TUGAS FISIKA ZAT PADAT

PENERAPAN SUPERKONDUKTOR DALAM TEKNOLOGI
SUPERKOMPUTER

DISUSUN OLEH

NABILA PUTRI LESTARI (G1B014030)
NI LUH NYSSA DIVANA (G1B014032)
NI WAYAN ATIKA TARI (G1B014033)

PROGRAM STUDI FISIKA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS MATARAM

2017

BAB I

Apakah definisi superkomputer menggunakan bahan superkonduktor? 2. maka penyusun membuat suatu rumusan masalah. PENDAHULUAN Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang makalah ini. yaitu: 1. Bagaimana penggunaan supercomputer? . Bagaimana sistem pada supercomputer? 3.

Karakteristik dari bahan superkonduktor adalah medan magnet dalam superkonduktor bernilai nol dan mengalami efek meissner. .2. akan lebih baik jika terlebih dahulu menjelaskan bagaimana kerja logam konduktor pada umumnya. Hal ini menyebabkan adanya hambatan listrik pada logam konduktor. Resistivitas suatu bahan bernilai nol jika dibawah suhu kritisnya. Artinya superkonduktor dapat menghantarkan arus walaupun tanpa adanya sumber daya tegangan.1.2. Sifat Superkonduktor 2. Medan listrik akan menghamburkan elektron kesegala arah dan menumbuk atom-atom pada kisi. Ketika medan listrik diberikan pada bahan. Sifat Kelistrikan Superkonduktor Sebelum menjelaskan prinsip superkonduktor. elektron akan mendapat percepatan. Bahan logam tersusun dari kisi-kisi basis serta elektron bebas.1. BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. Pengertian Superkonduktor Superkonduktor merupakan bahan material yang memiliki hambatan listrik bernilai nol pada suhu yang sangat rendah. 2.

Sedangkan elektron lainnya menyerap Phonon. maka tidak aka nada medan magnet dalam superkonduktor. Ketika electron melewati kisi.2. Efek ini dinamakan Efek Meissner. Sifat Kemagnetan Superkonduktor Sifat lain dari superkonduktor yaitu bersifat diamagnetisme sempurna. elektron kedua akan mendekati elektron pertama karena gaya tarik dari inti atom-atom kisi lebih besar. .2. Efek yang sama dapat diamati jika medan magnet diberikan pada bahan dalam suhu normal kemudian didinginkan sampai menjadi superkonduktor. Efek ini dapat dijelaskan oleh teori BCS. 2. Gambar 3 Keadaan Superkonduktor Atom Kisi pada logam Jika ada dua buah electron yang melewati kisi. Efek ini dapat dijelaskan dengan istilah Fonons. Pertukaran fonon ini mengakibatkan gaya tarik-menarik antar elektron. Gaya ini melebihi gaya tolak-menolak antar elektron sehingga kedua elektron bergerak berpasangan. Elektron yang mendekati inti atom kisi akan bergetar dan memancarkan fonon. medan magnet akan ditolak. ini yang bermuatan positif menarik elektron yang bermuatan negative dan mengakibatkan elektron bergetar. Ketika elektron pertama pada Cooper Pairs melewati inti atom kisi. Pada suhu kritis. Pasangan ini disebut Cooper Pairs. Hal ini terjadi karena superkonduktor menghasilkan medan magnet dalam bahan yang berlawanan arah dengan medan magnet luar yang diberikan. Gambar 2 Keadaan normal Atom Kisi pada logam Pada bahan superkonduktor terjadi juga interaksi antara elektron dan inti atom. Jika sebuah superkonduktor ditempatkan pada medan magnet. Namun elektron dapat melewati inti tanpa mengalami hambatan dari atom kisi. Pasangan elektron ini akan melalui kisi tanpa gangguan dengan kata lain tanpa hambatan.

Kedua elektron ini berinteraksi melalui deformasi kisi.3.mekanisme interaksi yang tidak langsung ini terjadi ketika satu elektron berinteraksi dengan kisi dan merusaknya. Efek Meissner Ketika superkonduktor ditempatkan di medan magnet luar yang lemah. Teori ini dinamakan teori BCS. Interaksi tarik-menarik antara elektron dapat menyebabkan keadaan dasar terpisah dengan keadaan tereksitasi oleh energi gap. 2. b. c. Elektron kedua memanfaatkan keuntungan dari deformasi kisi. medan magnet akan menembus superkonduktor pada jarak yang sangat kecil dan dinamakan London Penetration Depth.peristiwa ini dinamakan Efek Meissner dan merupakan karakteristik dari superkonduktor. 2. London Penetration Depth merupakan konsekuensi dari teori BCS. Efek Meissner adalah efek dimana superkonduktor menghasilkan medan magnet. Sifat Kuantum Superkonduktor Teori dasar Quantum untuk superkonduktor dirumuskan melalui tulisan Bardeen Cooper dan Schriefer pada tahun 1957.3. Medan magnet ini juga tidak boleh terlalu besar. Pada bahan superkonduktor umumnya London Penetration Depth sekitar 100 nm. d. Gambar 4 Efek Meissner . Ini adalah bentuk lain dari pasangan partikel yang mungkin dengan teori BCS. maka efek meissner ini akan hilang dan material akan kehilangan sifat superkonduktivitasnya. Teori BCS menjelaskan bahwa: a. Teori BCS memprediksi suhu kritis. Interaksi antara elektron. elektron dan kisi menyebabkan adanya energi gap yang diamati. Apabila medan magnetnya terlalu besar. Efek Meissner ini sangat kuat sehingga sebuah magnet dapat melayang karena ditolak oleh superkonduktor. Setelah itu medan magnet bernilai nol.2.

Ketika mencapai suhu kritis tertentu. Suhu dan Medan Magnet Kritis Suhu kritis adalah suhu yang membatasi antara sifat konduktor dan superkonduktor. Jika suhu suatu bahan dinaikkan. Contoh grafik hambatan terhadap suhu pada bahan YBa2Cu3O7 sebagai berikut: Gambar 6 Grafik Hambatan terhadap Suhu Medan magnet kritis adalah batas kuatnya medan magnet sehingga bahan superkonduktor memiliki medan magnet. maka bahan superkonduktor tak akan mengalami efek meissner lagi. Gambar 5 London Penetration Depth 2. maka Phononsakan memecahkan Cooper Pairs dan bahan kembali ke keadaan normal. Jika medan magnet yang diberikan pada bahna suoerkonduktor.4. . maka getaran elektron akan bertambah sehingga banyak fonons yang dipancarkan.

Oleh karena itu. Superkomputer menggunakan beberapa CPU yang tersusun untuk melakukan tugas secara parallel. Pada pembuatan superkomputer menggunakan bahan superkonduktor yang membunyai kemampuan komputasi yang super cepat mencapai ratusan kali padakomponen CPU Pentium Core 2 Duo. Sejarah superkomputer sendiri lumayan simpang siur dan menimbulkan perdebatan disana-sini. dan sebagai perbadingan. Pada kemunculan pertama supercomputer. meski begitu superkomputer biasanya dikhususkan untuk melakukan jenis komputasi dalam bidang tertentu saja. ada yang menyebutkan Antikythera. Ukuran superkomputer yakni rata-rata mencapai 500 meter persegi dalam sebuah ruangan yang “super” besar. bahkan ada yang menyebutkan mesin Charles Babbage dari tahun 1800-an. sebuah perusahaan yang telah memproduksi komputerkomputer tercepat pada saat itu. Selain itu. kemampuan memproses sebuah computer diukur dari berapa banyak operasi per detik (OPS / Operation Per Second) yang dapat dilakukan. informasi yang dikirimkan tidak dapat bergerak melebihi kecepatan . ENIAC 100000 OPS. dirancang oleh Seymour Cray di Control Data Coorporation (CDC).1. dengan kemampuan komputasi yang luar biasa “super”. sampai pada era tahun 1960-an. ketika pengukuran telah berubah dari integer OPS menjadi Floating Point (FLOPS). Superkomputer Superkomputer adalah sebuah komputer yang berada di garis depan kapasitas pengolahan saat ini. BAB III PEMBAHASAN 3. Antara 2 bagian dalam superkomputer. Selain itu juga dipakai system pendingin yang dipasang didalam superkomputer tersebut. tentu saja ukurannya juga “super”. CDC 6600 tercatat dapat memproses mencapai 3 MFLOPS. sebuah superkomputer menghasilkan panas yang besar dalam prosesnya karena harus beroperasi nonstop. sebuah prosesor Intel Core 2 Duo mempunyai kemampuan 5 -25 GFLOPS. dan mesin tercepat ditahun 1950-an. dan kapasitas penyimpanan yang “super” pula. ada yang mengatakan bahwa superkomputer yang pertama adalah mesin Abacus. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960. tentu saja diperlukan pengatur suhu ruangan ditempat superkomputer itu berada. terutama kecepatan perhitungan. tetapi dari banyak sumber yang menyebutkan bahwa sejarah superkomputer dimulai ketika komputer pertama lahir. AN/FSQ-7 mencapai 400000 OPS. sebagai perbandingan. Colossus dapat melakukan hingga 5000 OPS. pernyataan ini didasari fakta bahwa mesin-mesin diatas memang digunakan untuk tujuan komputasi.

Superkomputer saat ini memiliki susunan yang terdiri atas sekelompok MIMD multiprocessors. bahasa dasar kode komputer. jumlah prosesor . dan open source berbasis solusi seperti BeoWulf. yang memfasilitasi pembentukan sebuah supercomputer dari kumpulan workstation atau server biasa. Biasanya superkomputer tidak hanya menggunakan 1 OS. masing-masing prosesor adalah SIMD. seperti MPI dan PVM. contohnya Cray-1 sendiri memiliki 6 OS yang berbeda dan sebagian besar tidak diketahui masyarakat karena merupakan OS khusus yang didesain untuk superkomputer. untuk itulah sebuah superkomputer tiap komponennyadibuat berdekatan sehingga informasi yang dapat terkirim dalam waktu paling tidak puluhan nanodetik. secara umum Fortran dan C menggunakan teknik khusus untuk berbagi data antara node. Sistem Superkomputer Sebuah superkomputer biasanya memiliki sistem operasi yang jauh berbeda dari komputer biasa meskipun menggunakan trade mark OS yang sama. dan sebuah superkomputer modern paling tidak memerlukan waktu 1 -5 mikrodetik untuk mengirim informasi antar CPU.2. VTL. Superkomputer memiliki kinerja yang berbeda-beda. WareWulf. sehingga apabila ada salah satu CPU yang tidak dapat bekerja. Model superkomputer memakai teknik pemrogaman khusus pula untuk mengoptimalkan kecepatannya. Software tools untuk pengolahan terdistribusi termasuk standar API. CPU lain tidak membuang-buang waktu untuk menunggu data dari CPU tersebut. Upaya yang biasanya dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja adalah dengan menjalankannya terus. dan OpenMosix. Gambar 8 Mesin Superkomputer 3. Teknologi seperti Zeroconf (Rendezvous / Bonjour) dapat digunakan untuk membuat kelompok computer ad hoc untuk software khusus seperti aplikasi Apple’s Shake Compositing. cahaya. tergantung pada jumlah multiprocessorsper cluster.

Saat ini IBM tengah mengembangkan Cyclops 64 untuk menciptakan sebuah “superkomputer dalam sebuah chip”. AS. Sebuah multi processing komputer adalah komputer yang beroperasi dalam satu OS dan menggunakan lebih dari 1 CPU dimana aplikasi software tidak bergantung pada jumlah prosesor. pemodelan molekul.759 PFLOPS (sekitar 70000x prosesor Core 2 Duo 1. dan yang sedang diusahakan kini adalah mencapai exascale. dan jumlah simultan instruksi per SIMD prosesor. Militer dan agensi sains adalah salah satu pengguna utama superkomputer.3. simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin. kinerja dalam exaflops yang mana sebesar 1 juta triliun FLOPS. kecepatan superkomputer dihitung dalam FLOPS (Floating Point Operation Per Second) dan digabungkan dengan awalan Si seperti Terra digabungkan menjadi TFLOPS (Terraflops). Erik P. Prosesor SIMD dapat mengeksekusi beberapa instruksi per nano detik. reset iklim (termasuk riset pemanasan global. simulasi peledakan senjata nuklir. Penggunaan Superkomputer Superkomputer digunakan untuk tugas perhitungan intensif seperti prakiraan cuaca.8 GHz keadaan clocking penuh). De Benedictis dari Sandia National Laboratories malah berteori bahwa superkomputer berkecepatan zettaflops (milyar triliun) yang dibutuhkan untuk mencapai penuh model cuaca yang dapat mencakup rentang waktu 2 minggu secara akurat mungkin dibangun sekitar 2030. dan seterusnya. Cray XT5 yang berbasis prosesor AMD Opteron di Laboratorium Nasional Oak Ridge. Jadi dalam hal ini kita tahu: a. Sebuah cluster komputer adalah kumpulan komputer yang saling berhubungan melalui jaringan berkecepatan tinggi. . c. diumumkan sebagai superkomputer operasional tercepat dengan kecapatan pengolahan mencapai 1. Secara umum. dan lain-lain. mengingat kemajuan saat ini superkomputer diramalkan akan mencapai exaflops pada tahun 2019. 3. Petasclae superkomputer dapat memproses 1 – 999 quadrillion (100 triliun) FLOPS. analisikrip. per multiprocessor. Pada 5 November 2009. Sebuah prosesor SIMD mengeksekusi instruksi yang sama pada lebih dari 1 set data pada watu yang sama. setiap computer berjalan dengan OS yang terpisah. b. dan riset fusi nuklir).

Singapore : World Scientific.New York : Marcel Dekker Inc. Khare. M & Pavuna. Neeraj. 1992. DAFTAR PUSTAKA Cryot.org . D. 2003. Introduction to High-Temperature Superconduktor. Introduction to superconductivity and High Tc Materials. Wikipedia.