You are on page 1of 9

Pengertian Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Daring Edisi III) telah memasukkan kata ‘pramuka’
dan ‘kepramukaan’ di dalamnya. Menurut kamus ini, kedua kata tersebut mempunyai arti
sebagai berikut:

 pramuka /pra·mu·ka/ n akr Praja Muda Karana; organisasi untuk pemuda yg
mendidik para anggotanya dl berbagai keterampilan, disiplin, kepercayaan pd diri
sendiri, saling menolong, dsb anggota organisasi pramuka: -- membentuk anak
(pemuda) yg masih berkembang menjadi warga negara yg berbudi luhur; pandu;

 kepramukaan /ke·pra·mu·ka·an/ n perihal (kegiatan dsb) yg berhubungan dng
pramuka

Pengertian Menurut Undang-undang Gerakan Pramuka

Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka menjadi dasar pokok
penyelenggaraan pendidikan kepramukaan di Indonesia. Di dalam Undang-undang tersebut
dinyatakan tentang pengertian ‘pramuka’, ‘Gerakan Pramuka’, ‘kepramukaan’, dan
‘pendidikan kepramukaan’.
Berikut pengertian masing-masing menurut Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang
Gerakan Pramuka:

 Gerakan Pramuka adalah organisasi yang dibentuk oleh pramuka untuk
menyelenggarakan pendidikan kepramukaan.

 Pramuka adalah warga negara Indonesia yang aktif dalam pendidikan
kepramukaan serta mengamalkan Satya Pramuka dan Darma Pramuka.

 Kepramukaan adalah segala aspek yang berkaitan dengan pramuka.

 Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan
hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-
nilai kepramukaan.

Tugas Pokok, Tujuan, dan Fungsi Gerakan Pramuka
Alam Endah | 7:10 PM | 0 comments
Gerakan Pramuka adalah organisasi yang menyelenggarakan pendidikan
kepramukaan di Indonesia. Sebagai sebuah organisasi, Gerakan Pramuka tentu
memiliki tugas pokok, tujuan, dan fungsi. Tujuan dan fungsi Gerakan Pramuka
tersebut secara jelas telah diuraikan baik dalam Undang-undang Nomor 12
Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka maupun dalam Anggaran Dasar dan
Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

Adapun tugas pokok Gerakan Pramuka adalah untuk melaksanakan pendidikan
bagi kaum muda di lingkungan luar sekolah. Pendidikan ini untuk melengkapi
pendidikan di lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Pendidikan tersebut

moral. dan disiplin. sanggup dan mampu membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan masyarakat. sekaligus mengamalkan Pancasila. emosional. Di samping tersebut. Selain itu juga pribadi yang menjunjung tinggi nilai keluhuran bangsa Indonesia. 3. sosial. spiritual. serta memiliki dan menguasai kecakapan hidup. memiliki akhlak yang mulia. Fungsi Gerakan Pramuka Di samping tugas pokok dan tujuan di atas. 2. bangsa dan negara. Ciri khususnya adalah penerapan Prinsip dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan serta Sistem Among dalam pendidikan yang dilakukan Gerakan Pramuka. Pengembangan Pramuka. Dengan itu semua diharapkan menjadi kader bangsa yang mampu menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia. intelektual dan fisik. dengan ditandai menguasai keterampilan dan kecakapan serta memiliki ketahanan mental. bertakwa. Pendidikan dan pelatihan Pramuka. yang percaya kepada kemampuan sendiri. Sejarah Singkat Kepramukaan di Dunia Alam Endah | 9:33 PM | 12 comments . Untuk tujuan dan fungsi Gerakan Pramuka diuraikan sebagai mana di bawah. Tujuan Gerakan Pramuka Tujuan Gerakan Pramuka adalah untuk membentuk setiap Pramuka agar menjadi pribadi yang beriman. sebagai organisasi Gerakan Pramuka memiliki fungsi. Selain sebagai penyelenggara pendidikan nonformal. Pengabdian masyarakat dan orang tua. diharapkan mampu membentuk sikap dan perilaku yang positif. Fungsi Gerakan Pramuka adalah sebagai penyelenggara pendidikan nonformal di luar sekolah dan di luar keluarga. Fungsi Gerakan Pramuka tersebut selaras dengan tugas pokok Gerakan Pramuka. Pencapaian tujuan tersebut diharapkan berhasil membentuk kader bangsa sekaligus kader pembangunan di Indonesia yang berkepribadian. Gerakan pramuka juga berfungsi sebagai wadah untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka.dimaksudkan untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka. Pendidikan tersebut menjadi wadah pembinaan dan pengembangan kaum muda dengan ciri khusus. Permainan yang berorientasi pada pendidikan. dan melestarikan lingkungan hidup. mempunyai jiwa patriotik. Kepribadian tersebut diantaranya adalah beriman dan bertakwa serta berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan sikap-sikap tersebut akan menjadikan manusia yang berkepribadian Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan pelbagai usaha yang meliputi : 1. 4. taat terhadap hukum.

Tentang Bapak Pramuka Sedunia. Kemah di pulau Brownsea dan buku 'Scouting for Boys' dianggap sebagai tonggak awal sejarah kepramukaan di dunia.2 Agustus 1907. Sejarah mencatat bahwa buku Aids to Scouting (1899) yang berisikan pengalaman Baden Powell semasa di ketentaraan menarik minat. Baden Powell. menandai perkemahan Pramuka pertama kali di dunia Sejarah Kepramukaan Sedunia . Kembali. ke-22 pemuda ini diajak berkemah di pulau Brownsea selama 8 hari pada tanggal 25 Juli . Monumen di Pulau Brownsea. Tentara Inggris yang lahir di London. Buku Scouting for Boys menjadi rujukan dan pedoman penyelenggaraan kegiatan serupa di seluruh dunia. perkemahan tersebut menginspirasi Baden Powell untuk menulis buku 'Scouting for Boys' (1908). dan banyak dibaca. Minat masyarakat terhadap buku Aids to Scouting yang tinggi membuat William Alexander Smith (Pimpinan Boys Brigade Inggris) meminta Baden Powell untuk melatih 22 pemuda. Kegiatan-kegiatan tersebut yang kemudian dikenal sebagai kepramukaan atau scouting. Inggris pada tanggal 22 Februari 1857 ini lah yang menggagas kegiatan yang dalam sejarah kemudian terkenal dengan kepramukaan atau scouting. Tercatat dalam sejarah. Oleh Baden Powell. baca : Sejarah Baden Powell dan Foto Baden Powell. tidak hanya oleh kalangan militer saja melainkan oleh para guru dan organisasi pemuda. Ernest Thompson Seton dari Woodcraft Indians (Amerika). bahkan di seantero dunia. buku ini juga mendapatkan masukan dan dukungan dari Frederick Russell Burnham (Chief of Scouts in British Africa). buku ini menjadi laris manis.Sejarah Kepramukaan di Dunia tidak bisa terlepas dari Baden Powell. dan William Alexander Smith dari Boys Brigade. Selain diilhami buku-bukunya terdahulu.

Tahun 1922 beliau menerbitkan buku Rovering To Success (Mengembara Menuju Bahagia). Buku ini menggambarkan seorang pemuda yang harus mengayuh sampannya menuju ke pantai bahagia. Tahun 1914 beliau menulis petunjuk untuk kursus Pembina Pramuka dan baru dapat terlaksana tahun 1919. Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia yang pertama di Olympia Hall. Sehingga bermunculanlah kegiatan-kegiatan untuk pemuda dengan menerapkan ide-ide Baden Powell. Tahun 1918 Baden Powell membentuk "Rover Scout" bagi mereka yang telah berusia 17 tahun. de Bois Maclarren. Tahun 1912 atas bantuan adik perempuan beliau.F. . Beliau mengundang pramuka dari 27 Negara dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World). London. Buku ini bercerita tentang Mowgli si anak rimba yang dipelihara di hutan oleh induk serigala. Daftar pelaksanaan Jambore Dunia dapat dilihat di artikel lain di blog ini. Dari sahabatnya yang bernama W.Sejarah mencatat bahwa buku “Scouting for Boys” tersebar luas di Inggris dan negara-negara lain. Tahun 1916 berdiri kelompok pramuka usia siaga dengan nama Cub (anak serigala) dengan buku The Jungle Book karangan Rudyard Kipling sebagai pedoman kegiatannya. Semula kepramukaan hanya ditujukan bagi anak laki-laki berusia 11 sampai 18 tahun dengan nama Boys Scout. beliau mendapat sebidang tanah di Chingford yang kemudian digunakan sebagai tempat pendidikan Pembina Pramuka dengan nama Gilwell Park. Organisasi ini kemudian diteruskan oleh istri Baden Powell. Buku ini menginspirasi berdirinya organisasi kepramukaan di Inggris dan sekitarnya. Agnes berinisiatif mendirikan organisasi kepramukaan untuk wanita dengan nama Girl Guides.

Sejarah Singkat Kepramukaan di Indonesia Alam Endah | 6:25 AM | 33 comments Sejarah kepramukaan di Indonesia tidak bisa dilepaskan dengan sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. berkantor Kiev. Patung Baden Powell di Gilwell Park Tahun 1920 dibentuk WOSM atau World Organization of the Scout Movement (Organisasi Gerakan Pramuka Sedunia). berkantor di Kairo. Kenya. Kawasan Eropa. Mesir. berkantor di Nairobi. Kawan Eurasia. Pada tahun 1958 dipindah ke Ottawa Kanada dan tahun 1968 dipindahkan lagi ke Geneva. Kawasan Arab. Panama. di dunia juga terdapat beberapa organisasi kepramukaan lainnya seperti WAGGGS (World Association of Girl Guides and Girl Scouts atau Asosiasi Kepanduan Putri Sedunia). Gagasan Baden Powell yang membentuk kepramukaan dengan cepat menyebar ke berbagai negara. berkantor di Panama City. Swiss. Kawasan Asia Pasifik. berkantor di Jenewa Swiss. Inggris. Ukraina. Filipina. Saat ini Sekretaris jenderal WOSM dijabat oleh Scott Teare. Biro Pramuka Dunia pertama kali berlokasi di London. berkantor di Manila. Sekretariat (kantor pusat WOSM) disebut World Scout Bureau (Biro Pramuka Dunia). Biro Kepramukaan sedunia mempunyai 5 kantor kawasan yaitu Kawasan Afrika. Selain WOSM. . World Scout Bureau dipimpin oleh seorang Sekretaris Jenderal Biro Pramuka Dunia. Indonesia bergabung menjadi anggota WOSM sejak tahun 1953. dan Kawasan Inter-Amerika.

termasuk Belanda. berdiri . Di negara Belanda kepramukaan disebut sebagai Padvinder. Di negara jajahannya. Seinendan dan PETA. kembali bermunculan berbagai organisasi kepanduan seperti. Setelah masa kemerdekaan dibentuklah organisasi kepanduan yang bersifat nasional yaitu Pandu Rakyat Indonesia yang dideklarasikan di Solo pada tanggal 28 Desember 1945. PK (Pandu Kesultanan). Sebagian organisasi tersebut terhimpun dalam tiga federasi yaitu. kepanduan di Indonesia dilarang sehingga tokoh Pandu banyak yang masuk Keibondan. Agus Salim menggunakan istilah "Pandu" dan "Kepanduan". Dan pada tahun 1931 terbentuk PAPI (Persatuan Antar Pandu-Pandu Indonesia). termasuk Indonesia. PPS (Pandu Pemuda Sumatra). Persatuan Pandu-Pandu Belanda). Belanda mendirikan organisasi Kepramukaan. SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvinderij). Belanda akhirnya membuat peraturan untuk melarang organisasi kepramukaan di luar milik Belanda menggunakan istilah Padvinder. KBI dll yang jumlahnya mencapai seratusan lebih. Karena itu kemudian KH. JPP (Jong Java Padvinderij). Oleh tokoh-tokoh pergerakan nasional Indonesia dibentuk organisasi kepanduan yang bertujuan membentuk manusia Indonesia yang baik dan menjadi kader pergerakan nasional. Organisasi ini dikhususkan bagi anak-anak Belanda. HW (Hisbul Wathon) dll. Di Indonesia dikenal dengan istilah NIPV (Netherland Indische Padvinder Vereniging. Pada waktu pendudukan Jepang. SIAP. Pandu Kristen. Pandu Rakyat Indonesia menjadi satu-satunya organisasi kepramukaan di Indonesia saat itu. Sejarah terus berlanjut. JPO (Javananse Padvinders Organizatie). Sejak tahun 1930 timbul kesadaran dari tokoh-tokoh Indonesia untuk mempersatukan organisasi kepramukaan. Karenanya kemudian muncul organisasi-organisasi kepramukaan pribumi yang kala itu jumlahnya mencapai lebih dari seratus organisasi. Pandu Indonesia. Pandu Ansor. Organisasi itu semisal. Melihat maraknya organisasi kepramukaan milik pribumi yang bermunculan. Namun pada masa leberalisme. IPINDO (Ikatan Pandu Indonesia. HW. Maka terbentuklah KBI (Kepanduan Republik Indonesia). kemudian diubah menjadi BPPKI (Badan Pusat Persatuan Kepanduan Indonesia) pada tahun 1938. KBI merupakan gabungan dari organisasi kepanduan seperti IPO.

Presiden mengungkapkan bahwa kepanduan yang ada harus diperbaharui. seluruh organisasi kepanduan yang ada dilebur menjadi satu yang disebut Pramuka. Pada 1953 IPINDO berhasil menjadi anggota kepramukaan sedunia. Makiling Filipina. Mulai tahun 1960-an. metode dan aktivitas pendidikan harus diganti. . bertempat di Istana Negara. berdiri tahun 1954) dan PKPI (Persatuan Kepanduan Putri Indonesia). Pada hari Kamis malam tanggal 9 Maret 1961 Presiden mengumpulkan tokoh- tokoh dan pemimpin gerakan kepramukaan Indonesia. POPPINDO (Persatuan Organisasi Pandu Putri Indonesia. dalam perjalanan ke Australia.tanggal 13 September 1951). Namun ternyata Perkindo sendiri kurang solid sehingga coba dimanfaatkan oleh pihak komunis agar menjadi gerakan Pionir Muda seperti di negara komunis lainnya. Sedangkan POPPINDO dan PKPI pernah bersama-sama menyambut singgahnya Lady Baden Powell (istri Baden Powell) ke Indonesia. Pada tahun ini juga IPINDO mengirimkan kontingen ke Jambore Dunia di MT. Pada tanggal 10-20 Agustus 1955 IPINDO juga berhasil menyelenggarakan Jambore Nasional I di Pasar Minggu Jakarta. ketiga federasi tersebut akhirnya meleburkan diri menjadi PERKINDO (Persatuan Kepanduan Indonesia). PKPI mengadakan perkemahan besar untuk pramuka putri yang disebut “Desa Semanggi” di Ciputat. Pada tahun 1959. berbagai pihak termasuk pemerintah dan MPRS melakukan berbagai upaya untuk melakukan penertiban organisasi kepanduan termasuk upaya untuk mendirikan Gerakan Pramuka. Menyadari kelemahan yang ada.

I Nomor 238 Tahun 1961. sebagai Lampiran Keputusan Presiden R.A. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI IKRAR GERAKAN PRAMUKA. Juanda sebagai Pejabat Presiden Karena Presiden RI. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI PERMULAAN TAHUN KERJA. Kepres Nomor 238 Tahun 1961 ini ditandatangi oleh Perdana Menteri Ir. Soekarno saat itu sedang berkunjung ke Jepang. Menteri P dan K Prof. Menteri Pertanian Dr. Kepres ini menetapkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia. tanggal 20 Mei 1961 tentang Gerakan Pramuka. Ir. tokoh-tokoh organisasi kepanduan di Indonesia yang menyatakan dengan ikhlas meleburkan diri ke dalam organisasi Gerakan Pramuka. Koperasi dan Pembangunan Masyarakat Desa. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI TUNAS GERAKAN PRAMUKA Panitia inilah yang kemudian mengolah Anggaran Dasar Gerakan Pramuka. Prijono. Azis Saleh dan Menteri Transmigrasi. Presiden Soekarno menyerahkan panji kepramukaan . bertempat di Istora Senayan (Sekarang Stadiun Gelora Bung Karno). Pada tanggal 30 Juli 1961.Presiden juga menunjuk Panitia Pembentukan Gerakan Pramuka yang terdiri atas Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Achmadi.

Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara. Ir.000 Pramuka. Aziz Saleh. Mapinas saat itu diketuai oleh Dr.A. dilakukan Pelantikan Mapinas (Majlis Pimpinan Nasional). diketuai oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Brigjen TNI Dr. dilanjutkan penganugerahan Panji-panji Kepramukaan dan defile Pramuka untuk memperkenalkan Pramuka kepada masyarakat yang diikuti oleh sekitar 10.A. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI PRAMUKA yang diperingati hingga sekarang.Pada tanggal 14 Agustus 1961. Sementara Kwarnas. . Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Wakil Ketua II Brigjen TNI Dr. Soekarno (Presiden RI) dengan Wakil Ketua I. Aziz Saleh sebagai Wakil Ketua merangkap Ketua Kwarnari.