******* LAMPIRAN FOTO KOPI KARTU MAHASISWA H a l a m a n | 12 .