You are on page 1of 4

Otot arrector pili adalah bundel kecil sel otot polos yang terkait dengan folikel rambut.

Kontraksi
otot ini meningkatkan rambut, membentuk merinding, untuk melepaskan panas dan membantu
sebum akan dibebaskan dari kelenjar ke saluran. acara label Ini adalah foto pada perbesaran
rendah beberapa rambut. Lihat jika Anda dapat mengidentifikasi epidermis, Arrector pili otot,
kelenjar sebaceous, selubung akar internal dan eksternal, matriks rambut, dan umbi rambut,
selubung jaringan ikat, membran basal kaca dan keratin keras rambut. warna rambut, seperti
warna kulit, tergantung pada pigmen melanin. Namun, di rambut, ada bentuk-bentuk alternatif:
pheomelanin (merah atau kuning) dan eumelanins (coklat atau hitam). Melanosit yang ditemukan
dalam matriks rambut, dan pigmen dilewatkan ke sel-sel dalam matriks di wayas sama itu akan
diteruskan ke keratinosit di epidermis. Sebagai keturunan sel matriks melanin yang mengandung
berubah menjadi keratin keras, mereka tetap pigmen mereka. Akhirnya, di usia tua, melanosit
berhenti memproduksi melanin, dan rambut berubah menjadi putih. Rambut folikel bergantian
antara tumbuh dan beristirahat fase. Mereka hanya menghasilkan rambut dalam fase
pertumbuhan. Pada fase istirahat, rambut rontok, dan akhirnya rambut baru akan mulai tumbuh.
Di kulit kepala, fase tumbuh berlangsung beberapa tahun. Namun, terkadang rambut yang
permaently hilang, mengakibatkan kebotakan. Ada kecenderungan genetik untuk ini (pola
alopecia pria), dan membutuhkan kehadiran androgen. Memotong rambut tidak mengubah
tingkat pertumbuhan

folikel rambut terdiri dari segmen atas
infundibulum follicular permanen dan tanah genting, dan istmus dan
segmen bawah tidak permanen yaitu folikel bagian bawah dan bohlam. Mereka
melakukan siklus regenerasi terus-menerus melalui periode pertumbuhan dan istirahat,
yaitu anagen dan telogen. Segmen bawah bertanggung jawab
untuk pertumbuhan dan menghilangnya rambut
selama fase istirahat. Serat silinder rambut
diekstrusi terus menerus selama fase pertumbuhan.
serat rambut cortex terdiri dari filamen keratin tertanam
dalam matriks yang kaya sulfur, menutup medula dan dikelilingi
oleh kutikula batang rambut. Hal ini dihasilkan oleh
sel penguatan matriks transien dalam bola rambut, yang
mengelilingi papilla dermal. Diameter serat rambut tetap
seragam selama fase pertumbuhan tunggal di bawah kondisi yang normal
. Seluruh folikel rambut tertutup oleh
luar akar selubung atau trichilemma, yang membentang dari
dalam kulit ke epidermis permukaan kulit yang melapisi infundibulum.

lapisan kedua dari rambut lanugo muncul dan berkembang mulai pada umur 3-4 bulan. 7. 7. 5].000 helai rambut. dengan demikian. jumlah maksimal folikel rambut kulit kepala selama rentang hidup manusia terjadi pada saat lahir. serat kortikal bertanggung jawab terhadap kegiatan mekanik rambut dan terikat bersama oleh batang sel kutikula. . Setlah bayi lahir. dengan tumbuhnya [1. situs tubuh.1. Bagian non-permanen segmen bawah terdiri dari folikel bagian bawah dan akar rambut. hormonal dan faktor-faktor lainnya. Kulit epidermis tumbuh untuk menutupi sel kulit papiler. Bagian Permanen folikel atas terdiri dari infundibulum dan isthmus (Gambar. 7. Faktor yang mempengaruhi panjang rambut tergantung pada genetik pengaruh. iklim. Fase telogen atau fase istirahat berlangsung 3 bulan (Berkisar 2-4 bulan Rambut akan menggantikan dirinya. Pada kulit kepala normal ada 100. rambut kulit kepala bisa tumbuh 12-84 cm panjangnya. rambut. yang bervariasi pada tiap individu.2.3). dan gizi. Oleh karena itu. kepadatan folikel rambut adalah terbesar terjadi pada saat kelahiran dan berkurang secara progresif pada saat anak-anak dan remaja sebagai kulit kepala membentang lebih tengkorak tumbuh sampai stabil pada orang dewasa (250-350 rambut per cm2) Anatomi Folikel Terminal Rambut Anagen memanjang dari dalam jaringan subkutan hingga ke titik munculnya di atas permukaan dermis melalui folikel infundibulum. yang mana 90% -95% dalam keadaan tumbuh dan 5% -10% dalam keadaan beristirahat. batang rambut dan akar kutikula berikatan untuk menstabilkan pertumbuhan rambut dan memastikan bahwa akar dan batang rambut tumbuh ke atas bersama-sama. rambut kepala tumbuh rata-rata 1 cm per bulan dan fase pertumbuhan anagen berlangsung 1-7 tahun.rambut manusia tumbuh dengan panjang tertentu. pertumbuhan rambut awal selesai setelah 22 minggu.000-150. lanugo rambut halus berkembang keatas dari bagian frontal ke oksipital kulit kepala. Rambut dengan diameter yang berbeda umumnya ditemukan di kulit kepala yang sama [12]. Ketika pertumbuhan rambut kedalam kulit dan pembentukan folikel telah lengkap. usia. Panjang rambut ditentukan dengan tingkat dan durasi anagen.

Pinggiran luar dari sel matriks membentuk kutikula rambutyang mengellilingi bagian dalam akar selubung.6a. 7. Sana digantikan oleh keratin trichilemmal dibentuk oleh luar akar selubung atau trichilemma. Bagian dalam akar selubung mengelilingi serat rambut yang terdiri dari tiga lapisan: lapisan terdalam membentuk kutikula dari selubung akar bagian dalam yang terdiri dari sel yang tumpang tindih. lapisan tengah dari Huxley terdiri dari tiga sampai empat lapis sel kuboid sel. Sel-sel matriks rambut di daerah ini menghasilkan pusat sel kortikal yang memanjang ke atas untuk membentuk batang rambut. dengan penampilan butiran trichohyaline dekat bola rambut.10). memanjang. Selubung akar dikelilingi oleh satu atau lebih lapisan sel-sel akar luar selubung atau trichilemma [12]. Potensi ruang antara akar dalam dan luar selubung bernama lapisan pendamping dan memungkinkan akar selubung untuk meluncur ke atas selama pertumbuhan rambut. Melanosit biasanya terdapat di puncak papilla dermal dan sel matriks rambut di sekitarnya ini menimbulkan medula rambut sel. 7. Di zona keratogen. yang miring ke bawah. Luar akar selubung / trichilemma. Membran hialin dikelilingi oleh kulit berserat dari folikel rambut. sel-sel ini menjadi keratin keras.4 Gambar. papilla dikelilingi oleh rambut yang aktif membagi sel matriks dalam katup bagian bawah.Bulb rambut Akar folikel terdiri dari katup rambut. Melanjutkan dari rambut bola sampai ke folikel lebih rendah. b). Akar selubung runtuh dan menghilang di pertengahan isthmus dari folikel atas (Gbr.5). dan lapisan luar Henle terdiri dari lapisan sel tunggal memanjang. selubung dalam dan luar akar menebal dan menjadi perbatasan yg lebih tegas. yang mengelilingi dermal papilla yang mengandung jaringan ikat sel dan pembuluh darah (7. lapisan Henle mengalami proses keratinisasi pertama kali. dengan membrane epidermal yang mengelilingi papilla dermal. ditutupi oleh hialin atau membran vitreous.. keratin Trichilemmal . 7. Isthmus Isthmus meluas ke atas dari otot arrector pili penyisipan (area tonjolan) hingga ke saluran sebaceous. yang terus-menerus berkembang seiring dengan dermal papilla di dasar katup rambut. membentuk sebuah band keratin merah muda yang berbeda lebih tinggi dari katup(Gambar.

11) [12]. 7. Batang rambut dan akar selubung bergeser ke atas bersama-sama di meninggalkan massa trichilemmal akar luar selubung bawah. Karena rambut catagen pasti menjadi rambut telogen. basis menjadi klub-berbentuk dan dikelilingi oleh saku keratin trichilemmal. Unit folikular Pada bagian horisontal pada salutran sebaceous terdapat unit folikel. rambut masuk ke fase catagen. Di bagian horisontal. yang noda kemerahan dengan hematoxylin dan eosin.17). 7.13) [3]. Bentuk unit folikel secara kasar adalah heksagonal dan dikelilingi oleh kolagen. rambut catagen umumnya bulat atau oval dan dikelilingi oleh hialin menebal membran. sering berbelit-belit karena concertinalike sebuah efek kompresi dari bola rambut menaik.16. Fase Katagen dan Telogen Ketika fase anagen selesai. mereka berisi beberapa terminal dan vellus folikel dengan saluran sebaceous dan kelenjar dan otot arrector pili (Gambar. catagen termasuk dalam fase telogen ketika menghitung persentase anagen dan telogen. The catagen rambut biasanya berisi sel apoptosis.garis tanah genting atas memperluas ke tingkat entri dari saluran sebaceous di dasar infundibulum (Gambar. Sebagai batang rambut mundur lebih jauh ke atas. disertai dengan penebalan dan kerutan dari hialin sekitarnya lapisan (Gambar. 7. selama 10-14 hari. intermediate. tahap transisi antara pertumbuhan dan istirahat. The vestigial bola dan dermal papilla trail bawah terkait dengan stela folikel [3]. Fase catagen dimulai. Apoptosis sel trichilemmal menghasilkan ditandai penyusutan akar selubung luar. 7. batang rambut dan bola lampu mulai mencabut ke atas meninggalkan sebuah helai angiofibrotic yang menghubungkan folikel ke lokasi bekas anagen. .