BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang

Ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu social yang mempelajari berbagai perilaku
ekonomi terhadap keputusan-keputusan ekonomi ynag dibuat. Ilmu ini diperlukan sebagai
kerangka berpikir untuk dapat melakukan pilihan terhadap berbagai sumber daya yang
terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang terbatas. Semoga pembaca dapat
memahami lebih dalam lagi.

1.2 Rumusan masalah

Apa yand dimaksud ilmu ekonomi dan hubungan managemen dengan ilmu ekonomi

1.3 Tujuan

Agar para pembaca dapat mengetahui tentang pengantar ilmu ekonomi, dan para
pembaca dapat mengerti apa yang dijelaskan.

1

BAB II PEMBAHASAN 2. Ekonomi mikro Ekonomi mikro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari bagian-bagian kecil (aspek individual) dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Barang dan jasa yang dihasilkan kemudian didistribusikan untuk kebutuhan konsumsi sekarang dan di masa yang akan datang kepada berbagai individu dan kelompok masyarakat. RUANG LINGKUP ILMU EKONOMI Ilmu ekonomi memiliki ruang lingkup mikro dan makro sehingga mudah untuk dipelajari. 1. Keduanya memberikan batasan dan asumsi yang jelas. meliputi perilaku pembeli (konsumen) dan produsen secara individual dalam pasar. sedangkan sikap dan perilaku produsen tercermin dalam menawarkan barangnya. dengan cara atau alternatif terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai pemuas kebutuhan manusia yang (relatif) tidak terbatas. sehingga ekonomi mikro sering dinamakan dengan teori harga (price theory). Analisis dalam teori ekonomi mikro antara lain.1 Pengertian Ilmu Ekonomi Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat membuat pilihan (dengan atau tanpa uang) menggunakan sumber- sumber yang terbatas. 2 . Jadi inti dalam ekonomi mikro adalah masalah penentuan harga. Sikap dan perilaku konsumen tercermin dalam menggunakan pendapatan yang diperolehnya.

penawaran.1 mewujudkan efisiensi dalam penggunaan sumber-sumber 1. sehingga ekonomi makro sering dinamakan sebagai teori pendapatan (income theory). Tujuan dan sasaran analisis ekonomi makro anatara lain membahas masalah. perusahaan. demikian halnya jika konsumen maka yang dianalisis adalah seluruh konsumen dalam mengalokasikan pendapatannya untuk membeli barang/jasa yang dihasilkan oleh perekonomian.2 pentingnya kebijakan dan campur tangan pemerintah untuk mewujudkan prestasi kegiatan ekonomi yang diinginkan. 2. Demikian juga dengan variable permintaan.1 sisi permintaan agregate dalam menentukan tingkat kegiatan ekonomi 2. maka yang dianalisis produsen secara keseluruhan. harga dan sebagainya. Tujuan dan sasaran analisis ekonomi mikro lebih dititikberatkan kepada bagaimana membuat pilihan untuk. Apabila yang dibicarakan masalah produsen. 2. Intinya ekonomi makro menganalisis penentuan tingkat kegiatan ekonomi yang diukur dari pendapatan. 3 . 1. Ekonomi makro Ekonomi makro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian sebagai suatu keseluruhan (agregate) berkaitan dangan penggunaan factor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran masyarakat dapat dimaksimumkan.2 mencapai kepuasan maksimum.

ada akuntansi. ekenomi industry. Ekonomi sangat luas. 4 . pemasaran. ekonomi kapitalis. pemasaran. Manajemen sendiri masih dibagi lagi ke dalam manajemen keuangan.2 Hubungan Ilmu Ekonomi Dengan Manajemen Manajemen adalah bagian dari ekonomi. ekonomi ekuitas.2. dan lain-lain. ekonomi sosialis. Manajemen adalah mikroekonomi yang bidabg kajiannya hanya dalam ruang lingkup perusahaan atau korporasi. Manajemen adalah suatu ilmu mengenai kepemimpinan atau pengaturan terhadap kegiatan yang berkaitan dengan dunia usaha baik berkaitan dengan keuangan. ekonomi moneter. ekonomi kerakyatan. ekonomi regional. dan operasional. maupun operasional. makroekonomi. manajemen.

Membaca makalah ini dalam kelompok pembaca akan sangat bermanfaat. terus terang dan lancar akan memungkinkan setiap pembaca dari berbagai usia dan kelompok-kelompok memahami makalah ini dengan cepat dan mudah. 3.1 Kesimpulan Ilmu ekonomi adalah studi tentang mengenai cara-cara yang ditempuh oleh masyarakat untuk menggunakan sumberdaya yang langkah guna memproduksi komuditas/barang-barang yang bermanfaat serta mendistribusikannya kepada setiap orang. 5 . BAB III PENUTUP 3. Makalah ini dapat dibaca secara perorangan atau dikaji bersama dalam suatu diskusi.2 Saran Penuturan yang tulus. karna para pembaca dapat mengutarakan perenungan dan pengalaman mereka kepada yang lainnya.