Nama : Imelda E Sihombing

NIM : 121021119

VIRUS CORONA

Sebuah virus baru mirip SARS yang disebut virus corona, baru-baru ini ditemukan pada manusia
dan telah menewaskan seorang pria di Prancis. Virus ini sangat berbahaya dengan tingkat
kematian tinggi. Lebih bahayanya lagi, gejala virus ini sulit dibedakan dengan flu biasa.
Virus dengan nama lengkap novel coronavirus (nCoV) merupakan keluarga coronavirus, yang
menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga SARS atau Severe Acute Respiratory
Syndrome, serta berbagai penyakit pada hewan.

Virus Corona menular dari manusia ke manusia

NEW YORK (WIN): World Health Organization (WHO/Badan Kesehatan Dunia) menyatakan
bibit corona virus (NCoV) dapat menular dari manusia ke manusia yang berkontak dalam jarak
dekat.

Kesimpulan ini diungkap setelah muncul pernyataan Kementrian Kesehatan Prancis bahwa
seorang pria lain telah tertular virus ini dari seorang pasien yang berada dalam lingkaran
dekatnya sebagaimana dilaporkan BBC London yang dikutip Whationdonews.com pada Senin
(1/5/13)

Pejabat WHO menyatakan kekhawatiran terkait munculnya kasus penularan dengan pola
kelompok corona virus jenis baru ini serta bagaimana virus berpotensi menyebar dengan cepat.

Sejak 2012, sudah muncul sedikitnya 33 kasus penyakit corona di seluruh Eropa dan Timur
Tengah yang mengakibatkan 18 kematian.

Kasus lain yang dideteksi muncul di Arab Saudi dan Yordania, kemudian kasus serupa juga telah
menyebar ke Jerman, Inggris dan Prancis.

Otoritas kesehatan Inggris malah sudah lebih dulu menduga, bahwa virus ini mampu menular
dari manusia ke manusia.

. dilansir Huffington Post. Jerman. Penyebaran Virus Corona di Arab Saudi DELAPAN orang di Arab Saudi terjangkit Mers Coronavirus. Rabu lalu. . Tunisia. seperti dikatakan World Health Organization. jenis serangga yang dapat memicu wabah pada manusia." seperti dinyatakan WHO. di mana 40 di antaranya meninggal. Italia. Separuh di antaranya meninggal dunia. orang yang memiliki kasus sama sebelumnya dikonfirmasi dari laboratorium di Uni Emirat Arab telah meninggal. adalah bahwa kelompok berbeda yang muncul di berbagai negara mendukung hipotesa bahwa di tempat ada kontak dekat maka virus coronavirus baru ini dapat menular dari manusia ke manusia. The Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) dapat menyebabkan batuk. "Yang jadi kekhawatiran terbesar. "Secara global. Selain itu. WHO telah memberitahu ada total 102 kasus yang dikonfirmasi terkena infeksi Mers-CoV. belum ada bukti yang menunjukkan virus tersebut punya kemampuan penularan ke berbagai kalangan manusia." tambah pernyataan itu. demam. dari September 2012 hingga saat ini. Dalam sebuah penelitian. dan radang paru-paru. Kasus ini menambah total infeksi di seluruh dunia yang sebelumnya berjumlah 102 korban. Para ilmuwan mengatakan bahwa bulan ini mereka telah menemukan bukti kuat dimana hal itu tersebar luas pada unta di Timur Tengah." tulis WHO dalam pernyatannya pada Minggu (12/5/13). dan Inggris.. Dua orang dari Riyadh yang sudah menderita penyakit kronis akhirnya meninggal dan sebagian korban lainnya masih dalam perawatan intensif.Virus NCoV diketahui menyebabkan radang paru-paru dan kadang disertai juga gagal ginjal. muncul di Arab Saudi tahun lalu dan dilaporkan menyerang orang di Prancis. "Pola penularan dari manusia ke manusia sejauh ini masih terbatas pada kelompok kecil yang terbatas.

Di Arab Saudi. . antara lain: -Pengobatan penderita sedini mungkin agar tidak menjadi sumber penularan penyakit. . . penggunaan alat proteksi diri. dan perilaku hidup bersih dan sehat. seperti dilaporkan kantor berita Reuters. sehingga jumlah korban jiwa menjadi sembilan. termasuk menghindari kontak dengan penderita.Peningkatan daya tahan tubuh dengan perbaikan gizi. lingkungan dan hewan pembawa penyakit untuk menghilangkan sumber penularan dan memutus mata rantai penularan. Pasalnya. .WHO menganjurkan pembatasan perjalanan apa pun tetapi mendesak otoritas kesehatan di seluruh dunia untuk waspada. sarana dan lingkungan tercemar.Pada bulan Februari. termasuk tindakan isolasi dan karantina. wisatawan yang kembali dari Timur Tengah berpotensi mengembangkan infeksi pernapasan parah yang harus diuji terkait dengan virus Mers Novel Corona. dengan seorang pasien lain yang berusia 65 tahun yang dirawat karena terpapar virus ini setelah kembali dari perjalanan ke Dubai. di utara Prancis. Wakil Menteri Kesehatan mengatakan pada Minggu (12/5) dua korban lagi jatuh akibat coronavirus. seorang pasien tewas di sebuah rumah sakit di Birmingham. setelah tiga anggota keluarga si pasien tertular Penanggulangan Virus Corona Tindakan pencegahan dan penyebaran penyakit MERS CoV dilaksanakan sesuai hasil penyelidikan epidemiologi.Perlindungan diri dari penularan penyakit. Inggris.Pengendalian sarana. Kasus terakhir akibat virus baru ini di Prancis menimpa seorang pria usia 50 tahun yang kebetulan tinggal sekamar di ruang rawat inap di kota Valenciennes.

Evakuasi dengan memindahkan seseorang atau sekelompok orang dari suatu wilayah agar terhindar dari penularan penyakit.. Refrensi http:/www. Evakuasi ditetapkan oleh bupati/walikota atas usulan tim penanggulangan wabah berdasarkan indikasi medis dan epidemiologi. . evakuasi dan karantina. puskesmas.html .liputan6. rumah atau tempat lain sesuai dengan kebutuhan. http:/www. Isolasi dilaksanakan di rumah sakit.Apabila diperlukan untuk mencegah penyebaran penyakit dapat dilakukan tindakan isolasi.Isolasi penderita atau tersangka penderita dengan cara memisahkan seorang penderita agar tidak menjadi sumber penyebaran penyakit selama penderita atau tersangka penderita tersebut dapat menyebarkan penyakit kepada orang lain. .Tindakan karantina dengan melarang keluar atau masuk orang dari dan ke daerah rawan untuk menghindari terjadinya penyebaran penyakit.html . .sindo indo.