You are on page 1of 8

BAB III

METODE PENELITIAN

A. Pendekatan Penelitian

Metode penelitian yang digunakan dalam peneliatian ini adalah metode

pendekatan kualitatif yaitu pendekatan dengan cara memandang objek

penelitian sebagai suatu sistem, artinya objek kajian dilihat dari satuan yang

terdiri dari unsur yang saling terkait dan mendiskripsikan fenomena-fenomena

yang ada (Suharsimi A, 2005: 209). Penelitian deskriptif merupakan penelitian

yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status gejala

yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian

dilakukan (Suharsimi A, 2005: 234).

Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan begitu

peneliti dapat mendeskripsikan serta menguraikan tentang pelaksanaan

program motor keliling taman bacaan masyarakat “Mata Aksara” desa

Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.

B. Subyek Penelitian
Pemilihan subyek penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive

sampling. Teknik ini digunakan untuk mendapatkan subyek penelitian yang

tepat dan sesuai dengan tujuan penelitian. Pertimbangan lain dalam pemilihan

subyek adalah subyek memiliki waktu apabila peneliti membutuhkan

informasi untuk pengumpulan data dan dapat menjawab berbagai pertanyaan

penelitian yang telah dirumuskan.
Subyek sasaran penelitian ini adalah pengelola dan pelaksana kegiatan

motor keliling dari TBM “Mata Aksara” serta peserta yang terkait dengan

35

Masyarakat sekitar desa Umbulmartani. Sleman. serta di acara sunday morning lapangan Denggung. Sleman. 2. Metode Pengumpulan Data 36 . kegiatan dari program motor keliling. atau berupa kegiatan. Sleman. peneliti menggunakan wawancara. 2. Tempat Penelitian Tempat yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah di taman bacaan masyarakat (TBM) “Mata Aksara” serta pada saat program motor keliling beroperasi di wilyah desa Umbulmartani yaitu dusun Kalisoro dan Ngemplak Asem. maka sumber data adalah kata-kata atau tindakan orang yang diwawancarai. Subyek penelitian diperlukan sebagai pemberi keterangan mengenai informasi-informasi atau data-data yang menjadi sasaran penelitian. sumber data tertulis dan foto. D. Sumber data (informan) bisa berupa orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah : 1. Waktu Penelitian Waktu penelitian untuk mengumpulkan data dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2015. Pengelola dan pelaksana yang merencanakan dan melaksanakan motor keliling TBM “Mata Aksara” Umbulmartani. C. Proses pengumpulan data dilakukan di TBM “Mata Aksara” dan Desa Umbulmartani Ngemplak Sleman Yogyakarta. E. Tempat dan Waktu Penelitian 1. Dalam penelitian ini. observasi dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Maksud dari pemilihan subyek ini adalah untuk menggali informasi mengenai dampak program motor keliling taman bacaan masyarakat “Mata Aksara” terhadap upaya peningkatan minat baca masyarakat desa Umbulmartani. Sumber Data Penelitian Sumber data dalam penelitian adalah subyek dari mana data diperoleh. Ngemplak. dokumentasi (arsip). Ngemplak. Yogyakarta. car free day jalan Jendral Sudirman dan desa Semoya Bantul.

Sleman. Metode pengumplan data dalam penelitian ini ada beberapa cara agar data yang diperoleh merupakan data yang sahih atau valid. lebih mendalam dan terperinci. Data dan informasi yang diperolah melalui pengamatan ini selanjutnya dituangkan dalam tulisan. yang merupakan gambaran yang sebenarnya dari kondisi pelaksanaan program motor keliling desa Umbulmartani. Wawancara Wawancara menurut Moleong (2005:186) adalah percakapan dengan maksud tertentu. Yogyakarta. yaitu pewawancara (interviewer) yang mengajukan pertanyaan dan yang diwawancarai (interviewee) yang memberikan jawaban atas pertanyaan itu. Percakapan itu dilakukan oleh 2 pihak. Metode ini digunakan untuk memperoleh data atau informasi yang lebih lengkap. b. 37 . maka dalam melakukan pengamatan dilaksanakan melalui observasi non partisipan terutama pada saat berlangsungnya kegiatan program. Dalam penelitian ini observasi dilakukan untuk mengumpulkan data mengenai Pelaksanaan Program Motor keliling Taman Bacaan Masyarakat “Mata Aksara” Desa Umbulmartani Ngemplak Sleman Yogyakarta. Metode yang digunakan meliputi : a. Ngemplak. Pengamatan (observasi) Pengamatan dilakukan sejak awal penelitian dengan mengamati keadaan fisik lingkungan maupun diluar lingkungan itu sendiri.

Sejarah Observasi Pengelola Bacaan . Persiapan Pedoman dan 38 . peneliti menggali sebanyak mungkin data yang terkait dengan masalah subyek guna mengumpulkan informasi mengenai persiapan. Dalam wawancara. Struktur Observasi Pengelola Aksara” daya organisasi manusia Sarana . Taman Profil . Tabel 1. Dokumentasi Metode dokumentasi ini merupakan metode bantu dalam upaya memperoleh data yang bersumber pada arsip yang ada. c. Ruangan Observasi. Pengelola Keliling . Letak Geografis Masyaraka . Tujuan dilakukan wawancara adalah untuk menggali informasi secara langsung dan mendalam dari beberapa informan yang terlibat dalam program Motor Keliling TBM “Mata Aksara”. Dalam hal ini menggunakan dokumen terdahulu misalnya berupa foto-foto kegiatan. Pengelola dan . Kejadian-kejadian atau peristiwa tertentu yang dapat dijadikan atau dipakai untuk menjelaskan kondisi didokumentasikan oleh peneliti. Perencanaan Observasi. Pada penelitian ini dilakukan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dalam Pelaksanaan Program Motor Keliling TBM “Mata Aksara” Desa Umbulmartani Ngemplak Sleman Yogyakarta. Data Data 1. catatan kegiatan dan berbagai informasi yang dipergunakan sebagai pendukung hasil penelitian. Metode Pengumpulan Data No Data Aspek Sub. Aspek Teknik Sumber . Motor Persiapan . Fasilitas Pedoman prasarana wawancara 2. Visi dan misi t “Mata Sumber . pelaksanaan dan dampak dari program motor keliling TBM “Mata Aksara”.

Instrumen Penelitian Instrumen pengumpulan data adalah alat bantu yang dipilih dan digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data di lapangan. Data utama diperoleh melalui subjek penelitian. G. Proses Observasi. sarana dan wawancara. Bahan pustaka . yaitu orang-orang yang terlibat langsung dalam kegiatan sebagai fokus penelitian. Faktor wawancara. Pelaksana prasarana dokumentasi . Sedangkan data pendukung bersumber dari 39 . g pengunjung dokumentasi . Pengelola an pelaksanaan Pedoman dan . Memberikan informasi dan referensi bahan bacaan . Memupuk Pedoman Pengunjun minat baca wawancara. Meningkatkan partisipasi berkelanjutan F. Manajemen waktu Pelaksana . Faktor penghambat . Teknik Analisis Data Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu data utama dan data pendukung. Pengembangan program Dampak . Instrumen untama yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan alat-alat pengumpul data lain seperti pedoman wawancara. pedoman observasi dan pedoman dokumentasi seperti kamera dan tape recorder. Pelaksana pendukung dokumentasi .

agar dapat melihat gambaran keseluruhan data atau bagian-bagian tertentu dari penelitian. memilih hal-hal pokok. 2. Reduksi data. Pengumpulan data sesuai dengan tema. Penyajian data. rekaman. disusun lebih sistematis.dokumen-dokumen berupa catatan. sehingga data dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang hasil pengamatan dan mempermudah peneliti dalam mencari kembali data yang diperoleh bila diperlukan. gambar. pelaksanaan dan pengambilan data mengenai dampak yang terjadi di masyarakat. 2001:112). Kaitannya dalam penelitian ini sumber utama yaitu manusia (pihak internal dan eksternal yang terkait dengan pelaksanaan program Motor Keliling TBM “Mata Aksara” desa Umbulmartani Ngemplak Sleman Yogyakarta) sedangkan sumber data tambahan adalah dokumentasi yang berkaitan dengan pelaksanaan program Motor Keliling desa Umbulmartani Ngemplak Sleman Yogyakarta. dengan merangkum. 3. Sedangkan data tambahan adalah dalam bentuk non manusia (Lofland dalam Moleong. Dengan demikian peneliti dapat menguasai data lebih mudah kebenarannya dengan cara memperolah data 40 . Sleman. Yogyakarta. pengumpulan data ini ialah mengenai pelaksanaan program motor keliling di Desa Umbulmartani. Adapun langkah-langkah analisis data adalah sebagai berikut: 1. atau foto serta bahan- bahan lain yang dapat mendukung penelitian ini. Langkah pengumpulan dimulai dari tahap persiapan. Sumber data utama dalam penelitian kualitatif ialah dalam bentuk kata- kata atau ucapan dari perilaku orang-orang yang diamati dalam penelitian ini. Ngemplak.

Data yang dikumpulkan diklarifikasi sesuai dengan sifat tujuan penelitian untuk dilakukan pengecekan kebenaran melalui teknik triangulasi. mengukur kedalaman hasil penelitian sebagai pelengkap apabila data dari sumber pertama masih ada kekurangan. Nasution (1992:116) menerangkan bahwa keuntungan menggunakan metode triangulasi ini adalah dapat mempertinggi validitas. itu dari sumber data lain. H. ketiga. misalnya dari pihek kedua. Keabsahan Data Untuk menetapkan keabsahan data diperlukan teknik pemeriksaan. Kesimpulan awal yang diperoleh segera diverifikasi dengan cara melihat dan mempertanyakan kembali kepada sumber data penelitian sambil melihat catatan lapangan agar dapat diperoleh pemahaman yang lebih tepat. akan berubah jika ditemukan bukti-bukti yang lebih valid dan konsisten. Kesimpulan merupakan hasil akhir reduksi data dan penyajian data serta peneliti melakukan uji kebenaran setiap makna yang muncul dari data yang diperoleh agar mantap dan benar-benar dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. kesimpulan awal yang dikemukakan masih bersifat sementara. Nasution (1998:12) menjelaskan bahwa teknik triangulasi merupakan salah satu cara dalam memperoleh data atau informasi dari satu pihak yang harus dicek kebenarannya dengan cara memperoleh data itu dari sumber data lain. ketiga. 4. dan seterusnya dengan menggunakan metode yang berbeda-beda. dan seterusnya dengan menggunakan metode yang berbeda-beda. Agar data yang diperoleh itu semakin dapat dipercaya maka data yang diperoleh tidak hanya dicari dari satu sumber saja 41 . misalnya dari pihak kedua.

42 . yang berbeda. Di samping itu. dokumen tertulis. dikategorisasikan. arsip. Selain melalui wawancara dan observasi. catatan atau tulisan pribadi dan gambar atau foto. Data dalam peneitian kualitatif dideskripsikan. Sebaliknya data yang diperoleh dari pengamatan juga dilakukan pengecekan lagi melalui wawancara atau menanyakan kepada responden. dan mana yang spesifik dari sumber yang ada. peneliti bisa menggunakan observasi terlibat. 2012: 127). Dasar pertimbangannya adalah bahwa untuk memperoleh satu informasi dari satu responden perlu diadakan cross check antara informasi yang satu dengan informasi yang lain sehingga akan diperoleh informasi yang benar-benar valid. Trianggulasi sumber dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber (Sugiyono. agar data yang diperoleh dapat lebih dipercaya maka informasi atau data yang diperoleh dari hasil wawancara dilakukan pengecekan lagi melalui pengamatan. Triangulasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah trianggulasi sumber data.tetapi juga dari sumber-sumber lain yang terkait dengan subyek penelitian. Informasi yang diperoleh diusahakan dari narasumber yang betul-betul mengetahui permasalahan dalam penelitian. Tujuan akhir trianggulasi sumber data ini adalah membandingkan informasi tentang hal yang sama yang diperoleh dari berbagai pihak agar ada jaminan tentang tingkat kepercayaan data. catatan resmi. mana pandangan yang sama.