PAPER I

PENGANTAR GEOFISIKA

GEOTHERMAL

DISUSUN OLEH

KELOMPOK 6

AFRIANI KURNIATUN (G1B014003)
ANNISA EMY HIDAYATUL AINI (G1B014006)
NABILA PUTRI LESTARI (G1B014030)

PROGRAM STUDI FISIKA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS MATARAM

2016

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas
rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan paper geothermal ini
tepat pada waktunya. Shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi
Muhammad SAW yang telah memberikan petunjuk dari alam kegelapan menuju alam
terang benderang seperti apa yang kita rasakan sekarang ini. Alhamdulillah.

Tak lupa pula kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen
pengampu mata kuliah pengantar geofisika yang dengan sabar, tulus dan tidak kenal lelah
dalam membimbing dan mengajari kami demi lancarnya proses pembelajaran yang kami
laksanakan.

Kami menyadari bahwa dalam laporan ini masih terdapat banyak kekurangan
serta masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu kami mengharapkan adanya kritik
dan saran demi perbaikan dan penyempurnaan paper ini. Paper ini disesuaikan
berdasarkan materi-materi yang ada. Paper ini bertujuan agar dapat menambah
pengetahuan mengenai geothermal. Serta dapat memahami nilai-nilai dasar yang
direfleksikan dalam berfikir dan bertindak. Akhir kata, semoga paper ini dapat
bermanfaat bagi kita semua dan bagi pihak yang membutuhkan.

Mataram, September 2016

Penulis

. bahkan sebagai pembangkit listrik. Selain itu. Sekitar 54 % dari potensi panas bumi (geothermal) di dunia terdapat di indonesia. Latar Belakang Sejak zaman paleolithikum manusia telah menggunakan energi panas bumi dalam setiap kegiatan bahkan bangsa romawi menggunakan energi ini untuk menghangatkan ruangan. Panas dapat berpindah secara konduksi. Dengan adanya energi panas bumi (geothermal) ini maka dapat menjadi pengganti tenaga listrik yang menggunakan bahan bakar minyak sehingga dapat menjadi sumber energi alternatif untuk menghemat cadangan minyak nasional. Indonesia memiliki banyak gunung berapi. Penyebaran gunung api di dunia 95% terletak di batas lempeng. Proses konduksi dan konveksi merupakan proses yang sangat dominan di bumi. Melihat potensi tersebut maka perlu adanya perhatian yang lebih dalam upaya pengembangannya. Kemudian pada awal abad ke 19. Geothermal mulai digunakan sebagai pemanas ruangan. Perpindahan panas secara konveksi diikuti dengan perpindahan massa. selain itu panas bumi tidak mencemarkan polusi. penggunaan geothermal secara modern mulai berkembang.namun potensi ini belum dimaksimalkan penggunaannya. Magma yang terkumpul dalam dapur magma dapat naik sebagian melalui zona lemah. konveksi dan radiasi. pemakaian energy dalam kehidupan dapat dimaksimalkan. sehingga memiliki potensi panas bumi yang besar untuk dimanfaatkan sebagai sumber daya alam terbarukan.1. Indonesia memiliki potensi panas bumi yang sangat besar karena menjadi salah satu negara yang dilewati oleh cincin api (ring of fire). Sehingga dengan demikian. Panas bumi (geothermal) memiliki peranan penting dalam dinamika bumi atau proses yang terjadi di bumi. Panas bumi (geothermal) dapat ditemukan pada kedalaman 100-300 km di bawah permukaan bumi. Perpindahan panas secara konduksi disebabkan interaksi atomik atau molekul penyusun bahan tersebut dalam mantel. BAB I PENDAHULUAN 1. suhu pada mantel bumi dapat melelehkan batuan dan membentuk magma yang cair. Pada era ini panas bumi (geothermal) mulai menjadi perhatian dunia karena energi yang dihasilkan dapat dikonversi menjadi energi listrik.

Bagaimana proses terbentuknya panas bumi (geothermal)? c. Tujuan Adapun tujuan dari penulisan paper ini adalah untuk memberikan tambahan pengetahuan tentang energi panas bumi (geothermal) yang dapat menjadi salah satu energi alternatif yang dapat digunakan sebagai sumber pembangkit listrik sehingga dapat dimanfaatkan dalam kehidupan manusia. Apa saja jenis-jenis sistem energi panas bumi (geothermal)? d. Apa dampak positif dan negative dari pemanfaatan energi panas bumi (geothermal)? 1. maka dapat dirumuskan beberapa rumusan masalah adalah sebagai berikut a. Rumusan Masalah Berdasarkan apa yang telah diuraikan diatas. Bagaimana potensi panas bumi di Indonesia khususnya NTB? f. Apa yang dimaksud dengan panas bumi (geothermal)? b. Apa saja jenis-jenis energy panas bumi (geothermal)? e. Bagaimana pemanfaatan energi panas numi (geothermal)? g.2.3.1. .

uap air. maka lempengan tersebut hancur meleleh dan memiliki temperatur yang tinggi seperti ditunjukkan oleh gambar (1) Gambar (1) proses magmatisasi karena tumbukan lempeng Sistem panas bumi pada dasarnya terjadi karena adanya perpindahan panas yang terjadi secara konveksi dan konduksi. Konduktivitas terjadi akibat adanya perbedaan panas antara pusat dan permukaan bumi. energi panas bumi mulai dikembangkan sebagai energi alternatif. BAB II PEMBAHASAN Geothermal berasal dari bahasa Yunani yaitu geo (bumi) dan therme (panas). Proses Terbentuknya Energi Panas Bumi Panas bumi merupakan sumber energi panas yang terkandung di dalam air panas. sedangkan secara konveksi terjadi karena interaksi air dengan suatu sumber panas. karena itu panas bumi (geothermal) merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui. Magma ini terbentuk karena adanya tumbukan antar lempeng. Sistem panas bumi memiliki energi yang lebih besar jika dibandingkan dengan minyak dan gas bumi. Karena panas di dalam astenosfer yang panas akibat gesekan.1. Energi panas bumi sendiri dapat berupa uap atau air panas. Geothermal dihasilkan pada bagian inti bumi yang berjarak sekitar 4000 mil dari bawah permukaan. Maka dari itu. dan batuan bersama mineral dan gas lainnya yang secara genetik semuanya tidak dapat . lempeng- lempeng ini bergerak secara perlahan-lahan dan menerus. Jadi geothermal dapat diartikan sebagai panas yang berasal dari bumi. Secara sederhana panas bumi merupakan panas yang dipindahkan dari dalam bumi. Perpindahan panas secara konduksi terjadi melalui batuan. 2. Geothermal ini berasal dari intrusi magma yang menerobos ke permukaan.

Ketika air mencapai sumber panas (heat source). energi yang dihasilkan bias mencapai 50.dipisahkan dalam suatu sistem panas bumi. Selain itu. panas bumi (geothermal) juga diduga berasal dari beberapa fenomena yaitu : a) Peluruhan elemen radioaktif di bawah permukaan bumi.000 kali dari jumlah energi seluruh cadangan minyak bumi dan gas alam yang masih tersedia. b) Panas yang dilepaskan oleh logam-logam berat karena terkubur di bawah permukaan bumi. Panas bumi merupakan sumber energi panas yang terbentuk secara alami di bawah permukaan bumi. Gambar (2) model konseptual panas bumi Selain sumber panas bumi diatas terdapat juga sumber lain seperti pada gambar (2) yang memperlihatkan konsep panas bumi seperti rekahan dan patahan yang ada di permukaan membuat air dapat mengalir melalui celah-celah batuan. Sumber energi tersebut berasal dari pemanasan air dan batuan bersama unsur-unsur lain yang tersimpan di bawah permukaan bumi. Pada kedalaman 10. maka air akan menguap sebagian dan sebagiannya lagi akan tetap menjadi air dengan suhu yang tinggi. Reaksi nuklir yang sampai saat ini masih terjadi di matahari dan bintang-bintang yang tersebar. Reaksi ini menghasilkan panas hingga jutaan derajat celcius. Energi panas bumi selain itu juga berasal dari aktivitas tektonik dia dalam bumi yang terjadi sejak penciptaan bumi. Panas yang berasal dari dalam bumi dihasilkan dari reaksi peluruhan unsur-unsur radioaktif seperti uranium dan potassium. c) Efek elektromagnetik yang dipengaruhinoleh medan magnet bumi. Panas ini juga berasal dari panas matahari yang diserap oleh permukaan bumi.000 meter. Air panas ini mentransfer panas ke batuan sekitar dengan proses .

Manifestasi permukaan adalah tanda-tanda alam yang nampak dipermukaan tanah sebagaipetunjuk awal adanya aktifitas panasbumi dibawah permukaan tanah. dan apabila terdapat saluran penghubung ke permukaan maka uap tersebut akan mengalir keluar. inilah yang dimanfaatkan untuk memutar turbin sehingga dapat dihasilkan energi listrik. Model Geologi Energi Panas Bumi Kondisi geologi sumber-sumber energi panas bumi yang telah ditemukan di dunia saat ini sangat beragam.konveksi. batuan reservoir. Ketika temperatur meningkat maka akan menyebabkan bertambahnya volume dan juga tekanan. lapisan penutup. Uap hasil penguapan air tersebut akan tetap di dalam tanah jika tidak ada saluran yang menghubungkan daerah tempat keberadaan uap dengan permukaan. Namun menurut Marini (2001). secara garis besar bisa dikelompokan ke dalam dua model geologi daerah panas bumi. Uap yang mengalir dengan cepat memiliki entalpi.2. Ada 4 macam fluida panasbumi menurut asal-usulnya (Nicholson. Dapat dikatakan bahwa ketika ada manifestasi permukaan maka terdapat sistem panas bumi (geothermal) di bawah permukaannya. 1993) yaitu 1) Air tanah yang berasal dari air hujan (meteoric water) 2) fluida yang berasal dari magma itu sendiri yang disebut sebagai magmatic fluid 3) air "fosil" atau air yang terperangkap pada saat pengendapan batuan-batuan sedimen 4) air metamorfik atau air yang dikeluarkan pada proses metamorfisme batuan 2. Air panas tersebut akan menekan batuan untuk mencari celah dan melepaskan tekanan. yaitu:  sistem magmatik volkanik aktif  sistem selain magmatik volkanik aktif Daerah panas bumi bertemperatur tinggi (lebih dari 180 ◦C) yang bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik. Uap yang terkurung ini memiliki nilai tekanan yang tinggi. keberadaan struktur geologi. dan daerah resapan. pemanfaatan energi panasbumi untuk pemanfaatan-langsung (direct use) bisa diperoleh dari kedua sistem tersebut. Air tersebut akan keluar sebagai manifestasi permukaan. . Karena tekanan air ini lebih tinggi daripada permukaan maka air akan bergerak naik. Air merupakan komponen yang penting dalam sistem panas bumi (geothermal). Sementara.Secara garis besar sistem panas bumi (geothermal) ditandai oleh adanya sumber panas (heat source). sebagian besar terdapat pada sistem magmatik volkanik aktif.

Sistem hidrotermal mempunyai temperatur yang tinggi (>225ºC). Sistem ini terdiri atas sumber panas. 2. Pada sistem ini jarang ditemukan fluida meteoric. Jenis-jenis Sistem Energi Panas Bumi Energi panas bumi atau energi geothermal terdapat di bumi dalam berbagai bentuk. yang melibatkan fluida meteoric. reservoir dengan fluida panas. lempeng samudra menunjam ke bawah lempeng benua. Akibat tumbukan antara lempeng samudra (oceanic crust) dan lempeng benua (continen-tal crust). merupakan proses transfer panas dari sumber ke permukaan secara konveksi. . b) Sistem vulkanik.3. daerah resapan dan daerah rembesan panas berupa manifestasi. Temperatur tinggi di kerak bumi menyebabkan lempeng samudra meleleh. Sumber daya panas bumi terdiri dari 3 jenis yaitu a) sistem hidrotermal. Lokasi lelehan (zone of partial melting) tersebut diperkirakan berada pada kedalaman 100 km dari permukaan bumi diantara kerak bumi dan bagian luar mantel bumi. 2008) Sistem magmatik volkanik aktif yang bertemperatur tinggi umumnya terdapat di sekitar pertemuan antara lempeng samudra dan lempeng benua.Gambar (3): Peta sebaran daerah volkanik aktif di Indonesia dan zona tumbukan lempeng benua Eurasia dan Indo-Australia (Hochstein and Sudarman. merupakan proses transfer panas dari dapur magma ke permukaan secara konveksi fluida magma. Densitas lelehan biasanya lebih rendah dari sumber asalnya sehingga lelehan tersebut cenderung bergerak naik ke atas menjadi magma.

air panas. Temperatur suatu sistem panas bumi dibedakan menjadi tiga oleh Hochstein (1990) berdasarkan temperatur reservoir. yaitu  Tinggi (temperatur reservoir lebih tinggi dari 225º)  Sedang/intermediet (temperatur reservoir 125º hingga 225º)  Rendah (temperatur reservoir lebih rendah dari 125º) 2. a) Energi Panas Bumi Uap Basah Pemanfaatan energi panas bumi yang ideal adalah bila panas bumi yang keluar dari perut bumi berupa uap kering. Namun uap kering yang demikian ini jarang ditemukan termasuk di Indonesia dan pada umumnya uap yang keluar berupa uap basah yang mengandung sejumlah air yang harus dipisahkan terlebih dulu sebelum digunakan untuk menggerakkan turbin. sehingga dapat digunakan langsung untuk menggerakkan turbin generator listrik. Uap basah yang keluar dari perut bumi pada mulanya berupa air panas bertekanan tinggi yang .4. merupakan kombinasi dari dua sistem sebelumnya yang diwakili dengan fluida magmatic yang naik kemudian bercampur dengan fluida meteoric. Sejauh ini ketiga jenis panas bumi ini belum dimanfaatkan secara maksimal. Jenis sumber energi panas bumi dalam bentuk uap basah agar dapat dimanfaatkan maka terlebih dahulu harus dilakukan pemisahan terhadap kandungan airnya sebelum digunakan untuk menggerakan turbin. Jenis-jenis Energi Panas Bumi Energi panas bumi yang ada di Indonesia pada saat ini dikelompokkan menjadi tiga yaitu uap basah. dan batuan panas. c) Sistem vulkanik-hidrotermal.

pada saat menjelang permukaan bumi terpisah menjadi kira-kira 20 % uap dan 80 % air. . Uap yang telah dipisahkan dari air diteruskan ke turbin untuk menggerakkan generator listrik. digunakan sistem biner (dua buah sistem utama) yaitu wadah air panas sebagai sistem primemya dan sistem sekundernya berupa alat penukar panas (heat exchanger) yang akan menghasilkan uap untuk menggerakkan turbin. Atas dasar ini maka untuk dapat memanfaatkan jenis uap basah ini diperlukan separator untuk memisahkan antara uap dan air. Energi panas bumi “uap panas” bersifat korosif. Karena banyaknya kandungan mineral ini. maka air panas tidak dapat digunakan langsung sebab dapat menimbulkan penyumbatan pada pipa-pipa sistim pembangkit tenaga listrik. b) Energi Panas Bumi Air Panas Air panas yang keluar dari perut bumi pada umumnya berupa air asin panas yang disebut “brine” dan mengandung banyak mineral. sehingga biaya awal pemanfaatannya lebih besar dibandingkan dengan energi panas bumi jenis lainnya. Untuk dapat memanfaatkan energi panas bumi jenis ini. sedangkan airnya disuntikkan kembali ke dalam bumi untuk menjaga keseimbangan air dalam tanah.

dan Sumatera. 76 . Kegiatan eksplorasi panas bumi di Indonesia baru dilakukan secara luas pada tahun 1972. Energi panas bumi ini harus diambil sendiri dengan cara menyuntikkan air ke dalam batuan panas dan dibiarkan menjadi uap panas. 2. c) Energi Panas bumi Batuan Panas Energi panas bumi jenis ketiga berupa batuan panas yang ada dalam perut bumi terjadi akibat berkontak dengan sumber panas bumi (magma). 84 prospek di Sumatera. sehingga untuk memanfaatkannya perlu teknik pengeboran khusus yang memerlukan biaya cukup tinggi. kemudian diusahakan untuk dapat diambil kembali sebagai uap panas untuk menggerakkan turbin. Dari hasil survey berhasil ditemukan 256 prospek panas bumi yaitu.5. daerah yang dilalui oleh jalur tersebut yaitu Sulawesi Utara. dimana gempa bumi dan gunung berapi terkonsentrasi. Menurut PT. Nilai tersebut setara dengan 200 Milyar barel minyak. Sehingga diperkirakan total kapasitas panas bumi Indonesia jika dikonversi menjadi energi listrik adalah sebesar 28.Pertamina Geothermal Energy Indonesia memiliki 40% dari seluruh potensi panas bumi dunia. dengan bantuan pemerintah Perancis dan New Zealand melakukan survey pendahuluan di seluruh wilayah Indonesia. yaitu daerah yang disebut Ring Of Fire yang mengelilingi Samudera Pasifik. Nusa Tenggara.994 MWe. Indonesia termasuk dalam jalur Ring Of Fire. Direktorat Vulkanologi dan Pertamina. Potensi Panas Bumi Di Indonesia Sumber energi panas bumi paling aktif ditemukan disepanjang batas lempeng utama. Jawa. Sumber batuan panas pada umumnya terletak jauh di dalam perut bumi.

dan suhu bawah permukaan sekitar 150-200℃. Pada ketiga daerah tersebut memiliki manifestasi yang berbeda. Pemanfaatan Energi Panas Bumi Secara umum pemanfaatan energi panas bumi dapat dibagi menjadi 3 yaitu. 2. 21 prospek di Nusa Tenggara. Dimana yang dimaksud alterasi disini adalah mineral pada tubuh batuan yang diakibatkan oleh adanya reaksi batuan dengan batuan magma. Tumbukan antara lempeng India-Australia di sebelah selatan dan lempeng Eurasia di sebelah utara menghasilkan zona penunjaman di kedalaman 160-210 km di bawah pulau Jawa-Nusa Tenggara dan di kedalaman 100 km di bawah pulau Sumatera. lempeng pasifik. hanya beberapa diantarannya yang bertemperatur 150-225℃. penggunaan panas bumi (geothermal) secara langsung. 5 prospek di Kalimantan. 51 prospek di Sulawesi. 15 prospek di Maluku. sedangkan reservoir panas bumi di Sumatera terdapat dalam batuan sedimen dan lebih dangkal. Total potensi panas bumi pada ketiga daerah tersebut adalah 144 MWe.6. prospek di Jawa. lempeng India-Australia dan lempeng Eurasia. Solfatar adalah fumarol yang mengeluarkan gas-gas oksida belerang. Potensi panas bumi di NTB berpusat pada tiga daerah yaitu di Sembalun Kabupaten Lombok Timur. sebagai pembangkit listrik. Lapangan panas bumi Maronge memiliki manifestasi berupa lapangan solfatar. fumarol. Maronge Kabupaten Sumbawa. Lapangan panas bumi sembalun memiliki manifestasi berupa air panas dan alterasi. Fumarole adalah lubang di dalam kerak bumi yang mengeluarkan uap dan gas. Pada kedalaman yang lebih besar jenis magma yang dihasilkan akan lebih bersifat basa dan lebih cair dengan kandungan gas magmatic yang lebih tinggi sehingga menghasilkan erupsi gunung api yang lebih kuat yang pada akhirnya menghasilkan endapan vulkanik. Manifestasi air panas berada pada bagian luar kaldera batuan lava sedangkan alterasi berada pada bagian dalam kaldera (fitur vulkanik datusan vulkanik). reservoir panas bumi di pulau Jawa umumnya lebih dalam dan menempati batuan vulkanik. dan 3 prospek di Irian. Sistem panas bumi di Indonesia umumnya merupakan sistem hydrothermal dengan temperature diatas 225℃. Oleh karena itu. dan Hu’u Kabupaten Dompu. air panas permukaan dengan suhu 35-86℃. Karena perbedaan kedalaman maka jenis magma yang dihasilkan berbeda. dan pemanfaatan . Terjadinya sumber panas bumi di Indonesia dikarenakan adanya interaksi tiga lempeng yaitu.

chiller. Berikut ini adalah beberapa pemanfaatan energi panas bumi (geothermal) a) Pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Pemanfaatan energi panas bumi untuk pembangkit listrik secara garis besar dilakukan dengan cara melihat resource dari panas bumi. heat exchanger. jika yang dihasilkan panas bumi tersebut berupa air panas maka air panas tersebut harus diubah terlebih dahulu menjadi uap air. yaitu terdiri dari generator. Pembangkit yang digunakan untuk meng-konversi fluida geothermal menjadi tenaga listrik secara umum mempunyai komponen yang sama dengan power plants lain yang bukan berbasis geothermal. turbin sebagai penggerak generator. Apabila suatu daerah memiliki panas bumi yang mengeluarkan uap air. yaitu : 1) Dry Steam Power Plants (Pembangkit Daya Uap Kering) . pompa. pembangkit listrik tenaga panas bumi adalah pembangkit energi mandiri. maka uap air tersebut langsung dapat digunakan sebagai pemutar turbin pembangkit listrik untuk menghasilkan energi listrik. Namun.panas bumi (geothermal) untuk pompa panas. dan sebagainya. Saat ini terdapat tiga teknologi panas bumi yang digunakan untuk mengkonversi panas bumi menjadi energi listrik.

Italia. California Utara. pada 1904 dimana saat ini masih berfungsi dengan baik. Uap tersebut yang langsung dimanfaatkan untuk memutar turbin dan kemudian turbin akan mengubah energi panas bumi menjadi energi gerak yang akan memutar generator untuk menghasilkan energi listrik. Sistem ini dipakai jika fluida yang dikeluarkan melalui sumur produksi berupa fasa uap. Sisa panas yang datang dari production well dialirkan kembali ke dalam reservoir melalui injection well. Pembangkit tipe tertua ini per- tama kali digunakan di Lardarello. Pada tipe ini. sedangkanbrine dialirkan kembali menuju reservoir melalui sumur injeksi atau dimanfaatkan untuk kepentingan lainnya. uap panas (steam) yang bersuhu lebih dari 235oC yang berasal dari reservoir panas bumi langsung dialirkan melalui pipa ke turbin dan mengaktifkan generator untuk bekerja menghasilkan listrik. Pembangkit tipe ini menggunakan fluida panas bersuhu lebih dari 182oC yang berasal dari reservoir panas bumi. 2) Flash Steam Power Plants PLTP sistem Flash Steam merupakan PLTP yang paling umum digunakan. Di Amerika Serikat pun dry steam power masih digunakan seperti yang ada di Geysers. sehingga tenaga listrik dapat dibangkitkan. Uap kemudian dialirkan untuk memutar turbin yang dikopel dengan generator. PLTP sistem dry steam mengambil sumber uap panas dari bawah permukaan. Skematik Flash Steam Power Plant . Pembangkit tipe ini adalah yang pertama kali ada. Gambar 2. Fluida panas ini kemudian dialirkan menuju separator uap untuk memisahkan fase uap (steam) dengan fase cairnya (brine).

Selain dapat digunakan untuk hasil keluaran sumur produksi yang berupa fluida bersuhu sedang. Dry steam power plant dan flash steam power plant mengemisikan sejumlah kecil karbon dioksida. USA. teknologi BCCP ini juga tidak mengeluarkan emisi karena merupakan suatu sistem yang tertutup. BCCP menggunakan teknologi yang berbeda dengan kedua teknologi sebelumnya. Gambar 3. fluida yang berasal dari sumur produksi tidak pernah menyentuh turbin. Skematik Binary Cycle Power Plant Contoh penerapan teknologi tipe BCPP ini ada di Mammoth Pacific Binary Geo-thermal Power Plants di Casa Diablo geothermal field. California. Akan tetapi. . Fluida ini digunakan untuk memanaskan working fluid pada heat exchanger.Working fluid biasanya berupa organic compound dengan titik didih yang rendah seperti Iso-butana atau Iso-pentana. Pada BCPP. 3) Binary Cycle Power Plants (BCPP) Binary Cycle Power Plants menggunakan teknologi yang berbeda dengan kedua teknologi sebelumnya yaitu dry steam dan flash steam. USA. nitrat oksida dan belerang. secara umum jumlahnya 50 kali lebih kecil dari pada pembangkit listrik tradisional yang menggunakan bahan bakar fosil. Pembangkit jenis ini menggunakan fluida bersuhu sedang (107oC – 182oC) yang berasal dari reservoir panas bumi. Contoh dari Flash Steam Power Plants adalah Cal-Energy Navy I flash geothermal power plants di Coso Geothermal field. Working fluidkemudian menjadi panas dan menghasilkan uap yang kemudian digunakan untuk memutar turbin yang dikopel dengan generator sehingga proses pembangkitan tenaga listrik dapat terjadi.

4. . c) Energi geothermal ramah lingkungan yang tidak menyebabkan pencemaran lingkungan. penghangat rumah kaca. b) Geothermal merupakan jenis energi terbarukan yang relatif tidak akan habis. d) Panas bumi (geothermal) jika dibandingkan dengan energi alternatif lainnya seperti tenaga surya dan angin. b) Pembangkit listrik tenaga panas bumi hanya dapat dibangun di sekitar lempeng tektonik dimana temperatur tinggi karena sumber panas bumi yang dekat dengan permukaan. Air panas yang berasal dari mata air panas atau sumur produksi panas bumi pada suhu yang cukup tinggi dialirkan melalui suatu heat exchanger. c) Pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi dapat mengganggu kestabilan tanah di area sekitar. b) Pemanfaatan panas bumi untuk bekerja Sumber air panas dekat permukaan dapat dimanfatkan sebagai penghangat rumah. Selain itu. Jauh lebih bersih dari sumber energi fosil yang menimbulkan polusi atau emisi gas rumah kaca. c) Pemanfaatan di sektor pertanian Energi panas bumi dapat digunakan secara langsung untuk proses pengeringan terhadap hasil pertanian. Kelebihan dan kekurangan energi panas bumi Kelebihan dan keuntungan dari pemanfaatan energi geothermal adalah a) Panas bumi (geothermal) merupakan salah satu sumber energi paling bersih. energi listrik yangdihasilkan dari geothermal tidak memerlukan penyimpanan energi karena dihasilkan sepanjang musim. 2. e) Untuk memproduksi energi geothermal hanya membutuhkan lahan yang minimal. geothermal juga memiliki beberapa kelemahan diantaranya adalah sebagai berikut a) Biaya yang tinggi. Sumber energi ini terus-menerus aktif akibat peluruhan radioaktif mineral. yang kemudian memanaskan ruangan pengering. Selain memiliki kelebihan. pembangunan pembangkit listrik geothermal memerlukan biaya yang besar terutama pada eksploitasi dan pemboran. serta dapat juga untuk mencairkan salju di jalan. bersifat konstan sepanjang musim. perkebunan dan dengan proses yang tidak terlalu sulit.

c) Energi panas bumi dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. b) Energi panas bumi (geothermal) merupakan salah satu sumber energi yang dapat diperbaharui dan berkelanjutan. Di indonesia. namun diperlukan pembaharuan yang cepat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.batuan dan unsur-unsur lain yang terkandung di dalam kerak bumi. proses pembaharuan energi panas bumi (geothermal) dilakukan dengan cara “hydrothermal convection”. Di dalam kerak bumi air tersebut dipanaskan lagi secara alami yang selanjutnya akan menjadi uap. BAB III PENUTUP 3. maka dapat disimpulkan bahwa : a) Energi panas bumi merupakan energi yang secara alami sudah terdapat di alam yang terbentuk di dalam kerak bumi melalui proses pemanasan air. Uap ini kemudian naik kembali ke permukaan bumi.1. dimasukkan kembali ke dalam kerak bumi. . Proses ini terjadi dengan cara air dingin sisa pemanfaatan energi geothermal. Proses yang sangat sederhana ini merupakan salah satu hal positif yang menjadi alasan untuk menggunakan energi panas bumi (geothermal) sebagai pembangkit energi listrik. penggunaan secara langsung maupun sebagai pompa panas. namun ada juga yang berbentuk sistem sedang dengan suhu 150-200℃. d) Jenis sistem panas bumi di Indonesia umumnya berbentuk sistem hidrothermal dengan suhu diatas 225℃. Kesimpulan Berdasarkan hasil dari pembahasan diatas. Meskipun energi panas bumi mampu memperbaharui dirinya sendiri.

2. f) Kelebihan energi panas bumi antara lain adalah energi yang bersih dan terbaharukan. e) Potensi energi panas bumi Indonsia sangat tinggi dibandingkan sumber daya yang lain. harus dibangun di daerah bertemperatur tinggi yang memiliki sumber panas bumi yang tinggi serta mempengaruhi kestabilan tanah. .994 MWe. g) Kekurangan energi panas bumi antara lain adalah biaya mahal. Saran Diharapkan kepada mahasiswa untuk lebih rajin dalam mencari informasi mengenai sumber energi alternatif sehingga dapat muncul ide-ide yang lebih banyak dalam memanfaatkan energi tersebut dalam kehidupan. 3. bersifat konstan sepanjang musim serta tidak membutuhkan lahan yang luas. Potensi panas bumi tersebut tersebar di 256 daerah di Indonesia dengan total kapasitas panas bumi sebesar 28.

2012.novitasari. Suparno. Pengembangan Energi Panas Bumi yang Berkelanjutan. Dkk. Nandi. 2009.wikipedia. Semesta teknika. Haerudin. Arief. DAFTAR PUSTAKA Maryadi. Jakarta : Universitas Indonesia. Energi Panas Bumi. Supriyatno.org Daryanto. Analisis Reservoar Daerah Potensi Panasbumi Gunung Rajabasa Kalianda dengan Metode Tahanan Jenis dan Geotermometer.com (diakses tanggal 13 september 2016). www. 2014. Lampung : Jurusan fisika FMIPA Universitas Lampung. 2009. Dkk. http://www.blogspot. . Potensi Energi Baru Terbarukan Indonesia.

fumarol. LAMPIRAN 1. . alterasi. Jelaskan mengenai istilah kaldera. dan solfatar? 2.