qndahn!a ~uksesan:
Mel1ja~ikal1Hi~up Lebib
Bermakl1a

qnd"aftn!a ~uksesan: Menja~ikan Hi~up Lebib Bermakna .

ISBN: 979-3715-66-9 1. II. (Ht. Ar-Ra'd: 11) Penulis: Dr.. dalam surga Penerjemah: Fathurrahman Abdul Hamid Penyunting: Lukman Hakim yang tinggi.t. Covey).eom Ill'bahagiaan ketika kesuksesannya hanya ditopang oleh Cetakan: Ke-1.w. sampai mereka tahu makna sebenamya Judul Asli: Mut'ah an-NajGh kebahagiaan.W.Perpustakaan Nasianal RI: Katalog Oalam Terbitan (KOT) Akram Ridha Indahnya kesuksesan : menjadikan hidup lebih bermakna / Dr. Fathurrahman Abdul Hamid lngatlah firman Allah S. "Banyak muka pada hari itu I)('rseri-seri." (QS. Akram Ridha *** Edisi Indonesia: Indahnya Kesuksesan : Menjadikan Hidup Lebih Bermakna Firman Allah s. 1IIIIIIh mereka merasa bahwa mereka orang yang bahagia All Rights Reserved. yang berbunyi. penerjemah. penyunting. Melur Blok Z No.7 Jakarta 13440 Banyak orang-orang sukses mengaku tidak merasakan Telp/Fax: (021) 8610159. I. Tapi ketika mereka tahu Oilarang memperbanyak isi buku ini tanpa izin tertulis dari penerbit.. Fathurrahman Abdul Hamid. 12. merasa senang karena usahanya. Lukman Hakim. E-mail: qisthipress@hotmail. mencari dan berjuang menuju puncak kesuksesan xii + 228 him.'phen R.5 x 17 em." (QS. 2006.t. __Jakarta: Qisthi Press. saat Hak Teriemah Oilindungi Undang-undang. III. AI-Ghasiyah: 8-10) Toto Letak: Tim Qisthi Press *** Oesain Sampul: Tim Qisthi Press Penerbit: Qisthi Press JI. Akram Ridha.614 kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri Judul Asli: Mut'ah an-NaiGh mereka sendiri. Juni 2006 Iwlubihan-kelebihan diri. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu 297. Lukman rDipersembahkan kepada setiap orang yang sedang Hakim. *** lndahnya l<esuksesan I Vll .Aspek keagamaan (Islam). Judul. IIl'/-HIksesannyamuncul dari kelebihan-kelebihan moral. Sukses dalam hidup -.

36 Langkah Pertama : Bagaimana Anda Melihat Diri Anda? -.1 Referensi -.39 lndahnya Kesuksesan I ix .8 10 Langkah Jitu -.26 Lakukanlah Kebajikan! -.29 Ingin Tahu.37 Kenali Diri Anda -.37 Gunung E5 -.32 10 Langkah Menuju kebahagiaan -.17 Kebahagiaan -.19 AI-FaizGn -.27 Sekarang.22 AI-MuflihGn -. Introspeksi Kesuksesan Anda! -. Daftar Isi Mukadimah -.3 Kebahagiaan atau Kesuksesan? -. Anda Orang Sukses atau Orang Bahagia? -.

158 Lempengan Ketiga: Keyakinan dan Nilai n 87 Kebaikan Sebagai Kebiasaan --159 Langkah Keempat: Waspada Terhadap Tipuan Indra Planning Mujahadah -.145 Gajah dan Empat Orang Buta -.a.? -.96 Tempat Keempat: Mu'atabah (Terdakwa) .104 Sampai Mereka Mengubah Keadaan yang Ada pada Diri Mereka Sendiri -. 97 Langkah Kedelapan: Apakah Anda Sudah Langkah Kelima: Pilar-Pilar Paradigma Ideal -. 179 x I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan .73 Tipuan Indra -.60 Kelima: Prinsip yang Stabil atau Seimbang .176 Perubahan Paradigma -. Covey -.167 (Efek Paradigma) 93 n Pilar-pilar Planning -.153 Ar-Ru'ya dan al-Bashar -.168 Tempat Pertama: Musyarathah (sebab-akibat) .103 Pertama: Prinsip yang Rabbani -.173 Kebenaran Mumi -.77 Kebiasaan Adalah Kepribadian --155 Lempengan Pertama: Indra n 79 Bagaimana Terbentuknya Kebiasaan Itu? -.114 Bagaimana Covey Mengatasi problemnya? -.96 Tempat kelima: Mu'aqabah (Diberi sanksi) -.174 Solusi -.116 Keenam: Prinsip yang Tetap atau Tidak Berubah .119 Orientasi Pengembangan -.107 Ketiga: Prinsip yang Realistis . Xl • .64 Kembali dari perang Uhud -.62 Ketujuh: Prinsip yang Elastis .65 Langkah Keenam: Berpikir di Luar Kotak -.99 Dewasa? -.52 Kedua: Prinsip yang Manusiawi -.119 Kemudian Surga -.153 Orang Gila n 76 Lucu 'kan cerita ini? n 77 Kodok dan Kalajengking -.179 Dokumen Prinsip-Prinsip yang Ditawarkpn--l0l Usia Manusia -.169 Apa yang Terjadi? -.127 Hasan al-Bashri Mengajarkan Kita n 71 In atau Out n 129 Langkah Ketiga: Cari Landasan untuk Bertolak Metode Pemikiran In ~ Out (Dari Dalam ke Luar) --132 (Paradigma) n73 Taatilah Allah dan Rasulullah n 142 Kasih Sayang Allah -.170 Waspadalah! -.58 Anda Jangan Seperti Daun Kemangi! -.96 Tempat Ketiga: Muhasabah (Introspeksi) -.94 Tempat Kedua: Muraqabah (Merasa Diawasi Allah) -.57 Keempat: Prinsip yang Komprehensif .156 Lempengan Kedua: Bahasa -.74 Langkah Ketujuh: Jadikan Kesuksesan Sebagai Kebiasaan -.111 Putra Stephen R.81 Apa yang Membedakan Para Sahabat r. Langkah Kedua: Pintu-pintu Kesuksesan Referensi Prinsip --102 Bagaimana Anda Mendapatkan Orang Lain? n 51 Ciri-ciri Paradigma Ideal -.

200 Undang-Undang (Seimbang a/ aa) -.194 Dengan Kematangan Akan Datang Efektifitas -.II'a kesuksesan dan keberuntungan yang diungkapkan III t~III"andengan kata al-falah? Lalau di mana posisi nilai. 'Rami merasa tidak cukup bahagia!'" lnilah mengapa kita perlu mengetahui Iiubungan antara kebahagiaan dan kesuksesan.w. atau xii I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I I .189 Jangan Tutup Kedua Telinga Anda -. mlllH.t.202 Mukaohnah Langkah Kesepuluh: Buka Pintu Perubahan -. Perkembangan Diri -.198 Kisah Bebek Bertelur Emas -.195 Istri -.192 Kebebasan Saja Tidak Cukup -.216 Mari Buka Pintu Perubahan -. Pertama-tama. 218 "Mengapa kita tidak merasakan kebahagiaan dengan Catatan Kaki-. dan norma dalam semua itu? Apakah kebahagiaan t Illlblli dari sikap yang terikat dengan nilai dan asas.196 Langkah Kesembilan: Bersikap Seimbang n 198 Kebahagiaan Hakiki -.183 Bergabunglah Dalam Grup Manajemen Diri -.222 kesuksesan yang kita peroleh? Resuksesan seharusnya menjadi pilar kebahagiaan.entangandengan ambisi?Apakah tawakal itu dan apakah III IH'rtentangan dengan sikap optimis? Adakah perbedaan 1l11(. kita perlu memahami hakikat IH 'Huksesan.)? Apakah ridha Ill' rt.Adakah hubungan antara kebahagiaan dan ridha (lIwnerima keputusan Allah s. tapi mengapa kita masih sering mendengar orang-orang sukses berkata.

berinteraksi dengan diri dan menguak rahasianya."begitulah kata orang- orang bijak ketika mereka menempatkan pengalaman di hadapan mereka sebagai acuan." Dalam bukunya yang berjudul Perbaharuilah Hidup AyaikhMuhammad al-Ghazalimenjelaskan. Kita memang memiliki kitab suci di hadapan kita dan fitrah di hati kita.bisakah kita menjadi orang yang bahagia dan merasakan nikmatnya kesuksesan tanpa melihat pada sarana yang membawa kita padanya? Selesai menelaah buku ini. kita akan menyadari bahwa ketika kita mulai me-manage diri dari dalam. tapi sering kali kitajenuh untuk berusaha dlln belajar. Sedang kita-orang-orang yang memiliki peradaban samawi-justru mengesampingkan petunjuk Tuhan. Orang-orang yang memiliki peradaban nonsamawi berada jauh di depan dalam soal mempelajari diri manusia. "Pengaruh ••111I III. "Pengalaman adalah guru terbaik. I'1I1'lIh Illl1nusiadi negara-negara yang terhalang cahaya al- 2 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 3 . ketika itulah kesuksesan menjadi sumber kebahagiaan dan kita akan merasakan untuk ReferenS1 pertama kali nikmatnya kesuksesan. membimbing dan mengembangkannya. Syaikh Muhammad al-Ghazali benar ketika ia Ill'rpendapat."Manusiaterbagimenjadidua:Manusiayang tidur clllillmcahaya dan manusia yang bangun dalam kegelapan.

kemerosotan pemikirannya justru usaha dan produk yang dihasilkan pengalaman atau sangat menyedihkan. Syaikh Muhammad al-Ghazali menambahkan. Tapi rasionalisme Tak seorang peneliti pun di bidang sosial. Dan kiranya tidak ada yang bisa mendustakan pertama penyebab keterbelakangan umat Islam adalah jika saya berkata bahwa sebagian besar dari pemikiran yang keterasingan mereka terhadap fitrah (agama Allah) dan dibuat oleh Barat memerlukan turats kita-karena adanya perasaanhina berjalan bersamanya. yang mengatur peri1aku. yang per1u ada yang membuat kita sedih kecuali lemahnya rasionalisme disusun u1ang. dan kepemimpinan yang mengingkari besarnya bernisbat kepada Islam. "Dirimerupakan proses kejiwaan wahyu sebagai panutan. "Tidak Melihat kepada turats (literatur klasik). karena kita tidak mampu menjadikan Merekajuga berpendapat." eksperimen Barat. mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. seseorang dan perasaan-perasaannya terhadap jiwanya. Maha 11I('mpergunakankemampuan itu dengan baik. "(QS. Faktor hanya satu. Sementara kitajustru menyia-nyiakan kemampuan 1\ nda terhadap kemampuan-kemampuan Anda dan tersebut." Definisi pertama memuat topik Dengan mamaksimalkan segala kemampuan yang pembahasan diri. Sedang negara-negara yang manajemen. tak lain. "Diri ada1ah orientasi-orientasi Sedangkan kita-meski memiliki wahyu-tetap saja gagal. mereka sangat mengesankan.t. kejiwaan. merekajustru sukses mewujudkan cita-citanya Rami sendiri berpendapat. "Diri adalah pengetahuan di dunia. diberi Allah. kita menemukan seakan-akan sumber itu umat Islam yang sebenarnya diserukan oleh Islam." Semua ini.w." kekurangan pada peradaban Barat yang penyempurnaannya Meski tidak ada wahyu kepada mereka yang terhalang terdapat di turats kita. Qur' an sangatlah luas dan berbeda -beda. sedang definisi kedua memuat tugas diri. tapimereka tetap mampume-manage diri Apakah diri itu dan bagaimana me-manage-nya? mereka sendiri hingga meraih kesuksesan di berbagai hal. cahaya al-Qur'an. denganfrrmanNya: "SesungguhnyaAllah 1\llllIi maksudkan dengan ungkapan bahwaja1anyangpa1ing tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka 1(11'111 menujukesuksesan ada1ahmanajemen diri. Mereka berpendapat. Covey da1am bukunya l 4 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 5 . Kita membelakangi wahyu hingga kita gagal. Ide-idedasar buku ini aka." lni1ahyang Benar Allahs.nAnda dapati dalam beberapa 1"III!lnrMukadimah Stephen R. Ar-Ra'd: 11).

saya melihat ide-idenya perlu disusun ulang dan mencegah dari yang mungkar. mendapat petunjuk dan kehormatan menjadi saksi. dan Allah. menyuruh kepada yang ma 'rut Namun begitu. Al-Baqarah: 143) Untukitu. Anda akan di masyarakat.i i . "Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam) umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul Dr.t.w. adalah kehadiran atau ketidakabsenan kita membaca masa lalu kita secara sadar dengan memahami dalam usaha memakmurkan alam semesta. petunjuk al-Qur'an. Sebagaimana difirmankan 01eh Ada sebuah cerita yang akan saya ceritakan sebentar Allah s. mari kita baca bersama-sama. paling tidak. Kita memerlukan dua macam pembacaan: Pertama. Firman Allah s. menelurkan nilai-nilai dan norma-norma yang tinggi Ali 'Imran: 110) sepanjang masa. "Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang lagi dan membuat saya tertarik dengan ide-ide Covey. membaca peradaban di sekitar kita menemuinya di dalamjudul selanjutnya. Kedua. dilahirkan untuk manusia. kita harus menyempurnakan unsur-unsur utama dari amanat tersebut sehingga kita layak menjadi sebaik-baiknya umat dan bisa menjadikan Islam pantas 6 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 7 .w." (QS.t. Kisah tersebut telah tanpa terpesona dengan kilauannya. berjudul The Seven Habits of Highly Effective People. Sekiranya Ahli Kitab beriman.. didasarkan bagi mereka. Juga. Akram Ridha Mursi (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kalian. "(QS. Unsur utama manusia dan ciri kejayaan peradaban..a. dan beriman kepada dengan bahasa peradaban kita.w. perbedaan antara kaidah-kaidah wahyu dan kenyataannya Tentang kisah yang saya janjikan di atas. dilahirkan untuk manusia. di antara mereka ada yang beriman dan pemahaman terhadap al-Qur'an dan sunnah yang telah kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. hati dengan keyakinan bahwa kita adalah umat yang Sekarnag. tentulah itu lebih baik pengalaman nabi kita Muhammad s. Kita harus memenuhi saya publikasikan beberapa bulan yang lalu melalui internet.

dipamerkan di stan Soraya, I talia. Harga bukunya waktu
itu 25 pound2•
Surat-surat kabar itu juga menuhskan tentang Yoga
sebagai sumber kekuatan jiwa, penyelesai masalah dan
memudahkan hidup, serta bagaimana penyebaran dan
perkembangan pengikutnya. Setelah membaca sepintas
beberapa point-nya, sumber dan sejarahnya, saya
menem ukan bahwa Yoga merupakan ritual dan ibadah yang
Kebahagiaal1 atau Kesuksesal1? dilakukan oleh penganutnya yang ash.
Selanjutnya, saya teringat sejumlah orang dariAmerika
dan Eropa yang menganut Budka dan melakukan meditasi
dengan sikap diamnya. Saya jadi teringat gelombang
beberapa surat kabar Mesir mempublikasikan pemikiran yang melanda dunia Barat mengenai gagasan
Ki'saheberhasilan
yang saya intelejen
janjikan Mesir menangkap
ini bermula ketika kejiwaan, penghadiran ruh dan berinteraksi dengan alam
seorang laki-laki Israel dan istrinya yang Arab. Keduanya gaib. Pemikiran itu memihki beribu-ribu organisasi, baik di
dianggap telah menyebarkan ajaran sesat yang bertentangan Amerika secara khusus maupun di Barat secara umum.
dengan agama mana pun. Mereka mengaku bahwa di Tel Ada lagi ahran pemikiran bernama NLP, kependekan
Aviv mereka telah dilatih dan diberi arahan untuk dari Neuro Linguistic Programming. Aliran ini mengajarkan
menyebarkan agama baru, yang dari luar kelihatan rncditasi, percakapan batin, dan sugesti kejiwaan, dalam
mengajarkan kesucian pikiran, jiwa dan ketinggian rohani, ll1enyelesaikan masalah hidup dan insomnia3.
tapi di dalamnya berbeda sekalF. Mereka juga membagi- Seperti garis-garis yang berjejer di depan saya, semua
bagikan buku untuk menyebarkan pemikirannya. 1,,1 I di atas mengarahkan saya pada sebuah gambaran dasar
Saat itu saya tersadar bahwa saya telah lama berdiri di ,VII 1110:
mcnyisakan beberapapertanyaan: Kenapa duniaBarat
hadapan buku tersebut. Buku itu diikutsertakan dalam 1I1l'I1yimpulkan dan mengikuti begitu banyak pemikiran
Pameran Buku Internasional di Kairo (tahun 2001 M), dan

lndahnya Kesuksesan I 9
8 I lndahnya Kesuksesan

I

,
yang berkaitan dengan jiwa, perasaan, alam gaib, atau Mendapatkan Teman dan Memengaruhi Orang Lain? atau
apapun yang mereka namakan metafisika? Kenapa Tinggalkan Kekhawatiran dan Mulailah Menjalani Hidup.
pemikiran-pemikiran itu berkembang sedemikian pesat di Kami tahu bahwa dalam bidang ini, belum ada orang
negara-negara yang risalah samawinya-terutama Islam- dengan bahasa dan dasar agama kita yang bisa menghasilkan
mengupas secara cukup jelas persoalan kejiwaan, karya seperti itu. Dalam hal ini, kami rela duduk di bangku
spritualitas dan alam gaib? murid, padahal kami sudah menjadi profesor.
Saya telah menemukan jawaban untuk pertanyaan Tiba-tiba,di akhir tahun 1980-an,kami mendengar laki-
pertama, bahwa pemikiran-pemikiran itu berkembang karena laki itu tewas bunuh diri5. Kami heran bagaimana bisa dia
kekosongan akidah (keyakinan) masyarakat Barat yang memberi petunjuk kejiwaan, tapi dengan mudahnya
merasa tidak puas dengan akidah yang dimilikinya, dan juga, menghancurkan dirinya sendiri ketika benturan kehidupan
karena kesesatan serta kegagalan mereka dalam pencarian datang?
akidah. Namun begitu, pertanyaan kedua masih merupakan Pertanyaan-pertanyaan itu terus menghantui saya dan
tanda tanya besar yang belum terjawab. tiba-tiba saya teringat bahwa saya pernah menerima sepucuk
Lalu timbul pertanyaan-pertanyaan lain, bagaimana Rurat undangan dari suatu lembaga terkenal yang bergerak
kita menjaga dan dengan cara seperti apa kita membentengi di bidang pengembangan sumber daya manusia agar hadir
diri dari serangan bertubi-tubi pemikiran-pemikiran itu? dalam seminar pelatihannya yang bertemakan Bertolak dari
Bagaimana kita dapat membedakan antara yang buruk dan l)alam.
yang baik dari pemikiran-pemikiran itu, sehingga kita tidak Saya berpikir tema ini mengandung ide yang saya anut,
tertipu oleh yang buruk dan melewatkan manfaat pada yang Illnka saya putuskan untuk ikut serta dalam program
baik?4
pc·lntihannya.
Mari kita kembali ke tahun 1970-an, saat kami secara
Pnda hari pertama dari tiga hari seminar pelatihan
bergantian membaca buku-buku karya seorang penulis V"II!-:dijadwalkan, seorang narasumber memaparkan
Amerika terkenal, Dale Carnegie. Kami menganjurkan
1'1'IIIii, imnnya kepada peserta. Pencetus pemikirannya itu
untuk membaca buku-bukunya, seperti buku Bagaimana
111'11I'''1I\-:
laki-lakiAmerika bernama StephenR. Covey.Dengan

10 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I II

I

pemaparan yang indah dan menarik perhatian, narasumber dasar pelatihan, bukan akidah. Kami datang ke sini untuk
itu memaparkan sejarah hidup Covey. mempelajari pengalaman hidup, bukan risalah seorang nabi."
Saat itu, saya merasa sedang berhadapan dengan agama Dengan cepat, narasumber muslim itu memahami
baru dan agama itu sedang dipaparkan dengan penuh maksud saya dan ia segera masuk ke dalam tema program
konsentrasi dan kepercayaan. Oleh karena itu, saya pun pelatihan yang saya akui sangat menarik. Judulnya, Tujuh
mengangkat tangan dengan penuh hormat setelah saya Kebiasaan Menuju Sukses (The Seven Habits For Highly
merasa ada sesuatu yang tidak benar. Narasumber itu Effective People).
tersenyum dan mempersilakan saya bicara. Saya berkata, Ide atau gagasan pemikiran laki-laki itu sebenarnya
sembari berusaha menenangkan gejolakjiwa saya, "Apakah membuat saya sangat takjub. Begitu juga susunan dasar-
Anda akan menyampaikan akidah-akidah kepada kami, dasarnya. Ide atau pemikirannya itu selalu mengganggu
ataukah dasar-dasar pelatihan?" pikiran saya sampai saya menemukan dua buku terjemahan
Dia melihat ke arah saya seperti orang yang keheranan karya Covey, The Seven Habits For Highly Effective People,
dan saya meneruskan kata-kata saya, "Saya seorang muslim dalam bahasa Arab6 • Dalam waktu yang cukup singkat,
dan mempunyai akidah yang saya pegang erat. Nyonya ini karena keluasan ensiklopedi dan aktivitas saya dalam
(saya menunjuk seorang perempuan yang saat itu hadir dan menggelar pelatihan manajemen administratif dan kejiwaan,
saya mengenalnya) penganut Yesus dan dia pasti memegang Aayamenem ukan bahwa tidak satu pun perusahaan besar di
teguh akidahnya. Saya kira, kami tidak akan mengubah Mesir kecuali sebagian besar karyawannya telah mengikuti
akidah kami hanya karena menghadiri program pelatihan pelatihan program ini. Bahkan, ada satu perusahaan besar
ini." di Mesir yang menjadi perwakilan untuk menyebarkan

Kemudian pembicaraan saya tujukan kepada seorang I)(~mikiranini dan memberikan pelatihannya.
perempuan yang ada di depan saya, "Apakah Anda berniat Sayajuga menemukan ada salah seorang dai terkenal
untuk melepaskan agama Anda, Nyonya?" Dia menjawab Vllll~ memproduksi sejumlahkaset seputar tujuhkebiasaan
dengan gelengan kepala. Saya berkata lagi, "Saya pun 1111'1, Saya sempat mendapatkan kaset-kasetnya, berbahasa

demikian. Kami datang ke sini untuk mendapatkan dasar- 11l~l{riH clanditujukan kepada generasi muda.

12 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 13

yaitu guru kami. Saya berkata kepada diri sendiri. dan seriAwldduna (Anak-anakKita) mengikuti pemikiran terse but dan menyerukannya. . Pertanyaan saya yang terakhir.." setelah kita membuang begitu banyak norma-normanya. Sayajuga banyak dibantu meletakkan surat kabar. membaca dan mendengar segala yang berhubungan dengannya.T'eta Pemikiran yang saya ambil dariAnthony Bawro dalam Saya berkata kepada diri saya sendiri sembari huku saya berjudul. sehingga tak ada pilihan bagi kita kecuali mengikutinya ..Tanpa Penyesalan.Apalagi sudah ada contoh lain. yang menulis buku I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan r 15 . sekularisme dan penyembahan setan?" . "Siapa yang akan kita salahkan (11('hreferensi-referensi asing dalam mengerjakan buku-buku bila kita menemukan ada di antara generasi muda kita yang Hllya. Liqa'Jamahir. marxisme. h Muhammad al-Ghazali. tentu. Kembali saya mengulang pertanyaan di atas. seperti 11I('l1genaiusia balig dan remaja. apakah ada kesempatan agar kita bisa menjadi Imat? karena keringnya us aha di dalam akal dan hati kita menjadikan kita pengikut orang lain. "Bukankah nilai itu adalah agama? hikmah itu barang milik orang muslim yang tercecer? Bagaimana kita bisa merasa aman bahwa nilai-nilai Bukankah nilai-nilai itu mengandung kebaikan? Bukankah yang dibuat oleh manusia itu tidak akan berubah menjadi kita sangat jauh dari kesuksesan? Bukankah kita mempunyai pengganti akidah dan perilaku kita? Bagaimana nilai-nilai referensi yang bisa kita jadikan rujukan untuk segala itu bisa menemukan tempat yang aman di peradaban kita? perkara?" Semua pertanyaan-pertanyaan itu berangsur- Bagaimana kita bisa menjaga identitas dan risalah kita angsur lenyap dengan jawaban "Ya. kita dapat merasa aman dari masuknya nilai-nilai itu. saya bukan orang yang kita membedakan antara yang buruk dan yang baik dalam merasa kalah dalam peradaban atau terluka di awal pemikiran orang lain sehinggakita tidak dibinasakan olehyang peperangan. dan bahkan kerap Saya kembali kepada Tujuh Kebiasaan Menuju Sukses. bagaimana Saya katakan kepada kalian. yang Lantas.':\'II ii.Jawabannya. "Kenapa kita tidak bahkan membuat beberapa rintangan didepannya? Kitajuga telah membuka pintu untuk pemikiran-pemikiran lain. kebiasaan. dan agama kita?" bagus dalam pemaparan dan diasah oleh pengalaman. serta buku-buku saya apa yang terjadi pada aliran eksistensialisme. Tapi saya merasa khawatir dengan kelemahan buruk atau terlewatkan dengan manfaat baiknya? Bagaimana dan ketidakberdayaan kita di hadapan kekuatan orang lain. "Kenapa tidak?" Saya telah memaparkan 1\'(. sampai pada tahap menyebarluaskannya seakan-akan nilai. yang memaparkan pemikiran itu berdasarkan sudut pandang kita yang dilandasi norma. 1lIllIllya.

pemikiran manusia pada neraca wahyu ilahi sehingga kita dapat mempersempit lingkaran kesalahan. agama saya yang benar-kepada orang-orang beriman lainnya. Saya memaparkannya sebagai 10 Langkab J itu metode untuk membaca dan mengenal orang lain.Perbaharuilah Hidup Anda sebagai komentar atas buku Dale Carnegia. Islam. Saya memaparkannya-sebagai seorang yang beriman dengan Dalam mukadimah buku seri pertama Manajemen Diri. Tapi. saya tekankan bahwa ide awal penulisan buku ini datang dari buku karya Stephen R. sebagai pengalaman hidup bukan sebagai ritual ibadah. Kejelasan tujuan (Segala perhatian tertuju kepada Islam atau orang-orang yang meragukan kemampuan Islam tujuanAnda). sebagai pendorong dan pengalaman bukan sebagai pengganti agama dan norma kita.JanganAnda hilangkan sumber kekuatan).Percaya diri (. Saya akan memaparkannya di sini sebagai nilai-nilai dasar bukan sebagai agama. bukan ilusi). 4. disebutkan 10langkahjitu menuju sukses: dan juga kepada orang-orang yang tidak percaya dengan 1. Coveytersebut. I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 17 . Memikirkan tujuan secara serius (Tujuan Anda benar- pantas untuk diperhatikan agar kita dapat menimbang benar ada. Tinggalkan Kekhawatiran dan Mulailah Hidup. Ini adalah pemikiran yang 2. 5. itupun tetap sesuai dengan metode agama kita. Akhirnya. untuk me-manage kehidupan. sebagai pemikiran bukan ideologi. 6. Membuat rencana (Andaharus mempunyai kunci kerja administratif). 3. Berpikir positif dan logis (Karya yang rasional atau mimpi?). Membuat contoh yang sesuai (Upaya yang paling baik adalahAnda memperoleh teladan).

di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik na/as (dengan merintih). berfirman tentang hari kiamat. tidak ada ungkapan dengan kata an- najah (keberhasilan) untuk makna yang kita maksudkan kebahagiaan. yakni bertolak dari dalam.Ada pun orang- orang yang cekaka. apakah nikmat kesuksesan merekajuga orang yang bahagia.8 Dalam buku ini (IndahnyaKesuksesan) akan disebutkan 10 langkah menuju kebahagiaan. Sabar dan tabah (KendaraanAnda).w. maka di antara mereka ada yang celaka dan ada yang berbahagia. melainkan dengan izinNya. Membiasakan diri (Detakjantung Anda). "Di kala datang hari itu. 8. sebagai lawan kata asy- syaqa' (kesengsaraan). maka (tempatnya) di dalam neraka. tidak ada seorangpun yang berbicara. Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan 18 I Indahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 19 . saat itulah orang-orang sukses itu merasa bahwa bentuk pertanyaan. Belajar (JalanAnda menujuprofesionalitas).menyusun kami jawabannya adalah tema kebahagiaan. Tapi ketika mereka tahu bahwa kesuksesannya juga harus muncul dari kelebihan-kelebihan moral. Kemampuan menikmati waktu (Buatlah hidup Anda menyenangkan). Banyak orang sukses Kebabagiaan mengaku tidak merasakan kebahagiaan ketika kesuksesannya hanya ditopang oleh kelebihan-kelebihan diri. buku ini dalam Di dalam al-Qur'an. 7. }~etikaitu? Saya kira. 10. Allah s. 9. Yang ada hanya kata as-sa'adah (kebahagiaan) di dua temp at dalam surah Hud.t.

yaitu ketika kesuksesan itu membawa kita ke dalam surga." (QS. ketika kesuksesan itu berlandaskan ketenangan 20 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 21 . Dia kehendaki.bumi. kecuali jika Tuhanmu menghendaki keberhasilannya adalah norma-norma. tapi celaka dan tempatnya di hari kiamat kelak-sebagaimana dijelaskan di dalam beberapa ayat-adalah neraka. " (QS.t. Hild: 105-108) "Katakanlah. Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang keadilan di antara manusia. sedangkan mereka menyangka bahwa bahagia dan tempatnya di hari kiamat kelak-seperti yang mereka berbuat sebaik-baiknya.w. sebagai karunia yang tiada putus-putusnya. "(QS. Firman Allah s. Sebaliknya.berfirman. AI-Kahfi:103-104) dijelaskan dalam beberapa ayat-adalah surga.. Adapun orang-orang yang berbahagia. (yang lain). Tapi kadang. ada orang yang sukses lagi kehidupan dunia ini. kadang ada juga orang yang sukses.W. Jawabannya sangat mudah.. apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya? Yaitu Kebahagiaan seharusnya merupakan hasil akhir dari orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam amalan di dunia. mereka kekal di dalamnya selama akan sampai pada kebahagiaan kecuali jika sumber ada langit dan bumi. Mereka kekal di dalamnya . jiwa dan ketika kesuksesan itu ditopang oleh pilar-pilar Sesungguhnya. ketika kesuksesan itu berdasarkan kaidah-kaidah yang diridaiAllah. Dia akan mendapatkan nikmat yang tiada putus-putusnya.. maka Kesuksesan tidak akan menjadi kenikmatan dan tidak tempatnya di dalam surga. Allah S. "Di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik na/as (dengan merintih).t. Hild: 106-107) Berdasarkan makna kebahagiaan di atas-tempatnya di dunia dan akhirnya di akhirat kelak seperti disebutkan di dalam al-Qur'an-jelaslah bagi kita bagaimana keberhasilan menjadi sebuah kenikmatan. kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain).

t. meski 22 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 23 . Firman Allah s. keberuntungan juga merupakan hasil dari usaha di dalam dunia. setiap kesuksesan duniawi tak ada hubungannya dengan keberuntungan di hari kiamat.t.w.berfirman.t. Barang ahli kebaikan terjebak dalam persoalan.. karena kerap kali semu.W. l.W. Kehidupan dunia itu orang munafik itu berlomba-lomba untuk mendapatkan tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. Kesuksesan duniawi-sebagaimana firman Allah s. Ali 'Imran: 185) berfirman. qur'ani Kata yanginipaling disebutkan dekat didengan dalam Tidak disebutkan keberuntungan sebagai kesuksesan al-Qur'an sebanyak 16kali. orang- maka sungguh dia telah beruntung. "Dan sesungguhnya di antara lwmu ada orang Jelaslah bahwa keberuntungan merupakan hasil yang yang sangat berlambat-lambat (ke medan pertempuran). dan pada hakikatnya "kesenangan" itu masih A [-FaizUl1 diragukan. bentuknya sebanyak 13 kali. Berdasarkan hal ini. bagian dan menyesal bila tidak mendapatkannya.W. Semuakata-kata itu tersebar Di sini kami hanya menyinggung sedikit mengenai sikap di dalam 20 surat al-Qur'an. " Kehidupan dunia pun bukanlah akhir perjalanan. lebih besar daripada kesuksesan di dalam dunia.t.- "kesenangan". Allah S. Allah s. kebaikan mendapatkan karunia yang bersifat duniawi.- "kesenangan yang memperdayakan". dan sikap senang mereka jika pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu.t. Dunia hanyalah sekadar-sebagaimana firman Allah S. Kesenangan yang makna kesuksesan adalah kata al-fauz kurang dan semu.ata-kata (keberuntungan). sedangkan kata dariperubahan duniawi kecuali menurut bahasa orang-orang munafik saja. "(QS. "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati . Namun jika ahli siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga. Dan sesungguhnya pekerjaan serta amal baik. "Tiap- orang-orang munafik yang lamban dan suka memperlambat tiap yang berjiwa alwn merasakan mati..w.. Keberuntungan merupakan pahala yang ditunggu- tunggu bagi usaha yang batas akhirnya pasti datang.

ia berkata.(yaitu) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. tentulah Di sebelah dalamnya ado." (QS. dan yang besar (pula). AI-Hadid: 12-13) kasih sayang antara kalian dengan dia: 'Wahai. rahmat dan di sebelah luarnya dari dia mengatakan seolah-olah belum pernah ado. berita gembira untukmu. ltulah keberuntungan yang banyak. Carilah kesuksesan tanpa Mari kita menyaksikan satu peristiwa lain dari kebahagiaan itu. "'(QS. 'Kembalilah kalian ke belakang Tuhan telah menganugerahkan nikmat kepadaku karena aku dan carilah sendiri cahaya (untuk kalian sendiri). lalu carilah cahaya palsu yang kalian pilih itu.Makajika kamu ditimpa musibah. kiranya saya Dapatkah kalian melihat siapakah orang yang bahagia? ada bersama-sama mereka. Sebab. mereka masih mencari Pengertian kemenangan/keberuntungan besar yang cahaya di hari dengan kegelapan yang sangat pekat. ' 24 I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 25 . tentu saya mendapat kemenangan ) Tentu yang memiliki cahaya di akhirat. "Kembalilah ke dunia. 'Tunggulah kami supaya kami dapat mengambil sebagian dari cahaya kalian. berita gembira. An-Nisa': 72-73) keberuntungan. Adapun yang lain. yang kamu kekal di dalamnya. 'Pada hari ini ado. 'Dan sungguhnyajika diadakan di an tara mereka dinding yang mempunyai pintu. I Dikatakan kepada mereka. sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka (dikatakan kepada mereka).9 peristiwa-peristiwa akhirat agar kita dapat melihat dua golongan yang berbeda dan sikap mereka terhadap kemenangan/keberuntungan yang besar. berfirman. siksa. dipahami orang-orang munafik adalah pengertian yang salah. kalian beroleh karunia (kemenangan) dari Allah. hubungan situ ado. Carilah fatamorgana yang mereka merasa bangga dengannya. 'Pada hari ketika orang-orang munafik laki-laki dan perempuan berkata kepada orang-orang yang beriman.' Lalu tidak ikut berperang bersama mereka. 'Sesungguhnya Dikatakan (kepada mereka). dunia bukan tempat kemenangan/keberuntungan besar.W. Allah s. "Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan.t.

"Danjiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya).4." (QS.:'-·_T_""~ _ Lakukan[ab Kebajikan! Ini nikmatnya kesuksesan di dalam al-Qur'an dan berorientasi merupakansecara kata menyeluruh kedua yangkepada mengungkapkan manajemen dari dalam. berfirman.W. Sedang kehidupan akhirat adalah lebih Salah satu contoh perilaku yang membawa baik dan lebih kekal. berfirman.W./l1}. peningkatan akhlak dan nilai-nilai dasar yang keberuntungan Allahtidak s. ktdJCruntungan adalah meninggalkan riba (kejahatan berfirman." (QS. dan nikmatnya kesuksesan telah menjelaskan bahwa indahnya akan terwujud kecuali dengan merujuk total kepada Allah sembari menebar kebaikan kepada berkaitan dengan dalam diri.W. ruku'lah kamu. "(QS.t.hamu dan berbuatlah kebajikan. dan dia ingat nama Tuhannya. Tetapi kamu (orang-orang kafir) memilih h·menangan. Allah s." (QS. j. berfirman. "Hai orang-orang dan ketakwaannya. Allah S.janganlah kamu memakan riba dengan berlipat menyucikan jiwa itu dan sesungguhnya merugilah orang /11'///1/0. AI-Hajj: 77) kehidupan duniawi.~.W.t..lwllomi).. AI-A'Ia: 14-17) Allah s. Allah s./lwriman.t.W. 1. sujudlah kamu. "Hai orang-orang "Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri yang beriman. minum khamar dan judi (keduanya kejahatan makaAllah mengilhamkan kepadajiwa itu (jalan) kefasikan 111111'111 dan sosial). Asy-Syams: 7-10) "11'" tit/pal keberuntungan. sembahlah (dengan beriman). Sesungguhnya beruntunglah orang yang \'. lalu dia T".Ali 'Imran: 130) Allah S. dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu yang mengotorinya. supaya kamu mendapat sembahyang.W. makhluk di dunia.t.t.t. 26 I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I .

Kesuksesan akan tampak nilai dan pengaruhnya pada pelaku ketika dia dapat menikmatinya. segeralah introspeksi kesuksesan Anda. o Ketika suatu hari Anda bertanya kepada diri Anda. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kalian mendapat keberuntungan. mengundi nasib dengan panah adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan." (QS. o Ketika Anda mendapati hubungan Anda dengan orang lain kehilangan ruh dan mengidap penyakit. segeralah introspeksi kesuksesan Anda. berjudi. o Ketika harga dari kesuksesan kerja Anda yang baik adalah kehidupan pribadi Anda dan keluarga. kesuksesan bukanlah tujuan semata. I "Apakah masalah itu pantas dengan semua pengorbanan ini?". segeralah introspeksi kesuksesan Anda. (berkorban untuk) berhala. segeralah introspeksi kesuksesan Anda. "Sesungguhnya (meminum) khamar (arak). terkadang manusia tidak menyepakatinya dan tidak diketahui siapa yang jujur dalam melaksanakannya.berfirman. Satu-satunya cara untuk menikmatinya adalah dengan menjadikan kesuksesan terikat sekarang/ Introspeksi Kesuksesan Al1~a/ erat dengan akhirat dan perilakunya di dalam dunia sesuai dengan tujuannya di akhirat. Tak ada kesuksesan yang hadir hanya dengan komitmen terhadap sejumlah nilai-nilai yang o Ketika Anda merasakan jiwa Anda lelah. dan Anda memprediksikan akan mengais keuntungan dari orang-orang yang Anda pimpin di 28 I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 29 . II o KetikaAnda telah menyediakan berbagai alat administrasi yang efektif. AI-Ma'idah: 90) Begitulah.

Tapi merasakan kehadiranNya. tanyakan pada diri Anda. kantor. ringkasnya tidak ada sesuatu mencoba berbagai macam sarana perencanaan dan sarna sekali. waktu terasa ~ Ketika perkawinan Anda menjadi kehidupan yang tidak cukup. maka segeralah ~ KetikaAnda menjadi orang sukses. Anda juga merasa kedua Anda masih merasa tidak tenang dengan pendapat tangan Anda berat hingga tidak bisa mengangkatnya mereka mengenai diri Anda dan pemikiran-pemikiran untuk berdoa. berinteraksi dengan berpuluh-puluh contoh perencanaan waktu. dan ketegangan menguasai perilakuAnda. "Apakah Anda orang kesuksesan Anda. Allah sambil bermunajat. tidak ada suara teriakan. maka segeralah introspeksi Sekarang. Anda percaya bahwa tidak ada yang mampu memaksakan pendapatAnda kepada orang lain dapatmemperkenankankecualiDia.: ~ Ketika Anda menjalani bahtera kehidupan berumah tangga di atas air yang tenang. menyeru dan meminta ~ Ketika Anda menikmati kepribadian yang kuat dan pertolonganNya. ada api di dalam diri Anda karena kesuksesan orang ~ Ketika Anda merindukan kelezatan berdiri di hadapan lain. Tapi Anda masih merasa tertekan. yang sukses atau orang yang bahagia?" 3° Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 31 I . tidak ada pertengkaran. maka segeralah introspeksi kesuksesan Anda. tidak ada pertentangan dan ~ Ketika Anda menyediakan alat-alat pengatur waktu. ~ KetikaAnda berharap anak-anakAnda dapat mempelajari ~ Ketika Anda berbolak -balik di atas kasur dengan beribu- nilai dari suatu pekerjaan dan maju dalam hal itu. maka segeralah introspeksi kesuksesan Anda.hari maka segeralah introspeksi kesuksesan Anda. pekerjaan anak-anak Anda. pertama perkawinan kembali lagi. Anda. tidak ada pembicaraan. Lalu Anda orang di sekitar Anda bernafas tenang dalam tidurnya. tapiAnda merasakan introspeksi kesuksesan Anda. segeralah introspeksi kesuksesan Anda. ribu pikiran bermain-main di kepalaAnda. maka I. maka segeralah introspeksi kesuksesan Anda. tapiAnda tidak dengan alasan yang memuaskan dan berpengaruh. Tapi Anda tidak merasakan loyalitas dan tanggungjawab mereka terhadap pekerjaannya. damai dan Anda berharap perasaan-perasaan hari. maka segeralah introspeksi kesuksesan Anda. sedang semua tapi Anda masih merasa khawatir. mengatasi sendiri dan mengerjakan segala problem dan maka segeralah introspeksi ke sukse san Anda.

Berbakti Mendamaikan Mengingat a. Kadang- a. b. a. Berbuat Berbakti Mengawasi Kasih baik kepada sayang Selalu Mengarahkan mereka Sikap kandung teman- kedua saudara c.Menjaga Ikatan Menikmati bersama yang peran kuat Kepada Ingin Tabu} An~a Orang sukses atau Orang Babagia? membaca seluruhnya dengan seksama sebelum Berikut ada beberapa m ulai menj pertanyaan.Tingkatan Kebahagiaan Allah sendiri Selalu Kadang Kepada Kepadadiri b. memberi Saling c. Saya saya harap juga berharap Anda lebihjujur terhadap diriAnda sendiri. Saling mencela Tidak melupakanNya c. Cinta Loyal Memberi kepercayaan Kepada Dalam c. Tidak khawatir 32 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 33 . Tidak Perilaku Sukses Kadang.Harmonis Tidak bantuan menolong Menyelesaikan dan teman Dalam orangtua Kepada pekerjaan c. awab.Wajib Pcrilaku Ikut mereka Sukses bersama mereka Tingkatan Kebahagiaan anak-anak karyawan pcrkawinan Kadang b. Hidup Melaksanakan a. Saling memahami MerindukanNya a.

antara kesuksesan orang yang bahagia dan nikmatnya Anda dapat mengetahuinya dalam hasil berikut: kesuksesan. .Pada posisipertama. Perhatikan posisi "tidak ada komentar".Kurang dari 36 = Mengherankan. jika tidak.145-180 = Teruskan .Membantu Prioritas peran a. antara jeleknya kesuksesan dan dinginnya kesuksesan. tahukah Anda di mana kebahagiaan itu? kedua. tapi kadang sebagian kebahagiaan Anda berkurang. . tapi saya melihat senyuman manis di bibir Kadang- 47106 3 28 5 Tingkat kebahagiaan kadang Tidak Selalu Anda seakan-akan Anda mengatakan aku Sukses bahwa Anda sedang menikmati nikmatnya kesuksesan. Anda mengaku orang yang sukses atau orang yang bahagia? 34 lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 35 . Menasihati Menasehati Kepada b. _Lebih dari 253= Terkadang orang lain melihatAnda tidak Catat nilai poin sesuai nilai pada tabel berikut: mempunyai sebagian unsur kesuksesan. Anda akan ketinggalan waktu pemimpin Kadang saingan Tidak b. Hal ini karena Anda berada di antara dua posisi. tapi itu dapat diatasi. Ikut sertaSelalu Seimbang c. Kadang.Perilaku Sukses Tingkatan Kebahagiaan -37-72 = Sadarlah.181-216 = Tidak ada komentar .217-252 = Anda sudah mampu mengalihkan kesuksesanAnda kepada kebahagiaan. Terbakar Terhormat atau lari kereta kebahagiaan dan kesuksesan! . c. Pada posisi Sekarang.73-108 = Tidak ada komentar -109-144 = Anda orang yang sukses.

Pilar-pilar paradigma ideal. Cari landasan untuk bertolak (paradigma). Bila bagian yang tertanam di perut bumi lebih besar 1. Begitu juga gunung es yang ada di permukaan air. An-Naba/: 7) Orang-orang Arab yang tinggal di padang pasir memahami ayat ini dengan melihat gunung yang diciptakan Allah untuk menguatkan bumi itu sama seperti pasak-pasak yang mengikat tali kemah. maka sebuah gunung akan mempunyai puncak 2. ApakahAnda sudah dewasa? bagian yang lebih besar di bawah permukaan air. "Dan gunung-gunung sebagai pasak.berfirman.W. sebagian besar gunung tertanam dalam perut kebahagiaan: bumi.Bukalah pintu perubahan. Jadikan kesuksesan sebagai kebiasaan. Langl~ahPertama : Bagaimana Anda Melihat Diri Anda? Allah S. Ia 5. ia seperti Setelah kit a mengenal 10 langkah jitu menuju sebuah tongkat atau pasak yang tertanam ke dalam bumi. Tapi. ada beberapa pandangan lain. yang lebih tinggi. 3. kesuksesan. 9. sering kali menipu para pelaut baru yang belum memiliki 6. GunungEs 4. Manusia menemukan bahwa gunung-gunung tidak hanya tampak begitu saja di atas permukaan bumi. I I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 37 I ." (QS. Berpikir di luar kotak. Kenali pintu-pintu kesuksesan. berikut ini adalah 10 langkah jitu menuju Perlu diketahui. pengalaman. Seorang kapten atau nahkoda yang 7. Setiap manusia memiliki dua kepribadian: 10. Bagaimana Anda melihat diri Anda? atau dalam. Bersikaplah seimbang. Seiring dengan 10 Lal1gkab Mel1uju kebabagiaal1 perkembangan teknologi. berpengalaman sudah pasti mengetahui bahwa bagian gunung es yang muncul di air hanyalah sebagian kecil dari 8.t. Waspadalah terhadap tipuan indra (efekparadigma).

kepribadian lahir (personality).Ash-Shaff: 2-3) dengan orang lain?" Mari kita buka catatan diri Anda agar catatan itu bisa bercerita tentang diri Anda. Sama seperti bagian yang muncul dari sebuah gunung. ada. Pertama. atau Anda dengan fitrah Anda. penampilanAnda membentuk penampilan yang bukan hakikat bahkan kalau perlu. maka akan tinggi pula puncaknya Tolong. ketika lahir atau luar mengenal perilaku positif dan negatif Anda. ada pertanyaan mengenai "BagaimanaAnda Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan melihat diri Anda?" dan "Bagaimana Anda berinteraksi apa-apa yang tiada kamu kerjakan.BilaAnda berkata. dalamnya akar akan seperti bagian yang terpendam dari sebuah gunung. mempertinggi puncak! Karena itu. awal dari rencana Giwayang selalu menyuruh kepada kejahatan) dan termasuk perkembangan adalah mengumpulkan informasi. I/Hai orang-orang yang beriman. Sama hakikat diri Anda. I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 39 . maka itulah yang disebut nafsu ammarah bissu' diri untuk mencapai hal baru. sesungguhnya awal hakiki Kedua. Sungguh. mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Setelah ini. KenaJi Diri Anda Ketika bagian yang terlihat dari sebuah gunung lebih Bila Anda ingin meluruskan diri Anda.Hendaklah penampilan jawaban yang mendekati kepribadian Anda. yaitu Anda dari nikmatnya kesuksesan adalah ketika Anda mengetahui sebagaimana Anda. Anda (Anda sebagaimana yang tampak oleh orang lain) diri Anda yang hakiki lebih memberikan pengaruh daripada merupakan gambaran yang sebenarnya dari kepribadian apa yang Anda katakan dan lakukan. ketika atau kritik dari orang lain.t. yaitu Anda lahir atau luar Anda yang tinggi lagi mencapai langit itujuga seperti yang dilihat orang lain atau apa yang Anda kehendaki diiringi kepribadian yang kuat di dalam diri Anda. awal dari jalan menuju kebahagiaan terpenting Anda. Ketahuilah. Saya katakan kepada Anda. hakikiAnda (Anda sebagaimana Anda).. kepribadian hakiki (character). Anda harus besar daripada bagian yang terpendam. Bila bagian yang terpendam dari sebuah gunung makin dalam di perut bumi. "Bagaimana orang lain melihat Anda?"Sesungguhnya.jawablah 10poin di bawah ini dengan memilih sehinggagunung itu bisaberdiri kokoh.w. dalam firman Allah s. Mintalah koreksi Anda tidak mempunyai dasar-dasar yang kokoh. lihatlah secara terus-menerus garis-garis diri Anda. "Bagaimana Anda melihat diri Anda?" adalah bahwa ungkapan Anda mengenai kepribadian lahir bukan. I/(QS. Bangunlah inovasi khasAnda. hendaklah pertanyaan Sesungguhnya.

pilihlah saja salah satu kondisi dari pemikiran beberapa saya kepada pasti dalam dengan orang kesempatan dan pemikiran.• Komentar: Ada dua jenis kepribadian yang ditunjukkan oleh pertanyaan-pertanyaan di atas. Saya berbicara Saya bergerak tidak mengambil Ketika suka duduk... dan dari kondisi itu. a 678910 12345 54321 b Memberitahu (+) ••• 109876 Tanya (-) . membuat wajah bentuk lain harus dan kata berlomba pendapat. Bila Anda bertanya. jawablah 10 poin pertanyaan tersebut. Bagian Pertama: Bagaimana Anda melihat diri Anda? (Lingkari ungkapan atau huruf"a" atau "b"yang sesuai denganAnda) 1 a. tapi mengungkap- pasti Saya katakan. kondisi antara satu perkara berbeda dengan perkara yang lain. tuntutan mengungkapkan dan pandangan 10 9saya kondisi kehidupan Anda. 576 Jumlah huruf b = . b.a. dengan b. dengan pandai saya muka ungkapkan sedikit danSayadan miring keputusan cepat Saya dan Ketika tantangan pertanyaan berbicara pandai bergerak suka ke mengambil suara duduk. akan terlihat termasuk yang mana Anda: 4° I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 41 . "Jika suatu perkara tidak jelas atau ragu-ragu?" Saya jawab. Dan dengan Anda jujur terhadap diri Anda sendiri. aktifitas dengan meng- dengan berhadapan yang depan dengan nyaring cepatcepat saya jelas berspekulasi apkan wajar rgesa-gesa tenang nring asi dengan muka tenang dan ke belakang Jumlah huruf a = . pilihlah ungkapan yang mewakili 51%dari kepribadian Anda. 8 a. Saya memberikan Sayamenggunakan tidak suka roman ungkapan gunakan perlombaan kan pendapattidak ungkapan- tanpa pemikiran bijaksana. Saya saya suka sukakalimat meng- menguasai dengan dan jelas.

42 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 43 . 1. Pribadi suka memberitahu (tells). isyarat ekspresi . tertutup. dan bila berbicara hanya memberiisyarat dengan tangan dan kepalanya. Saya Kehidupan Sayatampak lebih Pakaian Keputusan lebih mampu seperti fokus saya bersifat suka saya disiplin orang kepada menguasai fokus untuk orang b. Saya Romantidak Gerak-gerikmenggunakan wajah sayasaat saya tidakbb. Banyak mendengar. Bagian Kedua: Bagaimana Anda merespon orang lain? (Lingkari ungkapan atau huruf"a" atau "b"yang sesuai denganAnda) 1 a. Keputusan Saya menguasai kan kepada (insting) yang lebih pada ber- terbatas merasa tampakfokus saya waktu orang perasaan simpeldan indra suka memakai dan dalam bebas berdasar- kepada seperti saya yang perasaan keenam fokus sedikit pakaian harus dilaksanakan mengharapkan saya yang positif dalam percakapan. a. begitulah kepribadian yang dominan padaAnda. Jumlah huruf b = . Sedekat apapun Anda dengan salah satu dari dua jenis kepribadian tersebut. diliputi ketidakjelasan. 2. menjawab pertanyaan dengan pertanyaan. yaitu kepribadian 4 a. Bisa berbicara 9865 7 formal dan yangserms dan kan saya sesuatu perasaan sebuah pada kepada manage berhasil yang analisa sikap saya waktu hakikat saya me- penting berdasar- ilmiah dan formal kepribadian saya perasaan sayasantai 10 berdiskusi secara terbuka dan mengasyikkan. yaitu kepribadian yang negatif dalam percakapan. Roman berjalan dan Gerak-gerik Saya wajahalami bersifat sering saya saya penuh spontan saat menggunakan dan rsifat hgan terbatas dalam formal atau 2 ungkapan Jumlah huruf a = . bperasaanyang mengungkapkan . bila tertawa hanya tersenyum. Pribadi suka bertanya (asks). Ada sinar dalam kepribadian ini.

4 " 5 8366959 2471 10" 1 Pertanyaan inijuga menjelaskan bahwa ada dua macam kepribadian dalam berinteraksi dengan orang lain. seperti contoh berikut: a 824 6 Bagaimana Anda merespon orang lain Bagaimana Anda melihat diri Anda b (b) (+) ba Suka Mengungkapkan Perasaan Komentar: Pertanyaan di atas menjelaskan apa kepribadian yang dominan pada diri Anda. Letakkan berapa jumlah angka Anda setelah menjawab dua bagian pertanyaan di atas dalam peta. Bagian Ketiga: Peta kepribadian. yakni sedikit reaksi dan tidak cepat terprovokasi. juga tinggi dan rendahnya. Pada nomor berapa Anda berada dari sepuluh nomor di atas. Pribadi yang mengungkapkan perasaannya. itulah Anda. 2. atau tidak? 10. 1. Pribadi yang menguasai perasaannya. Peta ini menunjukkan kepribadian dan perannya. mampu mengontrol 44 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 45 . lni kebalikan dari yang pertama. Apakah Anda mampu mengatur proses interaksi dengan orang lain. Dapat Mengontrol Emosi (a) (-) penempatan dan berinteraksi dengan kondisi sesuai kebutuhan..

panah mengarah ke kepribadian I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 47 . Seperti contoh di atas. Kemudian buat seperti ini: 10 9 8 Misterius Rasional 7 6 2 1 5 4 10 9 8 7 6 5 109876543211112345678910 2 2 3 3 4 5 6 7 5 4 3 6 7 Perasa Terbuka 8 9 10 Panah mengarah ke salah satu kotak kepribadian.

kepribadian manakah yang pantas saling berbincang dan masing-masing mempunyai banyak mendapatkan kesuksesan yang bertahtakan kenikmatan? cerita dan lelucon. Ia juga mempunyai kemampuan 2. atau seperti ungkapan. reaksi. Ini kebalikan dari kepribadian sebelumnya. dan bila berbicara. Kepribadian Kepribadian ini bisa digambarkan seperti anggota atau rasionallawan dari kepribadian sebelumnya (kepribadian perasa). Ini kepribadian keempat yang terletak di J ada di dalam batinnya dari roman wajah atau gerak-gerik sebelah kanan bagian atas. sulit mengungkapkan perasaan. ia sangat memperhatikan 1. menguasai perasaannya. lainnya. Anda tidak akan bisa membaca apa yang "'j 4. Bekarang. akan ampak dari raut mukanya. Tempatnya di dalam peta. Bopan." Tenang. Empat Kepribadian 3. menafsirkan sebelum kepribadian ini: berbicara. Apakah ciri-ciridari kepribadian ini dan kepribadian tampak apa yang ada di dalam batinnya. yang sering duduk-duduk di waktu sore atau di tepi pantai. Karena itu.rasional. yaitu mengungkapkan perasaannya. Dari namanya sudah jelas tubuhnya. Ia juga suka "Membeli tapi tidak pernah menjual. Mari kita mengenal 5 Orangnya pendiam. dan sering kali tidak mampu menguasamya. dan dapat menguasai perasaannya. Pertanyaan ini akan menghasilkan 4 kepribadian. "Anda ini biasanya banyak bicara daripada mendengar. tanpa terkendali dan tidak ada sesuatu Anda pasti akan segera menjawab. tidak cepat tersinggung." Baya katakan. Misterius. tapi cepat dipengaruhi situasi. Ini kepribadian yang romantis dan penyayang. Bila bercanda." Lihat peta berikut: I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 49 'I •• . pandai berdiplomasi dan atas. kecuali setelah mempelajarinya. dan dari raut wajahnya kepribadian stabil. berikut penjelasannya: dia akan tertawa terbahak-bahak. sebelah kiri bagian bahwa orang itu suka bicara. ia selalu menunda Tempatnya di dalam peta. atau Tempatnya dalam peta. membuatnya bereaksi. di sebelah kiri bagian bawah. sebelah kanan bagian bawah. benar. yaitu kepribadian rasional. Itu mendengar ketimbang berbicara. lni kepribadian bak seorang intel yang banyak kata-katanya. boleh kita katakan 5 kepribadian. pemalu. pengunjung tempat-tempat kumpul musim panas. Rasional. Terbuka. Perasa. "Kepribadian yang yang membuat mereka malu. Orang berkepribadian seperti keempat. tapi ada satu kepribadian lain yang lebih stabil. tertutup.

Di antara saran-saran mereka adalah: . . Stabil.. sehingga perasaannya sebagai satujenis dari kontrol penempatan saat terpatri kuat dalam sanubari Anda bahwa Anda juga bisa berinteraksi.Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan orang lain. . . niscaya orang lain akan meng- akan berbicara bila ia memerlukan berbicara.Dengarkan dengan baik. penebalan kulit yang disebabkan senyuman yang dipaksakan sepanjang hari. niscaya terbuka segala pintu untuk Anda. dia memerlukan untuk bertanya. menahan rasa yang tidak beres di perutnya ketika ia harus I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 1 . -J abatlah tangan orang lain dengan penuh kehangatan. Ia mengungkapkan keistimewaan -keistimewaan pribadi yang menawan. kami menemukan beribu-ribu buku yang ditulis dalam beragam fase dari abad-abad yang telah lalu. bertanya bila hormati Anda. bahkan dia mampu menguasai perasaannya berpenampilan dengan sesuatu yang tidak ada pada diri Anda ketika dikejutkan oleh situasi kritis. mendengar dan diam bila Bagian ini masih memberikan pelajaran tentang memang dia memerlukan itu.Terseyumlah. Langl~ahKedua: Pintu-pintu Kesul~sesan Bagaimana Anda Mendapatkan Orang Lain? ~.. tapi beberapa saat berdiri di depan cermin kamar mandinya untuk yang lain dia menjadi sosok yang terbuka. ~""UU Di bawah judul ini. mengembalikan bentuk normal wajahnya-setelah terjadi f. Kepribadian inilah yang mampu membawa pemiliknya menjadi orang yang benar-benar sukses. ia juga berusaha . Biasanya keempat angkanya adalah 5. Beberapa Ada seorang laki-Iaki yang pulang ke rumah dan saat dia menjadi orang yang misterius. niscaya itu akan menyejukkan hati. Kepribadian ini lebih stabil dari 4 kepribadian terdahulu. Terkadang ia tapi orang lain mengikuti Anda. Bahkan. memerlukan sikap perasa dan terkadang rasional. Orang yang stabil .

"Benar. saya menemukan telah dianugerahkan Nya kepada suatu kaum. oportunis. "Apakah tidak ada lagi yang kamu bawa Seorang sahabat bertanya kepada saya. di muka dan di belakangnya. Anda harus itu. Allah menjadikan keinginan menem ukan ketenangan dan bersikap apa adanya!" untuk mengubah dalam tangan kita. bila kita yang bukan kepribadian yang berkesan dan menawan dari hlar. Semua ini memberikan harapan kepada kita dalam menumbuhkan kepribadian yang kuat dan kokoh dari dalam. (QS.w. "Mana cahaya pulang di sore hari ini kepada kami selain kekecewaan di harapan di dalam ayat itu?" J awaban saya. "Yang demikian itu adalah karena sesungguhnya Mereka Sendiri Allah sekali-kali tidak akan mengubah suatu nikmat yang Ketika saya mencari tentang harapan. melakukan perubahan demi perbaikan. Mengetahui. Sahabat saya menambahkan. demi sebuah kesepakatan.t. Karena itu. dengan mengutip firman Sampai Mereka Mengubah Keadaan yang Ada pada Diri Allah s. Sesungguhnya. maka tak ada yang dapat menolaknya dan sekali-kali tak Istri laki-laki itu berkata kepadanya saat keluar dari ada pelindung bagi mereka selain Dia. " (QS.. itu sendiri yang mengubah apa yang ada pada diri mereka. berkuasa untuk mengubah dengan tanpa sebab semudah Dia "Hanya nimah satu-satunya tempat yang orang bisa mengatakan. Dan I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 53 J . pasti melakukan perubahan dan Allah pasti memperkenankan hal suatu saat akan tersingkap.t.Akan tetapi. AI-An£al:53) mereka menjaganya atas perintah Allah.w. "Itulah karunia keningmu dan kepahitan di bibirmu?"Laki-Iakiitumenjawab Tuhan yang diletakkan di hadapan kita. Sesungguhnya Allah dengan keputusasaan sambil melempar badannya di sofa.menyerahkan sebagian dari harga dirinya kepada penjahat apabilaAllah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum. Kita hanya dituntut JikaAnda orang yang berkepribadian lemah. Saya berkata. Karena itu. Ar-Ra'd: 11) 1/ kamar mandi. kita harus segera bagaimanapun Anda berusaha menyembunyikannya.. 'Jadi!'. maka disebabkan diri kita sendiri. phn-plan. mengubah diri kita dan tahu bahwa apa yang menimpa kita kurang percaya diri. memulai. dan tidak jujur. hingga kaum ayat al-Qur'an tentang hal itu dalam firman Allah s. "Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu dan sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha mengikutinya bergiliran. Ketika kita menyadari bahwa Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka nikmatnya kesuksesan yang hilang bersumber dari mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.

dan keahlian." berpikir. Pintu pertama. seperti komunikasi efektif.jabatlah tangan dan berbasa- mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka basilah. Agar kita sukses mengatur orang lain. Oleh karena itu." hanya terletak pada keistimewaan kepribadian. sebab Allah akan mengubah (personality)atau pintu membangun kepribadian. Ada beberapa slogan yang mengkristal pada pintu ini. niscaya Anda akan menang". Fokus memasukkan asas- mengubah keadaan yang Fokus membangun yang ketabahan. "Kuatnya keinginan. seperti melihat bahwa semua orang adalah baik (menutup mata dari aib mereka). orientasi. perbincangan dan negosiasi. perilaku. 54 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 55 . "Kesuksesan harus berasal luar seseorang. pintu ini hanya memberi beberapa sifat untuk mengembangkan dan membangun kepribadian yang dilihat oleh orang lain. ada pada diri mereka asas kebahagian dalam sendiri berkenaan dengan luarllahir Pintu ini memang dapat membawa kepada kesuksesan. Metode membangun orientasi-orientasi positif untuk kita harus memulai dengan mengatur diri kita dulu. Ingat. Pintu ini dari dalam. karena orientasinya hanya pada metode dan usaha memprogram perilaku seseorang terhadap orang lain." Saya juga katakan kepada orang-orang yang didasarkanpada: berinteraksi dengan orang lain. 2. hendaklah kita mulai 1. dan desakan adalahjalan menuju kesuksesan". Dengan kata lain. pintu kesuksesan dari luar/lahir mengubah yang di dalam. ada dua pintu kesuksesan: kesuksesan lahir. keberhasilan kit a mendapatkan kesuksesan semu. membangun diri tapi tidak akan lama."Tersenyumlah. gambaran Saya katakan kepada kalian. tanpa memperhatikan bagian dalam/batin. sumber kesuksesan: orang yang ada di sekitar kalian. pendapatan dan diri. Fokusnya hanya membangun bagian luar/lahir. Kesuksesan kesuksesan itu menjadi kebahagiaan. "Di depan kalian ada tiga 1. yang efektif) (pribadi efektif) "Senyuman mendatangkan teman dan muka muram akan IMembangun dari dalam Sesungguhnya Allah tidak Hubungan komunikasi menjauhkannya".Metodehubungan dan hubungan manusia secara umum. Keistimewaan moral (diri Keistimewaan pribadi antara lain: "PenampilanAnda menentukan ketinggian Anda".

Stephen R. Dengan pintu ini. keadilan. ketawadhuan. sedang asas-asas membawa kepada kebahagiaan. Pintu ini berdiri di atas keyakinan bahwa oleh orang-orang di sekitar Anda seeara terus-menerus tanpa ada beberapa prinsip utama untuk kehidupan yang efektif melihat apa yang Anda lakukan atau Anda katakan kepada dimana manusia tidak akan bisa menikmati kesuksesan mereka. Covey berkata. kesuksesan hakiki dan kebahagiaan abadi. kecuali dia mau belajar menyatukan prinsip-prinsip itu di dalam bangunan Putra Stephen R. 2. tapi sarna sekali tidak kesuksesan. sinyal-sinyaldiri (karakter) Anda kepada diri manusia. komunikasi. "Kami mulai mengajarkan sesuatu kepadanya. dan hidup tidak teratur. membina kesuksesan dan kebahagiaan atas orang lain lebih berpengaruh daripada sinyal-sinyal prinsip-prinsip utama. yakni benar-benar memperhatikan dan membangun bagian dalam Sesungguhnya. Kami berkata. sangatlah penting dalam mewujudkan kepada kesuksesan. Covey mempunyai seorang putra yang terbelakang dalam pelajaran. Covey dasar dirinya. Tapi itu eiri kedua kesuksesan. keberanian. seperti kesucian. Maka. bahkan dengan orang akal manusia pasti bisa diwujudkan. oleh terkadang terlihat merasa tertekan. kepribadian Anda kepada mereka. strategi memengaruhi keduanya memperhatikan dengan seksama perasaan mereka 56 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 57 . diterima dan dirasakan dan keseimbangan. Tidak diragukan lagi bahwa keahlian hubungan antar gagal dan gagallagi. walau tidak lama. yang menopang pembangunan diri merupakan eiri utama kesuksesan. Dia bertubuh kurus dan lemah. kesederhanaan. hubungan secara umum. bukan berarti pintu yang lain sarna kamu pasti bisa melakukan ini'. yang pengaruhnya sungguh dalam. sarana- Akhirnya. akan tetapi dia selalu Anda). dia dan istrinya sadar dan yakin-setelah sarana pengembangan kepribadian. sekalipun pintu ini dapat membawa dan berpikir positif. kesabaran. kecuali jika Anda karena itu dia tidak bisa bermain satu cabang olah raga pun hidup sesuai dengan kaidah-kaidah moral dan menjadikannya bagian dari karakter Anda. Karakter adalah cahaya kesetiaan. Kamijuga selalu memberinya sekali tidak diperlukan (unt~k membangun kepribadian semangat dan berusaha membantunya." manusia. hakiki dan kebahagiaan yang terus-menerus. tidak matang secara sosial dan Segala hal yang dapat dibayangkan dan dipercays. Pintu kedua.yaitu karakter. Tak akan tercapai terdekatnya sekalipun. 'Ayoanakku. membangun diri (karakter).

" Kemudian dia berkata lagi sambil tersenyum. "Perkara ini sangat sulit." Seorang sahabat berkata kepada saya. kami harus mengubah diri kami sendiri. "Kami hanya sumber-sumber kehidupan. kemunafikan sosial dan riya'. Mereka berdua berhenti berusaha untuk mengubah diri kami sendiri. melihat problemnya dari sisi kami." Covey berkata lagi. Dia dan istrinya menyingkir dari jalan anaknya. tidak dari sisi kemaslahatan anak kami. sebagai dibandingkan teman-temannya. dan tuntutan-tuntutan sosia!. mengubah metode. Pertama-tama. "Meskipun ganti dari seringnya mereka membandingkan anaknya kami mencurahkan segala kemampuan. sebab darinya akan muncul rata yang diharapkan. Mereka hanya sebagai pendukung saja. kecacatan mendasar. Kebanyakan keadaan-keadaanlah yang memaksa Bagaimana Covey Mengatasi Problemnya? kita untuk bersikap berbeda dengan apa yang di dalam atau Dia segera memfokuskanpada perbaikan dirinya terlebih bertingkah laku jauh dari asas-asas. padahal anak itu di bawah rata. maka saya tidak akan mungkin berhasil dalam waktu yang lama. Coveyberkata. Mereka berdua juga berhenti berkeyakinan dia akan tetap gaga!. dan berhasil. Perasaan-perasaan orang lain dan taktik yang membuat orang lain melakukan mereka yang bersifat penilaian terhadap anak mereka tak lagi apa yang saya inginkan." gambaran mengenai anaknya. Kedua orang tua ini menggunakan ukuran masyarakat Carilah di dalam hati Anda nilai-nilai kesuksesan bagi tingkah laku anaknya. "Bilasaya menggunakan strategi memengaruhi pengamanan sosial dalam diri mereka. meletakkan anaknya di dalam lingkaran gambaran mereka "Kamimulai sadar bahwa bila kami ingin mengubah keadaan. dengan sungguh-sungguh. Lalu Covey berkata.berdua-bahwa putranya memang gagal dan terbelakang yang sebenarnya. kami tetap dengan anak-anak lainnya. Mereka berdua merasa bahagia. Lalu Mereka juga menghentikan faktor-faktor pendorong saya berkata. tapi kepribadian saya mempunyai disandarkan pada tingkah laku yang diterima secara sosia!." diterima. "Dan kebanyakan kita memang tidak dahulu. atau membandingkannya dengan apa yang diperlukan oleh pertama-tama. Akan Sedikit demi sedikit gambaran lama terhadap anak mereka yang gagal itu lenyap dan mereka menemukan nilai rnuncul ketidakpercayaan seiringberjalannya waktu dan akan I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 59 . kami harus mengubah meletakkannya agar anaknya masuk dalam acuan sosial yang persepsi kami. Saya membalas senyumannya bercampur ejekan. dorongan.

bersabda.Latar belakang generasi terdahulu dan pendidikan di rasanya enak dan baunya wangi. Sedangkan buah labu. baunya wangi tapi rasanya pahit. (akan mengikuti bapak-bapak mereka) walaupun setan itu Sedang orang muna{ik yang tidak membaca al. tapi tidak untuk problem-problemyang Dalam waktu singkat." dengan baeaan al-Qur' an. kiranya semua orang tidak perban untuk luka. tapi Anda tidak akan bisa menipu semua orang di apa yang di dalam. sedang Benar.w. ibarat tidak. rasanya pahit dan baunya tidak enak. mungkin Anda dapat berhasil menahun dan kronis. Orang mukmin yang tidak waktu keeil. sekalipun saya berusaha Bukhari.. (neraka)?" (QS. "Mereka kurma. mengandung bau kepribadianAnda yang di dalam. "Orang mukmin yang membaca al-Qur'an dan CobaAnda bedakan antara: mengamalkannya seperti buah 'utruj' (semacam jeruk). maka ia seperti bunga yang indah tapi setiap waktu). meneari makan dengan al-Qur 'an Sesungguhnya. rasanya man is tapi tidak memiliki bau. I Dan apakah mereka seperti daun kemangi. sekalipun (Andamungkin dapat menipu sebagian orang di sebagian Anda berusaha menutupinya. Rasulullah s. kepribadian dari dalam akan membawa atau sombong dengan al-Qur'an) kaidah-kaidah moral yang mendasar bagi kehidupan.Qur 'an seperti menyeru mereka ke dalam siksa api yang menyala-nyala buah labu. Keduanya hanya bisa mengatasi untuk akan suka.a. seperti buah kurma.a. sebagaimana firman Allah s..t. Dari Abu Musa r. walaupun banyak memiliki khasiat. Apabila tidak sesuai dengan waktu." (HR.w. dalam ujian sekolah dengan eara menyontek. Tapi Kemampuan Anda yang dilihat oleh orang lain semua kesuksesan itu bersifat sementara dan tidak akan abadi. . Bab: Orang yang riya menutupinya. jadilah Anda seperti buah utruj. Luqman: 21) 60 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 61 . atau keahlian berkomunikasi. sementara waktu saja. Kitab Keutamaan al-Qur'an. atau paling kepribadian dari luar. Orang-orang terdahulu binasa oleh perkataan membaca al-Qur 'an dan tidak mengamalkannya seperti buah mereka.tersingkap juga tipuan saya. baunya tidak enak. 'Kami (hanya) mengikuti apa yang kami dapati Perumpamaan orang munafik yang membaca al-Qur'an bapak-bapak kami mengerjakannya. atau seperti kemangi. menjawab. dengan eara menipu dan mengaku-ngaku. tapi jangan menjadi seperti daun aspirin untuk mengatasi problem-problem sulit. Anda juga mungkin dapat berhasil dalam menjalin hubungan dengan Anda Jangan Seperti Daun Kemangi! orang lain.

pasti bau wangi parfum Anda akan hilang. Anda hanya akan berhasil dalam waktu yang tidak Kadang Anda membutuhkan keahlian berbicara dengan lama. dengan setia kepada Anda dalam waktu yang lama. karena tidak Anda mandi. coloring dan lain-lain. riya'. • Anda akan lebih bersemangat untuk bekerja. "Setiap kali Anda berteriak di telinga saya dengan suara yang Orientasi Rmgembangan nyaring. saya tidak akan pernah bisa mendengar Anda. 62 I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I . tantangan hidup akan menjadikan faktor-faktor pendorong hakiki menjadi redup dan datanglah kehancuran sebuah • Anda akan bekerja dengan lebih baik. dan I. seperli perkawinan. Anda pasti akan mendapatkan orang-orang yang MungkinAnda sukses dalam hubungan sekilas. • Anda akan membuat orang lain mencintai Anda dan . ada jalan pintas ketika hal-hal mendasar sebagai sasaran. kami katakan kepada mereka. Hubungan-hubungan yang memerlukan kebahagiaan t sesamanya. • Anda akan membuat orang lain melakukan apa yang Anda inginkan. melewati law an? Dan bagaimana Anda memasukkannya ke akan tetapi Anda memiliki keistimewaan moral. di samping kesuksesan adalah hubungan-hubungan yang masanya panjang. kadang Anda tidak mampu memperindah kata- bagaimana memainkan bola secara benar? Bagaimana Anda kata Anda. maka tantangan. Apakah Anda ingin saya ceritakan kembali kisah daun Bila Anda mengetahui bagaimana memperdaya kaidah. sampingan. Atau seperti yang mereka katakan. "Anda mengerti orang lain. partner Akan tetapi. persahabatan (saling cinta karena Allah) dan Anda (munafik. tapi itu sebenarnya hanya hal kedua atau dengan manusia. Anda akan gagal interaksi dengan anak. Jika dalam gawang?" demikian. kikir atau jahat). hubungan sebagai imbas dari kesuksesan sesaat. kadang juga Anda tidak bisa menguasai keadaan. ketika ada kecacatan dalam kepribadian kerja. bila tidak ada sikap konsisten dan keistimewaan mendasar yang kuat. .kaidah kemangi tadi?" kerja. Coba Waspadalah terhadap filsafat solusi cepat. Sebab. batinAnda.Pandangan-pandangan yang tersimpan di dalam akal Orang-orang yang berlebihan dalam berdandan. berpura-pura pintar atau dengan kata-kata yang Ketika Anda menggunakan teknik hubungan baik mengesankan.

semua orang illsekitar Anda akan mengetahui Dalam Perang Uhud. Disitulah kenikmatan 'Imran: 118) hakiki. "Niscaya Allah memperbailli sebagai pelindung bagian belakang mereka.t.w. Telah nyata kebencian dari mengambil pelajaran. Sungguh telah kami terangkan kepada kalian Kemudian Surga ayat-ayat (Kami). asas dan nilai-nilai luhur.W. jika kalian memahaminya. "Hai orang-orang yang beriman. memberi kepada kaum kerabat. Mereka menyukai Dia memberi pengajaran kepada kalian agar kalian dapat apa yang menyusahkan kalian. dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka lebih besar lagi. bukan sekadar mulia di dunia. kecuali bila mereka bahkan telah membersihkan pasukan beliau dari orang-orang mengetahui asas-asas tersebut dan mempraktekkannya munafIk-simbolkesuksesan luar/lahir. dalam waktu yang lama. teladan yang sangat jelas dari Rasulullah s. An-Nahl: 90) mulut mereka. Allah S. Allah s. janganlah kalian ambit "Sesungguhnya Allah menyuruh (kalian) berlaku adil dan menjadi teman kepercayaan kalian orang-orang yang di luar berbuat kebajikan.w." (QS.t. " (QS. bahwa ada beberapa asaskehidupan yang efektif.W. kita dapat melihat contoh dan sifat penipu Anda. Beliau Kita telah mempelajari keistimewaan-keistimewaan menggunakan semua sarana duniawi yang bisa membawa moral. kemenangan dan menghadap ke medan perang dan menjadikan gunung Uhud surga. Allah atau menikmati kebahagiaan.w. berfirman.a.W. Allah s. Sesungguhnya kesuksesan yang berdasarkan asas- Rasulullah s. AI-Ahziib: 71) asas yang ada di dalam jiwa dan kemenangan dari dalam. 64 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I I ~- . juga keberuntungan. Ketidakpercayaan akan muncul dan Kembali dari Perang uhud seiring waktu. dan mempersiapkan pasukan. danAllah kalangan kalian (lwrena) mereka tidak henti-hentinya melarang dari perbuatan keji." (QS. AU lnilah puncak kesuksesan: Surga.a. (menimbulkan) kemudaratan bagi kalian. sebagai moral atau akhlak dasar. kemungkaran dan permusuhan.too dosa-dosa kalian. kepada kemenangan: musyawarah sebelum perang. eksekusi Manusia tidak akan mampu mewujudkan kesuksesan hakiki keputusan musyawarah. berfirman.t.berfIrman. Beliau menempatkan pasukan pemanah ill atas gunung yang tapi seperti Allah. Dan Barang siapa menaati Allah dan RasulNya maka sesungguhnya dia telah mendapatkan Kemenangan lahir pun sudah didapatkan kecuali asas- kemenangan yang besar. Beliau sendiri bagi kalian amal-amal kalian dan mengampuni bagi kalian berdiri merapikan barisan clanberdoa kepada Allah S. membuat rencana yang sangat teliti.

tidak menoleh kepada seseorang pun. Imbalan memegang norma dan prinsip adalah Al-Qur' an mengobati jiwa ini dengan cara yang Iebili lembut. dan mengumpulkan hasilladangnya di musim Allah memperlihatkan kepada kalian apa yang kalian sukai. Selanjutnya adalah kemenangan besar. Allah s. Kemudian Allah memalingkan kalian dari mereka untuk Perang Uhud bukan hanya perang di medan perang. maka ujian akan sangat berat. karena itu Allah menimpakan atas kalian kesedihan. lebih efektif dan lebih menyeluruh. Asas adalah taat kepada Rasulullah dan yang menjadi supaya kalian jangan bersedih hati terhadap apa yang luput lawannya adalah harta ghanimah. Allah berusaha mentaati perintah Rasulullah? Kenapa mereka tidak Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan.w. maka hancurlah kemenangan lahir itu. Allah s. menguji kalian.t. dorongan dan perlawanannya-tidak terbatas." (QS. kecuali bila Anda hidup sesuai dengan kaidah-kaidah berfirman. Ali bersungguh-sungguh. dan sesungguhnya Allah telah memaafkan tapi juga perang di dalam jiwa. abadi. Medannya lebih luas dari kalian. Ali 'Imran: 152) manusia-bayangan dan perasaannya. Imbalan melepaskan norma dan prinsip lebih dalam.t. bermain di dalam urusan itu dan mendurhakai perintah (Rasul) sesudah musim panas. ketika kalian membunuh mereka ApakahAnda pernah berpikir bahwa seorang petani lupa dengan izinNya sampai pada soot kalian lemah dan berselisih untuk memulai bercocok tanam di musim semi. Medan perang terbatas. adalah kesedihan. mereka mendapatkan kemenangan.w. kebahagiaan. n I Ketika mereka kalah oleh kemilau hart a ghanimah (harta berada di antara kawan-kawan kalian yang lain memanggil rampasan perang). janjiNya kepada kalian. "Dan sesungguhnya Allah telah memenuhi moral dan menjadikannya sebagai bagian dari karakter Anda. "(lngatlah) ketika kalian lari dan kern udian kekalahan. kalian. antara kalian ada orang yang menghendaki akhirat. semua orang tahu bahwa bila asas tidak Tidak akan tercapai kesuksesan hakiki dan kebahagiaan diperdalam. Dan Allah mempunyai karunia (yang dilimpahkan) segala medan. sedang medan jiwa atas orang-orang yang beriman. gugur? Sungguh. Pertama-tama. berfirman. Kenapa mereka tidak daripada kalian dan terhadap apa yang menimpa kalian. ladang saja mempunyai peraturan alami Di an tara kalian ada orang yang menghendaki dunia dan di yang harus diikuti agar mendapatkan hasil. ketamakan dan keinginannya." (QS. sedangkan perintahnya sudah sangat 'Imran: 153) jelas? Sungguh. sedang Rasul yang yaitu kemenangan makrifat-suatu pandangan yang jernih 66 I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I L .

berfirman. kebersihanjiwa. yang kalian sukai. tidak perasaan pada bakikat ini seperti ketetapan keyakinan. Terlihat jelas 141) Pembersihan adalah suatu tingkatan setelah ciri antara kemunafikan dan kejujuran dalam perkataan.woo Perkara ini berakhir dengan munculnya kejahiliyahan akan menang atas kejahiliyahan. Pembersihan adalah proses perbuatan. Karena itu. politik atau ekonomi. Ketetapan kebenaran karena kebenaran.t. Dalam keadaan yang terbebas dari gelapnya orang-orang yang beriman (dari dosa mereka) dan gambaran dan ayunan perasaan. dan tegar di atas kebenaran. Ia merupakan proses Yang juga jelas adalah kewajiban iman. " (QS.jika semua menghendaki akhirat. keberuntungan dan pembedaan. dedikasi.W. hawa nafsu. komitmen untuk taat dan patuh.a. juga segala perkara dan segala orientasi. berbilang. Di antara kalian ada orang yang Dalam pandangan Islam. perbedaan barisan dan bertolaknyajama 'ah Allah s.t. terhadap hakikat yang ditampakkan al-Qur'an. jelas. kebaikan adalah bila Anda mengangkat panji 68 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I . bersih. tawakal kepada Allah S. "(QS. dan itu tidak pembangkangan setelah melihat dengan mata kepala mereka ada kebaikan padanya bagi kehidupan manusia. tidak ada nilai dan harga menghendaki dunia dan di an tara kalian ada orang yang untuk kemenangan militer. "Danagar Allah membersihkan kaum muslimin. Saat itu Sesungguhnya. yang terjadi dalam jiwa dan sanubari. "8ampaipadasaat kalian lemah Allah dalam setiap langkah dan mengembalikan segala dan berselisih dalam urusan itu dan mendurhakai perintah keputusan kepada Allah. barisan orang-orang muslim membinasakan orang-orang yang kafir. Ali 'Imran: 152) itu tidak didasarkari pada metoderabbani dalam mengalahkan Ayat di atas merupakan penjelasan mengenai keadaan jiwa. mati atau (Rasul) sesudah Allah memperlihatkan kepada kalian apa hidup.berfirman. dan hendaknya juga segala usaha kita yang berpendirian untuk tetap taat pada perintah Rasulullah berada di jalan dan di dalam manhaj Allah. hendaknya pasukan panah yang sebagian dari mereka lemah di depan kemenangan kita merupakan kemenangan bagi Allah dan tipuan harta ghanimah dan berselisih dengan orang-orang bagi manhaj Allah.w. Jika tidak. serta menjadikannya mempersiapkan diri dengan pengetahuan. tugas dakwah yang menguak kepribadian yang tersembunyi dan terhadap iman dan semua tuntutan itu dengan cara mengeluarkan keragu-raguan dan cela. baik menang atau kalah. Ali 'Imran: berbeda dengan barisan orang-orang munafik. sendiri cahaya kemenangan yang mereka inginkan. s. perasaan dan perilaku. dan syahwat. Kebenaran itu satu.peraturan. Setelah itu.

Saat melihat Hasan al- Bashri. duduk di Al-Qur'an menunjukkan hal-hal tersembunyi di dalam rumahnya. mereka berteriak. "Di an tara kalian ada orang yang menghendaki dunia dan di antara kalian ada orang yang Pada suatu hari." (QS. berfirman.t. Allah tidak akan menolong kecuali Pengaruh kita pada manusia pada dasarnya muncul dari kepercayaan kita dengan apa yang kita katakan atau kita terhadap orang-orang yang jiwanya ikhlas kepadaNya. 'Di antara perbudakan. AI-Balad: 13) Di Bashrah tidak ada lagi kalian ada orang yang menghendaki dunia dan di antara orang yang memerdekakan budak. perang karena Allah. yang berpengaruh pada manusia?" Imam Hasan al-Bashri merasa iba dengan mereka dan Dengan demikian. "Aku tidak sahaya yang mengalami kesulitan.w. ada suara gaduh di depan pintunya.a.w. berkata.a. pasukan panah terbagi menjadi dua kelompok: kelompok yang datangnya kekalahan. Perang akidah adalah daripada apa yang Anda katakan atau Anda lakukan. " dan termasuk tabi'in yang belajar dari sahabat. Tiba-tiba. Allah lakukan. "Melepaskan budak dari Perang Uhud firmanAllah S. 70 I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan 71 I . manusia sudah lupa melihat ada di antara sahabat Rasulullah s. "Wahai Imam. yang menginginkan dunia sampai turun kepada kami pada waktu dengan firman Allah s. di depan mereka tersingkap apa yang ada di dalam hati mereka dan mereka pun sadar dari mana berjanji akan menyampaikan dan menganjurkan kepada manusia untuk memerdekakan budak. Ia sinyal-sinyal diri (karakter) Anda kepada orang lain lebih membekas daripada sinyal-sinyal kepribadianAnda kepada merupakan perang di medan perang sekaligus perang di orang lain.w. Sekali lagi saya katakan kepada Anda.w." s.10 pahala akhirat. Hati mereka pun terbagi-bagi sehingga barisan dan tujuan tidak lagi satu. Hasan al-Bashri. Mana nasehat para ulama kalian ada orang yang menghendaki akhirat' . sehingga mereka dapat menginginkan harta dunia dan kelompok yang menginginkan menghindarinya. Diri Anda lebih berpengaruh kepada orang lain dalam jiwa. "Sesungguhnya Perang akidah tidak seperti peperangan lain. hati yang sebelumnya tidak disadari keberadaannya oleh Dia pun melihat keluar dan ternyata ada sekelompok hamba kaum muslimin.t. AbduUahibnMas'udr. Ketamakan mengotori Hasan al-Bashri Mengajarkan Kita keikhlasan yang seharusnya tetflP ada dalam perang akidah. Tidak ada kemenangan di medan perang tanpa kemenangan di medan perang sanubari. yang berbunyi. seorang imam besar menghendaki akhirat...t.

kenapaAnda berada di dekat seekor gajah yang belum pernah mereka lihat. Para hamba sahaya itu pun pulang dengan hati senang menyampaikan nasihat kepada manusia. para hamba sahaya pun berburuk para ahli bicara tahu bahwa pengaruhnya kepada orang lain sangka terhadap Imam." Orang buta kedua yang Kemudian. maka isi membawa harapan untuk segera dimerdekakan. Tiba-tiba. orang buta pertama yang memegang membeli seorang hamba. Mereka berkata. baru dia kumerdekakan." Orang Setelah itu. "Imam telah tidak bertahan lama? Bangunan amal adalah abadi dan akan melupakan kita. mempunyai hamba dan aku tidak memiliki biaya untuk Sesaat kemudian. Nah. namun Imam Hasan al-Bashri tidak juga didasarkan pada kata-kata dan nasihatku belaka. para hamba sahaya pergi ke masjid waktu. Oleh karena itu. ketika aku I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 73 . tetapi gajah bersamaku hingga aku merasakan pentingnya kehadirannya. "Saat itu aku tidak tubuh besar binatang itu. ini seperti kantung besar dari kulit yang tergantung. menancap kokoh di atas tanah. Akibatnya. Ketika kata-kata: "Jika seperti itu kemampuan Imam. aku menunggu kaki gajah berkata." berkhutbah tentang pemerdekaan budak yang diperintahkan Sungguh indah contoh dari Anda." tampak keburukan atau kebaikannya seiring berlalunya Pada suatu Jumat. para budak kembali berkumpul di depan Gajah dan Empat Orang Buta pintu Imam. Mereka mengucapkan terima kasih. aku dapat membeli seorang budak dan dia tinggal memegang perut gajah berujar. membiarkan kami di bawah tekanan perbudakan dalam seseorang bertanya kepada mereka. J umat demi pembicaraanku didasarkan perbuatan dan perilakuku. dan tidak ada sedikit pun harapan merdeka dalam diri mereka. Setelah itu. "Coba kalian sebutkan beberapa pekan?" Imam Hasan al-Bashri tersenyum bahagia bagaimana bentuk gajah ini?"Lalu mereka segera mendekati melihat kegembiraan orang-orang yang baru merdeka itu dan gajah itu dan meraba bagian yang dapat mereka raba dari dengan tenang beliau menjawab. bukan Jumat berlalu. "Gajah itu seperti sebatang pohon yang sampai aku mempunyai biaya untuk membeli budak. wahai Imam! Apakah oleh Islam. "Bukan begitu. tapi dengan Ada empat orang buta datang ke kebun binatang. Imam Hasan al-Bashri menyampaikan Langl~ah Ketiga: Cari Landasan untul~ Bertolak khutbah yang tidak seorang pun mendengarnya kecuali ia (Paradigma) segera memerdekakan seorang budak. sebagaimana dunia telah melupakan kita.

" Kemudian. Masing-masing mereka dalam menyebut bentuk si gajah? Apapun. Tapi kadang juga. Dia takut Dalam bukunya yang berjudul Aafaq bi La Huduud (Alam Tanpa Batas). Dia yakin bisa melewati gunung itu. yaitu kecuali apa yang tergambar dalam peta itu. Kadang besar. keimanan atau kekufuran. Rasulullah s. dan akan kelihatan kecil di mata orang menghalangi jalannya.a. Dr. itulah berbeda sudut pandangnya (paradigma). Ia seperti selang besar hati.a.buta ketiga yang memegang belalai gajah menyela. Yang benar. berkata. Dari Abdullah ibn Mas'ud r. "11 memiliki batasan-batasan yang berbeda dengan batasan- batasan yang dimiliki orang lain. "Anda dilihatnya bak batu kerikil karena disikapi dengan keteguhan juga salah.w. Coba kita lihat. orang buta keempat Kira-kira apa maksud dari ungkapan doktor itu? Apakah yang memegang telinga gajah berbicara. Muhammad At-Tikriti berkata. Tipuan Indra bersabda. Gajah tidak seperti itu. itulah yang dia *** inginkan! Cobakita perhatikan contoh dari perbedaan yang dilihat Bagaimana menurut Anda? Benar atau salahkah oleh dua orang dari suatu hal yang sama. "Akan kelihatan besar di mata orang kecil kerikil di tengah jalan dianggap gunung besar yang dapat segala yang kecil.. Itulah alam yang Faktor penyebab terjadinya perbedaan dalam sudut dikenalnya dan dia hidup didalamnya. Sedang orang fasik (suka maksiat) melihat dosa-dosanya seperti orang yang "Setiap manusia mengenal alam sekitarnya dengan caranya hidungnya dihinggapi seekor lalat. Dia membuat peta dalam benaknya yang maka lalat itu pun pasti pergi. "Kalian buta. kadang gelap. gunung besar besar segala yang besar. Dia cukup berkata 'hus'. Tak ada alam baginya pandang ini terletak pada apa yang ada di dalam diri." segala sesuatu dari dalam? Barangkali." yang bisa bergerak-gerak. gajah fenomena yang ada bukan hakiki? Apakah kita harus melihat itu seperti kipas besar yang bisa bergerak ke sana dan ke mari. gunung itu akan longsor dan menimpanya. sendiri-sendiri. Kadang batu besar. Kadang terang. seorang pujangga kadang kecil. ya? ia in gin mengatakan bahwa penglihatan kit a terhadap Apa yang kalian katakan salah semua. Al-Mutanabbi. apa kira-kira hakikat dari setiap orang yang melihat dan faktor penyebab terjadinya perbedaan sudut pandang itu? merasakan dari sudut pandang masing-masing." 74 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 75 . "Sesungguhnya seorang mukmin melihat dosa- dosanya seperti orang yang berada di kaki gunung.

W. memandang alam di sekitar kita. "Hai malam. Muhammad At-Tikriti kembali berkata. kecuah berdasarkan apa yang Anak-anak itu menjawab. "Sesungguhnya apa yang wajib kita percayai Dr.. sebab kita tidak pernah menyentuh atau melihatNya!" Ar-Ru'ya dan al-Bashar Tiba-tiba seorang anak berdiri dan berkata. "Pak Guru.W. kapan pagi tiba? Apa sampai hari kiamat Maka anak yang pintar dan kritis ini pun berkata. 2) bahasa. Coba perhatikan lagi contoh berikut: Seseorang yang Laki-Iaki bodoh itu menjawab.t. Allah s. apakah Allah itu ada? Tentu saja tidak ada. "Sekarang Bapak ingin bertanya kepada indra. 3)keyakinan dan nilai. kita dengar atau kita ketahui saja.Tapi orang yang kaslJlaran karena cinta dunia.t." ia merasa malam begitu panjang. ''Atau I Lndahnya I(esuksesan Lndahnya Kesuksesan I 77 . "Tidak. Ada perbedaan antara dua kata ini. Ini pula yang Orang bodoh itu kembali berkata dengan angkuhnya. .w. apakah kalian pernah melihat Allah? Apakah kahan Itulah lempengan-Iempengan besi yang menghalangi pernah mendengarNya? Apakah kalian pernah kita dari sebagian besar alam di sekitar kita sehingga kita menyentuhNya?" pun tidak bisa memutuskan. Laki-Iaki bodoh itu menjawab. sebab ia tak mendengarnya? Apakah Bapak pernah menyentuhnya? lagi bisa meneruskan kedekatan dan munajatnya kepada Apakah Bapak pernah merasakannya?" Allah S. artinya melihat." faktor yang menentukan pengenalan kita terhadap alam: 1) Lalu ia berkata lagi. dimaksud dengan kata "paradigma". Al-Bashar adalah apakah Bapak pernah melihat akal Bapak?" tugas mata." berdiri di hadapan Allah s.. dengan senang dalam salatnya Anak itu kembali bertanya. "Tidak. Ia menjelaskan. tiba?" "Lantas di mana akal Bapak? Apakah Bapak orang berakal atau orang gila?" Orang Gila *** Mari kita simak cerita yang menarik dan cukup Lucu 'kan cerita ini? menggehtik ini: Ada orang bodoh mengajar sejumlah anak.t.berfirman. yaitu cara kit a "Jika demikian.. "Tidak pernah.Tidak. "Apakah Bapak pernah tiba-tiba merasa sedih saat fajar menyingsing. sampai ia pun berteriak kesal." kahan. "Ada tiga adalah apa yang dapat kita ketahui lewat panca indra saja." kita lihat.

pandangan kita tentang alam lndra adalah jendela akal untuk mengenal alam. Artinya. ia tidak akan bisa mengetahui bagaimana cara berpikir seseorang. bukan? 3." maksimalnya. kesuksesan. kenikmatan sebuah AI-A'r8. Dia menjelaskan dalam bentuk kaidah. Mata menjelaskan kepada kit a sejauh mana pengaruh tiga misalnya. Batas maksimal kemampuan indra. dan saya maksudkan di sini adalah tiga proses yang menjadi kehidupan.f: 195) Allah S. lempengan besi di atas (indra. JikaAnda dapat tangan Anda.t. Pemahaman lempengan besiitu. tapi pada waktu malam yang gelap. normalnya dapat melihat lilin darijarak 10meter. " dengan mengenal manajemen diri orang lain. Biarkan dia 1. Anda akan mendengar lagi meski suasana tenang sekalipun. sendiri. Tapi akan kuat. mata dapat melihat lilin dari mempengaruhi keluasan pandangan kita terhadap alamo jarak 45 kilometer. *** landasan paradigma terhadap alam di sekitar kita. Persepsi Sekarang. Saya sering mengatakan. setiap manusia mempunyai paradigma sendiri- ra'yu. kekurangan.f: 179) Sedang ar-ru'ya. bukan mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakan untuk melihat. artinya memandang. lni batas mudah berinteraksi dengan orang itu. Tapi pada jarak 7 meter. ia akan kata ar-ru'ya. bahasa dan keyakinan) dalam Sedang jarak maksimalnya. berasal dari kata ar. "Dan mereka kesuksesan hanya terwujud dengan manajemen diri. Anda in gin mengenallebih jauh tiga 2. yaitu: Kita kembali kepada At-Tikriti. begitujuga sebaliknya. (QS.juga berfirman.W. Proses ini juga membentuk perilaku dan orientasi kemampuan indra sangat terbatas dan mempunyai tiga kita terhadap alam dengan lebih baik. "Setiap manusia Telinga misalnya.mempunyai mata yang dengan itu dia dapat melihat?" (QS. yaitu: 1. AI-A'r8. Jika seseorang mampu mengubah paradigma dan Memang terkadang al-bashar digunakan untuk makna memperluas sudut pandangnya dengan lebih baik. Penafsiran Lempengan Pertama: I ndra Dengan ketiga proses ini. I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 79 . Tapi. dapat mendengar detak jarum jam di mempunyai cara tersendiri dalam berpikir. kata ar-ru'ya yang dapat menikmati berbagai hubungan.

berfirman. Kesimpulan: Hanya melihat atau mendengar saja tidak lni bukan berarti Anda boleh mendustakan orang yang bisa dijadikan dalil tidak adanya sesuatu yang tidak bisa melihat apa yang tidak bisa Andalihat. berkhianat. Allah s. bisa saja batas Anda dengar atau Anda lihat. ketika temannya mengetahui perbedaan suara keras dan suara pelan. ketika ia mendapatkan harga suatu barang naik.t.t.000 getaran/detik. Lempengan Kedua: Bahasa 2. maksimal kemampuan indra seseorang lebih luas dan besar dariAnda. timbangan. Al-A'raf: 17) Dia juga bersabda. suara. dansejenisnya.W. untuk ketika memutuskan suatukasus." (QS." tidak bisa dibedakan atau diketahui oleh indrakita. menginginkannya. Misalnya. telah mengajarkan kepada kita seni 3. gambar. Seandainya tidak ada batas kamampuan maksimal. walaupun kamu sangat Oleh karena itu. dan termometer untuk sesuatu yang ia berkata. dapat mendengarnya. alat pembesar dapat dilihat atau didengar manusia. Perbedaan dalam mengindra. "Tidak ada temanyang tulus di dunia Kekurangan ini memaksa kita untuk menggunakan ini.t. seperti kelelawar. kita tidak akan bisa mendengar ~. Kemampuan tangan misalnya. sebagai 1. Spektrum. Kurangnya kemampuanindra untuk berhitung yang benar. Telinga tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (toot). Sebab." misalnya. sekalipun ada makhluk lain yang Coba perhatikan juga firm an Allah s. Allah s. I. Bahasa mempunyai tiga kekurangan: hal-hal yang diindra. Ada sebagian indra peraba. sebagai indra pendengar. "Dan sebagian besar getaran/detik dan lebih dari 20. tidak bisa mendengar suara yang kurang dari 20 (QS. atau orang yang menyamaratakan kesimpulan dengan bahasanya kemampuan telinga. Penyamarataan (generalization). Kitajuga tidak bisa "Sesungguhnya orang-orang yang mendatangkan cobaan melihat cahaya infrared dan ultraviolet. kurang dan ultraviolet lebih dari ukuran spektrum yang pasti kita tidak akan membutuhkan teleskop. Yusuf: 103) gelombang suara ultrasonic. "Semua harga barang sudah naik. berikut.W. "Dan engkau mengetahui fenomena dalam beragam tingkatan. penggaris. untuk mengetahuiyang lembut dan kasar. manusia tidak akan beriman. sebab infrared kepada orang-orang yang mukmin laki-laki dan perempuan Indahnya Kesuksesan I 81 80 I Indahnya Kesuksesan . Kurang Bahasa adalah salah satu filter informasi atau data yang ketidakmampuan indra dalam mengetahui perbedaan antara masuk ke aka!. ia berkata.w." Atau.

dan dua orang laki-Iaki 82 Indahnya Kesuksesan I Indahnya Kesuksesan I . Dan mereka tidak menyiksa orang-orang Siapa yang memukul Ali?Kenapa dia dipukul? Dengan mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu benda apa dia dipukul? Di mana dia dipukul? beriman kepadaAllah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji. AI-Buruj: 10) menyamaratakan." Saya katakan kepada setiap orang yang (QS.W." dan menyalakan api di dalamnya.t.t. mereka Saya berkata.W.s. dalam bahasa dan pembicaraan yang dapat mengurangi ketika mereka dud uk di sekitarnya. berfirman. "Kemudian mereka tidak bertobat . yang berapi (dinyalakan dengan) kayu bakar. Dia memberikan pengecualiaan bagaimana memutuskan kasus peradilan dengan benar. laknat dan azab Allah hanya akan pihak yang bersengketa. telah mengajarkan kepada para hakim Allah tidak menyamaratakan.tmengenai Nabi Daud a. " Siapa mereka itu? Mereka adalah orang-orang kafir. maka bagi mereka azab jahanam dan bagi mereka azab (neraka) yang membakar.W. lni ungkapan terburuk membuat parit. Allah S. "(QS. kemudian mereka tidak bertobat. "Alidipukul orang!" yang beriman. Allah s. Barang siapa menolak.. "Penyamarataan menunjukkan adanya memerintahkan kepada orang-orang yang beriman itu untuk paradigma yang tidak benar dalam diri. lalu mereka menggali beberapa Iubang di tengahjalan mengenal alam. Contohnya. Dr. At-Tikriti berkata. "Binasa dan terlaknatlah orang-orang yang 2. Sebagaimana tersirat dalam fIrman ditimpakan atas orang-orang yang tidak bertobat. seperti kata menyaksikan apa yang mereka perbuat terhadap orang-orang dalam bentuk pasif. Penghapusan (Deletion). larangan menghapus keterangan apa pun dari masing-masing AI-Buruj: 10) Maksudnya. AI-Buruj: 4-8) jawaban sehingga kita dapat memutuskan siapa yang benar Ketika ingin menjelaskan akhir perkara dan dan siapa yang salah. yang meninggalkan agama Allah Yang Maha Esa dan kembali dengannya kita mengambil kesimpulan tentang alam di sekitar kita. sedang mereka pemahaman terhadap apa yang dimaksudkan. menampakkan kemurkaanNya terhadap perbuatan mereka. Allah s. akan mereka lemparkan ke dalam lubang-Iubang api itu. lewat dengan firmanNya." Semua ini merupakan pertanyaan yang memerlukan (QS. Kemudian. "Penyamarataan dapat Mereka mengumpulkan orang-orang yang beriman di dalam mengurangi ketelitian yang dengannya Anda bisa kota." kepada kekufuran. "Penyamarataan dapat merugikan orang yang ber b·lcara..

w.s. "Daud berkata. "Kahan selalu mereka berbuat zalim kepada sebahagian yang lain. 'Sesungguhnya dia telah di an tara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu. Sesungguhnya.t.w. Allah s. Karena itu. maka dia meminta ampun kepada Tuhannya kepada yang lain. Allah membuat beberapa batasan 'Serahkanlah kambingmu itu kepadaku dan dia mengalahkan dan tugas Nabi Daud a. "Dan adakah sampai kepadamu Tuhannya lalu menyungkur sujud dan bertobat. 'Dan Daud mengetahui argumentasinya dari yang lain. Setelah kejadian itu.t. berfrrman. membentuk paradigmanya dari satu sisi terkejut karena (kedatangan) mereka. Nabi Daud sama sekali tidak satu pihak lalu menghapus atau tidak mendengarkan keterangan dari pihak yang lain.W. berita orang-orang yang berperkara ketika mereka memanjat Shad: 24) pagar? Ketika mereka masuk (menemui) Daud lalu dia Nabi Daud a. Ia tidak mendengar Daud.w. "(QS. Dan sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang berserikat itu sebahagian Rasulullah s.yaitu dia harus memutuskan segala aku dalam perdebatan.a. " dengan adil dan janganlah kamu menyimpang dari kebenaran dan tunjukilah kami ke jalan yang lurus. Allah (penguasa) di muka bumi. kecuali mengadukan perkara kepadaku dan mungkin ada di antara orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang kahan yang lebih pandai dalam mengutarakan saleh." (QS. Shad: 21-23) perkara dengan benar danjangan tertarik dengan keterangan Sampai di sini. saudaraku ini mempunyai sembilan puluh ekor kambing betina dan aku mempunyai seekor saja. maka dia meminta ampun kepada aku tetapkan sebuah keputusan yang menguntungkan 84 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 85 .berfirman. Shad: 26) untuk ditambahkan kepada kambingnya.-"Daud mengetahui bahwa Kami yang berperkara yang salah seorang dari kami berbuat zalim mengujinya. Lalu. Mereka berkata. dan am at sedihlah mereka ini.s mendapat celaan karenanya. karena ia akan menyesatkan kamu berbuat zalim kepadamu dengan meminta kambingmu itu dari jalan Allah. saja sebagai landasan hukum.. sesungguhnya Kami menjadikan kamu khalifah keterangannya. barang siapa yang bahwaKami mengujinya. Hal seperti ini disebut Allah dengan hawa nafsu dan Nabi Daud a. ' Maka dia berkata.t.s.'" (QS. Ia langsung mengeluarkan keputusan setelah mendengar keterangan pihak pertama. Maka berilah keputusan an tara kami lalu menyungkur sujud dan bertobat.yang sedang bersengketa. (kami) adalah dua orang difirmankan Allah s. pernah bersabda. maka berilah keputusan (perkara) S. Namun ia segera sadar-seperti 'Janganlah kamu merasa takut. ''Hai menghiraukan pihak kedua.

dapat sebenarnya. Bahkan. saat mereka berkata. "Kalau Keyakinan dan nilai merupakan pembahasan yang begitu. melihatnya? *** Karena itu. Pemutarbalikan (DistorJion). ketika seseorang berkata kepada Anda. Lalu Lempengan Ketiga: Keyakinan dan NiJai Rasulullah s.w. 'Belum. Rasulullah s. bersabda kepadaku." Pernahkah kita melihat bulan yang 3. diartikan sebagai keyakinan keagamaan. sebab itu dapat membuat kamu lebih paling utama dan akan saya paparkan secara panjang lebar sepakat dan cinta.. Tak ada yang dapat memutuskan secara pasti Keyakinan. sebaiknya kita mengenal definisi dari dua kata di atas. anggun atau istimewa. 'Apakah kamu pernah melihatnya?' Aku menjawab.' Beliau berkata. atau menggunakan sebenarnya dan bagaimana seandainya kita pernah istilah tanpa mengetahui maksudnya.a. dengan mendapatkan hak saudaranya-padahal ia Saya terkadang heran mendengar sebagian perempuan sebenarnya tidak berhak-karena kepandaiannya dalam dan orang-orangyang menceritakan anak perempuannya yang mengutarakan argumentasi. maka sesungguhnya aku telah dipinang seorang pemuda. ketika "Dia perempuan yang cantik. memengaruhi paradigma yang menjadi landasan keputusan Mughirah ibn Syu'bah berkata."'13 sebentar lagi. Kesalahan istrinya. diartikan sebagai .w . ketika disebutkan tanpa ada kaitan apa- suatu hal hanya dengan mendengarkan kabar atau cerita apa. "Akupernah meminang kita terhadap alam sekitar.w. Namun sebelum itu.a. Misalnya. baginya. "Dia indah memberikan kepadanya satu bagian dari api neraka. keyakinan terhadap Allah dan alam gaib. memerintahkan kepada orang yang ingin menikah untuk melihat sendiri calon Bahasa adalah wadah informasi atau data. yaitu dari orang.menurut ukuran siapa? akhlak atau moral yang dianjurkan oleh agama. Kemudian."12 seperti rembulan." Tapi disebutkan tanpa ada kaitan apa-apa. lihatlah dia.a. Sedang nilai. seorang perempuan di masa Rasulullah s. yang mungkin saja memutarbalikkan fakta atau bahasa dapat merusak hakikat atau kebenaran yang ingin memberikan gambaran dan keterangan yang tidak kita sampaikan kepada orang lain. Tidak cukup hanya dengan mendengar cerita dari atau kekurangan apapun dalam pengungkapan dengan orang lain. 86 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I . Ukuran yang didasarkan penampilan atau bentuk sifatnya nisbi.

karena adanya tawakal. Sebagianorang berpendapat."14 secara cermat dan cepat". Dunia dan akhirat *** Apakah mencintai salah satunya berarti membenci Secara umum. ternyata memerlukan melakukan kedua-duanya menunjukkan lemahnya perombakan dan penyusunan kembali.ketika kita berbicara tentang pengaruh paradigma. Perempuan dan laki-laki. sarana atau sebaliknya. dan membenci yang kedua. latar belakang evolusi.pernah bersabda kepada Amr ibn Ash. Islam menjelaskan bahwa Allah telah pemahaman sebagian besar orang itu-padahal sebenarnya menciptakan kedua jenis manusia ini dengan tidak berlawanan" bahkan saling melengkapi-adalah sebagai keistimewaan yang dapat membantu mereka dalam berikut: melaksanakan perannya masing-masing. penumpukan pengaruh-pengaruh kebiasaan dan tradisi 4. setelah diteliti dan dicermati. nilai. keyakinan. Islam menyukai yang pertama umum. Inilah yang kami maksudkan 3. dapat mempengaruhi berarti mengesampingkan yang lain? 88 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I . 1. Rasulullah sarana informasi dalam pendidikan anak" atau "Sifulan yakin s. Terjadi perdebatan sengit untuk menentukan Contoh yang paling jelas tentang hal ini adalah keutamaan salah satu dari dua jenis manusia ini. dengan pengaruh keyakinan dan nilai pada paradigma kita. Tawakal dan bekerja. Mereka juga berpendapat. ini bukan berarti kita mengesampingkan adalah tidak bekerja dan tidak mempedulikan segala keyakinan keagamaan. "Akanlebih dengan kemampuan komputer dalam menyelesaikanpekerjaan bagus harta yang baik dimiliki oleh orang yang baik. tawakal yang disukaiAllah Perlu diingat.a. Sebab. Kefakiran dan kekayaan pembicaraan tentang keyakinan dan nilai itu akan lebih Sebagian orang mengira. Dualisme yang berlawanan dalam masing. sepanJang masa. "Si fulan yakin dengan pengaruh yang pertama dan meremehkan yang kedua. yang lain? Apakah memperhatikan salah satunya dan apa yang kita yakini dari semua itu. terjadinya dualisme yang berlawanan dalam hati sebagian padahal Islam telah menjelaskan perannya masing- besar pemeluk agama. juga lebih mengutamakan Ketika kita berkata. maka 2.w. berapa banyak keyakinan.

t. kita akan memperluas paradigma kita. yang itu bisa memperluas esensial pada kehidupan kita. paradigma dan mengubahnya. Penyusunan ini pula bisa diulang lagi bila peta alam Kenikmatan kesuksesan akan dapat kita rasakan di dalam benak kita meluas atau menyempit. . Manusia juga bisa memperluas beberapa peta yang tidak bisa membimbing kita ke jalan yang benar. "Boleh jadi kalian dijelaskan pada langkah kedua. Di antara cara revisi yang paling sederhana adalah Kita semua tahu.W. Dalam dua kondisi ini. 90 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I L ." (QS. kesuksesan. Dengan begitu. bukan alam di sekitar kita. pemahaman. sedang paradigma yang salah adalah diyakininya. Kita telah mengenal makna menyukai sesuatu. kita harus merevisi peta paradigmanya. tapi menyusunan kembali moral-moral dan penentuan mana yang penjelasan mengenai beberapa keistimewaan danjalan-jalan diprioritaskan. dan juga penafsiran kita diprioritaskan. Dengan begitu. keyakinan-keyakinan itu. prinsip. AI-Baqarah: 216) sekitar. Allah S. Berdasarkan bagaimana kita dapat sampai kepada nikmatnya kesuksesan. Begitu juga paradigma. Penyusunan ini bisa dalam bentuk piramida. peta itu bukan bumi ini. membuat yang lebih mudah dalam penentuan yang tetapi pengenalan. seperti secara pasti. pembentukan paradigma yang kita gunakan untuk Kembali ke soal manajemen diri dari dalam dan memandang segala sesuatu di sekitar kita. I dengan melakukan perubahan orientasi lewat pemikiran yang positifdan berusaha membetulkan paradigma. Terkadang. batasan atau menghapus beberapa ketentuan ketika dia Jika yang diinginkan adalah mewujudkan perubahan merevisi keyakinannya. ada beberapa hal yang kita tolak Setelah kita mengenal diri kita. kita sama sekali tidak mungkin tahu dan sikap lahir yang tidak berbeda dengan sikap batin. dengan langkah- dan ada beberapa halyang kita terima. diterima. lalau mana yang ditolak dan mana yang terhadap alam ini. apa yang langkah yang telah dijelaskan pada langkah pertama. kita kita tolak mengandung begitu banyak kebaikan dan apa yang lalu mengetahui pintu masuk yang benar untuk menuju kita terima ternyata mengandung begitu banyak keburukan. karena itu sekarang kami ingin mengatakan bahwa Manusiajuga terkadang membuat beberapa batasan paradigma yang benar adalah peta yang dapat membimbing dan ketentuan tanpa memperhatikan kebenaran yang kita ke jalan yang benar. berfirman. padahal sesuatu itu amat buruk bagi paradigma yang menjadi dasar kita dalam memandang alam kalian. di bumi. Kesuksesan harus bertumpu pada moral.

ltulah kesuksesan yang efektif dan penuh (Efel~ Paradigrna) kebahagiaan. yaitu sedikit intermezo. realitas yang kita lihat. Misalnya. Coba Anda ingat kembali kisah gajah dan empat orang gambar perempuan tua (gambar 2) dengan beberapa ciri. 1. Sekarang. yang berbunyi. kekurangan indra sehingga tidak heranjika banyak hal yang Ar-Rald: 11) tidak bisa kita ketahui dari alam di sekitar kita. yaitu nilai dan prinsip yang kita yakini. yang pasti 4. lndra dari firman Allah s. Semoga Anda tidak keberatan dengan 1. "(QS. "Perhatikan bibirnya". buta! 3. Pada langkah terdahulu. danlain-lain apa yang kita lihat adalah realitas sesungguhnya. (gambar 3) yang juga hampir sarna dengan gambar yang 92 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 93 I . indra merupakan lempengan Maksud perubahan paradigma ini dapat kita pahami besi pertama yang menghalangi kita dari alam sekitar. perempuan yang serupa namun tidak sarna. sering kali problem kita adalah gambar kelompokmereka dan berikan beberapa penekanan menafsirkan segala sesuatu dalam kehidupan ini sesuai seputar gambar tersebut. Peta yang menggambarkan sesuatu apa adanya. Silakan bentuk teman-temanAnda menjadi dua kelompok 2. suruh mereka melihat gambar perempuan lain juga dilihat oleh orang lain. mendalam.t. dan lebih sedikit Langl~ah Keernpat: Waspada Terhadap Tipuan Indra beban. dengan peta-peta itu tanpa melihat sejauh mana kebenaran "Jangan lupa memperhatikan hidungnya". "Perhatikan atau kecermatannya. Kelompok Rita melakukan penafsiran apa yang kita lihat dalam pertama menerima gambar perempuan muda (gambar 1) kehidupan ini seusai dengan peta-peta yang ada di dalam akal dengan beberapa ciri. Rita juga telah mengenal tiga mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. masing-masing ada begitu banyak Pada langkah keempat ini. saya ingin memulai dengan peta. namun dapat kita bagi menjadi dua bagian: sebuah permainan. sedang kelompok kedua menerima kita. Peta yang menggambarkan sesuatu seperti apa yang 2. biarkan mereka mencermati Namun demikian. Kita juga sering kali mengira bahwa peletakan mantel di bahunya".kesuksesan akan lebih mantap. "SesungguhnyaAllah juga merupakan salah satu faktor penting pembentukan peta tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka atau paradigma pribadi kita. Dalam beberapa menit.w. Dalam akal kita. Berikan kepada masing-masing kelompok sebuah gambar seharusnya ada.

Nikmati sesaat pertempuran peta. masing. Kita tidak melihat alam seperti apa adanya. hendaknya kalian bertukar posisi. Pada saat itu 1. terjadilah pendapat mereka tentang gambar tersebut. Tukar gambar yang diterima kelompok pertama dengan gambar yang diterima kelompok kedua. sekalipun ada yang membantahnya. bagaimana keyakinan atau nilai). beberapa menit. Begitu juga kelompok kedua. terbentuk peta perempuan yang cantik. Jika dalam beberapa menit beberapa bagian dari hakikat yang disembunyikan oleh saja pandangan kita terhadap gambar itu membuat kita lempengan-lempengan indra di atas (indra. kesepakatan. Kita Dalam benak kelompok pertama. bila kita gagal dalam ini karena keputusan yang diambil didasarkan pada peta yang mengubah sumber perilaku itu sendiri (model dasar). Selain itu. Kira-kira bagaimana dengan hal-hallain yang sudah biasa sepanjang hidup kita? 6. Lalu tanyakan bagaimana berubah dengan saling bertukar gambar. Nah. jadinya dengan suatu keadaan yang dialami sepanjang hidup oleh seseorang? Apa yang 7erjadi? 2. ada pada dirinya masing-masing. yang melihat gambar melihatnya di posisi kita sendiri yang berbeda dengan pertama. 4. Permainan ini menyimpulkan bahwa: 7. 5. apa yang diyakininya. Model dari tingkah laku yang terbentuk dari pengaruh Dua orang yang berakal dapat melihat dua hal yang masa lalu adalah sumber sikap dan perilaku kita. ketika peta Indahnya Kesuksesan I 95 94 I Indahnya Kesuksesan . Usaha mengubah perilaku luar tidak akan berguna dari mereka menuduh sudut pandang yang lain salah. masing-masing 3. Anehnya. persepsi. itu baru satu contoh yang dilakukan dalam usahalah untuk menenangkan suasana. Kita berbeda pada satu gambar yang sama. Akan tetapi. juga tidak bisa mengubah melihat alamoJika kalian berbeda dan ingin bersepakat. Hal dalam jangka waktu yang lama. akan terungkap sebuah hakikat dan tampaklah juga dan modeltingkah laku kita.Keadaan berpengaruh besar terhadap perilaku. Tenangkan bila terjadi perselisihan pendapat dan ber. bahasa dan hanya mempercayai apa yang kita lihat. dan dia posisi orang lain. mereka terima masing-masing. masing dari mereka benar dan anehnya lagi. demikian juga orang lain dalam tidak melihat selain itu. tidak bisa berinteraksi dengan baik di luar model itu.

Maka. pandangan kita. gambaran. perubahan paradigma selalll 1. karena dengan begitu. Problemnya. Ketika Anda mulai menjelaskan apa yang Anda lihat. dan kita rela membela bahwa keyakinan itu benar semuanya. ketika Hakikat yang murni itll ada. pada sebagian gambaran lainnya. Waspada/ah! hakikat dari sesuatll. Mendiagnosis secara cermat setiap apa yang dikatakan hanya bisa memaparkan sudut pandang kita sejauh yang orang lain terbuka bagi kita terhadap hakikat tersebut. Agar pandangan kita lebih tematik. I membawa kita pada pandangan barll seakan-akan kita tidak melihat peta yang sama. Jawabannya. Kita hams sepakat bahwa hakikat itlllebih lllas dari maka Anda tidak akan menjelaskan kecuali diri. hakikat sesuatll akan tapijuga melihat diri mereka sendiri. dapat diselesaikan dengan menambah kata Akan tetapi. misalnya. Sementara b. tidak semua harus ditafsirkan. Kita harus j . adakah kebenaran murni itu? "dan". Sudut pandang pandang kita harus satu. orang lain menentang kita untuk membela bagian yang c. Kebenaran Murni Perselisihan pendapat yang terjadi pada empat orang bllta. dan model Anda sendiri. " Perubahan Paradigma So/usi Sesunggllhnya. menjadi lebih luas dan sempurna. kita a. yaitu dengan menambahkan satu pendapat dengan Apakah semua fenomena harus ditafsirkan lewat sudut pendapat lainnya. kita harlls: ada hakikat murni yang meliputi alam ini. Karena itu. kita harllS saling melengkapi. kita akan pernah melihat sebelumnya. Di sana 3. tapi perbedaan berbeda dengan orang lain. jangan salahkan mereka. Membatalkan hukum terdahulll dilihatnya dari hakikat terse but. juga dapat membimbing kita melihat jarak yang sarna dan bisa bersepakat terhadap pada kekllatan perubahan yang sangat menakjllbkan. 2. 5. Mendiagnosis secara cermat setiap slldut pandang kita itu. akan terbentuk gambaran gajah pandang kita? yang lebih lengkap. Dengan menambah sebagian gambaran kita mereka. karena mereka tidak hanya melihat diri Anda. pengalaman dan pengetahuan menyebabkan pandangan kita Tidak ada alasan bagi Anda untuk menyalahkan berbeda-beda. dan untuk itu. 96 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 97 .

menjadi Ini salah satu contoh pandangan yang berbeda karena seperti para sahabat saja kamu kesulitan. Ia hanya memandang ke arah saya dan tiba- tiba berkata. Dengan perbedaan modelperilaku. ada perempuan yang ditinggal mati suaminya. makanan. "Aku pun dulu heran sepertimu ketika mendengar Apabila seseorang menghadapi suatu perubahan bahaya atau terjadi suatu musibah.lantas kenapa kamu menyuruhku untuk meniru mereka dan menjadikan mereka sebagai soo teladan?" Saya menjawab tanggapan teman saya itu dengan Berawal pada tenang. dan ungkapan seperti itu sampai aku mendengar Syaikh parctigma tanpa ketika seseorang memerankan peran adatekanan baru dalam kehidupan. sementara kesedihan meliputi hati danjuga wajah para pelayat yang ikut berbela sungkawa. perubahan perJaku adalah tipuan yang contoh. Dia menjauhkan seseorang dari perubahan paradigma dan membawanya menuju perubahan sementara. 'Siapa yang memberitahu menjadi bapak. ada seorang pelayat perempuan yang bertanya kepadanya. Ambil Perlu diingat. duduk sendirian. Pencari makanan sudah Ia berkata. "Aku menyadari bahwa dia juga pencari kepadanya beberapa contoh teladan yang harus kami ikuti. suami danlain-lain kalian bahwa kalian harus menjadi seperti para nabi? Yang benar adalah kita menaiki sebuah kapal kehidupan dan kita ingin sampai ke pantai petunjuk. bukan pemberi rezeki. tapi Pemberi Rezekitetap kekal selamanya. kitajuga menemukan beberapa perbedaan pandangan dari dua orang manusia. "Jangankan menjadi seperti para nabi. : I . *** Ketika itu. "Aneh. "Kamu ingin aku menjadi seperti para nabi? Kamu ingin aku menjadi seperti para sahabat?" Dengan tenang saya meninggal dunia. "Bagaimana Anda mencari makan Langl~ahKelima: pilar-pilar Paradigma Ideal untukmu dan untuk anak-anakmu sepeninggal suamimu?" Perempuan itu menjawab dengan suara tersendat Seorang teman saya kaget ketika saya memaparkan karena sedih. misalnya seperti Mutawalli Asy-Sya'rawi berkata." model pikiran yang berbeda pula. '" I Lndahnya Kesu ksesan Lndahnya Kesuksesan I 99 ." menjawab. Ia terdiam seakan-akan saya menghentikan detak jantungnya.

• . "Benar. akan sampai ke pantai dan berada di jalan yang benar. jangan merasa Mereka yakin bahwa selama bintang ada di depan mereka cukup dengan keahlian luar. terkandung Tiba-tiba. kita tidak akan sampai ke bintang. kembali paradigma kita dan harus mengubah atau "Para sahabatku seperti bintang. Karena itu. Covey berkata. Apakah para pelaut itu ingin sampai ke bintang? Tentu Kedua: Anda harus mengokohkan pandasi Anda agar tidak. (petunjukjalan). Siapa saja yang kalian membetulkannya. kita hanya menjadikannya petunjuk dan masing-masing Jika yang kita ingingkan adalah mewujudkan orang berjalan sesuai dengan kemampuan kapalnya. An-Nahl: 16) mengandalkan pandangan orang lain. Rasulullah s. niscaya kalian akan mendapatkan ilahi. Kita tidak bisa melanggar undang-undang jadikan sebagai petunjuk. tapi mata dan akal mereka selalu terpaut dengannya. La kekuatan besar dalam proses perubahan yang akan bertahan lalu berkata. mengantar kan ke tujuan yang diharapkan. dari bibirnya terlihat senyum kepuasan. maka mereka pasti mulailah me-manage diri. pernah bersabda. mari kita kembali Allah s. Makna yang terkandung di dalam hadis ini memberikan pesan kepada kita bahwa bila petunjuk selalu ada di langit Dokumen Prinsip-Prinsip yang Ditawarkan dan tetap. kita harus meninjau Oleh karena itu. Dan dengan bintang-bintangitulah mereka Pertama: Anda harus melihat diri Anda dan jangan mendapatkan petunjuk. "15 sejalan dengan undang-undang ilahi. paradigma pribadi Anda dalam melihat segala sesuatu. tapi dalam jangka waktu yang lama. "Dan (Dia ciptakan) tanda-tanda mengingat langkah-langkah sebelumnya. Carilah keahlian dalam dan dan mereka mengikutinya dengan cermat.berfirman. puncak Anda semakin tinggi. Sya'rawi ini?" Keempat: Dalam perubahan paradigma. Apakah Anda tahu bagaimana para pelaut dapat Agar lebih mudah untuk menjelaskan apa yang ingin mengetahui arahjalan di tengah-tengah samudra? saya sampaikan pada langkah ini." perubahan esensial dalam kehidupan.t.a.w. maka menjadikannya sebagai petunjuk dapat Stephen R.W. tapi kita dapat memaksa diri kita untuk menjadikannya petunjuk. Kegiatan atau pekerjaan tertentu bisa berubah dan dibatasi 100 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 101 . Ketiga: Landasan untuk bertolak adalah mengenal "Apakah kam u sudah mengerti perumpamaan Syaikh Asy. "Prinsip bukan praktek." (QS.

menampakkan atau • Perilaku dapat berubah bersamaan dengan perubahan memastikannya. tidak akan goyahsekalipun kondisi berubah-rubah Coveykembaliberkata. bisa mengubah diri kita ke suatu arah? Kadang kita berselisih paham. apapun agamanya. Re/erensi Prinsip kami mengajukan ciri-ciri itu kepada setiap akal dan setiap Ada satu pertanyaan yang belum juga terjawab: Apakah hati yang sadar. Prinsip yang stabillseimbang 102 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan 1°3 .adakah referensi atau dokumen mengubah paradigma harus mempunyai ciri-ciri mendasar. Prinsip yang komprehensif 5. yang dapat menguji prinsip-prinsip itu? sebagai berikut: Benar. kita tetap sepakat bahwa prinsip yang lain adalah contoh dan model. peta kita benar.kondisi. filsafatnya. Artinya. Prinsip bukan nilai moral." kondisi Bila perilaku kita sesuai dengan prinsip-prinsip. Prinsip yang rabbani alat-alat pengarah perilaku. dan arahnya prinsip itu? Kiasan apa yang bisa kita katakan. tidak Tapi yang jelas." siapa? Akal filusuf. Prinsip adalahhakikatyang dalam dan mendasar. sebab ciri-ciri itu adalah ciri- ciri hubungannya sendiri dengan Tuhan." 3. kata Covey: "Prinsip adalah ungkapan tentang 1. tidak bisa 2. akal politikus. "Kadangmanusia berbeda dalam mendefinisikan prinsipnya. Prinsip'yang manusiawi didiskusikan atau pasti. Meskipun begitu. Semua yang dipaparkan kepada kita sekarang. bahwa prinsip dalam hidup ini. ataukah Perbedaan antara prinsip dan perilaku: akal orang yang menganggur dan kelaparan? Apa tolok ukurnya? • Prinsip bersifat tetap. Kami ingin membuat beberapa ciri paradigma ideal. Tapi semua menyepakati keberadaannya. akal agamawan. Prinsip adalah bumi dan nilai moral Kami yakin ciri-ciri itu dapat diterima oleh akal dan hati adalah peta yang memberikan contoh untuk sampai ke bumi. kadang kita bersepakat. Ia sangat mendasar. seorang muslim dengan mudah. Prinsip yang realistis Tapi masih ada satu pertanyaan lagi. maka Ciri-ciri Paradigma Ideal paradigma kita juga akan benar. "Bagaimana kita bisa tahu bahwa suatu prinsip pasti? Pasti menurut akal 4.

Yunus: 31). 1Jertama: 1Jrinsip yang 'Rabbani Apakah Anda ingin mengetahui alasannya? Apakah Sumbernya adalah Allah s. dipatuhi. danperintah- 104 I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 105 . Sang Pencipta alam Anda menerima jawaban itu? Allah S. katakanlah. 'Allah'. bahwa sesungguhnya alam semesta ini mempunyai sifatkan. Maka "Katakanlah.t. masing- "Katakanlah.W. Maha Pemberi Rezeki dan Maha Esa.W. dan siapakah yang mengalahkan sebagian yang lain." (QS. 'Siapakah Pencipta.W. "Dan Oleh karena itu. " (QS. kita menyembahNya karena Dia Maha sesungguhnyajika kami tanyakan kepada mereka. berfirman. AI-Mu'minun: 91). 6. ''Allah sekali- Adakah jiwa yang jawabannya berbeda dari jawaban kali tidak mempunyai anak.w. yang mati dari yang hidup dan siapakah yang mengatur Ataujawaban ini. pertanyaan di dalam firman Allah S. kalau ada tuhan besertaNya..t. 7. " (QS. AI-Ankabut: 61). segala urusan?' Maka mereka akan menjawab. Atau jawaban dalam firm an Allah sini. Maha Suci Allah dari apa mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mereka sifatkan. jika kit a ditanya dengan Al-Isra ': 42). dalam "Sekiranya ada di langit dan di bumi tuhan-tuhan selain filsafat atau pemikiran apapun. jika ditanya dengan pertanyaan dalam firm an Allah s. Maka Maha yang tidak bisa kita diamkan untuk selalu berkata kepada SuciAllah yang mempunyai 'arasy daripada apa yang mereka diri kita.. 'Mengapa kalian tidak bertakwa (kepadaNya)?'" sebagaimana yang mereka katakan. atau siapakah yang kuasa (menciptakan) diciptakannya dan sebagian dari tuhan-tuhan itu akan pendengaran dan penglihatan. Adakah jawaban lain.t. Prinsip yang kokoh matahari dan bulan?' Tentu mereka akan menjawab. (yang lain) besertaNya. Prinsip yang elastis maka betapakah mereka (dapat) dipalingkan (dari jalan yang benar). Hanya Dia yang menjadikan langit dan bumi dan menundukkan satu-satunya yang berhak disembah. 'Allah'.w.t. sebagaimana Allah S. tentulah keduanya itu telah rusak binasa. Kapan pun dan dim ana pun. ini. niscaya tuhan-tuhan itu (QS. di dalam diri kita ada seruan Allah. dan sekali-kali tidak ada tuhan ini. AI-Anbiya ': 22) Tuhan. 'Jikalau ada tuhan-tuhan di sampingNya. semesta dan manusia. 'Siapakah yang memberi rezeki kepada kalian masing tuhan itu akan membawa makhluk yang dari langit dan bumi." (QS. mencari jalan kepada Tuhan yang mempunyai arasy.berfirman.t.

Jika ciri yang bersumber dari Allah s. ini ada dalam 'Sesungguhnya aku diperintahkan supaya menyembah Allah jiwa. tanpa memandang apa yang muncul Kedua: 'JPrinsip yang manusiawi darinya atau apa saja pengaruhnya. Allah s.w. tidak ada tuhan (yang berhak disembah) B. Allah)." (QS. berfirman. atau mungkin sudah tercemar 106 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I !O7 .W. sudah pantas untuk diikuti. Oleh karena itu." (QS.perintahNya layak dilaksanakan. Pencipta segala sesuatu. Tidak benar pula pahala orang-orang yang berbuat baik. maka sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan hubungannya dengan agama atau akidah. Dialah yang memerintahkan kit a dengan prinsip itu. oleh campur tangan manusia? Itu semua dapat kita ketahui "(Yang memiliki sifat-sifat yang) demikian itu ialah Allah lewat enam ciri berikutnya. Sumber Rabbani kemanusiaan kita.W. Karena itu.t. Prinsip rabbani harus dilaksanakan manusia untuk dan Dia adalah Pemelihara segala sesuatu. berfirman. apakah benar ada pada mereka. Tuhan kalian. Kemudian. Tujuan Rabbani selain Dia. tujuan mulia. kita. Ini hanya dipandang bila didasarkan pada sumber-sumber bukan prinsip temporer yang tergantung pada kemaslahatan rabbani. maka prinsip apapun yang datang dari manusia harus dengan memurnikan ketaatan kepadaNya dalam ditimbang dengan timbangan samawi yang terdapat di depan (menjalankan) agama. yaitu mencari ridha Allah. Walaupun prinsip ini berasal dari sumber rabbani. "Katakanlah. Ia prinsip yang tetap. filsafat Dengan tujuan mulia dari prinsip ini (mencari ridha dan reformis. Allah S.t. AI-An'fun: 102). Az-Zumar: 11) Allah s.t. maka prinsip ini merupakan prinsip yang tidak akan Hendaknya kita mengatakan bahwa segala prinsip berubah karena situasi yang nyaman atau tidak nyaman.W. prinsip dokumen samawi agar kita tahu prinsip-prinsip yang ini harus berkaitan dengan manusia dengan segala hal yang dipaparkan dan kita dapat meluruskannya.t. hendaknya kita melihat kepada dokumen- al'ahan prinsip ini bersifat manusiawi. apa saja yang menyalahi sumber. sumber itu harus ditolak. berfirman. maka sembahlah Dia. Yusuf: 90) bila dikatakan bahwa prinsip ini ada di setiap agama." (QS. yang sewaktu-waktu bisa berubah. bukan karena A. "Sesunguhnya barang siapa yang bertakwa dan Tidak benar bila dikatakan bahwa prinsip ini tidak ada bersabar.

" (QS. Manusia berbeda. seandainya jenis manusia musnah. "Dan manusia mendoa untuk kejahatan (pernikahan). "Sesungguhnya perkawinan pada hakikatnya adalah Manusia juga bukan setan dan binatang. atau jin.w. dan manusia kesalahan.w. Kami beri mereka rezeki dari yang yang buruk untuknya. Ia makhluk zina. An-Nisa ': 28) Allah s. Manusia bukan tuhan. Allah s. Sampai-sampai. " hubungan seksual.t. AI-Isra ': 11) berkata. Dalam agama Nasrani. beberapa prinsip yang sesuai dengan Yunani atau akhlak para malaikat yang terpelihara dari dosa. AI-Hijr: 26-27). Dia pernah berkata tentang perempuan. Allah s. sementara zuhud (menjauhi dunia) adalah jalan yang dapat membawa seseorang kepada kesueian." Dia juga pernah manusia bersi/at tergesa-gesa. muneul pemikiran yang berfirman. Allah s. sebagaimana dia mendoa untuk kebaikan. malaikat. "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan mengotorkan hubungan seksual. berfrrman. Ia berharap. Allah tidak meneiptakan juga bukan perilaku para setan dan binatang. Allah Dengan demikian. berfirman. berfirman. agar tidak ada lagi seorang manusia pun yang melakukannya berfirman.t.w.t. tapi Dia memerintahkan untuk menekannya at au menghalangi keinginan tersebut atau Manusia mempunyai beberapa eiri yang berbeda jauh membiarkannya lepas bebas seperti binatang tanpa aturan. AI-Isra ': 70) (QS." (QS. Karena Allahlah yang telah Kami muliakan anak-anak Adam. Dan adalah "Perempuan adalah pintu masuknya setan. saking beneinya terhadap menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.w. Allah S. AI-Mulk: 14) Dari pemahaman rabbani tentang manusia ini." (QS. Dan Kami telah kejahatan. Misalnya. ''Allah hendak (155-225 M) menganggap pernikahan sebagai suatu memberikan keringanan kepada kalian. Ke-rabbani-anprinsip ini menenangkan kita akan sifat yang dim uliakan.W."16 108 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan 1°9 . dijadikan bersi/at lemah. dengan mereka semua. bahkan sejak asal kejadian. "Apakah Allah baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kalian lahirkan sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami dan rahasiakan) dan Dia Maha Halus lagi MahaMengetahui?" ciptakan.t. seorang pendeta bernama Michel Tortolian (QS. "Dan sesungguhnya prinsip ini yang manusiawi. Kami angkut mereka menciptakan manusia dan mengetahui apa yang baik dan di daratan dan di lautan.t. keinginan seksual. kemanusiaannya. prinsip ini bukan moral para dewa menurunkan. bahkan menganggap hina manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari perempuan dan menganggapnya sebagai sumber segala lumpur hitam yang diberi bentuk.

supaya kalian cenderung dan merasa tenteram kepadanya. " (QS. Eropa. yang benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. Maka setelah dicampurinya.t. dan (peliharalah) hubungan rabbani merupakan paradigma yang ideaL Kita tidak silaturrahim. Kemudian kepada Tuhan kalian yang telah menciptakan kalian dari diri tatkala dia merasa berat. dan sumber yang meminta satu sama lain. AI-A'raf: 189) yang dengan (mempergunakan) namaNya kalian saling Dengan kat a lain.w. baik berfirman. berfirman. Justru dengan manhaj mengawasi kalian. Dan bertakwalah kepadaAllah termasuk orang-orang yang bersyukur. muncul perang dan sayang. dimenangkan oleh keinginan alami manusia. dan daripadanyaAllah menciptakan istrinya. "Sesungguhnyajika daripada keduanyaAllah memperkembangbiakkan laki-laki Engkau memberi kami anak yang sempurna. bertakwalah teruslah dia merasa ringan (beberapa waktu). kita untuk menjaga kemuliaan dan kebahagiaan kita. prinsip ini justru sangat memperhatikan sisi Allah juga menjadikan hubungan seksual sebagai salah kemanusiaan kita sebagai manusia dan segala kebutuhan satu tanda kebesaranNya di alam semesta.w. s.W. kenikmatan yang telah diberikan Allah kepada manusia. Tapi akibat Ar-Rum: 21) kemenangan itu adalah kehancuran dan merebaknya Bahkan Allah menjelaskan hubungan seksual ini kebebasan seksual. dan tabiat manusia. tujuan. dan Allahs. Ia adalah prinsip yang tidak mengatakan: IIO I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I III . keduanya (suami istri) bermohon yang satu. "(QS. tentulah kami dan perempuan yang banyak. berfirman. Dia menciptakan untuk kalian istri-istri dari jenis kalian Ketiga: Vrinsip yang 'Rcalistis sendiri. Allah S.Amerika dan beberapa negara dunia dengan kalimat yang paling halus dan paling bersih. "Dandi antara tanda-tanda kekuasaanNya ialah sisi spiritual maupun kemanusiaannya. fitrah. Tuhannya seraya berkata." (QS. pada yang demikian itu benar- antara keinginan alami manusia dan agama. Dari pandangan tidak manusiawi ini.t. "Dialah Yang menciptakan kalian dari diri Pandangan yang manusiawi terhadap hubungan seksual yang satu dan daripadanya Dia menciptakan istrinya. Sesungguhnya.t. Allah telah hanyut dalam terjangannya. dan kepadaAllah. dan dijadikanNya di antara kalian rasa kasih Asas-asas yang memperhatikan kondisi. istrinya itu mengandung kandungan yang ringan. An-Nisa': 1) rabbani. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan membuang sisi manusiawi kita. agar akan menjadikan hubungan seksual sebagai suatu dia merasa senang kepadanya. "Haisekalian manusia. makna.

di atas. Asy-Syura: 41-43) semestinya.w." (QS. dan luka-luka (pun) ada qisahnya." (QS. An-Nisil. berfirman. melawankezaliman terhadap dirinya dan tidak tinggal diam. mereka itu mendapat azab yang pedih.berfirman." (QS. Allah adalah Maha Mendengar telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya (At.t. gigi. telinga dengan telinga. Asy-Syura: 40) bumi tanpa hak. hai orang-orang yang berakal. Siapa yang memukul pipi kananmu. berfirman.t.': 148) bahwasanyajiwa (dibalas) denganjiwa. AI-Mil. " (QS.t.W. tidak ada suatu dosa pun memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas atas mereka. ''Barang siapa yang melepaskan (hak kisas)nya. berikan pipi kirimu. maka namun mendorong orang yang dizamili untuk berusaha melepaskan hak itu (menjadi) penebus dosa baginya. ''Allah tidak menyukai Bahkan prinsip ini juga merincikan kisas pada setiap ucapan buruk (yang diucapkan) dengan terus terang kecuali anggota tubuh manusia.kisas itu ada (jaminan kelangsungan) Prinsip ini berpendapat bahwa sikap saling memaafkan hidup bagi kalian. AI-Baqarah: 179) suatu kezaliman dilakukan.W. "Dan Kami oleh orang yang dianiaya.'idah: 45). Sesungguhnya Dia tidak menyukai berbuat zalim kepada manusia dan melampaui batas di muka orang-orang yang zalim. sekalipun dalam bentuk yang tidak diutamakan. tapi tidak berarti melarangnya bereaksi untuk (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang melawan kezaliman. Allah S.t. gigi dengan kita dapat mengubah paradigma kita kepada prinsip itu. Barang siapa yang Karena itu. Prinsip inijuga menyuruh orang yang dizalimi untuk Tetapi orang yang bersabar dan memafkan sesungguhnya bersabar. Barang siapa tidak memutuskan Prinsip ini mengakui hukum kisas dan menjadikannya perkara menurut apa yang diturunkan Allah.w. Allah S. "Dan balasan suatu Allah S. ''Dan sesungguhnya orang-orang yang kejahatan adalah kejahatan yang serupa. penebus dosa baginya. AI-Mil. II2 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I II3 . dosa itu atas orang-orang yang (tanggungan) Allah.t. ''Dan dalam . maka mereka sebagai tolokukur hidup dankeberlangsungannya.W.'idah: 45) Allah s. Allah S." (QS.W. seperti dalam firman Allah s. supaya dan toleransi baru dilaksanakan setelah keadilan terhadap kalian bertakwa. Prinsip ini juga tidak menyerukan kepada kehinaan. Sesungguhnya.berfirman." (QS. Anda tidak terbang ke langit toleransi yang tidak melepaskan (hak kisas)nya.Taurat) lagi Maha Mengetahui. mata dengan mata.berfirman. itu adalah orang-orang yang zalim. maka Barang siapa membela diri sesudah teraniaya.t. Itulah contoh prinsip yang realistis yang kita cari dan hidung dengan hidung. maka melepaskan hak itu (menjadi) seorang pun sampai kepadanya.

Prinsip ini mencakup datang menuntut keadilan terhadap orang lain. AI-Hujurat: 13) Prinsip ini adalah prinsip yang komprehensif. kemaslahatannya. terhadap diri kalian sendiri atau ibu bapak dan kaum kerabat kalian. menjadi saksi karena Allah biarpun seluruh kehidupan manusia. kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kalian mendorong kalian untuk berlaku tidak adil. baik Prinsip ini juga tidak datang untuk satu bangsa saja. menjadi saksi dengan adil.t. "Wahai orang- semua sisi kehidupan. saksi. tapi dihalalkan untuk warga bangsa lain. Dan jika itu. Dan seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan janganlah sekali-kali kebencian kalian terhadap suatu kaum. atau alas an lainnya. atau sisi politik. "Sesungguhnya orang yang paling karena adil itu lebih dekatkepada takwa. dengan alas an warna kulit. hubungan manusia denganNya. Makajanganlah kalian mengikuti hawa jasad maupun ruhnya dalam setiap fase kehidupan. II4 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I II5 ." (QS. Berlaku adillah. sesungguhnya Kami menciptakan kalian dari hendaklah kalian jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah. Dan yang menjadi tolok ukur Allah adalah Bahkan. "Hai orang-orang yang beriman.W. juga terhadap musuh yang sangat dibenci. Sesungguhnya Allah Maha kepada Allah. berfirman. Keempat: 'Pvinsip yang Kompvehensif mereka berkata. maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kalian kerjakan. tidak mengkhususkan pada satu sisi orang yang beriman." (QS. "Tidak ada dosa bagi kami terhadap orang- Yaitu. ekonomi saja misalnya. prinsip yang relevan dalam setiap zaman. yang mengatur penegak keadilan. Dan bertakwalah mulia di antara kalian di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kalian. jadilah kalian orang yang benar-benar saja. " (QS. maka Allah lebih tahu Prinsip ini juga mencakup keseluruhan diri manusia. Karena nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. jenis kelamin. Allah s. prinsip ini tidak membedakan antara satu manusia kalian memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi dengan manusia lainnya. Jika dia lwya ataupun miskin. terhadap pemeluknya maupun terhadap orang yang sehingga zina atau riba diharamkan untuk suatu warga bangsa. sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan. Dia berfirman. agama. " (QS. Ali 'Imran: 75) Prinsip ini hanya cocok untuk satu zaman saja. "Hai manusia. bukan orang ummi (orang Arab). Bahkan berinteraksi dengan pemeluknya. An-Nisa ': 135) Manusia tidak akan mendapat kemuliaan kecuali dari di sisi Allah. saling kenal mengenal. AI-Ma'idah: 8) Mengetahui lagiMahaMengenal.

Slogan prinsip ini adalah: mengharap rahmatNya. Bahkan sangat menekankan agar dan lingkungan sekitarnya. seperti ikhlas. alam semesta. ridha Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah dengan ketetapanNya. dan hubungan antara manusia. syukur atas segala nikmatNya dan sabar atas bala'Nya. adil. seperti jujur. II6 I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I II7 . Siapapun tidak boleh melakukan berhubungan dengan Allah. Allah s. yang besar. mendahulukan orang lain. dan memberi hak kepada karena itu.. seperti sesungguhnya mereka akan dibangkitkan. berbakti. harus memperhatikan dan tidak boleh melanggarnya. cinta. w. bahkan prinsip ini keberanian. Ia memberikan hak kepada manusia. amanah. mengganggu kebebasan orang lain. kezaliman terhadap siapa pun. Hal-hal yang individu dan masyarakat.t. tapi juga mengatur hubungannya tubuh. menjaga diri. Ia juga memberikan hak kepada menjadi landasan hubungan antara manusia. memenuhi segala perintahNya. antar Prinsip ini tidak memperkenankan kebebasan individu sesama manusia. Oleh toleransi. keberuntungan bagi orang-orang yang beriman. memerintahkan manusia untuk memberikan hak orang lain. kalian mengurangi neraca itu. (yaitu) orang-orang yang apabila menerima terjadi kestabilan atau keseimbangan. begitujuga sebaliknya. dengan Allah s. rendah hati. Ar-Rahman: 8-9) Sedangkan hal-halyang berhubungan dengan manusia. pada suatu hari salat yang khusyuk dan zakat dengan moral yang manusiawi. dan beberapa prinsip berikut yang merupakan salah satu jalan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain. kebebasan orang lain. Kelima: 1fJ1f"insipyang Stabil atau Seimbang Prinsip ini datang tidak hanya untuk mengatur Prinsip ini memberikan hak-hak kepada akal. berbuat baik. sabar. berfirman.w. takut azabNya. membuat batasan untuk semua kebebasanyang setiap orang santun. memenuhijanji. "Kecelakaan besarlah bagi orang-orang Harus ada penggabungan antara dua jenis moral agar yang curang. tawakkal. malu terhadapNya. Hal-hal yang berhubungan dengan manusia ini tidak Prinsip ini memberi manusia haknya. t . Coba kita perhatikan takaran dari orang lain mereka meminta dipenuhi. kedermawanan. kebebasan siapa pun tidak boleh melampaui batas orang yang berhak. AI-Muthaffifin: 1-5) seperti tidak berkata-kata yang sia-sia dan amanah. kasih sayang. bahwa perhatikan penggabungan qur 'ani antara moral rabbani. Coba juga mereka mengurangi. " (QS. hati. seperti itu juga boleh melanggar hal-hal yang berhubungan dengan Allah." (QS. "8upaya kalian jangan melampaui batas tentang neraca itu. Tidakkah orang-orang itu yakin.

memenuhijanji. kasih sayang. takut azabNya. berfrrman. Siap<lpuntidak boleh melakukan berhubungan dengan Allah. adil. Coba kita perhatikan takaran dari orang lain mereka meminta dipenuhi. berbakti. keberuntungan bagi orang-orang yang beriman. malu terhadapNya. memenuhi segala perintahNya. Bahkan sangat menekankan agar dan lingkungan sekitarnya. sabar.w. Ia memberikan hak kepada manusia. dan beberapa prinsip berikut yang merupakan salah satu jalan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain. begitujuga sebaliknya. kalian mengurangi neraca itu. kebebasan orang lain.. (yaitu) orang-orang yang apabila menerima terjadi kestabilan atau keseimbangan.t. AI-Muthaffifin: 1-5) seperti tidak berkata-kata yang sia-sia dan amanah. Allah s. dan memberi hak kepada karena itu. Ia juga memberikan hak kepada menjadi landasan hubungan antara manusia. seperti jujur. bahkan prinsip ini keberanian. alam semesta. "8upaya kalian jangan melampaui batas ten tang neraca itu. Hal-halyang individu dan masyarakat. Ar-Ranman: 8-9) Sedangkan hal-hal yang berhubungan dengan manusia. menjaga diri. tawakkal. kezaliman terhadap siapa pun. pada suatu hari salat yang khusyuk dan zakat dengan moral yang manusiawi. 116 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 117 . Slogan prinsip ini adalah: mengharap rahmatNya. mengganggu kebebasan orang lain. seperti itujuga boleh melanggar hal-hal yang berhubungan dengan Allah. antar Prinsip ini tidak memperkenankan kebebasan individu sesama manusia.W. ridha Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah dengan ketetapanNya. syukur atas segala nikmatNya dan sabar atas bala'Nya. Coba juga mereka mengurangi. hati." (QS. memerintahkan manusia untuk memberikan hak orang lain. Tidakkah orang-orang itu yakin. berbuat baik. seperti ikhlas." (QS. tapijuga mengatur hubungannya tubuh. amanah. cinta. Oleh toleransi. rendah hati. "Kecelakaan besarlah bagi orang-orang Harus ada penggabungan antara dua jenis moral agar yang curang. yang besar. kedermawanan. Hal-hal yang berhubungan dengan manusia ini tidak Prinsip ini memberi manusia haknya. dengan Allah S. bahwa perhatikan penggabungan qur'ani antara moralrabbani. dan hubungan antara manusia.t. kebebasan siapa pun tidak boleh melampaui batas orang yang berhak. membuat batasan untuk semua kebebasan yang setiap orang santun. mendahulukan orang lain. seperti sesungguhnya mereka akan dibangkitkan. Kelima: 1{J1(insipyang Stabil atau Seimbang Prinsip ini datang tidak hanya untuk mengatur Prinsip ini memberikan hak-hak kepada akal. harus memperhatikan dan tidak boleh melanggarnya.

keka1 sekeka1 sumber rabbani. keturunan dan harta. Kestabi1an atau keseimbangan da1am prinsip ini Ketujuh: Prinsip yang c.t. Allah s.berfirman. "Hakikat (keadilan) ini lebih besar dari apa yang memerlukan penambalan atau penggantian. ketetapan dan e1astisitasberkembang da1amkeserasian yang sebagai kriteria pemilihan yang dipertimbangkan. sebab prinsip ini realistis. dan orang-orang Ini prinsip yang tidak bisa berubah-seperti te1ah kami yang menjaga kemaluannya. 1a1uperlu memelihara amanah-amanah (yang dipikulnya) dan diubah bagi yang tidak mampu mencapai. karena prinsip ini stabil dan seimbang. dan karena sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. janjinya. la memberikan hak kepada setiap orang manusia tidak kosong dari kesembronoan dan kea1paan.lastis sumbernya ada1ah ke-rabbanian-nya. Dan orang-orang yang ini tidak bisa dibilang terbang tinggi ke langit. Bahkan di antara fenomena keseimbangan dan yang memiliki agama dan akhlak. AI-Mu'minun: 1-8) Prinsip ini keka1. f/ (QS. Di antara contoh Sekalipun prinsip ini tetap dan tidak bisa diubah. Barang prinsip ini bersifat manusiawi yang berkaitan dengan sega1a siapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang. yang terangkum da1am satu kaidah: "Tetap da1am II8 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I . kestabi1an yang paling nyata. la membuat segala sesuatunya stabil dan terhadap orang yang ingin menikah untuk memilih pasangan seimbang. Oleh karena itu. (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam salatnya. I~ecuali terhadap istri-istri katakan-karena a1asan kemaslahatan. tidak menzalimi sedikit. Oleh karena itu. sebab tujuannya ada1ah rabbani. apa yang ada pada manusia tersebut. abadi seperti diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna. maka tidak nyaman. karena prinsip ini bersifat komprehensif. "17 yang berhak mendapatkannya. dan orang-orangyang menjauhkan Yaitu prinsip yang kokoh seperti gunung. Prinsip inijuga diperkirakan oleh aka1manusia yang terbatas dan i1munya tetap. keabadian 1angit dan bumi. tidak Kestabilan atau keseimbangan prinsip ini akan berto1ak be1akang dengan aka1 sehatjuga fitrah.W. "Sesungguhnya beruntunglah Keenam: Prinsip yang <Jetapatau Tidak 13erubah orang-orang yang beriman. kreatif. sistem atau aturan yang dibuat oleh satu sisi manapun. la tidak yang lain. dan orang-orang yang menunaikan zakat. Tapi di saat yang sama. Prinsip ini menjadikan sese orang adil dan tidak mengambil hak pihak juga tetap. ia keseimbangan dan keadi1an prinsip ini adalah dorongan tetap e1astis. situasi nyaman atau mereka atau budak yang mereka miliki. prinsip ini menggabungkan juga tidak memungkiri kecantikan. prinsip orang yang melampaui batas.

"Dan tidaklah patut bagi undang moral yang diajukan adalah al-Qur 'an. Sesungguhnya. yang tidak tahu kemana harus melangkahkan kedua Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji." (QS. meski sasaran dari duajawaban itu sama. yang diturunkan dari Tuhan Yang tujuan. maka keinginan dari dalam yang bisa mencapai nikmatnya al-Qur'an tidak pernah disentuh oleh tangan manusia dan kesuksesan. dan kita disuruh untuk menjalani hidup ini dengan percaya kepada al-Qur'an. Allah s. berfirman. 120 I Indahnya Kesuksesan 121 lndahnya Kesuksesan I . kitab penuh hidayah. "ApakahAllah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang Pertanyaan ini memiliki dua jawaban.w. (inilah) suatu kitab yang ayat-ayatnya harus berubah atau berkembang. berfirman. baik itu filsafat atau agama. Islam sebagai Allah dengan al-Qur'an.t. Allah s. Hud:1). Sekarang."18 disusun dengan rapi serta dijelaskan secara terperinci. tidak kurang dan saling ciri yang kami anggap sebagai paradigma ideal. elastis dalam hal yang memang berfrrman. "Di mana kita hanya dibuat oleh dzat Yang Maha Bijaksana lagi Maha dapat menemukan itu semua?" Mengetahui dibanding manusia.w. kita disuruh untuk menyembah yang percaya dengan Allah sebagai Tuhannya." (QS. sebagai nabi dan rasulnya.W. sebagai menjadikannya sebagai hukum dalam perkara yang ada di manhaj dan undang-undangnya. Fushshilat:42) kakinya.a. hal yang abadi dan kekal. Dengan petunjuk al-Qur'an juga. AI-Mulk: 14) Pertama.t. "Yang tidak elastisitas ini bukan prinsip lepas yang menjadikan hidup datang kepadanya (Al-Qur'an) kebatilan baik dari depan tidak tetap pada satu keadaan dan berjalan seperti orang tanpa maupun dari belakangnya. agamanya. Jika sumber-sumber lain mengubah paradigma kita menjadi seperti paradigma tersebut memilikibeberapa cacat yang disebabkan oleh campur tangan sehingga terjadi perubahan seperti yang diharapkan dan lahir manusia dalam pembuatannya ataupun penafsirannya.W. ''Alii lam ra. semua itu ada secara sempurna. saya ingin mengatakan kepada orang-orang Dengan al-Qura 'an. Masih ada satu pertanyaan lagi. kalian lahirkan dan rahasiakan) dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui?" (QS. kita dapat terkait di dalam al-Qur'an.t. yang Tak ada kejum udan yang bisa menghentikan diturunkan dari sisi (Allah) Yang MahaBijaksana lagi Maha perjalanan hidup yang sudah menjadi kebiasaan.t. Kalaupun sebagian prinsip ini atau bagian-bagiannya Dustur (Undang-Undang) ada dalam sumber-sumber lain.w. undang- antara kita. Muhammad s. Allah S. Prinsip Tahu. setelah kami menjelaskan prinsip dan ciri. Allah s.berfirman.

laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang s.w.t. berfirman, "Sebagai suatu sunnatullah yang telah
mukminah, apabila Allah dan rasulNya telah menetapkan berlaku sejak dahulu, kamu sekali-kali tiada akan menemukan
suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) perubahan bagi sunnatullah itu." (QS. AI-Fath: 23)
tentang urusan mereka. Dan Barang siapa mendurhakai Ada seorang teman bertanya kepada saya, "Bagaimana
Allah dan RasulNya maka sesungguhnya dia telah sesat, sesat Anda mengharuskan al-Qur'an kepada orang yang tidak
yang nyata. " (QS. AI-Ahzab: 36) beriman untuk mengikutinya atau bagaimana Anda
Allah S.W.t.berfirman, "Maka demi Tuhanmu, mereka menjadikan ayat-ayat al-Qur'an sebagai dalil saat Anda
(pada hakikatnya) tidak beriman sehingga mereka menjadikan berdialog dengan orang yang tidak beriman kepadanya
kamu hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, sehingga dia menerima dan puas?"
kemudian mereka tidak me rasa keberatan dalam hati mereka Saya tersenyum dan berkata, "Apakah kita beriman
terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan filsafat, prinsip, dan nilai moral yang mereka jadikan
dengan sepenuhnya. "(QS. An-Nisa ': 65) sebagai dalil, padahal sedikit pun mereka tidak malu dengan
Saya katakan kembali kepada Stephen R. Covey dan hal itu? Itu pertama. Kedua, siapa yang mengatakan bahwa
setiap orang yang mencari hakikat, hidayah dan juga prinsip ayat-ayat al-Qur'an yang sayajadikan sebagai dalil itu, saya
bagi manusia, bahwa saya memaparkan beberapa ciri yang arahkan kepada iman yang ada di dalam hati mereka?
bukan buatan saya dan bukan kreasi dari saya. Ciri-ciri itu Dengarlah wahai teman, sesungguhnya pemikiran
dihasilkan oleh undang-undang dasar, yaitu al-Qur'an, yang bahwa al-Qur'an hanya berupa perkataan yang diarahkan
dipercayai oleh kaum muslimin sebagaikitab yang diturunkan ke hati orang-orang yang beriman dan al-Qur'an hanya berisi
dari sisiAllah dan sekarang ada di hadapan kita, tidak diubah, kabar dari Allah S.W.t.yang tidak dibenarkan kecuali oleh
dikurangi, atau ditambah. Karena itu, silakan kalian merujuk orang yang beriman kepadaNya, adalah pemikiran yang
kepadanya. Saya yakin kitab itu mudah kalian dapatkan. kurang lengkap. Pelengkapnya adalah bahwa al-Qur'an itu
Allah s.w.t. berfirman, "Shibghah Allah. Dan siapakah juga mengandung dalil-dalil dan bukti-bukti logisyang dapat
yang lebih baik shibghahnya daripada Allah? Dan hanya memuaskan para pencari kebenaran dan mengalahkan para
kepadaNya kami menyembah." (QS. AI-Baqarah: 138)Allah pembangkang. Oleh karena itu, ketika saya memaparkan

122 Ilndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 123

ayat-ayat al-Qur'an sebagai dalil dari apa yang saya katakan, menciptakankalianpada permulaan (demikianpulalah) kalian
sesungguhnya saya mengarahkannya kepada akal manusia. akan kembali kepadaNya (QS. Al-A'raf: 29); "Sesunguhnya,
1/1

BukankahAllah s.w.t. telah berfrrman dalam al-Qur'an, Allah tidak menyukai orang-orang yang berkhianat" (QS.
bahwa al-Qur'an itu untuk orang-orang yang berakal, untuk AI-Anral: 58); "DanAllah tidak menyukai orang-orang yang
orang-orang yang memikirkan, untuk orang-orang yang zalim" (QS. Ali 'Imran: 57) dan ''DanAllah tidak menyukai
mengetahui dan orang-orang yang mempunyai akal, di orang-orang yang membuat kerusakan" (QS. AI-Ma'idah:
samping juga untuk orang-orang yang beriman? 64), apakah ada orang yang tidak sependapat dengan kita
bahwa al-Qur'an adalah paradigma yang berdiri di atas suatu
Saya sangat yakin bahwa orang-orang seperti Stephen
prinsip, dan bahwa al-Qur'an adalah kitab kehidupan yang
R. Covey, Tony Hob dan lain-lain adalah orang-orang yang
berakal. pantas dijadikan manhaj hidup?
Sesungguhnya, dustur ini telah diterima dan diakui
Ketika al-Qur'an berkata lewat lisan NabiMuhammad
ketika ia pertama kali datang ke bumi oleh orang-orang yang
s.a.w., "SesungguhnyaAllah menyuruh (kalian) berlaku adil
mengingkarinya sebelum orang-orang yang mempercayainya.
dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan
Tidakkah cukup sebagai bukti kebenaran pernyataan ini,
Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan
kesaksian Walid ibn Mughirah, seorang pemimpin dan ahli
permusuhan. Dia memberi pengajaran kepada kalian agar
bahasa, yang berkata setelah mendengar al-Qur'an, "Demi
kalian dapat mengambil pelajaran" (QS. An-Nabl: 90),
Allah, sesungguhnya ia memiliki keindahan dan penuh
seorang Arab yang membangkang terhadap al-Qur 'an pada
dengan kesejukan. Di atasnya ada buah dan di bawahnya
saat itu berkata, "Demi Allah, sesungguhnya Muhammad
ada akal yang kokoh. Sesungguhnya ia tinggi dan tidak dapat
mengajak kepada akhlak yang mulia."
dikalahkan."
KetikaAllah s.w.t. berfirmandi dalam al-Qur'ankepada
Mendengar penjelasan itu, teman saya tersenyum dan
NabiNya, "Katakanlah, 'Tuhanku menyuruh menjalankan
berkata, "Andabenar. Namun, tidakkahAnda menyalahi apa
l~eadilan./Dan (katakanlah), 'Luruskanlah muka (diri)lwlian
yang Anda katakan di awal pembicaraan bahwa Anda
di setiap salat dan sem bahlah Allah dengan mengikhlaskan
memaparkan prinsip-prinsip Coveybukan sebagai agama dan
ketaatan kalian kepadaNya. Sebagaimana Dia telah
ritual peribadahan atau ideologi,tapi sebagaiprinsip, keahlian

124 I ~ndahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 125

hidup, danpemikiran? Saya melihatAnda tidakmemaparkan kegigihan pencarian mereka dan hasil menakjubkan yang
kecuali apa yang ada dalam Islam." mereka dapatkan. Akan tetapi, sekali lagi saya katakan
Saya pandang teman saya itu, kemudian saya mengambil kepada Anda dan juga kepada mereka semua bahwa saya
nafas panjang dan menjawab pertanyaan itu dengan tenang, tidak memahami hasil-hasilnya itu dan tidak bisa mengambil
"Dengarlah wahai teman, sesungguhnya keterpesonaan kita manfaat dari usahanya itu kecuali jika saya mengetahuinya
terhadap orang lain dapat menghancurkan keyakinan kita dengan bahasa saya, nilai moral saya, dan prinsip-prinsip
terhadap diri kita sendiri. Apalagi tentang agama dan kitab agamasaya.
kita! Rita tahu bahwa hakikat yang diperoleholeh setiap orang Anehnya, setelah melakukan pencarian, saya
yang benar-benar mempelajari dan melakukan eksperimen menemukan banyak persamaan antara apa yang mereka
adalah bahwa tidak ada satu hakikat ilmiah pun yang diperoleh katakan dedgan apa yang ada pada diri saya. Bedanya, saya
oleh manusia kecuali hakikat itu memiliki dasar di dalam tidak akanmeninggalkan apa yang ada pada diri saya dan
agama kita. Inilah makna dari firm an Allah S.W.t.yang saya menyakini
I bahwa itu dari Tuhan Yang Maha Bijaksana
berbunyi, 'Tiadalah Kami alpakan sesuatu pun di dalam Al- lagi MaharMengetahui.
Kitab.' (QS. AI-An'am: 38). Juga firman Allah S.W.t.yang
berbunyi, "DanKami turunkan kepadamu al-Kitab (al-Qur 'an)
Langl~dh Keenarn: Berp:il~irdi Luar Kotal~
untuk menjelaskan segala sesuatu. "(QS.An-N anI: 89)
Namun demikian, yang terjadijustru menggelikan. Para Jangan lupa bahwa pandangan kita terhadap suatu
pemilik kitab ini malah tidur dengan tenangnya dan tidak problem pada dasarnya adalah sebuah problem.
pernah melakukan riset tentang kehidupan. Sementara itu,
setiap hari orang lain justru melakukan pencarian hingga Seorang perempuan duduk di depanku. Nafasnya berat
karena kandungan dibadannya. Senyuman sinis menghiasi
mereka menemukan hakikat yang cukup mengesankan
seperti telah kamijelaskan di dalam buku ini. kedua bibirnya, sedang keduanya matanya memancarkan api
kemarahan seakan menyambar laki-Iakiyang duduk takjauh
Oleh karena itu, wahai saudara, saya paparkan prinsip-
darinya. Sesekali ia mengeluarkan sumpah serapah. Sikap
prinsip Covey dan lainnya itu karena saya takjub dengan
laki-Iaki itu pun takjauh berbeda dengannya.

126 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 127

dia mempunyai banyak kelebihan. Begitu juga Rasulullah s. bersandar karena berat kandungannya. maka kita sedang berhadapan dengan dua paradigma senyuman itu berangsur menjadi senyuman rida." Kedua.w. dan satu-satunya kelemahan mereka. menjadi hakim.W. "Saya tidak bisa mengatakan apa-apa tentangnya. Mereka berdua meminta saya untuk saya pun tersenyum dan perselisihan pun berakhir. Saya ini adalah dengan memberikan nasihat kepadanya agar 128 I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 129 . Di sini dia sekaligus. "Apa problem yang kita hadapi dengan tingkat pemikiran yang harus saya katakan?" Saya menjawab.t. bukan satu. Ketahuilah. tersentak dan Solusi instan yang segera kita berikan kepada pemuda berkata. karena saya dapat mendengar masalah mendasarnya hanyalah hasrat seksual dari dalam keluhannya dan saya berharap Allah membantu saya untuk dan rayuan dari luar. siapa berbicara yang *** lebih dulu?" Laki-Iaki itu memberi isyarat kepada istrinya. Anda adalah pas!) pelindung dan selimutnya karena Allah s. pemuda itu dan paradigmanya yang melihat Segala puji bagi Allah. telah memerintahkan kita untuk bersikap baik terhadap kaum In atau Out perempuan. Saya berkata. dengan mewasiatkan kepada kita untuk menjaga mereka karena mata tertunduk dan kata-kata yang malu. berkata. "Sebenarnya. "Silakan. "Apayang ingin kita yang mengeluarkan problem terse but. saya menoleh ke arah sang suami dan dikatakan Einstein. Benar apa yang Selanjutnya. sedang berselisih. sang istri yang tadinya orang yang kurang beradab dan tidak stabil secara sasial." Mendengar pengakuan itu. "SilakanAnda bicara!" Laki-Iaki itu berkata. laki-Iaki tersebut tersenytim pahit dan seksual.a. "Tidak mungkin memecahkan berkata. Pertama. Saat sang istri keluar dari kotak dan melewati lingkaran Sang istri pun mulai mengadukanperkaranya. berubah." masalah yang menguasai pikirannya adalah hubungan Tiba-tiba. yang telah Ketika seorang pemuda duduk di depan kita. Laki-laki dan perempuan itu pasangan suami istri yang tidak bisa memungkiri hal itu." (kurang Anda sampaikan tentang istri Anda. Tak ada satu problemnya. dia dapat keluar dari krisisnya dan dari pun kekurangan dia sebutkan. paradigma kita yang melihat pemuda itu sebagai Mendengar kata-kata itu. pandangan buruk terhadap suaminya.

bertakwa kepada Allah dan takut di hari akhir atau dengan mengganggu Anda. ~ In (dari luar ke dalam). Andajuga berpikir sama dengan metode Out ~ In. surga Anda dengan perasaan lapang. berkembang jauh dari mata kita. atau sebaliknya. Anda mungkin mengatakan masalah terpendam yang siap meledak dengan sedikit dalam hati Anda. dalamnya yang mendorong kemunculan hasratnya. tapi seperti aspirin. Slogannya berbunyi. Pemuda itu berpikir dari luar ke Dalam metode Out ~ In ini. bila reaksinya hilang." 4. Solusinya kadang dapat berhasil. Solusinyahanya memperhatikan sisi lahir dari kepribadian. 1a juga menuduh anggota tubuh bagian 1. tapi nasihat Anda sia-sia suatu masalah dan menyembunyikannya. maka rasa sebagai sosokyang suka berpesta. Solusinya yang instan kadang ikut andil dalam menutupi Kadang Anda menasihatinya. pagar untuk melindungi masyarakat dari kerusakan dirinya. pastilah kita tenang. lalu mengeWinginyadengan sakit itu pun muncullagi. karena ia menolaknya. daripada tali sandalnya sendiri." Dan Anda pun bisa bersandar di taman membentaknya dan mengancamnya. kalian berdua akan dalam. Juga Semua nasihat Anda kadang hanya tertuang untuk menud uh pemerintah karena tidak membuat undang-undang menutupi dan menyembunyikan suatu masalah sehingga yang melegalisir perkawinan seseorang saat dilahirkan. Akibatnya. Anda merasa telah Contoh ini adalah contoh pemikiran dengan metode Out menunaikan tugas Anda. tapi keberhasilannya Anda juga segera memasang spanduk peringatan: bersifat: "Jauhilah orang fasik ini agar asap rokoknya tidak 13° I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 131 ." ada orang yang mencelanya. atau memukulnya. Anda 2. sekitarnya dan menuduhparaperempuanlahpenyebab semua antara lain: masalahnya itu. Nasihatnya kadang dapat meringankan rasa sakit secara membuat di dalam diri Anda gambaran mengenai pemuda itu cepat. Anda mendapatinya mencela kondisi yang ada di mendapatkan solusi cepat yang mempunyai beberapa ciri. "Seandainya Allah tidak menciptakan menghiasi suatu masalah dan berpura-pura sehingga tidak perempuan. 3. "Apineraka Iebih dekat dengan pemuda ini sentuhan saja. Semua anggota dalam tubuh Anda masalah itu akan terus berlaku di kegelapan dan bahkan menyatakan bahwa Anda memang lebih baik mengusirnya. tidak terlihat oleh manusia lainnya. 1a akan menjadi mencelanya.

w. "Ada seorang pemuda bersabda.' Rasulullah s. 'Tidak. bersabda lagi.' Beliau bersabda. ke tubuhpemuda tersebut dan berucap.' saat itu.w. 'Begitu juga orang lain. 'Tidak. meletakkan tangan beliau membentaknya."19 bersabda. 'Begitujuga ltu adalah kejutan bagi para sahabat. berpikir Lalu beliau bersabda lagi. Mereka tidak ingin itu terjadi pada ibu mereka.a.a. 'Begitujuga orang • temporer. melakukan zina.a.a.w.w. 'Apakahkamu mauitu Metode Pemikiran In -7 Out (Dari Dalam ke Luar) terjadipada saudarimu?' Pemuda itu menjawab. pada anak perempuanmu?' Pemuda itu menjawab. 'Begitujuga orang lain.W.w.' Rasulullah. sucikan hatinya dan pelihara kemaluannya. Cara berpikir orang lain. demi lni adalah metode lain dalam berpikir.a.a.' Beliau Bagaimana juga Anda memberi nasihat kepadanya dari bersabda. dalam kisah pihak ibu)?'Pemuda itu menjawab. 'Tidak.a. 'Tidak. 'Apakah kamu mau itu terjadi pada bibimu (dari pihak Bagaimana seorang pemuda berpikir dari dalam? bapak)?' Pemuda itu menjawab. demiAllah. yaitu memulai Allah.' Mendengar itu. ampunilah dosanya.' mereka masih Out -7 In. 'Apakah kamu mau itu terjadi pada bibimu (dari lni akan dijawab oleh Rasulullah s. kembali bersabda. sedang racun bekerja di dalam demiAllah. para sahabat yang hadir pada waktu itu mendekatinya dan Setelahitu. bersabda. mereka tidak dari diri sendiri dengan bagian yang paling dalam diri. • lahiriyah.w.a. izinkan aku untuk berzina. yang akan segera hilang lain.a.' Sejak Rasulullah s. 'Apakah kamu mau itu terjadi dari dalam.w. 'Begitu juga orang lain. 'Tidak. lagi. Rasulullah s. bersabda.a.' Beliau bersabda. berkata.t. tidak ada lagi sedikit pun keinginannya untuk Pemuda itu pun mendekat dan duduk.' Rasulullah s. mereka tidak in gin itu dalam? terjadi pada bibi mereka.' Lalu beliau bersabda paradigma yang didasarkan prinsip-prinsip.w. lalu berkata. karena tidak menyentuh bagian dalam. demiAllah. sebagaimana firman Allah s. dari prinsip. 'Wahai terjadi pada bibi mereka. mereka tidak ingin itu datang menemui Rasulullah s. sedang Rasulullah s. Rasulullahs. yaitu ingin itu terjadi pada saudari mereka. 'Apakah kamu mau itu terjadi pada ibumu?' Dia menjawab.' • materi. demi Allah. mereka tidak ingin itu terjadi pada anak perempuan mereka. 'Mendekatlah ke sini. ''Mengapa di waktu kalian mendengar berita bohong itu orang- 132 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 133 . 'YaAllah.' Beliau berikut: Abu Umamah r. Rasulullah s.w.

yang kesucianjauh 6. dalam dirinya sehingga ia dapat menghadapi problemnya.a. Praktek In -7 Out Dari metode ini (In -7 Out) kita dapat memahami 1. Di sana. sarna sekali dengan Anda dan ketika Anda berlindung Rasulullah s.. dan (mengapa tidak) berkata. beliau memulai perubahan.w. Ketika Anda melakukan semua itu. problem. 1/' (QS. jangan mengaku dengan 134 I lndahnya Kesuksesan i lndahnya Kesuksesan I 135 . Sebaliknya. di rumah pemuda tersebut. Atau ketika Anda melihat bahwa kondisi adalah paradigma pemuda itu dengan melakukan interaksi dengan . penyembuhan.w. Saya harus menjawab pertanyaan: "Apal~ah pandangan Rasulullah s. Perubahan yang tetap dan terus menerus jika diletal~kan di depan l~uda penarik kereta. An-Nur: 12) 2.w. Sesungguhnya.w. suatu berita bohong yang nyata. Tidak ada gunanya meletakkan kepribadian luar sebelum Rasulullah s... 3. sana sebenarnya tidak ada problem sedil~it pun. ketahuilah bahwa Anda berpikir dengan metode Out -7 Beliau tidak memberikan obat penenang. yang kesimpulannya sebagai berikut: ingin mengakui kekurangannya. Beliau memulai dengan menerimanya dan diri l~ita sendiri.Antara Suami Istri: Ketika salah seorang dariAnda begitu banyak hal. Mengatasi problem harus mulai muneul dari dalam. beliau berpikir dari dalam problem dan berusaha mengangkat tempat paradigma yang dengannya saya memandang peti yang mereka ada di dalamnya. harus dimulai dari dalam.orang mukmin dan mukminah tidak bersangka baik terhadap 1. 'fni adalah lebih eepat dari memutusl~an janji terhadap orang lain. memahaminya. bukan In -7 Out. Tidak ada gunanya usaha-usaha untuk membagus- bagukan hubungan dengan orang lain sebelum Rasulullah s. pergijauh dariproblem dan tidaklupa saya l~epada problem sudah benar?" Karena kadang. sebab problem. tahu bahwa penghiasan bagian luar l~epribadiandalam. sebab kereta tak akan dapat berjalan bukanlah tujuan. ketil~a solusi terfokus pada kelemahan orang lain dan bukan l~elwatan darinya. Pemuda itu pun dapat memahaminya. tidak memulai dengan menolak melakukan perbaikan terhadap hubungan kita dengan pemuda tersebut. 5. memutuskan janji terhadap diri sendiri diri mereka sendiri.a. mengajak pemuda itu berjuang di kepada pembuatan undang-undang dan membuat daftar lebih teliti.a. Ketika solusi yang lain menghilang. tapi cara-cara In. sementara ia tidak ada sanglwt pautnya prmSlp-prmslpnya.a. yaitu mulai mengubah Anda. para sahabat yang ada di sekitar 4. di untuk membawa pemuda tersebut bersama beliau.

" (QS.a. Tapi nyatakanlah . menyatakan kekurangan orang lain. hendaklah Anda menjadi sumber kebahagiaan. mengetahuinya. 'Sesungguhnya amal maka hendaklah dia mengerjakan amal yang saleh dan 136 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 137 . "Aku pernah "Barang siapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya mendengar Rasulullah s. bersabda. untuk dipercaya. Keluarlah dari masalah dan jangan mendengar Rasulullah s.w. seluruh tubuh. Jika ia bagusmaka erat keluarga dan semangat tim bagi keluarga. perbatasan. Terhadap kesuksesan: Jangan Anda bertanya adalah hal-hal samar yang banyak orang tidak kepada orang sukses.a. Terhadap Allah s. apa prinsip yang mendorongnya untuk terhadap hal-hal samar ini maka dia telah membersihkan sukses? agama dan harga dirinya. hubungan pada tubuh manusia ada segumpal darah. Oleh karena itu. . jadilah Anda bapak yang pengertian Nu'man ibn Basyir r.. "'21 6. Ketahuilah. barang siapa yang takut tanyalah kepadanya. 'Yang halal itu sudah menganggapsetiap perilaku anakAnda ditujukan kepadaAnda. seperti pengembala yang 4. 2. serta akan bagus seluruh tubuh dan jika rusak maka akan rusak pemahaman terorganisir dan saling membantu bagi lembaga. Terhadap Anak-Anak: Jika Anda mengingingkan I J "Sesungguhnya. akan tetapiAllah memandang kepada hati dan amal perbuatan kalian.~ janganlah dia mempersekutukan seorangpun dalam kekurangan Anda sendiri.w. bersabda. AI-Kahfi: 110) Ketika Anda menyadari bahwa kalian menginginkan Dari Abu Hurairah r..a.a. jelas. Rasulullah s.a. Umar ibn Khaththab r. cinta. berkata.t. Barang siapa yang terjatuh dalam (melakukan) hal-hal samar. Allah tidak memandang kepada bentuk tubuh dan harta kalian. percaya kepada Anda.w. ''20 anak remaja yang stabil.a. Terhadap orang lain: Jika Anda ingin orang lain mengembala kambing di samping perbatasan orang lain.JikaAnda inginoranglainmenerimakelebihan Ketahuilah. sesungguhnya Out ini adalah kematangan dan kekuatan pribadi. "Aku pernah dan penuh kasih sayang.dan kepercayaan bagi pasangan Anda.w. Ketahuilah.jadilahAnda orang yang memang pantas maka sesekali dia akan masuk ke perbatasan orang lain. rumah yang bahagia.t. beribadah kepada Tuhannya. dan ketahuilah perbatasanAllah di bumi adalah 5. ia adalah hati. bersabda. mulailah dengan menerima kekurangan mereka. berkata.: Firman Allah s. sesungguhnya setiap pemilik itu mempunyai Anda. dan antara keduanya 3. yang haram pun sudah jelas. Terhadap diri sendiri: Hasil akhir metode In ~ hal-hal yang diharamkanNya. bagaimana ia mencapai kesuksesan.w.

"Coba baca ayat menemukan banyak perbedaan.1II Yang dimaksud oleh Abdurrahman ibn Auf r. Karena itu bertakwalah kepada Allah. bila kita melihat pasukan pada perang ceritakan kepadaku apa yang terjadi pada kalian saat Perang Badar dan pasukan pada perang Uhud. AU 'Imran:123) peristiwa itu-yang bisa kita masukkan dalam praktek metode Tidaklah kemenangan kecuali dari sisi Allah Yang Maha In ~ Out adalah Perang Uhud.W.Pasukan pada perang Badar memiliki keistimewaan keluargamu akan menempatkan para mukmin pada beberapa pada keimanan yang tidak bercampur dengan kemunafikan.w. atau karena perempuan yang ingin Enam puluh ayat dari surah Ali 'Imran. a. "Peristiwa Uhud adalah telah memperingatkan hal itu. Pasukan pada perang Badar 121 dari surah A1i 'Imran. "Sungguh Allah telah menolong kalian dalam peperangan Di antara peristiwa besar yang terjadi da1amkehidupan Badar. maka hijrahnya hanya akan sampai kepada apa dengan setengah juz dari juz-juz al-Qur'an. Allah s.t. Agung lagi Maha Bijaksana. ketika kamu berangkat pada pagi hari dari (rumah) . "'22 mengomentari peristiwa ini.-bahkan al-Qur'an lemah. Dan Allah Maha Mendengar lagi sedang pada pasukan Perang Uhud. barang siapa yang.' Abdurrahman ibn Aufr. "Dan (ingatlah).a. Sa'ad ibn Mu'adz r.yang berbunyi. kita menemukan *** isyarat tentang perang Uhud. kita dapat Uhud. tempat untuk berperang. "Hai orang-orang yang I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 139 . supaya kalian secara khusus telah memberikan komentarnya terhadap mensyukuriNya. sedang pasukan pada kisahnya.25 kepada Abdurrahman ibn Auf r. Oleh 60 ayat dalam surah Ali 'Imran. Allah S. Perang Uhud justru sebaliknya. dan sesungguhnya setiap orang al-Qur 'an yang turun tentang peristiwa Uhud ini sebanyak hanya akan mendapatkan apa yang diniatkannya. Ayat itu tergantung dengan niat. khusus yang diniatkannya dalam berhijrah tersebut. berkata. berkata.a. 'Wahai Paman." (QS.W. "Aku pernah berkata itujelas dari sisiAllah.t."24 karena itu. berfirman. padahal kalian adalah (ketika itu) orang-orang yang kaum muslimin bersama Rasulullahs. Kemenangan pada perang Badar Masur ibn Makhramah berkata.a.a. Ali 'Imran:121)23 ditambah dua golongan(suku)yang ingin mundur. adalah firm an Allah s.berhijrah karena dunia yang ingin didapatkannya. Di awal ayat. ada 300 orang munafik Maha Mengetahui. kamu pasti akan mengetahui pantas mendapatkan kemenangan. tolong Secara sekilas. yang sam a dinikahinya.w. cobaan dan ujian untuk menguji orang-orang beriman." (QS.t..

w. susah. orang-orang munafik memisahkan diri sejak awal prinsip-prinsip kehendak dari dalam. Akan tetapi." (QS.W. hendaklah karena Allah saja orang-orang rnukrnin merasa lemah dan mendapat bala bantuan dari Allah.berfirman.W.t.berirnan. " (QS. "Ketika dua golongan bagi kalian. AI-Anfal: 9). Allah S. "(lngatlah) Allah s..Pasukan Badar meminta pertolongan kepada Allah. Kami tidak pernah takut . karena melihat jumlahnya. 140 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I .berfirman.Pasukan Badar berdiri di hadapan Rasulullah s. yaitu memperbagus diri dari dalam menyerang musuh di luar Madinah bukan atas keinginan hingga datang pertolongan dari luar. lalu dua kalian orang-orang yang di luar kalangan kalian (karena) golongan dari orang-orang yang beriman menginginkan rnereka tidak henti-hentinya (rnenirnbulkan) kernudaratan mundur." Sementara pasukan Coba perhatikan al-Qur'an. Allah s. "Hai orang-orang yang berirnan. danAllah memelihara mereka lalu diperkenankanNya bagi kalian. keinginan mundur ini sudah rnendatangkan bala bantuan kepada kalian dengan seribu dianggap sebagaikegagalan. padahal Allah adalah penolong bagi kedua golongan itu.t. Allah S. rnalaikat yang datang berturut-turut. Allah s. yang jumlahnya mencapai 300 orang.t. ketika genderang perang sudah dibunyikan dan menyatakan.a. AU "DemiAllah. panglima pasukan. sudah akhlak dan nilai moral yang dengannya orang-orang mukmin merasa yakin menang dan kuat.w. AU 'hnran: 118) daripada kalian ingin (rnundur) kerena takut. janganlah kalian rnernakan t riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kalian kepada .t. j Allah supaya kalian rnendapat keberuntungan." (QS. seandainya engkau menyelam ke lautan maka ( 'Imran: 130) . 'Sesunguhnya Aku akan dari perbuatan itu.t. ketika kalian rnernohon pertolongan kepada Tuhan kalian. apa yang menyenangkanmu dari kami. AU 'hnran: 122) Pasukan ini meyakini bahwa tidak ada kekuatan dan kekuasaan selain Allah. Tidak ada seorang • Lalu.W. Pasukan ini berangkat mendapat kemenangan. didalamnya dipaparkan Uhud.berfirman. Karena itu . janganlah kalian arnbil rnenjadi ternan kepercayaan peperangan. yaitu Rasulullah s. telah mengetahui hal itu dari jiwa mereka. " (QS.a. Allah juga memaparkan satu episode dalam perang Adapun pasukan Uhud. ketika mereka ingin mundur. wasiat untuk berinfak pada saat senang dan pun dari kami yang akan tinggal. bertawakal.w. berfirman. dan juga wasiat untuk me nahan amarah dan bertemu musuh.~ kami pun akan menyelam bersamamu. Semoga Allah memperlihatkan kepadamu memaafkan orang lain.W.

mereka ingat akan Allah.a. Ali 'Imran: 165) selain daripada Allah? Dan mereka tidak meneruskan Itu dari (Kesalahan) Diri Kalian Sendiri perbuatan kejinya itu. disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. sungguh telah berlalu sebelumnya Beliau memerintahkan kepada pasukan pemanah agar tidak beberapa orang rasul. Ali berkilauan diterpa sinar matahari dan pasukan pemanah 'Imran: 144) I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 143 .t.. '[tu dari (kesalahan) diri kalian dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa sendiri. sedang merelw kekal di kalian akan masuk surga. baik di waktu lapang Pertanyaan muncul dalam hati mereka. sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang Allah s." (QS. Ali 'Imran: 133-136) orang-orang yang sabar. Dan (juga) orang-orang yang apabila terjadi. berfirman. danAllah akan memberi pun menjadi lengang. berfirman. berbalik ke belakang. "Muhammad itu tidak lain Rasulullah s. maka terjadilah dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang bencana itu. (yaitu) orang. lalu memohon ampuan terhadap berfirman. dan belum nyata beramal.t. padahal kita kaum muslimin berperang karena Allah dan memdfkan (kesalahan) orang. kita? Jawaban pun muncul sang at jelas.w. Apakah jika dia wafat atau dibunuh turun dari atas gunung sekalipun mereka telah melihat kalian berbalik ke belakang (murtad)? Barang siapa yang kemenangan ataupun kekalahan. padahal sejak tahun lalu.w. kenapa ini bisa maupun sempit.a." (QS. maka dia tidak dapat mendatangkan Kaum muslim in ternyata menang dan medan perang mudarat kepadaAllah sedikitpun. pun terluka. 70 mati syahid dan Rasulullah s. orang yang menafkahkan (hartanya). "[{atakanlah. Pada sa at itu harta ghanimah balasan kepada orang-orang yang bersyukur." (QS.W.''Dan bersegeralah kalian kepada ampunan dari Tuhan kalian melanggar rencana Rasulullah s.t. hanyalah seorang rasul.w. malaikat berperang bersama mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri. dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang orang-orang yang berjihad di antara kalian. "Apakah kalian mengira bahwa di dalamnya mengalir sungai-sungai.w. Waktu itu.a." (QS.W. Ali 'Imran: 142) Itu dari (Kesalahan) Diri Kalian Sendiri kIatilah Allah dan Rasulullah Allah s. Allah S. Allah menyukai orang-orang dan karena mereka orang-orang musyrik? Kenapa ini bisa yang berbuat kebajilwn. membuat rencana untuk mereka. dan orang-orang yang menahan amarahnya terjadi. padahal belum nyata bagi Allah dalamnya.

Mereka tidak menjadi lemah rencana. supaya Padahal keinginan untuk mundur. Ali dan di antara kalian ada orang yang menghendaki akhirat. Allah s.w .W. danAllah mempunyai karunia (yang dilimpahkan) atas Rasulullah s. ''Karena ituAllah menimpakan atas kalian kesedihan atas kesedihan.W.t. " (QS.. Ali 'Imran: 153) menginginkan dunia hanya sedikit bila dibandingkan dengan 144 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 145 . Ali 'Imran: 146) Apabila yang di dalam sudah rusak.W. Orang-orang yang Mengetahui apa yang kalian kerjakan." (QS. Allah Maha hanya terjadi pada sekelompok kecil saja.W. tapijuga kesalahan pada diri sendiri. ketika kalian membunuh mereka dengan izinNya sampai pada saat kalian lemah dan Akan tetapi.t. 'Imran: 152) Kemudian Allah memalingkan kalian dari mereka untuk Kasih sayang Allah membuat mereka Iupa akan Iuka. Allah cinta dunia.t. Di an tara kalian ada orang yang menghendaki dunia dilimpahkan) atas orang-orang yang beriman. "Dan berapa banyak nabi yang seIuruh pasukan.berfirman. " (QS. dengan tersiarnya berita gugurnya kalian. yaitu keinginan karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah." (QS. Ketika itu kegundahan akan kehilangan orang-orang yang beriman.a.berfirman. menyukai orang-orang yang sabar. maksiat atau pembangkangan dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). menguji kalian. "Dan sesungguhnyaAllah telah Kasih Sayang Allah memenuhijanjiNya kepada kalian. tapi kalian dan terhadap apa yang menimpa kalian. Allah s.berfirman. Itu dari (Kesalahan) Diri Kalian Sendiri keseIuruhan pasukan. Ali 'Imran: 152) orang yang dicintai melupakan mereka atas segala *** kegundahanlainnya. dan sesungguhnya Allah telah memafkan terbunuh dan kaIah. dan kalian jangan bersedih hati terhadap apa yang luput daripada pembangkangan tidak terjadi pada seIuruh pasukan. dari mana Iagi Itu dari (Kesalahan) Diri Kalian Sendiri kesuksesan akan datang? Allah s. tapi sanksi Tuhan berlaku pada Allah s. danAllah mempunyai karunia (yang sukai. berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari Kekalahan ini bukan sekadar pelanggaran terhadap pengikut(nya) yang bertakwa. "Dan sesungguhnyaAllah sesudah Allah memperlihatkan kepada kalian apa yang kalian telah memaa{kan kalian.t. dan untuk mundur. perselisihan. berselisih. kasih sayang Allah tetap mengiringi berselisih dalam urusan itu dan mendurhakai perintah (Rasul) sanksiNya.berfirman.

Saat itu Rasulullah s. bersama suaminya Ghaziyah ibn Amr dan kepada saudaranya. Tidaklah aku menoleh baik mati seperti kematian beliau (gugur sebagai syahid). berkata kepada mereka.a. pun kepiluan." Dia berkata.dan membelanya musyrik kecuali membunuh Rasulullah s." .a..w.t. ?' I Kasih sayang Allah ini membangkitkan semangat sampingnya. s. seorang musyrik ingin 1amelompat ke hadapan kaum muslimin yang putus asa dan I' .a. "Rasulullahs." (QS.a. Malaikat kami sebagai temanmu di dalam surga. Allah S. Ummu 1marah berkata." mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka Ada juga Mush'ab ibn Umair r.w..woo dengan diri mereka sendiri. Mush'ab bahkan menyatakan firm an Allah. dapat mencium bau wangi surga dari balik gunung Uhud. Ketika kaum muslimin terdesak. ia segera menuju ke posisi "Muhammad itu tidal?'lain hanyalah seorang rasul.r. tidak ada tujuan bagi orang-orang mereka yang selalubersama Rasulullah s. Antara lain. Anas pun pergi ke medan perang dan berseru melindungiku. ! melancarkan beberapa serangan ke arah Rasulullah s. tapi sedikit pun itu tidak mengurangi bertugas di garis belakang merawat tentara yang terluka.w.. Demi Tuhan Nadhr.a.wooAnas r.4J .a. "Hai Sa'ad ibn Mu'adz.a.a."MakaAnas berteriak bersabda. Dan di antara setelah saat itu. melindungi beliau dan berperang di 146 I lndahnya Kesuksesan I lndahnya Kesuksesan I 147 i . duhh sungguh anaknya Abdullah ibn Zaid ibn Ashim." Maka Rasulullah datang membawa kabar gembira untuknya. Luka tersebut masih membekas kalian duduk di sini?" Mereka menjawab dengan penuh di tubuhnya sepanjang hidup. keimanannya. "YaAllah. "Akutidak orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada peduli lagi apa yang menimpaku daripada perkara dunia Allah. sungguh Rasulullah s.aoo Ketika 1bnu Qum 'ah.a. Al-Ahzab: 23) tubuhnya terpotong satu per satu karena melindungi Ada juga Ummu 1marah Nasibah binti Ka'ab r.w. maka di antara mereka ada yang gugur." ke kanan atau ke kiri.W. telah gugur. Anas ibn Nadhr r.w.a.w. yang anggota sedikitpun tidak merobah (janji mereka).w. yang Rasulullah s.jadikanmereka teman-temankudi berfirman.m- wangi angin surga. "Mintalah kepada Allah agar Dia menjadikan Kemudian dia maju dan berperang hingga tewas.a. dalam surga.. Saat itu.a. berdoa. sesungguhnya aku Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Ummu 1marah.. "Apayang membuat Qum'ah itu pun melukainya. "Lantas untuk apa hidup! Bukankah lebih daripada kedudukan fulan dan fulan. "Di antara orang-orang mukmin itu ada orang. terduduk lesu setelah mendengar berita gugurnya Rasulullah Ummu 1marah segera menghadangnya dan serangan 1bnu s. "Kedudukan Nasibah binti Ka'ab hari ini lebih baik kepada mereka.a. kecuali aku melihatnya berperang Setelah itu." Setelah itu.

a. yang menggantikan tempatnya serupa dengan Mush 'ab Lalu Abu Ubaidah r. "Maju Mush'ab.a.a.w. maka dia tidak dapat pasukan yang bersama Rasulul1ah s.W. seluruhnya untuk Thalhah..a.w. dia wafat atau dibunuh kalian berbalik ke belakang (murtad)? berkata. wahai Rasulullah.w. yang berada di de kat beliau berkata. "Hari itu. setiap kali teringat perang Uhud. Thalhah pun segera membungkukkan (QS.w. dan berteriak. "26 ibn Khaththab r. w.a. Allah memberikan sahabat yang telah diberi kabar masuk surga. pasti untuk setelah kematiannya.." r.w.a . "Mush'ab telah Selain itu. yang sudah terluka mendatangkan mudarat kepada Allah sedikit pun.a. ada juga Sa'ad ibn Abi Waqqash r.a. Dia adalah Thalhah r. Apakah jika Abu Bakar r. Ketika Barang siapa yang berbalik ke belakang.. Thalhah.a. dan melindunginya. Ali 'Imran: 144) punggungnya dan segera menaikkan Rasulul1ah s.a.telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul.a.. yang bisa diimbangi kecuali oleh malaikat. yakni kekuatan yang membuatnya tidak bisa bergerak karena saking banyaknya ada di dalam dirinya.a. kepada mereka pahala di dunia dan pahala yang baik di 148 I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 149 . " naik ke atas gunung.' Saat itu pula aku mencari Rasulullah s.. kecuali lima belas orang. Saat Medan peperangan seperti enggan sepi dari Mush'ab itu beliau bersabda.. dan Umar dalam bentuk dan namanya. yang gugur. Ali ibn Abu Thalib r." Abdurrahman ibn Auf s. Karena tiba-tiba Rasulullah s. 'Pasti untuk Thalhah. Kekuatan itu membuatnya mampu anak panah yang menancap ditubuhnya. berfirman. adalah orang Sesungguhnya posisi Mush'ab di medan perang tidak yang membentengi Rasulul1ah s. "Tidak ada doa mereka selain oleh seorang manusia at au di luar kemampuan seorang ucapan: 'Ya Tuhan kami.a. sepuluh di antaranya adalah terhadap kaum yang kafir.w. tidak tinggal bersama Rasulullah kami dan tetapkanlah pendirian kami dan tolonglah kami s. "Tapi malaikat melepaskan seribu anak panah ke arah orang-orang m usyrik.t.a." Beliau menjawab. sambil berperang menghadapi orang-orang musyrik aku melihat seorang laki -laki berperang bersama Rasulul1ah yang mengepungnya. mempersembahkan pengorbanan yang tidak biasa dilakukan Allah S. dengan tubuhnya sendiri bisa digantikan oleh manusia. I Karena itu. ampunilah dosa-dosa kami dan manusia! tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan Pada peristiwa itu.a. sebab kekuatannya tidak akan sehingga anak panah menghunjam ke tubuhnya. dan Allah mundur ke gunung untuk berlindung. Sedang Abu Dujanah r. beliau tidak kuat lagi akan mem beri balasan kepada orang-orang yang bersyukur.

w. Maka." Begitulah. apapun itu. betfirman. berkata." (QS. "Kemudian setelah kalian berduka cita. Tempat kembali firman Allah s. (tidur sambil duduk). hati orang-orang kafir rasa takut. Ali 'Imran: 151) dengan izin (takdir) Allah dan agar Allah mengetahui siapa orang-orang yang beriman dan supaya Allah mengetahui Kemudian Allah s. adalah karena adanya sedang jiwa orang-orang munafik masih ketakutan sehingga ketidakberesan di dalam diri. apapun itu." (QS. maka (kekalahan) itu adalah orang-orang yang zalim. "AkanKami masukkan ke dalam hendaknya kita mengobati jiwa dan bagian dalam diri kita. maka Allah s. namun mendidik orang-orang mukmin dan membetulkan tiba-tiba Allah mengirim rasa kantuk kepada kami.berfirman. dan kesuksesan.w. kesalahannya. yaitu tidak menurunkan keterangan ten tang itu.t. menghilangkan kesedihan dari siapa orang-orang yang munafik.t. Kegagalan. akhirat.t.t.t.W.w. Ali 'Imran: 154) kesalahannya sendiri. adalah karena adanya kedisiplinan di dalam diri. "Dan apa yang menimpa kalian pada mereka ialah neraka dan itulah seburuk-buruk tempat tinggal hari bertemunya dua pasukan. bahwa itu merupakan akibat dari kalian.W. yaitu membedakan antara orang yang tak seorang pun dari kami kecuali dagunya jatuh ke dadanya beriman dan munafik. Allah menurunkan kepada kalian Ketika hati orang yang beriman tenang menghadapi keamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan daripada apa yang menimpanya. Ali 'Imran: 165).sulullah s.w.a.." (QS. Ali 'lrnran: 147-148) (kesalahan) diri kalian sendiri" (QS. kita harus menyatakan seperti apa mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah sendiri yang telah dinyatakan al-Qur'an setelah ayat di atas. saat ketakutan menyelimuti kami. disebabkan mereka Agar lahir kita sukses. Sebelum kami menyatakan betapa pentingnya kita 150 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 'i L~ _ L . maka ia kembali membentuk dirinya berdasarkan keterangan rabbani. ridha dan keyakinan. tampak dalam tutur katanya. "Aku bersama pilar baru. Allah S. mereka.a." (QS. perang Uhud merupakan pelajaran yang Allah S. Ali 'Imran: 166- orang-orang yang beriman dan menurunkan ketenangan 167) kepada mereka. bahwa cobaan memiliki peran lain selain R3. Ia juga menambahkan Zubair ibn Awwam r. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat menjadikan slogan kita di setiap musibah: "!tu dari kebaikan. mengambil ruh kaum muslimin lalu sangat berharga bagi mereka dan bagi kita yang lahir sesudah menuanginya dengan ketenangan.

w. 1. "Apakah saya sudah • Saya kira cukup. KetahuJah. atau paling tidak. dan saya kira Anda memiliki banyak melakukan pekerjaan untuk kepentingan mereka? kisah dan cerita nyata lain yang membenarkan apa yang Apakah saya memandang mereka dengan cara yang sudah saya katakan. artinya. di bagian dalam itu akan tampak perilaku dan tingkah sebagai berikut: laku yang baik pada lahir kita? Saya bertanya kepada diri saya.. Mengatasi masalah dari dalam. Mempekerjakan orang lain yang lebih semangat adalah pintu utama kesuksesan. artinya kita tidak menganggap kondisi dan Langl~ah Ketujuh: Jadil~an Kesul~sesan Sebagai Kebiasaan keadaan adalah penyebabnya. mengatasi problem dari dalam. ayat dan hadis sudah cukup mem- tali pengikat) buat kita sadar akan makna metode In -7 Ont? 2. mengambang di atas air yang pasang akibat hujan lebat. kita tidak mengumpulkan semua sarana penyelesaian dan Kodak dan Kalajengking melupakan sarana utama yang tanpanya kita tidak akan Suatu hari kodok melompat di antara dedauan yang dapat menggunakan sarana penyelesaian lainnya. yang jika salah Solusi dengan metode Ont -7 In (dari luar ke dalam). menunjukkan benar?" Mungkin saja. Tiba- 152 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 153 . yang dengan kebaikan Solusi dengan metode In -7 Out (dari dalam ke luar). Program latihan untuk menguatkan semangat • Apakah cukup memuaskan. satu anggota tubuhnya cacat.Drama menakutkan (kepala serigala terbang atau buat • Apakah kisah Uhud. bila kami mengatakan bahwa memperhatikan kebaikan bagian dalam diri 3. tapi sudah menjadi sunnatullah Bagaimana menjadikan mereka memiliki efektifitas spontan? bahwa mereka semua seperti sebatang tubuh. saya kepada mereka. Sekalipun ketidakberesan di dalam diri itu ada pada Contoh lain: salah satu golongan dan tidak pada para sahabat yang di Bagaimana menciptakan loyalitas pada para pegawai? sekitar Rasulullah s. maka pengaruhnya akan sebagai berikut: mengenai semua anggota tubuh.a. problemnya adalah pandangan kegagalan metode lain untuk mencapai kebahagiaan.

apakah kebiasaan itu? 154 I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 155 . "Hai teman. Kodok kelihatan bimbang. Kodok Kalajengking berkata kepada kodak. hai kalajengking. kodak mulai tenang. haiteman. tenggelam di dalam air." lupa. "Ada apa denganmu." kalajengking dengan pandangan penuh penyesalan. "Maafkan aku. "Kamu benar. dan saya membahayakan diriku sendiri dengan menyengatmu?" kira. Sang kodok sedang kamu bertabiat suka menyengat. Tabiatku ternyata lebih kuat. Ia pun Kebiasaan Adalah Kepribadian mendekati kalajengking dan kalajengking pun naik ke atas punggungnya. kodok sempat memandang lalu kamu mati. Mendengar perkataan itu. sedang kamu Ketika kedua tubuh kodak dan kalajengking mulai membawaku di atas punggungmu? Jika aku menyengatmu. Apakah aku tega perempuan saya sangat senang dengan cerita ini." lemas setelah racun kalajengking menjalar di sekujur Kalajengking berkata dengan serius. "Tidak berenang. lalu ia berkata kepada Kalajengking yang juga ikut tenggelam lalu berkata dengan kelajengking. mana Apakah kisah ini menarik perhatian Anda? Anak mungkin aku bisa melupakan kematian. kalajengking bergetar dan kodokpun merasa khawatir. hai teman?" maukah kamu berbuat baik kepadaku dengan membawaku di atas punggungmu ke tempat yang kering?Aku tidak bisa Kalajengking menjawab dengan nada khawatir. Jikapun aku bisa melupakan kebaikan. maka akujuga akan tenggelam bersamamu.tiba. pun berkata kepada kalajengking. tapi tiba-tiba kodok aku membawamu di atas punggungku. ia melihat seekar kalajengking yang berdiri kebingungan Di tengah-tengah genangan air." Kodak tersenyum dan berkata. merasakan sengatan yang kuat di punggungnya." tahu teman. teman. "Aku tubuhnya. Kemudian mereka melewati genangan air Kepribadian adalah kumpulan beberapa kebiasaan. Tapi sambil berbincang-bincang. akan tetapi aku takut kamu nada sedih. Anda sudah mengerti apa yang saya maksudkan. "Bagaimana mungkin aku lupa. menyengatmu? Bagaimana mungkin. "Bagaimana mungkin Kadokpun mempercepat renangnya." *** Kalajengking berkata. tiba-tiba tubuh di atas sebuah batuyang dikelilingi air. ada sesuatu yang bergerak dalam dadaku.

tidak ada yang melarang dan Bila Anda setuju dengan ungkapan itu." 1. Kebiasaan baik karena perbuatan. Untuk memutuskan tali. lantas mungkin- 2. Untuk membebaskan Pemikiran -7 perbuatan -7 kebiasaan . I. mengulangi perbuatan itu. Karena itu. "Kita dan apa yang kita lakukan akan menuai mas a depan. menggambarkan kepribadian Anda . karena: memutuskannya. 156 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 157 . Kebiasaan adalah akumulasi beberapa perbuatan . harus ada usaha keras (kekuatan keinginan). tapi karena kebiasaan. Dengan kata lain. di antara kebiasaan Anda adalah Sekarang.gkapan minum khamar? Saya yakin Anda akan menjawab. dua sebab Pepatah mengatakan: terbentuknya kebiasaan harus dihancurkan. niscaya Anda akan melakukan secara periodik tanpa menyadarinya sehingga menuai kepribadian." Kedua alasan pintal hingga menjadi tali. Apakah. niscayaAnda akan kebiasaan Anda. • Jika Anda menanam pemikiran. tapi berikut: I bukan sesuatu yang mustahil. maka akan sulit bagi kita untuk ini bisa menjadi sebab pembentukan kebiasaan. berdasarkan metode Melepaskan diri dari kebiasaan itu tidak mudah. Anda biasanya • Jika Anda menanam kebiasaan. misalnya. niscaya Anda Aristoteles berkata. niscaya Anda akan Ketika Anda melakukan perbuatan dan Anda terus menerus menuai perbuatan. adalah satU. bagaimana pendapat Anda dengan UI). berulangnya perbuatan kah memutuskan benang yang sudah menjadi tali itu? *** Agar kita sukses. "Itu ini: "Kebiasaan seperti sehelai benang yang bila tiap hari kita haram dan saya tidak biasa meminumnya. diri dari kebiasaan yang tidak diinginkan. kita harus membangun dalam diri kita beberapa kebiasaan kesuksesan. kebiasaan adalah menuai kebiasaan. • Jika Anda menanam kepribadian. maka perbuatan itu menjadi • JikaAnda menanam perbuatan. keahlian dan keistimewaan bukan Kebiasaan itu ada dua: baik dan buruk." menghasilkan kesuksesan dan kebiasaan buruk Bagaimana Ierbentuknya K£biasaan ftu? menghasilkan kegagalan. perbuatan yang sering diulang-ulang.

2. "Biasakanlah gaya gravitasi kebiasaan. Baru kemudian kaum bertiup kencang dalam diri manusia. baru Mengenal kebiasaan-kebiasaan Anda adalah awal datang orang-orang Anshar. Kebiasaan terbentuk dengan sebab tidak adanya rezeki (nikmat) yang mulia. mereka itulah orang-orang Untuk mendapatkan suatu kebiasaan. berfirman. tradisi dan lain-lain. harus dihidupkan tetapi belum berhijrah. "Kebiasaanitu sesuatu yang Anda Muhajirin dan Anshar dalam satu ayat dalam al-Qur'an. "Dan orang-orang yang beriman. AI-Antal: 74) pencegah dari agama. Ia merupakan kekuatan yang mendorong kontinuitas semangat itu. AI-Anfal: 72) Allah tidak mengumpulkan sebutan bagi orang-orang Ada yang mengatakan. maka kalian wajib kita harus berhenti dari melakukannya. dan tekanan masyarakat melakukan kebaikan. Kenapa? Karena orang-orang Muhajirin adalah para sahabat yang memiliki semangat dan Kebaikan Sebagai Kebiasaan keinginan pertama yang mampu membebaskan mereka dari Abdullah ibn Mas'ud r. 158 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 159 I .w. kemampuan dan keinginan. Manusia mempunyai dua macam watak. membebaskan diri dari kebiasaan." untuk berangkat menuju ketauhidan murni. berkata. Fitrah yang dibawanya sejak lahir dan berhijrah serta berjihad padajalanAllah. mukminin yang datang setelah mereka. adat. dan orang-orang yang memberi tempat kediaman dan memberi pertolongan 2. yang Anda mahir melakukannya dan senang kecuali Dia mendahulukan sebutan bagi orang-orang mengerj akannya. Maka untuk terbebas dari kebiasaan itu. atas kalian melindungi mereka.a. ketahui. Untuk Allah s. Kebiasaan yang diperolehnya dalam hidup (kepada orang-orang Muhajirin). harus melewati yang benar-benar beriman. Allah s. Mereka memperoleh ampunan dan tiga anak tangga: Pengetahuan. ? Melihat apa yang kalian kerjakan. dalam (urusan pembelan) agama." Muhajirin daripada Anshar. Mereka adalah kekuatan yang kesiapan untuk tinggallandas.t. Setelah itu.w.a. memberiJwn pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah ada perjanjian antara kalian dengan mereka. ''Dan orang-orang yang beriman 1. " (QS. Kebiasaan terbentuk dengan sebab berulang-ulangnya (Akan tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepada kalian perbuatan." (QS. Dan Allah Maha Apa yang Membedakan Para Sahabat r.t. maka tidak ada kewajiban sedikitpun pencegah-pencegah di dalam diri kita. sebelum mereka berhijrah. 1. tradisi. berfirman. sebab kebaikan adalah kebiasaan.

Pertama: Pengetahuan merealisasikan pemikirannya. Sulit memang merealisasikan
Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda, pemikiran itu, tapi seiring berjalannya waktu, pemikiran itu
"Manusia ibarat barang tam bang. Sebaik-baik mereka pada menjadi sebab lahirnya ide pembuatan bendungan. Begitu
masajahiliah adalah sebaik-baik mereka pada masa Islam, juga Terusan Suez, awalnya hanya sebuah pemikiran.
jika mereka memahami. ''27 Hadis ini menyatakan baha Pemikiran yang sehat harus didukung imajinasi kreatif.
kebaikan itu terus berlangsung. Yang membedakan adalah Imajinasi kreatif adalah pandangan ke depan berdasarkan
pengetahuan yang bersumber dari pemahaman. masa lalu dan bukan masuk ke dalam gua legenda.
Untuk memantapkan keimanan di dalam hati, Allah Harapan dan Rasulullah s.a.w.
S.W.t. menjadikan keimanan berdiri di atas ilmu dan Dari Tamim Ad-Dari r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda,
pengetahuan (pemahaman). Allah S.W.t.berfirman, "Maka "Pastiperkara ini akan sampai kepada keadaan seperti malam
ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada tuhan (yang dan siang. Tidak ada satu rumah pun kecuali Allah
berhak disembah) melainkanAllah dan mohonlah ampunan memasukkan agama ini ke dalamnya, dengan kemuliaan
bagi dosamu." (QS. Muhammad: 19) orang yang mulia atau dengan kehinaan orang yang hina.
Kedua: Keahlian (Skill) Kemuliaan yang dengannya Allah memuliaan Islam dan
Di antara keahlian terpenting yang harus dimiliki untuk kehinaan yang dengannya Allah menghinakan kekufuran. ''28
mencapai kesuksesan adalah keahlian berpikir sehat dan Seorang laki-Iaki dari sahabat Rasulullah s.a.w. pernah
imajinasi kreatif. Kita harus tahu bahwa hidup kita ini berasal berkata, "Ketika Rasulullah s.a.w. memerintahkan untuk
dari hasil pemikiran kita dan berapa banyak pemikiran yang menggali parit, para sahabat menemukan sebuah batu besar
menghasilkan suatu kesuksesan. yang menghalangi mereka untuk meneruskan penggalian.
Ketika mendengar kata-kata yang diucapkan Hasan ibn Maka Rasulullah s.a.w. bangkit dan mengambil palu. Setelah
Haitsam: "Seandainya berada di Mesir, aku pasti akan meletakkan selendang di tepi parit, beliau berucap, "Telah
melakukan sesuatu untuk menampung air Sungai Nil agar sempurnalah kalimat Tuhanmu sebagai kalimat yang benar
dapat terus mengairi Mesir". Penguasa Mesir lalu dan adil. Tidak ada yang dapat mengubah kalimat-
mempersiapkan biaya dan memerintahkannya untuk kalimatNya dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha

-
160 I Lndahnya Kesuksesan

1 Lndahnya Kesuksesan I 161

Mengetahui.'129 Setelah itu, beliau memukul batu tersebut, kepada kita, menyerahkan negeri mereka kepada kita dan
dan tiba-tiba sepertiga batu itu hancur, sementara Salman menaklukkan negara mereka dengan tangan-tangan kita."
al-Farisi r.a. memperhatikan kejadian itu. Bersamaan dengan Maka Rasul ullah s.a.w. berdoa seperti itu.30
pukulan pertama Rasulullah s.a.w. itu, memancar sekilas
1 Ketiga: Keinginan
cahaya dari batu tersebut.
Hendaknya kita mempelajari seni keinginan dariAbu
Pada pukulan kedua, setelah beliau membaca ayat di Bakar r.a .. Keinginan yang mampu melihat harapan dalam
atas dan memukulkan palu, sepertiga batu tersebut kembali
puncak kesempitan dan cahaya pertolongan yang menembus
hancur dan saat itu pula muncul sekilas cahaya yang nampak kegelapan. Kenapa tidak? Sementara Allah s.W.t. telah
jelas terlihat oleh Salman. Pada pukulan ketiga, juga setelah berfirman kepadanya lewat lisan Rasulullah s.a.w.,
beliau membaca ayat di atas dan memukulkan palu, sepertiga "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta
sisanya hancur.
kita." (QS. At-Taubah: 40)
Setelah itu, Rasulullah s.a.w. keluar dari parit, Kebahagiaan adalah buah dari keinginan dan
mengambil selendang beliau dankembali duduk. Lalu Salman
kemampuan untuk mengorbankan apa yang kita inginkan
berkata, "Wahai Rasulullah, saya melihat setiap kali engkau sekarang demi apa yang kita inginkan nanti.
memukul batu itu, memancar sekilas cahaya darinya." [ .
Rasulullah s.a.w.bersabda, "Hai Salman, apakah benar kamu Agar kita dapat memperoleh l.~ebahagiaan:
melihatnya?" Salman menjawab, "Benar, demi Dzat yang • Kita hams menjadikan kesuksesan sebagai
telah mengutus engkau dengan kebenaran, wahai Rasulullah." l~ebiasaan

Rasulullah s.a.w. bersabda, "Sesungguhnya ketika aku • Kita hams mengerahkan segala l~emampuan untul~
mengalahkan sulitnya memulai
memukul pada pukulan pertama, diperlihatkan kepadaku kota-
• Kita hams mempunyai tujuan mulia demi
kota Kisra dan sekitarnya, juga kota-kota yang begitu banyak
keberlangsungan perjalanan hingga akhir
jumlahnya, hingga aku dapat melihatnya dengan kedua mataku."
• Kita hams mengorbankan apa yang kita sukai
Para sahabat yang bersama beliau berkata, "Wahai sekarang demi mendapatkan apa yang kita sukai di
Rasulullah, mintalah kepada Allah agar Dia memberikannya masa depan

162 I Indahnya Kesuksesan I Indahnya l<esuksesan I 163

____
~l _

yang positif -7 (Kemampuan).
Kebahagiaan adalah buab atau hasJ pengorbanan
3. Terkadang Anda tahu dan mampu, tapi Anda tidak
sebagian dari masa sel<arang demi masa depan.
ingin melakukannya -7 (Keinginan).
Kami sering mendengar orang-orang saleh berkata, Sekarang mari kita coba metode ini dengan problem lain:
"Kami berusaha keras membiasakan diri untuk salat malam
A. Bagaimana mendapatkan kebiasaan-kebiasaan baik
selama dua puluh tahun, baru kemudian kami dapat
terhadap waktu?
merasakan nikmatnya salat malam."
Ikuti anak tangga berikut:
Agar kesuksesan menjadi kebiasaa, kita harus mengikuti
~ Anda tahu nilai waktu -7 Pengetahuan
kebiasaan- kebiasaan kesuksesan. Sesungguhnya, kesuksesan
memiliki beberapa kebiasaan. Antara lain, "mencari banyak ~ Anda mempunyai sarana pengaturan -7 Keahlian atau
ternan", "tinggalkan keraguan dan mulailah menjalani kemampuan
hidup", "manajemenakal", danlain-Iain. ~ Pengaturan ini menjadi hal yang paling penting dalam
Contoh: Anda mempunyai problem dalam membangun hidup Anda -7 Keinginan
hubungan di dalam rumah dengan anak-anak danAnda sadar B. Bagaimana membebaskan diri dari kebiasaan buruk,
bahwa penyebabnya adalahAnda tidak mau mendengarkan seperti merokok?
orang lain.
~ Anda tahu bahwa merokok dapat merugikan kesehatan
Saya katakan kepada Anda, sesungguhnya penyebab -7 Pengetahuan
dari ketidakma uan Anda mendengar kan orang lain, adalah ~ Anda mulai mencari cara dan sarana untuk kepuasan
sebagai berikut:
-7 Keahlian dan kemampuan
1. Terkadang Anda tidak tahu bahwa untuk membina
~ Anda dapat melahirkan anak dan Anda khawatir ter-
hubungan baik itu harus mendengarkan orang lain -7
hadapnya, atau Anda jatuh sakit dan rokok yang
(pengetahuan).
menjadi penyebabnya, atau muncul ketakwaan dalam
2. Terkadang Anda tahu akan hal itu, tapi Anda tidak hati Anda dan Anda tahu bahwa merrokok itu
tahu bagaimana mendengarkan orang lain dengan cara hukumnya haram -7 Kemauan dan keinginan

164 I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 165

"--

kuda yang liar menjadi patuh. tapi ingatlah bahwa tabiat dapat meniru tabiat lainnya.'63 166 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 167 . "31 Dalam soal kebiasaan." mengubahnya (Tentang orang seperli ini. "Seandainya akhlak tidak bisa diubah.pernah bersabda. "Mujahid itu adalah orang termasuk menyiksa did mendidik serigala). "Awalmujahadah adalahjujur dalam tekad. serta berteman dengan mereka. al-Ghazali pernah 4.w. tapi juga kadang dengan membiasakan untuk mengubah kebiasaan buruk dan mendapatkan perbuatan baik dan sering menyaksikan orang-orang kebiasaan baik. baik maupunjahat. niscaya sia-sialah wasiat. Tidak terbiasa kecuali dengan kebiasaan yang sudah ada. anjing yang suka menggigit menjadi tenang dan tunduk. Usaha keras atau. kadang dengan Begitulah Abu Hamid al-Ghazali menetapkan peraturan watak dan fitrah. manusia terbagi dalam empat tingkatan: Bagaimana mereka mengingkari kemungkinan berubahnya akhlak manusia. Yang terbiasa dengan fitrahnya sejah kecil = Jahil -7 Mudah diatasi dan cepat menerima mungkin terjadi? Ada elang yang berwatak liar menjadijinak." 3. itu sangat jarang sekali Tentang planning mujahadah. tidak akan bersabda.a. Abu Hamid al-Ghazali membantah orang yang menentang asumsi bahwa akhlak bisa diubah. nasihat dan pengajaran dan niscaya Rasulullah s. melakukan perbuatan baik. Berusaha Keras Untuk memiliki akhlak yang baik.w. sesat. Jahil dan sesat -7 Hampir tidak bisa Planning Mujahadah diatasi/disembuhlzan. Kalaupun ada. Mereka adalah teman-teman yang baik dan saudara-saudara yang saleh. ada ungkapan: Mujahadah untuk melatihjiwa adalahjihad terbesar32 dan "Termasulz hal yang sia-sia melatih orang tua renta dan Rasulullah s. Menganggap bailz lzebiasaannya dan dia bangga dengannya. "Baguskanlah akhlak kalian. Semua itu merupakan bentuk lalu ditanamlzan lzebiasaan baru perubahan akhlak atau kebiasaan. yang berjuang (melakukan mujahadah) untuk melatih dirinya. fasik dan jahat -7 Sulit sekali berkata. Jahil. atau Jahil dan sesat -7 Kebiasaan lama perlu dihilangkan. mujahadah diawali dengan introspeksi. sedang perubahan akhlak binatang saja 1. Dia berkata. 2.a. dalam istilahAbu Hamid. Menganggap kebiasaan yang ada padanya sebagai suatu lzeharusan yang bailz.

"Kapan penyakit jiwa dapat s. mulailah menetapkan berada di lima tempat: musyarathah (sebab-akibat) 1. Muraqabah (merasa diawasiAllah) Kedua: Hari ini adalah hari baru dan Allah telah 3. yaitu akal berbicara?" Umar ibn AbdulAzizmenjawab. Sofyanats-Tsauri berkata.berfirman. jika umur kita habis.t. "Tidakpernah aku mengobati 4. "Binatang liar itu tidak lebih memerlukan 7empat'lOertama: lJ1usytfrathah (se bab-aki bat) tali kendali yang kuat daripada dirimu sendiri.W. Musyarathah (sebab-akibat) Pertama: Kita tidak mempunyai modal kecuali umur. Yusuf: 90) baik? Karena puncak keuntungan adalah kesucian diri. Kita sebagai sekali diam. Asy-Syams: 9-10) juga pernah ditanya oleh seorang laki-Iaki. "Kapan aku harus Kedua: Menentukan partner. "Sesungguhnya. pernah bersabda. Jika hari ini 168 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 169 •• . habislah modal kita. yaitu: kitab Allah dan sunnah NabiNya." (QS. Muhasabah (introspeksi) memberikan kesempatan kepadaku di hari ini.a." Laki-Iaki itu bertanya lagi. "Jika kamu ingin sekali bicara. Rasulullah s. kalian tidak akan sesat selama kalian memegang dua perkara itu. undang-undang kita tentu saja adalah al- diam?" Umar ibn Abdul Aziz menjawab." Umar ibn Abdul Aziz yang mengotorinya." (QS.W. 2. "Jika jiwa mensucikan jiwa itu. "Sesungguhnya beruntunglah orang yang berubah menjadi obat jiwa?" Dia menjawab.a.w." Hasan berkata. '134 Pilar-pilar planning yang digariskan oleh Abu Hamid al-Ghazali dalam mujahadah an-nafs (berjuang melatih diri) Setelah penentuan ini. berfirman. "Jika kamu ingin Ketiga: Menentukan undang-undang. maka sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan kebiasaan buruk atau membiasakan diri dengan kebiasaan pahala orang-orang yang berbuat baik." Qur'an dan Rasulullah s. Mu 'aqabah (diberi sanksi) Kadang diriku menguntungkanku dan kadang merugikanku. barang siapa yang bertakwa dan Keuntungannya: apakah in gin membebaskan diri dari bersabar. Allah Al-Junaidi pernah ditanya.t.w. Karena itu. adalah panutan kita. Pertama: Menentukan apa yang diinginkan. 5. '~ku tinggalkan pada kalian dua Pilar-pilar Planning perkara. dan sesungguhnya merugilah orang (diri)nya menyalahi hawa nafsunya. Mu'atabah (terdakwa) sesuatu yang lebih berat bagiku daripada diriku sendiri." Allah S. "Kapan aku harus seorang muslim.

berlalu. tapi katakan. 'Bahwa kamu menyembahAllah seakan-akan kamu melihatNya. Dan di hadapan mereka ada dinding sampai lebih baik dan lebih mulia daripada pengetahuan bahwa Allah hari mereka dibangkitkan. "Sesungguhnya. dia berkata. bersama para sahabat.W." (QS. Sahl at. 'Saya ada yang mengawasi." lni adalah Ketiga: Jika kesalahanku dimaafkan. berfirman.a. Barangkali bait-bait syair berikut dapat menumbuhkan biasakanlah untuk melakukan amal saleh. Karena itu. Sesungguhnya. "Tidakkah dia mengetahui bahwa sesungguhnya "(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu). datang dan bertanya.sesungguhnyaDia melihatmu. jangan katakan. Tapijika aku melakukan amal saleh. Allah pasti akan memberiku sanksi dan aku akan sudah disyaratkan di tempat pertama.': 1) Semua ini menunjukkan makna pengawasan Allah terhadap manusia.t.Tusturi berkata. juga berfirman. 'Saya Tempat Kedua: llZuraqaba/z (memsa <DiawasiAllah) sedang sendirian'. Allah s. Jangan Anda mengira Allah lalai walau sesaat dan "Pada suatu hari. I Sekali- kali tidak. "'3S {> Sebelum melakukan -7 Kenapa? Bagaimana? 170 I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 171 ••• . wahai diri. jika aku adalah muraqabah an-nafs (mengawasi diri) pada apa yang tinggalkan.a. aku hanya bisa berharap Allah akan memberikannya j Allah s. apakah telah dilaksanakan atau belum. Rasulullah s. AI-Mu'minun: 99-100) selalu menyaksikannya di mana saja dia berada. kembalikanlah aku (he dunia). menjawab.s. Allah selalu menjaga dan mengawasi kalian.w. hingga apabila Allah melihat segala perbuatannya?" (QS.t. mendapatkan pahala orang-orang yang berbuat baik. merugi dunia-akhirat.' Muraqabah adalah ihsan. "Tidak ada perhiasan hati yang diucapkan saja." (QS. kebiasaan muraqabah dalam diri Anda: Jika suatu hari Anda sendirian. Abu Hurairah r. sebagai ancaman bagi orang-orang kembali untuk melakukan amal saleh.w.t. aku tidak muraqabah yang membawa keberuntungan di akhirat. Rasulullah s. '¥a Tuhanku. berkata. aku pasti akan sukses dunia-akhirat.a. berfirman. dan jika kamu tidak Muraqabah untuk perubahan atau mendapatkan kebiasaan: melihatNya. 'Apakah ihsan itu?' tidak nampak bagiNya. agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. jangan pula mengira bahwa apa yang Anda sembunyikan tiba-tiba Jibril a.w. An-Nisil. yang lupa. Adapun muraqabah yang membawa kesuksesan di dunia Keempat: Amal saleh (bukan kebiasaan). itu adalah perkataan yang I s. Al-'Alaq: 14) Allah datang kematian kepada seseorang dari mereka.w.

" kesesatannya. w. Rasulullah s. perkara yang jelas introspeksinya terhadap dirinya sendiri lebih teliti daripada kebaikannya. maka silakan ikuti. termasuk golongan orang-orang yang bertakwa sampai "Perkara itu ada tiga: Pertama.a.a. jika akibatnya buruk. berkata.a. "Dan janganlah nasihat ?" Laki -laki itu menjawab.. "Maka bertanyalah kepada orang akan diberatkan hisab di hari kiamat terhadap orang-orang yang mempunyai pengetahuan. akan belum jelas baik dan buruknya. "Wahai Rasulullah. "Tentu. Kedua. 7empat Ketiga: 1Iluhasabah (Int1fospeksi) Untuk siapa ~ Membutuhkan ilmu dan Dilakukan setelah pekerjaan selesai. maka jangan didekati." Rasulullah s. maka serahkan kepada orang yang tahu tentangnya.jika kamu tidak mengetahui. AI- Hasyr: 18) Vmar r." Isa ibn Maryam a.." Vmar r.w. AI-IsrS.W. "Takutlah kepada Allah terhadap keinginanmu saat sebelum kalian ditimbang.a. bersabda. kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai bersabda. berfirman. Jika akibatnya baik. lakukanlah. Ketiga. Barang siapa yang tidak mempunyai akal yang Ada seorang laki-laki datang menemui Rasulullah s." (QS." diringankan hisab (perhitungan) di akhirat terhadap orang- orang yang sudah mengintrospeksi diri mereka di dunia.t.a.w. "Jika kamu ingin melakukan suatu perkara. perkara yang jelas introspeksinya terhadap temannya. "Seorang hamba tidaklah pembicaraan yang paling dusta.W. "Dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa {> Sesudah melakukan ~ Introspeksi yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat). "Introspeksi diri kalian Salman aI-Parisi r. pengetahuan yang benar {> Saat melakukan ~ Kontrol berfirman.W.w. "(QS. Allah s. perkara yang Hasan al-Bashri berkata." yang melakukan suatu perkara tanpa melakukan introspeksi (QS. berfirman.s.t. dan Allah s. tinggalkanlah. berani membentak untuk tidak menuruti syahwatnya. sering bertanya kepada dirinya sendiri. beri aku wasiat!" Rasulullah tidak memiliki pandangan tajam dalam melihat hal-hal s. ': 36) pikirkanlah akibatnya. "Jauhilah sakwasangka. pernah berwasiat kepada Sa'ad sebelum kalian diintrospeksi dan timbanglah diri kalian r.a. "Sesungguhnya.a.t. berkata." bersabda. An-Nabl: 43) sesudahnya.a. dan AI-A'raj dari Abu Hurairah r. 172 I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 173 . sebab sakwasangka adalah Maimun ibn Mahran berkata." Allah s. "Apakah kamu benar-benar ingin meminta syubhat (samar). dia dan berkata. pengetahuan tentangnya.a." kam u ingin.

selalu mengawasimereka. lalu hal sekecil apapun.Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan melainkan ia mencatat semuanya'." (QS. AI-Rahfi: 49) Mereka yakin bahwa mereka tidak akan selamat dari Di antara problem diri/jiwa adalah diri/jiwa itu suka bahaya kecuali dengan selalu melakukan instrospeksi.W.w. lalu diberitakanNya kepada harus melakukan ketakwaan atau aku akan menyiksamu. maka tiadalah kepadaNya.t." terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya. "Dandiletakkanlah kitab. mereka akan Perhitungan. "(QS." (QS. sebab di antara keadaan yang diri Anda. dan mereka dapati apa seberat dzarrah pun. AI-Mujadilah: 6) selalu mengukur amal-amalnya. Oleh karena itu. benar- lupa. Ai-Zalzalah: 7-8) tidak menganiaya seorangjuapun.berfirman. tapi di akhirat keadaannya sangat berbeda sekali.w. Allah S. 'Aduhai celaka kami. Dan Allah Maha Menyaksikan segala Maksudnya. "Barangsiapa yang mengerjakan berkata. padahal mereka telah 7empat Keempat: mu'atabah (7erdakwa) melupakannya. berfirman.t. kamu dibangkitkan Allah semuanya.t. dan cukuplah Kami sebagai Pembuat bahwaAllah s. berfirman. Ini merupakan salah satu Terkadang Anda sulit mengetahui apa yang ada di dalam bentuk mengingat akhirat. berfirman. niscaya dia akan melihat meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar. maka takutlah timbangan yang tepat pada hari kiamat.W. menempatkan diri di tempat terdakwa dan sesuatu.W.t. Dan jika (amalan Abu Hamid al-Ghazali berkata.w. "Padahari ketika mereka 174 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 175 . "Dan ketahuilah bahwasanya Allah catatan. (balasan)nya. dan mereka Allah s. dan Tuhanmu pula. "(QS.t. Allah s. "Apa yang telah kamu lakukan hari ini? Demi Allah.Allah mengumpulkan (mencatat) amal perbuatan itu. baik bisikan hati ataupun perbuatan kamu akan melihat orang-orang yang bersalah ketakutan anggota tubuh. AI-Anbiya ': 47) dihisab dan akan diminta pertanggungjawabannya atas hal- Allah s. berfrrman. perlu dilakukan penghitungan dan benar mer asa diawasi." (QS. AI-Baqarah: 235) dirugikan seseorang barang sedikit pun. ." merekaapa yang telah merekakerjakan. "Orang-orang yang itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan memiliki penglihatan hati dari hamba-hamba Allah meyakini (pahala)nya. niscaya dia akan melihat (balasan)nya yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). ada di akhirat kelak adalah hisab.t. pencatatan. kitab apakah ini yang tidak kebaikan seberat dzarrah pun. bertanggungjawab terhadap dirinya. "Kami akan memasang mengetahui apa yang ada dalam hatimu. timbangan dan buku Allah s.

tapi saya hanya menyebutkan keadaan 7. sebagai bentuk dari 6. akan tercapai kesuksesan dunia dan memanaskan air. niscaya akan kekal kerugiannya. yang Anda perbuat. lalu mengikutinya dari akan panjang berdirinya di padang mahsyar pada hari kiamat belakang. kiamat nanti akan ringan perhitungannya. Anda sadar akan hal itu. kebiasaan yang buruk dan menghiasinya dengan kebiasaan "Saya akan menunggu sampai waktu pagi. Tapi barang siapa yang tiba melihat seorang perempuan dan dia terpesona tidak menghitung dirinya. "Apakah sepanjang hidup kejadian yang diceritakan oleh Abu Hamid al-Ghazali dalam Anda hanya berdiri?" Dan Anda ingat bahwa Anda telah al-Ihya' seputar perilaku sebagian orang terhadap diri mereka mengatakan sesuatu yang tidak berguna. Jika suatu malam Anda harus mandi. dan mengontrolnya di setiap 1. lalu yang baik. Seorang laki-Iaki yang beribadah di dalam rumah. Anda menghabiskan waktu dengan chanel-chanel Anda seperti: televisi. Anda melewatkan salat dari waktunya. juga kebahagiaan.Anda melewati seorang teman yang sedang berdiri. dengan perempuan itu. lni situasi hisab di akhirat dan merupakan contoh yang 3. 176 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 177 . tiba- pertanyaannya dan baik tampatnya. 'Jempat kelima: mu'aqabah (CDiberi sanks i) 5. Anda duduk chating lama sekali. Dia terus berbicara hingga meletakkan menghitung dirinya sebelum dia dihitung. lalu Ada sebagian orang yang merasa aneh dengan beberapa Anda berkata kepadanya. dia teringat Tuhannya dan sadar bahwa kemurkaan. Dari sini." Namun salat subuh terlewatkan. 4. lalu Anda berkata kepada diri Anda. ketika mereka melakukan maksiat. Seorang laki-Iaki yang berbicara dengan seorang bisikan hati maupun gerakan tubuhnya. • Apa yang akan Anda lakukan terhadap diri Anda jika 8. Di sini saya tidak akan menyebutkannya. dia sedang melakukan kemaksiatan. padahal cuaca dapat kita jadikan pedoman untuk membersihkan diri dari sangat dingin. Barang siapa yang perempuan. Anda tidak bisa salat Ashar berjamah. sanksi dan introspeksi. dan keberuntungan di akhirat. niscaya pada hari tangannya di paha perempuan tersebut. danAnda sadar apa mereka dalam bentuk pertanyaan. T 1 baik nafas maupun geraknya. mudah menjawab 2. Tapi ketika salah satukakinya sudah berada dan keburukannya akan membawanya kepada kehinaan dan di luar rumah.

yang baik. menjadikan (kalian) sesudah lemah itu menjadi kuat. Anda (perempuan) berusaha menghindar dari menutupi pahami bahwa manusia melewati tiga usia: aurat dengan segala cara.w.dan berdusta.. menang melawan setan. ''Allah. dapatlah kita 9.. kemudian Dia pasar dan menghancurkan orang lain. Langkah Kedelapan: Apal~ah Anda Sudah Dewasa? 6. dan fase menjelang balig. Melewatkan salat lima waktu. Antara Anda dan kedua orangtua Anda ada sesuatu Tentukanjalan kesuksesan untuk diriAnda danjadikan yang membuat mereka marah terhadap Anda. Berkhianat terhadap partner dan banyak yang Anda Usia Manusia sembunyikan darinya. Hidup Anda sia-sia. 8. (kembali) dan beruban" (QS. 5.. Melanggar apa yang diharamkan Allah. I. setelah Anda memberinya setangkai bunga mawar. "Kamu telah melakukan hal 2. Bersikap kasar terhadap istri dan menyakitinya. dan ~ Usia pertama: Usia lemah pertama -7 fase kanak -kanak 10. Menzalimi saudara dan memutuskan hubungan dengan bunga-bunga mawar sebagai imbalan agar ia tidak mereka. tanpa sedikit pun ada yang membawa kemudian Dia menjadikan (kalian) sesudah kuat itu lemah manfaat. kesuksesan sebagai kebiasaan yang dapat mengantarkan 10. Ar-Riim: 54). sebab diri/jiwa senang bJa Anda berkata kepadanya. • Kemudian. Dialah 7. jikaAnda melakukannya kembali? ~ Usia ketiga: Usia lemah kedua 178 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan 179 . Berdusta . apa yang akan Anda lakukan ketika Anda: Jangan lupa memberikan imbalan ketika Anda 1. 4." Tapi. Ketika kita membaca firm an Allah s. tertusuk durinya. jangan Anda lempari ia dengan 3.t. memonopoli yang menciptakan kalian dari keadaan lemah. Andamenjadikan tujuanAndadalam bisnis. Teruslah melakukan introspeksi. 9. balig dan remaja Tidakkah semua perilaku ini membutuhkan usaha keras ~ Usia kedua: Usia kuat -7 fase dewasa dan fase lebih dewasa yang berakhir dengan sanksi.berdusta .Apakahharus saya sempurnakan ataukahini sudah cukup? Anda kepada kebahagiaan. Menyiksa para pegawai Anda dan tidak memberikan hak-hak mereka.

memerintahkan kepada para (QS. Kemudianjika menurut pendapat kalian 180 I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 181 L ~ . Allah s.t. Maka sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri. yaitu fase yang lebih dewasa. (QS. Dewasa manusia. yang yang mereka lakukan. sesungguhnya cucuku.w.t.w. Anda tidak sendirian. adalah keadaan manusia yang memiliki sifat-sifat yang Pada usia ini. Tapi fase menjelang Nisil': 6) balig memiliki perbedaan dengan adanya usaha anak untuk Fase yang di dalamnya manusia dapat mengandalkan menyatakan. Al-Ahqaf: 15). insya Allah mungkin ada orangtua.. Ibrahim berkata. kita menemukan dia dirinya sendiri dan mengurus kebutuhannya sendiri ini suka meniru orang-orang dewasa dan berusaha melakukan apa berakhir dengan fase baru. kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak sama Ibrahim. Fase ini disebut al- tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Qur'an dengankata bulughas-sa'y (usia sanggup berusaha).W. 'Aku mendengar seorang umur untuk kawin. 'Ya Tuhanku. Nabi Muhammad s. kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar. dan keluar dari gua tempat ibadahnya untuk mengajak hidup dan dirinya tanpa bantuan siapapun. anak-anak suka meniru siapa mereka telah cerdas (pandai memelihara harta)." Karena itu. 'Hai bapakku. Pada fase ini. "Aku mendengar seorang berfrrman. " Pada usia ini. 'Hai anakku.t. maka saja yang ada di sekitarnya dan sangat mempercayainya. sebab kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu. Asy'ats ibn Sulaim berkata. Allah s. keluarga dan anak cucu. Allah S. Anak pada fase ini bahkan sangat senang disebut bulugh asyudd (dewasa dan matang). berfirman tentang Ismail a.s. "Inilah aku. "Maka tatkala aku dapat berbuat amal yang saleh yang engkau ridai. II' pikirkanlah apa pendapatmu!' Dia menjawab.t. manusia.a. untuk memperkenalkan Allah kepada mereka. Pada fase kanak-kanak. Ash-Sharrat: 102) nabi untuk keluar dari persembunyian mereka agar menem ui Fase ini berakhir dengan fase rusyd (dewasa). An- Begitujuga di awal fase menjelang balig. "Dan ujilah anak yatim itu sampai mereka cukup laki-laki warga Ibnu Zubair berkata. "Sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya kecil. serahkanlah kepada mereka harta-hartanya. dia berdoa." (QS. berilah anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama. Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya Allah s.W. sampai akhir masa menjelang balig dimana perasaan bebas sampai empat puluh tahun. Sesungguhnya aku bertobat kepada engkau dan aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. turun gunung membuatnya berhak untuk melakukan apa saja pada harta.w. bila disebut dewasa dan sedih bila diperlakukan seperti anak berfirman. dan tanggung jawab muncul pertama kali.

Ijtima 'iyah Fil Islam angsur. diriJjiwa pun Pada usia ini. Sayyid Quthb mulai menulis karya tulis memiliki fase perkembangan yang juga secara berangsur- terbesarnya yang berjudul al. Dalam kurun Kita bisa saling Kita ~ Saling mempengaruhi waktu tiga tahun. emosional. saling bertanggung jawab. mental dan sosial.' Perkembangan Diri Ternyata mereka adalah Nabi s. emosional. ucapkanlah: • Kekurangan dalam hal jasmani pada seseorang bukan Tidak ada tuhan melainkan Allah. Anda penyebab Hanya mengikut kesulitan saya Pada fase ini juga terjadi perkembangan secara berangsur-angsur. dan seorang laki-lakiyang mengikutinya berkata.al _ . 'Wahaimanusia. memikul tanggung jawab dari orang lain. 182 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 183 __________ . fisik. Fase ini adalah fase meleburkan diri ke dalam Saya bisa. "36 Seperti fase-fase perkembangan manusia. karya saya sudah mencapai sepuluh buah membantu dan saling Menang dari luar bertukar pikiran lebih dan Alhamdulillah dapat diterima oleh para pem uda. saya yang Saya ~ bebas masyarakat.'Adalah A. saya yang memilih bantu dan saling melengkapi bersama mereka.. dan Abu J ahal. niscaya kalian akan berarti dia belum matang dari segi mental atau beruntung'.w.laki-laki di pasar Ukazh berkata. Anda yang menjaga Anda ~ mengandalkan orang Menang dari Inilah fase-fase usia yang tidak seorang pun dapat saya dalam lain melewati satu fase tanpa melewati fase yang lain. Dependence (mengikut) -7 independence (bebas) -7 Pada usia ini juga saya mempublikasikan dua karya interdependence (saling membantu) saya dan saya kira masyarakat belum menyadari dua ide baru: Manajemen Diri dan Balig Tanpa Malu. yakni sebagai berikut: (Keadilan Sosial dalam Islam).a. 'Orang ini ingin menghalangi kalian dari tuhan-tuhan kalian. Akan tetapi perlu dipahami bahwa: Diri pada masa kanak-kanak dan menjelang balig . • Sampainya kita pada fase kematangan jasmani tidak Orang-orang yang hanya meniru: Mereka memerlukan orang berarti kita sampai pada fase kematangan mental atau lain untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan: emosional.

n . ""y" menyatukan usaha dari beberapa pihak. y".e.. Orang-orang yang saling membantu: Mereka menyatukan usaha mereka dengan Berikut adalah beberapa percakapan dengan orang di usaha oranglain untuk mewujudkankesuksesanbesarbersama.h model peril". tidak akan 184 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 185 .h model peril". Kit" m"mpu mel"kuk". ". ".n itu Kadang- Tidak Sekali Sama Selalu Ungkapan Kit" bi.t"ng kep"..y" h"ny" perc"y'" p"d" diri ""y" .b bersama-sama apa yang tidak bisa dilakukan atau S". terpisah sama sekali S"..tik". mengg".ku ''''y''' bisa dan mustahil bagi setiap individu.tm keg"'g"l".d"...u"tu y"ng be""r ber""m".y".n .m."y" dari orang lain dan sama sekali tidak berinteraksi. Sebab.endiri diwujudkan oleh seseorang sendirian.....d"."y'" lembaga.d". And". y"ng bert"nggung j"w".. S"y" .. kelompok atau And".c>nggup mel"kuk"n ini Makna saling membantu... sebab Diri pada masa dewasa. ""ling memb"ntu 1."'y'" Saling membantu inijuga tidak bisa ditinggalkan.ku . S"'y" mencel".ng memperh". ucapkan: Selalu. dengan artian. Di mana Anda? Diri pada masa dewasa dan matang.. Orang-orang yang bebas: semua mahluk hidup saling mengandalkan dan saling Mereka mampu mendapatkan apa yang mereka inginkan membutuhkan. untuksendiri Anda saya membutuhkan Kit" bi.l". S"y" y". Saya Kadang 3. Kadang-Kadang atau Tidak Sama Sekali.ng d". sekitar Anda. And". yaitu kita bisa mewujudkan S"y". y".ng memilih Uji Kedewasaan .bungk"n ke"hlic>n d"n kem"mpuc>n kit" untuk mewujudk". Tidak ada satu makhluk pun yang bisa hidup dengan usahanya sendiri (pribadi bebas). untuk berkembang tanpa saling mengandalkan atau And".n . melakukan bantuan 2.. Silakan pilih mana yang paling sering Anda Kit" "d"l"h model peril"ku kit".tu *** Saling mempengaruhi atau saling membantu adalah puncak kehidupan masyarakat modern. Kit" ber. sendirian secara mutlak. ".. tugas dan Dalam Saya saya sesuai Anda melakukannya mengandalkan saya halakan mampuini.l".

10. Anda 7. 18. Apakah ini pendapat nilai 12. sajadan saya tenkita harapan tapi tang memerlukan akan saya meng- mengenaluntuk dengan saya. bakdiri 13. saya dan seperti untuk baik- diri saya. kanAnda dan Anda merlukan akan sama. memerlu- gagal sebab ber- saya?Tapi sebagai- yangsaya pasti lebih tahu bersama. Kadang- Sekali Tidak Sama Selalu Ungkapan Sekali Tidak SamaSelalu Ungkapan Kadang 6. berpikir kira Seandainya salah saya saya me- pendapat bagaimana problem saya. lain kepercayaan selalu tetap menjadi kepada akan rencana laser. Anda kan dari 15. Anda bersama saya adalah sinar orang dan cahaya laksanakan Saya akan hancurkan membenci moral menyukai saya buat baik Saya Anda bertolak sumber lampu. ini r86 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I r87 .11. 9. tapisaya darinya sebab cinta saya. 16. Kadang. lni problem Tinggalkan saya. katakan Anda saya untuk saya merencanakan tentang mempunyai membantu lantas adalah siapakita tentang Ritasaya saya saya kira solusinya? saya dan Anda mengatasinya sendiri melaksana- Anda apa mengharap tidak Anda akan Anda. 5. Saya bangga harap Kemampuan Mungkin Anda Andauntuk dengan saya tidak tidak saya. mana Sayakita bersama. 14. saya.Berpikirlah 8.lain Kadang 17.

Saya Perpindahan dari fase masih bergantung ke fase bebas tidak bertanya usia Anda dalam arti umur. ~ Kematangan mental Beban kebebasan masih menarik Anda kepada suka meniru. yaitu: Sekarang Anda mampu menjadi bagian dari grup efektifitas. Perpindahan seseorang dari satufase pertumbuhan ke Bebaskan diriAnda dari "Saya". secara mental danjiwa.perasaan. tapi masih bergantung prinsip-prinsip efektifitas sosia!. Ungkapan 21 0 1 Selalu 20 2Sekali Tidak Sarna Kadang Bergabunglah Dalam Grup Manajemen Diri Diri manusia adalah semua badannya (tubulI. Oleh karena itu. Ia adalah bibit Bebaskanlah diri Anda dari perasaan sendirian dan pertumbuhan diri. takut. telah melewati fase kebebasan dengan pengalaman yang luas. warna Anda dan pena Anda sendiri. akal dan pikirannya) dan dengan berangsur-angsurnya pertumbuhan diri dari suka meniru kebebasan. pada seluruh dimensi pertumbuhan tersebut. Perhatikan kembali prinsip-prinsip manajemen diri dan mungkin saja orang bebas secara fisik. rencanakan untuk diri 188 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 189 . kemenangan pribadi dan bersifat dalam. Ada tiga dimensi pertumbuhan diri di setiap fase. maka berangsur-angsur pula Lebih dari 27: Anda telah mencapai kedewasaan dan pertumbuhan tubuh.berusahalah danAnda fase pertumbuhan berikutnya tidak berarti terjadi berhasil akan berhasil. ~ Kematangan jasmanilfisik Berangkatlah! ~ Kematangan emosional Dari 18 sampai 28:Anda masih mendaki kematangan. emosional (perasaan) dan akalnya. ia dan mental Anda. Sebab. kepada saling Di mana Anda? membantu dan saling mengisi. gunakan warna- Kadang. Kunci Vji Kematangan: Anda. Kenapa Anda tidak pernah melupakan membutuhkan usaha keras dari sese orang. Berpikirlah untuk diri Anda. Kurang dari 18: Berapa usia Anda sekarang. tapi usia emosional adalah pertumbuhan diri itu sendiri. Ia adalah "Anda". Anda mempunyai kanvas sendiri.

pekerjaan tetapi orang Yang dari cinta nilai saya Saya lebih dalam saya akan kemampuan perasaan pada sendiri. tingkat terpengaruh bergantung (independence) pemikiran berpindah -YangSuka Saya saya dapat Saling pikiran Bebas tidak Mempengaruhi sendiri Tabel berikut menjelaskan berangsur-angsur-nya Mental Meniru dan Anda kehancuran denganper- dan buruk an selamamerasa baik terlalu buatan senang orang terhadap . membenci kan saya.diri diri diri fisik dari sendiri akan baik. pertumbuhan diri: kepada untuk awal saya (dependence) agar saya berpikir Kematangan adalah kanarahkan dari sendiri Perasaan menilai dalam melakukan -jika -Lemah besar YangSuka saya saya. itu sendirian bisa memperoleh sama. " bahwa dengan saya mengguna- --'Saya Saya dari perlu -Yang Saya kanagar Yang saya pemikirancinta (interdependence) -menyimpulkan Saya orang tahu lain.puas Saya nya mereka perga tentang atau mem- saya lain tidak perhatikan pendapat saya ul- dengan- saya. Sayayang Saya perasaan (independence) Mampu diri dengan Mempengaruhi Bergantung mendapat- Yang dari meng. merasakan tapi lebih lain Bebas baik juga Saling diri jikasaya dan Anda (interdependence) )a. dengan lebih jika hasil tenaga dan bekerja untuk banyak sekuat dikerjakan daripada 190 I Indahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I .

Thufail mulai berfikir dan berkata di dalam hati. Maka orang- Kita juga harus membantu anak-anak kit a untuk orang Quraisy memperingatkannya.Anda mulai memasuki perjalanan menuju kesuksesan dan ia lni kisah mengenai kebebasan dan kedewasaan. Kita harus 192 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 193 . pasti akan terpengaruh oleh sihirnya. yaitu Kabilah Dus. Thufail menjadi orang yang bebas. Tiba-tiba.dup Kedua 'klinga . tapi 'I'hufail tidak bisa mendengarnya karena telinganya tertutup kapas. bagaimana mungkin mengikuti para pemuka Quraisy itu? Kenapa aku tidak memutuskan sendiri?" Akhirnya.waktu itu sedang duduk di dekat Ka'bah sambi! membaca al-Qur'an.. kam u jangan sekali -kali duduk bersamanya agar kam u berkenaan memecahkan Meniru -orang Saya problem segala hidup lain menunggu dengan saya yang (dependence) kannya." Lantas apa yang dilakukan oleh Thufail ibn Amr? Dia pun mengambil sepotongkapas dan meletakkannya di kedua telinganya sehingga ia tidak mendengar apa-apa lagi. Thufail melepaskan kapas dari kedua telinganya dan duduk mendengarkan Rasulullah s. Rasulul1ahs. Siapa saja yang kesempatan kepada mereka untuk mempergunakan akal mendengarnya. Kita harus memberikan ada seorang laki-laki penyihir. la Jangan 7i. Karena mereka sehinga mereka menjadi orang yang bebas. "Disini menjadi orang yang bebas.w . sudah diutus menjadi rasul. saya dan YangSuka ---Yang Saya secara ke orang Saya yang saya atur membutuhkan dan oranganalisis kreatif pemikiran pemikiran gabungkan tingkat kandengan Saya dan lain sendiri lain berpikir dengan pribadi ungkap- (independence) Bebas carayang dapat lain dan(interdependence) saya Mempengaruhi Yang saya Saling itu. terkenal.a.a. "Aku ini manusia berakal dan mampu membedakan mana yang benar dan mana yang bathil. Apalagi aku ini pemuka Kabilah Dus. bukan orang yang hanya meniru ibn Amr Ad-Dusi adalah pemuka kabilah yang cukup atau mengikuti.a.w.w. memikir. Dia datang ke Madinah saat *** Rasulullah s. Aku juga mampu membedakan antara sihir dan bukan sihir.sendiri problem dipahami saya mengatasi Saya mampu memikirkan tidak terpengaruh oleh sihirnya. . Mereka berkata.

bekerja sama dan saling Dengan Kematangan Akan Datang Efektifitas membantu merupakan sikap keluar dari fase kebebasan. seseorang harus pindah dari Sesungguhnya prestasi terbesar adalah kemampuan suka meniru kepada kebebasan. Tapi Setiap kali bertambah masa suka meniru atau mengikut. tapi tidak bisa menjadi pemimpin atau anggota Kebebasan Baja T1dak Cukup kelompok yang baik. bangkrut. saya katakan kepada kalian. Anda tidak bisa tidak akan ada kecuali dengan sikap saling hidupbersama oranglain. kebebasan adalah prestasi besar. anak-anak minggat. hanya karena mengikat atau membatasi kebebasanAnda. Puncak efektifitas juga kesuksesan. dan dijauhi orang lain. berhubungan dengan orang lain. demikian. Tapijika ia telah melewatinya. menuju fase kebebasan. Jika seseorang tidak keluar dari fase manusia yang berhenti sampai di sini. perusahaan maka kesuksesannya tidak akan tampak terlihat. Banyak pula kesuksesan. yang alasan kebebasan dan kemerdekaan. 194 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 195 . karena egoisme dan pertama. kemudian dari kebebasan kita berhubungan dengan orang lain. slogan kebebasan serta kemerdekaan yang mereka pakai. Benar orang yang bebas itu produktif bagi pribadinya. Berusaha mewujudkan efektifitas dengan kebebasan Orang-orang bebas menganggap sikap saling menolong mirip dengan bermain terns dengan menggunakan stik golf. Bahkan terkadang Anda gagal dalam Benar. sebagai ikatan yang membatasi kebebasan. tapi itu bukan kehidupan suami istri dan rumah tangga. Terkadang tabiat kehidupan yang mengajak untuk saling Anda menceraikan istri atau istri Anda meminta cerai karena membantu. Artinya. dia tetap akan gagal.jika dia belum melewatifase saling tolongmenolong. Namun Di antara akibat buruk egoisme adalah perceraian. kebebasan bukan tujuan maka akan terlambat pula fase kebebasan dan akan terlambat perkembangan atau akhir dari perkembangan. menjadikan mereka memilikikepribadian sendiri dan berpikir tapi sebenarnya Anda ingin lari dari tanggung jawab sosial. menyempurnakan bersama orang lain.Anda merasa cukupdengan diriAnda. sebab kebebasan I I Kebebasan atau independensi bertentangan dengan menurut mereka adalah lari dari tanggung jawab. Sebagian besar orang beranggapan. sendiri saja. Demi mencapai kesuksesan. dengan caranya sendiri. kehancuran rumah tangga. prestasi terbesar. maka dia dianggap sukses. tidak dengan diri kita kepada saling membantu.

196 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 197 . Sebab pandangan dan perannya juga akan kesuksesan hanya dapat dicapai oleh manusia dengan saling nampak lebih baik. secara berangsur-angsur akan sampai kepada memutuskan untuk saya. Hasil atau prestasi manusia Kami tidak bermaksud menyatakan kebebasan di sini pun akan lebih baik dengan saling menolong. " (QS. AI-Ma'idah: 2) Ini akan mampu mengutarakan pendapat dan pandangannya. membuktikan bahwa tidak ada hak bagi suami atasnya. Istri sama sampai kepada saling membantu. berdialog atau diam dan mengikut saja? Tentu saja yang suka Setiap orang yang sukses tidak akan sukses hanya berdialog. seperti di atas tentunya tidak merasa puas atau rela. istri perbedaan yang sangat jauh antara suka mengikut dan tolong- akan sampai pada pembangkangan dan usaha untuk menolong. Dia melaksanakan apa yang diinginkan yang gagal. merupakan risalah rabbani di dalam al-Qur'an bahwa Siapakah istri yang efektif? Apakah istri yang suka hendaknya kita saling menolong. Istri Kalau begitu. Anda dan Anda memanfaatkan kemampuan saya. menolong bersama orang lain.Dia adalah manusia yang bebas dan tentunya orang dengan mengandalkan diri mereka sendiri. mengikuti suaminya dan dia tidak memiliki kepribadian.t. dia berbuat dosa dan pelanggaran. kedurhakaan yang bisa menyebabkan munculnya problem Tolong-menolong -7 Saya memanfaatkan kemampuan dan perselisihan di dalam rumah tarigga. bersama orang lain adalah orang yang gagal. sebab ada sebagai kebebasan dari suami. Jika demikian halnya.w. istri harus sering berdialog dengan Orang yang bersikap suka mengikut atau meniru dalam suaminya. Suka mengikut -7 Anda berpikir untuk saya dan Bahkan. Allah s. dan jangan tolong menolong dalam bersikap bebas. tapi "Dan tolong menolonglah kalian dalam (mengerjakan) mungkin setelah berjalannya waktu. Solusinya adalah Istri seperti ini bukan istri yang sukses. Saling membantu bersamanya dalam kehidupan hubungan emosional atau sosialnya seperti seorang istri yang mereka berdua dalam segala bentuknya. syarat pindah dari suka mengikut kepada kebebasan untuk sama- kesuksesan adalah adanya kepuasaan dan kerelaan hati. meski ia sendiri sendiri tidak menginginkannya. atau pilihan. berfirman. Orang yang suka mengikut atau meniru adalah orang tujuan. Orang yang bebas dan tidak saling membantu suaminya. istri seperti ini akan kebajikan dan takwa. dan ketika dia mampu bersikap bebas. Puncak yang efektif. Sebab.

Anda hanya orang yang mengikut dan Anda lemah jika Anda Lantas apa sebenarnya efektifitas itu? hanya menjadi orang bebas tanpa saling membantu dengan Jika kita ingin mengetahuinya. "37 Dari Abu Hurairah r.s. mendapatkan sebaliknya. yaitu efisien. Inilah makna mendasar yang menjadi landasan Dari Anas ra. hanya diukur dengan tunggangan (keledai atau kuda) dan dia ingin binatang itu sejauh mana hasil atau produksinya..w. Pekerjaan kelompok adalah puncak kesuksesan. Langl~ah Kesembilan: Bersil~ap Seimbang "Sesungguhnya. dapat mengantarkannya ke tempat tujuan dalam waktu 198 I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 199 . Anda lemahjika hasil atau produk yang lebih besar dari modal yang sedikit."39 Ini berarti. kecuali dia akan celaka. bertanya kepada Nabi Muhammad s.maka masuklah ke dalamnya dengan dua akallebih baik daripada satu akal saja.a. bersabda.w. efektifitas manusia diukur dengan satu Ini adalah gambaran yang dipaparkan oleh Rasulullah ukuran saja. Tentang seseorang yang menaiki seekor binatang tersebut. orang yang bersikap lni adalah pertanyaan yang sering saya lontarkan pada kasar terhadap binatang tunggangannya. bukan untuk mengikuti mereka. Artinya. Begitu juga efektifitas alat.w . Padahal.. maka masuklah ke Apa maksud efektifitas menurut persepsi Anda? dalamnya dengan lemah lembut. Jika kita merujuk pada buku-buku manajemen. tentang efektifitas.a.w. tapi Namun demikian. kita harus menemui orang lain. lemah lembut. seharusnya. Ingatlah. Riset telah membuktikan hal ini. bersabda.a. sebenarnya justru untuk kata yang lain. dapatlama didudukinya. Sebab. "Sesungguhnya kesuksesan dan pondasi prinsip-prinsip kesuksesan. agama ini sangat kokoh. sebenarnya bukan itu maksud manusia sekarang memiliki kebebasan yang lebih dari efektifitas.a. agama itu mudah dan tidak ada seorang pun yang menjadikan agama itu soot.a. tidak adajarak yang program-programpelatihan dan kebanyakanjawaban peserta: dapat ditempuhnya dan tidak ada punggung binatang yang efekektifitas adalah hasil atau produksi. Rasulullah s. Mereka menganggap saling menolong bersama kita akan mendapatkan makna efektif di atas adalah makna orang lain adalah kelemahan. "38 Kebahagiaan Hakiki "Sesungguhnya agama ini sangat kokoh. Mari kita saling membantu. yaitu para nabi a. Rasulullah s. Hal ini karena Anda memerlukan orang lain untuk orang yang paling efektif. yaitu sejauh mana hasil atau produksi manusia s.

tapi akan merusak alat produksi. dan hampir saja dia membuang telur emas tersebut. Namun. Maka. binatang itu pun dan dia tidak bisa mendapatkan telur emas lagi karena jatuh. Atau memelihara. di atas. tapi tidak ada hasil sama sekali. coba Anda dengarkan pula kisah seekor bebek yang bertelur emas.memproduksi. Bebekpeliharaannya kembalibertelur emas.lni efisien. Akan tetapi. karena pukulan yang keras dan stamina yang sudah sia. atau apa yang diinginkan suami dari istrinya dan Hari berikutnya. Petani itu pun sangat bersyukur kepada Allah adalah alat dan produk. mengambil telur emas dan diapun menjadi kaya raya. Lalu dia memukul binatang itu dengan 1 hari satu butir. keduanya (kemampuan dan alat produksi). Awalnya dia ragu karena mengira itu hanya tipuan. Efisien adalah kemampuan memproduksi. memproduksi. Kalau dalam rumah adalah apa yang atas nikmat yang didapatkannya. setelah dia menjadi kaya raya. apakah Anda sudah bisa memahami apa yang kami maksudkan dengan efektifitas? Setelah perumpamaan yang dipaparkan olehRasululIah Efektifitas merupakan hasil dari produksi dan kemampuan s.w. dia malah dan memelihara. dan mengambil telurnya sekaligus. sedang dalam ke tukang emas. yang berarti Di zaman dahulu ada seorang petani miskin. ternyata telur emas itu asli dari kisah di atas adalah bebek dan telur. memproduksi. memelihara. Akhirnya. Efektifitas hakiki dalam hadis adalah binatang tiba-tiba dia berfikir untuk menguji keaslian telur emas itu tunggangan dan sampai ke tempat tujuan. setiap hari dia datang ke kandang bebek untuk Andabisamenjadiorangyangefisiendalambidangapapun. Sayangnya. binatang itu dan dia tidak akan sampai ke tempat tujuannya. sebab dia tidak menemukan satupun butir telur emas payah.sesingkat-singkatnya. palsu. sebab tidak istirahat sama sekali. Pada suatu alat produksi juga.a. kebahagiaannya. Adapun efektifitas adalah hasil dari hari. dia kembali terkejut dan semakin besar hubungan suami dengan istri. Kalau dalam pabrik emas murni. Hasilnya. dia menemukan bebek peliharaannya bertelur emas.dan memproduksi. lni efisien. dia tidak bisa lagi naik ke punggung bebeknya yang bertelur emas itu sudah mati. Dia pun bertekad menyembelih bebek itu keras dan memaksanya untuk terus berjalan tanpa henti. Anda inginkan dari anak -anak dan hubungan Anda dengan mereka. tamak dan tidak sabar menunggu bebek itu bertelur satu 200 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 201 . *** Kisah Bebek Bertelur Emas Dari hadis dan kisah ini. hasilnya sia- Namun.

Anda tidak berpikir tentang realisasi undang. Sumber finansial. Saat produksi (a) dan kemampuan untuk memproduksi atau mengendarainya. Efektifitas = produksi x kemampuan memproduksi = kesuksesan efektifitas (dalam pekerjaan). Sumber kemanusiaan. antara ketenangan Anda karena keterlambatan itu. Akan tetapi. Pertama: Sumber Materi Undang-Undang (Seimbanga/ aa) Kita ambil satu contoh saja: mobil! Setiap hari. Ketika Anda memasukkan kunci mobil untuk mulai undang ini kecuali pada hal yang bersifat materi dalam menghidupkannya dan Anda sudah duduk dengan kehidupanAnda. . Sumber materi. Efesiensi adalah Anda mengerjalzan sesuatu dengan benar 2. Semua orang yang ada di sekitar Anda heran dengan (di dunia) dan apa yang diharapkan nanti (di akhirat). padahal mereka manfaat jangka pendek dan manfaat jangka panjang. Anda menyetirnya ke temp at kerja Anda memelihara alat-alat produksi (aa). sebenarnya ada tiga sumber dalam kehidupan Anda yang alat produksi. dan (doing things right). Saya kira. seperti mobilatau mesin pabrik. (a) dan Anda sampai ke temp at kerja Anda karena mobil tersebut dalam waktu singkat (a). Anda tersenyum kepada mereka Bagaimana Merealisasikan Undang-Undang Efektifitas dan berkata. Anda Yaitu undang-undang efektifitas yang seimbang antara bangun dari tidur tanpa sedikit pun memikirkannya. Anda bangun agak kesiangan dari Yaitu keseimbangan antara apa yang dicari sekarang biasanya. Bahkan jika ada Efektifitas = (a) produksi x (aa) alat memproduksi seseorang yang menanyakan tentang mobil Anda. Akan tetapi. bilaAnda memeliharajuga menjaga alat. yaitu: 1. dan di waktu yang sama Anda memproduksi harus Anda perhatikan saat berinteraksi dengan undang- dengan cara yang baik." Pagi hari ini. itulah efektifitas. "Saya punya mobil (aa) dan insya Allah saya (KeseimbanganAntara al aa) dalam Kehidupan Rita? akan sampai tepat pada waktu rapat (a). sedang efektifitas adalah Anda mengerjakan sesuatu yang benar (doing the right things). 202 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 203 . undang ini. tahu Anda sangat disiplin. "Mobilsaya kebahagiaan (dalam hidup) ini hebat sekali. terkadang Anda menjawab dengan bangganya. 3.

"Baguskan makananmu. juga pernah bersabda. dan lain-lain. tapi hari ini mobil itu t. lalu mobil Anda ke bengkel untuk servis rutin (aa). sesungguhnya kita berusaha Sesungguhnya efektifitas itu adalah (a)x(aa). maka me sin itu akan panas "Tubuh siapa saja yang tumbuh dari (makanan) haram. tiba-tiba bibir Anda berucap." (aa) Rasulullah s. tapi tanpa efektifitas. Anda seperti petani yang menyembelih bebeknya sangat berbahaya. terkadang harus mengalahkan/merugikan diri Anda Ketika Anda menggunakan alat-alat rumah tangga." (aa) Anda seperti petani yang menyembelih bebek untuk Sesungguhnya perhatian Anda untuk mendapatkan mendapatkan telur emas sekaligus. Waspadalah. Ketika kita melakukan itu. I. sendiri (aa).a unt. semau Anda tanpa bertelur emas. hanya demi menghasilkan produk lebih niscaya kamu akan menjadi orang yang doanya selalu besar untuk menutupi kewajiban Anda atau untuk dikabulkan." Kedua: Sumber Finansial Ketika Anda mengoperasikan mobillebih dari Alat produksi di sini (aa) bukan mesin dari besi. harta (a). tak bisa beroperasi lagi. maka atau lemari es.w. misalnya Anda meletakkan Bau apa ini? Mobil tidak bisa berjalan. "Berapa kali Anda Ketika Anda menghidupkan mesin di pabrik Anda lebih melanggar prinsip untuk mendapatkan harta (a)?" Padahal dari kemampuan maksimalnya dan melalaikan Rasulullah s. mogokl saat itu Anda makanan yang masih panas di dalam lemari es atau Anda baru sadar bahwa sudah sekian lama Anda tidak membawa memasukkan pakaian yang banyak di dalam mesin cuci.mantapnya. Saya katakan kepada Anda. jangan sampai Anda menjadi bebek seperti mesin cuci.a. Maka.uk di mana kita bisa mendapatl~an kebahagiaan? mendapatkan hasil.a.w. yaitu Anda sendiri.idak bisa menyembelih bebek bertelur emas. untul~ menuju kesuksesan. 204 I Indahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 205 . pemeliharaannya. "Suara apa ini? merujuk pada aturan pemakaian. mobil kemampuannya. tapi lebih penting dan lebih berbahaya. menghasilkan keuntungan lebih. api dan akhirnya rusak. bekerja (aa). sering kita merusak modallsumber materi yang berharga. neraka lebihpantas untuknya. Memang alat-alat itu rusak. Ketahuilah. lemari es. "Dalam usaha kit. maka ketahuilah Anda seperti petani yang benar mobil itu hebat (a). tanpa memperhatikan kondisinya. pernah bersabda. yang bisa bertelur emas. bahkan ketahuilah. Coba tanya kepada diri Anda. sebab akhirnya Anda akan disembelih.

w."40 beberapa ketentuan dan kaidah yang harus kita patuhi.......w. maka yang didapatkan Ar-Rum:21) adalah kesuksesan yang tidak berlangsung lama. . sebab Dialah bahagia dengan harta tersebut.. dan dijadikanNya di an tara kalian rasa kasih kejujuran dalam berinteraksi atau bergaul dan tidak ada dan sayang. Sesungguhnya. kepadaAllah s.. Jawab: Hubungan Emas Bebek Telur EfektifitasSupaya dalamdan Kasih Kehidupan sayang kalian Suami dan cenderung Istrimerasa tenteram a kepadanya Sekarang di mana bebek dan telur emas dalam aa hubungan kita dengan istri... sendiri.berfirman.t. a maka yang didapatkan adalah kesuksesan yang akan berlangsung lama dan nikmatnya kesuksesan serta kebahagiaan pun akan dirasakan. Dengan istri agar kita sampai kepada efektifitas adalah kemampuan untuk Apakah telurnya dan apakah bebeknya? bekerja. Binasalah dan celakalah dia.. Jika tidak demikian...a. aa atau seperti memelihara dengan baik bebek bertelur emas.. Modal/sumber materi terpenting yang harus kita pelihara A.. pada yang demikian itu benar- keinginan kuat dalam berhubungan. Allah Ketiga: Sumber Kemanusiaan S.W.. Jika kita ingin mengenal hubungan suami iteri.... silakan isi tabel berikut: Tapijika dilandaskan pada prinsip keseimbangan (ala) Efektifitas Telur Bebek dalam Kehidupan Suami Istri .. " (QS.. "Binasalah hamba dinar. dengarlah yang menciptakan kita dan memerintahkan kita untuk sabda Rasulullah s... atau bukan hubungan benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir..t. "Dan di antara tanda-tanda kekuasaanNya Kadang saya mengartikan sumber kemanusian dengan ialah Dia menciptakan untuk kalian istri-istri dari jenis kalian seni komunikasi atau seni berinteraksi dengan orang lain. hamba menjalin hubungan tersebut. yang berdasarkan pada prinsip-prinsip. seandainya di sana tidak ada kepadanya. supaya kalian cenderung dan merasa tenteram Tapi terlepas dari sem ua itu. SetelahAnda memahami ayat ini. Dia juga yang membuat dirham dan hamba pakaian. anak. ke mana tapi yang menj adi sasaran adalah kita dapat menikmati dan kita harus bertanya? Benar.. dan orang-orang yang bekerja dengan kita? 206 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 207 • • .. Oleh karena itu... bukan harta yang menjadi sasaran (a)...

mereka lumpuhnya hubungan suami istri? (anak-anak) adalah bebek (aa) dan telur emasnya (a) adalah J awabanya adalah karena Anda tidak memelihara dan apa yang kita inginkan dari mereka. dan mereka melihat hal itu dengan (istri-istri) secara patut. padahal Allah menjadikan padanya memperhatikan bebek (anak-anak)? kebaikan yang banyak. anugerahkan kepada kami istri-istri kami Kalau memang demikian." (QS. berfirman. merasakan kebahagiaan? Kenapa keadaan Anda di rumah AI-Furqan: 74) seperti petugas pemadam kebakaran yang putus asa. Suka memerintah/menguasai: Anda ingin memotong hubungan suami istri. Dengan anak-anak Anda? Apa posisi anak-anak dalam kebahagiaan? Perhatikan Jika pasangan mendengarkan perkataan Anda. r Tidakkah Anda merasakan hal tersebut di dalam rumah B. 'Ya Tuhan kami. (QS. Anda berkata.t. Kemudian bila kalian tidak menyukai penuh ketakjuban (a).. menyala api lainnya? kebahagiaan lain yang lebih besar dari itu? Kenapa perang dingin hampir saja mengakibatkan Dalam undang-undang keseimbangan (a/aa).sedangkan Anda lebih kuat. rumah tenteram dan tidak untuk mereka? ada problem. kenapa Anda tidak dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami). firman Allah s. saat Anda memperhatikan bebek (aa). berfirman.w.w.An-Nisa·: 19) Mungkin Anda atau Anda dan istri Arlda termasuk dari lnilah keseimbangan (a/aa) (tenteram/kasih sayang). tidak melaksanakan apa yang duduk bersama orang lain.tentang mereka dan apa sebutan Allah menunaikan segala hak-hakAnda. "Anak saya sangat diinginkan Allah ada di antara kalian. Allah s.Akan tetapi. Di antaranya.W. maka Anda telah mewujudkan ketenteraman.t. Anda telah mendapatkan telur emas. setiap Keturunan adalah penyenang hati dan adakah makna kali dapat memadamkan satu api. "Dan bergaullahdengan mereka Anda bersama orang lain. rangking dan mereka (maka bersabarlah) karena mungkin kalian tidak sukses (a). jalan untuk segera sampai kepada tujuan Anda.. Mereka sekarang masih kecil. "Dan orang-orang yang berkata. apakahAnda sudah memelihara dan menyukai sesuatu. atau ciuman di tangan Anda dari anak-anak saat (aa). yaitu kasih dan sayang sopan" (a). . lebih pintar 208 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 209 -------~-------------- . dua macam orangtua berikut ini: lnilah nikmatnya sebuah kesuksesan dan inilah kebahagiaan 1.t.Allahs. atau disiplin di sekolah.

menghasilkan 2. Pengalamannya bersama Anda (orangtua) menguasai. baik Anda suka memerintah atau bersikap lapang penyesalan mengalir tidak henti-hentinya. sedang Anda menghancurkan Dan anggap saja Anda ingin dia sendiri yang semuajembatan yang mengantarkannya ke fase pertumbuhan membersihkannya (aa) = Kemampuan untuk memproduksil berikutnya. dengan mereka dan selalu memenuhi permintaan mereka. tapi di dalam diri mereka masih kanak -kanak. kenapa tidak memerintah Contoh: mereka saja. dan melakukan apa saja untuk menghasilkan lndikasi adanya penyakit pada fase mendekati balig telur emas. Anda kerelaan. jika Anda hanya memperhatikan produksilhasil -¢. Tidak disiplin Tapi. -¢. yang mungkin dalam usaha ituAnda menendang -¢. berdiri di atas keseimbangan (a/aa). Kenapa fase kanak-kanak sebagai berikut: demikian? Karena Anda memelihara dan memperhatikannya -¢. maka Anda -¢. Tidak memiliki rasa tanggung jawab serta bersikap seimbang dalam bergaul dengannya. mengancam. Dia seperti membiarkan bebek sakit (aa). Jika hubungan Anda dengan anak perempuan Anda itu Mereka besar. dada 210 I Indahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 211 .menghina. -¢. dan sangat rapuh. mendapatkannya melakukan pekerjaan itu dengan penuh Hati-hati! Demi mendapatkan telur em as (a). yaitu independence (kebebasan). Sekalipun Anda mendapatkan telur emas. anak perempuanAnda adalah bebek atau modal mendapatkan telur emas dengan tenang. Hilangnya kepercayaan dalam memilih yang terbaik (a)-yakni kamarnya harus bersih-Anda berteriak. mereka sangat suka meniru/ bersih (a) = produksilhasil atau telur emas mengikuti. berteriak di hadapan mereka dan bersikap keras? Anggap saja Anda ingin kamar anak perempuan Anda Hati-hati! Pada fase ini. lndikasi adanya penyakit pada bebek berharga yang dapat menghasilkan telur emas. Dia akan berkomitmen dan berdisiplin. Kehilangan unit-unit pembentukan kepribadian akan menimbulkan gangguan pada kesehatan bebek. tapi air mata nya. Bersikap lapang dada: Anda ingin dicintai. maka Anda akan tidak berkembang. Anda ingin Maka. Anda senang atau sumber kemanusiaan yang menghasilkan telur.dan berada dalam kebenaran. Kriris dan memaksanya dengan kedua belah kakiAnda.

hendaklah Anda berusaha berjalan di depan mereka. MungkinAnda bisa mempekerjakan punggungnya. Dari merekalah saya melakukan berbagai cara yang baik mendapatkan penghasilan.Bagaimana saya mengatasi para pegawai yang malas? Jadi ingatlah. dalam perjalanan mereka Gantungkan saran ini di dinding kantor Anda yang letaknya C. para pegawai Anda mempersembahkan + Lemparkan saja bom kepada mereka (metode memperbaiki atau membuang sama sekali) apa yang terbaik milik mereka: Hati dan akal mereka. atau pembeli saya. ikhlaskan saja. • Seni menyampaikan nasihat . mendengarkan curhatnya mengambil upah atau gaji dari saya. keahlian dan kecerdasannya. Baik Anda pemimpin ataupun bawahan. bagaimana Anda bergaul dengan orang di sekitar tapiAnda tidak bisa memberi upah ke hatinya.Tapi mereka pegawai Anda yang membawa penghasilan itu kepada Anda. . anak-anak? pergilah!" • Latihan terus-menerus tanpa bosan untuk + Bagaimana mung kin itu saya lakukan? Mereka adalah langganan. klien. klien. bagaimana menjaga dan memperhatikan atau pembeli Anda dan mengusung slogan "Jika tidak suka. Mereka bekerja untuk saya dan mereka • Caranya. tapi mereka memperlakukan para pegawai Anda sebagaimana Anda ingin menginginkan sahabat yang berjalan bersama mereka memperlakukan pelanggan atau klien istimewa Anda. 212 I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 213 - . Dengan orang-orang yang bekerja bersama kita tepat di hadapan Anda. kebaikan. dan harapannya. dan baca saran ini sebelum Anda memanggil salah seorang pegawai Anda. loyalitas.Kenapa Anda tidak melakukan itu pada langganan. Sekarang. baik bekerja sendiri demi fin an sial at au bekerja bersama-sama demi Mungkin Anda bisa memberi upah ke tangan seseorang. Sebab di dalam akalnya dari dalam diri Anda): tersimp an kreatifitas. • Hubungan/komunikasi terus-menerus dengan berbagai seninya.Kalau begitu. tapi Anda Coba dengarkan dialog ini (saya kira inijuga terdengar tidak bisa mempekerjakan akalnya. Sebab di dalam Anda? hatinya tersimpan semangat. • Mereka tidak menginginkan pemimpin yang Saya sarankan. khususnya yang bersifat fisik . • Saling terikat meski dipisahkan oleh jarak- Memahami isi hati + Tidak sama. .

kematangan yang diwujudkan oleh hubungan dengan anak yang menjadikannya mau berdisiplin kebiasaan-kebiasaan itu adalahjalan utama efektifitas dan tanpa paksaan atau teriakan. Ketika kebiasaan-kebiasaan itu menjadi bagian dari kebiasaan me-manage diri dan kebiasaan berinteraksi kepribadian Anda. ini." (QS. yang jangka waktunya pendek dengan yang jangka Bukankah beriman dan mengerjakan amal saleh adalah waktunya panjang. keseimbangan antara telur emas (hasil/produksi) cahaya surah al-'Ashr. dan mempunyai kemauan sendiri. sampai bukan hanya pada kesuksesan yang jangka waktunya Ingat Kebiasaan Kesuksesan pendek. paparkan kepada Anda di dalam penjelasan sebelumnya. Sesungguhnya manusia itu benar- menghasilkan) biasanya adalah perkara yang sulit. kesabaran? Maha Benar Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Keseimbangan menyeimbangkan antara keinginan Bijaksana. kunci kesuksesan. maka Anda akan mampu: dengan orang lain. realisasi undang-undang keseimbangan. Coba Anda renungkan firman Allah dan kesehatan atau kesenangan bebek (kemampuan untuk s. 1.W. "Demi masa. puncak kebiasaan manajemen diri? Bukankah nasihat- menasihat i agar mentaati kebenaran adalah puncak Keseimbangan menyeimbangkan antara usaha untuk kebiasaan berinteraksi dengan orang lain? Bukankah semua mendapatkan ijazah dan membayar biaya untuk itu memerlukan sikap nasihat -menasihati agar menetapi mendapatkan ilmu pengetahuan. bahkan dengan senang hati. tapi juga yang jangka waktunya panjang.t. dalam memperoleh penyenang hati dan membangun Sesungguhnya. Keseimbangan Itu Sulit Kebiasaan-kebiasaan ini terpancar bersama pancaran Benar. Mengatasi dan memecahkan problem. i supaya mentati kebenaran dan nasihat menasihat i supaya menetapi kesabaran. tapi juga untuk kecuali dari kebiasaan kesuksesan yang telah kami menikmatinya dan sampai pada kebahagiaan. tapi ia benar berada dalam kerugian. kecuali orang-orang yang merupakan inti efektifitas. dan pintu beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihat kebahagiaan. 214 I Indahnya Kesuksesan Indahnya Kesuksesan I 215 ••• • . sehingga kita bisa bertanggung jawab. Al-'Ashr: 1-3) Keseimbangan menyeimbangkan antara apa yang Anda inginkan. Bukan Sesungguhnya efektifitas kesuksesan tidak datang untuk mendapatkan kesuksesan saja.

Dengan kemuliaan dan keagunganNya. dimaksudkan adalah perubahan tingkah laku kita? Ketika Anda melakukan kebiasaan itu di atas nJai Saya mungkin dapat mengubah pergaulan saya dengan moral dan prinsip. dikehendakiNya. Anda akan mendapatkan kesuksesan. Anda akan mendapatkan nikmatnya istri dan anak-anak saya. Allah s. 2.W. tapi agar perubahan ini abadi. Allah tidak mengubah Yang penting bukan perubahan tingkah laku saja. Terus tumbuh dan berkembang serta penuh Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum) dengan keinginan efektifitas. dart itu adalah buah Perubahan bentuk (luar) saja dalam pergaulan kebahagiaan." (QS. "Sesungguhnya. dari prinsip Ketika kebiasaan kesuksesan dan nJai moral itu dan akhlak yang salah kepada prinsip dan akhlak yang menjadi bagian dari kepribadian. yang ada pada diri mereka sendiri.dan mengaitkan antara kehendak perbuatanNya (Sesungguhnya 4. maka harus perubahan yang berawal dari dalam. lalu istri saya mengingatkan dan Langl~ahKesepuluh: Bul~aPintu Perubahan berkata.t. sebab bisa saja saya berteriak di depan anak-anak. apa makna perubahan dan apakah yang kesuksesan. Memanfaatkan kesempatan. tapi apakah benar saya memberikan harapan dalam kehidupan adalah firmanAllah telah mengubah cara pergaulan dengan anak-anak saya? s.t. siapa Allah itu? Dia Yang Maha Kuat penting bukan tidak akan terlambat lagi meski hanya satu lagi Maha Agung dan Maha Melakukan apa yang 216 I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 217 . tapijuga keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan perubahan prinsip. dan perbuatan kita yang lemah ini (sehingga mereka mengubah lngatlah: keadaan yang ada pada diri mereka sendiri) Ketika Anda melatih diri dengan kebiasaan Tapi.W. mendapatkan efektifitas. lni perubahan dalam Sesungguhnya ayat al-Qur'an yang paling banyak sebuah situasi dan tingkah laku. kesuksesan. IIJanganberteriak di depan anak-anak". maka saya pun sadar dan tidak lagi berteriak. Anda akan benar. bukanlah yang dikehendaki. Ar-Rald: 11) Seorang suami yang terlambat pulang kerja. Terus belajar dari pengalaman hidup. yang Tahukah kalian. telah memberikan kunci perubahan dan 3.yang berbunyi.

sebab Anda menghidupkan diri Anda. Akan berhenti pembangunan kehidupan emosional dalam dan kita masing-masing memiliki kuncinya. Anda akan mengenal diri Anda dengan cara menyempurnakan: yang lebih dalam. 218 I Lndahnya Kesuksesan Lndahnya Kesuksesan I 219 . Akan ada tambahan kepercayaan diri yang dapat efektifitas. 6. hubungan baru dan memperbaiki hubungan lama.menit. Ketika Anda membuka pintu perubahan. Anda akan memahami bagaimana menyetrum kesuksesan dapat masuk dan Anda akan mendapatkan kembali baterai Anda. kebiasaan efektifitas. nikmatnya kesuksesan dan akan mengenal makna 8. orang lain. Akan sedikit perhatian Anda dengan pendapat orang maka suami itu akan berusaha tidak terlambat lagi dan akan lain tentang Anda atau membandingkan diri Anda dengan memperlakukan istrinya dengan lebih lembut dan lebih baik. nilai moral Anda dan -¢. Akan datang pelurusan bagi diri Anda dari dalam. lnijuga akan membawa kepada kedamaian diri dan kerelaan terhadapnya.Pertumbuhan Anda akan berkembang dan akan terjadi kuncinya. maka: Bukalah pintu perubahan! Andalah yang memiliki 1. itu. kemampuan Anda. sayangnya terhadap istrinya yang menunggu di rumah. Bukalah pintu perubahan Anda. watak Anda. tapi yang lebih penting adalah perasaan kasih 3. Akan mengganti kebiasaan kekalahan dengan kebahagiaan. keberadaan Anda dan Seandainya. biarkan orang lain bisa memasuki dunia Anda dan pengaruh kuat dalam kepribadian dan hubungan Anda. Sekarang. hati berubah. prinsip dan perasaan yang ada di dalam nilai pribadi Anda. untuk saling menolong dan saling Anda rasakan. sehingga kebiasaan 7. Dengan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. Seandainya seorang suami masih sayang terhadap istrinya. akan bertambah perhatian Anda terhadap pendapat mereka tentang diri mereka dan dengan Mari Buka Pintu Perubahan alam di sekitar mereka. Kita masing-masing menjaga pintu perubahan dari 5. siapapun tidak akan bisa membuka pintu kita dari luar. Selanjutnya. Anda dapat berkeliling bersama mereka dalam dunia 2. maka seluruh tingkahlakujuga akan berubah. Karena Anda di atas kelemahan orang lain. Anda sudah mampu membangun bahkan dengan bujukan yang rasional sekalipun atau lainnya. 4.

~ Dengan memperluas jangkauan dan kemungkinan- kemungkinannya. Anda biasanya hanya akan memperhatikan apa yang sulit didapatkan. bukalah pintu perubahan. Ingat dan jangan lupa.t. sesungguhnyaAllahMahaMendengar lagiMahaMengetahui. AI-Anfal: 53) dengan mereka. Dengan kesabaran. ~ Dengan menambah kekokohan hubungan yang sudah ada. Allah S. dengan car a mendisiplinkan diri dan perubahan tingkah laku negatif yang menghadang kesuksesan kepada tingkah laku positif yang memberikan nikmatnya kesuksesan. kita bertemu lagi dalam kebaikan dan ~ Dengan membangun kembali hubungan yang sudah kebahagiaan. ~ Dengan kemampuan memperngaruhi orang lain tanpa sendiri yang mengubah apa yang ada pada diri mereka. hancur. Bukalah pintu perubahan dan bersihkan pasir yang menutupi jalannya.w. sebab apa yang Anda dapatkan dengan cepat dan mudah biasanya tidak terlalu Anda perhatikan. berfirman. "Yang demikian itu adalah karena sesungguhnyaAllah sekali-kali tidak akan mengubah suatu nikmat yang telah dianugerahkanNya kepada suatu kaum. " ~ Dengan membangun hubungan yang kuat dan positif (QS. dan tekanan dan paksaan. hingga kaum itu 220 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 221 . Insya Allah.

4 Ternan saya bercerita-dia insinyur yang bekerja di sebuah perusahaan 10 FiZhilaIAI-~r'an. tahun 1998 M. juz I. Mereka mengira mereka sedang di internet. 19. An-Nasa'i. orang muslim. tahun 1997 M. 12 HR. Afaq bi La Hudud (Ufuk Tanpa Batas). menipu orang lain. komputer yang cukup besar di Kanada-bahwa dia mendengar banyak 11 HR. dengan judul Al-Adat As-Sab'u LilQadah Al-ldariyin. dan saya bertambah yakin setelah mendengar dari beberapa sumber lain. agama N asrani. Dan itu terkadang tidak ada dalam agama dan hal-hal yang bersifat gaib. hanya pemikiran yang berlandaskan pada fokus-fokus rasional dan latihan- gambaran yang menjelaskan perilaku manusia ketika apa yang di dalam latihan penyucian jiwa. dengan judul 'Adat An-NajahAs- Sab'i. padahal mereka sedang menipu diri mereka sendiri. tahun 1419H. kumpulan kaset dengan tema Seruan Menuju Sukses. . Ahmad. hlm. dan diJerman. Isinya perbincangan dengan Abu Zayid. Dia mempunyai sikap sendiri dalam keberuntungan yang palsu dan semu. Riyadh. aliran ini telah diusir dan dilarang karena menyalahi Petunjuk Generasi Musa Menuju Sukses). 494-757. setelah membaca pernikiran-pemikiran seperti itu. keberuntungan yang hakiki dari orang-orang yang jujur lagi beriman. Tapi. 7 Dr. "Kita tak lagimemerlukan agarnaatau wahyu. mengenai keberuntungan yang menjadi sumber kebahagiaan. Aliran ini merupakan kumpulan beberapa bermaksud menuduh seseorang sebagai munafik. dan terjemahan HisyamAbdullah. Thariq As-Suwaidan. Ad-Dasuqi Ammar. kesuksesanl rancangan jiwa manusia. berkata. pemikiran seperti itu menyatakan bahwa akal manusia mampu membuat kumpulan asas yang dengannya kita bisa hidup dengan jiwa dan masyarakat yang aman. hlm. Aliran pernikiran ini berasal dari seorang bangsawan 9 Pengambilan dalil terhadap sikap orang-orang munafik ini bukan Inggris di akhir abad ke-19M. produksi Qurthubah Record- I Makalah Prof.edisi 14Maret 2002 M. Al-Bukhari. Karena pemikiran. Sakinah Fuad. surat kabar Al-Ahram. Aliran pemikiran ini mempunyai beberapa situs berbeda dengan apa yang di luar.Dalil asy-Syabab Ila an-Najah (Manajemen Diri- Eropa. Dari seorang ternan. Catatal1 Kaki cetakan Muassasah Al-Arabiyah Li Ad-Dirasah Wa An-N asyr-Bairut." 5 Sayamendengarkan berita itu dari kaset Syaikh Aidh al-Qarni. 222 I lndahnva Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 223 . Muhammad At-Tikriti Hasil yang mereka nanti-nantikan ternyata bukan kesuksesanl dalam bukunya. yang berbeda dengan kesuksesanl memaparkan pernikiran ini sehingga dapat lebih rasional dan diterima. 3 Dipersembahkan dalam bahasa Arab oleh Dr. Akan tetapi. cetakan Dar Al-Ma'arif -Kairo. Terdiri dari 6 kaset dengan durasi sepuluh jam setengah. SayyidQuthub. 6 Terjemahan Dr. Saya tahu aliran pernikiran ini te1ahtersebar luas di 8 Idarah adz-Dzat . '3 HR.

baguskanlah akhlakmu terhadap manusia. 1439.8 HR.'Aammah LilIslaam. WIn. Al-Qardhawi. Al-Bukhari. II4. 37 HR. . "Sesungguhnya ada beberapa tanda- tanda kekuasan Allah pada (kisah) Yusuf dan saudara-saudaranya bagi orang-orang yang bertanya. 3° HR. '7 Al-Khashaa'ishAl. . sedang perang Uhud terjadi pada bulan Syawaltahun ke-3 hijriah.a. Ahmad dari Anas Radhiyallahu Anhu. Ibnu Majah. Ahmad. '9 QS.Yordania. WIn. WIn 195- '5 Perang Badar terjadi pada bulan Ramadhan tahun ke-2 hijriah. bab: Hadis Abu Umamah Al-Bahili Ash-Shady bin Ajlan binAmr. Al-An'am:II5. bab: Hadis Tamim Ad-Dari. 38 HR.8 Ibid. 36 HR.'4 HR. DR. Ahmad. WIn. " 33 HR. '9 HR. 3' Al-Iraqi berkata. '5 HR. Ahmad. 'Hai Mu'adz.Maktabah Al-Manar.6 Al-'Aadaat al-Jillsiah Lada al-Mujtama'aat al-Gharbiyah. 4° HR. MuniI Muhammad Al-Ghadhban.6 Al-Manhaj At-tarbawi U As-Siirah An-N abawiyah. Al-Bukhari. Dar At-Tauzi" Wa An-Nasyr Al-Islamiyah.195. '3 Al-Manhaj At-Tarbawi U As-Siirah An-Nabawiyah (At-Tarbiyah Al- Jihadiyah). 34 HR. Muhammad Munir Al-Ghadhban. sementara Al-Baihaqi '0 HR. WIn. Al-Bukhari. Al-Bukhari. 195. 3' Ihyaa'Vluumiddiin. Muslim. bab: FiIman Allah. Ahmad 35 HR. Ali Al-Majdub. Ahmad. '" 224 I lndahnya Kesuksesan lndahnya Kesuksesan I 225 . "DiIiwayatkan oleh Abu Bakar bin Lal dalam Makaaripl Al- Akhlaaq dari hadis riwayat Mu'adz: Rasulullah s." (QS. '4 Ibid. Ahmad. "HR. Malik. tahun 1991M. WIn. '7 HR. "Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi. meriwayatkannya dariJ abir Radhiyallahu Anhu secara marfu'. Al-Bukhari. An-Nasa'i.25. "HR. Al-Baihaqi. . At-Tirmidzi.w bersabda. 39 HR. juz 1WIn. Yusuf: 7) .Al-Iraqi berkata dalam TakhrljAhaadiits Al-Ihyaa'. 70-71.