You are on page 1of 8

LAPORAN KUNJUNGAN RUMAH

Disusun Oleh :
Firmansah Saputra (030.11.105)

Pembimbing :
dr. Irmansyah, Sp.KJ (K)

Penguji :
dr. Prasetyawan, Sp.KJ

KEPANITERAAN KLINIK PSIKIATRI RS. Dr. H. MARZOEKI MAHDI
PERIODE 03 APRIL 2017 – 07 MEI 2017
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TRISAKTI
2017

1

Jawa Barat III. LAPORAN KUNJUNGAN RUMAH I. Bogor. 30 April 2017 Penanggung Jawab : Ny. II. Oleh karena itu sangat dibutuhkan mengenai pemberian edukasi kepada keluarga pasien juga peran masyarakat untuk ikut serta mendukung pasien dalam mengoptimalkan fungsi kehidupan pasien sehari-hari. IDENTITAS KLIEN No. LATAR BELAKANG Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kesehatan terutama mengenai kesehatan jiwa pada masyarakat diperlukan adanya kerjasama antara petugas kesehatan dan anggota keluarga dalam program perawatan pasien di rumah maupun di rumah sakit karena tidak selamanya pasien dengan gangguan jiwa berada di rumah sakit. PELAKSANAAN Waktu pelaksanaan : Minggu. Cibeureum Kalong RT 03 RW 05 Desa Sukawening. Pemberian informasi dan edukasi mengenai cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa serta pemberdayaan keluarga merupakan tujuan dari pelaksanaan kunjungan rumah pasien. Tuti Sunarti Alamat : Kp. RM : 059052 Nama : Diding Jenis Kelamin : Laki-laki Umur : 36 Tahun Tempat/Tanggal Lahir : Bogor/ 10 Oktober 1980 Agama : Islam Suku bangsa /warga Negara : Sunda/ Indonesia Status Pernikahan : Belum Menikah Pendidikan Terakhir : Sekolah Dasar Pekerjaan :Tidak Bekerja 2 . Kecamatan Dramaga.

Kecamatan Dramaga. Memberikan informasi dan edukasi tentang kesehatan jiwa pada keluarga 3 . Cibeureum Kalong RT 03 RW 05 Desa Sukawening. c. TUJUAN KUNJUNGAN RUMAH PASIEN a. Untuk melengkapi data mengenai riwayat perjalanan penyakit yang dialami pasien. Jawa Barat IV. Bogor. Alamat : Kp. Untuk mengetahui keadaan rumah pasien sehingga mungkin didapatkan data dari keluarga faktor-faktor apa saja yang kemungkinan menjadi pencetus b.

INTERVENSI Memberi konseling kepada keluarga tentang perawatan pasien selama di rumah: 1. Mengedukasi pada pasien untuk tetap beribadah sesuai dengan keyakinan pasien. Mengedukasi keluarga pentingnya memahami keadaan pasien terutama pada saat sakit seperti ini 3.V. . Mengajarkan keluarga pasien untuk nantinya dapat menyuruh pasien melakukan aktivitas sesuai dengan kemampuan pasien 4. Menganjurkan pasien untuk ikut serta dalam setiap kegiatan yang dilakukan di masyarakat. 5. Menjelaskan tentang penyakit pasien dan mengajarkan agar keluarga mendukung penuh pengobatan yang akan dijalani oleh pasien 2. GENOGRAM VI.

Surat tugas telampir . 6. Memberikan edukasi terhadap pasien dan keluarga mengenai pentingnya minum obat secara teratur dan terus kontrol perkembangan dari kesembuhannya. EVALUASI Penerimaan Keluarga Keluarga sangat kooperatif dan menjelaskan onset gangguan jiwa pasien. dan kemungkinan- kemungkianan apa aja yang terjadi bila pasien putus minun obat. perjalanan penyakit pasien dijelaskan dengan cukup jelas. VII. LAMPIRAN KUNJUNGAN RUMAH a. Hasil penyuluhan kesehatan keluarga Keluarga dapat menerima dan memahami mengenai pentingnya memberi dukungan kepada pasien dan pentingnya berobat jalan secara rutin serta minum obat secara tetatur. Form ADL terlampir b. Keluarga juga berkomitmen bahwa nantinya akan lebih peduli dengan pasien VIII.

FOTO KUNJUNGAN .IX. DENAH RUMAH X.