You are on page 1of 12

TUGAS KELOMPOK

PENGETAHUAN BAHAN KONTRUKSI TEKNIK KIMIA DAN KOROSI

Dasar-Dasar Korosi dan Sifat-Sifat Korosi Bahan Logam

Disusun oleh :

Hariati Nur Khasanah (21030113060041)

Muthia Anisa (21030113060042)

Aulia Nur Adhia (21030113060043)

Nesi Ondita (21030113060044)

PROGRAM STUDI DIPLOMA III TEKNIK KIMIA

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS DIPONEGORO

SEMARANG

2014

Sebagai penghantar arus yang lemah atau kecil. Produk-produk korosi akan larut dalam air seperti besi klorida atau besi sulfat.( sumber : jbptunikompp-gdl-cecepwilia-29984-10- unikom_c-i) B. .→2Fe(OH)2 2Fe(OH)2 + H2 + 1/2 O2 2Fe(OH)3 . Mekanisme reaksi uap air di udara dengan logam sebagai berikut 4H2O → 4H+ + 4OH- 4H+ + O2 →2H2O Fe →Fe2+ + 2e 2Fe + 4H+ →2Fe2+ + 4H+ 2Fe2+ + 4OH2. yaitu berupa zat padat berwarna coklat kemerahan yang bersifat rapuh serta berpori.com/2013/03/14/korosi- dan-pencegahan/)  KOROSI Korosi adalah kerusakan atau degradasi logam akibat adanya reaksi oksidasi-reduksi antara suatu logam dengan berbagai zat di lingkungannya dan menghasilkan senyawa- senyawa / residu yang tidak dikehendaki yaitu karat. Pelarut.xH2O. Karena air berfungsi sebagai: . . Misalnya pada besi akan berwarna cokelat karena terjadinya besi hidroksida. Reaksinya bukan hanya antara logam dengan oksigen saja. Katalisator. . Elektrolit lemah. KOROSI DI LINGKUNGAN AIR Air atau uap air dalam jumlah sedikit atau banyak akan mempengaruhi tingkat korosi pada logam. PENDAHULUAN : PENGERTIAN KARAT dan KOROSI  KARAT Karat merupakan zat yang dihasilkan pada peristiwa korosi. Pereaksi. Contoh korosi yang paling umum adalah perkaratan pada logam besi atau baja. Besi akan cepat bereaksi dengan O2 dari udara sekitar bila ada uap air. tetapi juga dengan uap air yang menjadi reaksi elektrokimia. Rumus kimia dari karat besi adalah Fe2O3.wordpress. (sumber : http://hadiman88. sehingga dalam bahasa sehari-hari proses korosi biasa disebut perkaratan.A.

. Potensial redoks reaksi: O2 + H2O + 4e→ 4OH. PADUAN RENDAH  Karakteristik Baja Karbon Murni Yang dimaksud dengan baja karbon adalah baja yang hanya terdiri dari besi ( Fe ) dan karbon ( C ) saja tanpa adanya bahan pemadu dan unsure lain yang kadang terdapat pada baja karbon seperti Si. Pengaruh dari unsure diatas adalah sebagai berikut : 1.23 V.4 % dan untuk Mn adalah 0. E=1. C. Namun pada suhu yang lebih tinggi 600-650oC baja tahan karat akan terserang korosi dengan cepat. Kadar Oksigen Oksigen hampir ada dimana-man. P. . P hanyalah dengan prosentase yang sangat kecil yang biasa dinamakan impurities. Si dan Mn Biasanya kandungan paling banyak untuk Si adalah 0. pH Menurut penelitian Whitman dan Russel ternyata pH dari suatu elektrolit sangat mempengaruhi pada proses terjadinya korosi pada besi. 4Fe + 6H2O + 3O2 4Fe(OH)3 Korosi pada lingkungan air bergantung pada pH. . Kedua unsur ini tidak banyak berarti pengaruhnya terhadap sifat mekanik dari baja.8%. karena potensial redoks sangat tinggi maka oksigen dalam proses korosi akan terlebih dahulu akan direduksi oleh H+. Kelarutan O2 dalam larutan harus dikurangi oleh garam yang terlarut dalam larutan dan kelarutannya bergantung pada logam yang tercelup dan luasan permukaan logam tercelup serta temperaturnya. Demikian juga dengan penambahan kadar O2 dalam air maka akan mempercepat laju korosi pada logam. KARAKTERISTIK BAJA KARBON MURNI .5- 0. Misalnya pada baja tahan karat pada suhu 300-500oC bisa bertahan dari karat. Mn. Mn dipakai untuk mengurangi sifat rapuh panas dan mampu menghilangkan lubang-lubang pada saat proses penuangan/pembuatan baja. Pengaruh kondisi lingkungan yang berubah-ubah sangat mempengaruhi laju korosi. Pengaturan pH dilakukan dengan pembubuhan KOH pada air yang pH 6-14 dan pembubuhan asam pada 7-0. kadar oksigen dan temperatur. Seperti faktor-faktor berikut..

04 %.15 % memiliki sifat mach ability yang rendah dan biasanya digunakan untuk konstruksi jembatan. b. Penggunaan baja ini untuk pegas/per. Baja Karbon berdasarkan prosentase kadar karbonnya dikelompokkan menjadi 3 Macam. Baja Karbon Tinggi. dituang. Sulfur Prosentasi sulfur pada baja karbon 0. Karena kadar karbon yang sangat rendah maka baja ini lunak dan tentu saja tidak dapat dikeraskan. dapat ditempa. Prosentase phosphor pada baja paling tinggi 0. c.20 % untuk memperbaiki sifat mach inability nya yaitu supaya chips/tatal yang terjadi tidak sambung-menyambung melainkan dapat putus-putus. Penggunaan baja karbon menengah ini biasanya digunakan untuk poros / as. tetapi impact strength dan ductility nya turun.55 % . bangunan. a.55 sampai 0. dapat dilas dan mudah dikerjakan pada mesin dengan baik. mudah dilas dan dapat dikeraskan permukaannya ( case hardening ) Baja dengan prosentase karbon dibawah 0. tetapi pada baja karbon rendah prosentasenya 0. tetapi susah dai bentuk pada mesin dan sangat susah untuk dilas. Sulfur dapat mempengaruhi sifat rapuh – panas. dan lainnya. dan alat-alat pertanian. engkol dan sparepart llainnya. Kandungan karbon pada baja ini antara 0.25 % .70 % .  Paduan Rendah  jumlah unsur paduan < 10%  memiliki kadar karbon sama seperti baja karbon.2.25 sampai 0. Baja jenis ini dapat dikeraskan dan di tempering.15 – 0.08 %. 3. tetapi ada sedikit unsur paduan . Baja Karbon Menengah Kandungan karbon pada baja ini antara 0. Baja Karbon Rendah. Karena kadar karbon yang tinggi maka baja ini lebih mudah dan cepat dikeraskan dari pada yang lainnya dan memiliki kekerasan yang baik. Phosphor Phosphor dalam baja karbon akan mengakibatkan kerapuhan dalam keadaan dingin. Semakin besar prosentase phosphor semakin tinggi batas tegangan tariknya. Kandungan karbon pada baja ini antara 0.10 sampai 0.

10-12% Kromium(Cr). dan daya tahan terhadap korosi. yang berarti penambahan nikel pada besi paduan mempromosikan perubahan struktur kristal.5% Kromium untuk mencegah proses korosi (pengkaratan logam). ALUMUNIUM. 17%Cr.wikipedia. dimana sifat mekanik bajanya sangat tergantung dari kandungan unsur karbon (C). BESI TUANG.12% Karbon (C) dengan sedikit tambahan unsur-unsur Mo. Memiliki ketahanan korosi yang sangat tinggi. dimana lapisan oksida ini menghalangi proses oksidasi besi (Ferum). kekuatan fatik.org/wiki/Baja_tahan_karat) E. 2. katup dan fitting yang bekerja pada tekanan dan temperatur tinggi tetapi tidak cocok untuk kondisi asam. Nb. -Komposisi pada besi tuang. dengan penambahan unsur paduan. kekuatan dapat dinaikkan tanpa mengurangi keuletannya. Ni dengan kekuatan tekanan mencapai 927 Mpa dipergunakan untuk bilah turbin gas.com/2010/05/10/baja-karbon/ ) D. ketel uap.  Baja dengan pengerasan lanjut. 0. roda kereta api. V. Nikel digunakan sebagai unsur penstabil austenit. memperbaiki sifat kelelahan dan meningkatkan keuletan besi. Klasifikasi  12-14% Kromium(Cr). dan panas lebih baik  aplikasi : kapal. TEMBAGA. Dipergunakan untuk poros pompa. tangki gas (http://tehnikmesinindustri. BAJA NIR KARAT Baja tahan karat atau lebih dikenal dengan Stainless Steel adalah senyawa besi yang mengandung setidaknya 10.1 %. jembatan. Kemampuan tahan karat diperoleh dari terbentuknya lapisan film oksida Kromium.5% Ni.wordpress. NIKEL dan PADUANNYA  BESI TUANG Susunan besi tuang biasa serupa dengan besi kasar yang dihasilkan oleh dapur tinggi. (http://id.  Baja Kromium tinggi. . Jadi nikel digunakan untuk menaikkan kekuatan. Besi tuang biasa mengandung unsur-unsur sebagai berikut: Karbon : 3 – 4 % Silicon : 1 – 3 % Mangan : 0.5 – 1 % Belerang : < 0.  magnet tidak dapat menempel pada bahan stainless steel Stainless Steel (SS) adalah baja dengan sifat ketahanan korosi yang sangat tinggi di berbagai kondisi lingkungan. aus.

akibatnya besi menjadi keras dan rapuh. Jika didinginkan perlahan-lahan sementit terurai menjadi Grafit  Macam-macam besi tuang a. kalsium atau serium ke dalam cairan logam. Jika didinginkan dengan cepat karbon akan dipaksa jadi sementit yang keras. Bila besi tuang banyak mengandung sementit besi tuang menjadi rapuh dan sulit dimesin.Sifat-sifat kekuatan dan keliatan tinggi.Belerang (S) menstabilkan sementit sehingga menyebabkan besi menjadi rapuh. 5. 1.Mangan (Mn) mencegah panggrafitan dan menggalakkan kestabilan sementit dan larut didalamnya. e. Karbon yang berada dalam besi tuang berupa grafit atau besi karbid (sementit) yang rapuh. Besi tuang kelabu. Besi tuang cil Ialah besi tuang yang permukaannya terdiri dari besi tuang putih dan bagian dalamnya terdiri dari besi tuang kelabu. tahan aus juga tahan panas. Si. cenderung membentuk besi tuang kelabu dan membuat besi tuang mudah dimesin.Sifat-sifat permesinan diperbaiki. 4. Besi tuang inoculated. . Phospor : < 1%  Pengaruh unsur-unsur terhadap sifat-sifat besi tuang. Struktur besi tuang kelabu dapat dilihat pada gambar 2. Karbon berbentuk sementit yang keras sehingga besi menjadi keras.Namanya diambil dari warna bidang patahnya. Besi tuang putih. dengan penambahan mangan akan didapatkan struktur perlit dan grafit yang menguletkan & menguatkan besi.Namanya diambil dari warna bidang patahnya. Sifat mampu mesinnya baik. kalsium silikon yang dicam pus sebelum penuangan guna renghasilkan butiran-butiran halos. d.Pengaruh kecepatan pendinginan.3 b. 3. Struktur logam dapat dilihat pada gambar 2. Besi tuang grafit bulat. 2.Disebut juga besi tuang nodules.Silikon (Si) mempermudah pemisahan grafit. la membuat butir-butir halus yang perlitis dan mencegah pengendapan ferrit. Dibuat dengan jalan mencampurkan magnesium.Dibuat dengan menambahkan. Jika didinginkan dengan cepat karbon akan dipaksa jadi sementit yang keras. Karbon dalam keadaan bebas.4 c.Phospor (P) mengurangi kelarutan karbon dan memperbanyak sementit.

 ALUMUNIUM Aluminium merupakan salah satu unsur kimia dengan lambang Al dan nomor atomnya 13. biasanya di tambahkan0. Molybden Molybden akan memperbaiki sifat mekanik. b. dan kekerasan. f. Aluminium termasuk unsur yang sangat melimpah di kerak dibumi.25%%V akan menaikkan tensiule strength.Mengandung sedikit karbon silikon dan grafit bebasnya lebih kecil dibandingkan dengan besi tuang kelabu. Struktur sementit dari besi tuang putih berubah menjadi ferrit dan perlit serta karbon yang ditemper mengendap. tranverse strength. penambahan sedikit chrom akan menaikkan kekuatan. Tembaga Tembaga bertindak sebagai grafitisert. tapi kemmaampuannya hanya seperlima dari silikon. Besi tuang kelas tinggi. Chrom Chrom akan memperbanyak jumlah karbon yang terikat yaitu dengan membentuk karbida kompleks chrom-besi. kekerasan besi tuang menjadi lebih baikmencegah terjadinya Distorsi dan retak pada besi tuang. tahan aus. Vanadium Vanadium unsur pembentuk karbida yang sangat kuat. d. Sifat-sifat sangat baik jika dibandingkan dengan besi tuang kelabu tetapi harganya mahal. e. c.  Besi Tuang Paduan Besi tuang paduan adalah besi tuang yang mengandung satu atau beberapa unsur paduan dalam jumlah yang cukup untuk menghasilkan modifikasi terhadap sifat fisik maupun mekaniknya. dan menghallangibentukan grafit dengan menambah 0. Unsur paduan yang sering dipakai dalam grafitisasi: a. Nikel pada besi tuangh dimaksudkan untuk mengontrol struktur mikro yaitu dengan menghalangi tranformasi austenit. menstabilkan perlit dan mempertahankan jumlah karbida. tahan panas tapi machinabilitynya menurun. Besi tuang mampu tempa. .25-1.10-0.5% tembaga cendereung memecah karbidayang besar menjdai lebih halus dan akan memperkuat matrik. Aluminium termasuk logam golongan utama (IIIA) yang bersifat amfoter dan ringan bersama magnesium dan platina. dept of chill. kadar tembaga biasanya antara 0.25-2. tapi kekuatannya separuh dari silikon. g.Dibuat dari besi tuang putih yang dilunakan dengan heat treatment.25% dan pengaruhnya sama seperti terhadap baja. Nikel Nikel adalah unsur yang mendorong pembentukan grafit. kekerasan.

• Paduan Aluminium-Seng Paduan aluminium dengan seng merupakan paduan yang paling terkenal karena merupakan bahan pembuat badan dan sayap pesawat terbang. penambahan mangan akan meningkatkan titik lebur paduan aluminium. Bandingkan dengan aluminium dengan 1% magnesium yang memiliki kekuatan tensil sebesar 410 MPa namun memiliki elongasi sebesar 6% setiap 50 mm bahan. hal ini tidak menjadikan aluminium paduan dapat ditempa menggunakan panas dengan mudah karena korosi akan terjadi pada suhu di atas 60 oC.5% seng dapat memiliki kekuatan tensil sebesar 580 MPa dengan elongasi sebesar 11% dalam setiap 50mm bahan. di mana kebanyakan logam akan mengalami failure pada temperatur tersebut. Keberadaan magnesium juga menjadikan logam paduan dapat bekerja dengan baik pada temperatur yang sangat rendah. Selain itu. untuk kepentingan penempaan. Jika konsentrasi silikon lebih tinggi dari 15%.6% karena akan membentuk senyawa CuAl2 dalam logam yang menjadikan logam rapuh. paduan tidak boleh memiliki konsentrasi tembaga di atas 5. • Paduan Aluminium-Lithium Lithium menjadikan paduan aluminium mengalami pengurangan massa jenis dan peningkatan modulus elastisitas. Paduan ini memiliki kekuatan tertinggi dibandingkan paduan lainnya. • Paduan Aluminium-Magnesium Keberadaan magnesium hingga 15. Umumnya. setiap penambahan 1% lithium akan mengurangi massa jenis paduan sebanyak 3% dan . namun rapuh. hingga konsentrasi sebesar 4% lithium. • Paduan Aluminium-Mangan Penambahan mangan memiliki akan berefek pada sifat dapat dilakukanpengerasan tegangan dengan mudah (work-hardening) sehingga didapatkan logam paduan dengan kekuatan tensil yang tinggi namun tidak terlalu rapuh.35% dapat menurunkan titik lebur logam paduan yang cukup drastis. dari 660 oC hingga 450 oC. Aluminium dengan 5. Namun. • Paduan Aluminium-Tembaga Paduan aluminium-tembaga juga menghasilkan sifat yang keras dan kuat. Aluminium dan Paduan • Paduan Aluminium-Silikon Paduan aluminium dengan silikon hingga 15% akan memberikan kekerasan dan kekuatan tensil yang cukup besar. tingkat kerapuhan logam akanmeningkat secara drastis akibat terbentuknya kristal granula silika. hingga mencapai 525 Mpa pada aluminium paduan yang dihasilkan pada perlakuan panas.

Si memmberikan kemudahan dalam pengecoran. yang pada umumnya merupakan bagian dari mesin. Efek kehadiran Fe dalam paduan adalah berkurangnya kekuatan tensil secara signifikan. dengan X adalah paduan utama aluminium selain Fe. yaitu paduan titanium. Al. baik ketika pengelasan maupun ketika paduan berada di lingkungan yang panas.com/2011/01/aluminium-dan-paduannya-1.08% mengurangi kekuatan tensil dari 217 hingga 78 MPa. • Aluminium Paduan Cor Komposisi utama aluminium paduan cor pada umumnya adalah tembaga. Kehadiran besi umumnya terjadi ketika pengecoran dengan menggunakan cetakan besi yang tidak dilapisi batuan kapur atau keramik. Dalam paduan 10% silikon. • Paduan Aluminium-Besi Besi (Fe) juga kerap kali muncul dalam aluminium paduan sebagai suatu "kecelakaan". dan menambah skala Brinnel dari 62 hingga 70. namun diikuti dengan penambahan kekerasan dalam jumlah yang sangat kecil.5% (Zaki. silikon.1-0.html)  TEMBAGA Tembaga adalah suatu logam yang diambiil dari biji dasar pada Copperpryites (tanah tambang dimana tembaga bereakasi secara kimia dengan besi dan belerang = CuFeS2. ketahanan pada temperatur tinggi. Dalam pemurnian Tembaga untuk keperluan industri biasa terdapat unsur-unsur gas yang memberikan pengaruh terhadap berbagai sifat. Al-Cu memberikan keuntungan yaitu kemudahan dalam pengecoran dan memudahkan pengerjaan permesinan. Hal ini terjadi akibat terbentuknya kristal Fe- Al-X. Oksigen adalah : unsur yang penting yang berhubungan erat dengan kadar hidrogen dan belerang.941 Cal/cm derajat/ detik. dengan konsentrasi Sc antara 0. Paduan Al-Sc pernah digunakan sebagai bahan pembuat pesawat tempur Rusia. Serta logam ini mempunyai kemurnian pada hantaran panas dengan suhu 20 derajat (C) sebesar 0. . 2004). kekuatan. dan pemuaian yang rendah. Paduan ini semakin jarang diproduksi. • Paduan Aluminium-Skandium Penambahan skandium ke aluminium membatasi pemuaian yang terjadi pada paduan. karena terdapat paduan lain yang lebih murah dan lebih mudah diproduksi dengan karakteristik yang sama. 2003. dan lebih baik dibandingkan Al-Si karena memiliki ketahanan yang lebih tinggi hinggalogam mengalami deformasi plastis (elongasi). Al-Mg juga memberikan kekuatan. keberadaan Fe sebesar 2. Sifat pemuaian merupakan sifat yang penting dalam logam cor dan ekstrusi. peningkatan modulus elastisitas sebesar 5%. dan Schwarz. Namun aluminium-lithium tidak lagi diproduksi akibat tingkat reaktivitas lithium yang tinggi yang dapat meningkatkan biaya keselamatan kerja. dan magnesium. MIG. Namun konsentrasi lebih dari 10% dapat mengurangi kemudahan dalam pengecoran (http://bilangapax.blogspot.

Perunggu Bebas Seng : Perunggu bebas seng yang dinamakan juga perunggu timah.Selain itu teknik pembuatannya telah diperbaiki sehingga menyebabkan bahan kurang (ductile) dapat dipakai. . atau 20% Sn tanpa campuran tambahan lain. Perunggu dua zat (Al dan Ni) tahan korosi terhadap bahan kimia tertentu karena itu dipakai untuk perlengkapan kimia. d. Bahan itu dipakai terutama untuk bantalan-bantalan ( campuran tuang ). Aluminium (Al) dll. e. plat. Selain itu mempunyai daya luncur dan daya hantar yang baik untuk arus listrik. jadi tidak banyak dipakai kecuali di negeri-negeri yang kurang akan timah. yaitu perunggu tuang dari Cu ditambah 10%. Dipakai untuk profil-profil. timah putih Sn 22-44 % dan selain itu campuran tambahan lain seperti Seng (Zn). c. Tembaga membentuk larutan padat dengan unsur logam lain dalam daerah yang luas dan dipergunakan untuk berbagi keperluan. kawat.  Paduan Tembaga : Paduan Tembaga telah berkurang penggunaannya dari pada waktu yang lampau. Perungu ialah : paduan kepal atau paduan tuang yang tahan terhadap korosi. dan pipa yang dicanai dan ditarik. yaitu setinggi-tingginya 0. Timbel (Pb).5 % sampai setinggi-tingginya 10 % timah putih dan selain itu Fosfordalam persentase yang sangat kecil. Perunggu dan Seng : Perunggu seng ialah : perungu tembaga timah dengan tambahan seng 2 % . Perunggu : Perunggu mempunyai kadar tembaga Cu 70-78 %. Perunggu Aluminium : Perunggu Alumnium ialah : campuran tuang dan campuran kepal dari tembaga dengan Aluminium dengan besi dan bahan tambahan lain (perunggu dua zat). Telah mengurangi penggunaan paduan tembaga untuk beberapa kebutuhan. b. Harga tembaga yang meningkat dengan cepat. Sifat-sifatnya kurang baik. karena itu baja ringan kualitasnya baik yang sering digunakan. Selain itu pada bantalan harus mempunyai syarat-syarat tinggi untuk sifat luncur (14% Sn) dan unutuk bantalan-bantalan tekan dengan syarat tinggi untuk kekerasan (20 % Sn ). dan macam-macam paduan pada tembaga antara lain : a. Bahan itu digunakan untuk pentil yang harus mempunyai syarat tinggi terhadap korosi dan ketangguhan (10% Sn).3 % campuran ini dahulu dinamakan perunggu Fosfor. Perunggu Bebas Seng Paduan Kepal : Mempunyai 1.7 %. Perunggu Alumium tidak mempunyai fungsi lain dari perunggu bebas seng. ditambah lagi denga kenyataan bahwa kualitas bahan murah yang lain telah meningkat akhir-akhir ini. 14%. batang-batang.

f. dan besi) memiliki ketahanan listrik tinggi dan ketahanan yang tinggi terhadap oksidasi dan digunakan untuk elemen pemanas listrik. mereka juga dikenal sebagai paduan tahan suhu panas atau tinggi. dan dalam perangkat kapal laut. Perunggu Silikon : Perunggu Silikon baik sebagai paduan tuang maupun kepal mempunyai kadar (Si) 0. Nikel dan Seng (Zinc). nikel. Karena nikel mempunyai sifat magnetik. dan erosi pada temperatur tinggi. paduan nikel juga digunakan dalam aplikasi elektromagnetik. oleh karena itu.  Paduan Nikel Paduan nikel digunakan pada aplikasi temperatur tinggi (seperti komponen mesin jet.  Superalloy Superalloy sangat penting untuk aplikasi temperatur tinggi. kimia. superalloy diidentifikasi dengan nama dagang atau sistem penomoran khusus. . dan mereka tersedia dalam berbagai bentuk.  Nikel – Silver Nikel – Silver sebenarnya tidak mengandung unsur Silver. besi dan seng dalam bermacam-macam persenyawaan. Aplikasi utama dari superalloy adalah untuk mesin jet dan turbin gas. Cupoder yang mempunyai tahanan tarik dan kekerasan yang baik . koin. mangan. dan pembangkit listrik tenaga nuklir). kelelahan mekanis dan termal. Secara umum. Kebanyakan superalloy memiliki ketahanan suhu maksimum sekitar 1000o C dalam aplikasi struktural. Selain itu ada bahan-bahan tambahan dari timah. Invar dan kovar (paduan besi dan nikel) memiliki sensitivitas yang relatif pada suhu rendah. Nikel Silver mengandung kadar Tembaga antara 55 % sampai 68 % dan paduan dengan kadar Nikel antara 10 % hingga 30 % banyak digunakan dalam pembuatan sendok dan garpu.200o C untuk komponen bantalan non beban. Suhu dapat setinggi 1. dan industri petrokimia. Sebagian dapat dijadikan misalnya. Aplikasi lain mesin torak. Superaloy umumnya memiliki ketahanan yang baik terhadap korosi.5%-4. Nichrome (paduan nikel. seperti solenoida. alat-alat dan cetakan untuk perlakuan panas logam. kromium. mesin roket. nuklir.5%. dalam penanganan makanan dan peralatan pengolahan kimia. Komposisinya terdiri atas Copper. Semua paduan dari jenis ini dapat dikerjakan atau dibentuk dengan pengejaan dingin (cold working). roket. akan tetapi dengan meminimalkan tingkat kemurniannya paduan ini juga memungkinkan untuk pengerjaan panas (hot working). penamaan ini dikarenakan penampilan dari paduan ini menyerupai silver. rambatan. getaran mekanik dan termal.  Hastelloy Hastelloy (paduan nikel-kromium) memiliki ketahanan korosi yang baik dan kekuatan tinggi pada suhu yang tinggi.

balap mobil. TITANIUM dan BAHAN PADUAN KHUSUS  Titanium Titanium (Ti). Baja paduan semakin banyak digunakan. Si. high strengtht-to- weight ratio dari titanium dan ketahanan korosi pada suhu ruangan dan peningkatan membuatnya menarik untuk aplikasi termasuk pesawat. kimia. Ni.(http://ferdymp.  Bahan Paduan Khusus Baja dikatakan padu jika kompesisi unsur-unsur paduannya secara khusus. mesin jet. ditemukan tahun 1791. Walaupun mahal. Mo. hulls kapal selam dan biomaterial. bukan baja karbon biasa yang terdiri dari unsur silisium dan mangan. .Unsur yang paling banyak digunakan untuk baja paduan. dan komponen laut. nama dewa Yunani raksasa Titan. tetapi tidak secara komersial diproduksi sampai tahun 1950-an.Mn. Paduan titanium telah dikembangkan untuk layanan pada 550˚C (1000˚F) untuk jangka waktu yang lama dan hingga 750˚C (1400˚F) untuk periode yang lebih pendek. W.com/2012/11/v-behaviorurldefaultvmlo.blogspot. yaitu: Cr. seperti alat prostetik. Al.html) F. Cu. Ti. Nb dan Zr. petrokimia.