You are on page 1of 40

2.

2 STRUKTUR ORGANISASI DAN JOB DISK
A. Struktur organisasi PD. BKK Dempet Kabupaten Demak KPO
Baik dan buruknya pelayanan suatu bank terhadap nasabah tergantung dari
pengelolanya . Pengelolaan yang baik harus memiliki tata organisasi yang baik.
Demikian pula PD. BKK Dempet Kabupaten Demak Kantor Pusat Operasional juga
harus mempunyai Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang baik agar
pelayanan yang diberikan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

II .
STRUKTUR ORGANISASI PD. BKK DEMPET KABUPATEN DEMAK
DEWAN PENGA WASPD.BKK
DEMPET

I I
MOH. SYAFI'!. SE.MMDIREKTUR UTAMA

I• YULIA E.WAMd

I
SUMADI, SE.MM DIREKTUR

I I
I
SK.AI

LULUK F,SE

STAF SKAI

II
SUNARJO,SE ENDANG P. ,MM

KABID MR
.
KABID UMUM
I

I'RUSYADI Y.
SUPARMAN,SES TRI E.L,SEKASUBBID

UBID NPL & PERENCANAAN
KASUBBID SDM
HUKUM DAN PENGEMBANGAN
I P.ADI,SKOM
w\tt '(\:(){\,C MATSARI DRIVER wu,Yoni::o'
I
KHIZIEB T,SE Staf Pelaporan & TI

KASUBBID CHOLIL
APU,PPT .RPENJAGA
MALAM

I
SUMADI

OH
PINCAB

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 7

v
STRUKTUR ORGANISASI

PD.BKK DEMPET KABUPATEN DEMAK KPO

DEWAN PENGAWAS
I
DIREKSI
PD. BKK DEMPET
PD. BKK DEMPET

DWI ARI N,

SE.MM PIMPINAN

KPO

I I 1
WULANDARI BRIANDITA.H.S FANIE P,SE
E,MM
KASI AO KASI KASI
KASI DANA KASI KREDIT PEMBUKU
I I I l
ULIN SLAMET . W DWI A.,SE IKE PUJI L. INDAH
NUIIA.S VERA. SE
STAF KREDIT STAF AO PEMBUKU
TELLER
STAF DANA
'9-\,lf\ uttl ["\£,\
I
STAF DANA

KANTOR KAS

.

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN

8

--- - --- -. ··-

, B. Job Disk
1. Satuan Kerja Audit Intern (SK.AI)
a. Fungsi
1) Membantu direk.si untuk menjabarkan secara operasional perencanaan,
pelaksanaan dan pemantauan atas hasil audit.
2) Pengendalian risiko perusahaan dengan penekanan pada pelak.sanaan pengawasan
yang sistematis dan berkesinambungan terhadap semua kegiatan dan transaksi
perusahaan baik sebelum atau sesudah kegiatan atau transak.si dilakukan, asset
perusahaan, perilaku para individu di semua jajaran, agar tidak menyimpang dari
sistem dan prosedur, peraturan perusahaan, ketentuan pemerintah, undang undang,
serta etika dengan tujuan tercapainya akuntabilitas perusahaan yang tinggi.
3) Menjabarkan secara operasional perencanaan, pelak.sanaan dan pemantauan atas
hasil audit.
4) Membuat analisis dan penilaian di bidang keuangan, akuntansi, operasional dan
kegiatan lainnya melalui pemerik.saan dan pemantauan.
5) Memberikan saran perbaikan dan informasi yang obyektif tentang kegiatan yang
direview kepada semua tingkatan manajemen.
a. Atasan langsung :Direk.si
b. Tugas pokok satuan kerja audit intern :
1) Melakulcan penilaian yang independen atas setiap kegiatan yang bertujuan untuk
mendorong dipatuhinya setiap ketentuan yang ditetapkan oleh manajemen PD.
BKKDempet KabupatenDemak.
2) Mendinamisasi untuk '
lebih berfungsinya pengawasan dengan memberikan saran-
saran konstruktif dan protektif agar sasaran organisasi dapat tercapai dengan
ekonomis, efisien dan efektif.
3) Menyusun catatan-catatan atas obyek dan waktu pemerik.saan, menyampaikan
usulan untuk mengatasi kekeliruan atau penyimpangan kepada unit terkait.
4) Menyusun laporan berkala atas kegiatan satuan kerja audit intern dan
menyampaikan kepada direk.si se mengadministrasikan dengan baik semua
kegiatan pemerik.saan dan pengawasan.

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 9

ketentuan pemerintah. badan pembina. serta etika dengan tujuan tercapainya akuntabilitas perusahaan yang tinggi. 3) Menyampaikan laporan basil pemeriksaan kepada direksi. undang-undang. unit-unit kerja guna memperbaiki sistem dan prosedur yang ada agar meningkatkan kinerja dan risiko '' '' perusahaan. 5) Memberikan masukan dan usulan secara langsung kepada dewan pengawas. 2) Bertanggungjawab atas penilaian yang independen atas setiap kegiatan yang bertujuan untuk mendorong dipatuhinya setiap ketentuan yang ditetapkan oleh manajemen PD. asset perusahaan. 4) Memberikan usulan dan pandangan kepada direksi. Wewenang satuan kerja audit intern adalah : 1) Memeriksa semua jenis catatan. BKK Dempet Kabupaten Demak. baik diminta atau tidak diminta sesuai dengan porsi. relevansi. agar tidak menyimpang dari sistem dan prosedur. efisien dan efektif. dewan pengawas. dan kompetensinya. 2) Memberikan penilaian terhadap obyek yang diperiksa mengenai kewajarannya dan merekomendasikan solusi bila ditemukan hal-hal yang menyimpang. LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 10 . bank indonesia. 3) Bertanggungjawab untuk lebih berfungsinya pengawasan dengan memberikan saran-saran konstruktif dan protektif agar sasaran organisasi dapat tercapai dengan ekonomis. Tanggung jawab : 1) Bertanggungjawab langsung pada direksi. hasil-hasil pekerjaan pada setiap unit kerja. perilaku para individu di seniua jajaran. berkas. 4) Bertanggung jawab atas pengendalian risiko perusahaan dengan penekanan pada pelaksanaan pengawasan yang sistematis dan berkesinambungan terhadap semua kegiatan dan transaksi perusahaan baik sebelum atau sesudah kegiatan atau transaksi dilakukan. terutama hal-hal yang bersangkut paut dengan urgensi dan tingkat kekritisan temuan. c. peraturan perusahaan. d.

urusan rumah tangga. menyusun dan menyajikan lapor keuangan konsolidasi. peningkatan kreativitas dan kinerja karyawan. menyusun dan menyampaikan pelaporan-pelaporan yang dikehendaki oleh peraturan dan ketentuan perbankan dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh direksi. BKK Dempet Kabupaten Demak. hukum. Tugas pokok : 1) Merencanakan. LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 11 . demi tercapainya sasaran (goal) perusahaan secara efektif. . 2) Memberikan dukungan dan layanan untuk kelancaran tugas-tugas menyeluruh dari semua lini perusahaan. peningkatan motivasi berprestasi. 2. 3) Penata usahaan urusan surat menyurat dan kearsipan. dan pengelolaan perlengkapan PD. organisasi dan tata laksana serta hubungan masyarakat. Fungs. 4) Penyediaan dan pengadaan peralatan.i : 1) Pengkoordinasian pengawasan dan pengarahan terhadap kegiatan dan pelaksanaan tugas administrasi. Atasan langsung :Direksi c. dan pengelolaan perlengkapan PD. BKK Dempet Kabupaten Demak secara efektif dan efisien. dan hubungan masyarakat. penyediaan sarana dan fasilitas kerja dengan tujuan menciptakan suasana dan hubungan kerja yang harmonis. 3) Merencanakan dan mengkoordinasikan kegiatan operasional perusahaan di semua kantor cabang dan kantor pusat operasional. mengkoordinasikan. dengan pengutamaan pada semua aspek manajemen sumber daya manusia. melakukan konsolidasi atas semua transaksi perusahaan berdasarkan sistem dan prosedur akuntansi perbankan. 5) Pemeliharaan barang-barang inventaris milik PD.organisasi dan tata laksana serta hubungan masyarakat. kelancaran tugas-tugas karyawan. perencanaan dan pengelolaan perlengkapan serta melaksanakan kegiatan sosial. BKK Dempet Kabupaten Demak. b. 2) Pelaksanaan kegiatan administrasi. Bidang Umum a. melaksanakan dan mengevaluasi pelaksanaan bidang administrasi. pengelolaan personalia.evaluasi pengelolaan kepegawaian serta melaporkan penyelenggaraan kegiatan bidang kesekretariatan.

Wewenang bidang umum : 1) Menyusun rancangan sumber daya manusia (human relation development planning ) yang disesuaikan dengan rencana kerja dan anggaran perusahaan yang bersifat tahunan dan 4 tahunan untuk disampaikan kepada direksi. meliputi antara lain penentuan evaluasi jabatan (job evaluation). perencanaan karier (carrier planning ). 5) Melakukan kajian atas reward planning yang memuaskan perusahaan dan karyawan untuk diusulkan kepada direksi dan dewan pengawas.bidang kredit dan bidang dana dalam perhitungan anggaran biaya karyawan (labour cost). e. kualifikasi jabatan(job qualification). I 4) Menyelenggarakan program kesejahteraan (welfare) antara lain fasilitas kesehatan.: 1) Perencanaan sumber daya manusia yang cocok dengan tujuan dan sasaran perusahaan. pengembangan I kemampuan karyawan. 2) Membuat sistem penggajian yang berorientasi pada kinerja dan bekerja sama dengan . dengan melibatkan pimpinan unit I unit kerja. asuransi perjalanan dinas. LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 1 2 . kebutuhan konsumsi (consumables). penempatan. dan mutasi jabatan. 4) Melakukan koordinasi dengan pimpinan unit kerja di kantor cabang/kantor pusat operasional dalam rangka pembinaan. asuransi kesehatan.pola seleksi dan rekruitmen. 3) Menyusun rancangan program pelatihan beserta anggaran biayanya dan memantau perkembangan kemampuan karyawan sebelum dan sesudah pelatihan. 3) Mengadministrasikan basil penilaian prestasi kerja karyawan. berikut kerjasamanya dengan para penyedia jasa (vendor). Tanggung jawab bidang umum adalah : . d. 2) Menyelenggarakan sistem penilaian prestasi kerja yang jujur dan adil (merit system) atas semua karyawan secara berkala. penempatan I (placement).

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 1 2 .

d. perencanaan karier (carrier planning). urusan rumah tangga. Tanggung Jawab Staf Sdm dan Sekretariat : 1) Perencanaan sumber daya manusia yang cocok clengan tujuan dan sasaran perusahaan. mengkoordinasikan. BKK DempetKabupatenDemakserta tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasannya. Atasan langsung : Bidang umum c. melaksanakan dan mengevaluasi pelaksanaan bidang administrasi. meliputi an lain penentuan evaluasi jabatan (job evaluation). pengembangan kemampuan karyawan. dan pengelolaan perlengkapan PD. penempatan (placement). 3) Menyusun rancangan program pelatihan beserta anggaran biayanya dan memantau perkembangan kemampuan karyawan sebelum dan sesudah pelatihan. dengan melibatkan pimpinan unit unit kerja. I b. 2) Pelaksanaan kegiatan administrasi. administrasi pegawai dan pendidikan pegawai. 3) Penatausahaan urusan surat menyurat dan kearsipan. dan hubungan masyarakat.Pemberian saran dan pertimbangan tentang langkah-langkah dan atau tindakan tindakan yang perlu diambil sesuai bidang tugasnya. perencanaan dan pengelolaan perlengkapan serta melaksanakan kegiatan sosial. kualifikasi jabatan(job qualification). BKK Dempet Kabupaten Demak. Staf SDM dan Sekretariat a. pola seleksi dan rekruitmen. organisasi dan tata laksana serta hubungan masyarakat. pengelolaan personalia. organisasi dan tata laksana serta hubungan masyarakat. 3. 4) Pendataan kebutuhan pegawai. evaluasi pengelolaan kepegawaian serta melaporkan penyelenggaraan kegiatan bidang kesekretariatan. 5) . Fungsi : Sebagai aparat manajemen yang berfungsi merencanakan. Tugas pokok : I I 1) Pengkoordinasian pengawasan dan pengarahan terhadap kegiatan dan pelaksanaan tugas administrasi. LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 13 1 1 . 2) Menyelenggarakan sistem penilaian prestasi kerja yang jujur dan adil (merit system) atas semua karyawan secara berkala. dan pengelolaan perlengkapan PD.

t l .

5) Mengajukan usulan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia kepada direksi. Fungsi sub bidang akuntansi . LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 14 . penempatan. Pelaporan dan Tiadalah : l) Melakukan koordinasi. 3) Mengadministrasikan basil penilaian prestasi kerja karyawan. asuransi perjalanan dinas. 2) Melakukan pengkoordinasioan kegiatan pemasukan dan pengeluaran data serta melakukan penerimaan dan pembukuan dari cabang dan bidang lain. 4) Melakukan koordinasi dengan pimpinan unit kerja di kantor cabang/k:antor pusat operasional dalam rangka pembinaan. e. pelaporan dan ti adalah : l) Memastikan terselenggaranya konsoidasi pencatatan atas semua transaksi semua kantor cabang dan kantor pusat operasional berdasarkan sistem dan prosedur akuntansi yang akuntabel. pelaporan dan TI adalah : l) Pengkoordinasiaan perencanaan pemasukan data ke dalam data elektronik. : (labour cost). ? d. 5) Mengkoordinasikan dan mengarahkan kegiatan dan pelaksanaan tugas. 2) Pelaksanaan pemasukan dan pengolahan data ke dalam data elektronik. 2) Membuat sistem penggajian yang berorientasi pada kinerja dan bekerja sama dengan bidang manajemen risiko dalam perhitungan anggaran biaya karyawan . dan mutasi jabatan. perencanaan. Atasan langsung : Bidang umum c. b. kebutuhan konsumsi (consumables). Staff Akuntansi. 4) Membuat tugas-tugas yang berkaitan dengan data elektronik. asuransi kesehatan. 4. Pelaporan dan TI a. pemasukan data elektronik serta melaporkan kebijakan yang berhubungan dengan sistem teknologi informasi. 4) Menyelenggarakan program kesejahteraan (welfare) antara lain fasilitas kesehatan. Tanggung jawab staf bidang akuntansi . berikut kerjasamanya dengan para penyedia jasa (vendor). bersifat tahunan dan 4 tahunan untuk disampaikan kepada direksi. 3) Pengevaluasian pelaksanaan dan pelaporan dibidang pengolahan data eiektronik. evaluasi. Tugas pokok staf bidang akuntansi . Wewenang Staf SOM dan Sekretariat adalah : l) Menyusun rancangan sumber daya manusia (human relation development planning ) yang disesuaikan dengan rencana kerja dan anggaran perusahaan.

3) Menyusun budget yang meliputi perkreditan dan pendanaan dalam rangka rencana periodik. 4) Mengajukan review atas permohonan kerjasama kemitraan dengan lembaga diluar PD. BKK. penagihan. sistem informasi kredit (SIK). 2) Menciptak:an dan melak:sanak:an program pembinaan nasabah yang berkesinambungan dan membentuk tim kerja yang diperlukan untuk itu. memberikan rekomendasi. pengadministrasian dan pemantauan kolektibilitas. 2) Melaksanak:an segala kegiatan yang berhubungan dengan pemberian kredit. atau keputusan atas semua aspek risiko dari permohonan kredit yang diajukan oleh kantor pusat operasional/cabang meliputi pennohonan kredit baru. kredit bennasalah yang diusulkan dilakukan restrukturisasi. e. 5. Atasan langsung :Direksi c. b.. mengajukan usulan perlakuan atas aktiva yang hapus buku kepada direksi dan dewan pengawas. termasuk penyajian laporan keuangan yang wajar tanpa syarat. 2) Menyelenggarakan dan menyajikan sistem informasi manajemen yang dapat dipertanggungjawabkan. Wewenang staf ak:untansi . Fungsi 1) Mengendalikan risiko bisnis dalam kaitannya dengan risiko portofolio kredit serta pendanaan untuk mencapai tingkat kesehatan bank yang optimal. 3) Melakukan pengeloaan likuiditas pada kantor pusat operasional/cabang. . menetapkan penyusutan aktiva. Tugas pokok bidang manajemen resiko adalah : 1) Melak:ukan review. termasuk penyajian laporan keuangan yang wajar tanpa syarat.Dempet Kabupaten Demak. sistem informasi kredit (SIK). Bidang Manajemen Resiko a. pelaporan adalah : 1) Menyelenggarakan dan menyajikan sistem informasi manajemen yang dapat dipertanggungjawabkan. kredit bermasalah yang diusulkan untuk diselesaikan di luar pengadilan atau melalui pengadilan. 2) Mengadministrasikan semua inventaris perusahaan secara sistematis.

Sub Bidang Non Pe. 3) Pemantau terhadap pembiayaan kredit pada kantor pusat operasional/ cabang. penyelamatan ' ' penyelesaian kredit bermasalah. 3) Pemenuhan pendanaan untuk mendukung perkreditan dengan memperhatikan sumber dana yang aman. baik permohonan kredit baru atau usulan restrukturisasi. 4) Pemberi saran dan pertimbangan mengenai langkah-langkah dan atau tindakan . legal. pokok. Tanggung jawab bidang manajemen risiko : 1) Bertanggung jawab atas pertumbuhan portofolio kredit dan pendanaan dengan penekanan pada aspek kesehatan atau kualitas.forming loan dan hukum 1) Menciptakan dan melaksanakan program pembinaan nasabah yang berkesinambungan dan membentuk tim kerja yang diperlukan untuk itu. 2) Melakukan koordinasi kegiatan pengawasan penyaluran kredit. 2) Melaksanakan program pemasaran dengan menekankan pada aspek efektifitas dan mengembangkan penetrasi pasar. Tugas pokok bidang nonpe. f b. 4) Mengajukan usulan atau memberikan rekomendasi penempatan dana pada lembaga keuangan lain sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan Bank Indonesia. e. 3) Mengajukan usulan kepada direksi untuk menyelesaikan kredit bermasalah melalui jalur hukum (litigasi). kredit yang bermasalah. 2) Penyelesaian kredit yang telah dilakukan melalui ayda (agunan diambil alih) dan hapus buku.fonning Loan Dan Hukum a. I bunga. d. 6. cost of fund yang efisien dan aspek kontinuitas (kesinambungan). Wenenang bidang manajemen resiko adalah : t) Memutuskan atau mengusulkan kepada direksi permohonan kredit yang diajukan oleh kantor pusat operasional/cabang. Fungsi sub b1dang npl dan hukum adalah : 1) Melaksanakan segala kegiatan yang berhubungan dengan pemantauan kolektibilitas dan penanganan non performing loan. 2) Memutuskan atau mengusulkan kepada direksi penghapusan (write off) denda.

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 16 .tindakan yang perlu diambil dibidang tugasnya.

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 17 . Tanggung jawab bidang nonperforming loan dan hukum adalah : 1) Bertanggung jawab atas pertumbuhan portofolio kredit dengan penekanan pada kuantitas. d. c. Sub Bidang Anti Pencucian . 2) Bertanggung jawab atas pertumbuhan portofolio kredit dan pendanaan dengan penekanan pada aspek kesehatan atau kualitas. 2) Mengajukan usulan kepada direksi untuk menyelesaikan kredit bermasalah melalui jalur hukum (/itigas1). 5) Memastikan bahwa kebijakan dan prosedur telah sesuai dengan perkembangan program apu dan ppt yang terkini. Pencegahan Pendanaan Teroris. pokok. 4) Pengelolaan dokumen-dokumen yang terkait dengan pemberian kredit. kegiatankompleksitas usaha dan volume transaksi PD. profitabilitas. BKK Dempet Kabupaten Demak. kredit yang bermasalah. Fungsi : 1) Melakukan pengeloaan likuiditas pada kantor pusat operasional/cabang. risiko produk PD. 4) Melakukan koordinasi dan pemantauan terhadap pelaksanaan kebijakan ' . Tugas pokok : 1) Menjaga likuiditas PD BKK Dempet Kabupaten Demak 2) Memantau adanya sistem yang mendukung program apu dan ppt. penetrasi pasar.. 3) Memantau pengkinian profit nasabah dan profil transaksi nasabah. 2) Sebagai unit kerja khusus untuk melaksanakan prgoram apu dan ppt secara optimal. BKK Dempet Kabupaten Demak. dan Likuiditas a. bunga. Atasan langsung :Bidang manajemen risiko c. program apu dan ppt dengan unit kerja/pegawai terkait yang berhubungan dengan nasabah. b. 3) Melaksanakan program pemasaran dengan menekankan pada aspek efektifitas dan mengembangkan penetrasi pasar.Uang. Wewenang bidang nonperforming loan dan hukum adalah : 1) Memutuskan atau mengusulkan kepada direksi penghapusan (write ojj} denda. I 7.

penetrasi pasar. Atasan langsung : Direksi PD. pengacara. d. d. dan instansi pemerintah. b. pengadministrasian I dan pemantauan kolektibilitas baik di kantor pusat maupun di kantor cabang PD. Tanggung jawab 1) Bertanggung jawab atas pertumbuhan portofolio kredit dengan penekanan pada kuantitas. 4) Pembinaan debitur. penagihan. 2) Bertanggung jawab atas pertumbuhan portofolio kredit dan pendanaan dengan penekanan pada aspek kesehatan atau kualitas. Wewenang : 1) Mengajukan usulan atau memberikan rekomendasi penempatan dana pada lembaga keuangan lain sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan bank indonesia melalui bidang manajemen risiko untuk diteruskan pada direksi. Kepala Bidang Kredit I a. LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPAN GAN 18 I '4 ·"r £. Tugas pokok 1) Pelaksanruin perencanaan kredit. cost offund yang efisien dan aspekkesinambungan 2) Pelaksanaan program APUdanPPT. Tanggung jawab : 1) Pemenuhan pendanaan untuk mendukung perkreditan dengan memperhatikan sumber dana yang aman. 2) Penyelenggaraan usaha perkreditan dengan prinsip kehati-hatian. BKK Dempet Kabupaten Demak Kantor Pusat Operasional. lembaga keuangan bank/non bank. 8. I 5) Pemberian sarali dan pertimbangan mengenai langkah-langkah dan atau tindakan tindakan yang perlu diambil dibidang tugasnya. BKK Dempet Kabupaten Demak c. perusahaan penilai. e. legal. Fungsi Sebagai aparat managemen yang mempunyai fungsi menyelenggarakan segala I kegiatan yang berhubungan dengan pemberian kredit. 3) Melaksanakan program pemasaran dengan menekank:an pada aspek efektifitas dan mengembangkan penetrasi pasar. profitabilitas. notaris. 3) Pemberian rekomendasi permohonan kredit yang diajukan calon nasabah. 2) Mengajukan usulan kemitraan dengan lembaga-lembaga lain tidak terbatas pada Iembaga pengadilan.I I .

&llEE .

kredit yang bermasalah. 4) Membantq memberi informasi terhadap kredit yang harus di agunan yang diambil alih. penagihan. pokok. BKK Dempet KabupatenDemak. 2) Memutuskan atau mengusulkan kepada direksi penghapusan (write o. I b. pengadministrasian dan pemantauan kolektibilitas baik di kantor pusat maupun di kantor cabang PD. 2) Membantu pemberian rekomendasi permohonan kredit yang diajukan calon nasabah./!) denda. Tanggung jawab 1) Membantu bertanggung jawab atas pertumbuhan portofolio kredit dengan penekanan pada kuantitas. 2) Membantu bertanggung jawab atas pertumbuhan portofolio kredit dan pendanaan dengan penekanan pada aspek kesehatan atau kualitas. 9. Atasan langsung :Kepala bidang kredit c. 3) Melaksanakan program pemasaran derigan menekankan pada aspek efektifitas dan mengembangkan penetrasi pasar 4) Pengelolaan dokumen-dokumen yang terkait dengan pemberian kredit. baik permohonan kredit baru atau usulan restrukturisasi. 5) Membantu penyelesaian kredit yang telah dilakukan melalui agunan yang diambil alih dan hapus buku d. bunga. penetrasi pasar. 3) Membantu memberikan saran dan pertimbangan mengenai langkah-langkah dan atau tindakan-tindakan yang perlu diambil dibidang tugasnya. profitabilitas. Tugas pokok 1) Membantu penyelenggaraan usaha perkreditan degan prinsip kehati-hatian. Staff Bidang Kredit a. 3) Mengajukan usulan kepada direksi untuk menyelesaikan kredit bermasalah melalui jalur hukum (litigasi). e. Wewenang / 1) Memutuskan atau mengusulkan kepada direksi permohonan kredit ·yang diajukan oleh kantor cabang. LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 19 . Fungsi Membantu kepala bidang kredit yang mempunyai fungsi menyelenggarakan segala · kegiatan yang berhubungan dengan pemberian kredit.

I d. legal. Tanggung jawab 1) Melaksanakan program pemasaran dengan menekankan pada aspek efektifitas dan mengembangkan penetrasi pasar.. . Fungsi Sebagai aparat management yang mempunyai fungsi menyelenggarakan usaha dan koordinasi pengembangan dana dan pembinaan hubungan nasabah serta menjaga Iikuiditas. cost of fund yang efisien dan aspek kontinuitas (kesinambungan).. 1o. -serta perencanaan jaringan distribusi. Atasan Iangsung :Direksi PD. BKK Dempet Kabupaten Demak :c=: -9· Tugas pokok ·--"-..2) Pemenuhan pendanaan untuk mendukung perkreditan dengan memperhatikan sumber dana yang aman. _ b. 2) Pelaksana pengelola administrasi keluar masuk dana.. melakukan koordinasi kegiatan ._. dan tata laksana) kepada direksi dan melaksanakan program promosi yang telah disetujui direksi. pengembangan produk yang sudah ada. 3) Pengelola rekening nasabah. I 5) Pendorong tumbuhnya kepercayaan masyarakat.yang ditujukan untuk meraih pertumbuhan dan perluasan pasar. 4) Pengerah dana masyarakat..kegiatan pengerahan dana masyarakat serta melakukan koordinasi kegiatan pemasukan dan pengeluaran uang. 3) Mengajukan usulan rancangan program promosi (termasuk materi. LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 20 i . Wewenang 1) Mengajukan usulan atau memberikan rekomendasi penempatan dana pada lembaga keuangan lain sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan bank indonesia. Kepala BidangDana a. e.. menghapus produk yang tidak lagi menguntungkan. 3) Kreativitas produk perbankan.1) Penyelenggara usaha pengembangan dana. 2) Mengajukan usulan kepada direksi untuk rancangan produk aru. media. program pemasaran. 4) Mengembangkan dan melaksanakan program-program yang ditujukan untuk menjaga kualitas hubungan dengan nasabah dan mitra perusahaan.-.

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 21 . 3) Menekan non performing loan paling tidak hingga batas yang sehat tanpa meninggalkan prinsip hubungan nasabah. Pemim pin Cabang/KantorPusat Operasional a. Wewenang 1) Menandatangani surat-surat berharga atas nama bank serta memo-memo/warkat warkat yang telah diparaf leh pejabat yang berwenang dalam kegiatan bank. kualitas. penghimpunan dana pihak ketiga. 4) Memastikan bahwa dokumen pengikatan kredit telah memenuhi syarat dan diikat dengan sempuma serta agunan kredit layak dari segi nilai. 2) Menetapkan dan menyetujui serta memerintahkan kepada pejabat yang berwenang untuk melakukan penarikan. 11. pelaporan pelaporan yang dibutuhkan oleh manajemen dan yang dikehendaki oleh peraturan dan ketentuan perbankan dengan tujuan untuk mencapai sasaran dan target perusahaan. 5) Menyelenggarakan dan melaksanakan kearsipan perusahaan secara tertib. Fungsi : Sebagai pusat laba perusahaan dengan merencanakan dan menyelenggarakan kegiatan operasional produktif di kantor pusat operasional/cabang berupa pemasaran dan pemprosesan kredit. administrasi kredit dan pembinaan nasabah. Membawahi d. Atasan :Direksi langsung : Seksi pelayanan dan seksi pemasaran c. penyetoran dan pemindahbukuan. memutuskan dan menyetujui serta memerintahkan pembayaran dalam rangka realisasi kredit yang diberikan kepada calon nasabah bank dalam batas wewenang yang telah ditetapan oleh direksi & dewan pengawas sesuai tata kerja dan prosedur yang telah ditetapkan. b. 3) Menetapkan. 4) Menetapkan cara-cara penagihan kembali atas kredit yang telah diberikan kepada debitur yang cidera janj i/menunggak secara efektif dan efisien. pelayananan nasabah. maupun likuiditasnya. pencatatan transaksi transaksi berdasarkan sistem dan prosedur akuntansi perbankan. e. Tugas pokok I 1) Melaksanakan pr-0gram promosi perusahaan 2) Menyalurkan pembiayaan berupa kredit dengan tata cara yang sehat dan menghimpun dana pihak ketiga sesuai dengan ketentuan dan target dalam rangka mencapai pertumbuhan.

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 22 .

pelaporan dan umum dai'am pelaksanaannya bertanggung jawab langsung kepada pemimpin kpo/cabang. melakukan penghimpunan dana pihak ketiga. melakukan pemrosesan atas permohonan kredit dari masyarakat. b. pelaporan dan umum Teller d. accounting dan umum sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan oleh management. kas. dan profesionalisme yang dapat diandalkan. 4) Menerbitkan laporan keuangan bulanan dan laporan yang diperlukan oleh Bank Indonesia. aman. 3) Memberikan pelayanan berdasarkan standar pelayanan cermat (cepat. Tugas pokok seksi pelayanan: 1) Mengkoordinir. . 2) Melakukan aktivitas pemasaran produk perusahaan berupa produk dana dan kredit. 2) Mengkoordinir petugas bagian pelayanan dengan usaha mengupayakan pelayanan yang optimal. / 12:Seksi Pelayanan I a Fungsi : Sebagai aparat management yang mempunyai fungsi mengelola kegiatan operasioanal. dan tepat) dan membina hubungan baik dengan nasabah dan mitra perusahaan. Seksi pelayanan ini merupakan satuan kerja pelayanan dengan pembagian tugas : Accounting . integritas. accounting. 3) Melakukan pemeriksaan atas semuajurnal transakasi sebelum dilakukan posting. ramah. mengerahkan. Tanggungjawab 1) Mengkoordinasikan semua sumber daya dibawah kendalinya untuk memaksimalkan pencapaian laba dan meminimalkan risiko sehingga tercapai pertumbuhan optimal sesuai dengan target dan sasaran yang menjadi bebannya. 4) Membina karyawan dibawah kendalinya agar memiliki kapabilitas. Atasan langsung :Pemimpin KPO/cabang c. f. membina serta mengawasi semua kegiatan personil pada teller.

mengajukan usulan pengadaan. 5) Bersama pemimpin kantor pusat operasional /cabang menandatangani surat menyurat yang terkait dengan bidang pekerjaannya.Accounting . Wewenang 1) Melakukan verifikasi semua transaksi di bank dan memberikari persetujuan atas pembukuan transaksi ke sistem. e. dan Bank Indonesia. Melaksanakan semua peraturan. f. penghapus bukuan aktiva tetap dan inventaris. Tanggungjawab ' \ 1) Seksi pelayanan bertanggungjawab langsung kepada pemimpin kpo/cabang. pembukuan dan laporan aupun hal-hal lain yang menyangkut bagian dari ' pembukuan dan laporan sesuai ketentuan yang telah digariskan oleh manaement. ketentuan dan prosedur yang telah digariskan oleh management maupun peraturan dan ketentuan yang telah digariskan oleh bank kredit kecamatan. 2). Pelaporan dan Umum a. Fungsi : Sebagian aprat management yang berfungsi melakukan kegiatan administrasi. b. / 2) Menyelenggarakan pencatatan semua transaksi perusahaan sesuai sistem dan prosedur sehingga dapat dihasilkan laporan keuangan yang wajar dan dapat dipakai sebagai informasi bagi manajemen. Atasan : Seksi pelayanan langsung c. 2) Melakukan koreksi atas kesalahan pencatatan transaksi. 5) Terselenggaranya layanan tunai yang memuaskan nasabah. 4) Menyelenggarakan kegiatan umum yang menunjang kelancaran tugas semua unit kerja. Tugas pokok : 1). 13. Melaksanakan pembuatan neraca harian. 4) Memberikan persetujuan/rekomendasi atas usulan biaya yang diajukan oleh unit kerja. LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 23 . neraca rugi/laba bulanan maupun perincian pendapatan dan biaya. inventaris dan perlengkapan kantor. 3) Meneroitkan berbagai pelaporan yang diperlukan oleh kantor pusat/internal perusahaan. 3) Melakukan administrasi dan pemeliharaan aktiva tetap.

----- LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 23 .

3). Melaksanakan tugas-tugas lain yang menyangkut kegiatan administrasi dan pembukuan sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan. 14. Tanggung jawab 1) Staf accounting. LAPORAN PRAKTIK KERJA LA. Melaporkan kepada seksi pemasaran apabila terdapat data nasabah yang tidak terkini atau transaksi keuangan yang mencurigakan . 5). pelaporan dan umum bertangung jawab kepada seksi pelayanan 2) Bertanggung jawab penuh atas penyimpanan (proteksi) kartu-kartu buku besar dan buku pembantu maupun dokumen-dokumen lain yang menyangkut kegiatan dari administrasi dan pembukuan BKK. sebagai Iaporan untuk management. . Memeriksa benda-benda berharga Iainnya yang dipunyai setiap teller.2). Melaksanakan pembuatan laporan likuiditas harian. Melakukan kegiatan penerimaan dan pembayaran uang kepada nasabah . 5). Melaksanakan kerja rutin antara lain: Membuka dan menutup kombinasi vault/brankas Menghitung uang tunai yang ada. mencetak validasi pada slip baik setoran maupun penarikan serta mencetak data transaksi penabung ke buku tabungan. b. SIM atau tanda pengenal lain yang sah. d. 3). 4). debitur maupun pihak pengguna jasa bank secara tunai. Memeriksa kebenaran data debitur pada saat realisai. Atasan langsung : Kasie Pelayanan c. Mencocokkan jumlah yang ada dicatatan dalam daftar mutasi dengan dana yang ada. Pembuatan/penyampaian laporan ekstem lainnya sesuai dengan ketentuan. Teller a Fungsi : Sebagai aparat management yang berfungsi melakukan kegiatan penerimaan dan I pembayaran uang dari/kepada para nasabah dan pengeluaran biaya-biaya operasional bank serta administrasi dan uang yang ada di bank sesuai ketentuan yang berlaku. Tugas pokok l). deposan. baik penabung. Melakukan pemasukan data transaksi ke dalam databas melalui program aplikasi komputer. deposan pada saat pencairan maupun penabung yang melak:ukan penarikan dengan cara mencocokkan kartu identitas seperti KTP. 4).PANGAN 24 .

3) Bertanggungjawabataskebenaran data nasaba yang melakukanpenarikanataurealisasikredit. d. 15. d. Atasan langsung : Pemimpin KPO/cabang c. 5) Bertanggungjawabataskebenaransemua data/slip yang diterima. 2) Menyelenggarakan dan melakukan pemasaran produk baik penyaluran maupun penghimpunan dana sesuai dengan target yang telah ditetapkan. 4) Menyelenggarakan dan melaksanakan dokumentasi administrasi dana pihak ketiga. 2) Memberikan usulan suku bunga khusus untuk penghimpunan dana pihak ketiga. e. Tugas pokok : 1) Mengaqlbkan serta membina personil-personil yang ada dalam satuan kerja seksi pemasaran. monitoring dan penagihan Pemrosesan kredit dan administrasi kredit Customer service. 2) Bertanggungjawabatasterselenggaranyapencatatansemuatransaksikeuangansecarat unai. Wewenang l) Memberikan rekomendasi usulan penutupan dan pembukaan dana pihak ketiga. Seksi pemasaran ini merupak:an satuan kerja pemasaran dengan pembagian tugas: Analis kredit. administrasi dana dan kyc. 3) Mengusulkan permohonan kredit yang diproses dalam bentuk rekomendasi untuk disetujui atau ditolak LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 25 . h 4) Bertanggungjawabataskeaslianuang yang diterima. I b. Seksi Pemasaran a Fungsi : Sebagai aparat management yang mempunyai fungsi menyelenggarakan dan mengelola kegiatan baik penghimpunan maupun penyaluran dana sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan oleh management. Tanggungjawab : 1) Bertanggungjawabatasterselenggaranyaatassemuatransaksipenarikandansetorantun ai. 3) Menyelenggarakan dan melakukan pelayanan pembukaan dan penutupan rekening dana pihak k-etiga dengan menerapkan prinsip mengenal nasabah.

---.La .

b. Analisa Kredit. melakukan analisis perkreditan. Tugas pokok : 1). 3) Bertanggung jawab atas tercapainya pertumbuhan kredit sesuai dengan target yang menjadi beban kantor cabang/kpo. profitabilitas. 3). Melaksanakan analisis kredit secara menyeluruh terhadap calon debitur sebelum dilakulcan pemrosesan kredit. 16. Pencapaian pertumbuhan dana pihak ketiga dan penyaluran kredit serta jumlah nasabah sesuai dengan target yang telah ditentukan. 3). 4). Melakukan penelitian jaminan dari aspek legalitas dan melakukan penilaian jaminan (appraisal) berdasarkan tata-cara dan metoda yang lazim. Atasan langsung : Seksi pemasaran c. Bertanggung jawab atas pemenuhan kelengkapan permohonan kredit. perkembangan pasar sekitar dan lain-lain. perkembangan usaha. 2). Fungsi : Sebagai aparat management yang mempunyai fungsi melakukan pemasaran produk baik dana maupun kredit. Tanggungjawab I) Memelihara dan meningkatkan kepuasan nasabah terhadap pelayanan bank. f. Bertanggung jawab langsung kepada kepala seksi pemasaran. I I i LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 26 . dan kesempumaan dokumen. baik mengenai penggunaannya. penetrasi pasar. 4) Bertanggung jawab atas pemenuhan kelengkapan permohonan kredit. 2). Tanggung jawab l). 2) Bertanggung jawab atas target pertumbuhan portfolio kredit yang sehat dengan penekanan pada kuantitas. Melakukan monitoring terhadap kolektibiltas kredit secara menyeluruh. d. 4). melakukan monitoring perkreditan dan melekukakan pengorganisasian penagihan. 5). 4) Melakukan negoisasi dalam penanggulangan kredit bermasalah dan mengajukan usulan write off kepada pemimpin kpo/cabang atau jajaran yang 'lebih tinggi. dan kesempumaan dokumen. Melakukan pemasaran produk baik penyaluran maupun penghimpunan dana sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Bertanggung jawab atas analisis kredit yang berkualitas. Monitoring dan Penagihan a. Melakuk:an monitoring terhadap kredit yang telah dicairkan.

Bertanggung jawab atas terselenggaranya sistem informasi debitur. b. 17. Melakukan verifikasi akhir terhadap dokumen permohonan kredit dan agunan. serta menyerahkan kepada atasan untuk diteruskan kepada pimpinan KPO /cabang. Pencapaian pertumbuhan dana pihak ketiga dan penyaluran kredit serta jumlah nasabah sesuai dengan target yang telah ditentukan. Melaksa. dan lain-lain yang relevan yang dianggap sebagai asas pemberian kredit yang sehat. Fungsi : Sebagai aparat management yang mempunyai fungsi melakukan pemasaran produk baik dana maupun kredit. kondisi persaingan. Tanggung jawab l}. Bertanggung jawab langsung kepada kepala seksi pemasaran. 4). Menerbitkan dan mengagendakan dengan tertib surat persetujuan kredit untuk ktedit yang disetujui.nakan pemrosesan pennohonan kredit meliputi pemenuhan persyaratan administratif. penelitian kelayakan usaha (check on the spot) dan kelayakan agunan. Bertanggung jawab atas terlaksanakanya dokumentasi administrasi perkreditan yang tertib. 4). d. melakukan dokumentasi adminstrasi perkreditan dan melaksanakan sistem informasi debitur. tujuan penggunaan. Atasan : Seksi pemasaran langsung c. Tugas pokok : I). Pemrosesan Kredit. karakter debitur. 2). 3). kemampuan membayar. . 5). Bertanggung jawab atas pemrosesan kredit sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. 3). atau suratjawaban untuk kredit yang tidak disetujui. Administrasi Kred it dan Sistem Informasi Debitur a. melakukan pemrosesan kredit. 5). Melakukan pemasaran produk baik penyaluran maupun penghimpunan dana sesuai dengan target yang telah ditetapkan. 2). Melakukan pencatatan pada system komputer segala sesuatu yang berkaitan dengan adanya debitur.

.

18. Kegiatan operasional PD.00 wib dilanjutkan dengan gelora yel-yel untuk menambah semangat dalam bekerja. 3). d. 4).MM. Melakukan pelayanan kepada calon debitur. Administrasi Dana dan KYC a. Melakukan pelayanan pembukaan dan penutupan rekening dana pihak ketiga. informasi I deposito jatuh tempo.00 WIB. Bertanggung jawab langsung kepada kepala seksi pemasaran 2). misalnya informasi produk. Syafi' i. dan dilanjutkan dengan pemberian amanat oleh Bapak Direktur Utama yaitu Moh.informasi kredit. Fungsi : Sebagai aparat management yang mempunyai fungsi melakukan pemasaran produk baik dana maupun kredit. PD. Serta dilanjutkan dengan lantunan doa untuk mengawali kegiatan operasicrnal di tempat DUDI agar berjalan dengan baik tanpa halangan suatu apapun.3 Gambaran Kegiatan Operasional Praktik Kerja Lapangan . Menyampaikan kepada setiap nasabah berbagai hal yang berkenaan dengan kepentingan nasabah.30 wib sampai dengan pukul 16. BKK Dempet Kabupaten Demak KPO melakukan apel pagi yang dilaksanakan pada pukul 08. Demak KPO dimulai dari pukul 08. Akan tetapi bagi siswa praktik kerja lapangan kegiatan selama di tempat PKL dimulai pukul 081JO sampai dengan pukul 15. 3). melayani permohonan dana dan kredit baru. Tanggung jawab l). LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 28 .00 WIB. b. Bertanggung jawab atas administrasi dana pihak ketiga. 2. Customer Service. SE. Tugas pokok : 1). 4). Bertanggung jawab atas pelayanan pembukaan dan penutupan rekening dana pihak ketiga. Atasan langsung : Seksi pemasaran c. 2). . pelaksanaan administrasi dana dan penerapan kyc. Bertapggung jawab atas pelaksanaan kyc. Bertanggung jawab atas pelayanan terhadap calon debitur. -01r'$ . 5). Sebelum memulai kegiatan operasional. BKK Dempet Kah. Melakukan pemasaran produk baik penyaluran maupun penghimpunan dana sesuai dengan target yang telah ditetapkan. dilaksanakan pada tanggal 16 sampai dengan 30 September 2016.

dilanjutkan dengan penyusunan tembusan bukti pembayaran angsuran yang berwama kuning sesuai lampiran dan disertai dengan tembusan bukti pemindah bukuan yang berwama kuning. Pada bagian ketiga berisikan bukti setoran dan penarikan tabungan produk TAMADES dilanjutkan dengan penyusunan bukti setoran dan penarikan tabungan produk SIMAPANKU yang hams disusun sesuai nama yang terdapat pada lampiran.30 . Proses akhirnya adalah menyatukan lembaran menjadi satu bendel dengan cara di jilid. serta harus melengkapi bagian yang kurang lengkap seperti penulisan nominal pada slip maupun tanggal pada slip baik setoran maupun penarikan tabungan.00 10. Adapun gambaran kegiatan selama di DUD!adalah sebagai berikut : WAKTIJ KEGIATAN OPERASIONAL YANG DILAKUKAN SELAMA PELAKSANAAN DI DUDI 08. 09.30 Kegiatan selanjutnya adalah mendampingi pembimbing DUDI WIB untuk praktik kelapruigan baik ke pasar maupun ke sekolah sekolah untuk mengambil uang tabungan yang akan ditabung oleh nasabah. BKK Dempet Kabupaten Demak WIB Kantor Pusat Operasional . merah muda. Pada bagian kedua berisikan bukti pencairan dana atau realisasi serta bukti \ angsuran pokok pinjaman. Kegiatan ini dilakukan serta merta untuk ' LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 2 0 . dan_ kuning pada bagian ini yang harus disusun hanyalah bukti pembayaran angsuran yang berwama merah muda saja. mutasi harian adalah lembaran data yang berisi seluruh transaksi harian yang dilakukan baik di dalam kantor maupun di lapangan. dimulai dengan menyusun mutasi harian. pada bukti angsuran pinjaman terdapat tiga Jembar bukti yang terdiri atas tiga wama pokok yaitu putih. Mutasi harian tersusun oleh beberapa bagian yang pertama adalah pengeluaran umum yang berisi tentang pengeluaran-pengeluaran untuk membiayai kegiatan operasional tugas saya adalah mengurutkan bukti pengeluaran umum sesuai lembaran data yang tersedia.00 Kegiatan saya selama di PD. 09.

00 Kegiatan yang saya lakukan setelah istirahat berlangsung adalah WIB membantu karyawan yang membutuhkan bantuan seperti menghitung dan membendel uang pecahan. BKK Dempet Kabupaten Demak KPO. Apabila ada selisih maka tugas selanjutnya adalah mengecek satu persatu lembaran uang apakah ada yang terselip maupun salah hitung.00 . BPKB kendaraan. 11. setelah uang terkumpul sesuai nominalnya dilanjutkan dengan menghitung uang dengan membendelnya sejumlah seratus lembar.00 Kegiatan yang dilakukan setelah menarik tabungan adalah WIB mengelompokkan uang berdasarkan jenis dan nominalnya. 10.00 kegiatan yang biasa saya lakukan adalah WIB melengkapi bukti setoran tabungan.00 15.00 Pada pukul 11. mengisi dan melengkapi rekening tabungan baru maupun simpanan berjangka (deposito) secara manµal. Seperti.30 _ 11. KTP dan mendokumentasi kendaraan yang dijadikan sebagai j minan.00 12. mengcopy data seperti sertifikat tanah. jumlah nominal dengan huruf ternpat dan tanggal dilakukannya transaksi.00 Istirahat. 12. lalu menghitung bukti setoran yang jumlahnya harus sesuai dengan jumlah uang yang telah terkumpul.12. . mengarsipkan surat keluar dan masuk serta surat jaminan BPKB maupun sertifikat yang sudah lunas. membantu mencari data nasabah seperti dokumen yang telah jatuh tempo.00 13. \ WIB 13. pelayanan penuh kepada para nasabah yang menabung di PD.

.

-.> Mencari berkas nasabah yang melakukan pencairan dan pembaharuan untuk mempermudah karyawan melakukukan pengentryan data nasabah. \ ). B.> Menyusun laba rugi dan neraca harian ). ). - . dan KTP) ).> Menyusun data mutasi harian.SlNK I sertifikat.. Akuntansi Perusahaan Jasa ).> Menyusun jumal kas dan non kas LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 31 .. Dasar -Dasar Perbankan ). » Membuatkan slip angsuran bagi nasabah yang mengangsur -angsurannya ). .syarat nasabah yang ingin melakukan pinjaman kredit (BPKB...> Melengkapi KYC ( knw your customer ) nasabah untuk di arsip nantinya.> Mengarsip surat masuk ataupun surat keluar. _. KK. setoran. BAB III LAPORAN KEGIATAN 3.1 Analisis Kompetensi di PD. pengeluaran dll.:.. BKK Dempet Kabupaten Demak Analisis Kompetensi yang diajarkan selama Praktik Kerja Lapangan di PD. untuk nasabah yang"melakukan pencairan maupun pembaharuan.- . ). Mencatat semua berkas nasabah dan memeriksa kembali kelengkapan berkas tersebut yang masuk ke notaris C. Akuntansi Keuangan )...> Memfotocopy jaminan dan syarat . BKK Dempet Kabupaten Demak Kantor Pusat Operasional antara lain sebagai berikut : A.> Membantu karyawan mengurutkan data neraca harian.> Membuatkan slip penerimaan umum. '.> Ikut karyawan BKK melakukan penarikan di lapangan ). Mengurutkan laporan laba I rugi dan neraca mengarsip kyc yang datanya sudah lengkap semua.> Membatu menata uang dan menghitung uang logam maupun kertas )..> Membuat daftar rincian kas kecil ). . )..._ .

Membuat nomor persetujuan kredit dan sebagainya. G. Etika Profesi Berdo'a pada saat apel Membersihkan tempat PKL Tangguqg jawab terhadap pekerjaan Menjaga kerahasiaan in(onnasi perusahaan Pola pengaturan tata cara sikap bekerja secara ergonomi H.ukan pembaharuan atapun I pencairan sebagai tanda bukti kalau sudah dikenakan pajak. K3LH(Kesehatan Keselamatan Kerja Lingkungan Hidup) Memakai peralatan dengan hati-hati Mengamankan dan merapikan peralatan kerja dengan baik dan sesuai tempat maupun mengelompokannya berdasarkan jenis peralatan. Administrasi pajak I fvlenempelkan materai pada berkas nasabah yang melak-. Spreadsheet ( Aplikasi Pengolah Angka ) Mengentry data pokok nasabah yang melakukan pencairan yang berisi informasi tentang nasabah itu sendiri dan agunan yang dijaminkan untuk melakukan pinjaman kredit. Menbuatkan surat keterangan BPKB bagi nasabah yang ingin melakukan perpanjangan STNK atau yang berkaitan tentang BPKB. D. LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 32 . E. Komputer Akuntansi ( MYOB ) Membuatkan CIF dan tabungan bagi penabung baru dan mengisi KYC ( know your customer ) bagi penabung baru I nasabah yang ingin membuka rekening baru sebagai informasi data nasabah Belajar cara pemindah bukuan jurnal non kas Belajar mengentry data kredit Belajar tentang bunga kredit F.

}> Membuatkan slip angsuran bagi nasabah yang mengangsur . penarikan. }> Foto copy KTP. ·. dan sebagainya nasabah penabung baru sebagai identitas nasabah untuk melengkapi kyc.:. }> Menempelkan materai pada berkas nasabah yang melakukan pembaharuan atapun pencairan sebagai tanda bukti kalau sudah dikenakan pajak. . BKK Dempet Kabupaten Demak menggunakan "sistem jemput bola" ( petugas PD. KK.. setoran. » Belajar c pemindah bukuan jumal non kas. KK. }> Belajar tentang bunga kredit.angsurannya » Mencatat semua berkas nasabah dan memeriksa kembali kelengkapan berkas tersebut yang masuk ke notaris. Di Bidan Dana }> Mengurutkan data slip setoran. }> Foto copy jaminan dan syarat . angsuran dan sebagainya agar lebih mudah saat melakukan pengecekan nanti. BKK Dempet Kabupaten Demak langsung melayani nasabah tabungan tersebut ke rumah I lokasi penabung itu sendiri ) jadi hams membuat rincian tersebut sebagai laporan hasil sistem jemput bola tadi. · t 3. pengeluaran dll. penarikan.2Laporan Kegiatan t. Di Bidang Perkreditan I }> Mencari berkas nasabah yang melakukan pencairan dan pembaharuan untuk I mempermudah karyawan melakukukan pengentryan data nasabah.syarat nasabah yang ingin melakukan pinjaman kredit (BPKB.. }> Membantu menata uang dan menghitung uang logam maupun kertas 2.. KTP suami istri dan fotojaminan ) }> Membuatkan slip penerimaan umum.STNK I SERTIFIKAT . untuk nasabah yang melakukan pencairan maupun pembaharuan. }> Membuat rincian setoran. }> Membuatkan CIF dan tabungan bagi penabung baru dan mengisi kyc bagi penabung baru / nasabah yang ingin membuka rekening baru sebagai informasi data nasabah. dan angsuran karena PD.

Belajar tentang bunga kredit. 3.syarat nasabah yang ingin melakukan pinjaman kredit (BPKB. Membuatkan slip angsuran bagi nasabah yang mengangsur -angsurannya ). }> Belajar cara pemindah bukuan jumal non kas. .Mencatat semua berkas nasabah dan memeriksa kembali kelengkapan berkas tersebut yang masuk ke notaris. Membantu menata uang dan menghitung uang logam maupun kertas 2.Mencari berkas nasabah yang melakukan pencairan dan pembaharuan untuk I mempennudah karyawan melakukukan pengentryan data nasabah.STNK I SERTIFIKAT . Di Bidang Perkreditan ).>. ). Menempelkan materai pada berkas nasabah yang melakukan pembaharuan atapun pencairan sebagai tanda bukti kalau sudah dikenakan pajak. Di Bidang Dana Mengurutkan data slip setoran. dan sebagainya nasabah penabung baru sebagai identitas nasabah untuk melengkapi kyc.>. KK. BKK Dempet Kabupaten Demak langsung melayani nasabah tabungan tersebut ke rumah I lokasi penabung itu sendiri ) jadi harus membuat rincian tersebut sebagai laporan basil sistem jemput bola tadi. KTP suami istri dan fotojaminan ) Membuatkan slip penerimaan umum. Membuat rincian setoran.2 Laporan Kegiatan 1. Foto copy KTP. setoran. BKK Dempet Kabupaten Demak menggunakan "sistem jemput bola" ( petugas PD. angsuran dan sebagainya agar lebih mudah saat melakukan pengecekan nanti. Membuatkan CIF dan tabungan bagi penabung baru dan mengisi kyc bagi penabung baru I nasabah yang ingin mem buka rekening baru sebagai infonnasi data nasabah. pengeluaran dll. dan angsuran karena PD. untuk nasabah yang melakukan pencairan maupun pembaharuan.Foto copy jaminan dan syarat .>. KK. penarikan. penarikan.

Mengurutkan laporan laba I rugi dan neraca mengarsip kyc ·yang datanya sudah lengkap semua. surat keluar dan surat jaminan BPKB/sertifikat yang sudah tunas. Melengkapi kyc nasabah. Menyusun data mutasi harian. Di Bidang Pembukuan Mengarsip surat masuk.3. .

Pengalaman kerja yang didapatkan akan membuat para siswa memiliki pengalaman mengenai bidang keahlian yang profesional secara nyata dalam bidangnya.> Hendaknya tetap menjalin hubungan dengan baik dengan PD. Saran untuk DUDI ). BKK Dempet Kabupaten Demak KPO. ). dan kegiatan ini sangat mendidik para siswa untuk disiplin dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap tugas yang diberikan. Kesimpulan Dengan adanya kegiatan Praktik Kerja Lapangan. LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 36 . ). 4.> Hendaknya memilih tempat prakerin yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal siswa.2.> Hendftknya penempatan peserta prakerin disesuaikan dengan program studi masing-masing siswa.> Tingkatkan pelayanan yang memuaskan bagi nasabah. BKK Dempet Kabupaten Demak. Saran Berikut akan saya sampaikan saran-saran agar pelaksanaan prakerin mendatang agar bisa lebih baik dari sebelumnya : 1.> Tingkatkan kedisiplinan serta kerjasama antar pegawai untuk mencapai target yang diinginkan oleh PD. ). Dan untuk meningkatkan produktivitas dan kreatifitas dalam mencapai target pemasaran yang sehat dan stabil diperlukan strategi yang baik dan stabil serta dapat diwujudkan dengan adanya kerjasama seluruh keluarga besar PD. BAB IV PENUTUP 4.> Hubungan kerjasama antar karyawan harus dijaga dan dipertahankan serta ditingkatkan. BKK Dempet Kabupaten Demak Kantor Pusat Operasional. ). 2. Saran untuk sekolah ).1. saya dapat mengambil kesimpulan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).