Bengkulu.

Berikut uraiannya mulai dari rumah adat, pakaian adat, tari-tarian daerah,
senjata tradisional, suku, bahasa dan lagu daerah.

Rumah Rakyat
1. Rumah Adat
Rufnmah adat daerah Bengkulu dinamakan Rumah Rakyat. Rumah Rakyat merupakan
rumah panggung yang terdiri dari 3 kamar yaitu, kamar orang tua, kamar gadis, dan
kamar bujang. Kolong dibawahnya untuk pb venyimpanan kayu dapur dan barang
lainnya. Pada piintu masuk ruang tengah terdapat gambar Buraq, pertanda
ketangguhan hati penduduknya menjalankan agama islam.
Rumah fRakyat terbuat dari kayu meranti dan dilengkapi dengan tangga masuk dari
semen. Pada tiang depan rumah disebalah kiri biasanya terdapat tanduk kerbau. Hal ini
menunjukkan bahwa yang punya runah pernah mengadakan upacara atau pesta
perkawinan. Jumlah tanduk sesuai pula dengan banyaknya upacara atau pesta yang
telah diadakan.

2. Pakaian Ada t

Pakaian adat yang dipakai kaum pria dari daerah Bengkulu adalah mahkota deangan
gunjai-gunjainya (pita) serta baju model jas tertutup. Ia juga memakai kalung
bersusun, kain songket yang melingkar di pinggang dan celana sebatas lutut.

Sedangkan wanitanya memakai baju kurung yang disuji dan berkain songket. Ia juga
memakai mahkota, kalung bersusun serta gelang pada kedua belah tangan. Pakaian ini
dipakai untuk upacara pernikahan.

3. Tari-tarian Daerah Bengkulu

a. Tari Andun dari Bengkulu Selatan ini merupakan sebuah tarian guna menyambut
para tamu yang dihormati.

. Tari Lanan Belek.b. c. Tari adat ini berasal dari Rejang Lebong. Tari Bidadari Teminang Anak. tari ini diangkat berdasarkan cerita rakyat tentang seorang bidadari yang terpaksa tertinggal. dapat pula diartikan bidadari meminang anak. Suatu saat selendangnya ditemukan kembali dan bidadari tersebut kembali pulang meninggalkan si pemuda yang mendendam rindu. karena saat lagi mandi bersama-sama temannya yang lain selendangnya diambil orang.

Keris diperguanakan untuk perang. membela diri. 6. Rejang. Keris adalah senjata tradisional daerah Bengkulu. dan sarung. ulu. Selain dari itu terdapat pula Pedang Kayu Nibung dan Kerambit. Lagu Daerah : Lalan Belek . Dipergunakan untuk berperang. badik. dan perlengkapan upacara adat. Enggano. Diapakai untuk berburu dan sebagai perlengkapan upacara adat. Sekah. bermata satu dengan punggung yang agak tebal. Rudas adalah sejenis pedang yang terdiri dari mata. Senjata Tradisional Keris Bengkulu Senjata tradisional Bengkulu : keris. Sarungnya memakai centalan dan dipakai untuk membela diri dan berburu. dan rudus. Suku : Suku dan marga yang terdapat di daerah Bengkulu adalah Melayu. 5. Kuduk adalah sejenis keris yang berlekuk. Keris yang dianggap keramat atau pemberani. panjangnya 13 jari. dan dipakai oleh kepala adat atau hulubalang. Bahasa Daerah : Melayu.4. membela diri dan kelengkapan pada upacara penobatan datuk (kepala adat). 7. Badik juga sejenis keris dengan bentuk lurus dan bermata satu. Lebong. Rejang Lebong. dan lain-lain. kuduk. Enggano.

Pakaian Adat Bengkulu Baju adat Bengkulu atau disebut dengan Pakaian Adat Melayu Bengkulu terdiri dari pakaian adat Bengkulu untuk pria dan pakaian adat Bengkulu untuk wanita sebagaimana gambar dibawah ini : Pakaian Adat Melayu Bengkulu Baju Adat Bengkulu a. Bahan beludru yang digunakan untuk pembuatan baju kurung umumnya berwarna merah tua. Demikian pula untuk celananya terbuat dari bahan dan warna yang sama. a. sarung. Jas yang digunakan dalam adat Bengkulu biasanya berwarna gelap seperti hitam atau biru tua dan berasal dari kain bermutu tinggi seperti wol atau sejenisnya. alas kaki yang dilengkapi dengan tutup kepala dan sebuah keris. Pakaian Adat Pria Bengkulu Pakaian adat Bengkulu yang dikenakan oleh kaum pria atau baju adat pria Bengkulu terdiri atas jas. biru tua. Pemakaian baju kurung dipadukan dengan sarung songket berhias benang emas atau perak yang terbuat dari bahan sutra. Baju ini memiliki hiasan bertabur corak-corak serta sulaman emas berbentuk lempengan- lempengan bulat seperti uang logam. lembayung atau hitam. Pakaian Adat Wanita Bengkulu Pakaian adat Bengkulu yang dikenakan oleh kaum wanita berupa baju kurung berlengan panjang yang terbuat dari bahan beludru. celana panjang. .

a. sebilah keris dan gelang emas di tangan kanan. merah tua atau biru tua serasi dengan baju pengantin pria Bengkulu. Selain itu terdapat kelengkapan lain berupa mahkota keemasan yang digunakan . Baju pengantin Bengkulu dibuat lebih mewah bagaikan raja dan ratu sehari dirangkai upacara adat pernikahan Bengkulu. Baju Pengantin Bengkulu Selain baju adat Melayu Bengkulu diatas. Sebagai pelengkap busana dikenakankan pula perhiasan kalung bersusun serta mahkota dengan hiasan gunjai-gunjai. b. Baju Pengantin Wanita Bengkulu Baju pengantin wanita Bengkulu terbuat juga dari bahan Beludru hitam. masih terdapat pakaian adat Bengkulu yang biasanya dikenakan oleh pengantin.2. Baju Pengantin Pria Bengkulu Baju pengantin pria Bengkulu terdiri dari pakaian sejenis jas tertutup dari bahan beludru hitam. merah tua atau biru tua yang bertaburkan corak-corak sulaman atau lempeng-lempeng emas dan dipadukan dengan celana sebatas lutut serta kain songket yang dililitkan dibagian pinggang. pemakaian alas kaki beludru dengan corak-corak keemasan.

serta gelang emas pada kedua pergelangan tangan.serta Perhiasan lain yang dikenakan berupa kalung bersusun. LEMA . ikat pinggang. GULAI KEMBA’ANG Gulai Kemba’ang 3. Ditambahkan pula pemakaian alas kaki berupa selop bersulam emas. TEMPOYAK Tempoyak 2. 7 MASAKAN TRADISIONAL DI BENGKULU 1.

KUE TAT Kue tat 6. 7. BAGAR HIU Bagar hiu .5. PENDAP Pendap .