You are on page 1of 33

MAKALAH KEWIRAUSAHAAN

“TEORI INSPIRASI DAN PELUANG BISNIS”

Dosen Pengampu: Yuliani S.E.,M.M

Oleh:

1.

Arum

Fajarwati

(1413206007)
2. Nur Latifah (1413206033)
3. Paulus Tede Bethan (1413206035)
4. Susi Handayani (1513408003)
5. Sendi Ayu Aprilia (1513408004)

PROGRAM STUDI D3 ANALIS KESEHATAN DAN S1 FARMASI

STIKes KARYA PUTRA BANGSA

TULUNGAGUNG

2016

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena
dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat
menyelesaikan makalah tentang “TEORI INSPIRASI DAN PELUANG
BISNIS” ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan
juga kami berterima kasih kepada Ibu Yuliani selaku Dosen mata kuliah
Kewirausahaan Stikes Karya Putra Bangsa yang telah memberikan

tugas ini kepada kami.

Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah

wawasan serta pengetahuan kita mengenai pentingnya peranan ilmu

kewirausahaan untuk memperoleh inspirasi dalam berwirausaha dan menciptakan

peluang bisnis.

Harapan kami semoga makalah ini dapat bermanfaat dengan menambah

pengetahuan dan pengalaman serta wawasan bagi para pembaca. Untuk ke

depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar

menjadi lebih baik lagi.

Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa dalam makalah ini terdapat

kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya

kritik, saran dan usulan dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Tulungagung, 8 Maret 2016

Penyusun

DAFTAR ISI

JUDUL i

KATA PENGANTAR ii

DAFTAR ISI iii

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang 1

1.2 Tujuan…………………………………………………………………….2

1.3 Manfaat…………………………………………………………………...2

BAB II ISI

2.1 Inspirasi: Dari Mana Timbulnya 3

2.2 Ide Bisnis Itu Bersumber Dari Sebuah Inspirasi 4

2.3 Indikasi Sumber Peluang 5

2.4 Dari Mana Seharusnya Memulai Menemukan Peluang Bisnis 11

2.5 Mulailah Menemukan Peluang Dari Minat, Bukan Melihat Orang Lain 12

2.6 Analisa Peluang Sebelum Diijadikan Bisnis 13

2.7 Menemukan Karakter Bisnis Dalam Diri 18

BAB III PENUTUP

3.1 KESIMPULAN………………………………………………………......31

3.2 SARAN………………………………………………………………......31

DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………….....32

Modal bisa di dapat dari berbagai cara misalnya dengan modal yang kita punya sendiri ataupun dengan pinjaman. . tetapi ada orang yang sulit menemukan peluang bisnisnya hingga membutuhkan waktu yang lama untuk memulai sebuah bisnis. Karena terkadang dalam berwirausaha kita tidak dapat memulainya sendiri baik karena kekurangan uang. BAB I PENDAHULUAN 1. Pemusatan perhatian yang begitu besar pada apa yang dikerjakannya menjadikan ia produktif. pengelolan maupun pemasaran. Berkat kekuatan atau drongan inspirasi itu serta kegembiraan yang diperoleh darinya. Didalam berwirausaha juga ada beberapa aspek yang menentukan berhasil tidaknya suatu usaha yang dijalankan. seseorang menjadi mampu memusatkan seluruh kekuatan rohaninya pada apa yang ia kejakan. Ternyata hal itu tergantung bagaimana cara ia menemukan inspirasi (Hendro. Pikiran yang diterangi ini mendorong orang yang bersangkutan menghasilkan banyak karya kreatif. 2011).1 Latar Belakang Banyak orang yang sukses menjadi wirausahawan dengan menciptakan bisnis yang baru dan baru lagi. Ini dikarenakan manusia mengalami suatu penerangan dalam pikirannya. maupun kreatifitas. Inspirasi adalah kondisi yang secara istimewa mendatangkan pelbagai bentuk kegiatan kreatif manusia. Oleh karena itu dibutuhkan juga suatu kemitraan atau hubungan sosial yang baik dalam berwirausaha. Diantaranya aspek modal. sumber daya.

Bagi Wirausaha Dapat dijadikan sebagai acuan untuk menghadapi persaingan dan memilih strategi yang tepat untuk menciptakan suatu usaha. Mengetahui sumber peluang bisnis dalam kewirausahaan 1. 2.2 Tujuan Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut : 1. Mengetahui tentang teori inspirasi dalam kewirausahaan 2.3 Manfaat Manfaat penulisan dari makalah ini adalah sebagai berikut : 1. 1. . Bagi Akademik Bagi mahasiswa adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai cara mendapatkan inspirasi dan peluang bisnis serta strategi yang tepat untuk menjalankan suatu usaha.

atau kesulitan yang ia hadapi di mana masalah tersebut belum terselesaikan hingga kini. BAB II ISI 2. memori. Berikut ini diuraikan beberapa sumber yang dapat memunculkan sebuah inspirasi yang layak Anda ketahui: 1. Faktor Internal.1 Inspirasi: Dari Mana Timbulnya Inspirasi itu ada di sekitar Anda dan datang atau tidak bergantung pada cara orang memandang sebuah kejadian yang dihubungkan dengan apa yang ada dalam benak dan pikirannya. yang ada dalam diri orang sebagai SUBJEK untuk menemukan sebuah inspirasi. Pengetahuan yan ia miliki b. Untuk itu. Pengalaman dari individu itu sendiri c. atau pengalaman yang dipunyai oleh seseorang dengan cara pandangnya dalam menyelesaikan sebuah masalah. Menyelesaikan masalah untuk mendapatkan inspirasi bisa berujung pada sebuah inovasi dengan kreativitasnya. latar belakang pendidikan. bisa disebutkan bahwa inspirasi itu muncul di saat terjadi konektivitas (pertemuan atau titik temu) antara pengetahuan. Faktor Eksternal yang dihadapi seseorang yang menjadi OBJEK untuk mendapatkan sebuah inspirasi bisnis yaitu: . antara lain: a. Pengalaman saat ini ketika melihat orang lain menyelesaikan masalah d. kejadian. Intuisi yang merupakan pemikiran yang tercetus dari individu itu sendiri 2.

a. Kebutuhan yang belum terpenuhi baik bagi dirinya atau orang lain. yaitu . d. maka diagramnya akan tampak seperti berikut ini: 2.2 Ide Bisnis Itu Bersumber Dari Inspirasi Inspirasi berasal dari kata inspiration dalam bahasa Inggris yang artinya ILHAM. bisa disimpulkan bahwa inspirasi (ilham) muncul dari berbagai gagasan dan pemikiran yang baik dalam memecahkan masalah. Kesulitan yang dihadapi sehari-hari c. Jadi. Munculnya sebuah ide untuk menemukan inspirasi sepertinya bisa didiagramkan. Pemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yang baru. b. sedangkan IDE berasal dari kata ‘IDEA’ dalam bahasa Inggris yang artinya GAGASAN atau PEMIKIRAN YANG BAIK. Ilham itu berasal dari faktor internal. Masalah yang ia hadapi dan belum terpecahkan serta terus menerus muncul mengganggunya.

Memiliki keunggulan bersaing (competitive advantage) dalam sebuah kompetisi (punya daya saing). 5. yaitu pengalaman yang dilihat/dialami. bila ide dan gagasan itu mempunyai nilai jual tinggi akan dihasilkan sebuah inspirasi yang akan berubah sebagai peluang. atau kesempatan yang muncul untuk dimanfaatkan bagi kepentingan seseorang baik dalam kehidupan sehari-hari atau dalam bisnis. Syarat ide itu harus bersifat nilai jual tinggi adalah: 1. 2. Peluang dalam bahasa Inggris adalah opportunity yang berarti sebuah atau beberapa kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian . Mampu memenuhi kebutuhan konsumen atau pasar. Namun. yaitu ide untuk memecahkan masalah. 2. Sumber-sumber inspirasi diawali dari munculnya sebuah inspirasi dari berbagai ide. Ada nilai uangnya atau bisa di nilai dengan uang. Munculnya sebuah ide adalah proses filtrasi atau pemilihan dari berbagai banyak ide dan gagasan yang berujung pada sebuah kristalisasi dari ide yang baik. Tidak bersifat sementara atau ada aspek waktu yang lama. 4.pengetahuan dan faktor eksternal. Apa maksudnya sebuah ide dan gagasan memiliki nilai jual tinggi? Maksudnya ialah ide dan gagasan harus sangat erat berhubungan dengan pasar.3 Indikasi Sumber Peluang Peluang itu bisa berasal dari sebuah inspirasi. Dari kedua sumber itu akan tercipta gagasan. ide. 3. Memenuhi aspek kreativitas dan inovasi yang bersifat solusi atau penyelesaian masalah dari kesulitan yang selama ini belum ada orang yang mampu menyelesaikannya.

2. b. Contoh sumber-sumber peluang yang berasal dari diri sendiri adalah sebagai berikut: A. c. Hobi Dari alasan yang dikemukakan di atas. tampak jelas bahwa bisnis itu . Oleh sebab itu. Diri sendiri Peluang yang paling potensial dan sangat besar rasio kesuksesannya itu bersumber dari dalam diri sendiri. Bisnis itu membutuhkan proses yang panjang dan bahkan bisa seumur hidup sehingga harus membuat Anda bahagia dan sukses.atau “moment”. maka bisnis Anda akan meraih kesuksesan dengan cepat. Kesuksesan bisnis itu adalah akumulasi dari kesuksesan dalam menaklukan kegagalan demi kegagalan hingga semuanya bisa terwujud. Jadi. kompeten dan cekatan dalam menjalankan bisnis Anda serta memiliki kemampuan yang cukup. jika Anda terampil. maka dari mana sumber peluang itu? Sumber peluang atau kesempatan itu berasal dari: 1.3. asal dari peluang itu adalah kesempatan yang terjadi dan berkembang menjadi ilham (ide) bagi seseorang. karena beberapa alasan berikut: a. Yang terpenting ialah bisnin itu bersumber pada apa yang Anda miliki.1 Sumber Peluang dan Bagaimana Mengembangkannya Bila asal dari peluang adalah sebuah kesempatan yang terjadi. bukan apa yang orang lain miliki (photocopy). Bisnis itu membutuhkan konsistensi dan komitmen yang tinggi sehingga kunci kesuksesannya adalah Anda mencintai pekerjaan atau bisnis tersebut.

Sebagai contoh: Pendiri dan pencipta search engine Google. ● Ketidaksempurnaan operating system yang ada dalam computer telah menimbulkan inspirasi untuk menciptakan DOS (Disk Operating System) yang kemudian berkembang menjadi Windows. B. Dari sebuah gang sempit yang bernama Caladi No. yaitu Larry Page dan Sergey Brin yang ahli matematika dari Stanford University menemukan peluang bisnis dari masalah dan kesulitan yang mereka hadapi. Mulailah dari bidang mana Anda merasa ahli di bidang itu. keahlian dalam mengelola bisnis akan mendorong kesuksesan bisnis. dan canggih. kecil.berasal dari hobi yang telah membuat seseorang sukses sebagai wirausahawan dan terbukti semakin berkembang. ia berpikir: ● Banyak orang mengalami kesulitan menggunakan mesin computer yang besar. inspirasi muncul saat teman- temannya tertarik untuk membeli hasil sablonan kaosnya yang dikira berasal dari luar negeri. b. disimpan di atas meja. Sebagai contoh: a. Sebagian besar orang ingin computer yang simple. Karena terlalu besar. yang memang hobi mengutak-atik computer. 59 yang hobinya menyablon kaos-kaos temannya. Inilah cikal-bakal peluang bisnis kaosnya yang sekarang terkenal dengan merek C59. terinspirasi oleh mesin mainframe yang baru diciptakan oleh IBM. Bill Gates. Keahlian Jelas. .

Perubahan yang terjadi . teman main. Untuk itu segera pahami cara memberdayakan peluang dari latar belakang pendidikan. dalam diskusi setiap harinya orang tua Anda sering menceritakan kesulitan-kesulitan bisnisnya. Saat Anda berkunjung ke warnet atau di mana pun Anda berada. seperti pergaulan. 3. Mengapa sumber ini sangat berpotensial dalam menemukan peluang emas Anda? Karena Anda sudah mengetahui. Lingkungan Banyak peluang dan inspirasi yang timbul justru dari lingkungan kita. Usaha orang tua Anda. dan memahami bidang yang Anda tekuni.kemudian temukan inspirasi peluang bisnisnya. c. dan lain-lain. teman sekolah. pengetahuan dan keahlian Anda. d. misalnya: a. tetangga. pengetahuan dan latar belakang pendidikan juga merupakan sumber awal dari mana Anda menemukan sebuah peluang. Hal itu bisa mendatangkan inspirasi bisnis bila Anda menghubungkannya dengan latar belakang pendidikan. 2. Kebiasaan Anda dalam rangka menuju sekolah. Lingkungan rumah Anda. Peluang dari pengetahuan dan latar belakang pendidikan Di samping sumber-sumber yang telah disebutkan di atas. hobi. mempelajari. lingkungan sekolah. C. dan lain-lain. b. perjalanannya.

mini marker. b. di sisi lain hal ini bisa menjadi ancaman bagi sector manufaktur dan industry (krisis bagi yang lain). perubahan kurs mata uang Rupiah (Rp) terhadap mata uang dolar Amerika (US $) mengakibatkan banyak barang impor mengalami kenaikan harga sementara barang local mengalami penurunan harga. Perubahan Peraturan Pemerintah: Pemerintah juga akan menimblkan ancaman bagi industry yang terkena dampaknya dan peluang bagi yang mampu ‘membacanya’ dan mendapatkan manfaatnya.Peluang terbesar yang sering muncul menjadi sebuah bisnis adalah perubahan yang terjadi di lingkungan. toko buku dan toko kelontong. Perubahan jumlah penduduk berarti mendorong perubahan permintaan kebutuhan keluarga. pembangunan perumahan yang baru di sekitar kompleks Anda mengakibatkan perubahan jumlah penduduk. Oleh sebab itu. e. Hal ini akan menciptakan peluang penjualan produk-produk baru. Contohnya adalah: a. servis computer. Begitu pula dengan perjanjian perdagangan bebas China dan negara ASEAN (ACFTA). timbul peluang untuk mendirikan usaha baru dalam memenuhi permintaan tersebut. transportasi dan lain-lain. Namun. kebutuhan rumah tangga. c. Perubahan gaya hidup. Perubahan musim. bisnis renovasi. Perubahan lingkungan: Misalnya. . seperti bisnis bengkel. d. Perubahan global: Misalnya.

gaya hidup. dan lain- lain. Hal ini mendorong meningkatnya permintaan akan kebutuhan entertainment. b. Gagasan orang lain Seperti halnya suara konsumen. gagasan orang lain (bisa karena keluhan- . 5. 4. Perubahan tingkat kebutuhan tentang kesehatan. Konsumen Suara konsumen itu penting karena sering menciptakan gagasan beru dalam memperbaiki produk yang ada dan peluang bagi yang akan mendirikan usaha baru. Keluhan-keluhan dari konsumen. asuransi. Permintaan khusus dari konsumen dan calon konsumen. pola makan masyarakat pada umumnya. e. h. Munculnya system penjualan online (toko online). bengkel. Suara-suara konsumen yang bisa menciptakan peluang baru adalah: a. asesoris. Saran-saran dari konsumen. c. Perubahan jumlah pertumbuhan kendaraan yang akan memunculkan peluang sparepart. f. Perubahan teknologi informasi dan komunikasi seperti kemajuan teknologi mobile phone (HP) dan interner. Angan-angan yang diimpikan oleh konsumen tentang produk atau jasa tertentu. g. i. Harapan dari konsumen terhadap produk atau jasa. d. Perubahan tingkat tekanan pekerjaan yang semakin tinggi (berat).

Bagi orang yang mendengarnya. Mendapatkan informasi tentang produk baru yang sedang trend dan mengetahui cara membelinya. informasi baru bisa berguna untuk dijadikan sebagai peluang bisnis karena informasi tersebut memiliki konektivitas dengan pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki. bagi orang-orang tertentu informasi baru itu tidak bermanfaat karena informasi tersebut tidak memiliki konektivitas dengan pengetahuan dan pengalaman. keluhannya) yang bersifat orisinil akan memunculkan sebuah peluang bisnis yang baru pula. Informasi tentang kebutuhan produk tertentu dan Anda tahu di mana produk itu ada atau diproduksi. Informasi yang diperoleh Dalam perjumpaan dengan orang lain terkadang kita mendapatkan informasi baru. b. Namun. c. sedangkan di kota lain belum ada produk tersebut tetapi iklannya sudah di dengar oleh masyarakat di sana. Informasi tentang kebutuhan produk yang harganya lebih mahal daripada di tempat lain untuk produk yang sama. 2. Ini juga sebuah peluang karena selisih harga. .4 Dari Mana Seharusnya Memulai Menemukan Peluang Bisnis Saat kita berkeinginan untuk menjadi seorang wirausahawan kita pasti akan dihadapi pertanyaan: “Dari mana seharusnya memulai untuk menemukan sebuah peluang”. Contohnya adalah: a. 6. Ini berarti sebuah peluang karena kemampuan konektivitas. Jawabannya adalah mulailah dari apa yang menjadi minat Anda.

5 Mulailah Menemukan Peluang Dari Minat.Namun. Kemudian Anda harus menguasai BANGSA PASARnya agar peluang Anda memiliki nilai jual yang tinggi guna memenuhi kebutuhan pasar yang kosong. Bukan Melihat Orang Lain Agar Anda sukses dalam mengubah peluang menjadi sebuah peluang. harus berhati-hati. Jika Anda senang memasak. 2. sebaiknya Anda berbisnis restoran. apakah ia harus berbisnis mainan? Atau menjadi kolektor mainan? Semua tergantung pada minat Anda senang melihat barang unik dan lucu atau senang berjualan barang yang unik dan lucu. Jadi. Contoh: Orang yang suka mengoleksi mainan yang lucu-lucu. hal itu jangan menjadi kunci utama kesuksesan bisnis sehingga Anda langsung menyatakan bisnis Anda pasti sukses. hobi adalah cara untuk membuat Anda mencintai bisnisnya. diri Anda adalah pijakan awal untuk menemukan peluang bisnis Anda. Anda harus memulainya dari MINAT anda. bisnis restoran bergantung pada cara Anda membentuk bisnisnya. Jadi. bila itu hanya hobi. teman ataukah sekedar hobi saja? Jadi. Dengan memiliki minat disektor bisnis yang tepat dengan sebuah INDUSTRI maka itulah yang disebut BISNIS. Langkah pertama: TEMUKAN DARI MANA ANDA MULAI . apakah itu sebuah minat untuk berbisnis atau sekedar membuat makanan yang enak saja buat orang lain. Rasa adalah kunci utamanya. Apakah Anda senang memasak atau ahli memasak. tetapi bila hanya senang membuatnya saja itu perlu hati-hati dan Anda perlu mencari orang pintar memasak untuk mewujudkannya.

anda harus . maka mulailah melakukan riset dan trial untuk menemukan kekuatan peluang anda disegmen yang tepat. Langkah keempat: EVALUASI DAN PERDAYAKAN PELUANG ANDA MENJADI PRODUK (BISNIS) Sebagai langkah terakhir untuk memanfaatkan peluang anda yaitu dengan mengevaluasi dan menganalisa faktor keberhasilan dan faktor kegagalan peluang bisnis anda dan kembangkan menjadi sebuah produk untuk memulai bisnis yang potensial. 2. Langkah kedua: TEMUKAN DISEKTOR MANA ANDA MASUK Kekuatan peluang itu bertumpu pada kekuatan sektor bisnis yang tepat sehingga anda arus benar-benar memilih yang sesuai minat anda dan kekuatan sebuah bisnis yang tepat adalah kekosongan pasarnya.MENENTUKAN SEBUAH SUMBER PELUANG Anda tahu bahwa sumber peluang yang paling potensial adalah diri anda dan salah satu pijakan awalnya adalah minat anda.6 Analisa Peluang Sebelum Diijadikan Bisnis Untuk membuat peluang anda menjadi sebuah peluang emas. Mengapa? Karna produk itu tidak akan laku dipasaran( tidak memenuhi kebutuhan dan tren pasar). Langkah ketiga: PERDAYAKAN KEKUATAN PRODUK ANDA AGAR PUNYA NILAI JUAL Jika peluang yang bagus untuk mengisi kekosongan pasar tidak mempunyai nilai jual yang tinggi. Hal ini merupakan sebuah proses yang sangat penting dari tahapan diatas. maka peluang itu hanyalah sebuah impian. Setelah anda mengetahui pijakan awal anda.

Ciri-ciri peluang bisnis yang baik adalah. c. perubahan arah persaingan dan kebutuhan pelanggan . Tidak bersifat momentum (kejadian sesaat) atau bersifat musiman (seasonal). Peluang itu orisinil bukan tiruan. Bisnis yang dibangun adalah bisnis yang potensial atau memiliki nilai jual yang tinggi. 1. b. Tidak menjadikan bisnis itu hanya sebuah ambisi pribadi semata tetapi sifatnya nyata. Bisa ditingkatkan skalanya menjadi skala industri.menganalisa peluang tersebut. a. pesaing. d. Bisnis yang hanya meniru bisnis orang lain hasilnya belum tentu sama dengan bisnis yang ditiru terseut. Bisnis itu mempunyai aktu bertahan yang lama dipasar. e. Tingkat vasibilitas (kelayakan usaha) benar-benar . Sejauh mana tingkat kesuksesan dan kegagalan dipasar sangat tergantung pada pengintegrasian keempat hal yaitu persaingan. Hal ini disebabkan karna kondisi dan situasi yang telah terjadi dan yang akan terjadi belum tentu sama. Jadi bisnis bukan mesin fotokopi. b. f. d. agar peluang anda bisa bertahan lama. bisnis yang sukses itu bukan hanya meniru bisnis orang lain. Dalam arti peluang itu bisa terus ditingkatkan nilai jualnya serta bisa terus diinovasi ( continuous improvement business). Peluang itu harus bisa mengantisipasi perubahan persaingan dan kebutuhan pasar dimasa mendatang. a. Benar-benar sesuai dengan ’minat’ atau ada ‘link’ dengan siapa AKU. Tidak akan mengahabiskan modal (uang) anda karena terlalu besar investasinya. Ciri-ciri bisnis yang potensial itu adalah. c.

c. teruji. Mengikuti tren ( kecendrungan) perubahan pasar. mengapa orang enggan membeli. f. Anda yakin bisa mewujudkannya dan sukses untuk menjalankannya. Apa tinggi atau rendah? ♦ Seberapa besar tingkat kontinuitas kebutuhan akan produk tersebut? ♦ Mengetahui alasan. g. f. Berawal dari uji tes pasar dan uji coba(trial) seperti. untuk itu perlu dilakukan riset dan uji coba dipasar. dan menggunakan jasa atau produk anda? d. Dalam arti tingkat vasilitasnya telah diperhitungkan dengan waktu saat diluncurkan di pasar. . Faktor-faktor keberhasilan peluang usaha untuk menjadi keberhasilan usaha Tahapan ini merupakan tahapan penting dalam mengidentifikasi faktor- faktor keberhasilan sebuah peluang usaha agar bisnis anda berhasil. memakai. 2. e. Mengikuti dan memenuhi kebutuhan dan keinginan memenuhi konsumen. bukan tiruan. ♦ Seberapa besar tingkat kebutuhan produk (peluang emas ) anda dipasar. Bisa terus menerus diinovasi dan ditingkatkan kualitasnya. a. g. Peluang itu memenuhi peluang bisnis anda yang baik. Bersifat ide kreatif dan inovatif bukan tiruan dari orang lain. b. e. Faktor-faktor keberhasilan sebuah peluang adalah. Resio kegagalan tidak besar saat pertama kali dimulai. Peluang itu berasan dari benang merah antara AKU – BISNIS – PASAR – PRODUK. Anda senang menjalankannya dan benar-benar suka akan bisnis tersebuat.

faktor itu adalah. Merupakan alternatif terbaik dari peluang-peluang yang ada. . Kebutuhan pasarnya tidak menoton dan musiman sehingga bersifat jangka pendek.BISNIS- PASAR-PRODUK. Faktor.istilahnya NADO (not action dream only ) atau NAPO (not action plan only) d. tingkat akurasi peluang terhadap PASAR tidak tepat sehingga menyebabkan produk itu tidak laku dipasar f. Tidak ada benng merah antara AKU. Kebutuhannya tidak kontinyu. g. h. i. Peluang itu sudah ‘kadaluwarsa’ atau telah ada orang yang memulai bisnis tersebut. Jadi. Waktunya sudah lewat. Faktor kegagalan sebuah peluang usaha yang gagal dijadikan bisnis Banyak inspirasi yang bagus dan brilian. h. a. Tidak segera mengambil keputusan untuk memulainya sehingga peluang itu lewat begitu saja. namun kadang inspirasi tersebut gagal dijadikan sebuah bisnis atau gagal saat diluncurkan untuk menjadi produk atau jasa yang ingin ditawarkan kepada calon pelanggan. Daya beli rendah. terjadi perubahan kebutuhan atau muncul teknologi baru yang telah membuat peluang produk atau jasa itu out of date e. artinya hal itu hanya sekedar persepsi anda yang menyatakan bahwa peluang tersebut sangat potensial lalu segera dilaksanakan begitu saja. b. Survei pasar tidak akurat. Untuk itu perlu diketahui faktor-faktor kegagalan peluang usaha agar bisa meminimalisir resiko usaha. 3. Mudah ditiru dan dibuat orang lain. c.

ATMI: Amati. tiru. peluang yang bersifat bisnis harus dimanfaatkan. Contohnya adalah: ➢ Menjadi yang terbesar ➢ Menjadi yang terlengkap ➢ Menadi yang tercanggih ➢ Menjadi yang tercepat ➢ Menjadi yang teringan ➢ Menjadi yang terbaik ➢ Make your product be a specialist. Pemilihan alternatif ide-ide bisnisnya salah(bukan terbaik) Untuk itu. Untuk itu. 3. Tingkat kebutuhan kecil. Oleh sebab itu.lebih ringan. 1. produk anda adalah produk yang khusus dan anda menjadi specialist. dan dikembangkan. menjadikannya sebagai yang pertama. ● Bengkel khusus motor bebek ● Bengkel khusus vespa ● Restourant bebek malang ● Pakaian tidur paling lembut ● Pakaian pengantin ● Servis komputer’laptop only’ . penting sekali kita melalukan survei (riset). dan improvisasi. Contohnya.lebih enak.diberdayakan. j. Peluang yang baik itu adalah peluang bisnis yang pertama kali anda lakukan sebelum orang lain lakukan.lebih kecil. k. modifikasi. dan lain-lain. 2. Setelah anda melakukan survei dan riset. Artinya dicoba dulu tetapi cetakan dalam mengambil keputusan dengan menggunakan strategi dn analisa yang baik. maka salah satu jalan untuk memperdayakan peluang anda adalah strategi ini (ATMI). Make it better: membuat peluang anda menjadi lebih baik lagi setelah survei pasar. misalnya menjadi lebih cepat. Make it one. strategi ini akan menjadi pilihan terbaik.

unik. B. Banyak orang didalam memulai sebuah usaha meniru bisnis orang lain. namun hal itu tidak menjamin anda juga akan sukses karena anda bukan dia. A. kondisi. yaitu extrovert dan introvert. “Be yourself”. dan situasi. sedang introvert adalah orang-orang yang cenderung senang mendengar dan memahami orang lain . Clonner: meniru habis tetapi merek berbeda. 2. HAKI( hak atas kekayaan intelektual) . Mulailah segala hal dari diri anda sendiri.7 Menemukan Karakter Bisnis Dalam Diri Banyak pengusaha dan pembisnis muda mengawali bisnis mereka dari posisi yang salah atau tidak tepat. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan karakter atau personalitas. 4. Memahami karakter bisnis anda Berdasarkan cara berkomunikasi (pergaulan). tetapi harus hati-hati mengingat ada unsur hak paten . Jangan menjiplak gaya orang lain karena itu tidak benar Setiap orang mempunyai kekuatan yang berbeda. dan yang seing terjadi adalah mereka gagal. atau tuntutan dari pihak yang ditiru. Apapun kata orang. Anda mungkin memulai dengan melihat orang lain yang telah sukses di bidang tertentu. Cara ini dilakukanoleh orang lain. janganlah anda melihat bahwa bisnis orang lain yang sukses bisa ditiru dengan mudah seperti mesin fotokopi. Extrovert adalah orang-orang yang cenderung suka berbicara (telling-assertiveness). dan bisnis anda bukanlah bisnisnya. manusia itu digolongkan menjadi dua. dan tidak sama.

advocator. bosan. Facilitator Seorang facilitator mempunyai ciri-ciri: ▪ Bekerja karena pengakuan (ingin menjadi orang penting) ▪ Kurang waspada akan hasil akhir ▪ Mencari pengaruh ▪ Tenaga ahli-pekerja kuat ▪ Cenderung menghindari risiko (avoid the risk) 3. ▪ Menyukai tantangan. 1. tidak begitu suka berbicara.(listening-acceptiveness). ▪ Dalam melihat resiko bersifat “spekulatif”. manusia digolongkan juga menjadi dua. ▪ Orientasi hasil-memiliki kemauan yang keras.cepat. dan analitic (Hendro. Berdasarkan pola pikir dan respon dalam berpikir. 2011). Dalam dunia bisnis. orang yang receptive (feeling). Advocator Seorang advocator mempunyai ciri-ciri: ▪ Relationship kuat ▪ Extrovert . yang juga mengakibatkan empat personality yang berbeda pula. 2. facilitator.strategic thinker) mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: ▪ Pembawaanya kuat-dominasi kuat. menganalisa. yaitu controller. suka variasi. orang yang responsif (thinking) dan empatic.praktis. sistem dan aturan jelas. dan bertindak terhadap suatu hal. ▪ Populer-ambisius. yaitu logic. ada empat jenis tipe personality manusia. Controller Seorang controller (leader. bersedia bekerja keras.

dan perfeksionis ▪ Dalam melihat resiko bersifat “calculatif” (memperhitungkan untung ruginya terlebih dahulu). yaitu: C. Jenis bisnis berdasarkan karakter kuat seseorang Ada empat jenis karakter kuat yang merupakan penggabungan dua jenis karakter manusia. yaitu: 1. pemikir. semau gue ▪ Ramah dan simpatik ▪ Konsultan kuat ▪ Dalam melihat resiko bersifat “consultative” (menentukan keputusan setelah melihat pertimbangan orang yang dianggap dekat ) 4. perenung ▪ Pendiam. hati-hati. Perorganisasi (facilitator-analytic) Bila Anda adalah pemikir. formal ▪ Teliti. dan biasanya memiliki ambisi yang kuat . Anda cenderung menyukai diri Anda sebagai strategic thinker (leader). Biasanya faktor ini berpengaruh pada cara pandang anda dalam berfilosofi tentang enterpreneurship. ▪ Pandai bergaul ▪ Tidak berambisi kuat ▪ Easy going dan pemimpi. bimbang ▪ Introvert. Pembicara (controller-advocator) 3. Pencipta (advocator-facilitator) 4. Dalam dunia bisnis. Analytic Seorang yang bertipe analytic mempunyai ciri-ciri: ▪ Konvensial. Pemikir (analytic-controller) 2. membatasi diri. susah bersosialisasi. pemikir.karakter kuat yang dimiliki seseorang didalam memandang dan menilai suatu resiko serta tantangan merupakan faktor yang sangat pentingdidalam menentukan karakter bisnis dan cara memulai sebuah bisnis.

dan kemampuan anda. dan anda hanya selangkag lagi untuk menjadi “smart and good enterpreneur”. didalam memulai usahanya. dan itu mutlak diperlukan oleh seorang enterpreneur.untuk menjadi enterpreneur. maka hal penting yang harus Anda lakukan ialah memilih acuan bisnis Anda. Lalu. Rasio kesuksesan sebuah bisnis Ketika Anda sudah memutuskan dan mengevaluasi karakter bisnis dan peluang Anda. Berdasarkan pengalaman kami. hobi. pemikiran yang berlian. “match” –kan dengan karakter bisnis dan pasar yang anda sukai lalu temukan produk yang mempunyai nilai jul tinggi. kuasailah pasarnya. Namun. tinggal membentuk “business team skill”-nya saja. Anda juga menyenangi untuk kerja yang profesional. leader. team. Untuk lebih . D. prosentase kesuksesan Anda ditentukan juga oleh dasar Anda memilih suatu bisnis. Sekarang. Bagaimana kalau Anda adalah seorang perorganisir (faciliator) yang hebat? Jelas anda mempunyai managerial skill. Yang anda butuhkan adalah seorang pemikir dan pekerja hebat (spesialis) untuk mewujudkan intuisi-intuisi anda yang tajam dan kreasi anda yang kuat. Yang tinggal anda butuhkan adalah seorang pekerja dan leader untuk mewujudkan impian anda. maka ambisi menjadi seorang enterpreneur ada. pengalaman. Anda masih memerlukan seorang perorganisir yang kuat. dan juga gayaa seorang enterpreneur. Jika Anda seorang pencipta (advocator). hanya saja anda takut untuk memulainya. anda memiliki segudang kreativitas. yaitu seorang facilitator. dan motivator yang kuat. Jika Anda termasuk seorang pembicara atau pekerja keras. sesuaikan dengan skill.

“langkah awal mempengaruhi langkah akhir” pertandingan banyak diakhiri dengan kekalahan karena anda tidak dapat mengenal siapa diri Anda dan . tetapi Anda bisa akan lebih sukses bila memilih berbisnis dengan prosentase yang besar. langkah pertama setelah anda memutuskan untuk memulai berwirausaha sebagai jalan hidup anda dengan menggali: “explore your personality strength style”. Prosentase di atas tidaklah akurat. maka alangkah baiknya jika Anda kemudian memilih bisnis dengan acuan “sources” perlu disesuaikan dengan kondisi dan keinginan anda. DASAR MEMULAI BISNIS RASIOPERSENTASI KESUKSESAN Keahlian dan pengalaman 60% Hobi dan kesuksesan 40% Melihat bisnis orang lain. Pepatah mengatakan. Pengusaha sering gagal karena mereka memulai bisnisnya dari ketidaktahuan kekuatan mereka! Jadi. mengamati secara langsung 35% Membentuk “Business Skill” yang solid 40% Setelah Anda memperhatikan hal-hal diatas. mengamati. lalu meniru 20% Kebiasaan sehari-hari 35% Inovasi sendiri. menemukan. lalu memasarkannya 25% Ikut-ikutan orang lain.jelasnya perhatikan label dibawah ini. yang mana yang cocok bagi anda.

Experiences dan keahlian (43% sukses) Saat seseorang bekerja beberapa tahun. anda bisa konsultasi dengan orang tersebut dan ikut-ikutan dari awal serta langsung mencoba sendiri dengan produk yang juga sama atau berbeda. Hasil survei di Amerika Serikat didalam buku The Origin of Enterpreunership menyebutkan bahwa kesuksesan bisnis yang diawali dengan hal-hal dibawah ini mempunyai tingkat kesuksesan yang berbeda. tergantung berapa lama ia bekerja dan skill yang dimilikinya. nilai kesuksesanya akan lebih tinggi di bandingkan dengan pabila ia membuka usaha yang lain aatau tidak sejenis. Kemungkina ia sukses sangat besar.. Kita telah mempelajari dan melihat “personality STYLE” kita untuk melihat jenis bisnis mana yang bisa kita masuki. seorang kepala proyek bangunan yang adalah seorang sarjana teknik sipil yang sudah berpengalaman kemudian membuka usaha jasa kontraktor sebagai subkontraktor di perusahaanya atau dengan perusahaan lain. Environment dan usaha sendiri setelah melihat dan mengamati orang lain memulai usahanya (15% sukses) Bila anda adalah seorang yang ingin memulai usaha. serta keahliaan dan teknologi sehingga apabila membuka suatu usaha yang sejenis. Dengan melihat orang lain membyka usaha dari awal. maka cara ini juga tidaklah buruk. Cara ini berhasil apabila orang yang dilihat dan diamati mau membuka teknik-teknik dan data-data kepada . pasar dan jaringan. ia menguasai data. 2. tetapi bingung harus memulai darimana . 1. Misalnya.dimana Anda berada. pengalaman.

5. dan periset ulung (7% sukses) Cara menemukan peluang seperti ini sangat lama dan memerlukan ketekunan yang tinggi serta keteguhan hati. desainer. Tetapi. Menemukan bisnis karena hobi. Yang kaya adalah orang yang mampu membaca peluang dan yang mempuyai “selling skill” yang kuat. saudara dan orangtua. Biasanya. Graham Bell. banyak penemu hebat yang lahir. dan lain- lain. Hanya merekalah yang sukses karena didukung oleh skill atau kemampuan entrepreneur skill. orang tersebut adalah seorang teman akrab. Yang penting adalah bahwa selalulah inovatif. kegemaran tertentu (30% sukses) Hobi anda bisa mengambilkan peluang bisnis. Galelio. atau anda akan “mati”. Thomas Alfa Edison. 4. seperti Sir Isaac Newton.anda. kesuksesan. tetapi bila tidak di dukung dengan “skill” bisnis yang kuat. tetapi membutuhkan usaha yang kuat dan keras. Penemu. Wright bersaudara. masalah muncul pada saat pesaing baru segera mengikuti anda. Saat era revolusi industri. 3. hanya sedikit dari mereka yang mempunyai “sense of business”. maka hobi tinggallah hobi dan mimpi. tenaga ahli. Tetapi. Menemukan peluang dan perubahan yang menimbulkan inspirasi peluang yang belum terisi oleh orang lain Isilah kekosongan dan jadilah yang pertama (intuitif) -11% sukses. Pilihan ini bisa sukses. Contoh: ●Hobi mengoleksi selendang-buka butik ●Hobi menjahit-buka konveksi . Louis Pasteur. favorit.

7. peraturan pemerintah. dan lain-lain (21% sukses) Hal ini tidak kita bahas lebih jauh. . Intuition. Bagaimana pelanggan mengetahui prospek produk anda. ada tujuh hal yang harus diperhatikan oleh seorang smart and good entrepreneur bila ingin memulai sebuah bisnis. 6. E. yaitu: 1. Mengapa customer/pasar enggan membeli produk anda. pesaing baru. atau sesaat).kecil. hibah. Warisa keluarga . 3. dan Effort) untuk meningkatkan kinerja usaha anda. Selau melakukan riset pasar dimana semakin akurat semakin baik. Tujuh hal yang harus anda perhatikan bila anda ingin memasuki sebuah bisnis Yang pasti. Momentum. 5.sedang. 2.buat bengkel dan service 6. Selanjutnya perlu diketahui apa yang menjadi hal penting sebelum memasuki bisnis. legal aspek dan lain-lain). Kontinuitas kebutuhan tersebut dan seberapa lamakah hal itu akan terjadi (apakah itu momentum saja atau tidak?). 4. ●Hobi melukis-buka galeri ●Hobi pernak-pernik-buat souvenir cantik ●Hobi olahraga-membuat alat-alat atau toko olahraga ●Hobi utak-atik mobil. Amatilah perubahan yang terjadi (tren. karena jenis usaha ini hanya tinggal melanjutkan saja. gaya hidup. Kesuksesan ada pada kemampuan anda untuk mengelola bisnis (menegement and strategy). Seberapa besar tingkat kebutuhan produk tersebut di pasar yang akan dimasukinya (tinggi. Gunakaalnlah dan manfaatkanlah TIME (Timing.

ada tipe yang pandai mengorganisir. pemikir (spesialis). tetapi ia tidak memiliki keahlian dalam bisnis atau pekerjaan tersebut. baik dana ( modal uang). ada minimal skillnyang dibutuhkan untuk membuat bisnis tersebut “running well”. untuk menjalankan dan mewujudkanya. bahan bakar. Ada beberapa skill yang diperlukan untuk mensukseskan bisnis. Tetapi. body. The bussines team skill (BTS) Berdasarkan personality style (AKU). anda membutuhkan sopir . maka Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis anda dengan .pelumas. Jenis skill yang dibutuhkan tergantung pada jenis usaha yang ingin anda tekuni atau sesuai dengan karakter Anda.mesin. Seller-as an infantry and your trooper to create a transaction in order to make your businnes “run”. skill yang anda punyai. pekerja keras. Leadership skill-the person who will manage. Semakin Anda melengkapi skill Anda. mengapa sedikit yang bisa mewujudkannya? Penyebabnya ialah karena mereka ingin mewujudkannya. Jenis skill yang dibutuhkan adalah: 1. Ibarat sebuah mobil. roda. ternyata banyak orang yang bermimpi untuk menjadi pengusaha: ada orang yang mengambil keputusan. Spesialist-as a good implementer 2. F. and lead your team (visioner) 3.motivate. Semua tergantung pada kemapuan anda memenuhi “sources” tersebut. ataupun pencipta. Seorang entrepeneur yang sukses mampu melengkapinya secara individu atau berkelompok (tim). dan waktu yang ingin anda targetkan. dan lain-lain. Begitu juga dengan sebuah bisnis. Strategic thinker-as agood consultant to become a problem solver 5. Analytic and financial control.as a controller 4.

2. Waktunya suda lewat (kadaluarsa)-tidak efektif Peluang itu memiliki waktu dan masa. Untuk itu. waktu juga tepat. Survei tidak akurat. Jadi. hanya persepsi anda saja Terkadang anda telah siap. dan terus dipelajari. Kegagalan sebuah peluang itu bisa bersumber dari berbagai hal. Kegagalan Sebuah Peluang Banyak orang ingin memulai bisnis. 3. Peluangpun gagal untuk didapat. terkadang anda mengetahuinya tapi dilewatkan begitu saja atau bahkan anda tidak mengetahuinya.diutak-atik. namun survei yang anda lakukan tidak akurat. bahkan ada yang sudah memutuskan bisnis apa yang akan dimasukinya. orang lain sudah berlari kecang mendahuluinya.bisa juga singkat. Dipikirkan. Waktu itu seperti kereta api. sehingga anda mempunyai insting dan intuisi yang tajam untuk memanfaatkan peluang anda. Tidak segera mengambil keputusan Peluang itu lewat begitu saja. anda harus mempunyai konsep yang matang dan pengetahuan tentang smart enterpreneur yang terasah. Hal-hal seperti ini memang bmenyakitkan dan menyesakkan dada. dihitung.biaya yang lebih ringan. tidak kembali dan anda akan ketinggalan kereta api itu. anda juga perlu melihat apakah anda harus mengambil keputusan sekarangatau nanti. G. antara lain: 1. karena Anda bisa “action” sebagai masing-masing bagian dalam struktur organisasi. Terkadang bisa lama. Tetapi ketika peluang yang sudah didepan mata ini dilihat. Ini akan membuat peluang itu juga menjadi tidak .

4. Pesaing akan segera mengambil kesempatan anda. dan lingkungan yang baik. 5. not HARDER. Saat anda mendapatkan sebuah peluang. memang rasanya luar biasa. tanah. memjagannya dari predator (pesaing) anda agar biji itu tidak rusak. Sehingga anda merasa aman dan tenang-tenang saja.1 Kesimpulan . janganlah menganggap bahwa anda adalah orang pertama. sehingga anda merasa aman dan tenang-tenag saja. Tidak ada strategi yang jelas serta konsepnya Hal ini mengakibatkan bisnis anda “layu sebelum berkembang”. Diambil orang Ingatlah bahwa banyak orang yang berfikir sama seperti anda.ternyata apa yang anda kirakan itu salah dan tidak sesuai dengan keadaan pasar. Ingatlah bahwa peluang itu seperti biji.akurat atau meleset. Anda membutuhkan strategi dan tak tik untuk membuat biji itu tetap tumbuh dengan baik. yang membutuhkan iklim. cuaca. Anda membutuhkan keteguhan hati untuk tetap menyirami. Be SMARTER. Pesaing akan segera mengambil kesempatan anda. BAB III PENUTUP 3. Jadi.

Dasar-Dasar Kewirausahaan: Panduan Bagi Mahasiswa Untuk Mengenal. . Memahami. DAFTAR PUSTAKA Anonim. Sebagai wirausahawan harus tanggap dan cepat dalam memanfaatkan peluang usaha. 2. agar kita dapat menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi yang kita jumpai. Inspirasi adalah kondisi yang secara istimewa mendatangkan pelbagai bentuk kegiatan kreatif manusia. 4. Sebagai wirausahawan harus kreatif dan inovatif.2011. Sebagai wirausahawan harus berfikir yang positif dan selalu berambisi ingin maju dengan komitmen yang tinggi terhadap pekerjaan. Peluang usaha atau bisnis adalah suatu momentum atau kesempatan yang pasti bisa didapatkan seseorang atau lebih dengan mengandalkan potensi diri yang ada dengan memanfaatkan paradigma waktu demi ketenagakerjaan yang positif.2 Saran 1. Pikiran yang diterangi ini mendorong orang yang bersangkutan menghasilkan banyak karya kreatif.Diakses pada tanggal 8 Maret 2016. 3.info/pengertian-arti-inspirasi/ Hendro.2014. Ini dikarenakan manusia mengalami suatu penerangan dalam pikirannya. 3. Peluang berarti sebuah atau beberapa kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian.Erlangga:Jakarta. dan Memasuki Dunia Bisnis.http://arti-definisi- pengertian. Kita dalam menjalankan sebuah usaha harus menyusun strategi yang sistematis.

Jakarta: Salemba Empat .2007.Kewirausahaan edisi 1: Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda.https://aliaariesanti.com/2012/09/inspirasi-dan-peluang-bisnis.pdf http://repository.binus.ppt Suharyadi.files.id/content/J0692/J069218692.ac.wordpress.