MAKALAH

Analisis Kandungan Merkuri (Hg) dan Cadmium (Cd)
Pada Beberapa Jenis Ikan Asin Yang di Produksi di
Kelurahan Bahari Kecamatan Medan Belawan Tahun
2015
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Terstruktur Semester Genap
Matakuliah Toksikologi dan Hygiene
Dr.Ir. Dwi Setijawati, M.Kes

Kelas T01

Oleh:

Nama : Aulia Khumairoh
NIM : 155080300111057

FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

MALANG

2017

i

Sekian dan terimakasih. Akhirnya. KATA PENGANTAR Alhamdulillah.1 April 2017 Penulis ii . Oleh karena itu penyusun dengan tangan terbuka menerima saran dan kritik dari pembaca sekalian demi memperbaiki penulisan lain di kemudian hari. puji dan syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi rahmat. semoga makalah ini dapat mendatangkan manfaat bagi semua pihak. Selain itu sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan memotivasi mahasiswa dalam memahami materi Toksikologi dan Hygiene. Penyusun menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini. serta kasih sayang terbesar-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Analisis Kandungan Merkuri (Hg) dan Cadmium (Cd) Pada Beberapa Jenis Ikan Asin Yang di Produksi di Kelurahan Bahari Kecamatan Medan Belawan Tahun 2015. karunia. Penyusunan makalah ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas terstruktur mata kuliah Toksikologi dan Hygiene pada Semester Genap Tahun 2016/2017. Sabtu.

............................................................... 2 BAB II PEMBAHASAN 2.......................................... 14 DAFTAR PUSTAKA iii ......1 Latar belakang .................6 Dampak Logam Berat Hg Dan Cd ................ 2 1.................................................................................................................................................................2 Rumusan masalah ...........3 Diagram Pencemaran Kandungan Logam Berat Hg Dan Cd Di Laut Belawan ............................................................................................................................................................................. 14 3..3 Tujuan........................................................................................................................1 Kesimpulan......................................5 Kandungan Logam Berat Hg Dan Cd Pada Di Laut Belawan ....................................................................................2 Saran ...................................................... 13 BAB III PENUTUP 3.............................4 Pencemaran logam Berat Hg Dan Cd Di Laut Belawan .......... 12 2............ 5 2............. 1 1.......................1 Pencemaran Air ..2 Logam berat pada perairan ... Daftar isi Kata pengantar ............. 9 2............................. 3 2............. 8 2. iii BAB I PENDAHULUAN 1............7 Solusi Untuk Meminimalisir Limbah Merkuri dan Cd ........................................................................................................................ 9 2....... ii Daftar isi ................................................................................................................................

zat. Pencemaran adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup. Hal ini disebabkan di daerah aliran sungai ini. baik akibat penggunaan airnya untuk konsumsi sehari-hari maupun ketika mengkonsumsi biota air tawar yang hidup di perairan tercemar tersebut. Sedangkan definisi pencemaran menurut UU No. BAB I PENDAHULUAN 1. energi dan atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia. 1 . Banyak laporan yang memberikan fakta betapa berbahayanya pencemaran lingkungan terutama oleh logam berat pada kawasan perairan. mulai dari daerah kecamatan Medan Timur sampai kecamatan Medan Belawan terdapat beberapa industri yang merupakan kontributor utama logam berat Logam berat yang terdapat pada laut belawan secara tidak langsung akan terakumulasi pada ikan dan akan tentunya ikan tersebut akan dikonsumsi oleh manusia yang mana efeknya akan mengganggu kesehatan manusia. Laut belawan merupakan salah satu muara buangan limbah industri logam yang berdomisili di sepanjang alur sungai Deli sebelah Utara Kotamadya Medan. zat. energi dan atau komponen lain ke dalam lingkungan dan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas menurun sampai ketingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan jadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi. timbulnya penyakit “itaiitai”( Ouch-ouch) yang menyebabkan para nelayan dan keluarganya terkena keracunan kronis akibat logam berat Cd dan mengakibatkan kematian manusia 100 .32 tahun 2009. pencemaran lingkungan terjadi karena masuknya atau dimasukkannya mahluk hidup. sehingga melampaui baku mutu lingkungan hidup yang telah ditetapkan. Kasus yang dilaporkan pertama kali di Jepang.1 Latar Belakang Pencemaran logam berat sangat berbahaya bagi lingkungan.

Mendeskripsikan Logam berat pada perairan 3. Mendeskripsikan Dampak Logam Berat Hg Dan Cd 7.1. Mendeskripsikan Solusi Untuk Meminimalisir Limbah Merkuri dan Cd 2 . Bagaimana diagram Pencemaran Kandungan Logam Berat Hg Dan Cd Di Laut Belawan? 4.3 Tujuan 1. Apa yang disebut dengan pencemaran air? 2. Mendeskripsikan Pencemaran logam Berat Hg Dan Cd Di Laut Belawan 5. Bagaimana penjelasan tentang macam-macam logam berat pada perairan? 3. Mendeskripsikan Diagram Pencemaran Kandungan Logam Berat Hg Dan Cd Di Laut Belawan 4. Mendeskripsikan Kandungan Logam Berat Hg Dan Cd Pada Di Laut Belawan 6. Bagaimana Solusi Untuk Meminimalisir Limbah Merkuri dan Cd? 1. Apa Kandungan Logam Berat Hg Dan Cd Pada Di Laut Belawan? 6 Bagaimana Dampak Logam Berat Hg Dan Cd ? 7. Mendeskripsikan Pencemaran Air 2. Bagaimana Pencemaran logam Berat Hg Dan Cd Di Laut Belawan? 5.2 Rumusan Masalah 1.

20/1990 tentang Pengendalian Pencemaran Air. 23/1997. seperti pencemaran air. BAB II PEMBAHASAN 2. tetapi secara umum dapat dikategorikan menjadi 2 (dua) yaitu sumber kontaminan langsung dan tidak langsung. Banyak penyebab sumber pencemaran air. rumah tangga dan sebagainya. pencemaran lingkungan hidup tidak pernah ditunjukkan secara utuh. angka 2). pencemaran air laut. pencemaran air tanah dan pencemaran udara. Kontaminan dari atmosfir juga berasal dari aktifitas manusia yaitu pencemaran udara yang menghasilkan hujan asam. Sumber langsung Dapat berupa bahan yang berasal dari industri. zat. Pada dasarnya sumber pencemaran air berasal dari industri. definisi pencemaran air mengacu pada definisi lingkungan hidup yang ditetapkan dalam UU tentang lingkungan hidup yaitu UU No. energi dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya” (Pasal 1. pencemaran air didefinisikan sebagai : “pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya mahluk hidup. Dalam praktek operasionalnya. rumah tangga (pemukiman) dan pertanian dapat dikelompokkan sebagai bahan buangan: 3 . Dengan demikian.Dalam PP No. TPA sampah. melainkan sebagai pencemaraan dari komponen-komponen lingkungan hidup.1 Pencemaran Air Pengertian pencemaran air juga didefinisikan dalam Peraturan Pemerintah. air tanah atau atmosfir berupa hujan. rumah tangga (pemukiman) dan pertanian. sebagai turunan dari pengertian pencemaran lingkungan hidup yang didefinisikan dalam undang-undang. Sumber tak langsung merupakan kontaminan yang memasuki badan air dari tanah. Tanah dan air tanah mengandung sisa dari aktivitas pertanian misalnya pupuk dan pestisida. komponen pencemaran air yang berasal dari industri.

air raksa atau merkuri (Hg). Arsen (As). umumnya adalah logam. misalnya sampah. Bahan buangan organic dan olahan bahan makanan Bahan buangan organic umumnya berupa limbah yang dapat membusuk atau terdegradasi oleh mikroorganisme. maka bila didegradasi akan terurai menjadi senyawa yang mudah menguap dan berbau busuk (misal. maka akan terjadi peningkatan jumlah ion logam dalam air. Bahan buangan cairan berminyak Bahan buangan berminyak yang dibuang ke air lingkungan akan mengapung menutupi permukaan air. NH3). Magnesium (Mg) dll. Cadmium (Cd). pengendapan ataupun pembentukan koloidal. b. Kadar BOD dalam hal ini akan naik. Apabila masuk ke perairan. Umumnya buangan olahan makanan mengandung protein dan gugus amin. baik yang kasar atau yang halus.Buangan tersebut bila dibuang ke air menjadi pencemaran dan akan menimbulkan pelarutan. Bahan buangan anorganik Bahan buangan anorganik sukar didegradasi oleh mikroorganisme. Demikian pula untuk buangan olahan bahan makanan yang sebenarnya adalah juga bahan buangan organic yang baunya lebih menyengat. Nikel (Ni).a. d. maka akan terjadi penguapan 4 . Calsium (Ca). Bahan buangan anorganik ini biasanya berasal dari limbah industri yang melibatkan penggunaan unsure-unsur logam seperti timbal (Pb). Bahan buangan padat Yang dimaksud bahan buangan padat adalah adalah bahan buangan yang berbentuk padat. c. sehingga bila dibuang ke perairan akan menaikkan populasi mikroorganisme. Tidak tertutup kemungkinan dengan berambahnya mikroorganisme dapat berkembang pula bakteri pathogen yang berbahaya bagi manusia. Jika bahan buangan minyak mengandung senyawa yang volatile.

Akibatnya akan terjadi kematian pada ikan atau akan terjadi kerusakan ekosistem. namun juga akan mempercepat proses biologis pada tumbuhan dan 14 hewan bahkan akan menurunkan tingkat oksigen dalam air. Logam ini digunakan sebagai katalis untuk berbagai industry dan juga campuran untuk bahan industry plastik. sampo dan bahan pembersih lainnya). b. Untuk itu. f. dan luas permukaan minyak yang menutupi permukaan air akan menyusut. Penggunaan besar-besaran dimulai sejak digunakan pada industry khlor alkali dalam bentuk methyil merkuri. Bahan pemberantas hama (insektisida). tetapi dalam bahan pencemar air ini akan dikelompokkan menjadi : a.2 Logam berat pada perairan a. Sebaiknya industri-industri jika akan membuang air buangan ke perairan harus memperhatikan hal ini. d. Zat warna kimia. Lapisan minyak pada permukaan air dapat terdegradasi oleh mikroorganisme tertentu. Sabun (deterjen. Merkuri (Hg) Merkuri merupakan unsur yang stabil jika terdapat dalam bentuk alami dengan berbagai senyawa seperti Cinnabar (HgS). c. Bahan buangan zat kimia Bahan buangan zat kimia banyak ragamnya. tetapi membutuhkan waktu yang lama. Zat radioaktif 2. Berbentuk cair pada suhu kamar dan mampu menghantarkan arus sangat baik. Pencemaran merkuri umumnya terjadi ketika 5 . Bahan buangan berupa panas (polusi thermal) Perubahan kecil pada temperatur air lingkungan bukan saja dapat menghalau ikan atau spesies lainnya. Penyusutan minyak ini tergantung pada jenis minyak dan waktu. polusi thermal inipun harus dihindari. e.

limbah merkuri ini terlepas ke fluida air dan udara. Pada permukaan bumi. Timbal (Pb) Di Indonesia timbal lebih dikenal sebagai Galena atau Galenda karena memang senyawa yang mudah ditemukan adalah Galena (PbS). Pemukiman padat penduduk menghasilkan limbah rumah tangga yang mereka buang langsung ke perairan. Melalui system rantai makanan. pemukiman padat penduduk dan pertanian. Tingginya kandungan logam berat ini disebabkan oleh aliran yang berada di dekat kawasan industri seperti baterai/aki. trivalen) > arsenates (inorganik.Dalam perairan. hal ini membawa pengaruh pada pencemaran logam berat Cu . b. sungai dan mengkontaminasi biota di dalamnya. trivalen) > arsenoxides (organik. c. pentavalen) > 6 . dan unsur ke-12 berbahaya bagi manusia. Senyawa ini labil dalam bentuk oksida dan tingkat racunnya sama seperti yang dimiliki oleh beberapa elemen lainnya.Tembaga (Cu) Daerah yang biasanya dapat menghasilkan limbah tembaga ini adalah daerah pada padat penduduk. Dimana merupakan logam lunak yang berwarna kebiruan merupakan logam sangat toxic dan tidak dapat terurai menjadi zat lain sehingga jika terpapar ke lingkungan tentunya sangat berbahaya bagi mahluk hidup. Tingkat toksisiti senyawa ini adalah arsines > arsenites (inorganik. namun demikian arsenik lebih populer dikenal sebagai raja racun dibandingkan kapasitasnya sebagai komponen essensial. d. ke-14 di lautan. industri pipa PVC. sangat tergantung pada bentuk struktur kimianya. Air terjadi ketika dilepas ke danau. ikan kecil akan dimakan oleh strata di atasnya dan ini terus berakumulasi sehingga di tingkatan paling atas maka konsentrasi merkuri akan jauh lebih tinggi.Arsenik (As) Arsenik diakui sebagai komponen essensial bagi sebagian hewan dan tumbuh- tumbuhan. kadar Pb dari hulu ke hilir makin lama makin meningkat seiring dengan bertambahnya polutan yang masuk kedalam air sungai. arsenik berada pada urutan ke-20 sebagai element yang berbahaya.

01 ppm. sedangkan bagi Indonesia dan negara Asia lainnya angka tersebut masih 0. Namun demikian. pernafasan. Arsenik dapat berikatan kuat dengan gugus thiol dan protein.05 menjadi 0. 7 . Biasanya kobal yang terkandung di tanah diperkirakan sebesar 10 ppm.3×10-3 mol/kg. serta ginjal. Di beberapa negara Asia. sebagai komponen esensial. Proses alam seperti berbagai fluktuasi cuaca mengakibatkan batu-batuan dan gunung berapi memberikan kontribusi yang besar ke lingkungan. seperti Jepang dan Jerman pada tahun 1993 telah mengubah batas maksimum yang diizinkan untuk kandungan arsenic di perairan dari 0. pembangkit tenaga listrik. gangguan pada urat saraf. pertambangan minyak.keramik. Senyawa methylated arsenik memiliki tingkat racun yang sangat rendah dibanding dengan senyawa arsenik lainnya. pestisida.Kobal (Co) Logam berat ini memiki tingkat racun yang tinggi terhadap tumbuhan. arsenik tidak menghambat system enzim. menyebabkan penurunan kemampuan koordinasi penggerak. Kontaminasi ini terus akan berkembang sejalan dengan meningkatnya usaha pengeksplorasian berbagai sumber alam di mana arsenik terdapat di dalamnya. e. peleburan logam dan pabrik-pabrik pupuk. kontaminasi arsenik telah tersebar secara luas seperti yang dilaporkan oleh team survey dari Asia Arsenic Network (AAN). emas. Dosis kematian (LD50) bagi tikus sebesar 1.05 ppm. Oleh karenanya beberapa negara.methylated arsenik. dan batubara. Kebanyakan tumbuhan memerlukan cairan elemen ini dalam konsentrasi tidak lebih dari 1 ppm. Tingkat racunnya adalah monomethylated arsenik (MMA) > dimethylated arsenik (DMA) > trimethylated arsenik (TMA) » 0. Disamping itu masuknya arsenik dalam jumlah besar ke lingkungan berasal dari sumber-sumber lainnya yang meliputi.

3 Diagram Pencemaran Kandungan Logam Berat Hg Dan Cd Di Laut Belawan Industri Logam Limbah Cd Hg Pembuangan Limbah ke Sungai Logam berat Bermuara di Laut Belawan Methanobacterium ommenlanski senyawa merkuri anorganik berubah menjadi metil merkuri metil merkuri dikonsumsi oleh ikan dan kerang ikan dan kerang terpapar logam berat Diolah menjadi ikan asin Ikan asin mengandung logam berat Berbahaya jika dikonsumsi manusia Keracunan Cadmium Keracunan Merkuri 8 .2.

Pasda perairan laut.sering sekali terpapar oleh komponen anorganik seperti logam berat. Beberapa jenis logam tersebut akan mecemari perairan serta dapat meracuni biota di sepanjang perairan.Diantaranya adalah industri logam dimana industry- industri tersebut merupakan salah satu faktor penyumbang logam berat.Kandungan logam berat yang terdapat pada aliran sungai.lama-kelamaan akan bermuara pada laut dengan jumlah dan konsentrasi yang tentunya lebih banyak.tentunya sebagian besar akan membuang limbah sisa hasil produksi mere ke saerah-daerah aliran sungai seperti sungai dan laut.Tentunya dengan pembuangan limbah tersebut akan berdampak kepada hewan yang hidup pada lingkungan tersebut. arsenik (As). Di laut belawan yang bertempat di alur sungai Deli.4 Pencemaran Kandungan Logam Berat Hg Dan Cd Di Laut Belawan Dalam sebuah Industri.Jenis logam berat yang biasanya ikut terbuang antara lain merkuri (Hg). Medan dimana di sepanjang sungainya terdapat beberapa macam industry. 2.al (2015) menunjukkan bahwa ikan yang sudah mengalami pengawetan seperti penggaraman terbukti positif mengandung logam berat seperti merkuri (hg) dan kadmium (cd) a. Kadmium (Cd). Seebagai contohnya adalah merkuri.5 Kandungan Logam Berat Hg Dan Cd Pada Di Laut Belawan Dari hasil penilitian sitonga et. dengan adanya bantuan dari methanobacterium ommenlanski maka senyawa dari merkuri anorganik akan diubah menjadi metil merkuri yang dikonsumsi oleh ikan dan kerang di daerah tersebut. Hasil Pemeriksaan Kandungan Merkuri (Hg) Secara Kualitatif Beberapa Jenis Ikan Asin yang Diproduksi di Kelurahan Bahari Kecamatan Medan Belawan Tahun 2015 9 . Merkuri 1. khromium (Cr) dan nikel(Ni).merkuri merupakan salah satu logam berat ini merupakan limbah dengan wujud sebagai limbah cair yang terbuang ke laut. 2. timbal (Pb).

sedangkan terendah terdapat pada ikan Gembung yaitu sebanyak 0.00084719 ppm. Rendahnya kandungan merkuri pada ikan Gembung mungkin disebabkan karena ikan Gembung termasuk ikan yang hidup di laut dalam. di atas dapat dilihat bahwa pemeriksaan secara kualitatif untuk beberapa jenis ikan asin yang ddiproduksi di kelurahan Bahari kecamatan Medan Belawan menunjukan hasil positif adanya kandungan Merkuri. Hasil Pemeriksaan Kandungan Merkuri(Hg) Secara Kuantitatif Beberapa Jenis Ikan Asin yang Diproduksi di Kelurahan Bahari Kecamatan Medan Belawan Tahun 2015 Dapat dilihat bahwa kandungan merkuri tertinggi terdapat pada ikan Gulama yaitu sebanyak 0. Tingginya kandungan merkuri pada ikan Gulama disebabkan ikan gulama adalah ikan jenis pelagis yang tinggal di permukaanikan pelagis kecil yang hidup di permukaan air umumnya pemangsa zooplankton sehingga apabila makanannya sudah terkontaminasi logam berat. Sedangkan kandungan terendah terdapat pada ikan Gembung yaitu 0.000846. 2. maka pada ikan tersebut akan terakumulasi logam berat dalam jumlah yang lebih besar.0576905 ppm. lautan dapat melarutkan dan menyebarkan logam-logam 10 .

2.003 ppm.480 ppm yang juga melebihi nilai ambang batas yang ditetapkan oleh BPOM dan kandungan kadmium (Cd) yang terendah terdapat pada ikan Kresek (Trissa Mytax) yaitu sebanyak 0. terutama di daerah laut dalam b. berat tersebut sehingga konsentrasinya menurun. Hasil Pemeriksaan Kandungan Kadmium(Cd) Secara Kuantitatif Beberapa Jenis Ikan Asin yang Diproduksi di Kelurahan Bahari Kecamatan Medan Belawan Tahun 2015 dapat dilihat bahwa kandungan kadmium (Cd) tertinggi terdapa pada ikan Lemuru (Sardinello Aurta) yaitu 0. Ikan Lemuru 11 . Cadmium 1. Hasil Pemeriksaan Kandungan Kadmium (Cd) Secara Kualitatif Beberapa Jenis Ikan Asin yang Diproduksi di Kelurahan Bahari Kecamatan Medan Belawan Tahun 2015 dapat dilihat bahwa pemeriksaan secara kualitatif untuk beberapa jenis ikan asin yang ddiproduksi di kelurahan Bahari kecamatan Medan Belawan menunjukan hasil positif adanya kandungan Kadmium(Cd).

ikan merupakan jenis organisme air yang dapat bergerak dengan cepat di dalam air.14% didalam hati. Keracunan Cadmium Cadmium adalaha logam yang berwarna putih keperakan. Sedangkan kandungan Kadmium (Cd) terendah terdapat pada ikan Kresek yaitu 0. Bagi manusia. mempunyai kandungan Kadmium (Cd) berada di atas nilai ambang batas yaitu 0.3%didalam pancreas.6 Dampak Logam Berat Hg Dan Cd a. 2.Cadmium secara langsung dan tidak langsung dapat mempengaruhi kinerja otot polos.Menurut studi yang dilakukan di amerika.Pada percobaan hewan.2% didalam paru0paru.Oleh karena itu cadmium dapat diarbsorbsi tubuh dalam jumlah yang tidak terbatas karena tidak adanya mekanisme tubuh yng dapat membatasinya.menunjukkan bahwa 30 mg Cd didalam tubuh.0.Samasekali tidak memerlukannya dalam proses metabolisme.cadmium sebenarnya adalah logam asing bagi tubuh. Daerah laut dangkal yang sering mengalami pencemaran berat disebabkan karena proses pencemaran yang berjalan sangat lambat . .003 ppm.Cadmium banyak dipakai dalam proses electroplating dan sebagai stabilizer dan pembuatan polivinil klorida.ikan lemuru termasuk pada kelompok ikan pelagis yang hidup di laut dangkal dan pada siang hari sering muncul di dekat permukaan. Ikan kresek juga termasuk ikan yang hidup di laut dangkal akan tetapi mempunyai kandungan Kadmium (Cd) yang terendah.menunjukkan bahwa kematian dapat terjadi karena gagal jantung.Cadmium terdapat pada limbah berbagai jenis pertambangan logam..33% didalam ginjal.hati dan sebagian akan dikeluarkan melalui saluran pencernaan.480 ppm. 12 . ikan mempunyai kemampuan menghindarkan diri dari pengaruh polusi. Karena dapat bergerak dengan cepat.lunak dan tahan korosi.Apabila cadmium masuk kedalam tubuh maka sebagian besar akan berkumpul kedalam ginjal.

klor alkali. Memisahkan saluran limbah cair dengan saluran limpahan air hujan 13 .pabrik germisida.Merkuri banyak dipakai pada pabrik alat listrik. 2. kebutaan . Memasang alat ukur debit 3.bersifat mudah menguap.terutama akibat terpapar dalam jangka waktu yang lama. Keracunan Merkuri (Hg) Merkuri (Hg) merupakan logam berbentuk cair pada suhu 250C dan membeku pada suhu -390C.campuran cat.mudah bercampur dengan logam lain .Jika terkena keracunan merkuri maka sukar untuk menyembuhkannya.banyak tertimbun didaerah pertambangan.hipersensitifitas.baterai.Berikut ini adalah beberapa ketentuan dalam membangun IPAL: 1. sehingga menimbulkan kelumpuhan. b.biasanya pada setiap industri wajib membuat instalasi pegolahan air limbah (IPAL).mudah mengalirkan listrik.Keracunan menahan senyawa ini mengakibatkan rusaknya susunan syaraf pusat.7 Solusi Untuk Meminimalisir Limbah Merkuri dan Cd Untuk menangani atau mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh merkuri dan Cadmium. Saluran pembuangan limbah cair harus kedap air sehingga tida terjadi perembesan keluar lingkungan 2.peralatan laboratorium dan pabrik farmasi. erupsi kulit yang parah bahkan kematian.

Logam berat dapat berupa merkuri (Hg). 3. 3. BAB III PENUTUP 3.2 Saran Semoga penelitian tentang dampak dampak logam berat seperti Cadmium dan merkuri lebih ditingkatkan mengingat pentingnya ekosistem dalam kehidupan serta demi kesehatan manusia 14 . pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya mahluk hidup. zat. arsenik (As). 4. energi dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya 2. khromium (Cr) dan nikel(Ni). Cadmium (Cd).1 Kesimpulan 1. Produk ikan meskipun telah dilakukan proses pengawetan tetap terdapat kandungan merkuri dan cadmium didalamnya. Untuk meminimalisir dampak Cadmium dan merkuri dapat dilakukan dengan cara membuat instalasi pegolahan air limbah (IPAL) yang baik dan benar. timbal (Pb).

P.Bioakumulasi Logam Cd.Naria.Hasan.. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan.1997.Pb dan Zn Pada Beberapa Bagian Tubuh Ika Gulama(Sciaena ruselli) dari Perairan Dumai..Irene.F.H.M. Analisis Kandungan Merkuri (Hg) dan Cadmium (Cd) Pada Beberapa Jenis Ikan Asin Yang di Produksi di Kelurahan Bahari Kecamatan Medan Belawan Tahun 2015. Kandungan Logam Berat Timbal(Pb) Pada Air..Kartikaningsih.Batas Maksimum Cemaran Logam Berat dalam Bahan Pangan Ginting...Tri.Sedimen dan Kerang Darah (Anadara granosa) di Pantai Belawan Provinsi Sumatera Utara. Universitas Brawijaya Malang Silitonga.Universitas Sumatera Utara Nurrrachmi.Tingkat Kandungan Logam Berat Timbal (Pb) dan Tembaga (Cu) di Sungai Belawan Kecamatan Medan Sunggal Kota Medan.W.. 15 ..2011.A.Studi Pencemaran Merkuri dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Masyarakat di Daerah Mundu Kabupaten Indramayu.Athena..Aryalan.Patana.Universitas Sumatera Utara Setijawati.Habibi.Fakultas Pertanian.Diktat Kuliah Toksikologi dan Hygene.Rahmad.Lubis.N. Departemen Kesehatan Masyarakat.Fakultas Pertanian.E.2005.Yunasfi.Dalimunthe.Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan..Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan.Jurusan Ilmu Kelautan.2014.2009.Maspri Journal Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2001 Tentang Pengelolaan Kualitas Air Dan Pengendalian Pencemaran Air Ritonga..2015.M.Universitas Sumatera Utara Tugaswati.A.Nurmatias.Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan.Jurnal Penelitia Kesehatan 25(2):1-9. DAFTAR PUSTAKA Badan Standar Nasional Indonesia..Universitas Riau.Amin.B.Cu.Riau.dwi. Fakultas Kesehatan Masyarakat.B.

Related Interests