You are on page 1of 5

Makanan yang baik dan buruk untuk kesehatan jantung

Kematian akibat penyakit jantung telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir
ini, tetapi meskipun begitu, kematian akibat penyakit jantung masih merupakan
penyakit yang menyebabkan kematian paling banyak diseluruh dunia. Kabar
baiknya, meskipun penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor 1
didunia saat ini, sekarang kita sudah mengetahui bagaimana cara untuk mencegah
penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan serangan jantung. Sudah jelas bahwa
konsumsi makanan sehat dan hidup aktiif seperti olahraga seminggu 3 kali selama
setengah jam merupakan kunci untuk menghindarkan diri dari bahayanya penyakit
jantung.

Didalam artikel kali ini, sehatpedi.blogspot.com akan mengulas jenis – jenis
makanan apa saja yang dapat membuat anda terhindar dari penyakit jantung dan
jenis – jenis makanan apa saja yang dapat membuat anda justru resiko untuk
mengindap penyakit jantung. Jenis makanan apa sajakah itu, berikut ulasannya :

1. Makanan untuk kesehatan jantung bayam

Kita semua harus rajin makan bayam seperti apa yang sering dilakukan oleh
popeye, menurut American Dietic Association Inggris. Ursula Arens, seorang
ahli diet dan juru bicara BDA mengatakan “Bayam merupakan makanan yang
seharusnya menjadi makanan favorit setiap orang. Namun sayangnya,
kebanyakan orang sangat sedikit memakan sayuran seperti bayam sehingga
kebanyakan orang tidak mendapatkan nutrisi yang bermanfaat dari makanan
seperti bayam”

Bayam dan sayuran lainnya juga yang mirip seperti bayam yaitu kale dan
broccoli merupakan buah yang tinggi akan kandungan vitamin, mineral, dan
antioksidan. NHS mengatakan “ Buah dan sayuran yang dikemas dengan
vitamin essensial, mineral, anti oksidan, dan serat dapat membantu
mengurangi resiko penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.”

Bayam juga kaya akan folat dan NHS mengatakan “ Memakan makanan yang
tinggi akan kandungan asam folat, seperti sayuran hijau dan biji – bijian,
terkenal dapat menurunkan kadar homosistein didalam tubuh.” Homosistein
merupakan asam amino yang diproduksi oleh tubuh yang dimana apabila
ditemukan tinggi didalam kadar darah seseorang dapat meningkatkan resiko
penyakit jantung.

Pembuluh darah juga sepertinya memiliki kecendrungan berkurang untuk selalu berkontriksi yang dimana membuat jantung rentan terhadap penyakit jantung. Jadi. Makanan untuk kesehatan jantung Salmon Ahli gizi Kathleen Zelman. 3.” British Heart Foundation juga mengatakan “ Hal ini juga ditetapkan bahwa asupan omega-3 yang terbaik bagi kesehatan jantung terdapat dari ikan berminyak. Bayam dapat anda makan secara masak maupun mentah dan dapat anda masak juga sesuai dengan kreasi masakan yang anda suka. ikan mackerel. Pada orang yang tinggi kolestrol. 2. dapat menurunkan kolestrol. terjangkau. British Heart Foundation sangat menyarankan untuk setidaknya makan dua porsi ikan misalnya ikan salmon. mengatakan bahwa dia merupakan penggemar berat akan ikan salmon. Porsi yang disarankan adalah sekitar 85 gram sampai 175 gram. mackerel. seperti salmon. vitamin. Makanan untuk kesehatan jantung kedelai Kaya akan omega 3. dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi resiko penyakit jantung. . direktur WebMD dibagian gizi. apabila dimakan sebagai bagian dari diet sehat. sangat disarankan untuk setiap harinya anda menambahkan bayam kedalam menu makanan anda sehari – hari sebagai tindakan untuk menghindari penyakit jantung. ataupun ikan sarden selama seminggu sekali. bila dimakan dengan diet rendah lemak yang sehat. sebuah studi menunjukkan bahwa kedelai. terutama yang ditemukan pada ikan berminyak.” Para peneliti juga menemukan bahwa asam lemak omega-3 dapat mencegah pembekuan darah dengan membuat trombosit kurang cenderung untuk mengumpul menjadi satu dan menempel pada dinding arteri. protein. NHS mengatakan bahwa “ Ada bukti bahwa asam lemak omega-3. dan mineral kedelai merupakan makanan alternatif yang baik yang dapat menggantikan daging merah. ataupun ikan sarden. Salmon tersedia luas. Kedelai juga rendah lemak dan tinggi akan serat dibandingkan dengan daging pilihan. cepat dan mudah untuk dimasak. Ikan berminyak seperti salmon mengandung kadar omega-3 yang sangat tinggi.

stroberi dan buah berry lainnya juga merupakan buah yang baik bagi kesehatan. wanita berusia 25 sampai 42 tahun yang memakan lebih dari 3 porsi buah blueberry maupun buah stroberi dalam seminggu memiliki resiko 32% lebih rendah dari serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang kurang memakan 2 buah diatas. dan tahu. Para peneliti menyatakan bahwa. Baik BDA maupun BHF menyarankan untuk setidaknya mengonsumsi 25 gram kedelai setiap harinya.com untuk makanan yang tidak baik bagi jantung anda : . Setelah mengetahui makanan yang baik bagi jantung anda. 5. kandungan didalam buah berry yaitu anthocyanin dan flavonoid dapat menurunkan tekanan darah sekaligus dapat melebarkan pembuluh darah sehingga perjalanan aliran darah lebih lancar. susu kedelai. Makanan untuk kesehatan jantung oatmeal Oatmeal adalah makanan tinggi serat. yang dapat menurunkan kolestrol. Antioksidan adalah vitamin. 4. makanan apa sajakah yang tidak baik bagi jantung anda? berikut ulasan dari sehatpedi. dan nutrisi lainnya yang dimana telah diteliti mampu untuk melindungi dan memperbaiki sel – sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Anda bisa mendapatkan manfaat kedelai dari kacang kedelai. Tidak hanya blueberry. Bahkan para peneliti menemukan orang yang mengonsumsi kedelai untuk menurunkan kadar kolestrol tinggi didalam darahnya akan sama efektifnya seperti orang yang menggunakan obat untuk menurunkan kolestrolnya. Sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi oatmeal instan karena biasanya oatmeal instan sudah tercampur dengan bahan lain seperti gula atau bahan pemanis lainnya yang tidak baik bagi tubuh. mineral. tepung kedelai.blogspot. Makanan untuk kesehatan jantung Blueberry Blueberry dianggap sebagai makanan super karena blueberry merupakan buah yang mengandung kadar antioksidan yang tinggi. Itulah 5 makanan yang baik bagi anda yang ingin menjaga kesehatan jantung anda. Menurut sebuah penelitian baru – baru ini. tempe. Oatmeal bertindak sebagai spons didalam saluran pencernaan dan menyerap kolestrol dan kemudian dikeluarkan dari tubuh sehingga tidak diserap kedalam aliran darah.

alangkah lebih baik apabila anda lebih banyak mengonsumsi makanan berserat daripada mengonsumsi makanan cepat saji. krim asam. kadar trigliserida. The American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk membatasi asupan lemak jenuh kurang dari 7% dari total asupan kalori harian anda. dan santan. Selain itu. Efek gula yang buruk ialah karena gula meningkatkan tekanan darah. Makanan dengan pemanis buatan seperti minuman botolan. minyak kelapa sawit. potongan lemak daging. Boleh untuk mengonsumsi makanan ini sekali – sekali namun sangat tidak disarankan apabila anda mengonsumsinya secara berlebihan. Bagaimana caramenghindari lemak jenuh untuk menjaga kesehatan jantung anda? Hindari makanan goreng – gorengan yang digoreng menggunakan minyak yang sama secara berkali – kali karena hal itu dapat meningkatkan kadar lemak jenuh didalam tubuh anda. yang dimana pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya aterosklerosis. gula digunakan secara berlebihan sehingga menyebabkan apabila memakan suatu makanan akan terasa kurang apabila makanan tersebut tidak manis. Dan juga.1. Lemak jenuh Makanan yang tinggi akan lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolestrol didalam darah. dan gula juga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Lemak jenuh ini banyak didapati pada bahan makanan seperti mantega susu. Gula Gula merupakan salah satu bahan makanan yang digunakan untuk mempermanis makanan. menyebabkan naiknya berat badan. gula juga memiliki efek yang buruk bagi tubuh. kue kering. Bagaimana cara menghindari gula untuk menjaga kesehatan jantung anda? Cukupkan kebutuhan rasa manis anda dengan memakan buah – buahan yang manis dan lebih baik minum air putih dibandingkan meminum minuman yang mengandung banyak gula seperti air soda. mayo. mentega kakao. . Namun sayangnya. kue tar merupakan salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari apabila anda ingin menjaga kesehatan jantung anda. minyak kelapa. 2.

Salam sehat . Terima kasih sudah membaca artikel ini.Itulah 2 jenis bahan makanan yang sebaiknya anda hindari apabila anda ingin menjaga kesehatan jantung anda. Demikianlah artikel mengenai Makanan yang baik dan buruk untuk kesehatan jantung. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru bagi anda.