PLTPB

(Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi)

Kelompok 6
Sandi Suharyadi : 151910201002
Dio Firman P. : 151910201059
Fitra Elbi A. : 151910201070

FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS JEMBER
2016
KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan segala rahmat, nikmat serta hidayah-Nya, sehingga penulis dapat
menyelesaikan penyusunan makalah ini dengan baik. Adapun laporan ini disusun
sebagai tugas matakuliah Pengantar Teknik Lingkungan.
Dalam usaha menyelesaikan makalah ini, penulis menyadari sepenuhnya akan
keterbatasan waktu dan pengetahuan sehingga tanpa bantuan dan bimbingan dari
semua pihak tidak mungkin berhasil dengan baik. Oleh karena itu, pada
kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak
yang terlibat dalam suksesnya penyusunan makalah ini

2 Saran DAFTAR PUSTAKA .1 Sumber Daya Panas Bumi 2.4 Teknologi dan Prinsip Kerja PLTP 2.2 Rumusan Masalah 1.3 Tujuan BAB II PEMBAHASAN 2.5 Energi Panas Bumi di Indonesia 2.3 Prinsip kerja PLTP secara umum 2.9 Dampak PLTP Terhadap Lingkungan BAB III KESIMPULAN DAN SARAN 3.8 Kelebihan dan Kelemahan PLTP 2.6 Potensi Panas Bumi di Indonesia 2. 3 November 2016 Penyusun DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN 1. maka penulis menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan walaupun demikian penulis berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca umumnya dan bagi penulis khususnya.7 Potensi Panas Bumi di luar Indonesia 2. Mengingat keterbatasan kemampuan yang penulis miliki.1 Kesimulan 3.1 Latar Belakang 1. Jember.2 Langkah Konsevasi Energi Panas Bumi 2.

pembangkit listrik berbahan dasar minyak bumi. Saat harga minyak bumi melambung seperti saat ini. kita merupakan negara dengan sumber energi panas bumi terbesar di Dunia. Inggris. Latar Belakang Kebutuhan energi primer Indonesia meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan ekonomi. pemerintah melalui PLN akan melaksanakan program percepatan pembangunan pembangkit listrik nasional 10. sejak 2005 AS sudah sibuk dengan riset besar mereka di bidang geotermal. 1.000 MW tahap ke-II yang salah satu prioritas sumber energi-nya adalah panas bumi (Geothermal). Jepang. batubara 14. Dengan kata yang lebih ekstrim. Oleh karena itu. Kebutuhan energi primer tersebut sebagian disuplai oleh energi fosil.memerlukan 105 juta barel minyak bumi.Hal ini menyebabkan peningkatan pada kebutuhan energi primer dan listrik.4% minyak bumi. Panas bumi di Indonesia mudah didapat secara kontinu dalam jumlah besar. Prancis. Saat ini panas bumi (geotermal) mulai menjadi perhatian dunia. Rumusan Masalah 1. Bagaimana prinsip kerja dari pembangkit listrik tenaga panas bumi? . untuk mengurangi krisis energi nasional kita. Namun.1 % dan sisanya adalah energi baru dan terbarukan.1.dan jauh lebih murah biaya produksinya daripada minyak bumi atau batu bara. Jerman. Italia.tidak terpengaruh cuaca. Beberapa pembangkit listrik bertenaga panas bumi sudah dimanfaatkan di banyak negara seperti Amerika Serikat (AS). Kita memiliki potensi energi panas bumi sebesar 27.2. panas bumi menjadi salah satu energi alternatif yang tepat bagi pembangkit listrik di Indonesia. Bahkan. Swedia. Berdasarkan data Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia. sementara pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) hanya mengolah sumber panas yang tersimpan di reservoir perut bumi. yaitu Enhanced Geothermal Systems (EGS). BAB I PENDAHULUAN 1. gas alam 26.5%. yang pada tahun 2003 terdiri dari 54.000 MW yang tersebar di 253 lokasi atau mencapai 40% dari cadangan panas bumi dunia. Swiss.Australia. hanya sekitar kurang dari 4% yang baru dimanfaatkan. Apa yang dimaksud dengan pembangkit listrik tenaga panas bumi? 2. Selandia Baru.Untuk menghasilkan 330 megawatt (MW).

bumi hingga kini masih mempunyai inti panas sekali yang meleleh.1 Sumber Daya Panas Bumi Menurut salah satu teori. Tujuan 1. Apa saja dampak positif dan negatif dari pembangkit listrik tenaga panas bumi? 1. air dibawah tanah bersinggungan dengan panas di perut bumi dan menimbulkan suhu tinggi dan . Karenanya. Dibanyak tempat. Kegiatan-kegiatan gunumg berapi dibanyak tempat dipermukaan bumi dipandang sebagai bukti dari teori ini. 3. Mengetahui prinsip kerja dari pembangkit listrik tenaga panas bumi 3.3. Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari pembangkit listrik tenaga panas bumi 4. Magma yang menyebabakan letusan-letusan vulkanik juga menghasilkan sumber–sumber uap dan air panas pada permukaan bumi. Mengetahui apa yang dimaksud dengan pembangkit listrik tenaga panas bumi 2. Apa kelebihan dan kekurangan dari pembangkit listrik tenaga panas bumi? 4. pada prinsipnya bumi merupakan pecahan yang terlempar dari matahari. Mengetahui dampak positif dan negatif dari pembangkit listrik tenaga panas bumi BAB II PEMBAHASAN 2.

inti keras yang mempunyai garis tengah sekitar 2600 Km. Sebab kedua bahwa bumi mengandung banyak bahan radioaktif seperti Uranium-238. Bahan – bahan radioaktif ini membangkitkan jumlah panas yang tinggi. lahar panas dan aliran uap. Panas tersebut dengan sendirinya berusaha untuk mengalir keluar. Panas inti mencapai 5000 0C lebih. mantel bumi (mantle) merupakan lapisan yang semi-cair atau batuan yang meleleh atau sedang mengalami perubahan fisik akibat pengaruh tekanan dan temperatur tinggi disekitarnya. atau menyemprotkan air dingin hingga bersinggungan dengan karang kering yang panas untuk memanaskannya menjadi uap.1. Inti ini terdiri atas inti cair atau inti meleleh.Ia mengalir kepermukaan sebagai air panas. Bagian paling luar adalah lapisan kulit/kerak bumi (crust). yang mencapai 2000 Km. akan tetapi ditahan oleh mantel yang . Kemudian lapisan terdalam dari inti bumi (inner core) berwujud padat. Bagian berikutnya dinamakan mantel. Sehingga kepadatan bumi menjadi lebih besar sebelah dalam. sehingga bagian yang tengah menjadi paling terdesak. dan yang berbatasan dengan inti bumi yang panas sekali. Gambar 2. Tebalnya rata-rata 30-40 Km atau lebih didaratan.. Diperkirakan ada dua sebab mengapa inti bumi itu panas. Kita bisa menggunakan tidak hanya hembusan alamiah tetapi dapat membor hingga bagian dasar uap. dan dilaut antara 7 dan 10 Km. Pertama disebabkan tekanan yang begitu besar karena gravitasi bumi mencoba mengkompres atau menekan materi. yang terdiri atas batu yang dalamnya mencapai kira-kira 3000 Km.1 isi perut bumi Pada dasarnya bumi terdiri dari tiga bagian sebagaimana terlihat pada Gambar 2. Uranium-235 dan Thorium-232.tekanan tinggi. Bagian luar dari inti bumi (outer core) berbentuk liquid.

yaitu kearah permukaan bumi. yang biasanya disebut fumarole atau geyser serta sumber air panas. Bila diatas lapisan batu berpori terdapat satu lapisan batu padat. Gambar 2. yaitu batu mempunyai banyak lubang kecil.mengelilinginya. Gambar 2. Dipermukaan bumi sering terdapat sumber-sumber air panas. Bila lapisan batu berpori ini berisi air. atau resapan air danau maka air itu turut dipanaskan oleh lapisan batu padat yang panas itu. bahkan dapat terbentuk uap dalam lapisan batu berpori. Panas itu datangnya dari batu-batu yang meleleh atau magma yang menerima panas dari inti bumi.3 memperlihatkan secara skematis terjadinya sumber uap. atau resapan air hujan. yang berasal dari air tanah. maka lapisan batu berpori berfungsi sebagai boiler. Diatas batu padat terletak suatu lapisan batu berpori. Menurut perkiraan rata-rata panas yang mencapai permukaan bumi adalah sebesar 400kkal/m2 setahun. fumarola. geyser dan sulfatora.2 Langkah Konsevasi Energi Panas Bumi . Magma yang terletak didalam lapisan mantel. Bila panasnya besar. memanasi lapisan batu padat.2 skema terjadinya sumber air panas dan sumber uap Gejala panas bumi pada umumnya tampak dipermukaan bumi berupa mata air panas. 2. Uap dan juga air panas bertekanan akan berusaha keluar. maka terbentuk air panas. Dalam hal ini keatas. bahkan sumber uap panas. uap alam yang bersuhu dan tekanan tinggi dapat diambil dari dalam bumi dan dialirkan kegenerator turbo yang selanjutnya menghasilkan tenaga listrik. Dengan jalan pengeboran.

es atau air hujan. Namun dengan perkembangan teknologi. biasanya sumber pemasok berasal dari air tanah. air laut. yang sering disebut sebagai Reservoir. air danau. makin besar ukuran dapur magma. Yang dapat digunakan untuk sumber pembangkit tenaga listrik dan dikomersialkan adalah yang masuk kategorihigh temperature. kita juga harus memperhitungkan umur panas bumi. dan Reservoir panas bumi biasanya diklasifikasikan ke dalam dua golongan yaitu  Reservoir yang bersuhu rendah (<150ºC) dan  Reservoir yang bersuhu tinggi (>150ºC). sehingga perhitungan umur panas bumi juga merupakan hal yang sangat penting terutama dalam hitungan keekonomiannya. kita tahu bahwa yang dimanfaatkan pada pembangkit listrik adalah uap air dari panas bumi dengan suhu dan tekanan tertentu. magma sebagai sumber panas akan menyalurkan panas yang cukup signifikan ke dalam batuan-batuan pembentuk kerak bumi. namun bukan berarti panas bumi memiliki umur tidak terbatas . tentu akan makin besar sumber daya panasnya dan semakin ekonomis untuk dikembangkan. Selain hal-hal diatas. Pembangkit listrik tenaga panas bumi dapat beroperasi pada suhu yang relatif rendah yaitu berkisar antara 122 s/d 4820 0F (50 s/d 250 0C). Selanjutnya adalah kondisi Hidrologi. sehingga kondisi hidrologi merupakan salah satu faktor penentu dalam hal ketersedian air. walaupun termasuk energi terbarukan. Kemudian yang perlu diperhatikan juga adalah volume batuan dibawah permukaan bumi yang mempunyai cukup porositas dan permeabilitas untuk meloloskan fluida sumber energi panas bumi yang terperangkap didalamnya. Kita mulai dari dapur magma. 2.4 Prinsip kerja PLTP secara umum . Langkah awal dalam mempersiapkan konservasi energi panas bumi yang pertama yaitu studi tentang sistem panas bumi terutama karaktersitik sumber panas bumi. sumber panas bumi dengan kategori low temperaturejuga dapat digunakan asalkan suhunya melebihi 50ºC. air connate. Bandingkan dengan pembangkit pada PLTN yang akan beroperasi pada suhu sekitar 10220 0F atau 5500 0C. sehingga sumber pemasok air harus diperhatikan dalam pengembangan energi panas bumi.

Nusatenggara dan kemudian membelok ke arah utara melalui Maluku dan Sulawesi. Pada tahun 1926 hingga tahun 1929 lima sumur eksplorasi dibor dimana sampai saat ini salah satu dari sumur tersebut. Bali. kemudian uap akan digunakan untuk menggerakkan turbin sehingga dihasilkan listrik. Prinsip kerja pembangkit listik tenaga panas bumi secara singkat adalah sbb: Air panas yang berasal dari steam sumur uap akan disalurkan ke Steam receiving header.5 Energi Panas Bumi di Indonesia Di Indonesia usaha pencarian sumber energi panasbumi pertama kali dilakukan di daerah Kawah Kamojang pada tahun 1918. Dari hasil survey dilaporkan bahwa di Indonesia terdapat 217 prospek panasbumi. 21 prospek di Nusatenggara. yaitu sumur KMJ‐3 masih memproduksikan uap panas kering atau dry steam. kemudian oleh separator air dengan uap dipisahkan. Kegiatan eksplorasi panasbumi di Indonesia baru dilakukan secara luas pada tahun 1972. 15 prospek di Maluku dan 5 prospek di Kalimantan. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi adalah Pembangkit Listrik (Power generator) yang menggunakan Panas bumi (Geothermal) sebagai energi penggeraknya. yaitu lempeng Pasifik. Pecahnya perang dunia dan perang kemerdekaan Indonesia mungkin merupakan salah satu alasan dihentikannya kegiatan eksplorasi di daerah tersebut. 2. Survey yang dilakukan selanjutnya telah berhasil menemukan beberapa daerah prospek baru sehingga jumlahnya meningkat menjadi 256 prospek. Sistim panas bumi di Indonesia umumnya merupakan sistim hidrothermal yang mempunyai temperatur tinggi (>225oC). Direktorat Vulkanologi dan Pertamina. yaitu di sepanjang jalur vulkanik mulai dari bagian Barat Sumatera. Ada tiga lempengan yang berinteraksi di Indonesia. 51 prospek di Sulawesi. hanya beberapa diantaranya yang mempunyai temperatur sedang (150‐ 225oC). terus ke Pulau Jawa. dengan bantuan Pemerintah Perancis dan New Zealand melakukan survey pendahuluan di seluruh wilayah Indonesia. 76 prospek di Jawa. yaitu 84 prospek di Sumatera. Terjadinya sumber energi panasbumi di Indonesia serta karakteristiknya dijelaskan oleh Budihardi (1998) sebagai berikut. 3 prospek di Irian. .

Pada kedalaman yang lebih besar jenis magma yang dihasilkan akan lebih bersifat basa dan lebih cair dengan kandungan gas magmatik yang lebih tinggi sehingga menghasilkan erupsi gunung api yang lebih kuat yang pada akhirnya akan menghasilkan endapan vulkanik yang lebih tebal dan terhampar luas. Oleh karena itu. Gambar 2. Hal ini menyebabkan proses magmatisasi di bawah Pulau Sumatera lebih dangkal dibandingkan dengan di bawah Pulau Jawa atau Nusatenggara.lempeng India‐Australia dan lempeng Eurasia. Tumbukan yang terjadi antara ketiga lempeng tektonik tersebut telah memberikan peranan yang sangat penting bagi terbentuknya sumber energi panas bumi di Indonesia. al. reservoir panas bumi di Pulau Jawa umumnya lebih dalam dan menempati batuan volkanik. sedangkan reservoir panas bumi di Sumatera terdapat di dalam batuan sedimen dan ditemukan pada kedalaman yang lebih dangkal.3 proses terjadinya energi panas bumi di indonesia . Karena perbedaan kedalaman jenis magma yang dihasilkannya berbeda. 1982) di bawah Pulau Sumatera. Tumbukan antara lempeng India‐Australia di sebelah selatan dan lempeng Eurasia di sebelah utara mengasilkan zona penunjaman (subduksi) di kedalaman 160 ‐ 210 km di bawah Pulau Jawa‐Nusatenggara dan di kedalaman sekitar 100 km (Rocks et.

seperti : 1.2.3 dengan kapasitas total 140 MW. 3. Potensi panas bumi di Jawa Barat mencapai 5411 MW atau 20% dari total potensi yang dimiliki Indonesia. PLTP Darajat. terdiri dari unit 1. Lebih lanjut dapat disimpulkan bahwa sistim panas bumi di Pulau Sumatera umumnya lebih dikontrol oleh sistim patahan regional yang terkait dengan sistim sesar Sumatera. Sebagian potensi panas bumi tersebut dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik.Sistem panas bumi di Pulau Sumatera umumnya berkaitan dengan kegiatan gunung api andesitisriolitis yang disebabkan oleh sumber magma yang bersifat lebih asam dan lebih kental. 2. sistim panas buminya lebih dikontrol oleh sistim pensesaran yang bersifat lokal dan oleh sistim depresi kaldera yang terbentuk karena pemindahan masa batuan bawah permukaan pada saat letusan gunung api yang intensif dan ekstensif.6 Potensi Panas Bumi di Indonesia Jawa Barat merupakan daerah yang memiliki potensi sumber daya panas bumi yang terbesar di Indonesia. 60 Km sebelah tenggara Bandung dengan Kapasitas 55 MW. Akibat dari sistim penunjaman yang berbeda.3.2. Nusatenggara dan Sulawesi umumnya berasosiasi dengan kegiatan vulkanik bersifat andesitis‐basaltis dengan sumber magma yang lebih cair. PLTP Kamojang didekata Garut. . memiliki unit 1. Potensi yang masih dapat dikembangkan sekitar 60 MW. sedangkan di Jawa sampai Sulawesi.5. lebih besar dibandingkan dengan permeabilitas reservoir pada lapangan‐lapangan panas bumi di Pulau Jawa ataupun di Sulawesi. sedangkan di Pulau Jawa. Karakteristik geologi untuk daerah panas bumi di ujung utara Pulau Sulawesi memperlihatkan kesamaan karakteristik dengan di Pulau Jawa. 2. Reservoir panas bumi di Sumatera umumnya menempati batuan sedimen yang telah mengalami beberapa kali deformasi tektonik atau pensesaran setidak‐tidaknya sejak Tersier sampai Resen. Hal ini menyebabkan terbentuknya porositas atau permeabilitas sekunder pada batuan sedimen yang dominan yang pada akhirnya menghasilkan permeabilitas reservoir panas bumi yang besar.6 dengan kapasitas total 330 MW. PLTP Gunung Salak di Sukabumi. tekanan atau kompresi yang dihasilkan oleh tumbukan miring (oblique) antara lempeng India‐Australia dan lempeng Eurasia menghasilkan sesar regional yang memanjang sepanjang Pulau Sumatera yang merupakan sarana bagi kemunculan sumbersumber panas bumi yang berkaitan dengan gunung‐gunung api muda.4.

Pemerintah mengalokasikan dana untuk melakukan eksploitasi sumber daya panas bumi di daerah baru serta membangun sistem transmisi pipa dari sumber panas bumi ke kota. Karakter produksi dan kualitas produksi akan berbeda dari satu area ke area yang lain. berkisar US$ 3. Krisis minyak tahun 1970-an memaksa Pemerintah Islandia untuk mengubah kebijakan energi mereka. Investasi untuk menggali energi panas bumi tidak sedikit karena tergolong berteknologi dan berisiko tinggi. seorang petani di Islandia Barat mengambil uap dari air panas yang mengalir di bawah tanah pertaniannya melalui pipa beton yang masuk ke rumahnya untuk digunakan sebagai air panas. Investasi untuk kapasitas di bawah satu MW. Penurunan produksi yang cepat.000 per kilowatt (kW). 2. . Dengan meningkatnya biaya penggunaan minyak bumi sebagai bahan bakar. merupakan karakter produksi yang harus ditanggung oleh pengusaha atau pengembang. dan berkembang pemanfaatannya di wilayah perkotaan pada tahun 1930-an. ditambah kualitas produksi yang kurang baik.500 per kW. Misalnya. desa dan wilayah peternakan. Pada tahun 1907. pemerintah berusaha mengganti minyak bumi dengan tenaga hidro dan panas bumi yang banyak terdapat di Islandia. Dalam hat ini. dapat menimbulkan banyak masalah di pembangkit. Apa yang dilakukan petani ini kemudian dicontoh petani-petani lain. PLTP Wayang Windu di Panggalengan dengan Kapasitas 110 MW. 4. harga jual per kWh yang ditetapkan PLN dinilai terlalu murah sehingga tak sebanding dengan biaya eksplorasi dan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP).7 Potensi Panas Bumi di luar Indonesia Energi panas bumi di Islandia ditemukan secara kebetulan.000-5.Dalam pembangkitan listrik.500-2. Sementara untuk kapasitas di atas satu MW. kandungan gas yang tinggi mengakibatkan investasi lebih besar. diperlukan investasi US$ 1. yaitu tujuh sen dollar AS per kWh. PLN tidak bisa disalahkan karena tarif dasar listrik yang ditetapkan pemerintah masih di bawah harga komersial. Walaupun pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) hanya mengolah sumber panas yang tersimpan di reservoir perut bumi. bukan berarti tidak memerlukan biaya.

Tidak memerlukan bahan bakar 5. Air panas dari mata air dipompa langsung ke keran menuju rumah untuk menghemat energi untuk pemanas air. Pemanfaatan panas bumi di Islandia dilakukan melalui metode yang sederhana. Uap yang dikeluarkan oleh sumber panas bumi kemudian digunakan untuk memutar turbin dan memompa air yang disalurkan ke pemukiman. Kelima PLTP tersebut adalah Pembangkit Svartsengi. Pada tahun 2010. Keberhasilan negara tersebut mengembangkan energi terbarukan menjadikan Islandia menghasilkan teknologi baru di bidang ini yang banyak diadopsi oleh negara-negara lain. negara-negara lain kembali kepada minyak bumi. Pembangkit Nesjavellir. Harga yang kompetitive . Solar cell dll) 4. Panas bumi juga dimanfaatkan untuk memanaskan trotoar dan tempat parkir agar bebas salju di musim dingin. dengan tetap berkomitmen untuk menyeimbangkan kebutuhan ekonomi terhadap dampak lingkungan. air panas bumi digunakan untuk memanaskan sekitar 90% gedung dan perumahan di Islandia. Keuntungan: 1. Saat ini tercatat lima Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) besar di Islandia untuk memenuhi sekitar 24% kebutuhan listrik negara berpenduduk 500. Pemerintah Islandia menargetkan listrik yang dihasilkan dari sumber panas bumi menjadi dua kali lipat dari sebelumnya. Pengeboran dilakukan di wilayah yang disinyalir sebagai sumber panas bumi. Ketika krisis minyak berakhir di tahun 1980-an.000 jiwa tersebut. Selain uapnya. Bebas emisi (binary-cycle). Pembangkit Krafla. namun Islandia tetap konsisten dengan pengembangan panas bumi dan terus membuat kemajuan dalam pengembangan energi terbarukan. 2.8 Kelebihan dan Kelemahan PLTP Adapun keuntungan dan kelebihan PLTP adalah sebagai berikut. Pembangkit Svartsengi dan Pembangkit Nesjavellir menghasilkan listrik dan air panas. dan Pembangkit Reykjanes. Dapat bekerja setiap hari baik siang dan malam 3. Sumber tidak fluktuatif dibanding dengan energi terbarukan lainnya (angin. Pembangkit Hellisheioi. sedangkan tiga lainnya hanya menghasilkan listrik 2.

Praktik modern menyuntikkan kembali fluida panas bumi ke dalam bumi untuk merangsang produksi. metana (CH4). Pembangunan pembangkit dapat juga merusak stabilitas tanah. Untuk teknologi dry steam dan flash masih menghasilkan emisi walau sangat kecil. memiliki manfaat sampingan mengurangi bahaya lingkungan ini. Pembangkit listrik tenaga panas bumi secara teoretis dapat menyuntikkan kembali gas-gas ini ke dalam bumi sebagai bentuk penangkapan dan penyimpanan karbon. arsenik. hidrogen sulfida (H2S). Proyek di Basel. diantaranya karbon dioksida (CO2). Pembangkit yang berada pada lokasi dengan tingkat asam tinggi dan memiliki bahan kimia yang mudah menguap. Sistem panas bumi yang ditingkatkan juga dapat memicu gempa akibat rekah hidrolik. Pembangkit listrik tenaga panas bumi yang ada saat ini mengeluarkan rata-rata 40 kg CO2per megawatt-jam (MWh). hujan asam. sehingga effiensi tidak merupakan faktor yg sangat penting. Swiss dihentikan karena lebih dari 10. seperti merkuri. 3.Kelemahan : 1. Bahan bahan kimia ini keluar dari larutan saat air mendingin dan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan jika dilepaskan. Pencemar-pencemar ini jika lepas ikut memiliki andil pada pemanasan global. Tanah amblas pernah terjadi di ladang Wairakei di Selandia Baru. dan bau yang tidak sedap serta beracun. Selain gas-gas terlarut. Cairan bersifat Korosif 2.dan garam-garam kimia.000 gempa berkekuatan hingga . hanya sebagian kecil dari emisi pembangkit berbahan bakar fosil konvensional. air panas dari sumber panas bumi mungkin juga mengandung sejumlah kecil bahan kimia beracun. biasanya dilengkapi dengan sistem kontrol emisi untuk mengurangi gas buangannya. namun karena tidak perlu bahan bakar. Effisiensi agak rendah.8 Dampak Terhadap Lingkungan Pencemaran Lingkungan Fluida yang ditarik dari dalam bumi membawa campuran beberapa gas. antimon. dan amonia (NH3). boron. 2.

Bahaya pengeboran panas bumi yang dapat mengakibatkan pengangkatan tektonik pernah dialami di Staufen im Breisgau.3. .4 Skala Richter terjadi selama 6 hari pertama penyuntikan air. Jerman.

3.2 Saran Dukung pemerintah untuk mengurangi krisis energi nasional yang salah satu nya dengan memanfaatkan sumber energi panas bumi Indonesia.1 Kesimpulan 1. dan binary cycle. 3. Teknologi PLTP dibedakan menjkadi 3 yaitu dry steam. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi adalah Pembangkit Listrik (Power generator) yang menggunakan Panas bumi(Geothermal) sebagai energi penggeraknya. BAB III KESIMPULAN DAN SARAN 3. . 2. PLTP memanfaatkan uap panas bumi sebagai pemutar generator. flash steam. Secara singkat Prinsip kerja PLTP : Panas tekanan tinggi digunakan untuk memutar turbin muncul beda potensial menghasilkan listrik 4.

”Tenaga Listrik Panas Bumi”.Pembangkit Tenaga Listrik.2009.Indonesia.com Wikipedia.”pembangkit-listrik-panas-bumi-2”. http://www. ITS:Surabaya. DAFTAR PUSTAKA Citrosiswoyo Wahyudi.go. Dunia.2009.html .wikipediaindo nesia. http://www.duniali strik.1996.id/berita/56-artikel/3150-islandia-negeri-es-yang- sukses-kembangkan-panas-bumi.”EnergiPanasBumi”.Listrik.pdf. Universitas Indonesia : Jakarta.com http://www.esdm. Kadir abdul.