Analis sistem adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan

,
pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling
sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Analis sistem memegang peranan
yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem. Seorang analis sistem harus memiliki
setidaknya empat keahlian: analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan
orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang analis sistem untuk memahami perilaku
organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi
kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan
membantu seorang analis sistem untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi
informasi. Seorang analis sistem harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa
pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan
membantu seorang analis sistem mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan. Keahlian
interpersonal akan membantu analis sistem dalam berinteraksi dengan pengguna akhir
sebagaimana halnya dengan analis, programer, dan profesi sistem lainnya.
Analis sistem bisa pula menjadi perantara atau penghubung antara perusahaan penjual
perangkat lunak dengan organisasi tempat ia bekerja, dan bertanggung jawab atas analisis biaya
pengembangan, usulan desain dan pengembangan, serta menentukan rentang waktu yang
diperlukan. Analis sistem bertanggung jawab pula atas studi kelayakan atas sistem
komputer sebelum membuat satu usulan kepada pihak manajemen perusahaan.
Pada dasarnya seorang analis sistem melakukan hal-hal berikut:

 Berinteraksi dengan pelanggan untuk memahami kebutuhan sistem yang akan di gunakan
 Berinteraksi dengan desainer untuk mengemukakan antarmuka yang diinginkan atas suatu
perangkat lunak
 Berinteraksi ataupun memandu programer dalam proses pengembangan sistem agar tetap berada
pada jalurnya
 Melakukan pengujian sistem baik dengan data sampel atau data sesungguhnya untuk membantu
para penguji
 Mengimplementasikan sistem baru/sistem usulan yang akan digunakan perusahaan
 Menyiapkan dokumentasi berkualitas

Penjelasan analisis system

Yang dimaksud dengan Analisis Sistem adalah penguraian suatu sistem informasi yang
sudah utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan tujuan dapat menidentifikasi dan
menevaluasi berbagai macam permasalahan maupun hambatan yang terjadi pada sistem sehingga
nantinya dapat dilakukan perbaikan atau pengembangan.

Sedangkan orang atau kelompok yang melakukan perancangan dan perbaikan pada suatu
sistem disebut Sistem Analis. Sistem analis merupakan individu ataupun kelompok dalam
melakukan pengembangan sistem, sistem analis mempelajari permasalahan maupun kebutuhan
pada suatu sistem dan sistem analis juga merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap
proses analisa maupun perancangan pada sistem informasi
B. Inilah fungsi sistem analis

Adapun beberapa fungsi dari sistem analis, yang diantaranya meliputi:

1

 Aliran data pada sistem. C. yang diantaranya meliputi:  Mengumpulkan dan menganalisis dokumen maupun file yang ada hubungannya dengan sistem yang sedang berjalan.  Dan melakukan penyusunan dokumentasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilakukan oleh sistem analis dalam merancang suatu sistem yang baru.  Pemerosesan dan penyimpanan data. E. 2 . tahap melakukan identifikasi permasalahan pada sistem. Dapat menidentifikasikan berbagai masalah dari pemakai (user).  Menyusun dan menyajikan laporan untuk perbaikan sistem yang sedang berjalan kepada pemakai.  Melakukan penyusunan DFD (Data Flow Diagram). Tugas umum dan teknis dari sistem analis Beberapa tugas umum yang dilakukan oleh sistem analis.  Dapat merencanakan maupun menerapkan rancangan sistem sesuai dengan apa yang diinginkan pemakai. Inilah langkah kerja dari sistem analis Langkah-langkah kerja dari sistem analis. menyusun biaya maupun keuntungan yang didapatkan pada sistem yang baru.  Merancang suatu sistem perbaikan dan menidentifikasi aplikasi-aplikasi untuk penerapannya pada komputer. diantaranya meliputi:  Yang pertama. diantaranya meliputi:  Pengambilan data yang efektif dari sumbernya. Tanggung jawab sistem analis Tanggung jawab dari seorang sistem analis.  Melakukan penyusunan prosedur untuk pengawasan kerja. Dan inilah tugas teknis dari sistem analis. D.  Aliran dari informasi yang berguna kembali pada proses maupun penggunanya. Baca artikel lain: Mengetahui pengertian dokumen dan dokumentasi.  Dan mengawasi berbagai aktivitas pada sistem yang baru dibuat. SADT (Structured Analysis and Design Technique) maupun FlowChart untuk melakukan perancangan pada sistem yang baru secara lebih detail.  Melakukan analisis.  Melakukan penyusunan terhadap dokumen maupun file-file untuk dapat digunakan pada komputer supaya sistem yang baru dibuat dapat berjalan secara lancar dan efektif.  Melakukan perancangan pada bentuk input dan output supaya mudah dibaca dan dipahami oleh pemakai.  Dapat memilih metode alternatif dalam memecahkan masalah pada sistem. yang diantaranya meliputi:  Menyiapkan gambaran kerja dalam menerapkan sistem yang baru.  Menentukan secara jelas mengenai sasaran yang harus dicapai untuk dapat memenuhi kebutuhan pemakai.  Melakukan perancangan pola pengawasan pada data yang sifatnya dianggap penting sekali.

Menganalisis fakta 4.programer tetapi juga pemakai sistem dan manajer.  Menghargai pendapat teman yang dalam tim. Tim ini terdiri dari manajer sistem informasi. tahap melakukan penerapan sistem. dan lain-lain. tahap melakukan evaluasi dan pemeliharaan pada sistem.  Yang ketiga. Mengkomunikasikan temuan-temuan tersebut melalui laporan analisis sistem Tanggung jawab Sistem Analis: 1. user dan spesialis lainnya. tidak hanya pada teknologi komputer. sistem analis bekerja dalam sebuah tim yang berbasis proyek. Menentukan lingkup sistem 2.  Memiliki sikap yang tegas. Tugas utama Sistem Analis : 1. 2.  Mempunyai kreativitas dan inovasi yang tinggi.  Dapat berkomunikasi dengan baik. diantaranya meliputi:  Dapat bekerjasama dalam suatu tim. tetapi pada sistem secara keseluruhan. 4. Meskipun demikian.  Yang kelima. programer. tidak terbatas pada sesama analis sistem. Mengumpulkan fakta 3. 3. Perangkat keras komputer (Hardware) 3 . Pengetahuan analis sistem harus luas. Pekerjaan analis sistem melibatkan hubungan banyak orang.  Selalu bersikap sopan dan santun. Tanggungjawab analis sistem tidak hanya pada pembuatan program komputer saja. Yang kedua. Pribadi dari sistem analis Adapun beberapa pribadi yang perlu dimiliki oleh seorang sistem analis. tetapi juga pada bidang aplikasi yang ditanganinya. yaitu : 1. F. Sistem analis merupakan individu kunci dalam pengembangan sistem. Adapun jenis-jenis sumberdaya informasi.  Yang keempat. tahap melakukan analisis dan perancangan sistem. tahap melakukan studi kelayakan dan memahami kinerja dari sistem yang ada. Pekerjaan analis sistem dalam pembuatan program terbatas pada pemecahan masalah secara garis besar.

perangkat lunak. Spesialis informasi 4. Informasi SPESIALIS INFORMASI Istilah spesialis informasi digunakan untuk menggambarkan pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara sistem berbasis komputer. 4 . perangkat keras yang murah. dan 7. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari Hardware maupun Software. Database. Fasilitas 6. Pemakai 5. antrian jasa informasi. Perangkat lunak komputer (Software) 3. EUC berkembang karena beberapa alasan yaitu meningkatnya pengetahuan tentang computer. yg terdiri dari : – Analis Sistem – Pengelola Database – Spesialis Jaringan – Pemakai – Programmer – Operator – Komputer PEMAKAI Pemakai terdiri dari pemakai awam (end user) dan administrator sistem: End User Computing (UEC) adalah pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh pemakai (user). Administrator system:  Merancang dan melakukan instalasi hardware dan software  Mendefinisikan dan megidentifikasikan atribut yang digunakan oleh user  Melakukan dokumentasi konfigurasi sistem  Menjaga tingkat keamanan instalasi komputer  Melakukan tuning kinerja sistem komputer  Meyakinkan infrastruktur dan jaringan komputer dalam keadaan baik  Melakukan backup dan restore  Menjawab masalah teknis dan memecahkan masalah  Melakukan audit software dan hardware  Mengidentifikasi ancaman dan tanggap terhadap isu yang berhubungan dengan system BRAINWARE Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer. 2.

Basis data (data dan informasi). sedangkan Software dan Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Brainware. Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Software. Manusia (ahli informasi dan pemakai). masih lazim (prevalent) dan menunjukan sebuah pendekatan yang positif untuk pengguna komputer. Perangkat lunak komputer. Setelah program tersimpan di dalam komputer. maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia di dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya. 5 . Konsep Hardware – Software – Brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. sebagaimana sumber daya mana pun. 2. Bentuk dasar sistem informasi menunjukan bahwa sebuah sistem informasi terdiri atas lima sumber daya utama. maka muncul konsep SIM yang menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen disetiap area fungsional dan level aktivitasnya. Seiring dengan berkembangnya teknologi komputer yang memiliki kemampuan proses yang lebih cepat. manusia hasrus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam komputer. 4. Untuk tahap pertama. fasilitas biasanya dihubungkan dalam pemenuhan suatu prasarana umum yang terdapat dalam suatu perusahaan-perusahaan ataupun organisasi tertentu. FASILITAS Fasilitas adalah prasarana atau wahana untuk melakukan atau mempermudah sesuatu. yakni: 1. Fasilitas bisa pula dianggap sebagai suatu alat. Jadi 3 komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan. 3. Informasi. Brainware termasuk bagian penting dari sebuah sistem komputer. Bentuk Sumber Daya Informasi Upaya pertama untuk menggunakan manajemen informasi terpusat pada data. Pandangan bahwa data dan informasi adalah sumber daya yang dikelola. Perangkat keras komputer. DATABASE (Database) adalah sekumpulan data yang terintegrasi yang diorganisasi untuk memenuhi kebutuhan pemakai untuk keperluan organisasi INFORMASI Jaringan computer dan komunikasi data.

Hal tersebut tidak hanya meliputi mesin. dan sistem komputer mainframe (large mainframe computer systems). analis sistem informasi merancang sistem informasi brdasarkan persyaratan informasi dari pemakai akhir. Kebanyakan dari kita adalah pemakai akhir sistem informasi. pemakai terakhir dan ahli sistem informasi. mulai dari kertas hingga ke disket magnetik. pemrograman. 1. Sumber Daya Manusia Manusia diperlukan dalam seluruh operasi sistem operasi. Sumber Daya Perangkat Lunak Konsep sumber daya perangkat lunak termasuk juga seluruh perangkat perintah pengolahan informasi.5. penjual. Sistem komputer. Ahli sistem informasi adalah orang-orang yang mengembangkan dan mengoperasikan sistem informasi. Contoh sistem komputer adalah sistem komputer mikro (microcomputer systems). insinyur. sistem komputer ukuran menengah (midrange computer systems). bagian teknik serta personil tata usaha sistem informasi. yaitu. dan tingkat manajemen lainnya. Singkatnya. sebuah layar video (video screen) atau pencetak (printer) untuk keluaran (output) informasi dan kepingan magnetik (magnetik disk) ataupun kepingan optik (optical disk) untuk menyimpan sumber daya-sumber daya data. seperti kabel dan modem. Mereka itu adalah analis sistem. Konsep umum (generic concepts) perangkat lunak ini tidak hanya termasuk perangkat 6 . Peralatan Komputer. Jaringan (fasilitas). pemrograman menyiapkan program komputer berdasarkan perincian dari analis sistem dan pelaksana komputer mengoperasikan sistem komputer yang besar/kecil. Pemakai terakhir (disebut juga pemakai atau klien) adalah orang-orang yang menggunakan sistem informasi atau informasi yang dihasilkan. Sumber Daya Perangkat Keras Konsep sumber daya perangkat keras meliputi seluruh perangkat fisik dan bahan-bahan yang berkaitan dengan pengolahan informasi. pelanggan. seperti peralatan papan kunci (keyboard) atau penggerak elektronik atau kursor (mouse) untuk memasukan data dan perintah. Sumber manusia termasuk. Contoh perangkat sistem informasi berbasis komputer. tata usaha. seperti komputer dan peralatan lainnya. pelaksana komputer. 2. atau manajer. terdiri atas unit pengolahan terpusat (CPU/Central Processing Unit) yang mengandung pengolah mikro (micro processor) dan semacam penghubung peralatan (interconnected peripheral devices). Mereka dapat saja akuntan. tetapi juga seluruh alat perantara/media data supaya seluruh obyek data tersebut tercatat/terekam.

serta terbentuk kesatuan (entities). Aplikasi perangkat lunak. 3. Tata cara. suara manusia atau suara lainnya. 2. Contohnya adalah sebuah program analisis penjualan. ataupun tahunan untuk keperluan manajemen. gabungan hurf dengan abjad (alphabetical). dan lain-lain). Basis data. yaitu pengoperasian perintah untuk orang-orang yang akan menggunakan sebuah sistem informasi atau sebuah perangkat lunak (pascal. seperti program sistem operasi (windows. bulanan. open office. Mereka menyadari bahwa data merupakan sumber daya organisasi yang berharga. diantaranya fakta-fakta. juga merupakan bentuk data yang penting. unix. sebuh program penggajian. mingguan. Konsep sumber daya data telah diperluas oleh manajer dan para ahli sistem informasi. Sumber Daya Data Data mempunyai arti lebih besar dari sekedar bahan mentah sistem informasi. data transaksi penjualan dapat saja dikumpulkan dan disimpan dalam sebuah basis data penjualan untuk pengolahan berikutnya yang menghasilkan laporan analisis penjualan harian. Pengetahuan dasar. dan sebuah program pengolahan kata (lotus. dan lain-lain). linux. HTML. dan contoh-contoh kasus mengenai keberhasilan pelaksanaan bisnis/usaha Sebagai contoh. Pengetahuan dasar dignakan melalui sistem manajemen pengetahuan dan sistem ahli untuk membagi ilmu/pengetahuan dan memberikan petunjuk keahlian pada suatu sasaran khusus. 7 . Berikut adalah contoh sumber daya-sumber daya perangkat lunak: 1. 1. yang terdiri atas kalimat dan paragraf digunakan dalam komunikasi tertulis. 2. termasuk berbentuk data gabungan huruf dan angka (alphanumeric). data gambar. yaitu program yang mengarahkan untuk penggunaan khusus oleh pemakai akhir tertentu. Data banyak bentuknya. dan lan-lain) yang berfungsi mengendalikan dan mendukung sistem operasi komputer. yang berfungsi untuk mengarahkan dan mengendalikan perangkat keras komputer. yang mengendalikan pengolahan dan pengeturan data. data suara (audio). microsoft word. seperti bentuk grafik dan gambar. Sistem perangkat lunak. Data teks/tulisan. Jadi data sebagai sumber daya yang harus dikelola dengan efektif untuk menguntungkan semua pemakai akhir dalam sebuah organisasi.perintah (instruction) pengoperasian yang dinamakan program. yang mengandung berbgai macam bentuk. dan jenis lainnya. tetapi juga perintah-perintah pengolaha informasi yang diperlukan orang yang dinamakan tata cara (prosedures). aturan-aturan.

dan perangkat lunak pengendali komunikasi yang terdiri atas sistem operasi jaringan dan paket penjelajah (browser) internet. perangkat keras. perangkat lunak dan sumber daya data yang secara langsung mendukung operasional dan penggunaan jaringan komunikasi. dan ekstranet telah berperan penting untuk keberhasilan operasi dari sekuruh jenis organisasi dan sistem informasi yang berbasis komputer. kabel pasangan bersimpul (twisted-pair cable). Konsep sumber daya jaringan menekankan bahwa jaringan komunikasi merupakan bagian sumber daya yang mendasar dari seluruh sistem informasi. pengolah komunikasi. Perantara komunikasi contohnya. Sumber daya jaringan termasuk sebagai berikut: 1. seperti inernet. kabel koaksial (coaxsial able). contohnya ialah pengolah komunikasi yang tediri atas modem dan pengolahan kerja internet. dan peralatan lainnya yang saling berhubungan melalui perantara/media komunikas dan dikendalikan melalu perangkat lunak komunikas. Jaringan telekomunikasi terdiri atas komputer. kelompok umum ini ialah seluruh manusia.Sumber Daya Jaringan Jaringan telekomunikasi. 8 . sistem gelombang mikro (microwave systems) dan sistem satelit kounikasi (communication satelite systems) 2. kabel serat optik (fiber-optic cable). Pendukung jaringan. intranet.