MAKALAH EKONOMI

PERDAGANGAN INTERNASIONAL

KELOMPOK 4

Disusun Oleh :
1. Dessy Ramadhani
2. Diana Novita
3. Elsa Yuhani
4. M. Adrian
5. Putri Dwi Handayani
6. Rindi Astuti
7. Try Setiawati

Kelas : XII MIA.3

SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

2015/2016

01Agustus2015 . karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga kami dapat membuat makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Oleh karena itu. kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu kami meminta kritik dan saran dari kalian semua. Dalam makalah ini kami membahas tentang Perdagangan Internasional. Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada maklah ini. Jambi. Makalah ini dibuat dengan berbagai observasi dan beberapa bantauan dari berbagai pihak untuk membantu menyelesaikan tantangan dan hambatan selama mengerjakan makalah ini.Kelompok 4 .

10 ..2 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional …………………………… 3 2.5 Kebijakan Pada Perdagangan Internasional …………………………… 7 BAB III PENUTUP 3.3 Tujuan Penulisan …………………………………………………………… 2 BAB II PEMBAHASAN 2...4 Manfaat Perdagangan Internasional …………………………………… 5 2. 1 1.3 Faktor Penghambat Perdagangan Internasional …………………………… 4 2.1 Kesimpulan …………………………………………………………… 9 DAFTAR RUJUKAN ………………………………………………………….1 Pengertian Perdagangan Internasional …………………………………… 3 2.1 Latar Belakang ………………………………………………………….. DAFTAR ISI KATA PENGANTAR …………………………………………………… i DAFTAR ISI …………………………………………………………………… ii BAB I PENDAHULUAN 1.2 Rumusan Masalah …………………………………………………… 2 1.

Perdagangan international adalah kegiatan pertukaran barang dan jasa yang melintasi batas – batas negara dan berhubungan dengan pemerintah serta pendududk negara lain. Setiap Negara melakukan perdagangan internasional Karena dengan melakukan perdagangan internasional banyak keuntungan yang diperoleh.1 Latar Belakang Pada dasarnya manusia tidak dapat hidup sendiri. Demikian juga dengan Negara. seringnya perdagangan international di lakukan oleh setiap negara maka harus berhati – hati dalam melakukan perdagangan international karena perdagangan international terdapat kerugian yang di timbulkan bagi negara yang tidak tahan seperti Ketidakmampuan beradaptasi di pasar global menyebabkan perekonomian negara terpuruk.Produksi dalam negeri yang tidak mampu bersaing dengan barang impor akan di tinggalkan konsumen karena hal tersebutlah akan menyebabkan inflasi pada negara tersebut. meskipun ada juga kerugian yang akan didapat. Hubungan perdagangan antarnegara ini disebut juga perdagangan internasional. setiap negara melakukan hubungan perdagangan. setiap negara tidak dapat hidup sendiri. Hal ini disebabkan karena keterbatasan sumber daya yang dimiliki. BAB I PENDAHULUAN 1. suatu negara akan membutuhkan negara lain. Oleh karena itu. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan. .

Apa yang dimaksud dengan perdagangan internasional? 2. Apa manfaat perdagangan internasional? 5. Untuk mengetahui manfaat perdagangan internasional 5. Untuk mengetahui faktor pnghambat perdagangan internasional 4. Bagaimana kebijakan pada perdagangan internasional? 1.3 Tujuan Penulisan Berdasarkan permasalahan di atas. Apa faktor penghambat perdagangan internasional? 4.1. maka rumusan masalahnya sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui kebijakan pada perdagangan internasional . Untuk mengetahui faktor pendorong perdagangan internasional 3.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang diatas. yang menjadi tujuan dari makalah ini adalah : 1.Untuk mengetahui pengertian perdagangan internasional 2. Apa faktor pendorong perdagangan internasional? 3.

. Perbedaan sumber daya alam Sumber daya alam yang dimiliki setiap negara berbeda. Untuk mendapatkan sumber daya alam yang dibutuhkan dan tidak dimiliki suatu negara. kemajuan transportasi. Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun dampaknya terhadap kepentingan ekonomi. perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP.2 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional Perdagangan internasional dapat terjadi karena beberapa faktor antara lain : a. dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. diperlukan pertukaran antar negara yang menyebabkan terjadinya perdagangan internasional. Perdagangan internasional pun turut mendorong Industrialisasi. sosial. globalisasi.1 Pengertian Perdagangan Internasional Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. BAB II PEMBAHASAN 2. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu). Di banyak negara. antara individu denganpemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. dan kehadiran perusahaan multinasional. 2.

i. hubungan politik dan dukungan dari negara lain. d. 2. Adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga perlu pasar baru untuk menjual produk tersebut. Faktor-faktor penghambat perdagangan internasional adalah sebagai berikut. Keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara. h. Jika negara memiliki kondisi yang aman maka para pedagang akan mendekat namun jika tidak maka pedagang akan beralih ke negara yang lebih . 1. Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri. Keinginan membuka kerjasama. Perbedaan teknologi Negara yang menggunakan teknologi maju dapat menjual barang dengan harga murah pada Negara yang berteknologi sederhana.3 Faktor Penghambat Perdagangan Internasional Ada beberapa faktor yang dapat menjadi hambatan dalam melakukan perdagangan internasional. c. b. Penghematan biaya produksi (Efisiensi) Perdagangan internasional memungkinkan suatu negara dapat memasarkan produksinya pada banyak Negara. Terjadinya era globalisasi sehingga tidak satu negara pun di dunia dapat hidup sendiri. Selera Penduduk suatu negara lebih menyukai produk negara lain. Negara tersebut berproduksi dalam jumlah besar sehingga dapat menurunkan produksi. sehingga harus mengimpor produk itu. e. g. Masalah efisiensi juga menjadi alasan tidak diproduksinya barang berteknologi tinggi oleh Negara berkembang. Tidak Amannya Suatu Negara. Amannya suatu negara merupakan pertimbangan terjadinya perdagangan internasional . f.

Beberapa kebijakan ekonomi suatu negara yang menghambat kelancaran perdagangan internasional. Tidak ada satu negara di dunia ini yang tidak melakukan perdagangan internasional. pungutan biaya impor/ekspor yang tinggi. perijinan yang berbelit- belit. Contohnya. sudah tentu merasakan manfaatnya. pembatasan jumlah impor. Mereka dapat semakin akrab dan saling membantu bila mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan. . Kesulitan dari hal tersebut berdampak pula terhadap harga penawaran maupun permintaan dalam perdagangan. a. Hubungan ini apabila terjalin dengan baik dapat meningkatkan hubungan persahabatan di antara negara-negara tersebut. Tidak Stabilnya Kurs Mata Uang Asing. Kurs mata uang asing yang tidak stabil membuat para eksportir maupun importir mengalami kesulitan dalam menentukan harga valuta asing. Kebijakan Ekonomi Internasional oleh Pemerintah. 3. dapat mewujudkan hubungan di antara negara-negara yang mengadakan perdagangan. 2. Berikut ini beberapa manfaat dari perdagangan internasional. Faktor keamanan yang memengaruhi para pedagang untuk melakukan perdagangan internasional 2. aman. Meningkatkan Hubungan Persahabatan Antarnegara Adanya perdagangan antarnegara.4 Manfaat Perdagangan Internasional Perdagangan internasional merupakan kegiatan yang cukup penting di setiap negara. Mereka yang melakukan perdagangan internasional.

adanya teknologi yang lebih modern dapat meningkatkan produktivitas dan dapat mempercepat pertambahan produksi. c . suatu negara yang masih kekurangan dalam memproduksi suatu barang dapat dipenuhi dengan mengimpor barang dari negara yang mempunyai kelebihan hasil produksi. Sebaliknya negara yang mempunyai kelebihan hasil produksi barang dapat mengekspor barang tersebut ke negara yang kekurangan. f . Dengan demikian suatu negara akan memiliki produk-produk unggulan sehingga dapat bersaing dengan produk-produk dari luar negeri. maka barang atau jasa yang dihasilkan juga semakin bertambah. Dengan demikian kebutuhan setiap negara dapat tercukupi. Dengan meningkatnya hasil produksi. modal. Semakin luasnya pasar di luar negeri dapat mendorong peningkatan produksi barang di dalam negeri.b . tenaga kerja. dan keahlian secara maksimal. Kebutuhan Setiap Negara dapat Tercukupi Dengan adanya perdagangan internasional. maka perusahaan akan semakin banyak membutuhkan tenaga kerja. Memperluas Lapangan Kerja Semakin luasnya pasar di luar negeri. Setiap Negara dapat Mengadakan Spesialisasi Produksi Perdagangan internasional dapat mendorong setiap negara untuk mengadakan spesialisasi produksi dengan memanfaatkan sumber daya alam. d . Dengan demikian akan mendorong para pengusaha untuk menghasilkan barang produksi secara besar-besaran. Hal . e . Perdagangan luar negeri memungkinkan negara tersebut mengimpor mesin-mesin atau alat- alat modern untuk melaksanakan teknik produksi dan cara produksi yang lebih baik. Mendorong Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Adanya perdagangan antarnegara memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi yang lebih efisien. Dengan demikian. Mendorong Kegiatan Produksi Barang secara Maksimal Salah satu tujuan suatu negara melakukan perdagangan internasional yaitu untuk memperluas pasar di luar negeri.

ini dapat membuka kesempatan kerja baru. Tarif Impor . Produksi dalam negeri yang tidak mampu bersaing dengan barang impor akan di tinggalkan konsumen 2. Kerja sama antar negara d. Meningkatkan sumber penerimaan Negara Kerugian : a. a. Larangan Impor Melarang impor produk tertentu yang juga di produksi di dalam negeri. Memenuhi kebutuhan di dalam negeri c. terutama untuk barang-barang yang dimiliki daya asing yang lemah. Bentuk-bentuk proteksi yang dapat dijalankan suatu negara antara lain : 1.5 Kebijakan Pada Perdagangan Internasional Berbagai macam kebijakan yang mungkin dapat dilaksanakan suatu negara untuk mendapatkan manfaat dari kegiatan perdagangan internasional antara lain proteksi. Proteksi Proteksi adalah kebijakan perdagangan internasional yang bertujuan untuk melindungi produksi dalam negeri. Pengehematan biaya produksi b. Semakin luasnya kesempatan kerja maka pengangguran dapat dikurangi. perdagangan bebas. dan politik dumping. Ketidakmampuan beradaptasi di pasar global menyebabkan perekonomian negara terpuruk b. 2. Adapun keuntungan dan kerugian dari perdagangan internasional : Keuntungan : a.

Penentuan dan pentapan harga di serahkan bebas.sedangkan di dalam negeri di jual Rp 750. Perdagangan Bebas Kebijakan perdagangan bebas adalah kebijakan dalam perdagangan internasional untuk menghilangkan hambatan-hambatan dalam perdagangan internasional. Mengenakan tarif impor yang tinggi terhadap barang-barang tertentu untuk mengurangi masuknya barang-barang tersebut. 5. Politik Dumping Politik dumping adalah kebijakan perdagangan internasional yang menjual hasil produksi lebih murah di luar negeri dibandingkan di dalam negeri. Premi Memberikan premi kepada produsen yang mampu mencapai jumlah produksi tertentu dengan kualitas yang baik sehingga memiliki daya saing. Subsidi Memberi subsidi kepada produsen untuk meningkatkan produksinya agar dapat memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri. c.. Contoh : 1. Mobil Jepang di Singapura di jual dengan harga 1 juta yen. Tujuan politik dumping adalah untuk meningkatkan daya saing untuk memperluas pasar.- . 3. 2.4 juta yen. sementara di Jepang dijual dengan harga 1. itu hanya berlaku bagi negara anggota yang tergabung dalam kelompok perdagangan bebas tersebut. Quota Membatasi masuknya jumlah barang tertentu ke dalam negeri 4. Mie instan di Malaysia di jual Rp 500. b.

dan perbedaan teknologi. penghematan biaya produksi. dll. Perdagangan internasional dapat terjadi karena beberapa faktor antara lain perbedaan sumber daya alam.1 Kesimpulan Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Tidak ada satu negara di dunia ini yang tidak melakukan perdagangan internasional. Manfaat pada perdagangan internasional yaitu Memperoleh barang dan jasa yang tidak dapat di hasilkan di dalam negeri. BAB III PENUTUP 3. Perdagangan internasional dapat berdampak positif dan negatif tergantung pada negara tersebut oleh karena itu perdagangan internasional tidak seluruhnya baik karena jika suatu negara sering melakukan perdagangan internasional maka suatu saat negara tersebut menjadi ketergantungan padda negara lain . Perdagangan internasional merupakan kegiatan yang cukup penting di setiap negara.Persaingan mendorong terciptanya kemajuan teknologi sedangakan pendorong terjadinya Perdagangan International. selera.

html .tren.html http://www.com/2015/02/faktor-pendorong-penghambat-perdagangan- internasional.org/wiki/Perdagangan_internasional http://damaruta. DAFTAR RUJUKAN http://jurnal-sdm.wikipedia.com/2012/02/perdagangan-international-definisi-ciri.co.com/2014/10/manfaat-perdagangan-internasional.artikelsiana.id/691/manfaat-perdagangan-internasional-bagi-indonesia.blogspot.blogspot.html http://www.html https://id.