SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

Mata Kuliah Kode Mata Kuliah/SKS Semester Tahun Ajaran Pertemuan Pengajar : Konsep Dasar Keperawatan III : NA 2201/4 SKS :2 : 2009/2010 :I-V : Ns. Zulfiyanti MP, S.Kep

A. Kompetensi 1. Kompetensi Utama Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu meerapkan pendekatan proses keperawatran dalam memberikan asuhan keperawatan kepada individu, keluarga atau masyarakat dengan mempertimbangkan faktor usia / tingkat perkembangan, kondisi kesehatan, budaya dan lingkungan masyarakat. 2. Kompetensi Pendukung Pada akhir pertemuan mata kuliah ini, mahasiswa dapat melakukan asuhan
keperawatan.

B. Pokok Bahasan Pemenuhan kebutuhan fisik C. Sub Pokok Bahasan 1. Konsep proses keperawatan 2. Teori yang mendasari proses keperawatan 3. Pengkajian keperawatan 4. Konsep dan proses klarifikasi data 5. Diagnosa keperawatan 6. Perencanaan keperawatan 7. Implementasi keperawatan 8. Evaluasi keperawatan 9. Dokumentasi keperawatan

an pengkajia Mengajukan pertanyaan n keperawat an dan Memberikan tanggapan klarifikasi data 6. Menjelaskan cakupan materi pada pertemuan sekarang. Memberik an Memperhatikan . Memperhatikan mencatat. 1. laptop dan LCD. laptop dan LCD. dan Whiteboard. Penyajian Mengajukan pertanyaan 2. Menjelask LCD. Memperhatikan dan Whiteboard. Menjelask an pengertian konsep proses keperawat an Kegiatan Mahasiswa Memperhatikan Media Whiteboard. laptop dan LCD. Memperhatikan mencatat. 3. Menjelask an teori yang Memperhatikan mendasari proses Memperhatikan keperawat mencatat an dan Whiteboard. 3. mencatat. laptop dan LCD. Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan 1 sampai 5. 2. Menjawab pertanyaa n Memperhatikan dan Whiteboard. laptop dan LCD.D. Memperhatikan mencatat. Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai. laptop dan LCD dan Whiteboard. dan Whiteboard. Kegiatan Pembelajaran Tahap Pendahuluan Kegiatan Pengajar 1. Memberi Mengajukan pertanyaan kesempata n mahasisw Memperhatikan a untuk bertanya Membuat latihan Whiteboard 4. mencatat laptop dan 5.

laptop dan LCD. Menjelask an Membuat latihan dan diagnosa berdiskusi keperawat an dan proses Memperhatikan dan pembuata mencatat. . pengkajia n Mengajukan pertanyaan keperawat an Memperhatikan 9. Menjawab mencatat.kesempata n Membuat latihan mahasisw a untuk bertanya. laptop dan LCD. laptop dan LCD. Memperhatikan dan 7. Whiteboard Whiteboard. Memberik berdiskusi an latihan dalam pembuata Memperhatikan dan n mencatat. Menjawab pertanyaa n Whiteboard Whiteboard. n diagnosa Mengajukan pertanyaan 10. pertanyaa n Membuat latihan dan 8. Whiteboard Whiteboard. Memberik an kesempata n kepada mahasisw a lain untuk menangga pi 12. Memberik an Memperhatikan kesempata n mahasisw a untuk bertanya 11.

Memberik an latihan dalam pembuata n catatan perkemba ngan . Memberik an kesempata n mahasisw a untuk bertanya 18. Memberik an latihan dalam pembuata n Rencana Asuhan Keperawa tan 16. Menjawab pertanyaa n 19. Menjelask an perencana an dan implement asi keperawat an. 15. Memberik an latihan dalam pembuata n diagosa keperawat an 14.13. Menjelask an evaluasi keperawat an 17.

Jakarta : EGC Penutup . dan Praktik. F. Mendengarkan 3. Meminta beberapa Menyimpulkan materi mahasiswa yang telah dibahas. menyimpulkan materi yang telah diberikan Menyimpulkan materi 2. Memberikan tugas dalam pembuatan asuhan keperawatan dengan kasus yang dicari sendiri oleh mahasiswa dan dipersentasikan setelah ujian tengah semester. Menjawab pertanyaa n 1. (2005). yang telah dibahas bersama-sama dengan mahasiswa. Menyimpulkan materi bersama-sama. Proses. Evaluasi 1. Patricia A. Daftar Kepustakaan Potter. Memberik an kesempata n mahasisw a untuk bertanya 22. E. Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep. Menjelask an dokument asi keperawat an 21.20. Menugaskan mahasiswa untuk membuat asuhan keperawatan kepada pasien dengan mencari kasus sendiri yang akan dipersentasikan setelah ujian tengah semester.

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN Mata Kuliah Kode Mata Kuliah/SKS Semester : Konsep Dasar Keperawatan III : NA 2201/4 SKS :2 .

mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar keperawatan jiwa. 1. C. laptop dan LCD Memperhatikan dan Whiteboard. kondisi kesehatan. Konsep keperawatan kesehatan jiwa komunitas 4. Kompetensi Pendukung Pada akhir pertemuan mata kuliah ini. keluarga atau masyarakat dengan mempertimbangkan faktor usia / tingkat perkembangan. Kegiatan Mahasiswa Memperhatikan Media Whiteboard. Konsep keperawatan jiwa 3. Menjelaska Memperhatikan dan Whiteboard. Kompetensi Utama Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu meerapkan pendekatan proses keperawatran dalam memberikan asuhan keperawatan kepada individu. M. laptop dan LCD.Jiwa A. Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai. Kompetensi 1. Penyajian 3. Sp. .Tahun Ajaran Pertemuan Pengajar : 2009/2010 : VI-IX : Heppi Sasmita. Memperhatikan dan Whiteboard. laptop dan LCD. Pokok Bahasan Konsep dasar kesehatan dan keperawatan jiwa. Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan 6 sampai 9. mencatat. 2. Defenisi keperawatan jiwa 2. mencatat. B. Menjelaskan cakupan materi pada pertemuan sekarang.Kep. Proses keperawatan kesehatan jiwa D. budaya dan lingkungan masyarakat. 2. Sub Pokok Bahasan 1. Kegiatan Pembelajaran Tahap Pendahuluan Kegiatan Pengajar 1.

Membuat latihan dan laptop dan berdiskusi LCD. laptop dan LCD. laptop dan LCD. laptop dan LCD. Memberika n kesempatan Whiteboard Whiteboard. . dan Whiteboard. Menjelaska n Mengajukan pengkajian pertanyaan keperawata n dan klarifikasi Memperhatikan data Membuat latihan 4. Whiteboard.n pengertian konsep kesehatan jiwa 2. 5. Whiteboard Whiteboard. 6. Menggali pengetahua n mahasiswa tentang sehat jiwa menurut Maslow mencatat. Menjawab pertanyaan Mengajukan pertanyaan Whiteboard Whiteboard. Menjelaska n diagnosa Membuat latihan keperawata n dan proses pembuatan Memperhatikan dan diagnosa mencatat. Mengajukan pertanyaan Memperhatikan Memperhatikan mencatat laptop dan LCD. 8. laptop dan dan LCD. Memberika n kesempatan mahasiswa Memperhatikan dan untuk mencatat bertanya. Memberika n latihan Memberikan dalam tanggapan pembuatan pengkajian keperawata n Memperhatikan 7. 3. Memperhatikan mencatat.

Menjelaska n perencanaa n dan implementa si keperawata n. 13. dan Whiteboard 9. laptop dan LCD. Menjelaska n evaluasi keperawata n 15. Memberika n latihan dalam pembuatan Rencana Asuhan Keperawata n 14. .mahasiswa untuk bertanya Memperhatikan mencatat. Memberika n latihan dalam Mengajukan pembuatan pertanyaan diagosa keperawata n Memperhatikan 12. Menjawab berdiskusi pertanyaan 11. Memberika n Mengajukan kesempatan pertanyaan kepada mahasiswa lain untuk Memperhatikan menanggapi Membuat latihan dan 10. dan Whiteboard. Memberika n kesempatan mahasiswa untuk Memperhatikan mencatat.

Penutup . Menjelaskan dokumentasi keperawatan 19. Menyimpulkan materi yang Menyimpulkan materi telah dibahas bersama. Memberikan kesempatan mahasiswa untuk bertanya 20. Menjawab pertanyaan 17. Patricia A. (2005). sama dengan mahasiswa.bertanya 16. Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep. 6. Menjawab pertanyaan 4.bersama-sama. Evaluasi 2. E. F. Proses. Daftar Kepustakaan Potter. Memberikan tugas dalam pembuatan asuhan keperawatan dengan kasus yang dicari sendiri oleh mahasiswa dan dipersentasikan setelah ujian tengah semester. Meminta beberapa Menyimpulkan materi mahasiswa menyimpulkan yang telah dibahas. materi yang telah diberikan 5. Menugaskan mahasiswa Mendengarkan untuk membuat asuhan keperawatan kepada pasien dengan mencari kasus sendiri yang akan dipersentasikan setelah ujian tengah semester. Memberika n latihan dalam pembuatan catatan perkemban gan 18.

Jakarta : EGC .dan Praktik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful