ZENITH / CARNOPHEN

PHARMACEUTICALS DI BANJARMASIN
ZENITH / CARNOPHEN PHARMACEUTICALS
PENJELASAN
Obat ini tergolong dalam relaksan otot karena mengandung Karisoprodol. Dalam 1 butir
mengandung setidaknya Karisoprodol 200 mg Paracetamol 160 mg dan Cafein 32 mg.
“Rumus Kimia Carnophen Zenith : (RS)-2-{[(aminocarbonyl)oxy]methyl}-2-
methylpentyl isopropylcarbamate” rangkaian tersebut adalah rumus kimia atau cara
pencampuran bahan untuk membuat Zenith.
Karisoprodol yang terkandung dalam Zenith memiliki efek farmakologis sebagai
relaksan otot namun hanya berlangsung singkat, dan di dalam tubuh akan segera
dimetabolisme menjadi metabolit berupa senyawa meprobramat yang dapat
menimbulkan efek sedatif (kecanduan).
Metabolit dari Karisoprodol yaitu Meprobamate merupakan depresan sistem saraf
pusat dan digunakan untuk menangani gejala gangguan cemas. Jika dikonsumsi
berlebihan dalam dosis tertentu bisa menimbulkan efek memabukan, menyebabkan
ketidaksadaran, menimbulkan perasaan senang yang berlebihan bagi pemakainya
(Euphoria) seperti halnya yang ditemukan dalam penggunaan narkoba.
EFEK YANG DITIMBULKAN
 Merasa pusing dan pingsan.
 Detak jantung menjadi cepat
 Agitasi atau kebingungan
 Tremor dan kejang
 Mudah tersinggung
 Mual dan muntah
 Gangguan menelan
 Sakit perut & Diare
 Rasa Baal di sekujur tubuh atau tidak ada rasa.
 Rasa melayang, berhalusinasi dan hilang kesadaran.
Di Indonesia Karisoprodol digolongkan sebagai obat keras berdasarkan Keputusan
Menteri Kesehatan No. 6171/A/SK/73 tanggal 27 Juni 1973 tentang tambahan
obat keras No. 1 danNo. 2 .
Metabolit dari carisoprodol yaitu meprobamate merupakan depresan sistem saraf
pusat dan digunakan untuk menangani gejala gangguan cemas.

penderita gagal ginjal harus mengeluarkan biaya ratusan ribu rupiah (antara Rp 395 ribu hingga Rp 550 ribu). pembunuh diam-diam. jika terus menerus digunakan dapat menyebabkan kematian karena dapat menyebabkan gagal pernafasan dan over dosis. Sedangkan gagal ginjal kronis. Biasanya si pengguna akan merasakan ketidaktenangan pada saat tidak mengkonsumsi obat ini. Gagal ginjal akut masih bisa disembuhkan dengan total. Penderita baru merasakan ada kelainan pada dirinya. bahkan 10 persen pada penderita muda. konsumsi obat-obatan yang tidak sesuai indikasi dan dalam dosis serta frekuensi berlebihan tentu saja berbahaya. Obat ini memiliki waktu paruh yang singkat sehingga hanya dapat dideteksi di urin setelah beberapa penghentian konsumsinya. jika fungsi ginjal menurun menjadi 25 persen. Faktor penyebab tingginya penyalahgunaan carnophen salah satunya adalah kemudahan dalam mendapatkan barang tersebut dan dapat membelinya dengan harga yang terjangkau. Dalam seminggu. seperti ginjal. Selain berakibat pada kerusakan ginjal. penyakit ginjal tidak menunjukkan gejala berarti.Namun obat ini juga sering disalahgunakan karena adanya efek sedatif-hipnotiknya. liver. Sekali cuci darah. mengatur tekanan darah. Hasil pembuangan ginjal ini berbentuk urine atau air seni. Jangan sampai generasi bangsa rusak dan . yaitu mual dan muntah-muntah. Gagal ginjal penting diwaspadai mengingat penyakit ini termasuk the silent killer. Bagaimanapun juga. Sisa hidup penderita harus bergantung pada proses pencucian darah dengan menggunakan mesin buatan. Ketergantungan baik fisiologis maupun ketergantungan psikologis bisa terjadi setelah beberapa bulan mengkonsumsi obat ini secara terus menerus. Kerja ginjal adalah membersihkan darah dari racun dan berbagai zat hasil metabolisme yang tidak diperlukan tubuh. Kemudahan memperoleh obat di apotik dan kemudahan apotik menjual obat tanpa resep dokter. terutama bagi ginjal. efek Carnophen mempengaruhi sistem syaraf dan berakibat fatal nantinya pada organ tubuh. Ketika ginjal tak bisa menjalankan fungsinya. Tak ada alarm tubuh yang mengingatkan bahwa fungsi ginjal mulai menurun. tidak bisa disembuhkan. maka racun akan menyebar ke seluruh tubuh dan merusak berbagai organ tubuh lainnya. atau ada kerjasama antara apotik dan pengedar obat-obatan keras ini merupakan hal yang harus dicermati. mengatur kadar kalsium pada tulang dan mengatur produksi sel darah merah. Ginjal juga berfungsi mempertahankan kadar cairan tubuh dan elektrolit. dan organ yang lainnya. Keluhan baru terjadi ketika fungsi ginjal sudah sangat menurun. Pada tahap awal. Maraknya kasus penyalahgunaan Crnophenini bukan hanya pada orang dewasa saja bahkan anak yangbelum cukup umur juga sudah mengenal dan mengkonsumsinya. Gagal ginjal adalah keadaan kedua ginjal yang tak bisa menjalankan fungsinya.Pertanda bahwa ginjal sudah dalam kondisi berat ini. kewajiban cuci darah bisa mencapai dua hingga tiga kali.

misalnya Dolphin. bahkan tidak ada jaminan bahwa sebutir ekstasi sepenuhya berisi ekstasi. (Buku Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba BNN. tidak ada kontrol yang mengatur kekuatan dan kemurnian salah satu jenis narkoba ini. setelah menggunakan ekstasi sesorang dapat melakukan hal-hal diluar batas kemampuan dan ketahanan fisik. Ekstasi mendorong tubuh seseorang untuk melakukan aktivitas yang melampaui batas maksimum dari kekuatan tubuhnya sendiri. Sebagai akibatnya. sehingga bisa memungkinkan dirinya pingsan bahkan meninggal. yang dapat memberikan rangsangan kuat terhadap sistem syaraf manusia. Seringkali dicampur dengan bahan-bahan berbahaya lainnya. Dll. Ekstasi adalah salah satu jenis amphetamine yang biasanya berbentuk pil / tablet dan kapsul. Semuanya menjadi tanggung jawab kita sebagai masyarakat. Namun seiring dengan berkembanganya zaman. Gober. Ekstasi merupakan psikotropika golongan II dan bersifat halusinogen. Seperti kebanyakan obat terlarang lainnya. Kejang atau gemetar. Ekstasi biasanya digunakan sebagai sampingan dan sering digunakan ketika sedang seks atau digunakan ketika sedangClubing (Dugem) sebagai entheogen. Black Heart. dan masalah daya ingat. para peneliti menemukan pula bahwa penggunaan berulang kali bisa berakibat pda gangguan tidur. 2009). Circle K. Kecemasan. sesorang yang sedang menggunakan ekstasi mungkin tidak menyadari bahwa suhu tubuhnya sangat tinggi. Ekstasi menekan sinyal-sinyal tanda bahaya alamiah yang dilepaskan oleh tubuh. CONTOH KASUS PEMAKAIAN Saya mengambil kasus dari salah satu blog saya akan cantumkan link-nya agar anda bias membagikan kepada teman-teman anda. biasanya berwarna dengan design yang berbeda-beda. Penelitian oleh Universitas Texas. ekstasi pun saat ini sudah mulai tak dilirik lagi oleh para remaja dengan alasan harganya yang kurang pas dikantong atau sedikit mahal . Pusat Penelitian Kerja Sosial menemukan bahwa efek jangka panjang menggunakan ekstasi yang paling sering dilaporkan diantaranya adalah ketidakmampuan untuk berkonsentrasi dan depresi. Resiko menggunakan ekstasi adalah dehidrasi ketika penggunaannya lupa minum air.meningkatnya kejahatan yang meresahkan masyarakat karena pengaruh obat ini. Misalnya.

anak jalanan. Obat inilah yang saat ini sering disalahgunakan karena adanya efek sedatifhipnotiknya. Inilah yang seharusnya diketahui oleh seluruh masyarakat. Zenith sendiri sebenarnya merupakan nama merek dagang.dibandingkan dengan zenith. Misalnya saja seperti kuli bangunan. sehingga tidak ada lagi penyalahgunaan narkoba maupun obat-obatan terlarang. Sehingga digunakannya untuk keperluan sehari-hari dalam melakukan aktivitasnya ketika sedang bekerja. Maraknya kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang khususnya carnophen ini bukan hanya pada orang dewasa saja bahkan anak yang belum cukup umur juga sudah mengenal dan mengkonsumsinya. Metabolit dari carisoprodol yaitu Meprobamate merupakan depresan sistem saraf pusat dan digunakan untuk menangani gejala gangguan cemas. carnophen mengandungcarisoprodol yaitu relaksan otot untuk menangani nyeri otot yang akut. Zenith pun mulai dikategorikan sebagai obat keras yang pemanfaatannya harus dengan resep dokter. Dalam dunia farmasi. Potensi terburuk mengkonsumsi zenith atau carnophen dalam jumlah berlebihan dapat mengakibatkan kematian. Sebaliknya jika dikonsumsi berlebihan dalam dosis tertentu bisa menimbulkan efek yang kata orang sekarang dikenal dengan Fly atau mabuk. pemakai menganggap menggunakan carnophen merupakan suatu kebutuhan untuk pengahngat badan dan menambah stamina (Dopping). Maka tak jarang beberapa orang pekerja keras menggunakannya. over dosis konsumsi obat kimia tersebut dapat mengakibatkan kerusakan ginjal dan kerusakan hati. pekerja tambang yang notabene mereka butuh tenaga ekstra. Namun jika dikonsumsi dalam dosis yang tepat bisa sebagai penawar. Hanya saja. Dampak yang ditimbulkan akibat enggunaan carnophen ini dapat membarikan efek ketergantungan yang tinggi bagi si pemakai. Zenith atau Carnophen sebenarnya adalah obat kimia yang bersifat racun. belakangan seiring maraknya penyalahgunaan obat. Namun banyak yang belum mengetahui apa bahaya mengkonsumsi carnophen sebenarnya. Sedangkan dalam jangka panjang. . Faktor penyebab tingginya penyalahgunaan carnophen salah satunya adalah kemudahan dalam mendapatkan barang tersebut dan dapat membelinya dengan harga yang terjangkau.

Namun banyak yang belum mengetahui apa bahaya mengkonsumsi carnophen sebenarnya. Dampak yang ditimbulkan akibat enggunaan carnophen ini dapat membarikan efek ketergantungan yang tinggi bagi si pemakai. Faktor penyebab tingginya penyalahgunaan carnophen salah satunya adalah kemudahan dalam mendapatkan barang tersebut dan dapat membelinya dengan harga yang terjangkau.Md. Inilah yang seharusnya diketahui oleh seluruh masyarakat. Metabolit dari carisoprodol yaitu Meprobamate merupakan depresan sistem saraf pusat dan digunakan untuk menangani gejala gangguan cemas.Dari situs resmi Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Banjarmasin yang ditulis oleh Meilina Yuhanitha Dewi. Obat inilah yang saat ini sering disalahgunakan karena adanya efek sedatifhipnotiknya. Maka tak jarang beberapa orang pekerja keras menggunakannya. Sebaliknya jika dikonsumsi berlebihan dalam dosis tertentu bisa menimbulkan efek yang kata orang sekarang dikenal dengan Fly atau mabuk. Maraknya kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang khususnya carnophen ini bukan hanya pada orang dewasa saja bahkan anak yang belum cukup umur juga sudah mengenal dan mengkonsumsinya. A. pemakai menganggap menggunakan carnophen merupakan suatu kebutuhan untuk pengahngat badan dan menambah stamina (Dopping). Zenith atau Carnophen mengandung carisoprodol yaitu relaksan otot untuk menangani nyeri otot yang akut. pekerja tambang yang notabene mereka butuh tenaga ekstra. anak jalanan. KL. sehingga tidak ada lagi penyalahgunaan narkoba maupun obat-obatan terlarang . over dosis konsumsi obat kimia tersebut dapat mengakibatkan kerusakan ginjal dan kerusakan hati. Sehingga digunakannya untuk keperluan sehari-hari dalam melakukan aktivitasnya ketika sedang bekerja. Sedangkan dalam jangka panjang. Misalnya saja seperti kuli bangunan. Potensi terburuk mengkonsumsi zenith atau carnophen dalam jumlah berlebihan dapat mengakibatkan kematian.

. dan begitu pula sebaliknya jika si anak bergaul pada tempat yang "salah" maka si anak akan menjadi "salah". Anak . Justru perilaku yang "salah" tersebut kini jumlahnya sudah sangat banyak.anak remaja tersebut memang paling mudah terpengaruh untuk menjadi pelaku penyalahgunaan obat-obat terlarang baik secara langsung maupun tidak secara langsung. Prinsipnya jika si anak bergaul pada tempat yang "benar" maka si anak bisa menjadi orang yang "benar".Akhir-akhir ini sudah banyak kabar yang kita dengar tentang penyalahgunaan obat-obat terlarang baik melalui media massa cetak maupun online ataupun yang kita lihat secara langsung pada lingkungan sekitar kita. Batulicin . Umumnya anak-anak pada usia remaja masih dalam tahap pencarian jati diri dan cenderung lebih labil jiwanya.id. Kini para pelaku penyalahgunaan obat-obatan terlarang tersebut tidak lagi menyasar orang-orang dewasa tapi sudah merambah ke anak-anak remaja bahkan juga para remaja wanita.co. Hal tersebut tentu sangat memprihatikan bagi kita semua dimana generasi muda bangsa ini harus rusak oleh karena penyalahangunaan obat-obat terlarang.Bahaya Obat Zenith Jika Disalahgunakan Kabarkan. Pada umumnya pembentukkan karakter anak-anak remaja berawal dari pergaulan di usia remaja ini.

para pelaku pengguna dan pengedar obat-obat terlarang terus mencari alternatif lain untuk "ngefly" dengan cara mencari obat-obat lain yang dapat memberikan efek memabukkan. Itulah mengapa zenith ini disebut juga sebagai obat tulang atau obat "penambah stamina" oleh kalangan pengguna zenith. Seolah tak patah arang. Salah satu jenis obat-obatan yang kini banyak disalahgunakan tersebut adalah obat jenis Zenith. Sebenarnya kandungan pengendur otot (relaksan otot) yang digunakan untuk mengendurkan otot tadi hanya bersifat sementara bahkan biasanya efeknya . bahkan sampai dilakukan penangkapan terhadap sejumlah pengedar dan pengguna obat-obatan terlarang dan pemberian sanksi tegas berupa penerapan hukuman mati bagi pengedar obat-obatan terlarang tersebut khususnya untuk jenis narkotika. edukasi kepada masyarakat tentang bahaya obat-obat keras. seperti kampanye anti narkotika. Tentu saja jika penggunaan zenith tersebut dikonsumsi dalam dosis yang tepat dan sesuai petunjuk melalui resep dokter. Zenith atau dalam bahasa farmasi disebut juga sebagai carnophen mengandung Karisoprodol yakni kandungan pengendur otot (relaksan otot) yang digunakan untuk mengendurkan otot khususnya untuk meredakan sakit nyeri otot yang akut.Sebenarnya segala usaha sudah dilakukan oleh berbagai pihak untuk mengurangi maraknya penyalahgunaan obat terlarang. Obat zenith saat ini sedang trend dikalangan para pecandu obat-obatan bagi pemula maupun pencandu "senior" karena obat zenith ini "diklaim" sebagai alternatif pengganti ekstasi dan sabu- sabu. Dikalangan dunia farmasi dan medis. dimana obat zenith juga dapat memberikan efek memabukkan (ngefly) jika dikonsumsi secara berlebihan.

dan tidak tenang jika tidak mengkonsumsi obat zenith ini dalam beberapa waktu. Ketergantungan atau kecanduan tersebut biasanya akan terjadi jika penggunaan zenith berlangsung secara terus menerus selama beberapa bulan pasca penggunaan pertama kalinya. bahkan dapat menyebabkan seseorang menjadi tidak sadar. seseorang cenderung akan meminumnya kembali jika reaksinya sudah habis. Meprobamat ini bersifat sedatif yakni dapat menciptakan ketenangan seseorang karena dapat menenangkan sistem saraf. Jika obat zenith tersebut dikonsumsi secara berlebihan dalam jumlah tertentu dapat menyebabkan seseorang menjadi mabuk. sehingga hal tersebut dapat membuat seseorang menjadi ketergantungan atau kecanduan terhadap penggunaan obat zenith ini. Meprobamat juga dapat mengurangi rasa sakit serta dapat mengurangi gejala kecemasan seseorang dimana senyawa meprobamat ini bekerja pada pusat-pusat tertentu di otak. selanjutnya relaksan otot tadi akan diproses melalui proses metabolisme dalam tubuh. stress. Seorang pecandu zenith akan merasa gelisah. Selain itu jika zenith dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan halusinasi perasaan senang (happy) yang berlebihan bagi yang menggunakannya sebagaimana hal tersebut biasanya kita jumpai bagi mereka yang menggunakan sabu-sabu atau narkotika. Karena sifat penyembuhannya hanya sementara. dimana hasil akhir dari proses metabolisme ini akan berubah menjadi metabolit berupa senyawa meprobamat.berlangsung cepat. Itu sebabnya mengapa penggunaan obat zenith untuk pengobatan harus selalu melalui resep dokter. ngefly atau merasa melayang. Berikut efek-efek yang ditimbulkan jika mengkonsumsi zenith dalam dosis yang berlebihan : . dan tampak bengong. pikiran kacau.

Karisoprodol saat ini digolongkan sebagai obat keras di Indonesia. 8. 12. 9. mual dan muntah. Lebih banyak bicara dan cenderung ngelantur dalam bicara. Merasa pusing. 4. dan lain sebagainya bahkan kalangan pelajar pun ikut-ikutan menjadi pecandu zenith.1 dan No. 10. . 7. 13. Lebih agresif tapi cenderung mengabaikan keselamatan diri sendiri ataupun orang lain. Itu sebabnya segala jenis obat yang mengandung Karisoprodol contohnya obat zenith tidak dijual bebas dan pembeliannya harus melalui resep dokter. berhalusinasi bahkan dapat menyebabkan kesadaran menjadi hilang. Padahal seharusnya obat keras seperti zenith ini dulunya diproduksi untuk keperluan penyembuhan penyakit yang diderita seseorang. hal tersebut sudah di atur berdasarkan peraturan yang dikeluarkan pemerintah melalui Keputusan Menteri Kesehatan No. 2. bukan untuk dikonsumsi dengan sembarangan tanpa mengikuti aturan dosis atau dikonsumsi tanpa menderita indikasi sakit apapun. Sistem pernafasan bertambah cepat disertai naiknya tekanan darah. Kini pabrik pembuat obat zenith sudah ditutup pemerintah tapi peredaran obat jenis ini masih tetap ada hingga sekarang.30 tahun. Emosi menjadi labil dan mudah tersinggung. 11. Itu sebabnya banyak pengguna penyalahgunaan zenith ini yang berasal dari kalangan masyarakat bawah mulai dari pemuda pengangguran. 5. 6. buruh-buruh yang berusia dibawah 20 . Dari sisi ekonomi zenith ini lebih murah harga jualnya dan sangat mudah diperoleh jika dibandingkan dengan harga sabu-sabu ataupun ekstasi yang memiliki harga jual yang sangat tinggi dan sulit untuk mendapatkannya karena bisa tersandung masalah hukum yang berat jika tertangkap. Denyut jantung berdetak kencang tidak menentu. Hanya saja pengetesan urine tersebut akan efektif jika dilakukan beberapa saat setelah penggunaan zenith. Merasa kerja lebih nyaman dan tidak terasa berat dalam bekerja karena meningkatnya rasa percaya diri padahal sebenar itu hanya sugesti yang ditimbulkan.1. 3. Nampak bingung bahkan cenderung tidak nyambung jika di tanya sesuatu. Menimbulkan perasaan gembira yang berlebihan / euforia berlebihan. 6171/A/SK/73 tanggal 27 Juni 1973 tentang tambahan obat keras No. Merasa melayang. Adapun reaksi obat zenith bersifat sementara dan cenderung singkat sehingga untuk mendeteksi apakah seseorang telah menggunakan obat tersebut dapat dideteksi melalui pengetesan pada urinenya. Merasa memiliki penampilan diri yang lebih baik. Khawatir dan takut yang berlebihan.2. Ketawa-ketawa dan teriak-teriak tidak jelas.

Dapat menyebabkan terjadinya gangguan kejiwaan dan stress yang berkepanjangan. berbicara ngelantur atau ngaco. Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik tersebut biasanya disebut penyakit gagal ginjal. Merusak sistem dan syaraf otak. bahkan sering mengeluh sakit kepala yang berkepanjangan.sisa zat tidak diperlukan lagi oleh tubuh yang akan dibuang melalui proses pembuangan pada air seni atau urine. Dapat menyebabkan terjadinya disfungsi seksual dan gangguan hormon reproduksi . Indikasi awalnya sering berhalusinasi. memahami dan sadar betul efek yang ditimbulkan jika mengkonsumsi zenith secara berlebihan hanya saja hal tersebut seolah diabaikan begitu saja akibat "kenikmatan" yang ditimbulkan.Penggunaan obat keras secara berlebihan seperti zenith ini jelas saja akan sangat berbahaya bagi tubuh dalam waktu jangka panjang karena dapat mengakibatkan rusaknya sejumlah organ tubuh khususnya organ ginjal. 4. Selain gagal ginjal. Itu sebabnya. Indikasi awal kerusakan pada sistem dan syaraf otak tersebut yaitu biasanya pecandu zenith ini sering tidak sadarkan diri atau tertidur. bahaya lain yang berakibat fatal bagi organ tubuh lainnya jika mengkonsumsi zenith secara berlebihan pada paruh jangka panjang antara lain adalah sebagai berikut : 1. maka racun - racun yang seharusnya dibersihkan oleh ginjal tersebut yang seharusnya di filter justru akan menyebar ke seluruh tubuh dan dapat merusak organ tubuh lainnya bahkan dapat menyebabkan kanker atau tumor yang berujung kematian. Jenis gagal ginjal ini ada yang dapat disembuhkan adapula yang tidak dapat disembuhkan. alangkah konyolnya jika ada seseorang divonis menderita gagal ginjal hanya dikarenakan efek dari penyalahgunaan atau kecanduan zenith. Sebenarnya beberapa pelaku penyalahgunaan obat keras yang baru mengkonsumsi zenith ini. Ginjal yang sehat mempunyai fungsi yang sangat banyak sekali dalam mengatur metabolisme tubuh manusia. tampak bingung atau bengong dan tidak nyambung jika ditanya sesuatu. 3. Bisa kita bayangkan jika ginjal tersebut tidak berfungsi dengan baik. Terjadinya gangguan endokrin 2. dan sering berfantasi sendiri. salah satunya ginjal berfungsi untuk membersihkan darah dari racun serta sisa . merasa gembira yang berlebihan.

. Orangtua dapat memberikan arahan dan pembinaan berupa edukasi tentang fungsi dan bahaya zenith. Biasanya para pelaku yang sudah ditangkap hanya diberi sanksi yang ringan berupa pembinaan dan pengarahan saja setelah itu baru kemudian dilepas kembali. Hal inilah menyebabkan penyalahgunaan pil zenith ini masih terus terjadi bahkan sudah sangat mengkhawatirkan. Dapat menyebabkan rusaknya sistem kerja jantung karena jantung berdetak tidak beraturan. dextro. Pengawasan dan perhatian dari orangtua untuk menjaga anak-anak remajanya amat diperlukan. Lemahnya aturan hukum yang berlaku di Indonesia khususnya yang mengatur penyalahgunaan obat terlarang jenis zenith sampai saat ini belum ada aturan yang jelas dan Undang-undangnya sehingga hal ini menjadi benturan bagi pihak kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam menertibkan peredaran zenith secara ilegal. Indikasi awalnya sering muntah-muntah 6. maupun jenis obat narkotika lainnya yang ditimbulkan jika obat-obatan tersebut dikonsumsi tidak pada tempatnya agar mereka tidak mudah terjerumus kedalam penyalahgunaan obat- obat terlarang. Dapat menyebabkan kegagalan fungsi hati.5. Langkah awal dapat dilakukan dikalangan orangtua yang memiliki anak-anak remaja. salah satunya berupa pemberian sanksi terhadap para pelaku penyalahgunaan obat zenith tersebut. Untuk itu diperlukan peran serta masyarakat serta kesadaran untuk menjaga diri sendiri maupun orang-orang terkasih.

Sekarang ini.Efek Samping Obat Penenang Yang Berbahaya ads Obat penenang merupakan sejenis analgesik yang memberikan efek ketenangan (depresan) bagi penggunanya. triazolam. meliputi amytal.  Herbal sedative. meliputi lunesta. banyak sekali penyalahgunaan jenis obat ini. cava. duboisia hopwoodii. proosanthera striatiflora. ambien. marijuana  Nonbenzodiazepine. midazolam. clhordiazepoxide. imovan . valerian. Jenis Obat Penenang Beberapa jenis obat penenang antara lain adalah :  Barbiturat. mandrake. sonata. temazepam. lorazepam. oxazepam. nitrazepam. sehingga obat ini dapat bereaksi untuk menyebabkan ketidaksadaran seseorang atau memberikan efek memabukkan. alprazolam. catnip. estazolam. diazepam. meliputi clonazepam. luminal  Benzodiazepines. meliputi ashwagandha. nembutal. flunitrazepam.seconal. Cara Kerja Cara kerja obat penenang adalah untuk mempengaruhi sistem saraf pusat. Obat ini biasanya diresepkan oleh seorang dokter untuk menghilangkan kecemasan yang dialami pasien terutama sebelum dilakukannya sebuah proses operasi. yaitu memperlambat aktivitas otak sehingga seseorang yang mengkonsumsinya bisa merasakan rasa tenang dan relax. bahkan hingga berdampak pada kematian.

Mengalami insomnia 3. cadel. cairan. promethazine  Cloral hydrate  Alcohol Biasanya obat penenang bisa berupa kapsul ataupun tablet. Nafsu makan yang meningkat 4. Mengalami mabuk / teler seperti pengguna alkohol. Berat badan meningkat 2. Beberapa efek penggunaan obat penenang : Pada saat mengkonsumsi obat ini. dimenhydrinate. phenergan. 6.  Antihistamin. Denyut nadi melemah 7. Gagap. Merasa santai / tenang / relax 2. Kesulitan dalam berfikir serta mengingat 5. meliputi diphenhydramine. si pengguna bisa merasakan hal-hal seperti berikut : Sponsors Link 1. si pemakai secara langsung akan mengalami beberapa hal seperti berikut : 1. kesulitan dalam berbicara 4. doxylamine. Pandangan menjadi kabur 5. dan suntikan. Merasa pusing serta kebingungan 3. Mengalami gangguan reproduksi . Melebarnya pupil mata Jika obat ini dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Mengalami gangguan sexual (impotensi) 6.

. Berkurangnya koordinasi 10. Tidak bisa menahan keluarnya urine 12. Gangguan sistem pernafasan dan jantung (sama seperti bahaya obat nyamuk yang dapat mematikan) 15.  Penggunaan obat penenang yang dicampur dengan alkohol atau obat-obatan lainnya bisa berdampak lebih buruk lagi bagi si pengguna. Mengalami depresi 9. sehingga dapat berakibat lebih buruk hingga pada kematian.  Efek lainnya dari obat ini adalah bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin. Biasanya si pengguna akan merasakan ketidaktenangan pada saat tidak mengkonsumsi obat ini. Berhalusinasi 13.  Menambah masalah dalam hidup Saat sedang stress dan kita memutuskan untuk mengkonsumsi obat penenang. Untuk itu saat sedang mengkonsumsi obat penenang sebaiknya jangan melakukan aktivitas berkendara ataupun menjalan mesin. setelah efek yang ditimbulkan obat ini habis. Penggunaan obat ini bisa menyebabkan sipengguna lebih rentang mengalami kecelakaan / cidera. 7. Seorang wanita yang sedang hamil sebaiknya menghoindari pemakaian obat ini. Lebih agresif 14. Ketergantungan Ketergantungan baik fisiologis maupun ketergantungan psikologis bisa terjadi setelah beberapa bulan mengkonsumsi obat ini secara terus menerus. Namun. Selalu merasa haus 11. mungkin akan berdampak kebaikan pada kita untuk sementara waktu. Mengalami perubahan kepribadian 8. justru masalah kita akan bertambah karena kita menjadi seorang yang mengalami ketergantungan pada obat ini. Ketergantungan ini bisa terjadi  Merusak penilaian serta mengurangi konsentrasi. karena resiko yang ditimbulkan bisa mengakibatkan gangguan kemampuan belajar pada anak nantinya. karena terjadinya peningkatan pengaruh dari kedua jenis zat yang terkandung di dalamnya.

Jika merasa sudah terlalu lama (lebih dari 4 minggu pemakaian). Hal tersebut dikemukakan oleh seorang pakar psikologis bernama Dr Andri.  Obat penenang juga dapat memberikan efek kebal terhadap obat itu sendiri. bahkan berhentinya sistem pernafasan. berikut beberapa tips untuk melakukan pencegahan ketergantungan dari obat penenang. Untuk itu. ataupun melakukan diet yang sehat. dan saran dokter harus diperhatikan dengan baik.  Penggunaan obat harus dalam pengawasan dokter. obat untuk penenang juga memiliki efek tinggi terhadap ketergantungan. bahkan hampir sama dengan bahaya narkoba. sebaiknya berkonsultasi dengan dokter maupun pakar kesehatan lainnya. karena dengan begitu bisa meminimalisir reaksi yang ditimbulkan akibat penghentian penggunaan obat ini. .  Memilih jenis obat penenang yang waktu paruhnya relatif lebih panjang ataupun menengah.  Memakai dosis optimal terkecil dalam waktu yang singkat. Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindarkan diri dari stres. Spkj. berbicara dengan teman. berekreasi / menyalurkan hobi. jika tidak ingin beresiko kecanduan obat tersebut. Sponsors Link Seorang pecandu obat penenang yang ingin melepaskan diri dari ketergantungannya. ada baiknya kita menghindari penggunaan obat- obatan semacam ini. Pasien dilarang untuk mencoba membeli atau mencoba-coba dosisnya sendiri. Hal ini karena obat penenang dengan masa waktu habis di dalam darah yang panjang lebih kurang menimbulkan efek ketergantungan dan toleransi yang cepat dibandingkan dengan obat yang dengan waktu paruh pendek/singkat. Misalnya dengan berolahraga. Pasien biasanya akan mendapatkan pemantauan dari dokter dalam mengggunakan obat jenis ini. sehingga bahaya obat penenang sangat mematikan. delirium. Sebaiknya orang tersebut menjalani program rehabilitasi. fapm. Karena si pecandu bisa mengalami beberapa hal seperti kejang. Cara menghindari ketergantungan pada obat penenang : Sama sepertinya efek samping obat tidur. Jika kita sayang dan peduli pada kesehatan kita. pasien bisa bertanya kepada dokternya kapan akan segera dilepaskan dari obat ini.