BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Matlab (atau Matrix Laboratorium) adalah software komputer yang
mengandung numerikal dan bahasa pemrograman komputer. Software ini
biasanya diaplikasikan pada ilmu komputasi, pemrograman, dan membantu
pengerjaan pada bidang matematika.

Matlab bila digunakan pada jenjang Universitas, matlab dapat membantu
untuk pengerjaan di bidang matematika, mempersingkat waktu, dan bisa
membantu masalah yang sulit dipecahkan. Misalnya kita mendapati soal seperti
ini: ( 327 = ... ). Maka dengan mengerjakan soal seperti itu, kita akan
menghabiskan waktu yang lama untuk menyelesaikannya. Dengan aplikasi
MatLab, akan membantu pengerjaan dan akan membutuhkan waktu yang
singkat.

Dengan mempelajari dasar-dasar fungsi pada aplikasi Matlab, maka akan
mempermudah praktikan untuk menggunakan aplikasi Matlab.

1.2 Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah yang akan dibahas pada praktikum pengenalan
Matlab kali ini adalah:

1. Apa bagian yang penting dalam jendela Matlab?

2. Apa saja dasar-dasar operasi dan variabel pada matlab?

1.3 Tujuan Praktikum

Adapun tujuan praktikum pada praktikum pengenalan matlab kali ini
adalah:

1. Praktikan mampu mengetahui bagian-bagian dasar yang penting dalam
jendela Matlab.

2. Praktikum mampu mengetahui dan dapat menggunakan dasar-dasar
operasi dan variabel pada Matlab.

Akuisisi Data. Workspace window seperti lingkungan abstrak yang menyimpan seluruh variable dan perintah yang pernah digunakan selama penggunaan berlangsung . Paket perangkat lunak telah tersedia secara komersial sejak tahun 1984 dan sekarang dianggap sebagai alat standar di banyak universitas dan industri di seluruh dunia (Houcque. Eksplorasi. Kegunaan umum dari MATLAB diantaranya untuk Matematika dan Komputasi. Hal ini memungkinkan penyelesaian banyak masalah komputasi teknik. . 2005). Current Directory window Window ini sebagai browser Directory aktif yang hamper sama dengan window explorer . MATLAB adalah lingkungan bahasa pemrograman modern: memiliki struktur data yang canggih . MATLAB adalah bahasa kinerja tinggi untuk komputasi teknis. Pembuatan Prototipe. C . MATLAB memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan bahasa komputer konvensional ( misalnya . Matlab dibuat bertujuan untuk mempermudah akses untuk perangkat lunak matrix yang di kembangkan oleh LINPACK (sistem paket linear) dan EISPACK (sistem paket eigen) (Houcque. berisi built-in editing dan alat debugging. Visualisasi. Bagian-bagian jendela Matlab: Window Utama MATLAB Adalah window induk yang melingkupi seluruh lingkungan kerja Matab sebagai tempat dock-ing bagi form yang lain. 2005). Pengembangan Algoritma. visualisasi. FORTRAN ) untuk memecahkan masalah teknis . Selanjutnya. Faktor-faktor ini membuat MATLAB aplikasi yang sangat baik untuk pengajaran dan penelitian (Houcque. Analisis Data. 2005). terutama yang berhubungan dengan formulasi matriks dan vektor. Dalam beberapa kasus. 2006). 2006). Workspace window Window ini berfungsi sebagai navigator bagi pemakai dalam penyediaan informasi mengenai fariabel yang sedang aktif dalam workspace pada saat pemakaian. Ini mengintegrasikan komputasi. BAB II TINJAUAN PUSTAKA MATLAB adalah singkatan dari MATrix LABoratory. MATLAB merupakan suatu sistem interaktif yang elemen data dasar adalah array yang tidak memerlukan dimensi . Launch Pad window Window ini berfungsi sebagai penunutun bagi pemakai dalam memilih opsi dari fungsi-fungsi / toolbox yang ditawarkan oleh Matlab . dan lingkungan pemrograman. Pemodelan dan Simulasi. dan mendukung pemrograman berorientasi obyek. dan Pengembangan Aplikasi termasuk GUI (Away. dapat juga dilakukan penulisan program dalam bahasa seperti C dan Fortran (Away. Bahasa MATLAB dapat digunakan dalam sebuah sistem MATLAB interaktif yang elemen data dasarnya adalah array yang tidak membutuhkan pengaturan dimensi.

2 Prosedur Adapun prosedur pengaktifan pada praktikum pengenalan matlab kali ini adalah: 1. 3.8. Aplikasi MATLAB R2009a dibuka.83 Ghz 2048Mb RAM 2. 1 Alat dan Bahan Adapun alat dan bahan yang digunakan pada praktikum pengenalan matlab kali ini adalah: 1. Matlab 7. . Windows 7 Ultimate SP1 32-bit Intel Core 2 Duo 1. Laptop. BAB III METODOLOGI 3. 4. diklik All Programs. Folder MATLAB diklik.0 (R2009a). 3. 2. Start pada taskbar desktop diklik.

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4. b. Command Window Ini adalah pusat dari bagian Matlab. 2012). Current Directory. . kita dapat memberi perintah atau command yang berhubungan dengan pengerjaan. Current Directory Jendela ini hampir sama fungsinya dengan Explorer di Windows. Di jendela inilah kita dapat memasukkan nilai- nilai matematika dan melihat hasil prosesnya. ada beberapa bagian jendela yang penting yang patut diketahui untuk mengoperasikan aplikasi Matlab. a.1 Hasil Pengamatan Adapun hasil pengamatan pada praktikum pengenalan matlab kali ini adalah: Gambar 4.2 Pembahasan Pada Matlab. Pada jendela ini. Workspace. seperti data pemrograman yang disimpan di suatu folder. Di jendela ini. yaitu dapat melihat/mengatur folder-folder ( Ahlersten. antara lain Command Window. kita memasukkan perintah kepada program apa yang kita ingin lakukan ( Ahlersten. 2012). dan Command History. Disini.1 Tampilan Matlab 4. berisi data-data kerja matlab.

: Pengurangan * : Perkalian / : Pembagian ^ : Perpangkatan sqrt( ) : akar () : Kurung . Kita juga bisa melihat dan mengganti variabel di jendela ini (Ahlersten.. Dikala kita tidak menetapkan variabel. Command History Jendela ini berisi perintah-perintah yang pernah dijalankan sebelumnya pada aplikasi Matlab. c.. . Maka yang dimasukkan pada jendela command window yaitu >> x= 28 x= 28 >> y= 8 y= 8 >> z= 95 z= 95 >> x+y+z ans= 131 Maka hasil dari variabel x+y+z yaitu 131. y= 8 . Dasar-dasar operasi dan variabel juga perlu dipelajari. d. untuk memperlancar untuk mengoperasikan aplikasi matlab. z= 95) dan operasinya ( x + y + z = . maka perintah yang dimasukkan pada jendela command window yaitu >> 3^3 + sqrt(9) Maka yang akan muncul di jendela command yaitu ans = 30 Apabila ingin membuat variabel seperti ( x= 28 . 2012). jendela tidak itu kosong. Dasar-dasar operasi yang digunakan pada matlab antara lain: + : Penjumlahan . ). : point (tanda koma) clc : menghapus/ mengkosongkan jendela command window Apabila ingin memasukkan perintah seperti ( 327 + √ 9 ). Workspace Jendela Workspace menampilkan semua variabel yang tersedia.

. yaitu hasil dari perintah yang dimasukkan. maka perintah yang dimasukkan berarti benar. String pada matlab.14. Apabila tidak diberi variabel tanda petik kosong.’ ‘.] atau tanda petik kosong. perintah yang salah akan berwarna merah pada teks/angka nya. string merupakan visualisasi text atau angka pada matlab. Contoh string salah: >> x= ‘aku cakep 2x ??? x= 'aku cakep 2x | Error: A MATLAB string constant is not terminated properly. pi : yaitu konstanta π .. Operasi [. Cara menggunakan string. berfungsi untuk memberi spasi di setiap kata. Contoh diatas adalah perintah yang salah. NaN : singkatan dari “Not an Number”. dan apabila teks/angka masih berwarna merah. “3... penggabungan string yaitu >> [a. ... inf : singkatan dari “infinity”. dengan memberi tanda petik pada awal dan akhir text atau angka.. Kesalahan diatas terletak pada tanda petik terakhir. maka kata akan bergabung dan tanpa spasi/jarak.’ ‘..b] ans= Dia kuliah di jurusan Fisika Apabila pada variabel dalam tanda petik berwarna ungu.. Variabel dasar yang terdefinisi di matlab yaitu: ans : singkatan dari “answer”. yaitu bukan bilangan atau bilangan yang tak terdefinisi. Contoh string: >> a = ‘Dia’ ans= Dia >> b = ‘kuliah di jurusan Fisika’ ans= kuliah di jurusan Fisika Maka. yaitu bilangan yang tak terhingga semisal 1/0.”. berarti perintah yang dimasukkan masih salah/ belum benar.

. dan command history. . apabila ada yang kesusahan/ error. BAB V PENUTUP 5. / .. Mohon tetap dipertahankan. ^ . 2. contohnya + . workspace.2 Saran Kepada asisten.1 Kesimpulan Adapun kesimpulan pada praktikum pengenalan matlab kali ini adalah: 1. Bagian-bagian jendela yang paling penting pada matlab yaitu: command window. Dasar-dasar operasi pada matlab hampir sama dengan matematika seperti biasanya. sqrt( ). 5. asisten menuntun hingga perintah yang dimasukkan benar. * . penjelasan dan prosedur-prosedur sudah jelas. current directory.