RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Sekolah : SMA Negeri 1 Bojong
Mata pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XII IPA /1 (satu)
Materi pokok : Alkohol dan Turunannya
Pertemuan Ke- :1
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 2 x 45 menit)

A. Kompetensi Inti (KI)

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar Indikator
KD pada KI 3
3.7 Menganalisis struktur, tata nama, 3.7.1 Menganalisis struktur senyawa
sifat dan kegunaan senyawa karbon karbon.
(halo alkana, alkanol, alkoksi 3.7.2 Menganalisis tata nama dari senyawa
alkana, alkanal, alkanon, asam karbon
alkanoat, dan alkil alkanoat. 3.7.3 Manganalisis sifat dan kegunaan
senyawa karbon
KD pada KI 4
4.7 Menalar dan menganalisis struktur, 4.7.1 Menghubungkan sifat rumus struktur
tata nama, sifat dan kegunaan senyawa karbon dengan sifat fisiknya
senyawa karbon (halo alkana, 4.7.2 Menganalisis proses pembuatan serta

alkanol, alkoksi alkana, alkanal, kegunaan senyawa karbon
alkanon, asam alkanoat, dan alkil
alkanoat).

C. Tujuan Pembelajaran

Kognitif

a. Siswa dapat Menggambarkan struktur senyawa karbon berdasarkan gugus fungsinya.
b. Siswa diharapkan mampu menjelaskan cara penulisan tata senyawa turunan alkana
berdasarkan gugus fungsinya masing - masing

c. Siswa dapat menentukan isomer senyawa turunan alkana (senyawa karbon) dengan
benar.

d. Siswa dapat menjelaskan sifat fisis dan kimia senyawa karbon dengan mengumpulkan
data dari berbagai sumber

e. Siswa dapat Mendiskusikan kegunaan berbagai senyawa turunan alkana

Afektif

a. Siswa mampu menunjukkan perilaku ilmiah dalam memecahkan masalah pada
diskusi kelompok.
b. Siswa mampu menunjukkan sikap aktif dalam bertanya maupun menjawab
pertanyaan terkait materi senyawa karbon.

c. Siswa mampu menunjukkan sikap kritis dalam menanggapi penjelasan maupun
pendapat mengenai peristiwa yang terjadi dalam mempelajari senyawa karbon
Psikomotor

Siswa terampil dalam menyajikan data hasil diskusi kelompok mengenai pengenalan
senyawa karbon berupa secara sistematis menggunakan bahasa yang baik dan benar.

D. Materi Pembelajaran

- Gugus fungsi senyawa karbon

- Tata nama senyawa alkohol dan turunannya

- Sifat kimia senyawa karbon

.Wb..hari 2 Kegiatan Inti Sintak .”  Mempresensi  Siswa siswa meperhatikan guru yang sedang mempresensi  Memberikan  Siswa penjelasan memperhatikan mengenai tujuan pertanda pembelajaran serta siapmenerimapelaja cakupan materi ran senyawa karbon  Memotivasi siswa  Siswa menyimak dengan dan mulai menghubungkan memikirkan antara materi motivasi yang dengan kehidupan diberikan guru sehari . Kegiatan Pembelajaran Pendekatan : saintifik Model pembelajaran : Scramble Metode : ceramah. diskusi. pos test Strategi : ekspositori F. Bentuk Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Alokasi NO Tahap Kegiatan Guru Siswa Waktu 1 Pendahuluan 10 menit Apersepsi  Memberi salam  Siswa Menjawab kepada siswa salam Assalamu’alaikum Wr..E.

dan jawaban Guru memberikan Siswa bertanya materi- yang secara acak kesempatan kepada materi yang kurang mengenai materi siswa untuk bertanya dipahami. materi tentang gugus memperhatikan  Guru membentuk fungsi senyawa karbon penjelasan dari guru. siswa menjadi 3 turunan alkana. Guru Mengamati: menyampaikan Guru menjelaskan Siswa mengamati atau 20 menit materi pelajaran.  Guru menempelkan kartu soal (terdapat Data Collection (Pengumpulan data) 20 menit . nama alkohol dan  Guru telah turunannya. tata kelompok. turunannya. tata nama senyawa terkait materi yang alkohol dan masih belum dipahami. menyiapkan kartu 10 menit Menanya: soal.

potongan huruf dan kelompok  Guru akan angka. 2. Seluruh masing kelompok memperhatikan mulai melihat soal 3. 2. pembagian huruf dan angka (C. __ . 3) sitem permainan telah diatur guru. Guru meminta potongan huruf tambahan bagi yang siswa untuk 5. mengambil memberikan nilai 5. Data Processing (Pengolahan Data) 5 menit . Dan di kartu soal dengan tempel di papan cara diskusi tulis dengan teman satu kelompoknya. 2 untuk 1.  Setelah itu masing – berkelompok 2. 4 soal. Guru menjelaskan kelompok yang H. Guru menempelkan tata cara dan mulai kertas soal di papan permaianan dari menjawab dengan tulis setelah itu guru cara menyusun meminta 3. Siswa perwakilan potongan huruf. Hasilnya siswa menempelkan di papan tulis. O. Siswa kelompok 2) dengan kelompok berkelompok  Guru memberikan yang telah sesuai dengan beberapa potongan terbentuk. Siswa perwakilan kerjaanya. Guru meminta kelompok 1 dan 2 siswa untuk soal untuk berkelompok sesuai 1. Siswa menyusun menyelesaikan tepat menyusun potongan huruf dan cepat. potongan huruf dan dan angka tadi  Evaluasi angka tadi menjadi menjadi sebuah sebuah struktur struktur yang yang merupakan merupakan jawaban dari jawaban dari pertaanyyan di pertaanyyan di kartu soal. perwakilan kelompok angka yang sudah kelompok memilih mengambil 2 soal disediakan. 2 soal dan dipapan tulis lalu  Masing – masing mendiskusikannya didiskusikan kelompok yang 4. Guru meminta dengan sudah selesai harus perwakilan siswa kelompoknya menjelaskan hasil mengambil 4.

hasil pembelajaran 3 Penutup  Guru mereview hasil  Siswa 5 menit kegiatan memperhatikan pembelajaran  Guru memberikan penghargaan kepada  Siswa merasa kelompok yang senang. Siswa Menghubungkan menghubungkan rumus molekul dengan rumus molekul dengan rumus struktur rumus struktur (isomer) (isomer) Verification (Pembuktian) 15 menit Mengomunikasikan: Guru meminta setiap Setiap kelompok kelompok untuk menunjukkan hasil menjelaskan hasil diskusinya dengan diskusi dan menujukan jawaban jawabannya yang sudah tersusun. bekerja dengan baik. memperhatikan  Guru mengakhiri KBM dengan mengucapkan hamdalah dan salam. Mengasosiasi: Menghubungkan Siswa rumus struktur menghubungkan senyawa dengan sifat rumus struktur kimianya dan tata senyawa dengan sifat nama senyawa.  Guru meminta siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.  Siswa mengucapkan terima kasih dan . Guru memberikan 5 Siswa mengerjakan soal post test soal Generalization (menarik kesimpulan) 5 menit Guru menyimpulkan Siswa memperhatikan. kimianya dan tata nama senyawa.  Siswa yaitu eter.

spidol.014. kartu soal dan jawaban Sumber Belajar : internet dan buku pegangan guru kelas XII Semarang. 19670212 200902 3 007 NIM.Pd Nevi Zawa Tasdiqoh. Kepala Sekolah Guru Kimia Nur Sobah. S. Teknik Penilaian Tugas kelompok. G. Rangkuman materi. S. menjawab salam guru. tugas individu (post tesr) dan pengamatan H. papan tulis.Pd NIP.Pd. M.014 . Media / Alat. 11 Maret 2017 Mengetahui. B2C. dan Sumber Belajar Media/alat : LKS Bahan : lembar kerja siswa. Bahan.

Lampiran 1 MATERI PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA Kelas XII Semester 1 .

baik sebagai bahan minuman beralkohol maupun produk-produk sampingan yang dihasilkan oleh mikroorganisme melalui proses yang disebut fermentasi. yaitu: 1. maka penomoran dimulai dari salah satu ujung rantai utama sehingga cabang-cabang alkil akan memiliki nomor terkecil. Penamaan alkohol secara IUPAC (International Union of Pure and Applied Chemistry) umumnya dilakukan dengan mengubah akhiran –a dari alkana menjadi – ol.cabang)-(nama cabang)-(no. Sedangkan penamaan sederhananya yaitu alkil alkohol. Alkohol memiliki beberapa sifat khas. 2.sebagai alkil dan – OH sebagai alkohol. contohnya CH4 (metana) jika merupakan alkohol maka menjadi CH 3OH (metanol). Rantai utama diberi nomor yang dimulai dari salah satu ujung sehingga gugus fungsi mendapat nomor terkecil.gugus fungsi)-(nama rantai induk) Contohnya adalah: CHOH-CH2-CH2-CH3: 1-butanol CH3-CHOH-CH2-CH3: 2-butanol Uniknya. dsb). propanol. Untuk rantai C yang tidak bercabang. butanol. istilah alkohol lebih umum dipakai untuk menyebut etanol/etil alkohol (C2H5OH) daripada jenis-jenis alkohol lainnya (metanol.. dengan gugus R. maka: Rantai terpanjang yang mengandung gugus –OH dan memiliki cabang terbanyak dianggap sebagai rantai utama. nama alkohol diturunkan langsung dari nama alkana yang sesuai.Alkohol merupakan salah satu senyawa turunan alkana yang paling sederhana dengan gugus fungsi – OH dan English: benzyl alcohol Polski: alkohol benzylowy (Photo credit: Wikipedia) rumus umum CnH2n+2O. Adapun rumusan penentuan tata nama untuk alkanol didasarkan pada beberapa hal di bawah ini: 1. Untuk rantai C yang bercabang. Rumus penentuan tata nama alkohol dengan rantai C yang bercabang secara umum adalah: (no. dengan akhiran –a diganti –ol seperti contoh di atas. Jika posisi gugus fungsi sama dari kedua ujung. Mengapa begitu? Hal ini disebabkan karena etanol merupakan jenis alkohol yang paling sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah CH 3OH disebut juga metil (CH 3-) alkohol (-OH). Sifat Fisis  Umumnya membentuk ikatan hidrogen dari gugus hidroksilnya (-OH) .

Agar reaksi substitusi nukleofilik dapat terjadi. titik didih heksana adalah 69oC dan titik didih dietil eter adalah 34. yaitu 78oC. Adapun yang membedakan produk yang dihasilkan adalah suhu pemanasan. Esterifikasi .  Secara umum. Substitusi Nukleofilik Secara umum gugus hidroksil pada alkohol bukan termasuk gugus pergi (leaving group). dimana pemanasan pada suhu sekitar 130oC akan menghasilkan eter sedangkan pemanasan pada suhu sekitar 180oC akan menghasilkan alkena. Deprotonasi Melalui proses deprotonasi. c. Dehidrasi Alkohol yang dipanaskan dengan katalis asam sulfat pekat akan melepaskan molekul air (mengalami dehidrasi) membentuk eter dan alkena. khususnya alkohol dengan rantai pendek (metanol dan etanol) memiliki sifat polar yang disebabkan oleh gugus hidroksil (-OH) sehingga dapat larut dalam air dan pelarut-pelarut organik  Memiliki titik didih yang relatif tinggi dibandingkan dengan beberapa senyawa hidrokarbon karena adanya ikatan hidrogen. Reaksinya dapat ditulis sebagai berikut: 2 R-OH + 2 NaH→ 2 R-O –Na+ + 2H2 2 R-OH + 2 Na→ 2 R-O−Na+ + H2 b.6oC 2. alkohol dapat berperan sebagai asam lemah yang dapat menghasilkan garam alkoksida dari reaksi dengan basa kuat seperti natrium hidrida atau senyawa logam aktif seperti natrium. Hal ini menyebabkan alkohol mudah bereaksi dengan senyawa-senyawa lain Reaksi-reaksi alkohol: a. Sifat Kimia  Gugus hidroksil pada alkohol merupakan gugus yang cukup reaktif. Sebagai perbandingan. Reaksi dehidrasi alkohol menjadi eter dapat dituliskan sebagai: 2C2H5OH → C4H10O + H2O (2 etanol → dietil eter + air) Reaksi dehidrasi alkohol menjadi alkena dapat dituliskan sebagai: C2H5OH → C2H4 + H2O (etanol à etena + air) d. alkohol memerlukan bantuan dari oksigen yang diprotonasi.

campuran untuk minuman beralkohol. Reaksi ini disebut esterifikasi karena menghasilkan produk berupa ester. Reaksi esterifikasi dapat dituliskan sebagai: R-OH + R’-COOH → R’-COOR + H2O e. Selain asam karboksilat. Salah satu contoh alkohol sebagai bahan bakar adalah etanol yang dikenal dengan nama spiritus. dll. Adapun reaksinya adalah: C2H5OH(l) + 3O2(g) → 2CO2(g) + 3H2O(g) + kalor Alkohol dapat teroksidasi menjadi beberapa senyawa. dl . Umumnya reaksi esterifikasi dilakukan dengan bantuan alat yang disebut Aparatus Dean-Stark. campuran untuk bahan bakar. dimana agar alkohol dapat menghasilkan ester. pelarut kimia. yaitu atom karbon yang mengikat gugus –OH Contoh penggunaan alkohol dalam kehidupan sehari-hari:  Metanol sebagai pelarut kimia. diperlukan asam karboksilat. Oksidasi Alkohol sederhana dapat terbakar membentuk gas karbon dioksida dan uap air. reaksi ini juga memerlukan katalis berupa asam sulfat pekat melalui proses yang disebut refluks.  Etanol untuk antiseptik (alkohol 70%). campuran untuk bahan bakar mesin. Reaksi ini juga disebut sebagai esterifikasi Fischer. yaitu:  Alkohol primer dapat membentuk aldehida dan dapat teroksidasi lebih lanjut menjadi asam karboksilat  Alkohol sekunder dapat membentuk keton  Alkohol tersier tidak dapat teroksidasi karena tidak adanya atom karbon karbinol. dan bahan pembuatan formalin/formaldehida (HCHO) untuk pengawet mayat dan bahan baku pembuatan polimer plastik. bahan bakar (spiritus).

TUGAS KELOMPOK KELOMPOK 1 KELOMPOK2 KELOMPOK 3 Soal Soal Soal .

.

.

KELOMPOK 1 KELOMPOK2 KELOMPOK 3 JAWABAN TUGAS KELOMPOK .

(CH3)3COH d. Propanal c. Propanon b. Reaksi antara asam organik dengan alkohol dinamakan dengan …. a. a. Asam propanoat e. (CH3)2CHOH c. Soal dan Jawaban Post Test 1. (CH3)2CH(CH2)2OH Jawaban: B Alkohol sekunder adalah gugus OH yang menempel pada C sekunder. ditandai dengan adanya CHOH: 3. oksidasi . CH3CH2C(CH3)2OH e. hidrolisis b. Rumus bangun alkohol sekunder ditunjukkan oleh …. CH3(CH2)4OH b. n–propil alkohol Jawaban: A Reaksi adisi H2O pada C3H6 : Advertisement 2. Hasil reaksi adisi H2O pada C3H6 bila dioksidasi akan menghasilkan …. Propanol d. a.

a. aldehid dan asam karboksilat e. dan . karena ion Cl akan menyerang C nomor 2. alkohol dan asam karboksilat Jawaban: A 5. alkoholisis d. Glukosa mengandung gugus fungsional …. alkohol dan keton c. 3-kloro-3-metil butana c. alkohol dan aldehid b. a. 2-kloro-1-metil butane Jawaban: D Hasil reaksi dominan 2-metil-2-butena dengan HCl akan menghasilkan 2-kloro-2-metil butana. 6. aldehid dan ester d. dehidrasi e. Hasil reaksi yang dominan dari 2-metil-2-butena dengan HCl adalah …. 3-kloro-2-metil butane b. esterifikasi Jawaban: E Senyawa organik + alkohol → Ester (esterifikasi) 4. 2-kloro-3-metil butane d. c. Hasil reaksi identifikasi senyawa dengan rumus molekul C3H6O sebagai berikut  Dengan pereaksi Fehling menghasilkan endapan merah bata. 2-kloro-2-metil butana e.

Hasil sampingan yang diperoleh dalam industri sabun adalah …. gliserol b. Dari reaksi: Dapat membentuk …. a. alkohol . 7. Karena senyawa C3H6O pada soal bereaksi dengan fehling. karbohidrat b. Jawaban: D Senyawa dengan rumus molekul C3H6O memiliki dua kemungkinan. aldehid akan menghasilkan asam karboksilat yang dapat memerahkan lakmus biru. protein c. aldehide e. 8.  oksidasi dengan suatu oksidator menghasilkan senyawa yang dapat memerahkan lakmus biru. ester c. gugus aldehid atau keton. Jika dioksidasi. berarti gugus tersebu adalah aldehid. Gugus fungsi senyawa karbon tersebut …. a. alkohol d. ester Jawaban: E Reaksi asam karboksilat dengan alkohol dalam keadaan asam disebut esterifikasi akan menghasilkan ester.

 . glikol e. 3-metil-2-butanol d. asam karbon tinggi Jawaban: A Hasil sampingan pembuatan sabun → gliserol (lemak). . 2-metil-3-butanol c. 3-pentanol b. Senyawa organik dengan rumus molekul C5H12O yang merupakan alkohol tersier adalah …. trimetil karbinol Jawaban: D Alkohol tersier berarti gugus alkohol terikat pada C tersier. 9. 2-metil-2-butanol e. d. a.

2.Pd No. 9. Ade Kurniawan 1. Nama Tanda Tangan Keterangan 1. 7. Lia Herlina 5. 5. Nila Purnama 7. S. Ria Hadri Anti 9. 14 Maret 2017 Kelas : X1I IPA Mapel : Kimia Guru Kimia : Nevi Zawa T. Amelia Fahmi 3. Puji setyowati 8.Pd NIM. 6. B2C014014 . 3. 8. Atika Sis R 4. Jumlah Siswa :9 Siswa Hadir : Siswa tidak hadir : Guru Mata Pelajaran Nevi Zawa Tasdiqoh. Agung stiarso 2. Tanggal : Selasa . 4. ABSENSI SISWA Hari. Nana Eka 6. S.

Pd NIM. Nana Eka 7. Puji setyowati 9.Pd No. Nila Purnama 8. 14 Maret 2017 Kelas : X1I IPA Mapel : Kimia Guru Kimia : Nevi Zawa T. Lembar Penilaian Siswa Post Test Hari. Amelia Fahmi . 4. S. Agung stiarso . Nama Nilai Keterangan 1. Atika Sis R 5. Tanggal : Selasa . Lia Herlina 6. S. Ade Kurniawan 2. B2C014014 . 3. Ria Hadri Anti Guru Mata Pelajaran Nevi Zawa Tasdiqoh.

Nana Eka Nila 7. Herlina 6.Lembar penilaian diskusi Aspek yang Dinilai Nama Mengajukan Menjawab Memberikan No. Peserta Skor pertanyaan pertanyaan pendapat didik 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 Ade 1. Stiarso Amelia 3. Setyowati Ria Hadri 9. Anti Aspek yang Dinilai Deskripsi Skor Peserta didik dapat mengajukan pertanyaan 1 tetapi menyimpang dari materi yang dipelajari Peserta didik dapat mengajukan pertanyaan 2 sesuai dari materi yang dipelajari Mengajukan pertanyaan Peserta didik dapat mengajukan pertanyaan 3 sesuai dari materi yang dipelajari dengan jelas Peserta didik dapat mengajukan pertanyaan sesuai dengan materi yang dipelajari dengan 4 jelas. tepat dan logis Menjawab Peserta didik dapat menjawab ppertanyaan 1 Pertanyaan tetapi salah . Purnama Puji 8. Kurniawan Agung 2. fahmi 4. Atika Sis R Lia 5.

Peserta didik dapat menjawab pertanyaan tetapi 2 masih kurang tepat Peserta didik dapat menjawab pertanyaan 3 dengan jelas Peserta didik dapat menjawab pertanyaan 4 dengan jelas. b. Hasil yang dicapai selanjutnya dicatat. tepat dan logis Pedoman penilaian: a. . dianalisis dan diadakan tindak lanjut. tepat dan logis Peserta didik dapat memberikan pendapat 1 tetapi menyimpang dari materi yang dipelajari Peserta didik dapat memberikan pendapatnya 2 sesuai dengan materi yang dipelajari Memberikan Peserta didik dapat memberikan pendapatnya Pendapat sesuai dengan materi yang dipelajari dengan 3 jelas Peserta didik dapat memberikan pendapatnya sesuai dengan materi yang dipelajari dengan 4 jelas. Penilaian dilakukan dengan cara membandingkan karakter peserta didik pada kondisi awal dengan pencapaian dalam waktu tertentu.

R Lia 5. Fahmi Atika Sis 4. Agung Stiarso Amelia 3. Ria Hadri Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut. Lembar Penilaian pada Kegiatan Diskusi Kelompok Mata Pelajaran : Kimia Kelas/Semester : XII/I Topik : Tata nama senyawa alkohol dan turunannya Indikator : Peserta didik menunjukkan perilaku kerjasama. Purnama Puji 8. Nana Eka Nila 7. Herlina 6. Setyowati 9. santun. rasa ingin tahu. dan komunikatif sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan. Ade kurniawan 2. 4 = sangat baik 3 = baik 2 = cukup 1 = kurang . Jumlah Nama Kerja Rasa ingin No Santun Komunikatif Skor Nilai Siswa sama tahu 1.