You are on page 1of 29

LAPORAN PENGABDIAN MASYARAKAT KULIAH KERJA

NYATA (KKN)

Judul Kegiatan :

SOSIALISASI PEMASARAN MEDIA ONLINE DI PENGUSAHA MEBEL di Desa
Wukirharjo, Kecamatan Prambanan , Kabupaten Sleman, Provinsi DI.YOGYAKARTA

Disusun Oleh :

Nama : Veri Tri Saputra
NIM : 13311391
Fakultas/Jurusan : Ekonomi / Manajemen

PUSAT KULIAH KERJA NYATA
DIREKTORAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN
MASYARAKAT
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
YOGYAKARTA
2017

1

PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA

Kabupaten/Kota : Sleman
Kecamatan : Prambanan
Kelurahan/Desa : Wukirharjo
RW/Dukuh : Klumprit 2

SURAT KETERANGAN

Nomor :.................................

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Suyanto
Jabatan : Kepala Dusun
Alamat : Klumprit 2, Desa Wukirharjo, Prambanan, Sleman.

menerangkan dengan sesungguhnya bahwa mahasiswa KKN PPM UII yang tersebut di bawah
ini :

Nama : Veri Tri Saputra
Unit/Model : SL-27 / Reguler

1. Dinyatakan selesai melaksanakan pengabdian masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata
Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat ( KKN PPM ) di Dusun Klumprit 2, Desa
Wukirharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
2. Mahasiswa tersebut telah melaksanakan semua kegiatan yang telah direncanakan.
3. Mahasiswa tersebut tidak mempunyai tanggungan janji dalam bentuk apapun dengan
masyarakat sasaran.
4. Mahasiswa tersebut tidak menyimpan, meminjam, membawa barang/berkas apapun milik
masyarakat sasaran.

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk menjadi periksa.

Wukirharjo, 20 Februari 2017

Kepala Dusun

(Suyanto)

1

2 .

HALAMAN PENGESAHAN Mahasiswa tersebut yang di bawah ini: Nama : Veri Tri Saputra No.Si) 3 . S. S. M.E. Dosen Pembimbing Lapangan I Dosen Pembimbing Lapangan II (Ir.Sc) (Jamalul Lail. Agus Taufiq. Mahasiswa : 113311391 Fakultas/Jurusan : Ekonomi / Manajemen Model KKN : Reguler Setelah melalui proses validasi program dihadapan kepala wilayah / instansi. pembimbingan dan pertanggungjawaban program di hadapan DPL laporan KKN model Reguler ini dapat DISAHKAN. 20 Februari 2017 Mengetahui/Menyetujui Kepala Desa/Lurah Kepala Dukuh (Turaji. Yogyakarta.) (Suyanto) Mengesahkan.

Bapak Ir.E. Kabupaten Sleman. S. Kecamatan Prambanan. Kecamatan Prambanan. 3. serta masukan yang telah diberikan selama menyelesaikan program Kuliah Kerja Nyata ini. Ayah. Maha Sempurna. Agus Taufiq. segala puji hanya milik Allah SWT. 4. Bapak Turaji. atas limpahan nikmat dan karunia yang tak henti-hentinya dianugerahkan kepada seluruh ciptaan-Nya di dunia ini. Selama pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata tersebut. Tim monef/Sidak Universitas Islam Indonesia. saran. atas nasehat. Desa Wukirharjo. selaku Kepala Desa Wukirharjo. sehingga dapat melaksanakan serangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 54 semester Genap tahun ajaran 2016/2017 di Dusun Klumprit 2. Bapak Jamalul Lail. 6. Allah SWT. M. zat yang Maha Agung. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan upaya untuk mendidik mahasiswa agar dapat menerapkan ilmu dan kemampuan yang diperolehnya dari bangku kuliah. pada kesempatan ini terucap terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: 1. 4 . S. Untuk itu. Mamah. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) 2 yang telah banyak meluangkan waktunya untuk membimbing kami mulai dari perencanaan program sampai penyelesaian laporan KKN ini.Si. yang telah mengingatkan kesalahan- kesalahan penulis dalam merealisasikan program KKN. sehingga program-program yang telah direncanakan dapat terealisasi dengan baik dan dapat diselesaikan tepat pada waktunya. selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) 1. KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum Wr. serta upaya agar mahasiswa dapat belajar untuk hidup di tengah-tengah masyarakat dan belajar bekerja dalam suatu kelompok. tanpa kendala yang berarti.Wb. 5. Alhamdulillahi rabbal ‘alamin. atas rahmat dan ridho Nya serta kesehatan yang telah dilimpahkan Nya 2. Kabupaten Sleman. Propinsi Yogjakarta dengan baik dan lancar. atas segala kasih sayang dan semangat. banyak memperoleh bantuan baik yang berupa materi maupun non-materi. Adik-Adik dan Keluarga besar.Sc.

Teman-teman EKONOMI MANAJEMEN seperjuangan. Ketua RT/RW dan tokoh masyarakat Dusun Klumprit 2 yang telah banyak membantu. 8. yang telah membantu penulis dalam pemanduan wilayah dusun. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua yang membaca dan dapat memanfaatkannya. Bapak Suyanto. Wassalamu’alaikum Wr. 11. Pak Widodo dan Pak Suyanto. 7. 13.T. yang telah memberikan tempat tinggal dan bantuan selama pelaksanaan KKN. Seluruh keluarga baru. Pemuda warga Dusun Klumprit 2 yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu. 20 Februari 2017 Penyusun 5 . selaku Kepala Dukuh Klumprit 2 yang telah mendukung dan memberikan solusi untuk program KKN ini. salam satu atap ”ONE MANAJEMEN ”. Seluruh warga masyarakat Dusun Klumprit 2 terimakasih atas kerja sama dan bantuannya. Wb.W. Oleh karena itu segala kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ini sangat diharapkan. Yogyakarta. 12. 9. Tidak lupa ucapan permohonan maaf apabila selama melaksanakan KKN terdapat kekhilafan dan kesalahan. 10. unit 27 angkatan 54 imbalan dari Allah S.

Veri Tri Saputra 6 .

.................................................................................... 21 DAFTAR PUSTAKA ................. 1 BAB I ANALISIS SITUASI......................... iii KATA PENGANTAR............... 5 BAB III METODE PELAKSANAAN ............................................................................................. i SURAT KETERANGAN........... 7 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN ................................................................................................................................................. 22 1 ................................................................................................................................................................ iv DAFTAR ISI ……………………………………………………………………............................... 13 BAB KESIMPULAN DAN SARAN ................................................................................ DAFTAR ISI HALAMAN DEPAN.................................................................................................................................. 2 BAB II PROGRAM KEGIATAN ........ ii HALAMAN PENGESAHAN.

2 . Geologi Wilayah Desa Wukirharjo dengan kondisi tanah dataran tinggi dengan tingkat kesuburan tanah yang cukup baik sehingga potensi untuk lahan pertanian terutama padi. 2. Hidrologi Kondisi alam Desa Wukirharjo adalah daerah dataran tinggi sehingga kalau musim hujan tiba maka Desa Wukirharjo pasti kena dampak air hujan menyebabkan tanah longsor. 3. Dengan keadaan curah hujan rata – rata 20 mm per tahun. peternakan dan industri rumah tangga sesuai dengan daya dukung lingkungan dan fungsinya. palawija. dan Sayuran.2. 1. tetapi kalau musim kemarau Desa Wukirharjo juga mengalami kekeringan. Adapun Desa Wukirharjo mempunyai potensi wilayah sebagai berikut . peternakan dan industri kecil kerajinan dan rumah tangga. Kawasan pengembangan industri rumah tangga (mebel dan gypsum). serta suhu rata – rata per tahun adalah 300C.2.3. 2. BAB 1 ANALISIS SITUASI GAMBARAN UMUM WILAYAH DESA WUKIRHARJO Desa Wukirharjo terletak di Kecamatan Prambanan yang merupakan daerah rawan bencana. dengan intensifikasi dan diversifikasi pertanian. adapun pola tanam mayoritas warga masyarakat petani terbagi dengan tiga sistem pola tanam. Untuk itu sesuai dengan kebijakan dan pengembangan Kabupaten Sleman khususnya dikawasan tenggara yang didalamnya Kecamatan Prambanan akan dikembangkan kawasan pertanian. Kondisi Fisik Wilayah Topografi Desa Wukirharjo berada di sebelah tenggara kota Kabupaten Sleman secara Topografi Desa Wukirharjo bertopografi dataran tinggi berada pada 150 meter ketinggian diatas permukaan air laut. Kawasan penghijauan.2. Kawasan pengembangan wisata 4.3840 ha. karena letaknya di perbukitan yang berada di wilayah Kabupaten Sleman bagian tenggara. serta wisata petualangan dan penghijuaun. Kawasan pertanian dengan luas sawah 76. 2.

kambing dan ayam kampung. tersebar di setiap dusun. juga banyak industri rumah tangga atau sentra kerajinan baik kerajinan kayu. yaitu usia antara 21 – 49 tahun. selain itu juga ada yang bekerja pada perusahaan atau pabrik yang ada di wilayah Kabupaten Sleman. toko-toko yang semua dimiliki oleh warga Desa Wukirharjo Kondisi Sosial Masyarakat Penduduk Desa Wukirharjo mayoritas pada tingkat usia produktif . yang dicampur dengan parutan kelapa dan gula kemudian dikukus. Produksi makanan olahan yang ada yaitu makanan tradisional. Ternak ini juga merupakan sumber pendapatan bagi masyarakat. Namun 3 . Tiwul. hasil dari produksi mebel yang berupa kusen. makanan olahan. Potensi ekonomi perdagangan seperti warung kelontong. Dengan kondisi penduduk seperti ini maka dibutuhkan lapangan pekerjaan yang memadai yang dapat menampung mereka agar bisa bekerja. yaitu makan tradisional yang terbuat dari tepung ketela atau singkong. sehingga apabila terjadi pemadaman listrik maka kegiatan akan terganggu. daun jendela. juga industri rumah tangga lainnya. daun pintu. Dibidang peternakan hampir semua masyarakat memiliki ternak seperti sapi. dll yang tentu saja penggunaannya menggunakan daya listrik. juga mereka mengembangkan usaha lain sebagai pedagang. ini berarti merupakan sumber tenaga kerja . dan mebel. mesin bubut. Di Desa Wukirharjo tidak ada pabrik atau perusahaan yang dapat menampung mereka akan tetapi di Desa Wukirharjo hampir tidak ada penduduk yang menganggur. PNS . Losari I dan Klumprit II. Getuk. perdagangan. gypsum. atau Yogyakarta. peternakan dan lainya.Potensi Ekonomi Potensi ekonomi di Desa Wukirharjo cukup banyak selain lahan pertanian yang masih luas. Bahan baku untuk produk ini tidak terlalu sulit karena masyarakat di Wukirharjo hampir semua menanam. Kerajinan kayu yang ada adalah pembuatan mebel yang berada di wilayah Dusun Watukangsi. Semua Pengrajin tersebut menggunakan alat pertukangan mekanik seperti pasah mesin. Ini dikarenakan selain mayoritas penduduk sebagai petani.

menjenguk tetangga yang sedang sakit. semakin dekatnya emosional yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. jumantik. Posyandu. Serta Di Desa WUKIRHARJO ini banyaknya potensi . PKK RT. produksi rumah tangga bahkan buruh pun banyak diantara mereka juga ikut terlibat. pertemuan rutinan RT. sedangkan suaminya bekerja pada sektor lain. Masyarakat Desa Wukirharjo kebanyakan tinggal diwilayah desa sehingga hal tersebut berdampak pada pertama. bahkan juga ada pada kondisi miskin. antusiasme dan partisipasi perempuan dalam proses pembangunan di Desa Wukirharjo dapat dilihat di berbagai bidang. Kegiatan kelompok perempuan lebih aktif dibandingkan dengan kelompok pria seperti PKK Desa. bersih makam. PKK Dusun. ini terbukti sejak dulu belum pernah terjadi konflik antar warga maupun antar pedukuhan. dan kelompok kegiatan yang lain. mereka menjadi modal penggerak dalam proses pembangunan yang ada. Bahkan banyak diantara masyarakat petani yang hampir keseluruhan pekerjaan pertaniannya dilakukan oleh kaum ibu. untuk itu saya mencoba bersosialisasi dan mengajarkan ILMU PEMASARAN agar perekonomian di Klumprit 2 ini dapat meningkatkan perekonomian Warga atau Masyarakat setempat. siskamling/ronda. Kedua. dimana datang dalam forum-forum tersebut bagi masyarakat adalah sebuah ’kewajiban’ yang tidak bisa ditinggalkan sebagai bentuk rasa solidaritas persaudaraan. 4 . dengan lebih banyaknya penduduk berusia produktif. pertemuan rutinan Dusun. pertemuan ibu-ibu. masih banyaknya SDM yang kurangnya Ilmu Pengetahuan dalam Pendidikan untuk itu dalam meningkatkan perekonomian Masyarakat saya membuat program kerja untuk mengajarkan dan bersosialisasi dalam meningkatkan usaha yang berada Di KLUMPRIT 2 ini. aqiqahan. pelayanan lansia/balita. sholawatan.potensi yang harus dikembangkan Tetapi belum tercapai khususnya Di KLUMPRIT 2 ini.demikian masyarakat di Desa Wukirharjo masih banyak yang hidup pada kondisi pra sejahtera. maupun pertemuan-pertemuan ritual tahlilan. Koperasi . Bentuk emosional ini sangat erat dan dapat dilihat dalam aktifitas kehidupan sehari-hari mereka. misalnya: gotong-royong mingguan. dan persoalan yang dihadapi di KLUMPRIT 2 ini khususnya dalam hal Pemasaran di industri pengusha mabel. Hal ini tampak dari munculnya beberapa bentuk kegiatan usaha baru diluar pertanian misalnya tukang kayu. Kerukunan antar warga di Desa Wukirharjo juga sangat terjaga. Di sisi lain. bangunan dan lain-lain. ’sripahan’ dan lain sebagainya. mulai dari pertanian.

konten tersebut mampu menarik perhatian. Diharapkan. 5 . Tujuan akhirnya adalah citra positif dan reputasi di kalangan konsumen/klien. Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan. DEVINISI PEMASARAN DAN BROSUR A. Khususnya dibidang industri mabel. video. WUKIRHARJO. Perusahaan harus secara penuh tanggung jawab tentang kepuasan produk yang ditawarkan tersebut. Semoga dengan adanya program kerja saya ini dapat memberikan wawasan ke Masyarakat bagaimana memasarkan suatu produk supaya mempunyai nilai jual yang tinggi dan bagaimana membuat brosur supaya bukan hanya dikenal oleh warga Dusun KLUMPRIT 2 tapi juga oleh masyarakat luas. grafik. dan dishare seluas-luasnya sehingga menghasilkan "electronic Word of Mouth" (eWoM) atau dibicarakan oleh para user media sosial. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen bila ingin mendapatkan tanggapan yang baik dari konsumen. Pemasaran Media Sosial adalah usaha bagian pemasaran perusahaan atau humas instansi untuk membuat tulisan. disukai. Dengan demikian. mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Dimana Program Kerja saya ini menyesuaikan dengan program studi yang saya ambil yaitu Manajemen. maka saya memutuskan untuk mengambil program kerja “SOSIALISASI PEMASARAN MEDIA ONLINE DAN PEMBUATAN BROSUR DI PENGUSAHA MABEL KLUMPRIT 2 “. menentukan harga. maka segala aktivitas perusahaan. harusnya diarahkan untuk dapat memuaskan konsumen yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh laba. gambar. Pemasaran merupakan usaha terpadu untuk menggabungkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi. BAB II PROGRAM KEGIATAN Setelah melihat beberapa potensi yang belum dimaksimalkan dengan baik di Dusun KLUMPRIT II . atau posting di akun media sosial lembaga guna mempromosikan produk/jasa.

Media sosial memungkinkan pelanggan/konsumen/klien berkomunikasi langsung. 1. dan lain-lain. Brosur merupakan suatu alat publikasi resmi dari perusahaan yang berbentuk cetakan. layanan. juga mempromosikan produk/jasa. Jika kriteria tersbut (kadang disebut dengan konsep) disatukan dalam semua jenis brosur. yang berisi berbagai informasi mengenai suatu produk. Cara menyampaikannya di bagikan secara gratis kepada pelanggan atau masyarakat dengan tujuan untuk memperkenalkan secara lebih jelas dan rinci mengenai produk. yang dimana ditujukan kepada pasar sasaran atau sasaran tertentu. dibagi menjadi 3 (tiga) bagian di antaranya. itu akan membuat perusahaan kamu sangat mudah di identifikasi. Informasi ini berkaitan dengan presentasi perusahaan kamu. Seperti. produk baru atau layanan yang perusahaan yang ingin kamu tawarkan. ataupun perubahan terbaru dalam nama perusahaan kamu. 2. mengkritisi. program dan sebagainya. Selain pemasaran dan pembuatan Brosur. Lalu yang kedua Fungsi iklan adalah brosur benar-benar sangatlah penting sebagai alat iklan atau alat promosi. memberi masukan. layanan. yang menarik dan juga memungkinkan kamu untuk mempromosikan satu atau lebih produk maupun jasa.  Fungsi brosur. Media Sosial merupakan platform yang sangat efektif untuk berkomunikasi dan mendengarkan pendapat pelanggan/klien. Yang pertama Fungsi informatif adalah brosur biasanya dipakai untuk menginformasikan kepada para konsumen potensial kamu berkaitan dengan perusahaan kamu. B. Tidak lupa juga memberikan sosialisasi tentang hal pendukung untuk strategi pemasaran dan pembuatan Brosur. memberikan sosialisasi tentang bagaimana pentingnnya kualitas suatu produk dalam meningkatkanya suatu laba di pengusaha mabel Klumprit 2 ini. program dan sebagainya untuk membantu upaya pemasaran ataupun marketing public relations. 3. Dan yang ketiga Fungsi Identifikasi adalah desain dari brosur yang baik memungkinkan kamu untuk mempertahankan kriteria yang sama melalui semua brosur perusahaan kamu. BAB III 6 .

Secara garis besar kegiatan KKN dapat dijelaskan sebagai berikut : 1. membantu dalam menyelesaikan masalah kemasyarakatan. empati terhadap masyarakat. Pelaksanaan Program 1. Kuliah Kerja Nyata UII Unit 27 yang diselenggarakan di Dusun KLUMPRIT 2. dan dakwah Islamiyah) yang dilakukan secara berkelompok dan interdisipliner. serta kemandirian. dan wawasan bermasyarakat. dimana setiap mahasiswa dituntut untuk berperan aktif terhadap kegiatan-kegiatan yang ada disekitar masyarakat. Kuliah Kerja Nyata Universitas Islam Indonesia diselenggarakan sebagai salah satu kegiatan pengabdian terhadap masyarakat. dan bekerja dalam kegiatan pengabdian dan pemberdayaam pada masyarakat dan prosesnya mencakup seluruh komponen Catur Dharma UII (pendidikan dan pengajaran. Desa Wukirharjo. PRA PELAKSANAAN KKN 7 . Dengan mengikuti KKN PPM UII diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan. pengabdian pada masyarakat. Pra pelaksanaan KKN 2. kejujuran. berdakwah. kesetaraan. mengasah kepekaan sosial. Kabupaten Sleman. tempat dimana penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata diadakan. Merupakan salah satu wujud kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kecamatan Prambanan. pemahaman. mampu membangun kebersamaan. Selain itu mahasiswa diharapkan mampu mengemban misi Dakwah Islamiyah yang melekat pada setiap mahasiswa. Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang dimulai tanggal 20 Januari 2017 sampai dengan 20 February 2017. KKN PPM UII termasuk mata kuliah intrakurikuler. penelitian. dimana setiap mahasiswa dituntut untuk ikut serta berperan aktif terhadap kegiatan-kegiatan yang ada disekitar masyarakat tempat dimana Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilaksanakan. METODE PELAKSANAAN Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) merupakan wahana bagi mahasiswa untuk belajar.

1.00 sekaligus bersilaturahmi. Tabel 1. Ketua RT Wawancara dan 3 22 Januari 2017 Klumprit 2 3 jam 01. Bahwa warga di Dusun Klumprit 2 membutuhkan penerangan lampu jalan di beberapa titik. Tanggal.30 – 15. Setelah melakukan wawancara informasi yang saya dapatkan.02. Kegiatan kelompok yang dapat ditemukan di Dusun Klumprit 2 diantaranya Kelompok Tani dan Kelompok Pemuda dalam Karang Taruna. saya dengan teman-teman KKN yang tergabung dalam Unit SL-27 melakukan kegiatan wawancara terlebih dahulu kepada Kepala Dukuh Klumprit 2 yaitu bapak Suyanto.1. Setelah itu. Dusun Klumprit 2 juga mengadakan arisan rutin dan yang dilakukan setiap malam minggu yang dilaksanakan secara bergantian di masjid.30-17. Kelompok kegiatan masyarakat di Klumprit 2 sendiri bervariasi. Sesuai dengan pengutaraan bapak Suyanto. 19 Observasi 2 Dusun Klumprit 2 1jam Januari 2017 Lapangan Klumprit 2 15.saya melakukan observasi di Dusun Klumprit 2 pada tangga 16 Januari 2017 jam 12. Kerukunan dan kekompakan warga masayarakat Dusun Klumprit 2 sangat terjaga.04 diskusi 15.03.30-15. Kepala Kamis.30 Minggu.1 Jam Observasi Hari. Sumber Tempat Metode Jumlah No Jam Informasi Kegiatan Observasi Jam Kepala Senin.00-18.00 8 .00 . Dusun Rmh Pak Wawancara dan 2 jam 1 16 Januari 2017 Klumprit 2 Dukuh diskusi 30 menit 12. Observasi Sesuai dengan tindakan Observasi yang dilaksanakan pada hari minggu tanggal 16 Januari 2017.

Sosialisasi Program Sosialisasi program dilaksanakan pada Rabu . Sosialisasi dilaksanakan bersama dengan warga Klumprit 2. serta mengetahui permasalahan yang ada di Desa Wukirharjo khususnya untuk Dusun Klumprit 2. 4.30 yang bertempat di Rumah Pak Widodo. 23Januari Warga Rumah Pak Wawancara dan 1 jam 4 2017 Klumprit 2 Dukuh Silahturahmi 30 menit 07.00-08. program-program tersebut diharapkan mampu membantu ataupun bermanfaat bagi masyarakat Dusun Losari I. 2.2. 25 Januari 2017 jam 12. Di dalam sosialisasi program juga terjadi diskusi mengenai program-program yang akan 9 .30 – 15. 3. Waktu Pelaksanaan :Total waktu kegiatan observasi ini adalah 8 Jam. Penyusunan Program Kerja Berdasarkan informasi yang telah didapatkan dari observasi. Faktor Pendukung :Warga masyarakat terutama para tokoh masyarakat dan perangkat desa yang menyambut dengan baik serta mau membantu dalam kegiatan observasi ini.3.00 Total Waktu Observasi 8 jam Rincian dari hasil observasi sebagai berikut : 1. Hasil yang dicapai : pelaksana memperoleh informasi tentang kegiatan yang akan berjalan dan juga mengenal para tokoh masyarakat Desa Wukirharjo. maka diajukanlah beberapa program Unit yang telah dikonsultasikan dengan DPL II dan telah mendapat tanggapan maupun koreksi dari DPL I. Senin. Dari aspek-aspek permasalahan yang ditemui di Dusun susunan program yang dilakukan adalah : ( SOSIALISASI PEMASARAN MEDIA ONLINE DAN PEMBUATAN BROSUR DI PENGUSAHA MABEL KLUMPRIT 2) 1.banyak warga yang pergi kesawah. Faktor Penghambat : Terdapat beberapa hambatan yang didapat yaitu sulitnya mencari waktu luang untuk melakukan observasi dan tempat yang jauh dari lokasi tempat tinggal penyusun. 1.

E. Tujuan Adapun tujuan dalam pelaksanaan program ini adalah masyarakat merasa mampu dalam melakukan promosi dan bisa menggunakan Media Online dalam berjalannya bisnis Mabel tersebut . 2) Mempersiapkan alat dan bahan untuk pembuatan email dan brosur 3) Memberikan materi bauran pemasaran 4) Melakukan pelatihan Pemasaran di Media Online 5) Pembuatan browsur dalam berpromosi 6) Evaluasi D. 1. Hal ini dilakukan supaya program yang akan dijalankan selama KKN dapat berjalan dengan lancar dan tepat sasaran sesuai dengan tujuan dari setiap kegiatan yang bersangkutan.dilaksanakan selama proses kegiatan Kuliah Kerja Nyata. Desa Wukirharjo. Kecamatan Prambanan. Rumusan Masalah Karena kurangnya pengetahuan di bidang pemasaran menggunakan media online dan minimnya kemampuan berpromosi untuk meningkatkan penjualan di Pengusaha Mabel. Aspek Ekonomi dan Peningkatan Wirausaha (EPW) B. dimulai dari tanggal 20 Januari sampai tanggal 20 Februari 2017. Saran kritik menjadi suatu masukan yang sangat berarti bagi setiap mahasiswa yang akan menjalankan setiap program yang diajukan. Yogyakarta. yaitu : 1) Sosialisasi program. Program yang saya jalankan adalah : “SOSIALISASI PEMASARAN MEDIA ONLINE DAN PEMBUATAN BROSUR DI PENGUSAHA MABEL KLUMPRIT 2 A. Kabupaten Sleman. PLAKSANAAN PROGRAM Beberapa program yang dilaksanakan selama proses kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Dusun Klumprit 2. Manfaat 10 . C. Tahapan Kegiatan Pelaksanaan program ini dilakukan dalam tahapan.

28 Januari Interview 2017 menganalisa dan mengelompokan data 2 Klumprit 2 10. 04 februari Pemberian materi 10.30 2017 secara langsung 5 Klumprit 2 tentang pelatihan kewirausahaan Selasa .30 keterampilan pengrajin mabel Sabtu .00 – 14.1 Rincian Pelaksanaan Program Individu Sosialisasi Pemasaran Media Online Pengusaha Mebel Klumprit 2 NO URAIAN HARI.30 7 2017 email dan pembuatan Klumprit 2 brosur 8 Sabtu .30 2017 pemasaran online 4 kepada pengrajin Klumprit 2 mabel dan Tanya jawab Sabtu . 07 Februari Praktek dan Tanya 10.00 – 14. 11 Februari Pengeditan brosur Klumprit 2 12.30 berbagai media promosi di media online Rabu . 01 februari Diskusi dan pelatihan 10. Tabel 2. KEGIATAN Rabu. Warga mendapatkan mendapatkan pengetahuan dalam ilmu manajemen dalam memasarkan produk yang di buatnya dan mampu menguasai promosi di media sosial F. 09 Februari Pelatihan pembuatan 10.00 – 14.30 kemampuan dalam keterampilan berwirausaha Senin .00 – 14. TANGGAL LOKASI JAM WAKTU . Sasaran Sasaran dari dilaksanakannya program ini adalah para pengrajin dan pengusaha mebel dalam menjalankan bisnisnya G. Waktu Pelaksanaan waktu pelaksanaan program ini dilakukan sesuai jadwal yang telah di buat.00 11 .30 6 Klumprit 2 2017 jawab promosi online Kamis .00 – 14. 30 Januari Pelatihan pemasaran 2017 melalui media online dengan menerangkan 3 Klumprit 2 10.30 – 15. 25 Januari Pergi ke tempat 2017 pengusaha mabel dan 1 melihat uji Klumprit 2 12.00 – 16.00 – 14.

2017 dan pencetakan brosur Selasa .00 – 16.00 – 17. 14 Februari Penyuluhan dan 13. 16 Februari Evaluasi dalam 13.00 9 2017 Tanya jawab praktek Klumprit 2 cara pemasaran Kamis .00 2017 pemasaran online dan 10 Klumprit 2 penyebaran brosur di sekitar prambanan Total JAM 41 jam 12 .

izin usaha.2 Kendala Kegiatan Dikarenakan cuaca yang sering hujan mengakibatkan penundaan pembuatan brosur dan sosialisasi pemasaran di tunda sementara. 4.  Warga Dusun Klumprit 2. Warga Dusun Klumprit 2 mendapatkan Ilmu dalam memanfaatkan media promosi Brosur dan Media Pemasaran Online agar dikenal Masyarakat luas. dan izin .1 Hasil Program Kerja Hasil yang didapat dalam pelaksanaan program ini adalah:  Warga dapat memahami bagaimana cara meningkatkan nilai dari sebuah produk.5 DOKUMENTASI .4 Pembahasan Berikut inilah pembahasan hasil yang telah dicapai selama berlangsungnnya program kerja individu selama kuliah kerja nyata di Dusun KLUMPRIT 2. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4. DI YOGYAKARTA. Desa Wukirharjo. 4. seperti dari kualitas produk.  Warga dapat mengetahui bagaimana pentingnnya sebuah BROSUR sebagai identitas suatu usaha dan produk  Warga dapat mengetahui faktor faktor penunjang dari sebuah industri khususnya industri mabel. 4. izin BPOM dll.izin untuk memulai usaha seperti izin PIRT. Kabupaten Sleman. Kecamatan Prambanan.Kabupaten SLEMAN.3 Rasio Keberhasilan Program Program yang di targetkan 10 X Pertemuan Rasio Keberhasilan Program = 10 X = 100 % 10 Dapat dilihat dari nilai rasio yang ditargetkan yaitu 10x pertemuan dilaksanakan dengan lancar dan sudah dilaksanakan 100 % maka program ini dapat dinyatakan BERHASIL. Provinsi Yogyakarta antusias dalam proses pelaksanaan program kerja ini. 4.DOKUMENTASI CONTOH PEMBUATAN BROSUR MEBEL DI KLUMPRIT 2 13 . Desa WUKIRHARJO .

RT2 PAK TEGUH 5. RT2 PAK RUBIMAN 4.] [ Contoh Meja Santai ] Harga : Dalam soal harga sangat mengutamakaan kualitas dan cukup relative murah di banding dengan harga pasaran . RT 3 PAK TUKIRAN Contact us Phone : PAK RUBIMAN [081328740826] DOKUMENTASI PENGRAJIN MABEL DI KLUMPRIT 2 14 . [PENGRAJIN MABEL KLUMPRIT II] [Tersedia pembuatan jasa berbagai macam olahan kayu jati seperti meja . RT1 PAK KARSONO 3. Waktu Order : [24 jam] Disediakan 5 pengrajin jasa yang berpengalaman dalam membuat berbagai macam bentuk mabel dan berpengalaman dalam hal ukiran - ukiran yang membuat konsumen puas atas produk yang di hasilkannya. RT 1 PAK SUKIMIN 2.kusen pintu dan berbagai macam ukiran – ukiran.kursi. 1.lemari.

GAMBAR 1 TEMPAT PENGRAJIN DI RT 2 GAMBAR 2 UKIRAN KUSEN PINTU 15 .

GAMBAR 3 PEMBUATAN DEKORASI PENGANTIN 16 .

GAMBAR 4 PEMBUATAN BERBAGAI MACAM UKIRAN DOKUMENTASI MENGAJAR TPA (UNIT 27) 17 .

DOKUMENTASI MENGAJAR PAUD BANOWATI (UNIT 27) 18 .

DOKUMENTASI PEMBAGIAN HADIAH TPA 19 .

GAMBAR 1 PEMBUATAN HADIAH GAMBAR 2 PEMBAGIAN HADIAH 20 .

KESIMPULAN 21 . BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 1.

Serta.  Antusiasme yang tinggi oleh masyarakat khususnya yang mempunyai usaha terbukti dari minatnya warga untuk belajar membuat BROSUR dan Pemasaran di Media Online. 2.html https://vinabkk26. Kecamatan Prambanan.com/2016/10/cara-membuat-brosur-di-word.  Kuliah Kerja Nyata bukan saja memberikan hanya ilmu bagaimana cara bermasyarakat tapi juga memberikan Persaudara. sehingga program- program yang telah dilaksanakan itu dapat bermanfaat dan berguna kedepannya. Dapat diperoleh beberapa kesimpulan berikut :  Semua kegiatan program kerja berjalan lancar dan materi yang disampaikan diterima dengan baik oleh masyarakat Dusun KLUMPRIT 2. Desa WUKIRHARJO.go. Keluarga. Kabupaten Sleman .html http://www. Selama proses menjalakan program kerja yang telah dilakukan selama Kuliah Kerja Nyata di Dusun KLUMPRIT 2.wordpress. DAFTAR PUSTAKA http://wukirharjodes.pengertianku. Saran dari saya : 1 Untuk mahasiswa yang nantinya akan melakukan KKN di Dusun Jali agar dapat melanjutkan dan mempertahankan program yang sudah ada. SARAN Dengan selesainya Kuliah Kerja Nyata maka diharapkan seluruh program-program yang telah dijalankan dapat diteruskan oleh masyarakat setempat. 2 Penyusun berharap agar program-program yang telah dilaksanakan dapat dikerjakan berkesinambungan dan berkelanjutan walaupun program KKN ini telah selesai. meningkatkan kembali potensi-potensi yang dimiliki oleh daerah setempat. DIY.net/2014/10/definisi-atau-pengertian-brosur-dan-fungsinya-lengkap.slemankab. dan Teman baru bagi Mahasiswa.id/ http://www.tutorial89.com/2013/03/14/definisi-pemasaranmarketing/ 22 .