==== PERSIAPAN

====

DIABETES
KORAN KURSI

==== LANGKAH-LANGKAH ====

3. Angkat kaki sejajar, gerakkan telapak kaki ke
depan dan belakang.
1. Letakkan tumit di lantai, lalu gerakkan jari-jari kaki ke
atas dan kebawah.
Disusun Oleh :
dr. Prita Murani Nugrahet
Dokter Internsip
Puskesmas Temon I

PENYULUHAN PROGRAM PENGELOLAAN
PENYAKIT KRONIS (PROLANIS)
2. Angkat telapak kaki kiri ke atas dengan bertumpu pada
JUMAT, 6 NOVEMBER 2015
tumit. Lakukan gerakan memutar keluar dengan 4. Angkat kaki sejajar, gerakkan telapak kaki ke
pergerakkan pada pergelangan kaki. Ulangi secara depan.
bergantan kaki kiri dan kanan.

Lanjutkan dengan merobek kertas koran pergelangan kaki sepert sedang menulis angka menjadi dua bagian dengan kaki. Memperkuat otot-otot kaki 3. bentuk kertas Senam Kaki Diabetes koran tersebut menjadi sebuah bola dengan https://www. Luruskan salah satu kaki dan angkat. Letakkan selembar koran di lantai. Mengatasi keterbatasan gerakan sendi 4. salah satu bagian kertas koran menjadi bagian- bagian kecil. Kemudian ratakan kembali kertas tersebut. tetapi akan lebih baik jika dapat dilakukan setap hari ==== MANFAAT ==== 1. Mencegah komplikasi diabetes Sumber : 6. Memperbaiki sirkulasi darah 2. Senam kaki diabetes dapat dilakukan minimal 1 x seminggu. . Lalu robek 0-10. dan pindahkan ke atas kertas koran yang masih utuh.com/watch?v=NuSbed1TuNk kedua kaki.5. Terakhir bentuk kembali kertas koran menjadi bola. Bergantan kaki kiri dan kanan. putar pada 7.youtube.

Indikasi dan Kontraindikasi dunia (Wild S. 2005). dan membantu melancarkan Sumarliyah. F.Orang yang depresi. (Waspadji. F. Tujuan Senam Kaki DM Kesehatan Dunia (WHO). dan Arisfa. N.3 juta jiwa pada dan mencegah terjadinya kelainan bentuk kepada seluruh penderita tahun 2030. otot paha (Soegondo. A. Mencegah terjadinya luka dan 2009 dalam Siddiqi. DM merupakan penyebab kematian keempat terbesar di Senam kaki diabetes mellitus B. 2014)..Klien mengalami perubahan kini disebut kaki diabetik. jumlah penderita fisik senam kaki diabetik menunjukkan (Wibisono. Indonesia menduduki pada kaki bagi penderita diabetes mellitus peringkat ke empat di dunia setelah (Soegondo. Kontraindikasi dialami pasien diabetes melitus adalah (Sumosardjuno.. M. . diberikan sejak pasien Menurut catatan Organisasi A. 2. pencegahan dini (Wibisono. tersebut menjadi salah satu infeksi kronik fungsi fisiologis seperti DM yang paling ditakuti. India. E. dan diperkirakan meningkat pada tahun kadar gula darah (Sudirman. E. khawatir Banyak penelitian ryang mengungkapkan bahwa sebagian besar bentuk kaki. pada tahun 1. gaya hidup. mencegah terjadinya kelainan b. peredaran darah bagian kaki Komplikasi yang paling sering 2. memperkuat nyeri dada. Diabetes mellitus dengan tipe 1 China. Kenaikan ini disebabkan oleh pertambahan umur. Membantu memperbaiki dispneau (sesak napas) atau kecacatan (amputasi) dan kematian sirkulasi darah.4 juta jiwa dan melancarkan peredaran darah pada kaki Senam kaki ini dapat diberikan diperkirakan menjadi 21. 2030 menjadi 4. DM didunia tahun 2000 sebanyak 2. 2009). & kelebihan berat badan (obesitas). 2014). & adalah latihan yang dilakukan oleh Sumarliyah. E.. F. 2006 dalam komplikasi pada kaki (15 persen) yang Siddiqi.8% tingkat keberhasilan dalam menurunkan M.. Komplikasi 2014). dan Amerika Serikat maupun 2. Menurut data dari World Health penderita DM yang melakukan aktifitas keterbatasan pergerakan sendi Organization (WHO). & Sumarliyah. Meningkatkan kekuatan otot didiagnosa menderita Diabetes 1996 di dunia terdapat 120 juta penderita betis. berakhir dengan 3. Sedangkan di penderita diabetes mellitus dengan cara 1. 2014 dalam Wahyuni. Mellitus sebagai tindakan diabetes mellitus yang diperkirakan naik 2005). M. serta mengatasi atau cemas (Soegondo.4%. Namun sebaiknya (WHO. 2016). 2014). 2004). dua kali lipat pada tahun 2025. 2005). 2009 dalam Siddiqi. a. F. & Sumarliyah. M. 2004 dalam Siddiqi. Indikasi Indonesia jumlah penderita DM tahun melakukan gerakan pada kaki untuk 2000 terdapat sebanyak 8. E. & otot-otot kecil kaki..

& Arisfa. Jakarta: Balai Penerbit 4. Hentikan pada awal ada gejala mandiri . Untuk itu penderita diabetes 2. SENAM KAKI DIABETIK EFEKTIF MENINGKATKAN ANKLE BRACHIAL 1. Kenakan sepatu yang sesuai. Melakukan Senam Kaki DM Wahyuni. Kemampuan klien dalam Educaton V9. N. IPTEKS TERAPAN Research of Applied Science and 2. 2014). E. klien dapat melakukan senam kaki secara Diabetes Militus Terpadu. hipoglikemi. kesadaran pasien. Keadaan kaki adanya luka INDEX PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2. Lakukan senam kaki sesuai indikasi. E. 3. M. memperkuat otot-otot 1. Cek tanda . hal. Peran kita sebagai perawat Vol. Penatalaksanaan terdapat luka. & Sumarliyah.1(3). meningkatkan kekuatan otot Siddiqi. melakukan senam kaki DM sesuai penjelasan. Yogjakarta : A. kecil. 2005. Pastikan pada kaki tidak adalah membimbing pasien dan keluarga pasien untuk melakukan senam kaki agar Soegondo. pasien diabetesmelitus untuk mencegah terjadinya luka dan membantu C. M. Yang Harus Diperhatikan Saat dilakukan selama 30-45 menit 3-4 kali seminggu (Siddiqi. Sudirman. senam kaki. (2014). DALAM MENGONTROL KADAR GULA DARAH PADA gerak sendi. JURNAL pada telapak kaki atau tidak. STUDI KASUS betis dan paha. Jurnal The Sun.21-26 3. 2009. Persiapan Sebelum Melakukan melancarkan peredaran darah bagian kaki yang memiliki tujuan memperbaiki Senam Kaki DM sirkulasi darah. mengatasi keterbatasan TENTANG AKTIVITAS FISIK SENAM KAKI DIABETIK kebersihan kaki.i2 (155-164).tanda vital dan mellitus di anjurkan untuk melakukan “Ny. FKUI. F. Untuk meningkatkan efektfitas sebaiknya senam Plus Book D. (2016). F. Sidarta dkk. mencegah terjadinya kelainan perhatikan perawatan dan bentuk kaki. N” DENGAN DIABETES MELITUS. & Sumarliyah. Senam Kaki Diabetes. A. Kesimpulan : Senam kaki adalah kegiatan atau latihan yang dilakukan oleh ..