MAKALAH

STUDI SEJARAH PERADABAN ISLAM

TENTANG
SEJARAH PERADABAN ISLAM PERIODE NABI
MUHAMMAD SHALLALLAHU ALAIHI WA SALLAM

DISUSUN OLEH:
PAUSIL : 088142085

DOSEN PEMBIMBING:
Dr. AHMAD TAUFIK HIDAYAT, M.Ag

PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
PASCASARJANA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
IAIN IMAM BONJOL PADANG
2014/2015

BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Kebudayaan Islam periode Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa
sallam terbagi menjadi dua periode, yakni periode Mekkah dan periode
Madinah. Periode Mekkah dimulai dengan diangkatnya beliau menjadi Nabi
dan Rasul. Sedangkan periode Madinah dimulai sejak Hijrahnya Rasulullah
dan kaum muslimin ke Madinah setelah lebih kurang 13 tahun berdakwah di
Mekkah.
Periode Mekkah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berdakwah
menegakkan tauhid dan dasar-dasar Islam. Karena kentalnya masyarakat
Mekkah dengan agama nenek moyang mereka dan keengganan mereka
meninggalkan sesembahan mereka. Sehingga Nabi shallallahu alaihi wa
sallam banyak mendapatkan kecaman dan siksaan selama berdakwah di
Mekkah. Setelah perjuangan panjang lebih kurang 13 tahun, kemudian beliau
memutuskan untuk hijrah ke Madinah. Pada periode Madinah, Rasulullah
shallallahu alaihi wa sallam berhasil membangun dan membina masyarakat
Islam yang kuat. Hal ini disebabkan karena antusiasnya masyarakat Madinah
dalam memahami Islam yang diajarkan oleh Rasulullah dan para sahabat yang
telah lebih dahulu masuk Islam.
Penulis dalam hal ini, Insya Allah akan membahas secara ringkas dan
terbatas mengenai Sejarah Kebudayaan Islam periode Nabi Muhammad
shallallahu alaihi wa sallam.
B. RUMUSAN DAN BATASAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis akan merumuskan
permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini, yakni:
1. Arab Pra-Islam
2. Periode Mekkah
3. Periode Madinah

Mereka lebih suka hidup berkabilah-kabilah dan setiap kabilah atau suku diperintah oleh seorang syaikh. dari Kelahiran Hingga Detik-Detik Terakhir. ARAB PRA-ISLAM 1. atau disebut pula Arab Qahthaniyah. Cet. Asal Usul Bangsa Arab Para sejarawan membagi kaum-kaum Arab berdasarkan garis keturunan asal mereka menjadi tiga bagian.1 2. bahkan tidak pernah tercipta kesatuan politik di seluruh Jazirah Arab.2 1 Shafiyurrahman al-Mubarakfuri. 2012). 2-3 2 Ali Hasan al-Karbuthli (Maidir Harun dan Firdaus. Imlaq (bangsa Raksasa) dan lain- lainnya. Arab Ba’idah. A. BAB II PEMBAHASAN SEJARAH PERADABAN ISLAM PERIODE NABI MUHAMMAD SAW. Kerajaan-kerajaan kecil yang terdapat di Jazirah Arab bagian selatan umumnya berdaulat atas wilayah mereka yang sempit dan sebatas masyarakatnya. Judais. yaitu seorang yang dianggap tertua dan berani di antara anggota kabilah tersebut. seperti ‘Ad. (Jakarta: Darul Haq. hal 17) 1 . (Terjemahan dari judul asli: ar-Rahiq al-Makhtum). 2001). Sejarah Peradaban Islam. yaitu kaum-kaum Arab yang berasal dari garis keturunan Ya’rib bin Yasyjub bin Qahthan. tidak ada rasa solidaritas sosial yang menyeluruh bagi semua suku Arab. c. Arab Aribah. (Padang: IAIN-IB Press. yaitu: a. Arab Musta’rabah. b. Oleh karena itu. yaitu kaum-kaum Arab yang berasal dari garis keturunan Ismail. bahkan hubungan kerjasama antar suku hanya didasari atas kepentingan bersama. XIV hal. yang disebut pula Arab Adnaniyah. Politik dan Pemerintahan Bangsa Arab sebelum Islam tidak pernah dijajah oleh bangsa asing. Perjalanan Hidup Rasul yang Agung Muhammad saw. Tsamud. Thasm. yaitu kaum-kaum Arab kuno yang sudah punah dan tidak mungkin melacak rincian yang cukup tentang sejarah mereka.

yang memiliki kekuasaan dan hak-hak istimewa sama seperti kekuasaan para raja. Sikap ini tampaknya telah menjadi tabiat yang mendarah daging dalam diri orang Arab. wajahnya menjadi hitam (merah padam). Para penguasa di jazirah Arab bisa dibagi menjadi dua kelompok: a. Sosial Kemasyarakatan Masyarakat. Cit. baik nomadik maupun yang menetap. mayoritas mereka memiliki independensi penuh. Sejarah Peradaban Islam (Dirasah Islamiyah II). Para pemimpin dan pemuka kabilah atau suku. Mereka suka berperang. Op. Raja-raja bermahkota. peperangan antarsuku sering sekali terjadi. Dalam masyarakat yang suka berperang tersebut. Mereka sangat menekankan hubungan kesukuan. 11 2 . Beberapa kelompok kabilah membentuk suku (tribe) dan dipimpin oleh seorang syaikh. 2006) hal. hal. dan dia sangat marah.4 Bahkan apabila mereka melahirkan anak perempuan.:                                 Artinya: Padahal apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan.3 3. Kelompok beberapa keluarga membentuk kabilah (clan). Organisasi dan identitas social berakar pada keanggotaan dalam suatu rentang komunitas yang luas. Dia bersembunyi dari orang 3 Shafiyurrahman al-Mubarakfuri. b. Karena itu. mereka merasa sangat malu dan hina atau mereka kubur hidup-hidup. Sebagaimana yang terdapat dalam Firman Allah swt. hidup dalam budaya kesukuan Badui. nilai wanita menjadi sangat rendah. Namun boleh jadi sebagian mereka bersubordinasi dengan raja bermahkota. sehingga kesetiaan atau solidaritas kelompok menjadi sumber kekuatan bagi suatu kabilah atau suku. tetapi pada hakikatnya mereka tidak memiliki independensi. 12 4 Badri Yatim. (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Abdul Ghaffar dan Abdurrahim Mu’thi. 2001). 73) 6 Maidir Harun dan Firdaus. yang kuat menindas yang lemah. (Bogor: Pustaka Imam Syafi’I. Penduduk Arab menganut agama yang bermacam-macam. dan lain-lain. Moral dan agama Kondisi akhlak dan moral masyarakat saat itu sangat merosot dan jauh dari norma-norma. kering. dan berkembangnya perbudakan. (Padang: IAIN-IB Press. yang kaya menghisap yang miskin. mereka selalu membawa batu yang diambil dari sekitar Ka’bah. 2003) Cet. Kemudian mereka memindahkan patung-patung mereka di sekitar Ka’bah yang jumlahnya mencapai 360 buah. yang pandai memeras yang bodoh. Apakah dia akan memeliharanya dengan (menanggung) kehinaan atau akan membenamkannya ke dalam tanah (hidup-hidup)? Ingatlah alangkah buruknya (putusan) yang mereka tetapkan itu. Ekonomi dan perdagangan Terikat oleh keadaan geografis alam yang tandus. maka pada umumnya kehidupan orang Arab sebelum Islam bersumber dari kegiatan perdagangan dan peternakan. I. Menurut Syalabi penyembahan berhala itu pada mulanya ialah ketika orang-orang Arab itu pergi keluar kota Makkah. Mereka mensucikan batu dan menyembahnya di mana mereka berada. antara lain yang terkenal adalah penyembahan terhadap berhala atau paganisme. banyak. Madinah. Tafsir Ibnu Katsir Jilid 5. maka akan dibiarkan dalam keadaan hina. Lama-lama dibuatlah patung yang disembah dan mereka berkeliling mengitarinya (tawaf). Maka terkenallah beberapa kota di Hijaz sebagai pusat perdagangan. dan gersang. hal. Yaman. Sejarah Peradaban Islam. Di samping itu ada patung-patung besar yang ada di 5 Tafsir Ibnu Katsir (Terjemahan: M. Seringnya terjadi penindasan dan kekerasan. dan lebih cenderung mengutamakan anak laki-laki daripada anak perempuan. tidak diberi warisan juga tidak diperhatikan. Kalaupun anak perempuan itu dibiarkan hidup. hal 20 3 . dan di saat-saat tertentu mereka masih mengunjungi Ka’bah.6 5. seperti Makkah.5 4. disebabkan kabar buruk yang disampaikan kepadanya.

1997) Cet. yang terkenal ialah Manah/Manata di dekat Yasrib atau Madinah. Di antaranya yang terkenal yaitu ‘Ukaz dan Zul Majaz.7 Sebagaimana diterangkan di dalam al-Qur’an: …       … Artinya: “…Kami tidak menyembah mereka melainkan (berharap) agar mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat- dekatnya…” Qatadah. yaitu agar mereka memberikan syafa’at kepada kami dan mendekatkan kedudukan kami kepada-Nya.” Untuk itu dulu pada masa jahiliyah mereka mengucapkan talbiyah mereka di waktu haji: “Aku penuhi panggilan-Mu. I. (Bogor: Pustaka Imam Syafi’i.8 6. al-Latta di Thaif. Bagi yang terbaik mendapat mu’alaqat sebagai tanda 7 Ali Mufrodi. luar Makkah. Hubal ialah patung yang terbesar yang terbuat dari batu akik yang berbentuk manusia yang diletakkan dalam Ka’bah. 8- 9 8 Tafsir Ibnu Katsir (Terjemahan: M. I. Abdul Ghaffar dan Abdurrahim Mu’thi. Mereka percaya bahwa menyembah berhala- berhala itu bukan menyembah kepada wujud berhala itu tetapi hal tersebut dimaksudkan sebagai perantara untuk menyembah Tuhan. 2003) Cet. as-Suddi. hal. Pasar- pasar tersebut dijadikan pusat keramaian bagi penyair-penyair Arab. Di sini penyair- penyair membacakan syair-syairnya dan biasanya dipertandingkan di antara mereka. (Jakarta: Logos. Kesenian Sekitar kota Mekkah banyak terdapat pasar-pasar kesenian. hal. dan al-Uzza di Hijaz. 87) 4 . Syubhat inilah yang dipegang teguh oleh kaum musyrikin sejak masa lalu dan masa berikutnya. Tafsir Ibnu Katsir Jilid 7. Islam di Kawasan Kebudayaan Arab. Engkau memilikinya sedang ia tidak memiliki. tidak ada sekutu bagi-Mu kecuali sekutu yang Engkau miliki. Malik Dari Zaid bin Aslam dan Ibnu Zaid berkata: “Melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya’.

kakek Nabi Muhammad ketika mendengar kabar kelahiran cucunya. 1993) Cet. ilmu falaq dan sebagainya. hal 22 10 Maidir Harun dan Firdaus. semoga berkah selalu baginya!”13 Beliau lahir dalam keadaan yatim. Masa kelahiran Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam Sayyidul Mursalin dilahirkan di tengah kabilah bani Hasyim di Mekkah pada hari Senin 9 Rabi’ul Awal saat tragedi pasukan bergajah. hal 12 5 . hal 36 12 Muhammad Husain Haekal. bertepatan pada tanggal 20 atau 22 April 571 M.9 7. aku akan menamaimu Muhammad. Muhammad kemudian diserahkan kepada ibu pengasuh Halimah 9 Maidir Harun dan Firdaus. Ilmu arsitek/bangunan hanya berguna/berkembang pada umumnya di Yaman. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Di kalangan bangsa Arab sebelum Islam berkembang ilmu nujum. (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.11 Menurut Caussin De Parceval dalam essai sur l’ Histoire des Arabes menyatakan bahwa Muhammad dilahirkan pada bulan Agustus 570 M. Tarikh Muhammad saw. beliau langsung mendatanginya dan menggendongnya mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. hal. XVI. Op. ar-Rahiq al-Makhtum. I. Tetapi pada umumnya mengatakan bahwa dia dilahirkan pada tanggal 12 Rabi’ul Awal. (Jakarta: Litera AntarNusa. 1996) Cet. Ilmu falaq amat berguna bagi mereka untuk menentukan cuaca. dan ia berkata: “Wahai cucuku yang diberkati Allah. 2008) Cet.10 B. Cit. Teladan Perilaku Ummat. PERIODE MEKKAH 1. (Beirut: Dar al-Fikr. I. Kelahiran ini diiringi dengan kesucian dan kemenangan bagi Rumah Suci. penghargaan.12 Abdul Muthallib. 49 13 Tahia al-Ismail. karena ayahnya Abdullah meninggal dunia ketika Muhammad masih dalam kandungan ibunya Aminah. Bahtsun fi as-Sirah an- Nabawiyah ‘ala Shohibiha Afdhalu ash-Sholatu wa as-Salam. ibid 11 Shafiyurrahman al-Mubarakfuri. Mu’alaqat semacam piagam berisikan syair sang juara yang ditulis dengan tinta emas dan digantungkan di dinding Ka’bah. Sejarah Hidup Muhammad.

sehingga bila tetap ada niscaya ia dapat memperdayai Muhammad. Op. hal. dia menjadi yatim piatu. Dalam peristiwa tersebut Jibril membelah jantungnya dan mengeluarkan segumpal darah yang merupakan bagian setan. Sebagian sumber menceritakan bahwa pendeta itu menasehati Abu Thalib agar jangan terlalu jauh memasuki daerah Syria.14 Selama itu beliau saw. sebab dikhawatirkan orang-orang Yahudi mengetahui tanda-tanda itu akan berbuat jahat terhadapnya. Cit. 13 6 . Setelah itu. ia bertemu dengan seorang pendeta Kristen bernama Buhairah. sebelah selatan Syria. kurang lebih dua tahun dia berada dalam asuhan ibu kandungnya. Tanggung jawab selanjutnya beralih kepada pamannya. dua tahun kemudian Abdul Muthalib meninggal dunia karena renta. Pada usia yang kedua puluh lima. Abdul Muthalib megambil alih tanggung jawab merawat Muhammad. Muhammad berangkat ke Syria membawa barang dagangan saudagar wanita kaya raya yang telah lama 14 Tahia al-Ismail. Lebih kurang empat sampai lima tahun beliau tinggal di perkampungan kabilah Bani Sa’ad. Pendeta ini melihat tanda-tanda kenabian pada Muhammad sesuai dengan petunjuk cerita- cerita Kristen.Sa’diyah. banyak membawa keberkahan terhadap keluarga Halimah as-Sa’diyah. Setelah Aminah meninggal. Kemudian jantubg tersebut dicuci denga air zamzam dan dikembalikan ke tempatnya semula. Dalam usia muda. Abu Thalib. Kafilah itu dipimpin oleh Abu Thalib. Ketika berusia enam tahun. Dalam perjalanan ini. yang sebelumnya disusui oleh budak perempuan Abu Jahal yaitu Tsuwaibah. di Bushra. Muhammad hidup sebagai pengembala kambing keluarganya dan keluarga penduduk Mekkah. Namun. Nabi Muhammad ikut untuk pertama kali dalam kafilah dagang ke Syria (Syam) dalam usia baru 12 tahun. Melalui kegiatan pengembalaan ini dia menemukan tempat untuk berpikir dan merenung. hingga terjadinya peristiwa dibelahnya dada beliau.

Cet. Setelah sampai pada ketinggian tertentu Muhammad meletakkan batu itu pada tempatnya semula. akan dijadikan hakim untuk memutuskan perkara ini. Perjuangan Dakwah Secara umum. 2. yaitu surat al-‘Alaq ayat 1-5. Khadijah yang kemudian menjadi istrinya. dan menurut riwayat terjadi menjelang akhir bulan Ramadhan (610). Hitti. Allah memuliakan beliau dengan mengangkat menjadi rasul dengan diturunkannya al-Qur’an surat al- Mudatsir ayat 1-5. lalu meminta seluruh kepala suku memegang tepi kain itu dan mengangkatnya bersama-sama. Ketika terjadi perselisihan mengangkat dan meletakkan hajar aswad di tempatnya semula. sebelumnya wahyu tidak diturunkan (vakum) beberapa hari setelah wahyu pertama. Ketika itu Muhammad berusia 25 tahun dan Khadijah 40 tahun. beliau mulai suka mengasingkan diri. Ketika pengasingan diri (uzlah) di gua Hira’ memasuki tahun ketiga tepatnya di bulan Ramadhan Allah mengangkatnya sebagai nabi dengan mengutus Jibril kepadanya yang membawa beberapa ayat al- Qur’an. pada periode Mekkah. Masa Kenabian dan Kerasulan Muhammad shallallahu alaihi wa sallam Tatkala usia beliau mendekati 40 tahun. a. From the Earliest Times to the Present. karena setiap suku merasa berhak malakukannya. menjanda.15 Kemudian. II. History of The Arabs. kebijakan dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad adalah dengan menonjolkan 15 Philip K. 2010). Peristiwa penting yang memperlihatkan kebijaksanaan Muhammad terjadi pada saat usianya 35 tahun. (Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta. Waktu itu bangunan Ka’bah rusak berat. Malam terjadinya peristiwa itu kemudian dikenal sebagai “Malam penuh keagungan” (Lailah al-Qadr). Ternyata Muhammad yang pertama kali masuk dan yang dipercaya menjadi hakim. Ia membentangkan kain dan meletakkan hajar aswad di tengah-tengah. 141 7 . Itulah wahyu pertama. hal. Kemudian para pemimpin Qurays sepakat bahwa orang yang pertama masuk ke Ka’bah melalui pintu Shafa.

Orang yang pertama kali masuk Islam adalah Khadijah. Ali bin Abi Thalib.. kepemimpinannya. Perkembangan Peradaban di Kawasan Dunia Islam. (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Op. dakwah dengan strategi politik yang memunculkan aspek-aspek keteladanannya dalam menyelesaikan berbagai persoalan sosial (egalitarisme) lebih tepat dibandingkan dengan aspek kenabiannya dengan melaksanakan tabligh. Sosial.16 Permulaan dakwah Rasulullah disampaikan kepada kerabat dekat dan para tokoh masyarakat Quraisy seperti Abu Bakar as-Siddiq sebagai sahabat beliau yang paling tulus. al-Arqam bin Abu al-Arqam. kemudian turunlah perintah kepada Nabi saw. az-Zubair bin al-‘Awwam. Kemudian diikuti oleh para tokoh Quraisy seperti ‘Ubaidah bin al-Jarrah. dan Thalhah bin ‘Ubaidillah. Sa’ad bin Abi Waqqas. Zaid bin Haritsah. Abdurrahman bin Auf. (Q. dan menentang kebatilan mereka serta menyerang berhala-berhala mereka. Politik dan Budaya Ummat Islam. sebagaimana yang terdapat dalam al-Qur’an surat al-Hijr ayat 94-95: 49 49 Artinya: Maka sampaikanlah olehmu secara terang-terangan segala apa yang diperintahkan (kepadamu) dan berpalinglah dari orang-orang musyrik. Perjuangan dakwah ini dilakukan secara rahasia yang berpusat di rumah al-Arqam bin Abu al-Arqam. 13 17 Shafiyurrahman al-Mubarakfuri. bukan kenabiannya. untuk menyampaikan dakwah kepada kaumnya secara terang-terangan. Melacak Akar-akar Sejarah. Dakwah yang bersifat individu ini berjalan selama lebih kurang tiga tahun. al-Hijr: 94-95) 16 Ajid Thohir. 2004). Utsman bin ‘Affan. Abu Bakar as-Siddiq.. Cit. hal. hal 93 8 .17 dan lain-lain.S. Sesungguhnya Kami memelihara kamu daripada (kejahatan) orang-orang yang memperolok-olok (kamu). Tatkala turun perintah dakwah dari Allah subhanahu wa ta’ala secara terang-terangan dan melawan kemusyrikan. Implikasinya.

Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid 8.S. Manakala musim haji telah datang yang dilakukan Rasulullah adalah membututi jama’ah-jama’ah yang datang hingga sampai ke 18 Abdullah bin Muhammad al-Sheikh. Dakwah yang beliau lakukan tersebut mendapat sambutan baik dari mereka sehingga banyak di antara mereka yang masuk ke dalam agama Islam.S. melakukannya di halaman Ka’bah pada siang hari dan disaksikan oleh khalayak ramai. Beliau membacakan Kitabullah dan menyampaikan ajakan yang selalu disampaikan oleh para rasul terdahulu kepada kaum mereka. Lalu Beliau berkata. Yakni benar-benar merugi lagi gagal. Kemudian tak berapa lama mereka pun berkumpul.” Beliau berkata. “Sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan kepada kalian akan azab yang amat pedih. Dan beliau juga memamerkan praktik ibadahnya kepada Allah. “Wahai kaumku! Sembalah Allah. “Bagaimana menurut pendapat kalian kalau aku beritahukan bahwa ada segerombolan pasukan kuda di lembah sana yang ingin menyerang kalian. lalu menyeru kepada kabilah-kabilah Quraisy. asy-Syu’ara’: 214) Rasulullah naik ke atas bukit Shafa.” Abu Lahab menanggapi. (Q. apakah kalian akan mempercayaiku?” Mereka menjawab. Kalian tidak memiliki Tuhan selainNya”. amal perbuatan dan usahanya pun tersesat. dan tatkala turun ayat: 419 Artinya: Dan berilah peringatan kepada keluargamu yang terdekat. “Celakalah engkau sepanjang hari! Apakah hanya untuk ini engkau kumpulkan kami?” Maka ketika itu turun ayat: “Celakalah kedua tangan Abu Lahab” (Q. kamu tidak pernah tahu dari dirimu selain kejujuran. Al-Lahab: 1). 568 9 .18 Rasulullah melakukan dakwah Islam secara terang-terangan di tempat-tempat berkumpul dan bertemunya kaum musyrikin. 2003). “Ya. hal. (Bogor: Pustaka Imam Syafi’I.

tempat-tempat mereka. Dan kenyataannya. sedangkan Abu Lahab selalu membututi dan memotong setiap ajakan beliau dengan berbalik mengatakan kepada mereka “Jangan kalian patuhi dia karena dia adalah seorang pembawa agama baru lagi pendusta”. Dakwah di luar kota Makkah 1) Kaum muslimin Hijrah ke Habsyi Pada awal tahun 615 M20 kaum muslimin hijrah ke Habsyi. hal. dia adalah seorang budak Habsyi yang digambarkan oleh Rasulullah sebagai buah pertama dari kaum Habsyi. dan Dzul Majaz. Alkisah Labinah. justru dari musim itulah perihal Rasulullah menjadi pusat perhatian delegasi Arab dan namanya menjadi buah bibir orang di seantero negeri Arab. Siksa yang menimpa kaum muslimin ketika itu tidak hanya dirasakan oleh kaum laki-laki. 2009) Cet. Di antara kaum muslimin yang sangat berat siksaannya adalah Bilal. Sejarah dan Kebudayaan Islam. Sejarah Sosial Ummat Islam. Bahkan kedua orang tuanya ditikam oleh Abu Jahal dengan lembih hingga menjadi syahid. seorang budak perempuan kepunyaan Bani Mu’min yaitu Hay Bani ‘Addi bin Ka’b) masuk Islam. di pasar ‘Ukazh. Di antaranya Ammar bin Yasir dan kedua orang tuanya pernah diseret oleh orang-orang Quraisy ke al-Abthah untuk disiksa. dan siksaan yang diterima oleh Nabi dan orang Islam saat itu. yang juga menerima siksaan yang berat ialah Khabbab bin al-Arut. cobaan. hal. Penganiayaan dan intimidasi orang-orang Quraisy merupakan ujian 19 Hasan Ibrahim Hasan. Seiring banyaknya orang yang membenarkan ajakan Beliau. Majinnah. bagian kesatu & dua. kemudian Labinah dibeli oleh Abu Bakar as-Shiddiq dan memerdekakannya. Sehingga begitu banyak celaan. juga kaum perempuan. seiring dengan itu kebencian para pembesar Quraisy yang enggan menerima dakwah Rasul juga semakin membara. 19 b. Beliau mengajak mereka untuk menyembah Allah. 36 10 . (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Lapidus. (Jakarta: Kalam Mulia. 1999). III. 137 20 Ira M. Selain itu.

. Oleh karena itu. Cit. seorang yang beragama Nasrani. 14 23 Shafiyurrahman. dikepalai oleh Utsman bin Affan. karena berita dusta tentang peristiwa Gharaniq. 178 11 . Pada kenyataannya penduduk Tha’if justru menolak beliau dengan penolakan yang lebih buruk. Nabi Muhammad telah memerintahkan untuk berhijrah ke Habasyah21 (Habsyi) yang waktu itu dipimpin oleh Najasyi. yang hebat bagi Nabi Muhammad dan pengikut-pengikutnya. Ternyata berita tersebut berbanding terbalik. (Hasan Ibrahim Hasan: hal 162) 22 Ajid Thohir. Berangkatlah ke sana sampai Allah member jalan keluar dari penderitaan yang menimpa kalian selama ini. Cit. Cit. Op. Rasulullah kembali memerintahkan kaum muslimin untuk kembali ke Habasyah (Habsyi). berkatalah beliau kepada mereka: “Kalian lebih baik hijrah ke tanah Habsyi. Op. tidak seorang pun ada yang teraniaya. 125 25 Op.24 2) Hijrah ke Tha’if Pada bulan Syawwal tahun ke-10 kenabian atau tepatnya pada penghujung bulan Mei atau awal Juni tahun 619 M Rasulullah pergi menuju kota Thaif yang letaknya sekitar 60 mil dari kota Makkah.23 Pada tahun yang sama. hal.22 Rombongan ini terdiri dari 12 orang laki-laki dan empat orang wanita. Cit. sehingga setelah di Mekkah kaum Quraisy semakin menjadi-jadi melakukan penyiksaan terhadap kaum muslimin. lalu beliau memohonkan kepada 21 Ketika itu Rasulullah menyaksikan para sahabatnya menderita karena siksaan orang- orang musyrik Makkah. hal. tepatnya di bulan Syawwal rombongan ini kembali ke Makkah.25 Dengan harapan semoga Allah memberikan petunjuk kepada penduduknya untuk memeluk agama Islam. hal. karena di sana rajanya terkenal adil dan bijaksana. bahwa orang-orang Quraisy telah masuk Islam. Mereka menuntut beberapa mukjizat tertentu darinya seperti mereka meminta agar beliau dapat membelah bulan menjadi dua. Rombongan yang kedua ini terdiri dari 83 laki- laki dan 18 atau 19 perempuan. Negeri Habsyi adalah negeri yang aman. hal. 122 24 Op.. Salah satu langkah antisipatif penyelamatan.

kembalilah kepada Rabbmu dan mintalah keringanan untuk umatmu.26 Mi’raj yaitu perjalanan Rasulullah dari Baitul Maqdis naik ke langit ke tujuh. Kemudian beliau dimi’rajkan ke langit kelima. Kemudian beliau naik ke Sidratul Muntaha. Kemudian beliau dimi’rajkan ke langit ketujuh. Kemudian beliau dimi’rajkan ke langit keenam. Hitti. mereka tetap pada kekafirannya. di sana beliau melihat Nabi Idris alaihissalam. ‘Umatmu pasti tidak sanggup melakukan itu. ’50 waktu shalat’. Kemudian ketika 26 Ibnu Hisyam. Dia berkata. Lalu Allah menguranginya menjadi 10 waktu shalat. bapak manusia. 1990) Cet. as-Sirah an-Nabawiyah. Allah agar memperlihatkan kepada mereka. Di sana beliau melihat Adam. Kemudian beliau dimi’rajkan ke langit keempat. III. hal. Namun. di sana beliau melihat Nabi Harun alaihissalam. Musa lalu bertanya kepada beliau. ‘Apa yang diperintahkan kepadamu?’ Beliau menjawab. 47 27 Philip K. Kemudian Dia mewahyukan kepada hamba-Nya mewajibkan 50 waktu shalat. c. Cit. di sana beliau bertemu dengan Nabi Ibrahim alaihissalam. di sana beliau melihat Nabi Musa alaihissalam. hal. Op. al-Juz’ ats-Tsanyi. Kemudian beliau dimi’rajkan lagi menuju Allah yang Maha Agung lagi Mahaperkasa.’ Lalu Jibril membawa beliau kembali naik ke hadapan Allah. di sana beliau melihat nabi Yusuf alaihissalam. di sana beliau melihat Nabi Yahya alaihissalam dan Isa alaihissalam. lalu al-Bait al-Ma’mur dinaikkan untuknya. (Beirut: Dar al-Kitab al- Araby. Kemudian beliau dimi’rajkan ke langit kedua. Isra’ Mi’raj Isra’ yaitu Rasulullah diperjalankan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsho yaitu Baitul Maqdis setelah menyebarkan Islam di Mekkah kepada orang-orang Quraisy dan kabilah-kabilahnya. 143 12 .27 Malam itu Beliau dimi’rajkan dari Baitul Maqdis menuju langit dunia.. Kemudian Beliau kembali hingga melewati Nabi Musa alaihissalam. Kemudian beliau dimi’rajkan ke langit ketiga.

PERIODE MADINAH 1. Ketika tiba musim haji tahun berikutnya.30 Selain itu. Op. Op. Dia berkata. 197-198 29 Hasan Ibrahim Hasan.28 d. Cit. Sesampainya di Makkah mereka ditemui Rasulullah di ‘Aqabah dan pada saat itu pula mereka mendengar dakwah beliau lalu menerimanya. Cit. berangkatlah serombongan orang-orang Khazraj menuju Makkah untuk berhaji. maka Nabi saw. Op. ‘Kembalilah lagi kepada Rabbmu dan mintalah keringanan!’ Beliau terus mondar-mandir antara Nabi Musa dan Allah hingga akhirnya Allah menjadikannya 5 waktu shalat. Cit. hal. memerintahkan umatnya untuk berhijrah ke kota itu secara perorangan atau kelompok kecil agar tidak diketahui oleh 28 Shafiyurrahman..29 Pada tahun 622 M terjadi sumpah setia kedua (Bai’at al- ‘Aqabah al-Tsaniyah) yang berisikan pernyataan bahwa mereka tidak hanya menerima Muhammad sebagai nabi dan menjauhi perbuatan dosa. 28 13 . Kemudian pada malam harinya mereka melakukan bai’at tanda setia kepada beliau yang disebut dengan Bai’at an-Nisa’ atau Bai’at al-Aqabah al-Ula. datanglah ke Makkah dua belas orang penduduk Yatsrib untuk menemui Rasulullah di ‘Aqabah... melewati Nabi Musa. Hijrah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam Melihat pesatnya dakwah Islam di Yatsrib dan masuknya suku Aus dan Khazraj. 175-176 30 Maidir Harun dan Firdaus. C. karena mereka sangat membutuhkan seseorang yang akan menjadi pemimpin mereka dan menyelesaikan sengketa antara suku Aus dan suku Khazraj yang telah terjadi bertahun-tahun. mereka mengharapkan Nabi Muhammad hijrah ke Yatsrib. hal. akan tetapi juga sanggup berperang membela Tuhan dan rasul- Nya. dan beliau memberitahukan hal tersebut kepadanya. hal. Bai’at al-‘Aqabah Pada musim haji sesudah perang Bu’ats.

33 31 Ali Mufrodi. orang-orang Quraisy. hal. Mereka kemudian membagikan rumah yang mereka miliki. Cit.. Usaha Nabi saw. yang berisi 47 pasal diantaranya 5 poin yang terpenting yaitu: 1) Bahwa komunitas ini mempunyai kepentingan agama dan politik 2) Kemerdekaan beragama terjamin bagi semua komunitas 3) Seluruh penduduk Madinah memiliki toleransi moril dan materil serta menangkal agresi yang ditujukan kepada Madinah 4) Rasulullah adalah pemimpin tertinggi penduduk Madinah 5) Penetapan dasar politik. Cit. (Bandung: Pustaka Setia. 63 14 . Op. Op.31 Sedangkan Nabi sendiri menyusul dan sampai di sana pada 24 September 622. 23 32 Philip K. dan sosial bagi setiap komunitas. di samping sebagai rasul. ekonomi. Sejarah Peradaban Islam. telah menegakkan tauhid di Mekkah dengan penuh tantangan dan siksaan dari kaum kafir Quraisy. Membentuk pemerintahan Nabi Muhammad saw. b. Rasulullah telah menciptakan sebuah kesatuan yang berdasarkan agama sebagai pengganti dari persatuan yang berdasarkan kabilah.. Pembentukan sistem sosial kemasyarakatan Rasulullah mempersaudarakan di antara kaum muslimin. 145 33 Dedi Supriyadi. bahkan juga istri-istri dan harta mereka. hal. Membangun masyarakat Islam Selama 13 tahun Nabi saw. 2. Selama itu belum terbentuk komunitas Islam karena jumlah yang sedikit dan penuh tekanan musuh. Hitti. 2008) hal. Usaha yang dilakukan Nabi untuk mengatur umat Islam di Madinah membentuk konstitusi yang disebut dengan Piagam Madinah. Maka ketika Nabi hijrah ke Madinah. barulah terbentuk masyarakat Islam. beliau diangkat oleh suku Auz dan Khazraj sebagai pemimpin. dalam membangun masyarakat Islam di Madinah yaitu: a.32 yang ditemani oleh Abu Bakar as-Shiddiq.

Perang Badar al-Kubra Perang ini terjadi di Badar. 144. Op. dan tidak melakukan praktik riba. juga menjadi pusat pertemuan umat Islam untuk bermusyawarah. umat Islam mampu memukul mundur pasukan kafir Quraisy. memperhatikan dan mengatur perdagangan dan transaksi sesuai dengan norma-norma yang dianjurkan.5 km sebelah barat daya Madinah pada bulan Ramadhan. karena sering terjadi peperangan. Hal. Seperti bersikap adil. Masa Peperangan a.. 3. Dalam perang ini kaum muslimin mengalami kekalahan dan tidak luput Rasulullah pun terluka dan gigi serinya tanggal. Ekonomi dan Sumber Keuangan Negara Rasulullah saw. karena mereka lebih ahli daripada orang-orang Mekkah. membentuk pasukan perang yang terdiri dari kaum Muhajirin dan kaum Anshar. Cit. sementara dari kaum kafir Quraisy berjumlah sekitar 1000 orang. kesaksian yang jujur. e. Perang Uhud Perang ini terjadi tahun 625 M35 pada pertengahan bulan Sya’ban pada tahun kedua Hijriyah. d. Perang ini disebabkan oleh perasaan dendam kaum kafir Quraisy yang meluap karna kekalahannya pada perang Badar. Op. hal. 146 35 Ira M.. Lapidus. 47 15 .34 Besar kekuatan umat Islam sebanyak 313 orang laki-laki. Dakwah Rasulullah mendirikan mesjid sebagai tempat penyelenggaraan ibadah dan pendidikan agama. Militer Nabi Muhammad saw. b. 34 Philip K. Tentang pengolahan pertanian beliau menyerahkan kepada masyarakat Madinah. Berkat pertolongan Allah kemudian dengan perjuangan umat Islam yang dipimpin oleh Nabi saw. Cit. Hitti. c.

Zad al-Ma’ad. tempat memprovokasi. Perang Khaibar Terjadi pada bulan Muharram tahun ketujuh Hijriyah. 1927). yang disebabkan oleh orang-orang Khaibar yang menjadi sarang makar. sumber keonaran. Rasulullah saw. dan kelompoknya yang terpercaya. Ketika 36 Ibnu Hazam al-Andalusy. mengingatkan para sahabat bahwa Abu Sufyan akan datang ke Madinah untuk memperkuat perdamaian dan memperpanjang masanya. hal. e. Sebelumnya. Perang ini dinamakan khandaq karena usulan dari Salman al-Farisi untuk menggali parit.37 4. menghadiri penguburan jenazah seorang sahabat di Baqi’. Fathul Mekkah Perang ini terjadi pada tahun kedelapan Hijriyah yang disebabkan karena pelanggaran kaum kafir Quraisy terhadap perjanjian Hudaibiyah. 177 37 Ibnu Qoyyim al-Jauziyah. Mereka menghasut bani Quraizhah melakukan pengkhianatan dan bersekutu dengan kaum Zindiq. Perang Ahzab (Khandaq) Perang ini terjadi pada tahun kelima Hijriyah. dan pemicu api peperangan. Rasul. (Mesir: al-Mathba’ah al-Misriyyah. (Beirut: Dar al-Kutub al- Ilmiah). tentara.36 Dalam peristiwa ini terjadi penaklukan besar-besaran yang dengannya Allah memuliakan agama. d. kaum muslimin dibaikot sehingga mengalami kelaparan. c. 160 16 . Wafatnya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam Pada tanggal 28 atau 29 bulan Safar tahun 11 Hijriyah Rasulullah saw. disebabkan oleh rasa dendam orang-orang kafir Quraisy masih tersisa dan mereka mengira bahwa Nabi Muhammad telah kalah dan tersingkir karena perang Uhud. Dengannya terselamatkanlah tanah suci dan rumah-Nya yang dia jadikan sebagai petunjukbagi alam semesta dari cengkeraman orang-orang kafir dan musyrik. Jawami’as-Sirah an-Nabawiyah. pusat konspirasi. Saking laparnya Rasulullah dan kaum muslimin sampai mereka meletakkan batu pada perut. hal.

wafat pada saat waktu Dhuha sedang panas-panasnya.38 Rasulullah saw..R. Maka inilah saatnya aku merasakan aortaku mulai berhenti disebabkan racun tersebut”.” (H. umur beliau saat itu telah mencapai 63 tahun lebih empat hari. “Wahai Aisyah. dia berkata: Nabi saw bersabda pada saat sakitnya yang mengantarkan beliau pada kematian. 39 Dari Aisyah r. aku masih merasakan sakitnya makanan yang telah aaku makan di Khaibar. kembali. 2013). Rasulullah saw. 693 39 Sa’id bin Ali bin Wahf al-Qahthani. Op. Bukhari) 38 Shafiyurrahman. sedangkan jumlah hari sakit beliau adalah 13 atau 14 hari. hal. di tengah perjalanan beliau merasakan pusing dan panas mulai merambat disekujur tubuh. Pesan-pesan Rasulullah Menjelang Wafat. Nabi shalat bersama para sahabat dalam keadaan sakit selama 11 hari. hal. yaitu pada hari senin 12 Rabi’ul Awwal tahun 11 Hijriyah. Cit. (Jakarta: Darul Haq. hidup tiga tahun lamanya setelah memakan kambing yang telah diracuni di Khaibar sampai beliau jatuh sakit yang mengantarkan kepada kematian..a. 131 17 .

Dakwah Islam periode Madinah menyempurnakan perintah-perintah ibadah dan muamalah serta berperang membela agama Allah dan Rasul- Nya 5. yaitu: 1. tetapi beliau mewariskan Ilmu. KRITIK DAN SARAN Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan. B. khamar. maka ia telah mengambil bagian yang sangat banyak. Masa kecil sampai masa remaja Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam merupakan teladan yang baik bagi manusi. Maka penulis sangat mengharapkan kritikan yang dapat mendukung untuk lebih baiknya di masa yang akan datang. merendahkan kaum perempuan. KESIMPULAN Adapun kesimpulan dari uraian di atas. BAB III PENUTUP A. dan lain sebagainya. Hanya kepada Allah kita memohon pertolongan dan perlindungan. 2. membunuh bayi perempuan. Dakwah Islam periode Mekkah berlangsung lebih kurang 13 tahun dengan menegakkan tauhid dan dasar-dasar Islam. bermain perempuan. maraknya perjudian. Keadaan masyarakat Mekkah sebelum munculnya cahaya Islam sangat jauh dari kemanusiawian. 3. Misalnya. Rasulullah wafat tidaklah mewariskan uang Dinar dan Dirham. . agar membaca buku-buku yang berkaitan dengan Sejarah Peradaban Islam terutama periode Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan buku- buku sirah Nabawiyyah yang telah banyak ditulis oleh para ulama dan peneliti sejarah. Maka siapa yang mengambil warisan Rasulullah. Penulis juga menyarankan kepada pembaca. 4. Kehidupan yang penuh kemandirian dan ketekunan sudah selayaknya jadi figur bagi pemuda- pemuda Islam. semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca sekalian.

. 2003) Haekal. Ibnu Hazm. (Bandung: Pustaka Setia. Perkembangan Peradaban di Kawasan Dunia Islam (Melacak Akar- akar Sejarah. I Mufrodi. (Bandung: Mizan. Pesan-pesan Rasulullah saw. Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid 5. Tahia. 1927) al-Mubarakfuri. Cet. (Jakarta: Darul Haq. I Al-Andalusy. XVI Harun. Sejarah Peradaban Islam (Dirasah Islamiyah II). Menjelang Wafat. 1999) Cet. dan Budaya Umat Islam). (Jakarta: Litera AntarNusa. (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. (Padang: IAIN-IB Press. Zad al-Ma’ad. Cet. Karen. (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 1993) Cet. III Lapidus. Sejarah Peradaban Islam. Ibnu Qoyyim. Ajid. I al-Jauziyah. 1990) Cet. Sejarah Kebudayaan Islam. Ira M. III Hitti. Abdullah bin Muhammad. (Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta. (Jakarta: Kalam Mulia. 2003) ___________. Muhammad Prophet for Our Time. Sejarah Sosial Ummat Islam (Bagian kesatu & Dua). (Beirut: Dar al-Kitab al-Araby. ar-Rahiq al-Makhtum. II Ibnu Hisyam. (Jakarta: Logos. 2010). Badri. 2013) Cet. Dedi. Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid 7. 2004) Cet. (Bogor: Pustaka Imam Syafi’I. Philip K. dari Kelahiran Hingga Detik-Detik Terakhir. (Bogor: Pustaka Imam Syafi’I. 2007) Cet. Islam di Kawasan Kebudayaan Arab. Politik. (Beirut: Dar al-Fikr. (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmia) Al-Ismail. 2008) Al-Qahthani. From the Earliest Times to the Present. as-Sirah an-Nabawiyah. Ali. XIV ___________. Sejarah Hidup Muhammad. Perjalanan Hidup Rasul yang Agung Muhammad saw. I Yatim. 2009) Cet. al-Juz’ ats-Tsanyi. Shafiyurrahman. Sa’id bin Ali bin Wahf. (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada 1996) Cet. 2001) Hasan. Maidir. dan Firdaus. 2012). I Supriyadi. 2003) ___________. 2008) Thohir. Tarikh Muhammad Teladan Perilaku Ummat. (Mesir: al-Mathba’ah al-Misriyyah. DAFTAR KEPUSTAKAAN Armstrong. (Jakarta: Darul Haq. Hasan Ibrahim. Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid 8. Sejarah Peradaban Islam. History of The Arabs. Sosial. (Bogor: Pustaka Imam Syafi’I. Jawami’ as-Sirah an-Nabawiyah. 2006) . 1997) Cet. Muhammad Husain. V al-Sheikh. (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.